.

Apr 27, 2013

Energi Dahlan Iskan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Selalu saja ada tokoh yang muncul di balik perjalanan suatu bangsa. Kedatangan tokoh tersebut melalui proses tertentu, tidak datang begitu saja. Kehadiran sang tokoh melalui kisah yang berliku dan beragam cerita yang menarik. Secara perlahan namun pasti nama Dahlan Iskan terus bergulir, semakin hari semakin populer. 

Era perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, menyebabkan gelembung citra sang tokoh menjadi nyaris tak terbendung. Ya, tiada hari tanpa pemberitaan menyangkut Dahlan Iskan, baik melalui media online, televisi, surat kabar, atau media lainnya. Sepak terjang sang tokoh terus menjadi fokus, direkam dan diberitakan. Begitu pula jejak langkahnya dimasa lampau terus dieksploitasi.

Anak Desa yang Miskin
Membaca kisah lampau Dahlan Iskan terungkap beberapa catatan yang menarik, antara lain bahwa sang tokoh lahir di Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, tanggal 17 Agustus 1951. Mengenai tanggal 17 Agustus ternyata itu hanya “karangan” Dahlan Iskan sendiri, sebab orang tuanya sendiri lupa tanggal berapa sang tokoh dilahirkan.

Dipilihnya tanggal 17 Agustus supaya bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia, sehingga menjadi lebih gampang diingat. Dahlan Iskan memang terlahir dari keluarga yang sangat kekurangan. Bahkan menurut catatan Satriadharma.com, kalau status miskin ada pangkatnya maka Dahlan Iskan ini lahir miskin dengan pangkat jendral saking miskinnya.

Dalam kondisi serba miskin pun ternyata Dahlan Iskan tetap bersekolah. Ya, belajar bagi siapapun adalah wajib, dengan belajar ternyata dikemudian hari bisa mengubah nasib secara drastis dan dramatis, sebagaimana dialami Dahlan Iskan. Tercatat bahwa Dahlan Iskan menempuh pendidik SD di Desa Bukur, yang setelah ditelusuri ternyata masuk dalam wilayah Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Desa Tegalarum (Magetan) dengan Desa Bukur (Madiun) memang bertetangga.

Anak Madrasah
Setelah menyelesaikan SD, Dahlan Iskan kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsnawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang berada di lingkungan Pesantren Sabilil Muttaqien, Kecamatan Takeran ujung timur Kabupaten Magetan. Ya, Dahlan Iskan memang dibesarkan di lingkungan pesantren.

Menurut situs  Al-shia.org,   Sabilil Muttaqien didirikan tahun 1880 oleh seorang keturunan salah satu pengikut Pangeran Diponegoro yang melarikan diri ke timur. Dia adalah Kyai Hasan Ulama, yang merintis pesantren Sabilil Muttaqien dengan nama Pondok Takeran. Takeran adalah nama sebuah desa sejauh 16 kilometer dari kota Kabupaten Magetan atau 9 kilometer dari arah kota Madiun.

Menurut catatan Okezone.com, dikemudian hari setelah berhasil menjadi orang sukses, Dahlan Iskan  mendirikan International Islamic School (IIS) di lingkungan Pesantren Sabilil Muttaqien, Takeran. Sejarah mencatat, memang tidak sedikit tokoh sukses negeri ini yang berlatar belakang pendidikan madrasah dan pesantren.

Drop Out Dua Kali
Setelah menyelesaikan Madrasah Aliyah di Magetan, Jawa Timur, episode perjalanan hidup Dahlan Iskan selanjutnya ternyata “bertransmigrasi” ke Bumi Borneo, mengikuti jejak kakak sulungnya, Siti Khosiyatun, yang menjadi pengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Samarinda.

Di sana Dahlan Iskan sempat mencicipi kuliah di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel cabang Samarinda, tidak sampai selesai dan hanya berhenti  pada semester empat. Dengan minat belajar yang masih “menyala”, Dahlan Iskan pun masuk di Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus (Untag) cabang Samarinda, namun kembali harus “mengundurkan diri” di tahun kedua.  Ya, catatan riwayatnya menunjukkan, bahwa Dahlan Iskan pernah drop out (D.O.) dua kali. Ternyata bagi pribadi yang tangguh bahwa D.O. itu bukan akhir dari segalanya.

Sejak duduk di bangku kuliah ternyata Dahlan Iskan aktif berorganisasi, antara lain di Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI). Hal ini menjadi pembelajaran bagi setiap generasi muda yang ingin meraih sukses, ternyata kebanyakan tokoh sukses di negeri ini pada masa mudanya cenderung gemar berorganisasi, atau lebih dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Ya, jangan hanya menjadi mahasiswa yang Kuper dan Kubuk (kurang pergaulan dan kutu buku).

Jadi Wartawan
Latar belakang atau riwayat perjalanan waktu muda sangat berpengaruh pada karir dan kondisi dihari kemudian. Meskipun kuliah tidak meraih ijazah, Dahlan Iskan begitu fokus pada kegiatan menulis. Sepak terjang dan jam terbangnya di pers mahasiswa membawanya berhasil menjadi wartawan sebuah surat kabar (kecil) di Samarinda.

Dalam kisah perjalanan selanjutnya, Dahlan Iskan memperoleh pendidikan jurnalistik di Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), merupakan salah satu LSM terbesar di Indonesia dan menerbitkan jurnal bulanan sosial dan ekonomi “Prisma”. Belakangan Prisma Resource Center  (LP3ES) aktif melakukan survey pendapat umum.

Semasa mengikuti pembelajaran jurnalistik di LP3ES tahun 1975, Dahlan Iskan melaksanakan magang di Majalah Tempo. Berbekal pengalaman tersebut Dahlan Iskan pun bergabung dengan Majalah Tempo sebagai wartawan, dengan penugasan meliputi berita sekitar Kalimantan Timur. Karena kinerja dan prestasinya yang cemerlang, dua tahun kemudian Dahlan Iskan berhasil menduduki Kepala Biro Majalah Tempo di Surabaya.

Memimpin Jawa Pos
Perjuangan dan kerja cerdas Dahlan Iskan terus bergulir bersama Majalah Tempo, momentum pengambil-alihan harian Jawa Pos tahun 1982 menjadi begitu fenomenal, sebab saat itu Dahlan ditunjuk sebagai pimpinan Jawa Pos. Konon saat itu harian Jawa Pos dalam kondisi “hidup tak mau dan matipun segan”, dengan oplah harian yang hanya 6.000 eksemplar.

Dalam kurun waktu hanya lima tahun (1987), oplah Jawa Pos meningkat 50 kali lipat. Begitu fenomenal sentuhan tangan dingin Dahlan Iskan, sehingga Jawa Pos tumbuh menjadi  “raja-nya” surat kabar Surabaya dan Jawa timur. Tak sampai di situ, ekspansi Dahlan Iskan terus berlanjut dengan membentuk Jawa Pos News Network (JPNN), meliputi 141 surat kabar, 18 majalah dan tabloid, dan 22 TV local (Daftar lengkap di sini).  Dahlan Iskan juga mengembangkan 40 jaringan percetakan di seluruh Indonesia.

Diversifikasi Bisnis
Pada tahun 1997 dari bisnis media terjadi diversifikasi usaha ke bisnis gedung dan perkantoran, yaitu dengan didirikannya Graha Pena, gedung pencakar langit (tinggi 175 m, berlantai 21) di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, sekaligus sebagai markas JPNN. Ternyata Graha Pena pun didirikan di Kebayoran Lama, Jakarta (2002, dengan 10 lantai), Semarang (2003, dengan 5 lantai), Batam (2006),  Makassar (2007, dengan 17 lantai), Pekanbaru (2012).  Di JPNN Dahlan Iskan menjadi CEO dan pemegang saham hingga tahun 2009.

Dahlan Iskan mencetak sukses yang luar biasa dalam bisnis media dan bisnis gedung perkantoran. Langkah selanjutnya ternyata mulai awal 2009, Dahlan Iskan juga merambah bisnis telekomunikasi, tercatat  sebagai Komisaris PT. Fangbian Iskan Corporindo (FIC), dengan salah satu proyeknya ialah membangun Sambungan Komunikasi Kabel Laut (SKKL), yang menghubungkan Surabaya dengan Hong Kong. Sehingga terbentang  serat optik  sepanjang 4.300 kilometer.

Menjadi Dirut PLN
Ya, dimulai dari siswa madrasah (pesantren), mahsiswa D.O. namun aktif dalam pers mahasiswa, kemudian menjadi wartawan, CEO grup media (JPNN), gedung perkantoran (Graha Pena) dan telekomunikasi (FIC), ternyata sepak terjang Dahlan Iskan terus berlanjut. Tercatat akhir tahun 2009, Dahlan Iskan diangkat menjadi Direktur Utama salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar di Indonesia, yaitu PLN (akhir Desember 2011 memiliki asset Rp. 426,5 triliun).

Begitu fenomenal dan penuh teka-teki, bagaimana bisa seorang “raja media” yang berakar pada kemampuan unggul dibidang jurnalistik diangkat menjadi “raja listrik”.  Ternyata Dahlan Iskan pun sebelumnya sempat “bermain listrik”, yaitu tercatat sebagai  presiden direktur  PT Cahaya Fajar, Tanjung Batu, Tenggarong Sebrang, Kabupaten Kutai Kertanegara,  Kalimantan Timur dan PT Prima Electric Power di Desa Sumengko, Wringianom, Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, keduanya merupakan perusajaan pembangkit listrik swasta.

Kiprah Dahlan Iskan di PLN juga begitu fenomenal, dengan “tongkrongan”-nya yang begitu sederhana, seakan tidak pernah kehabisan ide kreatif untuk mengotak-atik perusahaan yang dikelolanya. Dahlan Iskan merupakan contoh tokoh yang mampu berpikir “ke luar kotak”, tidak terjebak dengan paradigm lama yang begitu statis. Beberapa “aksi sulap” Dahlan Iskan antara lain gerakan sehari sejuta sambungan listrik (GRASS 2010), Indonesia bebas byar pet, membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 100 pulau, dan sebagainya.

Menjadi Menteri BUMN
PLN membuat Dahlan Iskan begitu bergairah, semangat tempurnya makin menyala, namun di tengah sepak terjangnya dalam mereformasi PLN, tepatnya tanggal 17 Oktober 2011, Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono berkenan menunjuknya sebagai salah satu anggota kabinet, dengan kedudukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Luar biasa tantangan yang diberikan pada Dahlan Iskan, dari semula hanya mengelola satu BUMN, kini harus mengurusi 140 BUMN. Sebagai catatan, BUMN sebanyak itu terbagi menjadi 14 perusahaan umum (Perum), 108 perusahaan non tbk (non go public), dan 18 perusahaan tbk (go public).

Di lingkungan BUMN Dahlan Iskan menyiapkan restrukturisasi dan berbagai pembenahan, sebab dari 140 BUMN hanya enam di antaranya yang telah benar-benar berkelas dunia, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI), PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (TLKM), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BBNI), PT Semen Gresik Tbk (SMGR)dan PT Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk (PGN). Keenam BUMN tersebut masuk dalam jajaran 2000 perusahaan andalan global versi Forbes Global 2000 pada tahun 2011.

Dari 140 BUMN dalam pengawasan Kementrian BUMN, ternyata hanya 110 BUMN yang masih aktif, sedangkan menurut Dahlan Iskan (dalam m.bisnis.com) 31 BUMN sebenarnya sudah jadi “mayat”. Di sisi lainnya Dahlan Iskan berupaya  mengelompokkan BUMN ke dalam tiga kelompok besar, yaitu BUMN sebagai  penjaga ketahanan nasional; BUMN sebagai mesin pertumbuhan (enginee of growth),  dan BUMN sebagai kepeloporan dalam hal teknologi, daya saing, dan kesejahteraan, yang  diharapkan mampu bersaing secara internasional.

Gebrakan Pak Menteri
Gebrakan paling anyar dari Dahlan Iskan, yaitu dengan maksud memproteksi BUMN, ialah menyangkut sikap tegasnya tentang penolakan BUMN dijadikan sebagai “sapi perah” anggota DPR. Dahlan Iskan dengan berani dan lugas melaporkan  ke Dewan Kehormatan DPR tentang beberapa anggota dewan yang berupaya memeras BUMN. Sebagian anggota dewan yang terhormat menjadi galau dan kegerahan, bahkan ada di antaranya yang mengangkat isu segera menggeser posisi Dahlan Iskan di kabinet.

Namun fenomena “sapi perah” ini terus bergulir, beragam fakta seperti banyaknya anggota direksi dan komisaris BUMN berlatar belakang politisi dari partai politik tertentu, menyebabkan kemungkinan terjadinya kongkalingkong antara pejabat BUMN dan anggota dewan. Di sisi lainnya, banyaknya BUMN yang terus merugi dan tidak pernah untung, bahkan disebutkan dalam kondisi “mati suri” atau sudah menjadi “mayat”, perlu ditelaah lebih lanjut, bagaimana manajemen menanganinya selama ini, termasuk adanya kemungkinan “gangguan” eksternal.

Makin Berenergi
Energi Dahlan Iskan seakan tak pernah surut. Sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif,  dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan ketokohannya. Beragam dukungan pun terus berdatangan dan makin meluas di seantero Indonesia. Tidak heran jika banyak pihak yang meyakini bahwa Dahlan Iskan sebagai salah satu Calon Presiden dalam Pemilu 2014.

Menurut situs Okezone.com sudah banyak buku yang ditulis oleh Dahlan Iskan dan banyak juga buku tentang Dahlan Iskan yang ditulis orang lain. Buku yang dia tulis sendiri antara lain: Ganti Hati, Pelajaran dari Tiongkok, Model Ekonomi, Tidak ada yang tidak bisa, Dua Tangis Ribuan Tawa dan beberapa lagi. Sedang buku yang ditulis orang tentang Dahlan Iskan antara lain: Habis Gelap Terbitlah Terang, Dahlan Juga Manusia, Sepatu Dahlan dan Seandainya Dahlan Jadi Presiden. Keberadaan buku tersebut makin menjadikan inspirasi bagi banyak orang, bahkan seolah menyebabkan “transfer energi” bagi siapa saja yang mempelajari kisahnya.

Penutup
Saat ini sudah terbentuk komunitas pendukung Dahlan Iskan, DahlanIs (dahlanis.com), dengan visi merapatkan barisan pengagum dan  pendukung  Dahlan Iskan. Sedangkan beberapa misinya di antaranya menjaring keanggotaan komunitas (relawan) DahlanIS di seluruh Indonesia; Memperkenalkan dan menanamkan virus Manufacturing Hope  dan gebrakan-gebrakan Dahlan Iskan serta kegiatan-kegiatannya, baik secara online maupun offline.  Sedangkan catatan dan pemikiran lengkap mengenai tokoh yang dikabarkan pernah menjalani transpalantasi hati ini bisa dilihat di sini.

Kemunculan Dahlan Iskan dengan beragam kreasi, inovasi dan sepak terjangnya seakan menjadi penyejuk di tengah carut-marutnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Energi Dahlan Iskan diharapkan dapat menambah akumulasi energi bangsa, sehingga bisa lebih mampu bersaing di kancah persaingan global.  (Atep Afia Hidayat/PantonaNews.com)

Gambar:
http://static.republika.co.id/

119 comments:

  1. Dahlan Iskan merupakan sosok fenomenal di Indonesia. Setiap ide, gagasan dan pembaharuan yang ia lakukan, selalu menjadi gebrakan dasyat di dunia perindustrian. Langkahnya menjadi seorang pengusaha tidak mudah. Hal ini bisa kita lihat dari latar belakang keluarganya yang serba kurang, hingga mengalami 2 kali DO. Namun semangat dan kerja kerasnya, mampu mengatasi permasalahan tersebut.
    Dahlan Iskan bukan hanya seorang pengusaha, melainkan juga seorang wirausahawan. Awalnya, dan sampai sekarang, ia memang menduduki suatu posisi di perusahaan tertentu, namun hal ini tidak membuatnya berhenti untuk memasuki dunia wirausaha. Dalam wacana disebutkan bahwa Pak Dahlan merambah ke bisnis gedung dan perkantoran.
    Saya coba kutip dari link : http://kickdahlan.wordpress.com/2013/04/07/dahlan-iskan-jadi-pengusaha-bukan-karena-keturunan/#more-14717 , disini dikatakan bahwa, menjadi pengusaha adalah proses penularan, untuk how to do, sedangkan how to know diperoleh di universitas. Untuk berbisnis tidak sekedar how to know tapi how to do. Oleh karena itu tidak ada teori yang mengatakan kapan tepatnya mulai jadi pengusaha. Akan tetapi doktrin yang ada mulailah usaha sedini mungkin. Dengan memulai usaha sedini mungkin. maka jika menghadapi kegagalan pun lebih baik ketika masih muda saat usahanya masih kecil.
    Inilah sebabnya kita sebagai generasi muda penerus bangsa, semestinya mampu tumbuh dan berkembang menjadi wirausahawan-wirausahawati, agar Indonesia bisa menjadi salah satu negara maju. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas T05, @C06-AHMAT
      Dahlan Iskan merupakan sosok kecil namun tidak mau dibilang kecil dan selalu berusaha menunjukkan jati dirinya. Dari kisahnya dia menegaskan bahwa tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita serius dalam melakukan suatu hal. Jadi tidak perlu kita melihat orang-orang yang punya yang ada diatas kita. Kita bisa melakukannya dimulai dari hal yang kecil dan dapat menghasilkan suatu yang besar asalkan kita serius dan tekun mengerjakannya "Hasil Akan Selalu Berbanding Lurus Dengan Usaha".

      Delete
  2. Sosok dahlan iskan patut untuk ditiru oleh generasi muda pada saat ini, kegagalan - kegalan yang dialaminya dijadikan suatu pengalaman dan ternyata kegagalan itu bukan akhir dari segalanya. dengan tekad yang sangat kuat, sikap kepemimpinan yang baik, semua yang diraihnya menjadi baik pula. ide-idenya yang kreatif dan bijak dapat menjadi suatu terobosan terbaru. tentunya dengan dibekali sikap pemberani dan pengalaman dalam berorganisai.

    ReplyDelete
  3. Dahlan Iskan merupakan sosok yang tidak kenal menyerah.Seorang sosok yang dapat memberikan inspirasi bagi kaum muda di Indonesia yang ingin sukses seperti dirinya.Untuk menjadi sukses kita harus mempunyai ide yang inovatif, berpikir keluar kotak.Untuk meraih sebuah kesuksesan tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, Beliau juga pernah gagal sehingga 2 kali DO.Namun dengan kegigihannya Dahlan Iskan dapat bangkit dan meraih sukses seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  4. Sosok Dahlan Iskan merupakan tokoh yang dikenal sebagai orang yang pekerja keras, karena dari masa kecilnya beliau terlahir dari keluarga yang serba kekurangan. Selain sebagai menteri BUMN beliau juga dikenal sebagai sosok yang sukses di bidang usaha. Sebagai pengusaha, bukan berarti beliau tidak menemui kegagalan. Beliau adalah tokoh yang mampu menginspirasi terutama bagi generasi muda untuk menjadi sukses. Tokoh pengusaha ini saya rasa akan bisa menginspirasi kita untuk bisa belajar dari kisah perjalanan hidup beliau.

    ReplyDelete
  5. Tokoh sukses seperti Dahlan iskan memperoleh keberhasilan nya dari ketekunan nya sendiri untuk memperoleh ilmu pengetahuan, Sebagai contah sama kita ketahui beliau pernah mengalami putus jenjang pendidikan sampai dua kali, tetapi dengan keyakinan nya dengan rasa keinginan yang kuat dan dengan ilmu pengetahuan yang beliau dapat,mampu membawa kesuksesan yang sangat gemilang.

    Dan kiat sukses lain nya adalah berkecimpung dalam berorganisasi, yang menjadikan nya lebih mudah untuk berkomunikasi dan mendapatkan pengalaman yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  6. Sosok Pak Dahlan iskan ini adalah sosok yang patut di contoh untuk anak negeri ini guna membangun negri ini pak Dahlan Iskan dengan beragam kreasi, inovasi dan strategi nya sangat tepat semua dalam berbagai aspek permasalah yang ada di negeri ini.

    ReplyDelete
  7. Untuk menjadi sukses memang tidaklah semudah membalik telapak tangan. Banyak rintangan dan cobaan yang harus dihadapi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jika mampu mengatasinya maka kita akan sukses, namun jika tidak maka kita akan jatuh dalam keterpurukan. Pak Dahlan iskan adalah salah satu tokoh besar bangsa Indonesia yang patut kita contoh. Atas semangat juang dan kegigihannya beliau dapat menjadi tokoh besar di negeri ini.

    ReplyDelete
  8. Dahlan Iskan bisa menjadi inspirasi generasi muda bangsa ini. Dan semoga akan lahir Dahlan Iskan- Dahlan Iskan lainnya sseluruh pelosok negeri ini agar Indonesia semakin jaya...

    ReplyDelete
  9. Dahlan Iskan. Pernahkah satu hari saja, sejak dia menjabat dirut PLN terlebih jadi menteri BUMN tidak ada berita darinya? Hampir tidak pernah. Hampir tidak pernah tidak ada berita. Gerak-geriknya jadi sorotan.
    Banyak yang mengupas Dahlan Iskan ini. Dari banyak sudut… terlalu banyak malah. Pekerjaannya, sejarah hidupnya, kariernya, masa kecilnya, bahkan saat senam pagi-pun pak dahlan jadi berita.
    Pak Dahlan memang sosok fenomenal. Dedikasi dan kerja kerasnya tiada banding (mudah-mudahan tidak berlebihan). Banyak sekali yang dia pikirkan, dan dicoba dipecahkan. Sebanyak apa yang dia lihat dan rasakan..
    Cara berpikir yang tidak umum, agak nyeleneh dan urakan namun akrab, cerdas, komunikatif, cerdas (lagi), dan inovatif menjadi ciri seorang Dahlan Iskan. Katanya ”diluar kotak” dan anehnya seringkali pula berhasil diterapkan, yang banyak orang berpikir tidak mungkin.
    Akhir-akhir ini mulai banyak orang yang gatal, untuk sekedar mencoleknya. Untungnya, biasanya pak Dahlan jawab dengan ringan, dengan canda jenaka dan senyum yang tulus. Padahal tingkat levelnya sudah kearah cibiran, cacian, demo, fitnah.

    ReplyDelete
  10. Keberhasilan sangat berkaitan dengan usaha/ ikhtiar dan doa. Seperti Pak Dahlan Iskan yang selalu berusaha semaksimal mungkin, walaupun latar belakangnya dari keluarga miskin. Ini merupakan contoh buat saya.

    ReplyDelete
  11. Pak Dahlan Iskan menunjukkan dan memberikan saya pengetahuan dan pengalaman yang sangat luar biasa. Berawal dari keluarga miskin, drop out 2x, tetapi bisa sukses menjadi Dirut PLN sampai menjadi Menteri. Benar-benar Luar Biasa !!!

    ReplyDelete
  12. Pak Dahlan adalah seorang pengusaha yang ulet, walau sempat DO sampai dua kali di masa perkuliahannya. Beliau tetap bekerja dan berusaha untuk bangkit. Dengan semangat juangnya yang tinggi dan dengan kegigihannya maka beliau bisa bangkit dan bisa sukses seperti sekarang ini.Yang menjadi inspirasi saya adalah "Mari kita gemar/aktif berorganisasi dalam artian yang positif dan janganlah menjadi mahasisiwa yang Kuper atau Kubuk (kurang pergaulan dan kutu buku)".

    ReplyDelete
  13. kata orang "gak ada matinye" itulah pak dahlan iskan yang selalu menjadi sorotan di setiap sepak terjang dan inovasi yang beliau lakukan. selalu melakukan yang terbaik di setiap kesempatan membuatnya semakin terdepan. gebrakan demi gebrakan yang di lakukan menghasilkan sosok yang sukses. berawal dari wartawan hingga menjadi menteri BUMN merupakan bukan hal yang mudah dan cepat tetapi dengan dedikasi yang tinggi dan semangat baja mengubah manusia berlatar belakang yng serba kekurangan menjadi orang hebat.

    ReplyDelete
  14. Dengan keberhasilannya, Pak Dahlan Iskan tidak menjadi orang yang lupa akan latar belakangnya dulu, walaupun sudah menjadi menteri dan dikenal dikalangan masyarakat indonesis beliau tetap tampil sederhana yang telah menjadi khas dari dulu, yang perlu menjadi pelajaran adalah tetap percaya dengan kemampuan kita bahwa semuanya berhak untuk berkembang dan maju, tetap menjadi diri sendiri dan tidak melupakan orang- orang yang selalu mendukung kita terdahulu.

    ReplyDelete
  15. Sebuah artikel yang baik dan layak untuk kita baca. Dengan menghadirkan Tokoh sentral seorang "Dahlan Iskan" sebagai wacananya.

    Ya...untuk saat ini,sang tokoh kerap muncul di media cetak maupun elektronik. Kiprah sang tokoh yang demikian akrab dan sederhana telah membawa perubahan-perubahan yang nyata dan pantas untuk kita tiru. Mungkin untuk sebagian orang yang alergi terhadap perubahan dan yang masih senang menggunakan pola-pola lama yang dianggap aman untuk dirinya, kebijakan yang digagas/diungkapkan pak Dahlan menjadi berseberangan dan seolah-olah seperti polutan saja, namun bagi mereka yang menginginkan sosok pemimpin yang mau bekerja nyata membawa perubahan yang lebih baik, bukan hanya slogan dan pencitraan semata, akan menjadikan mendukung kiprahnya.

    Kegigihan dan keteguhan sang tokoh tidak dapat diragukan lagi, dan bisa dibuktikan dengan karya nyata.

    Maju terus pak Dahlan untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  16. Jangan Takut Karena Miskin, Takutlah Jika Tidak Memiliki Harapan dan Cita Cita.
    Itu adalah salah satu kesimpulan yang dapat saya peroleh dari artikel ini.
    Energi yang dimiliki Dahlan Iskan sungguh sangat luar biasa, tidak menyerah walau beliau putus sekolah. Tidak banyak orang seperti beliau, semangatnya patut kita contoh.

    ReplyDelete
  17. Dahlan Ikhsan benar-benar Fenomenal terlebih saat beliau menjabat sebagai mentri BUMN.menjadi berita utama di berbagai media baik cetak,elektronik maupun online.sebut saja tindakan beliau saat membersihkan toilet bendara yang dinilai terlalu jorok dan tidak siap menjamu turis asing maupun domestic.ini benar-benar suatu tindakan yang membongkar kebiasaan birokrat di negeri ini yang terbiasa dengan kehidupan main perintah.Dahlan Ikhsan merupakan contoh nyata “from zero to hero” patut di ATM style beliau oleh generasi kini dan berikutnya terlebih untuk para birokrat saat ini.

    ReplyDelete
  18. Luar biasa.. sosok dahlan iskandar merupakan sosok yang memberikan motivasi bagi kita semua. Berawal dari bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, dan sekarang sosok dahlan iskandar menjadi sosok yang fenomenal, dia selalu menciptakan gebrakan dan inovasi baru. Dan itulah yang membuatnya sukses dan menjadi orang yang banyak dikagumi oleh semua orang. Tadinya dahlan iskandar merupakan orang yang sangat miskin, namun karena dia mempunyai keinginan yang kuat untuk bersekolah, akhirnya dia pun sekolah dan menjadi orang yang berilmu. selain itu dahlan iskan pun aktif di organisasi sekolahnya. Dari kemampuan yang dimilikinya itupun, beliau manfaatkan untuk mengawali kariernya sebagai jurnalis.Dia sangat menekuni pekerjaannya itu. Sampai akhirnya ia pun sukses. Dan diapun dijadikan Dirut PLN karena kemampuannya itu , ia banyak menciptakan inovasi dan motivasi baru di setiap langkahnya , hingga sampai saat ini diapun sukses dengan menjabat sebagai Menteri BUMN, Seharusnya cerita dahlan iskan ini memberikan motivasi bagi kita semua untuk mencapai sebuah keberhasilan membutuhkan semangat dan keinginan serta kemampuan yang kuat.

    ReplyDelete
  19. Dahlan Iskan memang benar-benar sosok yang patut untuk kita contoh. Jiwa semangat, pantang menyerah, dan jiwa kepemimpinan yang tinggi mampu membawa jurnalistik ini ke dunia pemerintahan. Latar belakang keluarga yang miskin tidak menghalangi aktivis negara ini putus semangat, bahkan dengan kondisi kemiskinannya beliau bisa berekspansi menjadi orang hebat.

    ReplyDelete
  20. Dahlan Iskan berasal dari keluarga miskin dan mahasiswa yang pernah di DO 2 kali, tapi sekarang beliau adalah orang yang sukses. Dahlan Iskan adalah tokoh fenomenal, yang hampir semua orang di indonesia tau siapa sosok dahlan iskan. Gebrakan demi gebrakan yang di lakukan menghasilkan sosok yang sukses. berawal dari wartawan hingga menjadi menteri BUMN merupakan bukan hal yang mudah tapi dahlan iskan pantang menyerah untuk mencapai apa yang beliau inginkan. Semua orang patut mencontoh sikap dahlan iskan yang rajin, pantang menyerah, aktif dan berani. Tegas dalam menyampaikan gagasan atau ide apapun yang benar. Dahlan Iskan benar-benar luar biasa.

    ReplyDelete
  21. Moh.Muarif 41611120072
    Dahlan Iskan , dilahirkan dari keluarga tidak mampu namun dibalik semua itu diam mau belajar sampai perguruan tinggi walaupun pernah dua kali drop tetapi optimis bisa berhasil sesuai keinginan yang diharapkan,dari membangun sebuah organisasi sampai menjadi mentri BUMN.Keberhasilan dimulai yang kecil dan perlu perjuangan yang optimal.

    ReplyDelete
  22. Perjalanan hidup Dahlan Iskan terlahir dari keluarga miskin hingga kini membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi orang sukses yang hebat bahkan bisa menjadi motivasi bagi kita sebagai anak muda penerus bangsa. untuk menjadi orang sukses tidak mudah namun dengan kerja keras dan ulet kesuksesan bisa di capai. Meskipun Dahlan iskan sempat dua kali DO (Drop Out) dalam pendidikannya tetapi hal itu tidak menjadi penghalang Dahlan Iskan untuk mencapai kesuksesan, menjadi mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi ternyata bisa menghantarkan nya menjadi orang sukses hingga saat ini.

    ReplyDelete
  23. Dahlan Iskan adalah seorang sosok yang dapat kita jadikan panutan. Berawal dari keluarga miskin, yang pernah di D.O dua kali dan kini menjadi sosok yang fenomenal dan dikagumi. Karena semagatnya, kerja keras, sikap pantang menyerah dan selalu mau berusaha Dahlan Iskan menjadi seorang yang sukses dalam segala bidang.

    ReplyDelete
  24. Artikel yang sangat menginspirasi, sangat salut dengan sosok Dahlan Iskan. Meskipun beliau terlahir dari keluarga yang kurang mampu, namun dengan semangat dan usahanya, beliau dapat menuai kesuksesan seperti sekarang ini bahkan bisa menjadi panutan bagi orang lain agar bisa menjadi seperti dirinya. Walaupun mengalami beberapa kali kegagalan, namun beliau tetap tidak patah semangat untuk terus bangkit dan berusaha serta menjadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi bagi dirinya untuk terus maju menuju kesuksesan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sosok Dahlan Iskan sangat menginspirasi kita semua untuk terus maju dan mengejar apa yang menjadi mimpi kita, yaitu kesuksesan. Keterbatasan kita bukanlah halangan untuk menjadi sukses.

    ReplyDelete
  25. Tokoh yang dapat menjadi inspirasi bagi anak muda jaman sekarang. Karena dengan keterbatasannya tidak lantas membuat dia menjadi orang yang biasa saja tapi luar biasa. Keterbatasan (kemiskinan) bukanlah suatu penghalang untuk menjadi sukses. Walaupun pernah di-DO sampai dua kali beliau juga tidak putus asa dan menjadi mudah menyerah, tetapi sebaliknya. Tetap semangat dan berusaha menjalani hidupnya dengan semaksimal mungkin, mengerjakan tug as / kewajibannya dengan ikhlas, maksimal dan tidak setengah- tengah. Salut dengan beliau karena bisa dibilang sukses tetapi tetap sederhana. Dan menurut data setelah membaca artikel tersebut dapat data simpulkan, bahwa kesuksesan adalah pilihan. Tinggal kita mau atau tidak mengikuti prosesnya.

    ReplyDelete
  26. Seorang Menteri BUMN yang begitu mengguncang dunia dengan segala prestasi, kreasi, dan inovasi ini ternyata dilahirkan dari keluarga yang kurang beruntung. akan tetapi, semangat untuk maju yang dimiliki oleh seorang jurnalis, penulis, serta Dirut PLN ini tidak pernah padam api semangat dalam berkarya terus berkobar. Beliau sangat bisa menjadi panutan atau inspirasi bagi siapa saja yang mau berhasil dengan mengikuti jejak usaha keberhasilannya. hal itu bisa dicontoh oleh kita sebagai generasi penerus untuk mengikuti jejak keberhasilan yang ditempuh oleh beliau. intinya adalah, sukses itu adalah hak siapa saja yang mau mendapatkannya, dengan berusaha, berkreasi, berinovasi dan pantang menyerah. tidak ada suatu hambatan pun yang mampu mnghalangi siapa saja yang ingin sukses.

    ReplyDelete
  27. 43212120139
    Sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan bahwa sikap itu dimiliki oleh salah satu masyarakat yang ada di Indonesia yaitu Dahlan Iskan yang kini sering dibahas baik melalui media online, televisi, surat kabar, atau media lainnya. Sepak terjang sang tokoh terus menjadi fokus, direkam dan diberitakan.Walaupun keadaan perekonomian yang serba tidak berkecukupan pada masa kecilnya kini beliau sudah sangat berkecukupan. Hasil ini beliau dapat bukanlah dari hasil yang instan. Melainkan usaha atau proses yang beliau jalankan. Meskipun beliau sempat mengalami DO dalam perkuliahannya , beliau tetap berusaha untuk memperbaiki itu. Oleh karena itu kita harus tetap berjuang bagaimanapun keadaan yang kita hadapi. Mencoba terlebih dahulu serta keluarkan semua tenaga yang kita miliki jika kita ingin sukses dan berhasil dalam pencapaian tujuan atau cita-cita yang diinginkan.

    ReplyDelete
  28. Dahlan iskan adalah sosok yang fenomenal menurut saya, beliau tidak pernah mengenal lelah. Meskipun beliau terlahir didalam keluarga yang sangat sederhana namun karena kegigihannya anak desa ini sekarang telah dikenal banyak orang karena berbagai usahanya dan menjadi dirut PLN dan menteri BUMN. Dengan gayanya yang nyentrik, beliau tetap mempertahankan gaya tersebut meskipun beliau sudah menjadi pejabat tinggi, sampai saat ini beliau selalu memakai sepatu olahraga karena waktu sekolah dulu beliau sulit untuk mendapatkan sepatu. Usaha yang dilakukan beliau untuk mejadi sukses harus dapat kita contoh sebagai generasi muda agar kita dapat sukses seperti beliau.

    ReplyDelete
  29. Sosok pengusaha sukses dan mantan menteri BUMN ini cukup famous. untuk menjadi sesoran gyang sukses seperti dahlan iskan tidaklah mudah, pasti ada cerita yang pahit dibelakangnya. namun karena kreatiftas, inovatif dan keinginan menjadi seseorang yg sukses sangat besar kini Dahlan Iskan banyak dikenal orang bahkan beliau bisa menjadi inspirasi kita.

    ReplyDelete
  30. . Jiwa semangat, pantang menyerah, dan jiwa kepemimpinan yang tinggi mampu membawa jurnalistik ini ke dunia pemerintahan. Latar belakang keluarga yang miskin tidak menghalangi aktivis negara ini putus semangat, bahkan dengan kondisi kemiskinannya beliau bisa berekspansi menjadi orang hebat. Beliau juga sosok seorang yang sangat unik dengan gaya yang sederhana,yang dapat memberikan motivasi terhadap orang lain. . Dahlan Iskan menjadi salah satu tokoh langganan yang beredar di media. Berbagai kebijakan, keunikan, serta sepak terjangnya mampu mengundang decak kagum maupun pro kontra dari berbagai pihak

    ReplyDelete
  31. Kegigihan beliau dalam menjalani hidup inilah yang terkadang tak dimiliki oleh orang lain. Beliau tetap berjuang demi masa depan yang lebih baik walaupun dengan keterbatasannya. Sebagai pemuda penerus bangsa ini,seharusnya kita contoh perilaku dan sifat positif yang ada di dalam diri Pak Dahlan. Hampir semua perjalanan hidupnya hingga sekarang memberi sebuah inspirasi hidup tersendiri. Jika beliau sekarang bisa menjadi Pak Menteri,ya itulah hasil dari jerih payahnya yang memang sudah seharusnya beliau dapatkan,

    ReplyDelete
  32. Semangat dan ketekunan seorang dahlan iskan patut menjadi contoh dan teladan yang baik untuk seorang wirausaha yang sukses dengan kerja kerasnya serta seorang menteri bumn yang penuh semangat dan gigih. Disini di ulaskan betapa panjangnya perjanan beliau menuju sukses,dari seseorang dengan kehidupan yang jauh dari mewah sampai saat ini dengan beberapa bisnis yang dia jalani. Sungguh seorang yang sangat menginspirasi banyak orang.

    ReplyDelete
  33. Menjadi seorang yang sukses dan berhasil memang perlu semangat yang besar, rasa percaya diri yang tinggi, dan terus berusaha walaupun gagal akan tetapi harus mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut. Ini yang ditunjukan oleh seorang Dahlan Iskan yang berlatar belakang bukan dari orang yang berekonomi baik tetapi tidak menyerah dengan keadaan yang dihadapinya. Dan yang paling penting adalah jangan pernah cepat merasa puas dengan apa yang telah didapatkan akan tetapi terus berusaha menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  34. Kesuksesan berawal dari kerja keras dan semangat yang tinggi. Hal ini yang membuat Dahlan Iskan yang awalnya hanya seorang wartawan bisa menjadi menteri BUMN yang harus mengurusi 140 perusahaan milik negara. Memang hal tersebut tidak didapat dengan mudah tetapi perlu perjuangan keras dan kerja cerdas untuk mendapatkan hal tersebut.

    ReplyDelete
  35. sungguh tokoh nasional yang sangat menginspirasi. perjungan beliau dari kecil sampai menjadi orang yang sukses sekarang ini memang sangat berat. sikap, semangat dan ketekunan beliau dalam menghadapi masalah sungguh mengagumkan. mungkin ini lah cara beliau dalam mengarungi kehidupan. dengan kesuksesan yang beliau miliki sekarang tak ayal membuat beliau besar kepala, tak heran jika sekarang beliau menjadi inspirasi banyak orang.

    ReplyDelete
  36. Kembali terlihat sebuah sosok yang dapat dijadikan contoh kegigihan dan kesungguhannya dalam meraih kesuksesan. Untuk memiliki semangat yang tinggi dan pantang menyerah bukan perkara mudah untuk menjadikan pak Dahlan Iskan sukses seperti penjelasan di atas. Perlu adanya kesabaran yang tinggi agar semua mimpinya dapat terealisasikan. ini lah yang harus dijadikan contoh bagi kita anak-anak muda penerus bangsa agar nantinya kesuksesan bukan hanya milik sendiri melainkan agar menjadi milik semua orang.

    ReplyDelete
  37. Ada yang bilang kehidupan itu seperti Roda berputar kadang diatas kadang dibawah…
    Kalau saya membaca artikel diatas, perjalanan Pak dahlan iskan seperti orang yang sedang mendaki kepuncak gunung… terus naik dan naik…
    Artikel yang sangat menginspirasi, teladan bagi generasi muda.. salut dengan Pak Dahlan Iskan. Meskipun beliau terlahir dari keluarga yang kurang mampu, namun dengan semangat dan usahanya, beliau dapat menuai kesuksesan seperti sekarang ini bahkan bisa menjadi panutan bagi orang lain agar bisa menjadi seperti dirinya. Walaupun mengalami beberapa kali kegagalan, namun beliau tetap tidak patah semangat untuk terus bangkit dan berusaha serta menjadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi bagi dirinya untuk terus maju menuju kesuksesan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sosok Dahlan Iskan sangat menginspirasi kita semua untuk terus maju dan mengejar apa yang menjadi mimpi kita, yaitu kesuksesan. Keterbatasan kita bukanlah halangan untuk menjadi sukses.

    ReplyDelete
  38. Dahlan Iskan adalah salah satu tokoh bangsa yang perlu dicontoh, sosoknya yang sangat inspiratif membuat kita ingin seperti dirinya yang selalu penuh motivasi demi mencapai kesuksesan. Dengan kerja keras kesuksesan bukanlah hal yang mustahil

    ReplyDelete
  39. sosok seorang dahlan iskan memang patut untuk di tiru semangatnya untuk menuju sukses , walaupun dia dari keluarga yang miskin tapi dahlan iskan mampu menunjukan kalau dia bisa menjadi kebanggaan di keluarganya , dahlan iskan sosok seorang yang bisa membuat inspirasi untuk kita semua menjadi orang yang tidak mudah putus asa dan tetap semangat .

    ReplyDelete
  40. Dahlan Iskan, sudah tidak asing lagi bagi kita. Seorang pengusaha dan sosok yang sangat pantas untuk kita jadikan panutan. Berkat kerja keras, kreativitas dan kemauan yang keras kesuksesan datang kepadanya. Sikap pantang menyerah dan kerja keras yang patut kita contoh dan kita tiru.

    ReplyDelete
  41. Dahlan Iskan memang sunggu luar biasa, semua dirintis dari bawah ,dari bukan apa-apa dan siapa-siapa, menjadi sosok yang sangat terkenal karena sosoknya yang sangat tekun dan tidak menyerah juga berani dalam berbicara fakta dimana saat dia menjadi mentri BUMN ia berani melawan agar BUMN tidak dijadikan ''Sapih perah'' untuk kepentingan partai politik tertentu, kita balik lagi ke perjalanan hidupnya, walaupun duluanya dia sulit dan miskin, tidak menjadikan di untuk bekerja tidak jujur ,semua karir yang dia rintis dengan usaha dan kerja keras nya bukan dengan cara cepat seperti korupsi atau menipu

    terimakasih

    ReplyDelete
  42. Melihat dari pengalaman dan perjuangan pak Dahlan iskan dapat menginspirasi banyak anak muda yang sedang mencari jatidiri , dengan pengalaman beliau dengan tanpa mengenal menyerah ,dan selalu berjuang semaksimal mungkin harusnya dapat menjadi motivasi kami sebagai generasi muda yang memiliki mimpi yang tinggi dimana beliau mencontohkan tak akan ada hasil tanpa ada perjuangan

    ReplyDelete
  43. Sosok dahlan iskan patut menjadi tokoh inspirasi dan diikutin jejak kesuksesanya. Selain menjadi mentri BUMN ternyata beliau juga seorang wirausahawan sukses dalam berbagai bidang. Dengan semangat yang tak pernah padam, inovatif dan kerja kerasnya lah beliau dapat sukses . Sosok seperti dahlan iskan lah yang patut kita contoh untuk meraih kesuksesan. Untuk menjadi orang besar tidak harus berasal dari keluarga orang kaya, seperti dahlan iskan yang berasal dari keluarga yang tidak punya hingga ia berhasil menjadi orang besar dan dikagumi berbagai kalangan.

    ReplyDelete
  44. ada yang bilang kalau kita terlahir miskin, bodoh, jelek atau memiliki kekurangan yang sering dijadikan ejekan banyak orang semua itu adalah takdir. itu adalah salah besar, karena yang namanya takdir itu adalah keputusan tuhan yang telah tergaris nyata dan tidak dapat dirubah terkecuali jika allah menginginkan. tetapi jika nasib itu kita lah yang bisa menentukan apakah ingin selamanya terlahir miskin, bodoh atau terhina sekalipun. dan terbukti seorang anak yang terlahir dengan segala kekurangan dalam keluarganya dapat membuktikan. ya, Bapak Dahlan bisa mengubah semuanya. dan dari artikel yang saya baca dapat saya lihat betapa keinginan yang kuat itu juga teraplikasi nyata dengan usaha dan kerjakerasnya. dengan kegigihan, semangatnya beliau mampu bahwa dengan kekurangannya justru kini menjadi kelebihannya. untuk mencapai tingkatan tangga tertinggi pastinya butuh selain semangat yaitu adalah tahan banting dengan segala rintangan yang ada terbentang disepanjang tingkatannya. yang pasti doa dan keikhlasan beliau dalam menjalani setiap detik perjuangan dalam hidupnya. tidak henti terus berkreatifitas dalam bidang yang digemarinya, tidak pernah puas untuk terus mencoba dan mencoba. kita patut untuk mencontoh dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita dan tanpa keraguan sedikitpun. karena belia selalu optimis dan positif dalam berfikir... sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  45. Dahlan Iskan sosok menteri BUMN yang sangat luar biasa,dalam kepemimpinanya BUMN banyak mengalami kemajuan.

    Beliau memang merupakan sosok yang sangat hebat, cerdas dan sangat inovatif. Banyak ide ide cemerlang yang ia telah buktikan mampu mebangkitkan peran BUMN bagi kesejahtraan masyarakat dan kemajuan ekonomi bangsa ini.

    ReplyDelete
  46. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) City car

    ReplyDelete
  47. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Desain Mobil

    sukses selalu

    ReplyDelete
  48. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update! mobil sport

    ReplyDelete
  49. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!mesin mobil

    ReplyDelete
  50. harga toyota alphard bekas4/05/2014 1:55 PM

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga toyota alphard Bekas

    ReplyDelete
  51. Dewi Lestari4/16/2014 4:30 PM

    terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Dewi Lestari

    ReplyDelete
  52. piala dunia 20144/30/2014 4:21 PM


    terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia 2014

    sukses selalu

    ReplyDelete
  53. Nicholas Saputra5/02/2014 10:15 AM

    terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Nicholas Saputra

    ReplyDelete
  54. Kehidupan itu seperti Roda, berputar kadang diatas kadang dibawah…
    Kalau saya membaca artikel diatas, perjalanan Pak dahlan iskan seperti orang yang sedang mendaki kepuncak gunung… terus naik dan naik…
    Artikel yang sangat menginspirasi, teladan bagi generasi muda.. salut dengan Pak Dahlan Iskan. Meskipun beliau terlahir dari keluarga yang kurang mampu, tetapi dengan semangat dan usahanya, beliau dapat menuai kesuksesan seperti sekarang ini bahkan bisa menjadi panutan bagi orang lain agar bisa menjadi seperti dirinya. Walaupun mengalami beberapa kali kegagalan, namun beliau tetap pantang menyerah untuk terus bangkit dan berusaha serta menjadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi bagi dirinya untuk terus maju menuju kesuksesan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sosok Dahlan Iskan sangat menginspirasi kita semua untuk terus maju dan mengejar apa yang menjadi mimpi kita, yaitu kesuksesan. Keterbatasan kita bukanlah halangan untuk menjadi sukses.
    Dan mungkin saja Pak Dahlan Iskan ini bisa menggantikan era SBY yang sudah bobrok ini jika dia nanti jadi mencalonkan diri dan terpilih.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  55. Dahlan Iskan adalah seseorang yang dapat kita contoh kerja kerasnya. Walaupun beliau berasal dari keluarga miskin tetapi beliau tetap semangat bersekolah, dan walaupun beliau pernah di drop out dari universitas, tidak menghalangi beliau untuk meraih kesuksesan. Beliau mengajari untuk bersosialisasi, bekerja keras dan berani membela kebenaran.

    ReplyDelete
  56. Lulu Andalusia5/14/2014 11:44 AM

    Dahlan Iskan merupakan salah satu contoh yang mampu sukses tanpa adanya faktor keturunan (keluarga kaya), merupakan hal yang berbeda dengan yang kita fikirkan selama ini (bahwa untuk sukses harus dari keturunan keluarga kaya atau dengan mempunyai modal/uang yang banyak). makin memantapkan hati saya bahwa memang benar bahwa kesuksesan itu 85% diraih dengan kerja keras. dan jelas bahwa keterbatasan kita merupakan salah satu faktor kekuatan kita untuk sukses. jadi semua orang bisa sukses, termasuk saya. aamiin

    ReplyDelete
  57. Dahlan Iskan merupakan salah satu tokoh yang bisa membuat saya sadar bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kesempatan untuk sukses.sebelum saya kuliah di Universitas Mercubuana,jujur saja saya belum mengenal dekat dengan Pak Dahlan Iskan,namun sejak dosen saya menceritakan sedikit kisahnya,sejak itu saya mulai mencari informasi tentang Pak Dahlan Iskan dan semua info yang saya dapat saya simpan dan akan coba saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari,juga sebagai motivasi tersendiri bagi saya untuk SUKSES.Terimakasih

    ReplyDelete
  58. Kesusksesan bisa dicapai oleh siapapun asalkan mereka mau mengejar mimpi dan cita - cita tersebut. Dahlan Iskan adalah salah satu contoh dan sumber inspirasi sekaligus motivator kita untuk menuju masa depan gemilang. Setidaknya masih ada cahaya dan harapan bagi negi ini untuk mendapatkan udara segar. Terobosan dan inovasi yang di lakukan oleh beliau sangan membawa dampak yang luar biasa bagi negri ini. Tidak pernah kkita bayangkan bahwa dari latar belakng "jendral miskin" bisa mendapatkan penghasilan yang luaar biasa. Inilah kehidupan, kesuksesan dan keberhaqsilan diraih dan didapatkan hanya oleh orang yang bersungguh - sungguh dan gigih dalam berusaha dan bekerja.Saya pribadi sangat terinspirasi oleh orang - orang sukses seperti beliau (DI), dan saya yakin saya mampu untuk suskses jika keyakinan membuat saya untuk selalu berusaha. Amin.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  59. sayang sekali,,,perjuangan dan keteladanan hidup dahlan iskan harus tercoreng dengan tindakan-tindakan grusah grusuhnya yang justru menjadi aib baginya. seperti tragedi pintu toll, mobil listrik,

    ReplyDelete
  60. Suatu sekilas cerita mengenai riwayat seorang Dahlan Iskan yang membuat kita menjadi terinspirasi, bukan karena kegagalannya, melainkan usahanya. Yang dapat kita ambil dari cerita ini adalah kesuksesan adalah mimpi, dan mimpi itu dapat di wujudkan apabila kita mau berusaha untuk mengejar mimpi-mimpi tersebut. Tapi ingat, di balik usaha kita dan doa kita sendiri sebenernya ada kekuatan yang paling kuat, yaitu doa sang istri.
    Semoga kisah dari Dahlan iskan dapat menjadi inspirasi dan semangat untuk kita dalam mencapai suatu cita-cita yang kita inginkan.
    Terimakasih,

    ReplyDelete
  61. Tokoh sukses seperti Dahlan iskan memperoleh keberhasilan nya dari ketekunan nya sendiri untuk memperoleh banyak ilmu pengetahuan, ia tak mengenal kata lelah untuk terus hidup berjuang meraih kesuksesan nya Sebagai contoh sama kita ketahui beliau pernah mengalami putus jenjang pendidikan sampai dua kali, tetapi dengan keyakinan dengan rasa keinginan yang kuat dan dengan ilmu pengetahuan yang beliau dapat,mampu membawa kesuksesan yang sangat gemilang.

    Dan hal itu telah ia buktikan selama hidup nya, dalam mengarungi kehidupan yang penuh liku-liku sampai menuju keberhasilan seperti saat ini.

    ReplyDelete
  62. Melihat sepak terjang seorang Dahlan Iskan tentulah sangat memberikan inspirasi bagi masyarakat, terutama diri saya pribadi. Menurut saya beliau merupakan pribadi yang cerdas, tangguh, tidak mudah menyerah, penuh percya diri dan juga sosok yang baik dan bijaksana. Dengan berbagai pengalaman dan prestasi yang dimiliki oleh beliau, tentu sangatlah pasntas apabila kita mengikuti jejak langkahnya dalam menggapai kesuksesan.

    ReplyDelete
  63. Pak Dahlan Iskan merupakan putra terbaik bangsa. Kesederhanaan adalah yang menjadi ciri khas yang di bawakan beliau dalam berpenampilan, tapi dalam tampilan tersebut terdapat sesosok pemimpin yang sangat cerdas dalam mengelola sebuah perusahaan ataupun sebuah kementrian di Indonesia. Dengan mengetahui bagaimana beliau berasal, bagaimana beliau di besarkan dan bagaimana beliau mencapai puncak karir seperti sekarang ini di kementrian BUMN, seharusnya menjadi sumber inspirasi dalam kita mencapai sebuah cita-cita.

    ReplyDelete
  64. Menurut saya dahlan iskan cocok sebagai seorang presiden, karena motivasi hidupnya adalah agar berguna buat orang lain, selain itu dia juga berpengetauhuan luas.

    ReplyDelete
  65. sang tokoh yang kerap muncul di media cetak maupun elektronik. Kiprah sang tokoh yang demikian akrab dan sederhana telah membawa perubahan-perubahan yang nyata dan pantas untuk kita tiru. Mungkin untuk sebagian orang yang alergi terhadap perubahan dan yang masih senang menggunakan pola-pola lama yang dianggap aman untuk dirinya, kebijakan yang digagas/diungkapkan pak Dahlan menjadi berseberangan dan seolah-olah seperti polutan saja, namun bagi mereka yang menginginkan sosok pemimpin yang mau bekerja nyata membawa perubahan yang lebih baik, bukan hanya slogan dan pencitraan semata, akan menjadikan mendukung kiprahnya.

    ReplyDelete
  66. from nothing to something mungkin itu kata-kata yang tepat untuk seorang bapak dahlan iskan dimulai dari kehidupanya, lahir dari keluarga yang kurang mampu/anak desa yang miskin kmudian pada saat kuliah beliau di drop out..namun beliau mengajarkan kita tentang semangat pantang menyerah hingga beliau menjadi sesuatu seperti sekarang..sangatlah pantas untuk kita teladani perjalanan hidup beliau yang penuh liku-liku.

    ReplyDelete
  67. Dahlan Iskan,satu dari puluhan orang sukses yang mempunyai history kehidupan yang tidak mudah,miskin pangkat jendral waktu dia terlahir.D.O 2 kali dari bangku mahasiswa hingga kini sukses dengan jawapost dan bisnisnya.roda berputar karena semangat belajar dan berorganisasi... patut dijadikan contoh.

    ReplyDelete
  68. Dahlan Iskan, Mungkin kata kata From Zero to Hero tepat menggambarkan sosok ini. Bagaimana tidak, dari sejarah hidupnya dapat kita lihat dan pelajari makna makna kehidupan yang sangat baik untuk kita ambil hikmah dan sebagai pedoman hidup. Berasal dari keluarga yang tidak mampu terbukti bukan merupakan halangan bagi dirinya untuk sukses dan berkarya bagi negeri ini.

    ReplyDelete
  69. Berhati mulia, memiliki niat yang baik, berusaha hingga menembus batas maksimal dan selalu berserah diri, menurut saya inilah fakta menarik dari seorang Dahlan Iskan. Secara berani beliau mengutarakan peperangan terhadap pihak yang merugikan negara, kecintaannya pada tanah air ini dibuktikan secara pasti bukan hanya omongan belaka. Saya sangat mengagumi beliau disamping sifatnya yang patut diteladani, beliau selalu mencoba memperbaiki "kerusakan" parah negeri ini demi masa depan anak cucu kita nanti. Semoga beliau menjadi inspirasi hadirnya Dahlan Iskan berikutnya.

    ReplyDelete
  70. Saya sangat mengagumi pribadi Dahlan Iskan, seorang yang lahir dalam keadaan sangat miskin tidak membuatnya menerima nasib dengan begitu saja. Dia seorang yang suka sekolah dan belajar dan belajar. Karena kondisi ekonomi, Dahlan mengalami dua kali drop out dari kuliah. Dan hal ini juga tidak membuatnya putus asa. Kecintaannya akan organisasi pers mahaasiswa sewaktu kuliah ternyata membawanya menjadi piawai dalam menulis. Dahlan Iskan adalah orang yang fokus dalam melakukan apa saja dan total. Sehingga apa saja yang dia lakukan membawanya ke puncak prestasi. Kerja keras, tidak cepat puas, selalu punya ide kreatif untuk memajukan pekerjaan apa saja yang dia lakukan dan tidak bisa diam membuatnya dipercaya sebagai direktur di banyak perusahaan. Dan semua perusahaan yang dipegangnya maju secara signifikan. Bahkan posisi sebagai Direktur PLN pun dapat dia lakukan. Bapak Dahlan Iskan sungguh-sungguh pekerja keras yang mau belajar hal-hal yang baru. Yang bahkan diminta oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi menteri BUMN. Dahlan Iskan seorang yang bersih, lugas dalam melakukan tugas-tugasnya sehingga tidak setuju dengan perlakuan anggota DPR terhadap BUMN sebagai 'sapi perah'. Energi Dahlan Iskan seakan tak pernah surut. Sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan ketokohannya. Beragam dukungan pun terus berdatangan dan makin meluas di seantero Indonesia. Tidak heran jika banyak pihak yang meyakini bahwa Dahlan Iskan sebagai salah satu Calon Presiden dalam Pemilu 2014.

    ReplyDelete
  71. di balik kesuksesan orang tentu ada perjuangan yang sangat keras dan gigih dalam perjalanannya.pak dahlan iskan tentu menjadi contoh dimana berawal sebagai wartawan kemudian menjadi presiden di majalah ternama di jawa timur,terus kemudian menjadi dirut PLN yang bekerja di BUMN kemudian menjadi menteri BUMN yang memegang 140 peusahaan BUMN.sosok kerja kerasnya inilah yang menjadikan dahlan iskan menjadi topik atau perbincangan banyak media di indonesia. saya kagum dengan beliau semoga muncul lago sosok setelah dahlan iskan untuk menjadi penerus bangsa ini yang semakin hari semakin di kuasai para mafia yang ada pada pemerintahan saat ini.

    ReplyDelete
  72. Dahlan Iskan, tokoh yang patut dicontoh dalam usaha meraih kesuksesan. Semua energi positif yang beliau kembangkan patut untuk diserap sebagai energi pembangkit kesuksesan. Dari tokoh Dahlan Iskan, kita menjadi sadar bahwa kemiskinan bukanlah penghambat untuk malas belajar, untuk menjadi sukses, justru itu adalah pembangkit motivasi untuk menjadi hidup lebih baik dan sukses. Karena dengan belajar, kita dapat merubah kondisi kehidupan yang kita alami sekarang, dan belajar itu tidak harus di dalam ruangan (secara formal), namun dapat juga informal (melalui organisasi, dll). Untuk menjadi sukses yang terpenting semangat ketekunan, dan tidak mudah putus asa. Karena kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, itu adalah modal awal untuk bangkit, menciptakan hal-hal baru yang lebih kreatif seperti apa yang dilakukan Dahlan Iskan.
    Oleh karena itu, sebagai generasi muda penerus bangsa jangan pernah menyerah pada keadaan, teruslah maju, menatap ke depan dan yakin bahwa kesuksesan telah menanti. Dengan modal utama yaitu semangat belajar, ketekunan, serta memiliki kreativitas yang tinggi, pasti bisa. Karena tidak yang tidak bisa di dunia ini, selama ada usaha dan keyakinan yang kuat.

    ReplyDelete
  73. Dahlan Iskan adalah seorang tokoh yang patut di contoh dan di tiru kerana setiap kegagalan yang ia hadapi selalu ia lewati. beliau seorang yang selalu berusaha dan tidak pernah berputus asa demi mencapai kesuksessan.
    beliau adalah inspirasi bagi generasi muda agar tidak mudah berputus asa dan selalu berusaha untuk mencapai kesuksessan

    ReplyDelete
  74. Sosok Dahlan Iskan memang patut dijadikan teladan bagi kita khususnya para anak muda. Pelajarilah bagaimana beliau terus berjuang di masa mudanya walaupun dua kali di-DO saat jadi mahasiswa. Justru diluar pendidikan formal beliau berhasil mengembangkan potensinya hingga bisa sampai seperti sekarang ini. Perjuangannya mengatasi kekurangan ekonomi di keluarganya saat kecil pun merupakan suatu poin yang menarik yang bisa kita ambil pelajaran agar terus bersyukur atas apa yang kita punya dan tetap semangat pantang menyerah.

    ReplyDelete
  75. Dahlan Iskan banyak memberikan contoh pada kita semuanya. Beliau ini selalu optimis, tidak ada yang tidak bisa dikerjakan, semuanya beliau yakin bisa dan harus bisa. Itu yang saya lihat di Pak Dahlan Iskan. pekerjaan yang dilakoninya kali ini tidak lagi untuk mencari keuntungan tapi lebih kepada kerja sosial yang beliau beri nama socioprener. Mencoba membantu banyak orang untuk mencapai sukses. sosok seperti Dahlan iskan sangat bersahaja, jujur, ulet, berani, tulus dan tangguh.. wajar saja jika Dahlan Iskan bisa menjadi seperti sekarang ini..

    ReplyDelete
  76. Dahlan Iskan adalah hasil dari perjuangan rakyat biasa yang dimulai dari nol. Beliau memberikan bukti ke kita bahwa segala sesuatunya dapat dicapai dengan keuletan usaha dan juga doa. Alangkah baiknya semangat itu kita tularkan ke diri kita masing - masing.

    ReplyDelete
  77. Dahlan Iskan merupakan salah satu tokoh yang menginspirasi pada kalangan muda di Indonesia. Karena dengan terlahir dalam keadaan miskin, ia bisa menjadikan dirinya sesukses ini dengan langkah-langkah berat yang dijalaninya,dan tidaklah mudah. Tentunya sebagai penerus bangsa, anak muda sekarang harus belajar dari pak Dahlan. Semangatnya untuk merubah diri sendiri dan bangsa ini sangatlah besar.

    ReplyDelete
  78. Dahlan Iskan memang benar - benar seorang yang membuat energi bagi bangsa ini. Beliau telah membuktikan bahwa sukses bukanlah turunan, tetapi sukses datang dari diri kita sendiri. Begitulah kiprah beliau. Kita tak akan termotivasi dan bangkit tanpa ada orang - orang seperti beliau. Karena beliau adalah salah satu inspirasi bangsa ini.

    ReplyDelete
  79. Memang tidak di ragukan lagi Prof.Dr.Dahlan Iskan adalah seorang yang kreatif,tegas,pekerja keras,baik,dan jujur.Sungguh prestasi luar biasa, seorang anak desa yang sangat miskin bisa menjadi orang hebat.Hal inilah yang perlu kita tiru ,jangan meniru orang -orang atau pejabat-pejabat negara yang haus akan uang dan kekuasaan,memperoleh sesuatu kesuksesan dengan jalan pintas.Saya menilainya karena mr Dahlan Iskan di didik dari usia anak-anak tentang ajaran agama yang baik yaitu di pesantren dan ilmu yang banyak,sehingga dia mempunyai dasar kehidupan yang baik serta mental yang kuat.Sehingga masa tua mr dahlan iskan hidup dalam kesejahteraan,tidak lagi mewarisi kehidupan miskinnya dari orang tua.Semoga ada lagi mr dahlan iskan ke 2 ke 3 dan seterusnya di Indonesia.Sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  80. Dahlan Iskan merupakan sosok yang tidak kenal menyerah.Seorang sosok yang dapat memberikan inspirasi bagi kaum muda di Indonesia yang ingin sukses seperti dirinya.Untuk menjadi sukses kita harus mempunyai ide yang inovatif, berpikir keluar kotak.Untuk meraih sebuah kesuksesan tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, Beliau juga pernah gagal sehingga 2 kali DO.Namun dengan kegigihannya Dahlan Iskan dapat bangkit dan meraih sukses seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  81. Dahlan Iskan merupakan sosok yang tidak kenal menyerah.Seorang sosok yang dapat memberikan inspirasi bagi kaum muda di Indonesia yang ingin sukses seperti dirinya.Untuk menjadi sukses kita harus mempunyai ide yang inovatif, berpikir keluar kotak.Untuk meraih sebuah kesuksesan tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, Beliau juga pernah gagal sehingga 2 kali DO.Namun dengan kegigihannya Dahlan Iskan dapat bangkit dan meraih sukses seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  82. Tokoh sukses seperti Dahlan iskan memperoleh keberhasilan nya dari ketekunan nya sendiri untuk memperoleh ilmu pengetahuan, Sebagai contah sama kita ketahui beliau pernah mengalami putus jenjang pendidikan sampai dua kali, tetapi dengan keyakinan nya dengan rasa keinginan yang kuat dan dengan ilmu pengetahuan yang beliau dapat,mampu membawa kesuksesan yang sangat gemilang.

    Dan kiat sukses lain nya adalah berkecimpung dalam berorganisasi, yang menjadikan nya lebih mudah untuk berkomunikasi dan mendapatkan pengalaman yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seorang tokoh sukses Dahlan Iskan adalah seorang Putra Bangsa yang mampu membuktikan kesuksesan tanpa mempengaruhi dari kalangan bawah beliau berasal. Dengan modal ketekunan dan kedisiplinan beliau mampu bersaing dalam dunia bisnis media sehingga menjadi orang yang sangat dikenal dalam kalangan PERS. Sehingga menarik minat pemerintah untuk mengangkat beliau sebagai Menteri. Dengan modal pengalaman yang cukup profesional sehingga mampu mengorganisir kementrian tersebut. Walaupun sudah berkancah dalam Pemerintahan tak satu pun berita miring tentang beliau. Adalah sebagai contoh bagi kita semua untuk perubahan maju dan sukses dengan semangat pantang menyerah.

      Delete
  83. Dahlan Iskan adalah seorang tokoh yang patut kita teladani keberhasilannya dalam menjadi sukses. Dia tidak pernah berputus asa dan dapat membuktikan bahwa fokus serta ikhlas ketika bekerja dapat memberikan hasil yang sangat maksimal. Menjadi miskin bukan merupakan alasan bagi beliau untuk menghentikan semangat belajar. Keadaan justru menuntut beliau untuk belajar dengan bersungguh-sungguh demi merubah nasib.

    ReplyDelete
  84. Dahlan iskan merupakan sosok fenomenal indonesia yang melakukan gebrakan terhadap segala kegiatannya baik menjadi mentri,birokrat, penulis serta menjadi pengusaha selain itu beliau merupakan tokoh visioner yang mampu berpikir kedepan untuk memajukan Indonesia. Dahlan iskan tokoh yang harus kita teladani sikap dan sifatnya maka tidak heran beliau mau mencalonkan diri sebagai presiden ( walaupun mundur karena adanya intervensi partai politik). beliau lebih menekankan pada proses (how to) dibandingkan dengan hasil yang diperoleh karena di dalam proses itu dapat membuat seseorang menjadi apa yang diinginkan dan tidak takut jika hasil yang diperoleh akan hilang dikemudian hari.

    ReplyDelete
  85. tokoh yang menjadi inspirasi buat anak muda khususnya kalangan mahasiswa, kesusksesan beliau dari hasil kerja kerasnya yang sangat gigih dan memotivasi kita untuk meningkatkan kemampuan dan terus mengasah kemampuan, mengambil pengalaman dari seorang tokoh bpak dahlan iskan yang berawal dari wartawan majalah surat kecil di samarinda serta menjadi mentri BUMN di era kepemimpina presiden susilo bambang yudoyono. dengan ketekunan dan kerja keraslah beliau menjadi tokoh yang menginspirasi bagi kita semua sehingga dapat mengambil pelajaran agar kita dapat terus maju dan berkembang

    ReplyDelete
  86. Dengan kesulitan yang di alami oleh Bapak Dahlan iskan semasa kecilnya, tidak mematahkan semangatnya untuk terus maju dan sukses.
    Karirnya berwal dari wartawan, kemudian menjadi Dirut PLN, hingga diangkat menjadi Direktur Utama salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar di Indonesia, yaitu PLN. Dan pencapaian saat ini menjadi Menteri BUMN.

    Dahlan Iskan selalu memberikan kreasi dan inovasi di setiap langkah pekerjaannya, hal ini sangat perlu kita contoh agar dapat jenjang karir yang lebih baik dan optimal pada kehidupan kita.

    ReplyDelete
  87. Dahlan iskan adalah orang yang patut dihargai, dihormati, dan diteladani. Karena kemampuan nya yang tidak ada habis nya, serta berani bertindak dan berani bertanggung jawab di dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, sehingga ia bisa.mendapatkan hasil yang memuaskan, serta ia juga tidak pernah puas akan hal yg telah ia capai, sehingga menuntut diri nya agar terus berinovasi terus mencoba beragam hal supaya dirinya menjadi lebih baik lagi. Hal ini harus kita patenkan dalam diri kita masing-masing, agar bisa menggapi bintang dilangit.

    ReplyDelete
  88. Dahlan Iskan juga dikenal sebagai sosok yang bersahaja, dalam menjalankan tugasnya Dahlan Iskan rela berkeringat ikut naik KRL, menyantap soto di pinggir jalan, menginap di rumah petani miskin dan tidur terlelap hanya dengan beralas tikar, dan sebagainya. Dari segi berpakaikan pun ia pun sangat sederhana, sementara menteri lain mengenakan jas atau batik ia lebih suka mengenakan baju putih lengan panjang yang digulung dan sepatu kets sebagai alas kakinya kemanapun ia pergi. Dahlan didalam kehidupannya sejak kecil di didik dengan keras. Tidak semua orang menjalani hidup kecilnya dengan penuh kesenangan, banyak mainan, dengan rekreasi keberbagai tempat. Buktinya Dahlan yang menjalani hidup kecilnya dengan serba kekurangan. Dahlan iskan menginspirasi kepada setiap orang untuk tidak menyerah oleh keadaan.
    Kemiskinan bukanlah akhir dari segala-galanya di dalam. “Kemiskinan yang dijalani dengan tepat akan mematangkan jiwa”. Kisah Dahlan dalam meraih mimpinya menurut saya pantas untuk diapresiasi. Nilai-nilai yang terkandung cerita Dahlan Iskan ini adalah :
    1. Nilai kekeluargaan
    2. Nilai kedisplinan
    3. Nilai ketekunan
    4. Nilai perjuangan
    5. Nilai kehidupan

    Gambaran perjuangan Dahlan Iskan dapat dimaknai dengan pesan-pesan berikut ini :
    1. Jangan mudah menyerah bila kita dalam kesulitan, setiap kesulitan pasti ada solusinya.
    2. Bila ingin menjadi orang yang sukses hendaknya berusaha dan berdo’a. Karena mimpi jadi orang sukses tanpa adanya ikhtiar tidak akan tercapai bagai mimpi disiang bolong.
    3. Dengarkan nasihat orang tua, karena tak ada orang tua yang ingin memasukkan anaknya kedalam jurang.
    4. Hendaknya seorang anak berbakti kepada orang tuanya.
    5. Bila kita sedang terpuruk hendaknya bangkit, berjuang dan berusaha untuk melawan segala keterpurukan itu.
    6. Kerja keras,nekad yang kuat,percaya kepada keberhasilan akan menganatarkan kita kepada kesuksesan
    7. Bila ingin sukses ikhlas menjalani segala ujian,cobaan dan membuang rasa gengsi
    Pandai tidak telak menjadi tolak ukur kesuksesan sebagai syarat karena semua orang sudah pasti pandai. "Satu integritas yang baik, kenapa bukan kepintaran karena saya yakin semua orang sudah pintar, yang kedua adalah harus mempunyai antusias keinginan maju, banyak orang integritas tinggi tapi tidak punya antusias.
    Demikinlah dari saya,terima kasih
    TYO

    ReplyDelete
  89. kemskinan bukanlah halangan untuk kita menjadi seorang yang menjadi sukses pak dahlan iskan telah membuktikan dengan sikap yang kerja keras kita semua akan bisa seperti beliau sekarang ini. Dengan ini kita sudah sepatutnya meniru dari sikap-sikap pak dahlan iskan.

    ReplyDelete
  90. artikel yang menarik mengajari kepada saya khususnya untuk tidak mudah menyerah menghadapi kerasnya kehidupan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan kehidupan kita di masa yang akan datang karena hanya dengan ketekunan dan kerja keras seseorang bisa menjadi orang yang sukses

    ReplyDelete
  91. Dahlan Iskan merupakan sosok yang gigih dan pantang menyerah dalam memperjuangkan keberhasilannya sebagai seorang pengusaha, walau berasal dari keluarga miskin dan sempat "DO" sampai dua kali di masa perkuliahannya, beliau tetap semangat untuk bangkit sehingga bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  92. dahlan iskan mampu membuktikan bahwa keterbasan yang beliau miliki bukanlah suatu halangan untuk menjadikan dirinya berhasil, dengan niat, usaha, kerja keras, kreatifitas, inovasi dan tak kenal putus asa, beliau mampu berhasil

    ReplyDelete
  93. Dahlan Iskan merupakan tokoh yang memiliki jiwa juang yang tinggi. dalam keterbatasan ekonomi, semangat edukasi dalam jiwanya tidak pernah luntur dan pantang menyerah. disaat posisinya sebagai menteri BUMN pun beliau dengan jujur dan berani melaporkan ke Dewan Kehormatan DPR tentang beberapa anggota dewan yang berupaya memeras BUMN. kejujuran dan kedisiplinan adalah nilai yang patut diteladani dari sosok Dahlan Iskan.

    ReplyDelete
  94. sosok dahlan iskan merupakan sosok yang memberikan motivasi bagi kita semua. Berawal dari bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, dan sekarang sosok dahlan iskandar menjadi sosok yang fenomenal, dia selalu menciptakan gebrakan dan inovasi baru. Dan itulah yang membuatnya sukses dan menjadi orang yang banyak dikagumi oleh semua orang. Tadinya dahlan iskan merupakan orang yang sangat miskin, namun karena dia mempunyai keinginan yang kuat untuk bersekolah, akhirnya dia pun sekolah dan menjadi orang yang berilmu. selain itu dahlan iskan pun aktif di organisasi sekolahnya. Dari kemampuan yang dimilikinya itupun, beliau manfaatkan untuk mengawali kariernya sebagai jurnalis.

    ReplyDelete
  95. Perjalanan hidup Dahlan Iskan terlahir dari keluarga miskin hingga kini membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi orang sukses yang hebat bahkan bisa menjadi motivasi bagi kita sebagai anak muda penerus bangsa. untuk menjadi orang sukses tidak mudah namun dengan kerja keras dan ulet kesuksesan bisa di capai. Meskipun Dahlan iskan sempat dua kali DO (Drop Out) dalam pendidikannya tetapi hal itu tidak menjadi penghalang Dahlan Iskan untuk mencapai kesuksesan, menjadi mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi ternyata bisa menghantarkan nya menjadi orang sukses hingga saat ini.

    ReplyDelete
  96. Dahlan Iskan adalah seorang motivasi yang harus di contoh terutatama bagi anak muda zaman sekrang dengan beragam kreasi, inovasi dan sepak terjangnya yang seakan tak pernah ada habisnya yang diharapkan dapat menambah akumulasi energi bangsa, sehingga bisa lebih mampu bersaing di kancah persaingan global.

    ReplyDelete
  97. Sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan bahwa sikap itu dimiliki oleh salah satu masyarakat yang ada di Indonesia yaitu Dahlan Iskan yang kini sering dibahas baik melalui media online, televisi, surat kabar, atau media lainnya. Sepak terjang sang tokoh terus menjadi fokus, direkam dan diberitakan.Walaupun keadaan perekonomian yang serba tidak berkecukupan pada masa kecilnya kini beliau sudah sangat berkecukupan. Hasil ini beliau dapat bukanlah dari hasil yang instan. Melainkan usaha atau proses yang beliau jalankan. Meskipun beliau sempat mengalami DO dalam perkuliahannya , beliau tetap berusaha untuk memperbaiki itu. Oleh karena itu kita harus tetap berjuang bagaimanapun keadaan yang kita hadapi. Mencoba terlebih dahulu serta keluarkan semua tenaga yang kita miliki jika kita ingin sukses dan berhasil dalam pencapaian tujuan atau cita-cita yang diinginkan.

    ReplyDelete
  98. Sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan bahwa sikap itu dimiliki oleh salah satu masyarakat yang ada di Indonesia yaitu Dahlan Iskan yang kini sering dibahas baik melalui media online, televisi, surat kabar, atau media lainnya. Sepak terjang sang tokoh terus menjadi fokus, direkam dan diberitakan.Walaupun keadaan perekonomian yang serba tidak berkecukupan pada masa kecilnya kini beliau sudah sangat berkecukupan. Hasil ini beliau dapat bukanlah dari hasil yang instan. Melainkan usaha atau proses yang beliau jalankan. Meskipun beliau sempat mengalami DO dalam perkuliahannya , beliau tetap berusaha untuk memperbaiki itu. Oleh karena itu kita harus tetap berjuang bagaimanapun keadaan yang kita hadapi. Mencoba terlebih dahulu serta keluarkan semua tenaga yang kita miliki jika kita ingin sukses dan berhasil dalam pencapaian tujuan atau cita-cita yang diinginkan.

    ReplyDelete
  99. Menjadi seorang yang sukses memang tidak bisa secara instan, harus melalui sebuah proses dimana seseorang tersebut mampu untuk berusaha menjadi lebih baik, sosok yang banyak juga dibicarakan seperti Dahlan Iskan. sosok yang patut dicontoh dengan kegigihannya untuk meraih sukses melalui inovasi inovasi yang dilakukan. walaupun dengan jalan yang tak selalu mulus untuk merealisasikannya. Namun dengan keinginan yang kuat untuk terus belajar tiada hal yang tak mungkin, dengan selalu aktif berorganisasi dan mengasah kemampuannya. karirnya pun dapat diraih.

    ReplyDelete
  100. perjuangan pak dahlan iskan yang sangat menarik dan bisa dijadikan sosok inspiratif .dari anak keluarga miskin dan gigih belajar hingga menjadi sosok terkenal di negara ini.
    anak muda harus mencontoh kerja kerasnya dan tidak hanya bermalas malasan dengan hal hal yang tidak berguna

    ReplyDelete
  101. Dahlan Iskan sosok yang luar biasa. Dia tidak minder dengan latar belakang dia, dia terus maju pantang menyerah. Meskipun hambatan didepan (drop out), tetapi dia tetap berusaha maju. Seperti judul buku buatan beliau, tidak ada yang tidak mungkin. keberhasilan, kesuksesan, bukan milik orang yang mempunya modal dana besar, tetapi modal semangat, usaha dan kerja keras. dan juga doa tentunya.

    ReplyDelete
  102. Banyak nilai hidup positif yang bisa kita pelajari dari sosok Dahlan Iskan. Bahkan kini banyak disebutkan bahwa Dahlan merupakan sosok perubahan yang sangat dibutuhkan Indonesia. Semoga kedepan semakin banyak generasi muda yang bisa mengikuti jejak beliau. Menjadi sosok inspiratif dengan langkah nyata.

    ReplyDelete
  103. Dahlan Iskan merupakan seorang motivator bagi anak muda sekarang. Perjalanan hidup yang bisa dibilang luar biasa. Dari seorang yang bukan apa-apa sampai menjadi manusia sukses. Kerja keras, kegigihan, tidak mudah putus asa dan keinginan yang tinggi merupakan kunci dari kesuksesan seorang Dahlan Iskan.
    Berkaca dari sosok Dahlan Iskan, generasi sekarang harusnya mencontoh sikap dari tokoh tersebut. Di Indonesia ini masih membutuhkan seseorang seperti Dahlan Iskan, dan siapa lagi kalo bukan generasi muda?

    ReplyDelete
  104. Dari seorang Dahlan Iskan, kita dapat belajar banyak tentang hidup. Tidak perlu pesimis untuk dapat meraih kesuksesan. Semangat dan kegigihannya sangat perlu ditiru kaum muda zaman ini.
    Kreatif, inovatif menjadi kunci bagi seorang wirausaha. sosok seperti beliaulah yang diperlukan bangsa ini.

    ReplyDelete
  105. Dari seorang Dahlan Iskan, kita dapat belajar banyak tentang hidup. Tidak perlu pesimis untuk dapat meraih kesuksesan. Semangat dan kegigihannya sangat perlu ditiru kaum muda zaman ini.
    Kreatif, inovatif menjadi kunci bagi seorang wirausaha. sosok seperti beliaulah yang diperlukan bangsa ini.

    ReplyDelete
  106. Dahlan Iskan tidak hanya sebagai motivator melainkan juga sebagai inspirator untuk generasi muda. Semangat dan kegigihan patut ditiru. Beliau juga memiliki sikap disiplin dan pantang menyerah dalam situasi sesulit apapun. Keyakinan pada diri sendiri bisa meraih kesuksesan harus ditanamkan oleh setiap generasi muda bahwa dalam meraih keberhasilan tidak ada yang instan, semua butuh perjuangan.

    ReplyDelete
  107. Dahlan Iskhan merupakan salah satu tokoh inspiratif yang patut kita jadikan contoh. Seorang yang sederhana yang mampu menjadi orang hebat, dengan perjuangan yang berliku. Kegigihan beliau dalam merih kesuksesan patut kita jadikan motivasi untuk generasi muda yang lebih baik .

    ReplyDelete
  108. dahlan iskan merupakan salah satu contoh panuan dinegri ini. beliau merupakan yang diidentikan denagn perubahan yang revolusioner. selain itu beliau sangat dekat dengan kalangan muda sehingga dalam melakukan perubahan beliau bisa menyelaraskan antara keinginan muda dan keinginan tua

    ReplyDelete
  109. Dahlan Iskan dapat menjadi contoh panutan bagi pemuda bangsa, banyak hal yang dapat dipelajari dari beliau untuk mencapai kesuksesan

    ReplyDelete
  110. seorang pejabat negara yang rendah hati dan sangat menginginkan negaranya lebih maju dan lebih baik lg. sesosok pria paruh baya yang sangat cerdas dan kritis dalam aspek kehidupannya agar membuat hidup yang lebih baik.

    ReplyDelete
  111. dahlan iskan adalah tokoh yang pantas dijadikan panutan oleh seluruh rakyat indonesia. Sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan ketokohannya. negara ini jika ingin maju seperti negara amerika dan tiongkok setidaknya dibutuhkan paling sedikit 1000 dahlan iskan lainnya.

    ReplyDelete
  112. Dahlan Iskan merupakan sosok yang luar biasa dalam hidupnya. Terbukti dengan sifat kerja keras, berani, lugas mampu membawa kiprahnya dari seorang yang miskin menjadi Mentri BUMN. Semangat juang itulah yang bisa kita contoh dalam hidup untuk terus menjadi yang terbaik

    ReplyDelete
  113. sosok dahlan iskan merupakan sosok yang memberikan motivasi bagi kita semua. Berawal dari bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, dan sekarang sosok dahlan iskandar menjadi sosok yang fenomenal, dia selalu menciptakan gebrakan dan inovasi baru. Dan itulah yang membuatnya sukses dan menjadi orang yang banyak dikagumi oleh semua orang. Tadinya dahlan iskan merupakan orang yang sangat miskin, namun karena dia mempunyai keinginan yang kuat untuk bersekolah, akhirnya dia pun sekolah dan menjadi orang yang berilmu. selain itu dahlan iskan pun aktif di organisasi sekolahnya. Dari kemampuan yang dimilikinya itupun, beliau manfaatkan untuk mengawali kariernya sebagai jurnalis.Dia sangat menekuni pekerjaannya itu. Sampai akhirnya ia pun sukses. Dan diapun dijadikan Dirut PLN karena kemampuannya itu , ia banyak menciptakan inovasi dan motivasi baru di setiap langkahnya , hingga sampai saat ini diapun sukses dengan menjabat sebagai Menteri BUMN

    ReplyDelete
  114. Menurut saya dahlan iskan cocok sebagai seorang presiden, karena motivasi hidupnya adalah agar berguna buat orang lain, selain itu dia juga berpengetauhuan luas.

    ReplyDelete
  115. menurut saya Sosok Dahlan Iskan memang patut dijadikan teladan bagi kita khususnya para anak muda. Pelajarilah bagaimana beliau terus berjuang di masa mudanya walaupun dua kali di-DO saat jadi mahasiswa. Justru diluar pendidikan formal beliau berhasil mengembangkan potensinya hingga bisa sampai seperti sekarang ini. Perjuangannya mengatasi kekurangan ekonomi di keluarganya saat kecil pun merupakan suatu poin yang menarik yang bisa kita ambil pelajaran agar terus bersyukur atas apa yang kita punya dan tetap semangat pantang menyerah.

    ReplyDelete
  116. dahlan iskan adalah sosok yang patut untuk dijadikan panutan, dimana ia lahir dari latar belakang yang miskin namun kini mampu menjadi sosok yang luar biasa. hal itu tentu tidak datang begitu saja, perlu proses dari bawah untuk mencapai ke atas, dengan tekad yang kuat dan kerja keras dahlan iskan mampu membuktikannya. dimulai dengan lika liku dalam dunia pendidikan tak menyurutkan niat nya untuk menjadi sukses. dengan keahlian yang dia miliki, dahlah iskan memulai karir nya sebagai seorang wartawan dan sekarang dia berhasil menjadi seorang menteri yang memiliki gebrakan hebat dengan sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif.

    ReplyDelete
  117. Sampai saat ini saya masih dibuat bingung dan kagum, mengapa sosok yang "sukses" yang dapat menjadi inspirasi masyarakat banyak, adalah orang-orang yang justru memiliki latarbelakang kehidupan yang minim, serba kekurangan dan tidak memadai. Seperti sosok Dahlan Iskan ini yang terlahir dari keluarga yang kekurangan, namun Dahlan kecil tetap berupaya untuk tetap bisa sekolah. Beliau telah membuktikan bahwa untuk menjadi sukses bukan hanya milik mereka yang memiliki kehidupan yang baik dari segi materil maupun non materil. Justru dengan "kemiskinannya" itu, Dahlan Iskan dari yang bukan apa-apa menjadi sosok yang fenomenal sekarang ini karena kesuksesannya dalam melakukan gebrakan dan inovasi-inovasi yang luar biasa. Walau terkesan "menclok-menclok" dalam menggeluti suatu bidang dalam hidupnya, Dahlan Iskan membuktikan kemampuannya untuk menguasai itu dengan segala upaya yang tak lain adalah dengan sifat juang pantang menyerahnya, yang telah terlihat sejak beliau masih di usia dini. Berbekal ilmu dan lingkungan keislamannya semasa kecil, pribadi Dahlan Iskan yang terbentuk selain pantang menyerah dan selalu penuh perjuangan ini, beliau memiliki sikap tegas, lugas, berani, sederhana, kerja keras, terbuka, kreatif, inovatif, dan beragam karakter positif dan proaktif lainnya makin menegaskan ketokohannya. Sehingga tidak heran, menapaki karir dimasa muda dengan menjadi wartawan, kemudian berlanjut memimpin Jawa Pos, menjadi Dirut PLN, dan puncaknya beliau menempati posisi sebagai menteri BUMN. Jejak kehidupannya benar-benar menginspirasi siapapun yang mengetahui kisah Dahlan Iskan sedari beliau kecil hingga saat ini. Menginspirasi kita semua terutama muda mudi yang (seharusnya) masih memiliki semangat yang tinggi dalam menjajal berbagai bidang kehidupan, bahwa kesuksesan dapat kita raih asalkan memiliki sifat pantang menyerah, bagaimanapun keadaannya tetap memiliki semangat juang yang tinggi, menghasilkan inovasi-inovasi dan kerja cerdas dengan diperkuat oleh sikap-sikap yang telah dicontohkan oleh sosok Dahlan Iskan.

    ReplyDelete