.

Apr 29, 2013

Dampak Kelangkaan Solar

Belakangan ini pemandangan diberbagai kota diwarnai dengan antrean truk, bus dan mobil yang berbahan bakar solar. Saat ini memang terjadi kelangkaan solar sehingga berpotensi menimbulkan kerugian ratusan miliar rupiah per hari. Solar adalah bahan bakar atau sumber energi untuk menggerakan moda transportasi yang beperan dalam kelancaran logistik.

Bayangkan, menurut pemantauan Harian Kompas (edisi 29/04/2013) banyak truk yang parkir di Pasar Induk Kramatjadi, Jakarta Timur, bahkan ada yang lebih dari 24 hari. Dalam hal ini apa yang dialami para supir truk ialah terjebak dalam dilema kelangkaan solar. Mereka tidak mau mengambil risiko berupa klaim hingga jutaan rupiah karena kerusakan barang akibat pengiriman barang terlambat. Kondisi kelangkaan solar menyebabkan pasokan sayur dan buah dari sentra produksi di Jawa dan Sumatera menjadi terhambat.

Beragam barang seperti sayuran dan buah memerlukan waktu pengiriman yang cepat dan tepat waktu, jika terlambat beberapa jam saja maka akan menjadi busuk dan pedagang di pasar tidak ada yang mau mengambil.

Dalam hal ini Kompas mengutip pernyataan Sofjan Wanandi (Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia), bahwa ketidakjelasan kebijakan energi mengakibatkan kerugian dalam dalam hal harga, ongkos pengangkutan, ketidakpastian usaha, bertambahnya pengangguran, dan terganggunya investasi. Lebih jauh dijelaskan, bahwa ketidakjelasan kebijakan energi sudah mengganggu makroekonomi. Lantas bagaimana dengan kemampuan daya saing produk dalam negeri ketika berhadapan dengan produk impor?

Berdasarkan catatan dari Litbang Kompas, 91,47 persen konsumsi solar digunakan untuk transportasi darat, sekitar 39 persen untuk truk angkutan barang, 30 persen bus, 26 persen truk pertambangan dan 5 persen kendaraan pribadi.

Kasus kelangkaan solar sebenarnya tidak perlu terjadi jika kebikan pemerintah mengenai energi bersifat jelas dan tepat guna. (Atep Afia, Sumber : Kompas 29/04/2013)

Berita+ Kelangkaan Solar :

37 comments:

  1. Tidak dipungkiri lagi, hal itu pasti akan terjadi. Dan benar, akibat kelangkaan solar tidak akan terjadi apabila pemerintah dapat memanfaatkan sumber energi dengan tepat dan satu hal yang penting yaitu uang rakyat untuk rakyat dan untuk subsidi rakyat supaya kesejahteraan masyarakat tercapai.

    ReplyDelete
  2. Solar merupakan salah satu bahan bakar yang sering digunakan oleh kendaraan, terutama kendaraan jenis mobil dan lainnya. Jadi solar harus selalu dipenuhi agar tidak menimbulkan masalah baru seperti yang di tuliskan di artikel diatas

    ReplyDelete
  3. Seharusnya pemerintah lebih berusaha untuk memenuhi kebutuhan solar karena solar merupakan bahan utama dalam distribusi barang-barang usaha. Jadi jika solar sampai mengalami kelangkaan bisa dipastikan Indonesia akan mengalami keterpurukan dan kerugian dalam hal bisnis. Dampak kelangkaan solar sangat dirasakan oleh para pengusaha.

    ReplyDelete
  4. kelangkahan iya betul sekali pasti akan menjadi langkah toh digunakan terus menerus sesuai tinggkat kebutuhannya ,agar tidak terjadinya kelangkahan perlu ada mungkin terobosan baru ,selain solar yang digunakan

    ReplyDelete
  5. Pemerintah harus mencari solusi lain atau alternatif lain yaitu bahan bakar pengganti solar agar memperkecil dampak perekonomian dari kelangkaan solar, mengingat solar cukup banyak digunakan dalam industri transportasi dan lainnya.

    ReplyDelete
  6. mengapa kelangkaaan BBM seperti solar dapat terjadi di Indonesia ? Padahal Indonesia merupaka negara yang banyak mempunyai SDA yang melimpah contohnya saja seperti daerah kampung halaman saya di Bojonegoro disana terdapat beberapa perusahaan pengeboran minyak milik pemerintah. Itu baru dari satu daerah dan masih banyak daerah lain di indonesia yang banyak pertambangan minyaknya separti di daerah kampung halaman saya, namun kenapa kelangkaan minyak masih terjadi ? menurut saya seharusnnya pemerintah harus mengolah dengan baik masalah perminyakan ini karena bila pasokan minyak selalu telat akan memperburuk semuanya baik itu masyarakat maupun industri.

    ReplyDelete
  7. terjadiya kelangkaan solar karena pemerintah yang tidak mencari solusi lain agar tidak terjadi kelangkaan dan manusianya sendiri yang tidak menggunakan bahan bakar solar tersebut dengan tepat. memang solar mayoritas digunakan untuk transportasi tapi ternyata tidak hanya transportasi saja yang memakai solar.

    ReplyDelete
  8. kelangkaan solar yang terjadi menimbulkan efek yang luas dan kompleks. pemerintah diharuskan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini yang sudah membuat terhambatnya jalannya bisnis yang sedang berlangsung sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada pengangggurang serta kerugian yang terjadi.

    ReplyDelete
  9. Pemerintah harus mempunyai pemikiran yang lebih matang lagi dalam pengolahan sumber daya yang sangat sulit dan tidak dapat diperbarui dengan cepat ini , karena jika solar tersebut disalah gunakan maka akan terus-menerus mengalami kelangkaan dalam waktu yang beberapa lama sehingga menimbulkan kerugian ratusan miliar rupiah per hari karena Beragam barang seperti sayuran dan buah memerlukan waktu pengiriman yang cepat dan tepat waktu, jika terlambat beberapa jam saja maka akan menjadi busuk dan pedagang di pasar tidak ada yang mau mengambil.

    ReplyDelete
  10. Pemerintah harus membuat kebijakan-kebijakan dan sistem pengawasan yang tepat tantang migas agar tidak terjadi lagi kelangkaan BBM.

    ReplyDelete
  11. Dari kasus ini seharusnya pemerintah melakukan pengawasan yang tepat sehingga tidak ada oknum yang menyalahgunakan penggunaan solar ini untuk meraup keuntungan yang tidak halal . Selain itu pemerintah juga harus mulai mencari bahan bakar pengganti solar yang mampu membantu kinerja solar

    ReplyDelete
  12. Pemerintah seharusnya lebih serius lagi dalam menangani masalah kelangkaan solar, jika pemerintah bijak kasus kelangkaan solar tidak akan terjadi

    ReplyDelete
  13. Pemerintah harus dengan serius dalam menangani kasus ini dengan pengawasan yang tepat sehingga tidak terjadi kecurangan atau penyalahgunaan oknum yang tidak bertanggung jawab. Pemerintah harus membuat kebijakan agar tidak terjadi kelangkaan solar.

    ReplyDelete
  14. Pemerintah harus mencari solusi untuk mengatasi kelangkaan solar ini mungkin dengan mencari alternatif bahan bakar lain, atau pemerintah perlu lebih mengawasi sektor-sektor yang riskan akan terjadinya penimbunan solar sehingga kelangkaan solar dapat terhindari

    ReplyDelete
  15. melihat kenyataan di atas, perlu adanya pengendalian dan pengawasan dari pemerintah agar kelangkaan bahan bakar tidak berkelanjutan yang bisa mengakibatkan kerugian triliunan rupiah. sangat disayangkan juga jika hal ini dijadikan permainan para oknum yang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin memikirkan kekayaan dirinya sendiri. kita sebagai masyarakat juga harus cerdas dan cermat dalam menggunakan bahan bakar tersebut, jangan sampai kelangkaan tersebut diakibatkan oleh kita karena pemakaian yang boros dan berlebihan.

    ReplyDelete
  16. Indonesia mengalami kelangkaan energi sudah bukan isu baru lagi,dan ini benar-benar tragedi.sejak negeri ini berdiri sampai sekarang sektor migas kita telah dikuasai oleh pihak asing sekelompok orang di pemerintahan baik eksekutif,legislatif maupun yudikatif memiliki kepentingan dengan "menjual rasa nasionalisme" kepada bangsa asing.bagaimana tidak ??!!! dalam periode 1945 sampai era tahun 1971 perusahaan nasional yang diberikan blok migas hanyalah 16 perusahaan sementara perusahaan asing sebanyak 101 perusahaan.memang belakangan ini sejak dikeluarkan UU no.22 tahun 2001 tentang migas barulah jumlah pemain di sektor yang menjanjikan dari dalam negeri meningkat tajam menjadi 137 perusahaan atau ada kenaikan sekitar 80% untuk jumlah pemain migas nasional.tapi tahukah anda bahwa perusahaan-perusahaan itupun masih merupakan milik asing?? hanya namanya saja yang Indonesia isinya tetap juga kalau buka Amerika serikat,Inggris,China,Australia,dan beberapa negara lain.

    karena kepentingan para petinggi kita di republik ini.alhasil keadilan muncul terbalik,Perusahaan asing (tamu) mendominasi sektor hulu sementara perusahaan nasional (tuan rumah) main di area hilir.
    Bukannya mau berpikiran negative terhadap perusahaan asing.tapi,yang mengherankan mengapa pihak nasional,anak-anak bangsa tidak diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menguasai sector migas milikinya sendiri?

    Seorang ahli ekonomi Indonesia pernah mengeluarkan hipotesanya dalam acara economy challenger di salah satu stasiun tv swasta bahwa,jika suatu saat terjadi invasi atau agresi dari pihak asing kepada Indonesia sangat mungkin Indonesia tidak dapat berbuat apa-apa,karena sekitar 80 % sector migas dikuasai pihak asing.sektor energy dikuasai pihak asing menjadikan saya jadi berpikir apakah ini yang disebut model NEO KOLONIALISME ?

    ReplyDelete
  17. Kelangkaan solar yang terjadi belakangan ini telah menciptakan kerugian ratusan miliar rupiah per hari. Hal itu terjadi karena biaya logistik meningkat akibat lamanya truk yang mengantre solar di sejumlah daerah. Pemerintah perlu segera bersikap.

    Diperkirakan, kerugian ekonomi dunia usaha akibat kelangkaan solar bisa mencapai ratusan miliar rupiah. ”Terhambatnya kelancaran distribusi barang karena antrean truk, termasuk produk yang rusak di jalan dan lain-lain, bisa ratusan miliar,

    ReplyDelete
  18. Kelangkaan Solar

    Kelangkaan solar banyak merugikan rakyat indonesia,kelangkaan yang terjadi telah menciptakan kerugian ratusan juta . Hal itu terjadi karena biaya logistik meningkat akibat lamanya sarana transportasi untuk pengangkutan. Pemerintah perlu bersikap tegas untuk itu.

    ReplyDelete
  19. kelangkaan solar yang akan menimbulkan berbagai masalah perekonomian di indonesia, itu jelas akan mengalami pengusaha merugi dan pada gulung tikar, karena tidak ada nya kepastian dari pihak pemerintah, seharus nya pemerintah bersikap tegas dan cepat dalam mengatasi kelangkaan solar, karna solar merupakan hal yang terpenting untuk kebutuhan subsidi bahan bakar kendaraan bermobil.

    ReplyDelete
  20. Kelangkaan solar juga bisa diakibatkan oleh kemacetan, dengan kata lain akibat kemacetan semua bahan bakar premiun , solar dan pertamax juga mengalamin kelangkaan. bahan bakar mobil terbuang sia - sia karena kemacetan yang terjadi di seluruh penjuru indonesia. Selain itu jumlah mobil dari tahun ketahun mengalami peningkatan yang sifnifikan, banyak masyarakat yang membeli otomotif walaupun mereka sudah mempunyai kendaraan pribadi di rumahnnya. Seharusnya pemerintah harus bersikap lebih bijak lagi dalam menangani kelangkaan solar dengan meninndaklanjuti poengguna mobil yang lebih dari satu dan memberikan solusi bagi kemacetan yang terjadi di indonesia.

    ReplyDelete
  21. Kelangkaan solar berpengaruh sangat besar, seperti perusahaan-perusahaan kecil akan gulung tikar karena harga jual tidak sebanding dengan biaya yang lebih besar. Padahal perusahaan-perusahaan kecil membantu perekonomian negara. Bukan hanya memikirkan dengan baik tapi pemerintah juga harus menetapkan kebijakan yang jelas, bukan kebijakan yang hanya menguntungkan pihak lain dan menyengsarakan rakyat

    ReplyDelete
  22. Solar sangat diperlukan untuk jalur pendistribusian barang-barang dari satu daerah ke daeerah lain. Apabila terjadi kelangkaan solar dan barang-barangg tsb tidak daat didistribusikan maka kondisi perekonomian Indonesia akan makin terpuruk dan produk lokal tidak dapat bersaing deengan produk import dan tentu saja hal ini akan merugikan industri di Indonesia.

    ReplyDelete
  23. Bahan bakar solar memang sangat penting selain bensin, karena banyak angkutan menggunakan solar. Sebenarnya kelangkaan solar ini tidak perlu terjadi, karena jika pemakaian solar ini ditujukan kepada sasaran yang tepat,maka tidak akan terjadi kelangkaan solar. Sehingga semua bahan pokok juga ikut naik. Perlu di aadakan sebuah sistem berupa "limit" sehingga dapat di batasi pemakaian solar ini.

    ReplyDelete
  24. Lagi lagi kelangkaan, seperti sudah menjadi masalah rutin tahunan yang dihadapi pemerintah. Sebenarnya wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan merupakan tantangan dalam menyalurkan bbm ke pelosok. Saran saya Pemerintah sebaiknya membuat depo depo besar di setiap daerah di luar Jawa supaya hal semacam ini sedikit banyak dapat terpecahkan.

    Haryo Bintoro Putra
    46113110022

    ReplyDelete
  25. Dengan adanya masalah kelangkaan bahan bakar yang sering kali terjadi seperti ini, di perlukan adanya kesadaran dari kedua belah pihak yaitu Masyarakat sebagi konsumen dan pemerintah sebagai penyedia. Semakin menipisnya stok bahan bakar mengharuskan kita berinisiatif untuk mencari solusi berupa energi alternatif pengganti bahan bakar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelangkaan solar dikarenakan banyaknya permainan dari oknum-oknum pertamina sendiri yang kurang bertanggung jawab dengan mafia minyak dengan menimbun dan untuk memperkaya diri sendiri

      Delete
  26. Solar adalah bahan bakar atau sumber energi untuk menggerakan modal transportasi yang beperan dalam kelancaran logistik. Dengan kelangkaan solar ini jelas akan mengakibatkan kerugian dimana-mana. Hal ini akan berdampak pada kestabilan ekonomi Indonesia karena harga-harga pokok pasti akan meningkat pesat. Kasus kelangkaan solar sebenarnya tidak perlu terjadi jika kebikan pemerintah mengenai energi bersifat jelas dan tepat guna. Karena sering kali subsidi yang diberikan pemerintah tidak tepat sasaran sehingga berujung pada kelangkaan bahan bakar, khususnya solar.

    ReplyDelete
  27. BBM merupakan bahan utama dalam suatu kegiatan jual beli maupun bisnis berjalan,sedangkan solar bahan bakar untuk alat transportasi yang utama dalam menyalurkan logistik.bagaimana negara ini bisa maju bila bahan bakarnya saja langka,tanpa ada penyaluran logistik akan mempengaruhi semua sektor bisnis

    ReplyDelete
  28. Seharusnya pemerintah lebih berusaha untuk memenuhi kebutuhan solar karena solar merupakan bahan utama dalam distribusi barang-barang usaha. Jadi jika solar sampai mengalami kelangkaan bisa dipastikan Indonesia akan mengalami keterpurukan dan kerugian dalam hal bisnis. Dampak kelangkaan solar sangat dirasakan oleh para pengusaha.

    ReplyDelete
  29. ah ini mah udah jadi masalah klasik,kurang nya perhatan dari pemerintah setempat,kalo bbm langka ya matee lah kita.

    ReplyDelete
  30. ah ini mah udah jadi masalah klasik,kurang nya perhatan dari pemerintah setempat,kalo bbm langka ya matee lah kita.

    ReplyDelete
  31. kelangkaan solar yang terjadi menimbulkan efek yang luas dan kompleks. pemerintah diharuskan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini yang sudah membuat terhambatnya jalannya bisnis yang sedang berlangsung sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada pengangggurang serta kerugian yang terjadi. Dengan kelangkaan solar sangat meresahkan masyarakat diantar nya dapat menghambat aktivitas masyarakat yang menggunakan solar sebagai bahan bakar.

    ReplyDelete
  32. Menurut pendapat saya, hal seperti ini tidak seharusnya terjadi. Pemerintah, seharusnya lebih fokus dan serius dalam menghadapi hal sepeti ini. Saat ini, transportasi di Indonesia sangat tergantung kepada bahan bakar ini. Banyak kerugian yang terjadi karena kelangkaan solar ini. Jika semua tidak beroperasi, roda perekonomian akan terhenti. Akan banyak perusahaan yang akan gulung tikar. Melihat kondisi seperti itu, investor mana yang akan tergiur untuk menanamkan modal di Indonesia?

    ReplyDelete
  33. Dalam penyebaran bahan bakar seperti solar memang harus mendapatkan perhatiaan lebih, karena banyak kendaraan seperti angkutan umum, dan kendaraan pengangkut pasar yang menggunakannya, jika pasokan bahan bakar solar terhambat maka akan mengurangi produktifitas masyarat.

    ReplyDelete
  34. Dampak kelangkaan solar tentunya merugikan sangat masyarakat terlebih bidang transportasi. Pemerintah sebaiknya mencari solusi yang tepat bukan hanya sekedar wacana namun aksi nyata karena penggunaan solar sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

    ReplyDelete
  35. Kelangkaan solar yang terjadi belakangan ini telah menciptakan kerugian ratusan miliar rupiah per hari. Hal itu terjadi karena biaya logistik meningkat akibat lamanya truk yang mengantre solar di sejumlah daerah. Pemerintah perlu segera bersikap.
    karena kelangkaan solar sangat merugikan masyarakat.

    ReplyDelete
  36. Eva febrianty purnama
    @A24

    Banyak dampak yang terjadi karena langka nya solar,pemerintah seharus bersifat pasti atas permasalahan ini.langka solar membuat dampak yang sangat signifikan kepada masyarakat , banyak yang tidak sesuai dengan terjadi dampak solar ini.dari segi penjualan misalkan harga nya menjadi melambung tinggi karena langka nya solar itu salah satu contoh dari banyak nya yang merasakan kerugian dari terjadi dampak solar tersebut.

    ReplyDelete