.

Apr 29, 2013

Supaya Ngetop Di Google

Judul Buku : Most Wanted Tips Of SEO
Penulis : Ferdinand Budi Kurniawan, dkk
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Peresensi : Atep Afia Hidayat

Siapa yang tidak kenal Google situs web yang saat ini tercatat sebagai yang paling populer di dunia. Google juga dikenal sebagai mesin pencari (search engine) yang paling piawai, nyaris tidak ada pesainya. Sebanarnya fitur yang disajikan Google amat beragam, selain mesin mencari juga menyediakan fasilitas e-mail, maps, YouTube, translate, book, blogger, dan sebagainya.

Nah, buku Most Wanted Tips Of SEO menyajikan sekian banyak tips supaya sebuah situs web atau blog muncul di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya, sehingga peluang untuk diakses menjadi lebih besar.

Beberapa tips yang disajikan antara lain : Pengenalan SEO; Pemilihan niche, On page SEO - pengenalan; Pengaturan judul blog; Alamat blog; Mengatur sitemap blog; Membuat konten blog; Outbond link dan internal link; Menembak keyword; Ringkasan on page SEO; Off page SEO - pendahuluan; Mencari backlink - bagian I; Mencari backlink - bagian II; Mencari backlink - bagian III; Ringkasan off-page SEO.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud SEO ? Search Engine Optimation berarti optimasi bagi mesin pencario. Dengan optimasi situs web dan web bagi mesin pencari  diharapkan dapat menempati posisi paling atas berdasarkan hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Posisi teratas di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya menjadi penting, supaya mudah diakses pengguna internet dan menjadi semakin populer.

Menurut penulis buku, sebenarnya yang menjadi yang menjadi intisari dari teknik SEO ialah meningkatkan atau menyempurnakan kriteria sebuah situs web atau blog yang menjadi tolak ukur sebuah mesin pencari dalam menilai kualitas situs web atau blog yang akan dimasukkan ke dalam halaman mesin pencari. Dengan demikian untuk memperoleh peringkat atas dari hasil pencarian, maka berbagai kriteria harus dipenuhi oleh sebuah situs web atau blog.

Nah, apa saja  kriteria dari sebuah situs web atau blog yang dinilai oleh mesin pencari ? Ternyata ada dua kelompok kriteria, yaitu kriteria yang ada di dalam situs web atau blog (on page factor) dan kriteria yang ada di luar situs web atau blog (off page factor).

Dijelaskan bahwa on page factor meliputi : judul blog dan judul tiap halaman blog; struktur dan alamat blog; deskripsi blog; alamat blog; sitemap nlog; konten blog; jumlah dan kualitas outbond link (OBL); internal link; frekuensi update. Sedangkan off page factor meliputi backlink. Adapun yang dimaksud dengan backlink ialah tautan yang terdapat pada situs web atau blog lain  yang mengarah pada situs web atau blog kita.

Nah, buku ini mengupas-tuntas abcd bagaimana supaya situs web atau blog kita berhasil muncul di peringkat atas dan halaman pertama hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Dengan demikian, halaman-halaman situs web atau blog kita menjadi banyak dilihat dan dikunjungi. Kalau memasang iklan tentu saja menjadi banyak yang berminat dengan apa yang kita promosikan. Sedangkan kalau memasang iklan yang dibayar per klik seperti dari Google Adsense, tentu saja makin banyak yang meng-klik iklan tersebut. (Atep Afia).

1 comment:

  1. Eva febrianty purnama
    @A24

    Sosial media memang sangat erat dengan kehidupan kita dizaman seperti ini,dari media sosial kita mengetahui banyak sekali informasi dari segitu apapun tinggal kita mengetik web lalu muncul apa yang kita cari,jadi sangalah gampang.bila kita menulis semua blog makin banyak yang "klik" semakin banyak yang membaca artikel kita disitulah kita dapat mengukur kualitas dari artikel blog yang kita buat,sangatlah mudah untuk memberi informasi maupun mencari informasi.

    ReplyDelete