.

Apr 27, 2013

Biomassa Energi Masa Depan

Biomassa termasuk kelompok energi terbarukan, bersumber dari berbagai organisme hidup. Biomassa yang sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu ialah kayu. Penggunaan kayu dapat menghasilkan api untuk proses memasak, penerangan, menghangatkan badan, dan sebagainya. Biomassa tergolong kelompok energi terbarukan karena sumber utamanya ialah tanaman.

Tanaman bisa dibudidayakan untuk diproduksi kembali, melalui pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman dan dipanen kembali. Dengan demikian biomassa akan menjadi sumber energi yang tersedia secara terus-menerus, asalkan diterapkan eksplotasi pintar dalam pemanfaaannya. Dalam hal ini kemampuan produksi tanaman harus benar-benar seimbang dengan eksploitasi yang dilakukan.

Biomasa, tenaga air dan energi angin merupakan sumber energi terbarukan. Biomassa bisa diproduksi di bagian manapun Planet Bumi ini. Berbagai hasil penelitian menunjukkan, bahwa biomassa merupakan sumber energi masa depan. Melalui penggunaan biomassa prinsip energi dan ekonomi bersih dapat diterapkan.

Faktanya penggunaan biomassa yang menghasilkan karbon netral menimbulkan kerusakan yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan penggunaan energi fosil. Meskipun pendapat tersebut masih kontroversi , karena di sisi lainnya ada yang beranggapan produksi biomassa bisa tidak berkelanjutan, dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar bagi iklim global, jika dibandingkan penggunaan batu bara, bahan bakar minyak dan gas alam.

Dalam hal ini eksploitasi terhadap sumber energi fosil yang merupakan komponen aktif di alam, tidak menyebabkan terbentuknya “lubang biologi” sebagaimana deforestasi. Ya, deforestasi adalah salah satu langkah ekslpolitasi biomassa, ternyata banyak menimbulkan kerusakan biologis di planet ini.

Dengan demikian eksploitasi terhadap sumber biomassa, seperti upaya memproduksi biofuel, harus dikeola dengan prinsip kehati-hatian, terutama panen perlu berkelanjutan. Dalam hal ini eksploitasi biomassa yang berlebihan dan melampaui batas, dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang jauh lebih parah.

Produksi biomassa yang berkelanjutan dapat dilaksanakan melalui penerpan manajemen yang tepat. Dalam hal ini berbagai prosedur dan tindakan pencegahan harus diterapkan, sehingga kerusakan lingkungan dapat diminimalisir. Konversi lahan tanaman pangan ke lahan tanaman energi perlu dicegah, keduanya tidak mesti bersaing. Jika hal ini dibiarkan, maka akan terjadi kekurangan pangan yang berpotensi menimbulkan kelaparan di berbagai pelosok Planet Bumi.

Sebenarnya beragam sisa panen dalam produksi tanaman pangan pun dapat dijadikan sumber energi biomassa, seperti jerami padi, jerami gandumh, brangkasan jagung, dan sebagainya. Begitupula sisa tumbuhan di hutan, limbah agroindustri dan limbah organic rumah tangga.

Produksi biomassa yang berkelanjutan harus mengedepankan prinsip mendaur ulang emisi karbon, yaitu melalui pertumbuhan tanaman dalam waktu yang relative singkat. Dengan demikian, penggunaan energy biomassa tidak memberikan kontribusi terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca.

Sebagai catatan di Amerika Serikat energi biomassa mmemberikan kontribusi sekitar 50 miliar KW per tahun. Dalam hal ini menempati posisi ketiga kelompok energi terbarukan, yaitu setelah tenaga air dan energi angin.

Pengembangan teknologi dan produksi biomassa terus berlangsung, sehingga kontribusinya makin nyata terhadap proporsi penggunaan beragam energi di Amerika Serikat. Namun terdapat beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian lebih serius, seperti penggunaan lahan dan praktek pemanenan, ketersediaan sumberdaya dan jumlah bahan bakar yang diperlukan sector transportasi, dan yang paling penting ialah sikus karbon. Dalam hal ini hanya produksi biomassa yang berkelanjutan yang dapat diterima sebagai solusi energi masa depan. (Atep Afia /Sumber : www.our-energy.com)

Sumber Gambar:
http://www.sootoday.com/uploads/content/biomass.jpg

47 comments:

  1. sebenarnya diindonesia sendiri untuk potensi energi yang terbarukan sangat besar dan mungkin semua tempat berpotensi. bnayk hal yang mendukung seperti SDM yang mumpuni,tempat yang luas, dan bahan yang tak terhingga. namun kurangnya dukungan dari pihak pemerintah yang membuat energi terbarukan tidak berkembang.

    ReplyDelete
  2. Biomassa adalah salah satu sumber energi terbarukan.. Tetapi ketika biomassa tersebut mulai digunakan, kita juga harus menjaga keberadaannya agar tidak habis.

    ReplyDelete
  3. Dengan semakin berkurangnya sumber daya energi minyak yang ada di Indonesia, sumber energi terbarukan sangat dibutuhkan seperti biomassa.

    ReplyDelete
  4. Biomassa dan energi terbarukan seharusnya dapat dikembangkan dan diperluas di Indonesia dilihat dari kekayaan alam negara ini. seharusya Indonesia mampu, apabila didukung oleh beberapa pihak khususnya pemerintah dan swasta. karena sudah saatnya negara ini memikirkan hal ini bukannya hanya memikirkan kenaikan harga BBM saja

    ReplyDelete
  5. Energi alternatif ini harus dikembangkan karena sekarang ini harga BBM semakin mahal dengan adanya sumber energi baru ddari Biomassa maka akan dapat menekan penggunaan BBM sebagai bahan bakar yang menjadi utama hampir di seluruh negara. Apalagi Indonesia yang merupakan negara besar yang merupakan pengguna BBM, sehingga harus mencari sumber energi lainnya dan Biomassa adalah energi yang tepat karena sumber bahan mentahnya banyak terdapat di Indonesia dan tidak sulit untuk didapatkannya.

    ReplyDelete
  6. Energi biomassa sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari terlebih saat terjadi krisis energi seperti sekarang ini. Tanah air kita, memiliki sumber daya alam yang melimpah, dengan segala macam limbah pun memiliki potensi yang menjanjikan, kalau tidak didukung riset dan kebijakan yang tepat, potensi itu tidak akan tergali dan termanfaatkan dengan baik.

    ReplyDelete
  7. indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam baik yang dapat diperbaharui atau pun yang tidak dapat diperbaharui. mengenai energi biomassa ini seharusnya indonesia bisa memanfaatkannya sekarang ini tidak perlu menunggu masa depan. karena fasilitas alam yang disediaakan sangat kaya. akan tetapi kurangnya pengetahuan tentang pengolahan alam itu yang tidak dimiliki warga indonesia. oleh karena itu marilah jadi berusaha membangun indonesia dengan terus mengembangkan pengetahuan kita.

    ReplyDelete
  8. Potensi biomassa di Indonesia yang bisa digunakan sebagai sumber energi jumlahnya sangat melimpah. Limbah yang berasal dari hewan maupun tumbuhan semuanya potensial untuk dikembangkan. Tanaman pangan dan perkebunan menghasilkan limbah yang cukup besar, yang dapat dipergunakan untuk keperluan lain tapi tidak semua orang menyadari hal tsb untuk menjadikanya suatu energi baru yang lebih ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  9. Biomassa sebagai sumber energi memang sangat bisa diandalkan. Seperti Indonesia memiliki jumlah energi biomassa yang banyk dan beraneka ragam. Seandainya pemerintah kita bisa memanfaatkan hal tersebut tentu masalah krisis energi tidak akan melanda Indonesia. Namun, disisi lain juga seiring dengan pemanfaatannya juga kita tetap harus merawat lingkungan.

    ReplyDelete
  10. Penggunaan biomassa sebagai energi masa depan menurut saya tidak akan mengalami banyak masalah asalakan dalam perancangannya diperhitungkan secara cermat. Misalnya saja mengganti tanaman yang akan ditebang jauh sebelum waktu tebang, sehingga pada saatnya tiba tanaman pngganti sudah dapat menjalankan perannya sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  11. semakin menipisnya persediaan bahan bakar fosil membuat keberadaan biomassa sangat di butuhkan. untuk itu penggunaan biomassa haruslah mulai di kembangakan dari sekarang karena dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil, teknologi fuel cell salah satunya.

    ReplyDelete
  12. biomassa sebagai prosedur dan tindakan pencegahan harus diterapkan, sehingga kerusakan lingkungan dapat diminimalisir. Yang berkelanjutan harus mengedepankan prinsip mendaur ulang emisi karbon, yaitu melalui pertumbuhan tanaman dalam waktu yang relative singkat.

    ReplyDelete
  13. biomassa seharusnya menjadi solusi yang bagus untuk indonesia untuk menghemat cadangan sumber daya serta memanfaatkan sesuatu yang seharusnya sudah tidak terpakai. tetapi, untuk menyebarluaskan biomassa ini lebih baik ditinjau dulu apa saja kerugian dan manfaat yang ditimbulkan.

    ReplyDelete
  14. ya biomassa memang sangat di butuhkan karena semakin lamaa seemakin habis persediaan bahan bakar fosil, oleh sebab itu penggunaan biomassa bisa di sebarluaskankan dan di kembangkan lagi manfaantnya.

    ReplyDelete
  15. biomassa sangat dibutuhkan bukan hanya untuk masa depan tetapi sangat dibutuhkan pada keadaan seperti ini, dan para ahli harus cepat-cepat mengembangkan manfaat nya jika tidak keburu persediaan bahan bakar fosil benar-benar langka.

    ReplyDelete
  16. Sebenarnya, Kefektifan atau keberhasilan output dari program exchange penggunaan fosil ke biomassa itu sangat ditentukan oleh unit-unit yang ada di dalamnya, yaitu yang sebagai penggerak (pemerintah) maupun yang sebagai pendukungnya (masyarakat). Ke-dua unit ini harus terintegrasi satu sama lainnya,yang harus mempunyai tekat kuat dan kerjasama yang kompak untuk menjalankan program ini.

    ReplyDelete
  17. biomassa sangatlah dibutuhkan harus ada gerakan sedini mungkin agar lebih berkembang untukmenjadikan bangsa kitalebih maju

    ReplyDelete
  18. biomassa mungkin bisa menjadi sumber energi dimasa depan namun semua itu harus balance di sektor penggunaan dan di sektor pembudidayaan,karena di beberapa kasus pemanfaatan sumber daya alam,yang di sering diperhatikan ialah hanya disektor pemanfaatannya saja,sehingga terjadilah kerusakan dan bukan menjadi baik malah menjadi penghancur bagi bumi itu sendiri

    ReplyDelete
  19. untuk menghemat bbm yang menipis, dan sebagai sumber energi baru biomassa sangat penting untuk dikembangkan

    ReplyDelete
  20. Artikel yang bagus. Karena untuk masa depan sangat diperlukan pengganti bbm yang sudah semakin langka, apalagi biomassa lebih bisa bersahabat dengan alam ini.

    ReplyDelete
  21. sebuah ide yang cukup cemerlang. karena kita tak bisa terus menerus memanfaatkan energi "fosil" yang akan segera habis. namun teknologi ini mesti dicermati dan diteliti lebih dalam lagi mengingat masih banyak hal yang harus dipertimbangkan. saya berharap melalui artikel ini , pemerintah akan berusaha secara sungguh-sungguh untuk mewujudkan teknologi masa depan ini...

    ReplyDelete
  22. biomassa sanangat di butuhkan di zaman seperti ini, bagi indonesia karena kenapa tidak indonesia memiliki SDA yang melimpah, jadi indonesia mengembangkan biomassa untuk energi dimasa depan.

    ReplyDelete
  23. Jikaaa kitaaa trusss mengunakannn bhan dasarrr fosill akannn tidakk mungkinn keseimbngannn alam akann goyah,,, maka dari ituu sekrngg sudahh dikembangkann bio gas yang targetnya kedepann akan bergantii dari energii fosil menjadii bio gas,,, ituu sangatt ramahh lingkungann dann hemat!!

    ReplyDelete
  24. Dalam hal proses penggantian energi dari energi fosil ke energi biomassa terlebih dahulu perlu diadakan penelitian kembali mengingat pasti akan menimbulkan berbagai reaksi baik reaksi positif maupun reaksi negatif yang ditimbulkan dari masyarakat, pemerintah, maupun untuk alam dan lingkungan.
    Proses penggantian energi ini kesuksesan dan keberhasilannya itu dipengaruhi oleh dua komponen yaitu pemerintah dan masyarakat. Karena pemerintah sebagai penggerak dan pendukung kemudian masyarakat sebagai pendukung. Kedua hal tersebut saling berkolerasi satu sama lain.
    Sehingga agar penggunaan energi biomassa dapat terwujud untuk kehidupan bumi kita ini harus didukung oleh pemerintah dan masyarakat.

    ReplyDelete
  25. artikel ini sangat bagus karna energi fosil di ganti ke energi biomassa , tetapi masih banyak yg harus di teliti lebih lanjut karna masih banyak hal yg mesti di pertimbangkan , jadi yg harus di lakukan adalah pemerintah dan penduduknya saling kerja sama satu sama lain

    ReplyDelete
  26. Energi biomassa sangatlah baik tetapi klw pemakaian tidak diimbangin dengan pembibitan atau menrecovery bahan yang sudah dpakai akan menimbulkan dampak negatif yang buruk.
    jadi bahan bakar ini memang bagus tetapi skala pemakaian harus diimbangi dengan pemulihanya.

    ReplyDelete
  27. Biomassa pada umumnya merujuk pada materi tumbuhan yang dipelihara untuk digunakan sebagai biofuel, tapi dapat juga mencakup materi tumbuhan atau hewan yang digunakan untuk produksi serat, bahan kimia, atau panas. Biomassa dapat pula meliputi limbah terbiodegradasi yang dapat dibakar sebagai bahan bakar. Energi ini akan sangat membantu bila di terapkan pengawasan dan pengolahan yang baik. Dan akan lebih baik bila menyeimbangkan pembuatan biomassa dengan sisa tumbuhan di hutan atau sisa panen dan sisa limbah industri, sehingga pemakaian pada sumber daya yang lain tidak berlebihan dan tidak menyebabkan dampak yang lainnya.

    ReplyDelete
  28. penggunaan biomassa untuk energi terbarukan memang sangat bagus, selain mengurangi penggunaan energi fosil yang semakin berkurang, Penggunaan biomassa yang menggunakan sisa-sisa limbah rumah tangga dan limbah hasil pertanian sangat membantu untuk mengurangi tingkat sampah yang ada saat ini.

    ReplyDelete
  29. penggunaan biomasa jika dikelola dan di eksplorasi dengan cara yang efektif dan efisien maka langkah ini bisa menjadi terobosan untuk mengurangi penggunaan terhadap energi bumi yang semakin habis..

    ReplyDelete
  30. menurut saya ini sangat bagus, memang seharusnya dengan seiring berjalannya waktu teknologi semakin bekembang. Cara mengolahnya saja mungkin yang harus dipikirkan, mengenai bahan saya kira di Indonesia ada banyak bahan untuk diolah menjadi biomassa

    ReplyDelete
  31. inovasi-inovasi seperti ini lah yang harusnya kita bersama tingkatkan untuk kelangsungan kehidupan kita yang lebih ramah lingkungan di masa depan,dengan demikian sedikit demi sedikit mampu mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.dan pada aspek produksi serta pemilihan lahan atau lebih kepada pengelolaan nya harus lebih diperhatikan supaya tidak malah menambah pencemaran lingkungan.

    ReplyDelete
  32. Penggunaan sumber energi di Indonesia masih didominasi dengan energi fosil (minyak bumi, gas bumi dan batu bara), semua sudah pasti mengetahuinya, energi fosil ini tidak bisa diperbarui, atau tidak bisa didaur ulang pasti dan akan habis, mengingat konsumsi energi fosil akan terus bertambah dari masa ke masa. Jika sumber energi fosil habis, bagaimana keberlangsungan sumber energi di negeri tercinta ini? dari sini timbulah masalah siapa penerus sumber energi masa depan di Indonesia, jika energi fosil tidak bisa terbarukan? Jawabannya dengan menghemat BBM (bahan bakar minyak) dan mencari sumber energi masa depan yang dapat diperbarui (renewable).
    Menurut keterangan dari Bapak Haji Basri mengapa memilih tempat ini sebagai uji coba karena Danau Cipondoh terletak di pinggir jalan raya, dan dikenal sebagai wisata murah bagi warga sekitar, danau ini memilki luas area 127 hektar yang menjadi perkembangbiakan eceng gondok (gulma air), tumbuhan ini tidak bisa dikonsumsi dan menganggu kehidupan tumbuhan disekitarnya. Dalam kandungan eceng gondok banyak mengandung Selulosa yang dapat digunakan sebagai bahan bakar dengan cara pembangkit biogas bagi kompor dan genset. Hal ini juga diupayakan oleh Pemkot Tangerang dengan membudidayakan eceng gondok menjadi energi biogas, bahan bakar kompor dan generator genset.

    ReplyDelete
  33. biomassa memang satu langkah alternatif untuk menghasilkan sumber energi,semestinya pemerintah harus ikut mendukung maupun mendanai dalam proser pengembangan biomassa tersebut.agar terciptanya biomassa yang dapat dinikmati semua kalangan.

    ReplyDelete
  34. Maka dari itu, agar kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dapat diatasi sudah saatnya pemerintah dan masyarakat petani untuk mengembangkan lahan pangan sebaik mungkin dalam menggalakan biomasa sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Selain itu juga keterlibatan pihak peneliti dan perusahaan besar maupun swasta juga sangat diperlukan dalam mengembangkan sumber energi ini yang nantinya dapat dapat mengantisipasi kelangkaan BBM khususnya di Indonesia dimasa yang akan datang.

    ReplyDelete
  35. penggunaan biomassa sebagai bahan alternatif yang bagus buat petani yang membutuhkan dalam mengelolah pertaniannya.

    ReplyDelete
  36. Biomassa dapat pula meliputi limbah terbiodegradasi yang dapat dibakar sebagai bahan bakar. Energi ini akan sangat membantu bila di terapkan pengawasan dan pengolahan yang baik. Dan akan lebih baik bila menyeimbangkan pembuatan biomassa dengan sisa tumbuhan di hutan

    ReplyDelete
  37. energi biomasa adalah energi terbarukan yang memanfaatkan bahan biologis yang berasal dari organisme yang belum lama mati (dibandingkan dengan bahan bakar fosil). Sumber-sumber biomassa yang paling umum adalah bahan bakar kayu, limbah dan alkohol. energi biomasa dapat menjadi salah satu alternatif pasokan energi listrik.

    ReplyDelete
  38. Assalamualaikum wr wb
    Indonesia mempunyai potensi yang besar dalam pengembangan energi biomassa karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Tinggal cara kita dan dukungan pemerintah dalam mengembangkan nya agar biomassa bisa diterpkan di Indonesia dan menggantikan SDA yang semakin menipis persediaannya.

    ReplyDelete
  39. Penggunaan sumber energi di Indonesia masih didominasi dengan energi fosil (minyak bumi, gas bumi dan batu bara), semua sudah pasti mengetahuinya, energi fosil ini tidak bisa diperbarui, atau tidak bisa didaur ulang pasti dan akan habis, mengingat konsumsi energi fosil akan terus bertambah dari masa ke masa.

    ReplyDelete
  40. biomasa dan penggunaan energi fosil hampir serupa, keduanya bisa mengakibatkan global warming, jika ditelaah lebih jauh lagi maka ketergantungan masnusia pada energi dan ketidakmampuan manusia mereduce dengan cepatlah yang menajdi masalah. Biomasa sendiri bisa menjadi sangat buruk akibatnya jikalau tidak ada tindakan cepat daur ulang, namun jika dibanding dengan energi fosil yang dewasa ini semakin memprihatinkan tak ada salah nya kita mencoba beralih sedikit ke biomasa dengan catatan pertumbuhan harus lebih besar daripada pemakaian dan harus berkelanjutan.

    ReplyDelete
  41. Walaupun biomassa termasuk dalam kategori energi terbarukan tapi konsumsi energi di jaman sekarang ini makin banyak sedangkan bahan baku dari biomassa tersebut belum bisa diolah secara masal atau terus menerus, menurut saya biomassa belum bisa jadi solusi tepat untuk energi di masa depan, dan seandainya biomassa akan di produksi secara masal kemugkinan akan berdampak pada kerusakan alam yang lebih parah.

    ReplyDelete
  42. dari artikel diatas sebenarnya sudah sedikit setuju dengan energ biomassa tapi masih ada yang sedikit mengganjal dipikiran biomassa itu bahan bakar utamanya pohon apa kedepannya bisa tetap seimbang atau tidaknya ekosistem sedangkan pohon-pohonnya digunakan untuk energi biomassa berapa waktu yg diperlukan untuk pohon tumbuh dan peneebangan seperti harus perlu perhitungan yang tepat agar menangani masalah tapi menimbulkan masalah yang lain
    terima kasih

    ReplyDelete
  43. AGUSTINA DWIYNTI @A27-AGUSTINA

    terdapat beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian lebih serius, seperti penggunaan lahan dan praktek pemanenan, ketersediaan sumberdaya dan jumlah bahan bakar yang diperlukan sector transportasi

    ReplyDelete
  44. Tugas T05, @C06-AHMAT
    Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan (diulang). Energi terbarukan masih perlu meningkatkan daya saing, karena sumber energi yang terbarukan masih membutuhkan subsidi untuk tetap kompetitif dengan bahan bakar fosil dalam hal biaya dan efisiensinya.
    Biomassa tergolong kelompok energi terbarukan karena bersumber dari organisme hidup ialah tanaman. Tanaman dapat dibudidayakan dan diolah menjadi energi masa depan. Namun penggunaan tanaman yang berlebihan akan merusak lingkungan dan berdampak besar bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup.
    Sistem dan management pengolahan yang baik sangat diperlukan dalam pengolahan energi terbarukan (biomassa). Produksi biomassa harus mengutamakan daur ulang yaitu pertumbuhan tanaman yang relative singkat.

    ReplyDelete
  45. Pazrin Salsabila @E01-Pazrin

    biomasa dan penggunaan energi fosil hampir serupa, keduanya bisa mengakibatkan global warming, jika ditelaah lebih jauh lagi maka ketergantungan masnusia pada energi dan ketidakmampuan manusia mereduce dengan cepatlah yang menajdi masalah. Biomasa sendiri bisa menjadi sangat buruk akibatnya jikalau tidak ada tindakan cepat daur ulang, namun jika dibanding dengan energi fosil yang dewasa ini semakin memprihatinkan tak ada salah nya kita mencoba beralih sedikit ke biomasa dengan catatan pertumbuhan harus lebih besar daripada pemakaian dan harus berkelanjutan.

    ReplyDelete
  46. Adik Mukti
    @E03-Adik, @Tugas B05


    Seharusnya di adakan penelitian lebih lanjut lagi tentang dampak jika menggunakan biomassa secara berlebih. entah itu pertumbuhan dari bahan biomassa maupun dampak untuk lingkungan

    ReplyDelete