.

Apr 22, 2013

Kekuatan Fokus


Oleh : Atep Afia Hidayat - Manusia terlahir ke Planet Bumi dilengkapi dengan piranti keras dan piranti lunak yang mumpuni. Manusia memiliki piranti keras seperti tubuh yang meliputi ratusan organ, ratusan ribu jaringan dan trilyunan sel. Semuanya merupakan anugerah dari Allah SWT, kepada mahluk yang disayanginya, manusia. Allah Maha Pengasih dan Penyayang, oleh sebab itu manusia diberikan bekal yang mencukupi. Beragam piranti lunak pun dianugerahkan kepada manusia, mulai dari akal, qolbu, dan ruh. Tanpa piranti lunak, manusia hanyalah benda mati.

Persoalannya beragam piranti lunak dan piranti keras itu, selama menjalani kehidupan digunakan untuk apa. Apakah hanya dibiarkan percuma, menyusut dan lama kelamaan menjadi kadaluwarsa, atau beragam piranti itu dimanfaatkan secara optimal. Dengan bermodalkan beragam piranti itu, manusia bisa menjadi apa saja. Jadi presiden, professor, jenderal, selebriti top, konglomerat, atau hanya menjadi orang biasa-biasa saja, bisa juga hanya menjadi orang terpuruk. Semua orang dibekali piranti yang sama, diberikan waktu 24 jam per hari, diberikan udara yang sama, makanan yang juga hampir sama, kenapa ujung pencapaianya berbeda ? 

Kekuatan fokus, itulah hal yang membedakan pencapaian seseorang. Fokus bisa digambarkan sebagai pisau yang tajam yang bisa membelah sebuah benda. Makin tajam focus maka pencapaian akan semakin mudah. Bahkan, kalau sinar matahari difokuskan pada sebuah titik lensa, kekuatannya bisa membakar benda kering, bahkan mendidihkan air. Melalui fokus seluruh energi fisikal, emosional dan spiritual dipadukan untuk pencapaian sebuah tujuan. Dengan fokus, maka seseorang bisa pergi ke sebuah tempat yang menjadi obsesinya, bahkan sampai ke Bulan dan Planet.

Namun, tidak semua orang bisa mencapai fokus yang paling tajam. Kebanyakan orang hanya memiliki fokus yang tumpul, bahkan sama sekali tidak mampu ber-fokus. Inilah yang membedakan tingkat pencapaian seseorang. Sebagai seorang muslim sebenarnya kita punya sarana latihan berfokus, yaitu shalat lima waktu. Shalat yang khusyu adalah salat yang hanya difokuskan kepada Allah SWT, Pencipta alam semesta. Persoalannya, bagaimana supaya seluruh langkah kehidupan difokuskan kepada Allah SWT. Sebab, tidak semata-mata Tuhan menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah (berfokus) kepada Nya. (Atep Afia)



27 comments:

  1. Kekuatan fokus itu terdapat di dalam niat kiita dan prinsip hidup kita. Ketika kita bertekad untuk sukses maka fokus itu sendiri akan mudah terwujud karena kita sudah memiliki tekad dan prinsip hidup yang jelas. Namun adakalanya, syaitan itu mudah sekali menggoyahkan fokus kita. Solusi terbaiknya menurut saya adalah bagaimana caranya kita lebih meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT dan bagaiamana kita bisa memanage waktu kita agar kita bisa melakukan kebiasaan yang tidak mudah membuat kita bosan. Seringkali, ketika kita sedang belajar, fokus kita buyar seketika itu di karenakan adanya titik kejenuhan pada otak manusia. dan itu diisilah dengan beristirahat. Dan seutuhnya, fokus itu didapat ketika tujuan kita hanya untuk mencapai ridho Allah semata sehingga dengan mudah ia melancarkan segala hal ternmasuktingkat kefokusan kita.

    ReplyDelete
  2. saya setuju apabila dikatakan bahwa kekuatan fokus itu akan membedakan pencapaian seseorang. seseorang yang memiliki kegigihan dan tekad yang kuat untuk menggapai apa yang dia cita-citakan itu memiliki kekuatan fokus lebih tinggi. jadi pada dasarnya kekuatan fokus itu bergantung pada kita yang mengelola nya. niat yang ada dalam diri kita pun akan mempengaruhi kekuatan fokus yg ada di dalam diri kita. terlebih jika kita sudah memiliki niat bahwa kita menjalani hidup ini hanya untuk Allah SWT maka kita akan mendapatkan kekuatan fokus tersebut.

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan artikel diatas. Karena sebuah kefokusan merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap sebuah pencapaian. Dengan fokus maka kita akan giat melakukan hal yang menjadi tujuan kita. Memang terkadang banyak sekali godaan yang terjadi. Namun kembali lagi terhadap diri kita sendiri

    ReplyDelete
  4. Kkekuatan fokus adalah suatu kegigihan yang dimiliki setiap insan manusia, akan tetapi tergantung dari pengelolaan kekuatan fokus nya itu sendiri, orang yang gigih adalah orang yang sukses, kita hari bisa mengembangkan kekuatan fokus didalah diri kita, karena itu akan melatih konsentrasi kita didalam hal apapun orang yang mudah konsentrasi adalah orang yang mudah menangkap hal apapun yang diddengar nya ataupun yang dilihatnya, maka dari itu kekuatan fokus sangat lah penting untuk mengambangkan kepribadian kita untuk menjadi manusia yang lebih baik

    ReplyDelete
  5. Fokus itu ada didalam diri kita dan datangnya dari hati dan fikiran, tergantung pada individunya masing-masing, ia inginkan fokus datang dan menghampiri dia atau ia tidak menginginkan datangnya fokus itu tersendiri. Menurut saya faktor lingkungan juga mempengaruhi kekuatan fokus itu sendiri, semakin sepi lingkungan itu semakin kuat kekuatan fokus kita tetapi sebaliknya semakin bising lingkungan sekitar semakin lemah juga kekuatan fokus kita.

    ReplyDelete
  6. kesuksesan itu karna adanya fokus di dalam diri kita untuk mencapai cita-cita.
    contoh : di saat kita bangun malam dan kita melaksanakan untuk menghafal pasti kita akan fokus apa yang sedang kita hafalkan itu.
    dan kefokusan itu tidak akan datang di tempat lingkungan yang ramai dan berisik kefokusan itu akan datang apa bila lingkungannya sepi, sejuk, dan juga tidak berisik
    jadi berpengaruh dengan lingkungan

    ReplyDelete
  7. Saya sangat setuju dengan pernyataan di atas, bahwa kekuatan fokus itu sangat berpengaruh terhadap pencapaian seseorang. Kekuatan fokus itu sendiri tergantung kepada pribadi kita masing-masing. Faktor yang sangat berpengaruhnya adalah pola pikir dan lingkungan sekitar kita. Jika kita ingin mendapatkan pencapaian berupa hasil yang memuaskan atau kesuksesan nantinya, kita harus fokus ke satu arah saja. Misalkan jika kita sedang melaksanakan ujian di kelas, kita harus mempusatkan pikiran kita ke satu arah saja yang berhubungan dengan materi ujian itu, jangan ada pikiran lain lagi, lupakan sejenak tentang pikiran-pikiran sebelumnya yang mengusik-usik otak kita. Selain itu, kebanyakan kita melaksanakan aktivitas apa saja di lingkungan yang hening dan sejuk jauh lebih fokus dibandingkan di lingkungan yang ramai dan berisik. Menurut saya, cara memfokuskan diri saya sendiri adalah dengan memandang lurus tajam ke arah depan, buang segala pikiran-pikiran negatif, fokuskan saja ke satu arah atau satu pikiran, baik di lingkungan yang hening maupun yang ramai sekalipun, serta tetap memfokuskan diri kepada Allah SWT. dengan cara berdoa kepada-Nya, karena dengan semua itu pencapaian atau target atas niat awal kita ke depan akan terwujudkan.

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dengan artikel diatas yang menyatakan bahwa kekuatan fokus berpengaruh pada pencapaian seseorang. Fokus dapat dicapai berdasarkan niat yang kuat pada diri seseorang. Apabila kita benar2 niat melakukan sesuatu, fokus akan datang dengan sendirinya. Tentu sana lingkungan juga mempengaruhi, namun balik lagi kepada niat awal masing2. Apbila tekadnya sudah bulat, dia akan fokus untuk mencapai tekatnya tersebut.

    ReplyDelete
  9. menurut saya kekuatan fokus itu terdapat dalam diri manusia itu tersendiri bagaimana dia bisa bersikap fokus.fokus itu sangat penting bagi kehidupan kita karena fokus ini sangatlah penting untuk kita mencapai kesuksesan.kesuksesan itu di pengaruhi oleh seberapa besarnya kita fokus dalam hal tersebut.kata fokus itu dapat kita artikan tersendiri yaitu fokus berarti kita menuju kepada satu titik dengan tanpa menghiraukan hal-hal yang membuat kita tidak fokus.apabila kita telah fokus pada titik tersebut maka akan mudah untuk kita mendapatkannya.

    ReplyDelete
  10. Fokus.. fokus itu sangatlah diperlukan untuk menggapai sesuatu yang sebenarnya sudah kita mimpikan sejak lama, jika kita menginginkan sesuatu dan ingin sekali mendapatkannya intinya hanya satu, yaitu fokus, karna jika kita fokus terhadap sesuatu hal, itu akan membuat kita berusaha lebih maksimal lagi untuk mendapatkannya

    ReplyDelete
  11. saya cukup setuju dengan artikel ini bahawa kekuatan fokus seseorang akan mempengaruhi hasil akhir orang tersebut entah menjadi orang yang gagal karena kekuatan fokusnya yang lemah atau menjadi orang yang sukses karena kekuatan fokusnya yang hebat dan tajam

    ReplyDelete
  12. kekuatan fokus adalah kekuatan yang sangat luar biasa yang dimiliki manusia, bahkan manusia bisa melakukan apapun dengan kekuatan fokus, dan semua orang sukses pasti memiliki kekuatan fokus yang cukup tinggi karena kekuatan fokuslah yang membuat apapun yang orang sukses kerjakan menjadi berhasil. dan kekuatan fokuslah yang membedakan orang sukses dan orang gagal karena orang sukses biasanya akan terfokus pada satu bidang baru melanjutkan ke bidang yang lain, tapi orang yang gagal mengambil semua bidang tanpa ada satu atau beberapa yang dia fokuskan.

    ReplyDelete
  13. Saya sangat setuju dengan kekuatan fokus yang dapat membawa kita kepada tujuan kita kedepan. Mengapa? karena dengan fokus dan niat yang keras, kita dapat menggapai tujuan kita.

    ReplyDelete
  14. Fokus itu memang suatu hal yang sangat penting sebelum melakukan tindakan agar tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan. Tapi menurut saya tidak hanya sekedar fokus yang harus di terapkan. Konsentrasi pun perlu di terapkan karna jika hanya fokus saja tetapi tidak berkonentrasi maka tindakan yang akan di lakukan tidak akan berjalan mulus bahkan bisa mencelakakan diri sendiri salah satu contohnya dalam berkendara. Maka dari itu perlunya Fokus dan di sertai Konsentrasi.

    ReplyDelete
  15. sudah banyak yang mengatakan sebelum kita fokus haruslah diawali dengan niat. yah niat yang tulus dan ikhlas akan memeberikan dampak yang baik bagi fokus jika kedua hal tersebut sudah di terapkan insyaallah apa yang kita mimpikan akan terlaksana , banyak orang orang besar berucap (life is a journey not a destination) yah tentunya untuk sebuah mencapai tujuan kita harus melewati yang bernama perjalanan dengan semangat , niat , kerja keras , fokus dan tentunya restu orang tua bukan tidak mungkin orang yang dikatakan bodoh sekalipun bisa mencapai sebuah kesuksesan .

    ReplyDelete
  16. kekuatan yang sangat luar biasa yang dimiliki manusia, bahkan manusia bisa melakukan apapun dengan kekuatan fokus, dan semua orang sukses pasti memiliki kekuatan fokus yang cukup tinggi karena kekuatan fokuslah yang membuat apapun yang orang sukses kerjakan menjadi berhasil.

    ReplyDelete
  17. Kekuatan fokus diperlukan dalam segala hal.sangat fatal jadinya apabila kita melakukan suatu kegiatan tanpa melibatkan kekuatan fokus di dalamnya.entah seperti apa hasilnya nanti,yang pasti tidak akan karuan.alangkah baiknya mulai dari saat ini kita mulai menggunakan dan terus melatih kekuatan fokus tersebut.

    ReplyDelete
  18. kekuatan fokus adalah sangat diperlukan dalam setiap kita ingin melakukan kegiatan atau pekerjaan kalau kita tidak fokus dalam melakukkan sesuatu apa yang kita impikan akan gagal atau kita menjadi gagal

    ReplyDelete
  19. jika kita ingin mendapatkan hasil yang memuaskan kita harus fokus sama apa yang kita lakukan dan jika kita tidak fokus sama apa yang kita lakukan maka hal sebaliknya yang akan kita dapatkan

    ReplyDelete
  20. kekuatan fokus sangat penting dan sangat di butuhkan oleh kita semua, jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang kita ingin kan harus fokus terhadap tujuan nya, dan tidak terpengaruh . Karna fokus seseorang ditentukan oleh orang itu sendiri.

    ReplyDelete
  21. Seorang yang memiliki fokus yang baik, ia akan menjalani hidup yang tidak sembarangan. Begitu pula keahlian, semua keahlian itu pasti baik, tapi kita lebih baik fokus pada satu keahlian. Karena ahli dalam satu keahlian lebih baik dari pada banyak keahlian tapi tidak ahli(cuma sekedar tahu).

    ReplyDelete
  22. Kekuatan fokus sangat luarbiasa, fokus akan tujuan kita, fokus dalam segala hal. Seperti artikel diatas belajar fokus bisa dr shalat 5 waktu

    ReplyDelete
  23. kekuatan fokus adalah kekuatan amazing yang semestinya dimiliki setiap orang agar tetap fokus terhadap keadaan atau hal yang sedang dia lakukan

    ReplyDelete
  24. Fokus adalah kunci dari kesuksesan , apa uag di katakan dalam artike ini memang benar. Saat orang memiliki cita-cita tapi tidak memiliki titik tujuan satu yang fokus,segala yang ia impikan akan menjadi buyar . Mengenai fokus juga sudah ditanamkan dalam diri oleh keluarga , dan sudah ditanamkan dalam agama . Mengajarkan untuk kira selalu fokus dalam hal ibadahpun juga harus memiliki fokus yang pasti. Jadi buatlah dirimu menjadi pribadi yang fokus.

    ReplyDelete
  25. fokus adalah suatu kegigihan yang sangat matang, mungkin disetiap melakukan akan sangat fokus terus, bila tidak fokus mungkin akan menghasilkan yang kurang baik lagi.

    ReplyDelete
  26. Fokus dengan apa yang dikerjaan maka akan menghsilkan hasil yang baik,
    hidup mempunyai tujuan, maka untuk mewujudkan tujuan agar tercapai dengan baik maka di perlukan fokus

    ReplyDelete
  27. @B23-YUNITA, Tugas TB05
    Fokus juga bisa disebut sebagai bentuk konsentrasi penuh yang jika terjadi melahirkan perasaan menyenangkan.

    ReplyDelete