.

Apr 27, 2013

Kompetensi Bidang Lingkungan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Dalam bidang apapun standarisasi dan kompetensi merupakan dua hal yang sangat penting dan menentukan kinerja dan keberlangsungan dibidang tersebut, apalagi menyangkut bidang lingkungan. Sebagaimana dijelaskan dalam situs http://kompetensilingkungan.menlh.go.id, bahwa Standar Kompetensi adalah suatu ukuran atau kriteria yang berisi rumusan mengenai kemampuan personil yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan didukung sikap serta penerapannya di tempat kerja yang mengacu pada unjuk kerja yang dipersyaratkan. Dengan demikian terdapat lima kata kunci menyangkut Standar Kompetensi, yaitu kemampuan, pengetahuan, keterampilan, penerapan dan unjuk kerja.

Untuk menangani beragam persoalan di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (Kemen LH – RI), Menerbitkan Layanan Informasi Standarisasi Kompetensi Bidang Lingkungan yang dilengkapi situs http://kompetensilingkungan.menlh.go.id. Menu utama dari situs tersebut ialah Beranda; Infrastruktur Standard (meliputi Panitia Teknis, Lembaga Sertitifikasi Kompetensi, dan Lembaga Pelatihan Refrigerasi); Direktori Penyedia Jasa;

Menu utama berikutnya Publikasi (meliputi : Kajian Akreditasi Lembaga Pelatihan Bidang Lingkungan, Kajian Pemetaan Lembaga Jasa Lingkungan, Sistem Kompetensi PPLH, dan Prosiding Workshop); Panduan (berisi Rancangan Pembentukan LSK, Rancangan Panduan LPK dan Rancangan Mekanisme Penunjukan LSK); Forum Stakeholder; Laboratorium Lingkungan (berisi nformasi dan Layanan Registrasi Kompetensi Laboratorium Lingkungan, seperti: Informasi Permohonan Registrasi Laboratorium Lingkungan, Formulir Permohonan Registrasi Laboratorium Lingkungan, Mekanisme Pengakuan Kompetensi Sebagai Laboratorium Lingkungan, Mekanisme Permohonan Registrasi Laboratorium Lingkungan, dan PERMENLH No. 06 Tahun 2009 tentang Laboratorium Lingkungan); Gas Rumah Kaca; dan Auditor Lingkungan Hidup (Inventarisasi Kompetensi Auditor Lingkungan Hidup meliputi: Publikasi Auditor LH, Formulir registrasi LPK Auditor, Pedoman Penilaian Kesesuaian LPK Auditor LH, dan Daftar Auditor LH).

Direktori penyedia jasa meliputi Jasa AMDAL, Jasa Daur Ulang, Jasa Konsultasi ISO 14000, Jasa Laboratorium Lingkungan, Jasa Pemantauan Kualitas Lingkungan, Jasa Pemeliharaan, Jasa Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan, Jasa Pengelolaan Air dan Air Limbah, Jasa Pengelolaan Limbah B3, Jasa Pengendalian Kebisingan dan Getaran, Jasa Pengendalian Polusi Udara, Jasa Pengkajian dan Penelitian Teknologi Ramah Lingkungan, Jasa Perbaikan Lahan Terpolusi, Jasa Retrofit dan Recycle Refrigran, dan Lembaga Sertifikasi ISO 14000.

Keberadaan situs ini sangat bermanfaat bagi siapapun yang berurusan dengan persoalan lingkungan, atau bagi yang aktivitasnya berkaitan dengan kepentingan lingkungan. Dalam semangat Go Green tentu saja informasi mengenai standarisasi dan kompetensi bidang lingkungan menjadi semakin penting. (Atep Afia – Sumber : Kompentesilingkungan.menlh.go.id)

13 comments:

  1. dengan adanya situs web kang atep afia.com ini sangat bermanfaat untuk berbagi ilmu dan informasi tentang lingkungan hidup.
    kita bisa mengetahui kriteria yang berisi rumusan mengenai kemampuan personil yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan didukung sikap serta penerapannya di tempat kerja yang mengacu pada unjuk kerja yang dipersyaratkan.

    ReplyDelete
  2. Moh.Muarif 41611120072 30/4/2013

    Bahwa kompetensi bidang lingkungan sangat bermanfaat
    bagi semua insan untuk itu perlu menjaga dan merawat
    khususnya lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  3. abdurahman 41611120040

    menurut saya sangat penting akan kompetensi bidang lingkunga jadi sebagai mahasiswa dan masyarakat umum tau akan manfaat lingkungan yang ada dan kita bisa coba untuk melakukan perbaikan lingkungan karena kita tau seberapa penting lingkungan bagi kita masyarakat untuk mejaga bumi.

    ReplyDelete
  4. pastinya sangat bermanfaat sekali kompetensi bidang lingkungan , bahwa Standar Kompetensi adalah suatu ukuran atau kriteria yang berisi rumusan mengenai kemampuan personil yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan didukung sikap serta penerapannya di tempat kerja yang mengacu pada unjuk kerja yang dipersyaratkan

    ReplyDelete
  5. wacana yang menarik , menarikpara pembaca untuk membantu dan berkompotesi dalam pesoalan lingkungan indonesia dan sekitar , perlukita bahas bersama akan kompetisi ini pada diri masing' karna berkompetisi dalam hal ini sangat mulia dan membantu dunia dalam menjalankan program global go green

    ReplyDelete
  6. kompetensi dibidang lingkungan sangat mendukung di berbagai industri, oleh karana itu sangat perlu di tingkatkan

    ReplyDelete
  7. Artikel yang sangat informatif, Saya harapkan dengan adanya artikel dan situs-situs yang dicantumkan dapat meningkatkan motivasi seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam, di mana setiap aktivitas masyarakat selalu memperhatikan segala dampak positif atau negatif dari aktivitas tersebut. Dengan adanya kondisi alam yang sehat, maka akan memberikan suatu ruang yang baik untuk kelangsungan hidup kita.

    ReplyDelete
  8. kompetensi bidang lingkungan sangat bermanfaat dgn adanya artikel dan situs-situs yang dicantumkan semoga dapat meningkatkan motivasi orang yang membacanya agar menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya

    ReplyDelete
  9. kopetensi bidang lingkungan sangat pentng dan bermanfaat untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam,agar memberi kelangsungan terhadap hidup kita.

    ReplyDelete
  10. standarisasi itu penting. tp lebih penting lg seharusnya diajarkan kesadaran yg sangat tinggi dalam berlingkungan. kesadaran menjaga lingkungan, hutan jauh lbh penting drpd teori2 ttg itu semua, bkn berarti teori2 itu tdk penting. krn mereka2 yg bakal mengurus ini semua.

    ReplyDelete
  11. Kompetensi dan standarisasi di segala bidang itu sangatlah penting termasuk di bidang lingkungan, karena ini akan menunjang kemampuan, pengetahuan, keterampilan, cara kerja dan kinerja bagi seseorang yang akan mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Namun tidak kalah pentingnya yaitu kesadaran dan pelaksanaan dari Standarisasi dan Kompetensi tersebut harus ditanamkan dalam diri masing - masing pemegang kompetensi dan standarisasi tersebut.

    ReplyDelete
  12. Tugas T05, @C06-AHMAT
    Kompetensi Bidang Lingkungan sangatlah membantu dalam menjaga Lingkungan Hidup Manusia khususnya di Indonesia. Semakin berkembangnya industri di Indonesia maka akan semakin banyak pula lingkungan yang akan terkena dampaknya (limbah). Maka dengan adanya kompetensi Bidang Lingkungan akan menganalisa apakah industri tersebut layak atau tidaknya dari segi Lingkungan. Lingkungan mencangkup semua makluk hidup yang tinggal di dalamnya maka apabila lingkungannya rusak (tercemar) makluk hidup akan tinggal dimana.

    ReplyDelete
  13. Adik Mukti
    @E03-Adik, @Tugas B05

    Kompetensi Bidang Lingkungan memang sangat dibutuhkan, apalagi di jaman perkembangan industri saat ini.

    ReplyDelete