.

Apr 27, 2013

Situs Web Pendidikan Tinggi Indonesia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) merupakan pemegang otoritas tertinggi dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan pendidikan tinggi di Indonesia, baik menyangkut insitusi, sumberdaya manusia maupun kurukulumnya. Dikti bertanggung-jawab terhadap maju-mundurnya kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Dikti memiliki situs resmi http://www.dikti.go.id/, dengan tampilan yang cukup baik dilengkapi flash mengenai info penting seperti Pendidikan Anti Korupsi, Program Afirmasi Pendidikan Tinggi, Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi, dan sebagainya. Situs pendidikan tinggi Indonesia ini memiliki katagori utama seperti Beranda, Dosen, Mahasiswa, Pengelola PT, dan Peraturan Perundangan. Selain itu dilengkapi Profil, Direktori PT, Galeri, Arsip, Kontak dan Tanya Jawab. Ada juga Berita Pendidikan, Kabar Dikti, Pengumuman, dan Info Beasiswa.

Bagi dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia disarankan sering mengakses situs ini, karena terdapat informasi yang penting dan menarik. Bagi dosen misalnya, dalam Katagori Dosen terdapat informasi mengenai Beasiswa Dosen (dalam dan luar negeri), Sertifikasi Dosen (Instrumen Sertifikasi Dosen dan Buku Panduan Sertifikasi Dosen), Informasi Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Panduan Proposal Penelitian Kerjasama Antar Lembaga dan PT, Informasi Program Penelitian, Panduan Pengabdian Kepada Maysarakat, Panduan Insentif Buku Ajar, Panduan Bantuan Seminar Luar Negeri, Panduan Hibah Penulisan Buku Teks, Panduan Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, Panduan Insentif Artikel pada Jurnal Internasional, dan Panduan UBER HKI).

Bagi mahasiswa terdapat informasi mengenai Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan, Bidang Penalaran/Keahlian/Profesi (Program Kreativitas Mahasiswa, Debat Bahasa Inggris, Olimpiade Nasional MIPA PT). Bidang Minat, Bakat dan atau Keorganisasian (Program Belajar Bekerja Terpadu, Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional, Kontes Mobil Hemat Energi, Kontes Robot Indonesia, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Kompetisi Jembatan Indonesia, Kontes Bangunan Gedung, Kontes Roket Indonesia, dan sebagainya). Serta Info Akademik (Kiat Memilih Program Studi, Penerimaan Mahasiswa Baru).

Bagi Pengelola Perguruan Tinggi (PT) terdapat informasi mengenai : Hibah Institusi, Panduan Pendirian Perguruan Tinggi, Panduan Program Studi Baru, dan Penjaminan Mutu (Internal dan Eksternal).

Situs ini dilengkapi dengan Direktori PT yang berisikan daftar, alamat dan website Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Kopertis I sampai XII. Untuk kelompok PTN terdapat 91 institusi. Untuk kelompok PTS di wilayah Kopertis I yang meliputi Provinsi Nangro Aceh Darussalam dan Sumatera Utara misalnya terdapat 361 PTS; Kopertis III DKI Jakarta meliputi 343 PTS; dan Kopertis IV Jawa Barat dan Banten meliputi 476 PTS; sedangkan Kopertis XII yang Meliputi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat meliputi 94 PTS.

 Konten situs Dikti.go.id cukup lengkap sebagai acuan atau referensi bagi komunitas dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia, begitu pula bagi institusi penyelenggara pendidikan tinggi. Keberadaan situs plat merah ini berdasarkan Alexa Traffic Rank berada pada posisi 526 di Indonesia dan 28.461 di dunia. Peringkat yang cukup baik mencerminkan jumlah pengunjung yang banyak, hal itu sangat logis mengingat populasi dosen yang mencapai ratusan ribu orang dan mahasiswa jutaan orang. (Atep Afia – / Sumber : Dikti.go.id. )

8 comments:

  1. Dengan adanya situs dari dikti, cukup memberikan informasi yang bermanfaat bagi berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, guru, maupun dosen, banyak informasi yang disajikan oleh dikti, seperti yang disebutkan pada artikel diatas, dan menurut saya ini merupakan wujud dari perhatian pemerintah terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. situs-situs pendiidikan seharusnya dapat diperbanyak, mengingat sekarang dunia internet semakin maju. Dan banyak orang lebih menyukai media online dibanding media yang lain.

    ReplyDelete
  3. mungkn memang sarana pengetahuan sudah banyak pak, apalagi didunia maya banyak situs" tambahan yang dapat kita jumpai, di internet,untuk menambah wawasan pengetahuan.sudah cukup luas, apalagi untuk meningkat kan kualitas pendidikan yg baik.

    ReplyDelete
  4. Di masa modern yang semakin maju ini situs web sangat penting untuk menunjang proses pendidikan di PT. Perkuliah online yang mempermudah dosen dan mahasiswa menjadi salahsatu faktor pentingnya website PT.

    ReplyDelete
  5. Dengan adanya situs ini semakin mempermudah lagi untuk kita mengakses berbagai informasi dunia pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Jadi dengan situs web ini pula kita dituntut untuk dapat mengikuti jaman yang semakin maju.

    ReplyDelete
  6. Situs web ini sangat membantu kelancaran dan kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan adanya situs web tersebut, para mahasiswa, dosen dan pengelola perguruan tinggi dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dan berbagi dengan yang lain yaitu antar dosen, antar mahasiswa, antar pengurus perguruan tinggi dan peraturan perundangan.

    ReplyDelete
  7. Tugas T05, @C06-AHMAT
    Situs Web Pendidian Tinggi Indonesia sangatlah membantu bagi perkembangan Indonesia khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) karena didalam situs ini (dikti) terdapat informasi serta bimbingan bagi mahasiswa maupun dosen. Dari situs ini Mahasiswa maupun Dosen dapat mengetahui sampai dimana kualitas pendidikan yang ada di Indonesia serta organisasi-organisasi yang dapat menunjang kemakmuran Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Adik Mukti
    @E03-Adik, @Tugas B05

    Situs ini mungkin sangat membantu untuk kemajuan dalam hal pendidikan, karena di situs ini terdapat informasi-informasi yang di butuhkan.
    tetapi tetap harus di sebar luaskan agar masyarakat juga mengetahui kalau telah di buat situs tersebut.

    ReplyDelete