Oct 24, 2013

Biofuel dengan Bahan Baku Sampah

KangAtepAfia.com - Sampah menjadi persoalan semua kota dan desa yang ada di Planet Bumi ini. Bahkan di beberapa Negara sampah sudah menjadi persoalan skala nasional. Sebenarnya sampah sudah menjadi persoalan global. Beberapa negara maju  mencoba untuk membuang sampahnya ke negara sedang berkembang dengan biaya tertentu. Namun apakah langkah tersebut dapat memecahkan masalah sampah ? Sama sekali tidak.

Membuang sampah lintas negara, lintas provinsi atau lintas kota dan kabupaten bukan merupakan solusi, yang terjadi ialah ikut menyebarkan polusi dan penyakit.

Sebenarnya langkah negara maju membuang sampah ke negara sedang berkembang, dapat dianggap sangat membahayakan. Bagaimana tidak, negara sedang berkembang pada umumnya tidak memiliki teknologi pengolahan sampah dan masyakatnya belum memiliki kesadaran lingkungan yang memadai.

Sebenarnya daripada dibuang, sampah dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan bakar dan energi listrik.

Hasil penelitian dari Global Change Biology menunjukkan kemampuan mengganti bensin dengan biofuel yang bersumber dari sampah. Hal tersebut diperkirakan dapat mengurangi emisi karbon  global sekitar 80 persen. Bukankah mimpi sudah menjadi kenyataan ?

Dalam hal ini langkah besar untuk menghasilkan biofuel sudah dijalankan. Namun ternyata kegiatan tersebut dapat mengurangi cadangan pangan. Sebagai contoh, jagung atau kelapa sawit  yang dihasilkan petani diproses menjadi biofuel, lantas bagaimana dengan upaya pemenuhan kebutuhan pangan. Di sisi lainnya metode untuk meningkatkan produksi tanaman, ternyata kurang bersahabat dengan lingkungan.

Sebenarnya cadangan sampah yang berlimpah diberbagai tempat dapat diproduksi menjadi biofuel generasi kedua berupa etanol selulosa. Dengan demikian sekali mendayung dua pulau terlampaui, sambil mengelola sampah ternyata dihasilkan bahan bakar.

Menurut Prof Hugh Tan dari Universitas Nasional Singapura, hasil penelitiannya menunjukkan, bahwa bahan bakar dari sampah olahan seperti kertas dan kardus, merupakan solusi energi bersih yang memiliki prospek yang cerah.

Selanjutnya dikemukakan, melalui pengembangan bahan bakar berbasis sampah, maka sebagian dari kebutuhan energi dunia dapat dipenuhi. Di sisi lainnya turut mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, sekaligus turut mengurangi emisi karbon.

Berdasarkan data dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) PBB dapat diperkirakan berapa banyak sampah yang dihasilkan, dan berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan dalam setiap tahunnya di 173 negara.

Para peneliti telah membuat kalkulasi, bahwa  sebesar 82,93 miliar liter etanol selulosa dapat dihasilkan melalui pengolahan sampah yang ada di seluruh dunia. Hasil perolehan biofuel tersebut dapat mengurangi emisi karbon global antara 29,2 sampai 86,1 persen bagi setiap unit energi yang dihasilkan.

Menurut Dr Lian Pin Koh dari ETH Zurich, bahwa jika teknologi pengolahan sampah menjadi bahan bakar terus dikembangkan, maka produksi biofuel berbahan baku sampah dipastikan akan terus meningkat. Dengan demikian etanol selulosa bakal menjadi komponen terpenting dari energi terbarukan untuk masa depan global. (Atep Afia/Sumber : www.alternative-energy-news.info)

Sumber Gambar:
http://earthhour.wwf.or.id/kepik/downloads/Utk%20kepik.pdf

138 comments:

  1. Trimakasih, info dari bapak menurut saya sangat menarik.Karena ternyata selain menjadi momok yang meresahkan kita semua, sampah itu juga dapat di gunakan sebagai bahan bakar dan energi listrik, yang sekiranya dapat membantu mengurangi krisis energi di negri kita saat ini.

    ReplyDelete
  2. Selamat sore.
    Sampah adalah zat kimia, energi atau makhluk hidup yang tidak mempunyai nilai guna dan cenderung merusak. tapi dengan kretifitas yang kita punya sampah bisa kita manfaatkan untuk ikut serta dalam program pemanasan global

    Ada empat prinsip yang dapat kita gunakan dalam menangani masalah sampah ini. Ke empat prinsip tersebut lebih dikenal dengan nama 4R yang meliputi:
    Recycle ( Mendaur ulang )
    Recycle adalah mengolah ( mendaur ulang ) sampah menjadi barang baru yang berguna.contohnya, membuat kompos, membuat wadah tisu, membuat pot bunga dan masih banyak Lagi. Biasanya jika kita me recycle barang-barang bekas kita dapat membuahkan suatu keuntungan seperti dapat menjualnya dan kita dapat mengurangi sampah yang ada disekitar kita.
    Replace ( Mengganti )
    Replace adalah mengganti barang-barang yang sulit diuraikan atau mengganti barang-barang sampah dengan barang yang ramah lingkungan atau multifungsi.
    Contoh :
    mengganti styrofoam dengan kertas minyak
    mengganti tissue dengan sapu tangan
    mengganti botol plastik yang dapat diremukan dengan botol plastik keras
    Reuse ( Memakai kembali )
    Reuse adalah memakai kembali barang-barang yang memang masih dapat digunakan, walaupun tidak sesuai fungsi aslinya.
    Cara nya adalah :
    menggunakan buku tulis yang kertasnya masih kosong untuk catatan atau coret coret
    Menggunakan kedua sisi kertas
    botol air mineral dapat digunakan untuk pot bunga
    Reduce ( Mengurangi )
    Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan bahan yg tidak ramah lingkungan.Cara yang dapat di lakukan seperti :
    membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik yg sulit di uraikan
    membeli kemasan isi ulang untuk deterjen,shampo,sabun,atau kecap daripada selalu memberi kemasan yg baru setiap kali habis
    membeli barang kebutuhan dengan kemasan besar
    mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu kita butuhkan
    Destroy ( Menghancurkan )
    Kita tahu bahwa tidak semua sampah dapat di Reduce, Reuse, Recyle dan Replace, ada beberapa sampah berbahaya yang mengandung limbah B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dalam penghancuran sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali harus ditangani secara baik dan benar. Berbagai cara seperti pembakaran, penetralisiran, hingga dikubur di tempat yang jauh dari permukiman maupun sumber daya alam penduduk wajib dilakukan supaya tercipta lingkungan bersih, sehat dan terbebas dari masalah limbah sampah.

    Mari kita mulai dari diri sendiri, hingga bisa mengajak orang lain untuk perduli terhadap lingkungan.
    http://www.google.com/imgres?http://www.google.com/imgres?start=263&sa=X&biw=1280&bih=592&tbm=isch&tbnid=Bv6l_xA7xSl3EM:&imgrefurl=http://alamendah.org/2010/07/01/3r-reuse-reduce-recycle-sampah/&docid=jLO9_4IvTnT8FM&imgurl=http://alamendah.files.wordpress.com/2010/07/reduce-recycle-reuse.jpg&w=400&h=302&ei=dXxvUs2gOs7lygHrtYCIDw&zoom=1&ved=1t:3588,r:70,s:200,i:214&iact=rc&page=17&tbnh=166&tbnw=223&ndsp=16&tx=120&ty=66sa=X&biw=1280&bih=592&tbm=isch&tbnid=LLSlyC22pM8BBM:&imgrefurl=http://ciptakarya.pu.go.id/plp/%3Fp%3D959&docid=kNnIBBDYmh_TGM&imgurl=http://ciptakarya.pu.go.id/plp/wp-content/uploads/45.jpg&w=2896&h=1944&ei=wHtvUrqDBYbkrAeI44CwCQ&zoom=1&ved=1t:3588,r:94,s:0,i:369&iact=rc&page=6&tbnh=177&tbnw=246&start=82&ndsp=16&tx=137&ty=54

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum..
    terimakasih untuk infonya, ternyata sudah ditemukan energi terbarukan baru untuk mengurangi sampah yang sedang menjadi masalah besar di bumi ini.
    memang bagus menjadikan sampah menjadi energi biofuel, namun bukankah untuk alatnya nanti juga memerlukan biaya besar lagi ? dan apakah semua kalangan masyarakat sudah tau mengenai hal itu & apakah masyarakat sudah tau bagaimana mengubah sampah menjadi biofuel ? menurut saya salah satu cara yang tepat untuk mengurangi sampah yaitu dengan memanfaatkannya menjadi salah satu kerajinan yang mempunyai nilai jual dan tentunya bisa membantu mengurangi sampah yang sukar hancur contohnya plastik. plastik juga dapaat diubah menjadi banyak kerajinan, contohnya tas yang sekarang sudah ada, selain itu sampah bisa diubah juga menjadi lukisan jika berada di tangan para seniman. Dan juga selain membantu mengurangi jumlah sampah dengan mengubah sampah menjadi kerajinan tentu saja kita juga membantu meningkatkan kesejahteraan karena tentu saja kita bisa membantu menambah peluang kerja di masyarakat. dan membantu mereka para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan. dan juga membantu menambah wawasan mereka.
    Tapi selain berusah mengurangi sampah yang sudah menjadi masalah besar untuk kita semua, sebainya kita mulai mengaca terlebih dahulu pada diri kita, apakah sudah membantu mengurangi sampah yang sudah ada atau malah menambahnya ?
    semuanya dimulai dari kesadaran diri kita sendiri. terimakasih

    ReplyDelete
  4. sampah menjadi momok yang menakutkan bagi semua masyarakat. karena benda yang satu ini adalah salah satu penyebab terjadinya banjir..
    tapi sekarang tak perlu khawatir, karena sampah tersebut bisa di manfaatkan ataupun digunakan untuk energi biofuel..
    so , dengan adanya inovasi ini seharusnya jangan adalagi sampah-sampah berserakan di tempat yang tidak layak..
    marii kita manfaatkan sampah untuk energi biofuel dan bantu Indonesia agar tidak mengalami krisis energi..

    ReplyDelete
  5. negara mana yang tidak memiliki sampah pasti semua negara mempunyain sampah tetapi bagimana cara negara itu dalam mengatasi masalah sampah ini yang setiap harinya pasti ada sampah. saya setuju dengan diolahnya sampah menjadi biofuel untung pengganti bensin jika seluruh negara mengolah secara serentak sampah ini menjadi biofuel makan bukan tidak mungkin sampah itu sendiri akan berkurang setiap tahunya. kalo perlu setiap keluarga diberikan mesin pengolahan sampah menjadi biofuel agar dapat diolah sendiri menjadi bensin sehingga tidak perlu lagi para keluarga tersebut membeli bensin untuk kendaraan bermotornya, tinggal keluaraga tersebut dapat mengolahnya sampah menjadi bensin untuk kendaraannya. dan sampah tersebut diproduksi oleh para penyedia bahan bakar agar disetiap SPBU terdapat biofuel olahan dari sampah. sehingga tidak ada lagi bencana alam yang disebabkan oleh sampah. tetapi kalo memang hasil pengolahan ini dapat menurunkan cadangan pangan sebaiknya proses pengolahan ini tidak dilakukan sampai ketemu bagimana caranya sampah menjadi biofuel tetapi tidak mengurangi cadangan pangan yang ada.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih pak untuk infonya. Penemuan ini sangat menarik, karena dimana pun semua terdapat sampah. Namun banyak org yg menganggap sepele soal sampah. Penemuan ini sangat berguna untuk kehidupan kita terutama dalam penggunaan bahan bakar dan pemakaian energi listrik dan dapat memperkecil masalah sampah serta memperkecil masalah global warming.

    ReplyDelete
  7. jika memang benar penemuan ini, sangat amat penemuan yang luar biasa.. mengapa bisa dikatakan seperti itu? karena bagaimana mungkin barang yang sudah tidak terpakai dapat menjadi biofuel pengganti bahan bakar yang ada sekarang? amat sangat mengagumkan jika hal ini terjadi.. semoga saja ada realisasi untuk penggunaan teknologi ini agar dapat mengurangi emisi CO2 yang terjadi saat ini dan juga sebagai energi terbarukan untuk dapat menggantikan bahan bakar fosil yang akan habis dipakai terus-menerus..

    ReplyDelete
  8. penemuan ini adalah trobosan terbaik buat semua negara yang ada di dunia untuk mengurangi menumpuknya sampah yang ada di indonesia.dan juga menghemat bahan bakar fosil yang sekarng semakin menipis .. ini penemuan yang sangat berguna semoga pemnemuan iniakan terus dikembangkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan.... aminn

    ReplyDelete
  9. penemuan teknologi biofuel dengan bahan baku sampah untuk sumber energi merupakan solusi dari masalah sampah yang menjadi masalah skala nasional, tapi dalam penerapannya, perlu dikaji lagi dengan efek yang ditimbulkan seperti dapat mengurangi cadangan pangan. tapi seiring perkembangan teknologi, diharapkan benar benar dapat mengurangi emisi gas karbon sekaligus menghasilkan bahan bakar dari pengelolaan sampah

    ReplyDelete
  10. Ide yang bagus apabila sampah dapat diubah menjadi bahan bakar, Namun yang harus diperhatikan disini negara berkembang cenderung masyrakatnya belum mempunyai pemikiran yang kritis, maka perlu adanya pengetahuan yang lebih jika ingin mengubah sampah menjadi biofuel tersebut. Itu merupakan salah satu kendalanya. Selain itu juga untuk mencapai satu dua pulau terlampaui, naksudnya bahan bakar dapat diaplikasikan dan lingkungan hidup tetap terjaga perlu adanya keseimbangan terhadap proses pelaksanaan nya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Sangat membantu jika sampah bisa di manfaatkan dan di olah sebagai energi baru, karena sampah tidak hanya sumper penyakit tetapi juga sumber dari bencana, dengan adanya penemuan-penemuan baru yang menghasilkan banyak manfaat untuk bumi ini mari kita dukung untuk mewujudkannya, ternyata di indonesia juga ada yang menemukan bioetanol, warga Doplang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, berupaya memanfaatkannya dengan mengubah menjadi bahan bakar nabati. Mereka melakukannya dengan cara sederhana. Sampah busuk harus dihancurkan lebih dulu agar mudah dibusukkan dengan bakteri pembusuk. Air dari rajangan sampah kemudian difermentasi. Saat disuling, zat-zat yang dibutuhkan menguap masuk ke dalam pendingin untuk diubah menjadi bioetanol.

    Hasil bioetanol dapat langsung dimanfaatkan sebagai pengganti minyak tanah. Bahkan, bioetanol memeiliki kelebihan lebih hemat, lebih cepat panas dan tidak mengeluarkan asap sehingga lebih ramah lingkungan.

    Bioetanol sampah juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bensin. Namun harus dilakukan dua kali penyulingan sehingga kadar bioetanolnya menjadi lebih tinggi, yaitu 99 hingga 100 persen. Harganya juga lebih murah, hanya Rp 3.000 per liter.(
    sumber :http://mesinbioetanol.blogspot.com/2008/12/mengubah-sampah-busuk-jadi-bioetanol.html

    ReplyDelete
  12. sampah merupakan salah satu masalah terbesar di dunia termasuk Indonesia khususnya Ibu Kota Jakarta, sampah sangat berdampak negatif apabila dibiarkan terbengkalai dan tidak ada yang peduli dengan keberadaannya. sampah juga penyebab utama terjadinya banjir di Jakarta selain penyempitan aliran sungai dan pembangunan rumah-rumah di bantaran sunagi.
    penemuan cara memanfaatkan sampah menjadi biofuel untuk memproduksi cadangan bahan bakar ini sangat bagus dan menarik, tetapi dalam hal ini masih banyak kendala yang harus diselesaikan terlebih dahulu agar terwujudnya rencana pengelolaan sampah menjadi biofuel, salah satunya adalah dengan merealisasikan penemuan ini kepada warga agar mengubah kebiasaan warga membuang sampah ke sungai dengan memanfaatkan sampah tersebut menjadi biofuel.

    oleh karenanya, marilah kita sebagai generasi muda dapat menjadi contoh awal yang baik agar terciptanya kawasan bebas sampah dan dapat membantu anggaran negara dengan memproduksi bahan bakar energi sendiri dengan bahan baku dari sampah,

    ReplyDelete
  13. info ini sangat penting karna sampah yg di kenal masyarakat adalah kotoran, sumber penyakit ataupun yang lain sebagainya , tetapi ternyata sampah bisa menjadi sumber bahan bakar , selain sampah di jadikan bahan berguna info ini juga membuat saya sadar bahwa sampah ini tidak hanya menjadi sumber penyakit ataupun yg lainnya tetapi sangat berguna , untuk menggantikan bahan bakar yg lain dan bisa mengurangi bahayanya sampah .
    maka dari itu kami sebagai generasi penerus menjadi tahu akan sampah bukannya hanya jadi masalah ataupun sumber penyakit tetapi sampah bisa di gunakan menjadi bahan bakar

    ReplyDelete
  14. Menurut saya dalam artikel ini sangat menarik sekali dimana sampah bisa diolah menjadi biofuel dan bisa menjadi energi listrik ini merupakan sumber energi alternatif dimana sampah yang dahulu tidak mempuyai penting apa apa dan sekarang bisa diolah menjadi biofuel dan disisi lain juga mengurangi ketergantungan energi fosil, sekaligus mengurangi emisi karbon.

    ReplyDelete
  15. bioufel dari bahan baku sampah ini sangat menarik dan membantu sekali untuk negara berkembang seperti indonesia. Dengan tingginya pencemaran lingkungan disebabkan oleh sampah yang tidak terurai sehingga banyak sungai terumbat, lalu pemaikaian listrik yg tidak teraktur, dan tingginya emisi gas karbon. semoga penemuan ini bisa terus direalisasikan agar pencemaran seperti ini bisa teratasi.

    ReplyDelete
  16. Aktivitas sehari-hari manusia memang banyak menghasilkan sampah, yang jika dibiarkan menumpuk akan menyebabkan timbunya wabah penyakit, belum lagi gas metan yang dihasilkan dapat menimbulkan efek rumah kaca.
    dengan adanya teknologi pembutan biofuel dengan memanfaatkan sampah ini,permasalahan sampah ini seharusnya sudah dapat ditangani.
    Tapi sepertinya teknologi ini belum banyak digunakan,masalahnya masih banyak sampah berserakan dan juga masih tingginya ketergantungan manusia dengan energi berbahan dasar fosil,semoga kedepannya teknologi ini semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah tersebut

    ReplyDelete
  17. mungkin sampah bisa di manfaatkan menjadi bahan bakar dan energi listrik dan menjadi solusi negara tetapi bagaimana seharusnya agar sampah yang begitu banyak bisa dikumpulkan sedangkan di ibu kota sampah masih menyebar di pinggiran kali dan pembuangan sampah di ibu kota juga masih di batasi karena masih banyak tumpukan yang ada di pengepul.

    ReplyDelete
  18. untuk artikel ini kalo kita membahas tentang sampah. banyak di skitar kita sampah sampah maupun sampah kering,basah atau sampah kecil atau keing, yang lebih hebatnya sampah raksasa.

    dimana sampah berserakan di pinggiran jalan, padah kalo kita tahu di atas sudah tertera tulisan " Sebenarnya daripada dibuang, sampah dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan bakar dan energi listrik.

    dan tugas kita sekarang bagaimana kita harus mnyadarkan masyarakat untuk membuat sampah menjadi berguna, kita sebagai bangsa atau di katakan orang yang lebih tau tenyang sampah bisa di manfaatkan kita harus bisa mnyadarkan masyrakat tersebut. untuk bisa menaggulangi sampah menjadi berguna

    ReplyDelete
  19. semua tau kalo sampah adalah benda yang kotor dan dapat menimbulkan hal-hal yang negatif. contohnya adalah dapat menyebabkan banjir dan sumber penyakit. tapi sampah juga bisa di manfaatkan .sampah juga bisa di daur ulang menjadi hasil olahan yang baik.dan menarik . karena sampah tersebut bisa di manfaatkan ataupun digunakan untuk energi biofuel..

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum......
    artikel ini sangat bermanfaat, jadi intinya apabila indonesia bisa melakukan daur ulang sampah tersebut, untuk dijdikan biofuel maka akan sangat bermanfaat, mengapa tidak dari sekarang dilakukannya, semoga saja pemerintah dapat mengambil sikapa positif untuk mendaur ulang sampah menjadi biofuel.

    ReplyDelete
  21. Sampah jika tidak dikelola dengan baik berpotensi merusak lingkungan. Mengakibatkan pencemaran baik pada tanah, air atau pun udara. Akan tetapi jika dikelola dengan baik, sebenarnya sampah-sampah tersebut masih memungkinkan untuk dimanfaatkan baik dalam bentuk aslinya ataupun melalui proses pengolahan atau daur ulang.
    Sampah merupakan permasalahan lingkungan yang tidak pernah usai. Semakin modern kehidupan manusia, maka kuantitas sampah yang dihasilkan pun semakin meningkat. Hal itu terlihat dari kecenderungan meningkatnya produksi sampah di daerah perkotaan seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Diperkirakan, rata-rata setiap orang per hari bisa menghasilkan 1-2 Kg sampah.

    ReplyDelete
  22. menanggulangi permasalahan sampah yang ada di sekitar kita haruslah dimulai dari diri kita masing-masing terlebih dahulu. Apabila setiap orang sudah memperlakukan sampah dengan baik, maka penemuan-penemuan baru atau manfaat dari sampah itu sendiri dapat ditemukan. Seperti penemuan baru biofuel dari bahan baku sampah ini. Apabila terus dikembangkan, maka manfaat dari sampah ini lah kita juga bisa mengurangi jumlah sampah yang ada di bumi ini. Misalnya dengan membuat mobil dari bahan bakar biofuel ini, selain biayanya yang relatif lebih murah, ini juga bisa membantu menjaga bumi dari bahaya global warming.

    ReplyDelete
  23. Penemuan yang sangat menarik, sebab di bumi ini semakin banyak sampah-sampah yang dibiarkan begitu saja sehingga dapat menularkan bermacam-macam penyakit bagi manusia. Apabila di Indonesia sudah dilaksanakan penemuan tersebut, maka akan menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua sebab sampah-sampah yang ada akan semakin berkurang dengan dilaksanakannya penemuan tersebut.

    ReplyDelete
  24. Terimakasih atas informasinya, ternyata sampah yg kita tau selama ini hanya menjadi limbah rumah tangga tetapi memiliki nilai tambah dengan memanfaatkannya sebagai bahan bakar pembangkit energi listrik .

    ReplyDelete
  25. artikel ini sangatlah penting untuk di baca oleh orang di indonesia ini,agar mereka tau dan dapat melakukan hal yang ada di artikel ini dan dapat mendaur ulang sampah.

    ReplyDelete
  26. untuk menanggulangi sampah harus dimulai dari diri kita sendiri karena percumah kalau katinya sajah masih buang sampah sembarangan itu percumah. maka dari itu haruslah kita berinstropeksi diri agar maenjadi lebih baik, dan sampah juga masih memiliki nilai ekonomis apabila kita dapat mendaur ulangnya.

    ReplyDelete
  27. Berbicara mengenai sampah yang harus dibahas adalah bagaimana cara mengelolanya?

    Selain kesadaran manusianya itu sendiri, SDM sangatlah dibutuhkan di Indonesia ini dalam proses pengelolaan atau daur ulang sampah.

    Diperlukan peran serta pemerintah, tenaga pengajar maupun pihak-pihak terkait dalam masalah pengelolaan sampah tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sampah memang merupakan masalah yang tidak boleh dianggap remeh oleh kita semua, kalau samaph tidak dikelola dan diatur maka sampat akan menjadi bencana bagi kita semua? contohnya sering kita bisa lihat bersama di kota-kota besar khususnya kota jakarta orang membuang sampat dengan seenaknya dengan membuang sampat sungaii dan di selokan-selokan yang semua itu akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar yaitu saluran air menjadi tidak lancar dan mengakibatkan kalau musim hujan akan banjir karena sungainya sudah penuh dengan sampah, penangulangan tentang sampah, sampah sebaiknya di buang pada tempat yang tekah disediakan dan sampah harus dipisah menjadi 2 yaitu samapah organik dan sampah anorganik, dan samapah yang bisa di manffatkan dan di daurulang kita manfaatkan contohnya samapah yang dapat di daur ulang adalah samaph jenis plastik dan samaph jenis aluminium.

      Delete
  28. nampaknya bahan bakar dari sampah menjadi suatu solusi dari berbagai masalah seperti saat ini yg sangat memerlukan energi alternatif selain daripada bahan bakar fosil yg sudah mulai langka dan juga sangat bermanfaat untuk mengurangi penumpukan sampah dan menjadi hal yg lebih baik daripada kita harus mendaur ulang sampah sampah tersebut

    ReplyDelete
  29. Seperti yang Saya ketahui sebelumnya biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian dan termasuk dengan pengolahan sampah seperti yang tertulis di artikel ini.Adapun pengolahan yang baik pada sampah ini untuk dijadikan biofuel yaitu melalui pembakaran limbah(sampah) organik kering.
    Dan akan sangat mendukung bila program seperti ini bisa di jalankan sehingga kesadaran orang-orang akan bangkit bahwa Sampah yang mereka buang sembarangan akan lebih baik bila di buang pada tempatnya untuk di olah kemudian.

    ReplyDelete
  30. Pembuatan biofuel dengan bahan sampah sangatlah bagus , teknologi ini bisa di kembangkan di Indonesia terutama di Ibukota jakarta seperti yang kita ketahui jakarta adalah salah satu kota yang lingkungannya sudah tercemar oleh sampah-sampah organik maupun anorganik dan polusi udara yang parah.
    dari artikel di atas bahwa bahan bakar biofuel tersebut bisa mengurangi kandungan karbon yang di hasilkan asap knalpot sebanyak 80 persen alangkah indahnya jika bofuel sudah di terapkan di negri ini tentunya polusi akan semakin berkurang.
    Menurut sumber yang saya baca bahwa salah satu perusahaan otomotif di Amerika sudah menciptakan kendaraan yang berbahan bakar biofuel meskipun masih trial. perusahaan tersebut juga kerjasama dengan Coskata perusahaan asal linois dalam pengembangan biofuel tersebut dengan biaya kurang dari satu dolar atau sebesar Rp 2.491. tentunya banyak sekali manfaat dari bahan bakar biofuel ini selain mengurangi pencemaran lingkungan dari segi harga juga sangatlah terjangkau.

    ReplyDelete
  31. malem pa
    ,pembuatan biofuel dengan bahan sampah ,kebanyakan orang menyepelekan sampah,bahkan ada jg yang takut dengan smapah,,akibat baunya yang sangat menyengat.di dalam perindustrian,rumah tangga atupun rumah sakit memiliki limbah cairan,dari sifatnya yang mudah di temui dan jumlahnya berlimpah,limbah cair tergolong sebagai bahan baku paling berpotensi,dari situ kita bisa memanfaatkan limbah cair tersebut,,

    ReplyDelete
  32. jika soal sampah,
    indonesia lah menurut saya yang paling banyak warga nya yang tidak sadar akan dampak membuang sampah sembarangan, mungkin artikel ini harus di sebar luaskan agar warga indonesia bisa membaca nya. karena warga indonesia hanya bisa mengeluh tidak bisa menangani. contoh : banjir di mana-mana, sudah jelas banjir terjadi karena tersumbat nya aliran air, karena warga nya sendiri yang membuang sampah sembarangan, tetapi justru warga itu mengeluh ke pemerintah agar bisa menangani banjir. perlu kesadaran di setiap warga di indonesia ini.

    ReplyDelete
  33. selamat malam pak

    memang sampah menjadi momok yang sangat membahayakan dan mencemarkan lingkungan jika membuang sampah sembarangan dan sampah juga mengakibatkan bencana bagi manusia,itu juga dengan ulah manusianya sendiri jika membuang sampah sembarangan seperti membuanga sampah ke sungan yang akan mengakibatkan banjir dan menumpuk sampah sampai membentuk gunung yang juga mengakibatkan longsor yang menjadi perhatian adalh di indonesia sendiri yang banyak orang tidak sadar dengan hal tersebut,sebenarnya langkah bagus jika kita kreatif dalam pengolahan sampah.

    ReplyDelete
  34. Assalamualaiikum pak,
    Sampah menjadi bahan bakar biofuel merupakan trobosan baru untuk semua negara maju maupun berkembang, karena sampah merupakan bahan yang dianggap tidak penting ini bila tidak dimanfaatkan sacara dalam akan menambah masalah dari segi mana pun, sehingga bila ada penerapan baru cobalah di inovasikan kembali agar sampah menjadi salah satu barang yang berguna.

    ReplyDelete
  35. asalamualaikum wr, wb
    sampah adalah suatu barang yg tidak terpakai ,kebanyakan orang membuang sampah sembarangan ,sedikit demi sedikit sampah akan semakin banyak dan menyebabkan bencana alam seperti ,banjir . bukan hanya negara indonesia saja yg memiliki masalah terhadap sampah , negara maju pun di buat pusing karna masalah sampah ,, yg membedakan adalah negara maju bisa mengolah kembali , sedangkan negara berkembang terbatas akan alat.
    menurut berita yg saya baca bahan bakar Biofuel jauh mengancam alam ketimbang bahan bakar fosil.
    karna Biofuel berpotensi menyebabkan lebih banyak kerusakan lingkungan dari pada fosil, di sebabkan Biofuel memakai bahan pangan dan berakibat mengurangi cadangan pangan bagi amnusia ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel yang ditampilkan sangat menarik, memang masalah sampah merupakan masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan begitu saja perlu adanya prospek atau program yang baik untuk mengatasi masalah yang rumit ini. masalah sampah memang merupakan masalah bersama yang harus dicari solusinya bukan masalah yang melibatkan satu instasi saja salah satu penanganan sampah yaitu dengan menjadikan sampah barang daur ulang misalkan sampai dijadikan benda seni yang bisa bernilai ekonomis
      demikian pendapat saya mengenai artikel diatas terima kasih

      Delete
  36. Memang sudah seharusnya sampah difungsi alihkan daripada hanya menjadi polusi atau merusak lingkungan. Seharusnya pemerintah mendukung dan mendalami upaya ini agar menanggulangi sampah yg ada di indonesia.

    ReplyDelete
  37. Sebuah solusi cerdas tentunya, di tengah permasalahan sampah yang tak kunjung mereda.
    ingatkah anda ketika kasus import kondom bekas mencuat? tidak usah heran karena sebenarnya masih ada banyak kasus2 import sampah lain yang tidak terekspos, lemahnya pengawasan dari lembaga terkait membuat negara kita menjadi negara ladang pembuangan sampah bagi negara lain dan ironisnya hal ini di manfaatkan untuk mengeruk keuntungan bagi segelintir orang ( importir )
    Pengawasan ketat dari bea cukai adalah salah satu cara untuk mengantisipasi masuknya sampah dari luar negeri.
    Pada intinya di mulai dari kesadaran setiap individu, untuk mengelola sampah secara benar, sehingga timbulah solusi2 cerdas yang lain. misalnya budaya memilah sampah organik dan an organik, daur ulang kertas lama menjadi kertas baru, pemanfaatan kotoran ( septicthank ) menjadi bahan bakar dan lain lain.. terimakasih


    ReplyDelete
  38. biofuel dengan bahan baku sampah merupakan salah satu solusi untuk mengatasi ketergantungan manusia terhadap bahan bakar fosil.dimana kebutuhan energi makin lama makin meningkat selain dapat mengurangi efek rumah kaca yang dihasilkan bahan bakar fosil, biofuel dari sampah juga mampu mengurangi polusi sampah yang diindonesia makin lama makin menjadi.dijakarta saja sampah rumah tangga yang dihasilkan tiap hari mencapai 65.000 ton(sumber: ANTARA news) hali ini merupakan keuntungan jika sampah sebanyak itu dikonversikan menjadi sumber energi dan bisa dimungkinkan indonesia bebas polusi

    ReplyDelete
  39. biofuel dengan bahan baku inti sampah adalah sebuah terobosan yang bagus.karena setiap manusia selalu menghasilkan sampahh.disamping mengurangi polusi sampah juga membawa penyakit.bila teknologi ini sudah diterapkan maka tidak akan ada krisis energi untuk generasi mendatang.dan sumber daya alam akan terpakai secara maksimal

    ReplyDelete
  40. Sebenarnya sudah bukan menjadi rahasia lagi jika sampah bisa dijadikan sumber tenaga. seperti misalnya menjadi sumber tenaga listrik, sudah banyak masyrakat yang ada di Indonesia yang bergerak mengembangkan teknologi pengolahan limbah sampah menjadi biofuel, bio gas, sebagai ganti bahan bakar lainnya.
    Peran pemerintah harusnya mendukung langkah masyarakat ini dengan memberikan pengarahan-pengarahan serta modal untuk dpat mengembangkannya, agar sumber daya alam yang semakin habis di eksplorasi bisa dapat diminimalisir. Karena sumber daya alam seperti minyak bumi, batubara dan lainnya adalah termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum pak aatep. . . .
    Sangat bermanfaat sekali artikel yang di post kan pak atep ini. Memang sampah sudah menjadi masalah komplek di Indonesia, bahkan di Dunia. . . . .
    Ber ton-ton sampah di hasilkan dalam sehari. . . .
    Saya sangat setuju dengan program pengolahan sampah menjadi bio fuel, selain mengurangi sampah, ternyata sampah juga dapat dijadikan bahan bakar. Saya juga pernah melihat di TV, bahwa sampah organik manusia juga dapat di jadikan bahan bakar setelah melalui proses- proses tertentu.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  42. pembaruan energi adalah suatu gagasan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat, karena pada dasarnya kita membaharukan barang yang sudah tidak digunakan menjadi suatu barang atau bahan yang kembali bermanfaat, jadi kita tidak begitu bergantung pada energi yang sudah ada terutama energi fosil. untuk itu pengembangan energi alternatif ini perlu dikembangkan lagi agar dapat mengurangi dampak pencemaran yang terjadi dilingkungan kita, baik di negara maju maupun berkembang, karena akan sangat bermanfaat, tetapi alangkah baiknya jika hal itu bukan hanya sebagai wacana saja namun bisa direalisasikan secara nyata dan disadari oleh masing-masing individu demi kepentingan bersama.

    ReplyDelete
  43. setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Ada tiga cara untuk pembuatan biofuel: pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri dan pertanian); fermentasi limbah basah (seperti kotoran hewan) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester; dan energi dari hutan (menghasilkan kayu dari tanaman yang cepat tumbuh sebagai bahan bakar).

    ReplyDelete
  44. Sampah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sampah haruslah diolah atau di daur ulang dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia. Sampah yang selama ini kita buang begitu saja, ternyata masih dapat diolah kembali antara lain dalam bentuk kerajinan yang bernilai ekonomi, bercita rasa seni dan unik. Secara umum pengelolaan sampah dilakukan dalam tiga tahap kegiatan, yaitu : pengumpulan, pengangkutan, dan pembuangan akhir/pengolahan. Pada tahap pembuangan akhir/pengolahan, sampah akan mengalami proses-proses tertentu, baik secara fisik, kimiawi, maupun biologis.

    ReplyDelete
  45. Secara garis besar sampah terbagi menjadi dua kelompok yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

    Sampah anorganik terbagi menjadi tiga,yaitu: sampah plastik,kertas,dan logam.Plastik,kertas dan,logam dapat di daur ulang menjadi bahan baku industri.

    Sampah organik terdiri atas sampah dapur yaitu sisa makanan,bagian sayuran yg tidak digunakan,kulit buah dan sebagainya.

    Sampah organik dapat membusuk apabila dibiarkan terlalu lama dalam tempat terbuka.

    Maka dari itu sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik seperti baju bekas,karet,pempers,dan lainnya yg tak dapat di daur ulang dapat di bakar dengan menggunakan incenerator. Incenerator yaitu mesin pembakar sampah. Arangnya dapat di gunakan sebagai campuran kompos. Arang dapat menyerap B3 (bahan beracun berbahaya).

    Sampah organik mudah hancur atau terurai,sedangkan sampah anorganik sulit hancur atau bisa juga tidak dapat di hancurkan.

    ReplyDelete
  46. Menurut saya pembaruan energi adalah suatu gagasan yang sangat bagus dan sangat bermanfaat, karena pada dasarnya kita membaharukan barang yang sudah bekas atau sampah,dengan adanya biofule ini masyarakat bisa menggunakan nya dengan cara mendaur ulang limbah rumah tangga mereka dan bermanfaat bagi lingkungan setempat karena tidak tercemar oleh limbah rumah tangga maupun industri

    ReplyDelete
  47. Berdasarkan informasi yang bapak berikan sangat membantu jika sampah bisa di manfaatkan dan di olah sebagai energi baru, karena sampah tidak hanya sumper penyakit tetapi juga sumber dari bencana, dengan adanya penemuan-penemuan baru yang menghasilkan banyak manfaat untuk bumi ini mari kita dukung untuk mewujudkannya. Penemuan ini adalah trobosan terbaik buat semua negara yang ada di dunia untuk mengurangi menumpuknya sampah yang ada di indonesia dan juga menghemat bahan bakar fosil yang sekarAng semakin menipis.

    ReplyDelete
  48. Terima kasih untuk infonya, saya baru tahu bahwa sampah itu dapat di digunakan untuk bakar. Kalau begitu lebih baik pemanfaatan sampah sebagai bahan bakar lebih cepat digunakan. sehingga penggunaan bahan bakar fosil yang sekarang ini sudah semakin menipis dapat dikurangi, selain itu emisi karbon di udara juga akibat penggunaan bahan bakar fosil dapat diminimalisasi dan akhirnya bumipun menjadi lebih baik lagi,,,
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  49. sangat menarik informasi yg bpk berikan.
    memng benar sbagian besar manusia mungkin menganggap sampah sbagi kotaran yg sudah tidak bs terpakai lagi..
    dan menurut artikel bpk.
    sampah bs di di daur ulang menjadi tenaga listrik,
    menurt saya sampah tergolong dr 2 golangan
    yaitu anorganik dan organik.
    sampah organik sangat bs di daur ulang karna proses peleburan nya sangat mudah,
    sampah organik bisa menjadi bio gas.
    dan sampah anorganik bisa kita daur ulang menjadi kerajinan tangan seperti tas,dompet, tmpt tisu dll,,,,,,,,,
    terima kasih...!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. kabar yang sangat menggembirakan sekali sampah bisa dijadikan bahan bakar, untuk mewujudkan hal tersebut butuh dukungan dan konsistensi dari berbagai pihak untuk mengembangkannya, karena akan menjadi sia-sia jika ilmu pengetahuan tidak diterapkan dalam kehidupan nyata

    ReplyDelete
  52. Sampah,
    jika toh memang sudah ada cara untuk menangani masalah sampah dan ditambah itu memberikan alternatif energi dari hasil pengolahan sampah, kenapa tidak untuk kita memulai hal itu??terlepas dari sarana dan prasarana, jika sudah ada wacana maka setidaknya kita sudah melangkah.

    ReplyDelete
  53. Terimakasih buat infonya pak, sangat bermanfaat
    sampah bisa saja dikembangkan dalam hal yang disampaikan di dalam artikel tersebut, akan tetapi apakah dengan cara tersebut bisa mengatasi banyaknya sampah yang bertaburan dijalanan? tentu tidak!!!
    hal ini perlu dikaji ulang dari pemerintah, apkah harus meniru dari negara-negara tetangga, seperti singapore yang mendenda warganya yang kedapatan membuang sampah? atau memberikan penyuluhan tentang dampak sampah terhadap masyarakat?

    ReplyDelete
  54. Nice Info Pak.
    Semoga menjadi inspirasi buat bangsa ini untuk lebih peduli dengan sampah.
    Supaya orang indonesia sadar akan sampah sampah yang berserakan dan tidak membuang sampah sembarangan.
    Lalu, dengan adanya hal itu maka orang indonesia harus punya budaya membuang sampah berdasarkan kategori organik, anorganik dan recycleable agar lebih mudah jika akan diolah kembali sampah tersebut.

    ReplyDelete
  55. Akan menjadi hal yang sangat bagus bila hal ini memang bisa dijadikan suatu bahan bakar alternatif menggantikan bahan bakar fosil saat ini..
    tapi sangat disayangkan peran pemerintah yang kurang dalam menanggapi hal-hal seperti ini

    ReplyDelete
  56. sampah merupakan limbah yang dihasilkan oleh kita sendiri tetapi sampai saat ini hanya beberapa kalangan yang sadar bahwa sampah dapat diolah dan dikomersialkan dengan cara daur ulang menjadi bahan bakar yang berupa bioful. dengan mahalnya BBM dari fosil saat ini mungkin sampah bisa menjadi alternatif lain untuk membuat bahan bakar yang mudah dan murah, tetapi sampai saat ini prasarana yang dimiliki belum memadai dan pengetahuan yang minim dan kurangnya dukungan dari pemerintah membuat sampah menjadi terbengkalai

    ReplyDelete
  57. Mila Permatasari5/20/2014 8:51 PM

    Assalamualaikum..
    Informasi yang sangat bagus pa .... dan akan sangat bagus jika semuanya terealisasikan . memang tidak mudah, akan tetapi jika kita sebagai manusia mempunyai kesadaran akan kesehatan yang tinggi pasti kita akan berusaha untuk mewujudkannya , kita manusia yang hidup dibumi ini selain menikmati apa yang telah tuhan ciptakan , kita juga harus tetap memelihara pemberian tuhan tersebut ,, alam kita ini ,,, tidak hanya indonesia , tetapi diseluruh dunia mempunyai suatu keanekaragaman entah itu baik dari manusia nya sendiri ,, kekayaan alam , sumber daya dan lain sebagainya . namun sadarkah kita ? ada satu permasalahn yang mungkin sama terjadi di indonesia dan negara-negara lain didunia . Seperti apa yang telah dijelaskan dalam artikel tersebut permasalahan sampah kini menjadi hal yang sangat penting dan pastinya menjadi mimpi buruk bagi kita semua untuk masa yang akan datang . seperti apa yang telah kita ketahui di indonesia kini bukan pegunungan yang asri , sejuk dan hijau yang menjadi pemandangan akan tetapi sampahlah yang kini hadir menjadi pegunungan yang sangat membahayakan. pembuatan energi alternatif dari sampah atau biofuel adalah hal yang sangat bagus dan menjadi salah satu jawaban atas semua permasalahan sampah didunia . semakin hari persediaan bahan bakar dibumi ini semakin menipis dan sementara itu jumlah penduduk serta perkembangan teknologi yang membutuhkan energi semakin pesat . dan maka dibutuhkan sumber energi alternatif untuk menggatikan sumber energi yang memang tidak dapat diperbaharui . Biofuel lah yang menjadi energi alternatif untuk menggantikan sumber energi fosil yang perlahan-lahan mulai habis . semua ini dapat kita lakukan dengan hal kecil terlebih dahulu ,, misalnya , memisahkan jenis sampah seperti organik dan anorganik . dan semua ini dilakukan bukan hanya oleh ibu-ibu rumah tangga atau disekitar perumahan saja tapi di tempat kita bekerja pun harus melakukan hal seperti ini karena biofuel bukan hanya dari sampah sampah buangan rumah tangga atau tanaman akan tetapi secara tidak langsung dari limbah industri , komersial domestik atau pertanian . ada dua strategi umum pembuatan biofuel yang saya ketahui , yaitu pertama menanam tanaman yang mengandung gula seperti tebu ,bit, gula dan sorgum manis . tanaman yang mengandung polisakarida seperti jagung . kemudian menggunakan fermentasi ragi untuk menghasilkan etil alkohol . yang kedua menanam berbagai jenis tanaman yang mempunyai atau menghasilkan kadar minyak yang tinggi seperti kelapa sawit , kedelai , dan alga . maka ketika dipanaskan , keviskositasan minyak nabati dapat berkurang dan dapat dbakar di mesin diesel , minyak nabati tersebut dapat diproses secara kimia untuk menghasilkan bahan bakar sperti biodiesel , kayu dan produk-produk sampingannya dapat dikonversi atau diubah menjadi biofuel seperti gas kayu , metanol dan bahan bakar etanol .
    Biofuel merupakan energi alternatif yang kemungkinan memproduksi enegi tanpa meningkatkan kadar karbon diatmosfer karena bahan pembuatan biofuel itu sendiri yaitu tanaman mengurangi kadar karbondioksida di atmosfer .
    Biofuel sangatlah bermanfaat bagi kita , selain mengurangi penyakit yang ditimbulkan dari berbagai sampah , namun jika energi alternatif biofuel ini sudah tercapai artinya telah kita buat akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup kita , menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat . maka semua itu sangatlah bermanfaat bagi pembangunan kesejahteraan rakyat .
    Harapan saya pembuatan biofuel ini cepat direalisasikan , dan memang kita lah sebagai remaja dan penerus bangsa yang seharusnya memulai menciptakan teknologi-teknologi ramah lingkungan yang hasilnya tidak hanya untuk kesejahteraan masyarakat nya saja , akan tetapi kesejahteraan alam yang bebas dari kerusakan akibat masyarakat itu sendiri dan kelestarian alam yang patut kita jaga sebagai harta pemberian tuhan yang sangat berharga .

    ReplyDelete
  58. bioful akan sangat bermanfaat sekali bagi kita ,disaat sumbar daya alam / bahan bakar mulai menipis.selain itu teknologi ini juga akan membantu pengelolaan sampah,yang mana sudah kita ketahui bahwa kita punya banyak masalah dengan sampah.jadi butuh kerjasama yang solid baik dari warga maupun dukungan pemerintah agar teknologi bioful benar - benar bermanfaaat.dan menguntungkan bagi kita semua dan alam kita.

    ReplyDelete
  59. Sampah yang biasanya menjadi momok bagi kita semua skrang menjadi berlian "BIOFUEL"ternyata bahan bakar berbasis sampah ini sangatlah bagus karena sambil kita mengolah sampah bahan bakar serta energi listrik kita dapatkan,apalagi jika ini diterapkan diindonesia sagatlah cocok,karena saat ini indonesia sendiri sangatlah pelik dalam mengatasi masalah sampah

    ReplyDelete
  60. andi irawansyah5/22/2014 7:47 AM

    saya setuju, merubah sampah menjadi biofuel dan energi litrik yang bisa diterapkan di indonesia.
    Sampah adalah zat kimia, energi atau makhluk hidup yang tidak mempunyai nilai guna dan cenderung merusak. jika kita bisa memngelolanya dengan baik maka banyak manfaat yang dapat diperoleh dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan.
    Ada beberapa penangulangan sampah , Misalkan:
    Recycle ( Mendaur ulang )
    Recycle adalah mengolah ( mendaur ulang ) sampah menjadi barang baru yang berguna.contohnya: membuat kompos, membuat wadah tisu, membuat pot bunga, membuat kerajinan tas , dompet dari bahan kertas atau plastik.
    Replace ( Mengganti )
    Replace adalah mengganti barang-barang yang sulit diuraikan atau mengganti barang-barang sampah dengan barang yang ramah lingkungan atau multifungsi. Comtohnya: mengganti styrofoam dengan kertas minyak.
    Reduce ( Mengurangi )
    Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan bahan yg tidak ramah lingkungan.Cara yang dapat di lakukan seperti :
    membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik yg sulit di uraikan.
    Reuse ( Memakai kembali )
    Reuse adalah memakai kembali barang-barang yang memang masih dapat digunakan, walaupun tidak sesuai fungsi aslinya. Contohnya: jika berbelanja sebaiknya membawa tas sendiri kemudian dapat membawa semua bawaannya dan juga bisa dipakai berulang-ulang.
    Destroy ( Menghancurkan )
    Sampah berbahaya yang mengandung limbah B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dalam penghancuran sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali harus ditangani secara baik dan benar. Berbagai cara seperti pembakaran, penetralisiran, hingga dikubur di tempat yang jauh dari permukiman maupun sumber daya alam penduduk wajib dilakukan supaya tercipta lingkungan bersih, sehat dan terbebas dari masalah limbah sampah.
    link.http://alamendah.org/2010/07/01/3r-reuse-reduce-recycle-sampah/&docid=jLO9_4IvTnT8FM&imgurl

    ReplyDelete
  61. Sampah dikalangan kita sudah cukup populer namanya. akan tetapi sampah selalu menjadi persoalan setiap negara. Kesadaran akan manusia nya menjadi Solusi yang tepat.

    saya pernah membaca suatu artikel mahasiswa UGM mengenai sampah dan sudah teralisasikan ,

    ReplyDelete
  62. di beberapa negara maju maupun berkembang sudah di laksanakan peraturan mengenai pemisahan antara sampah organik dan non organik saat membuang sampah, beberapa tempat di Indonesia ada juga yang sudah melakukanya walaupun masih blum sempurna.
    dengan metode pemisahan antara sampah organik dan non organik ini, sampah menjadi lebih mudah untuk di olah sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  63. menurut saya masalah sampah di indonesia sudah serius dikarenakan banyaknya sampah yang dihasilkan masyarakat untuk itu kita harus melakukan daur ulang sampah dijadikan hasil atau output yang berguna bagi masyarakat. Penemuan pengolahan sampah menjadi bahan bakar adalah kabar yang menarik untuk inspirasi bagi kita. Mudah-mudahan penemuan ini terealisasikan sehingga dapat mengurangi sampah disekitar kita

    ReplyDelete
  64. Sampah
    kalau kita bicara mengenai sampah tidak aka nada habisnya,sampah merupakan masalah persoalan global artinya tidak hannya persoalan di Negara berkembang saja melainkan di Negara maju juga,para peneliti menemukan cara untuk membuat bahan bakar cair dari limbah murah dan tanpa polusi.
    Biofuel adalah bahan bakar sumber energy padatan,air ataupun gas yang berasal dari bahan organic.biofuel dpat berasal dari hewan ataupun tumbuhan,biofuel sssendiri merpakan alternative akibat dari kelengkaan dan tingginya bahan bakar minyak
    Terdapat beberapa konsep tentang pengelolaan sampah yang berbeda dalam penggunaannya, antara negara-negara atau daerah. Beberapa yang paling umum, multikonsep yang digunakan adala

    • Hierarki Sampah - hierarki limbah merujuk kepada " 3 M " mengurangi sampah, menggunakan kembali sampah dan daur ulang, yang mengklasifikasikan strategi pengelolaan sampah sesuai dengan keinginan dari segi minimalisasi sampah. Hierarki limbah yang tetap menjadi dasar dari sebagian besar strategi minimalisasi sampah. Tujuan limbah hierarki adalah untuk mengambil keuntungan maksimum dari produk-produk praktis dan untuk menghasilkan jumlah minimum limbah.

    • Perpanjangan tanggung jawab penghasil sampah/Extended Producer Responsibility (EPR).(EPR) adalah suatu strategi yang dirancang untuk mempromosikan integrasi semua biaya yang berkaitan dengan produk-produk mereka di seluruh siklus hidup (termasuk akhir-of-pembuangan biaya hidup) ke dalam pasar harga produk. Tanggung jawab produser diperpanjang dimaksudkan untuk menentukan akuntabilitas atas seluruh Lifecycle produk dan kemasan diperkenalkan ke pasar. Ini berarti perusahaan yang manufaktur, impor dan/atau menjual produk diminta untuk bertanggung jawab atas produk mereka berguna setelah kehidupan serta selama manufaktur.

    • prinsip pengotor membayar - prinsip pengotor membayar adalah prinsip di mana pihak pencemar membayar dampak akibatnya ke lingkungan. Sehubungan dengan pengelolaan limbah, ini umumnya merujuk kepada penghasil sampah untuk membayar sesuai dari pembuangan

    ReplyDelete
  65. Sampah
    kalau kita bicara mengenai sampah tidak aka nada habisnya,sampah merupakan masalah persoalan global artinya tidak hannya persoalan di Negara berkembang saja melainkan di Negara maju juga,para peneliti menemukan cara untuk membuat bahan bakar cair dari limbah murah dan tanpa polusi.
    Biofuel adalah bahan bakar sumber energy padatan,air ataupun gas yang berasal dari bahan organic.biofuel dpat berasal dari hewan ataupun tumbuhan,biofuel sssendiri merpakan alternative akibat dari kelengkaan dan tingginya bahan bakar minyak
    Terdapat beberapa konsep tentang pengelolaan sampah yang berbeda dalam penggunaannya, antara negara-negara atau daerah. Beberapa yang paling umum, multikonsep yang digunakan adala

    • Hierarki Sampah - hierarki limbah merujuk kepada " 3 M " mengurangi sampah, menggunakan kembali sampah dan daur ulang, yang mengklasifikasikan strategi pengelolaan sampah sesuai dengan keinginan dari segi minimalisasi sampah. Hierarki limbah yang tetap menjadi dasar dari sebagian besar strategi minimalisasi sampah. Tujuan limbah hierarki adalah untuk mengambil keuntungan maksimum dari produk-produk praktis dan untuk menghasilkan jumlah minimum limbah.

    • Perpanjangan tanggung jawab penghasil sampah/Extended Producer Responsibility (EPR).(EPR) adalah suatu strategi yang dirancang untuk mempromosikan integrasi semua biaya yang berkaitan dengan produk-produk mereka di seluruh siklus hidup (termasuk akhir-of-pembuangan biaya hidup) ke dalam pasar harga produk. Tanggung jawab produser diperpanjang dimaksudkan untuk menentukan akuntabilitas atas seluruh Lifecycle produk dan kemasan diperkenalkan ke pasar. Ini berarti perusahaan yang manufaktur, impor dan/atau menjual produk diminta untuk bertanggung jawab atas produk mereka berguna setelah kehidupan serta selama manufaktur.

    • prinsip pengotor membayar - prinsip pengotor membayar adalah prinsip di mana pihak pencemar membayar dampak akibatnya ke lingkungan. Sehubungan dengan pengelolaan limbah, ini umumnya merujuk kepada penghasil sampah untuk membayar sesuai dari pembuangan

    ReplyDelete
  66. Sampah
    kalau kita bicara mengenai sampah tidak aka nada habisnya,sampah merupakan masalah persoalan global artinya tidak hannya persoalan di Negara berkembang saja melainkan di Negara maju juga,para peneliti menemukan cara untuk membuat bahan bakar cair dari limbah murah dan tanpa polusi.
    Biofuel adalah bahan bakar sumber energy padatan,air ataupun gas yang berasal dari bahan organic.biofuel dpat berasal dari hewan ataupun tumbuhan,biofuel sssendiri merpakan alternative akibat dari kelengkaan dan tingginya bahan bakar minyak
    sudah selayaknya penerapan biofuel ini dikembangkan di indonesia,yang akibat sampah setiap taunnya indonesia mengalami kebanjiran.

    ReplyDelete
  67. Asalamualaikum..
    benar apa yang di kata katakan bapak dalam hal mengenai sampah ini, mungkin bukan negara kita saja yang sedang bingung untuk mengelola sampah yang tiap hari dan demi hari tak menemui titik tumpu dalam pengelolahan nya, namun dalam hal pengembangan yang di jelasan kan bapak bahwa sampah bisa di gunakan ataw di kelola untuk menjadi sebuah bahan bakar yang ramah lingkungan, sungguh innformasi ilmu ini sangat bermanfaat dan saya berharap para ilmuan dapat secepat mungkin mengembangkan kesempurnaan kegunaan sampah ini.
    terima kasih

    ReplyDelete
  68. Asalamualaikum..
    benar apa yang di kata katakan bapak dalam hal mengenai sampah ini, mungkin bukan negara kita saja yang sedang bingung untuk mengelola sampah yang tiap hari dan demi hari tak menemui titik tumpu dalam pengelolahan nya, namun dalam hal pengembangan yang di jelasan kan bapak bahwa sampah bisa di gunakan ataw di kelola untuk menjadi sebuah bahan bakar yang ramah lingkungan, sungguh innformasi ilmu ini sangat bermanfaat dan saya berharap para ilmuan dapat secepat mungkin mengembangkan kesempurnaan kegunaan sampah ini.
    terima kasih

    ReplyDelete
  69. assalamualaikum, memang benar bahwa saat ini banyak ilmuan yg melakukan penelitiann mengenai bagaimana cara mengatasi sampah yg semakin melimpah ruah dan sudah banyak penemuan tentang bagaimana mengatasi persoalan sampah tersebut,seperti halnya di negara kita yg masih berkembang seharusnya memulai menerapkan cara'' yg dilakukan oleh negara-negara maju untuk mengatasi jumlah sampah yg semakin tidak tekendalikan.Dengan demikian mungkin sedikit demi sedikit dapat mengurangi persoalan sampah di negeri ini.

    ReplyDelete
  70. aris munandar5/25/2014 1:37 AM

    assalamualaikum wr.wb, menurut pendapat saya memang banyak dari negara lain melakukan penelitian tentang sampah bahwa sampah banyak dijadikan sebagai bahan bakar altrnatif, karna bahan bakar dari limbah tersebut sangat ramah lingkungan dibandingkan minyak bumi atau bahan bakar bensin.

    ReplyDelete
  71. Sampah menjadi masalah ketika tidak ditangani dengan baik dan hampir terjadi disemua negara. Sampah sebagai penyumbang terbesar adalah sampah rumah tangga, penemuan pengolahan sampah menjadi etanol selulosa merupakan suatu kabar baik. Akan tetapi akan menjadi lebih mudah ketika kesadaran pribadi akan pengelolaan sampah ada pada semua orang, dimulai dari memilah dan memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Sehingga dalam pengelolaanya menjadi lebih cepat dan tepat. Dan kesadaran tersebut dibanyak tempat telah dapat kita lihat. Kita sering mendengar istilah "bank sampah" yang dikelola secara bersama-sama untuk mendapatkan manfaat secara ekonomi dari sampah. Dan yang terpenting adalah kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat terjaga. Berkaitan dengan teknologi pengolahan sampah menjadi etanol selulosa pasti membutuhkan biaya besar dan itu dapat dilakukan oleh pemerintah, jadi apa yang dapat kita lakukan adalah kesadaran membuang sampah pada tempatnya, dan pengelolaan secara bersama melalui sistem bank sampah. Mari kita mulai dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  72. Terima kasih atas infonya pak.
    karena info ini sangat bermanfaat yang membicarakan tentang sampah. sampah itu sangat bermanfaat bagi seorang yang inovatif karena saya baru mengetahui bahwa sampah itu bisa menjadi bahan bakar yang berguna bagi masyarakat

    ReplyDelete
  73. Kita menunggubkeseriusan pemerintah dalam hal ini. Namum menunggu bukan berati diam. Kita bisa melakukan hal- hal kecil yang besar manfaatnya dalam pengelolaan sampah. Ya sudah hafal barangkali tentang membuang sampah pada tempatnya, memilah dam memilih sampah organik dan non organik dll. Pertanyaannya sudahkah kita kelakukan hal itu ? Mulailah dari diri kita, mulai dari hal kecil dan mulai dari sekarang.

    ReplyDelete
  74. Dewasa ini sampah memang menjadi masalah di semua negara di dunia. Dengan adanya teknologi yang dapat mengubah sampah menjadi energi sungguh merupakan kabar baik yang sangat kita tunggu-tunggu. Tapi mengapa masih banyak negara yang belum menggunakan teknologi itu? Mungkin karena teknologi tersebut amatlah mahal dalm pelaksanaannya. Hal ini masih merupakan tugas kita bersama untuk menciptakan teknologi mengolahan sampah yang murah dalam hal biayanya.

    ReplyDelete
  75. saya sangat setuju bila sampah dapat di jadikan bahan bakar baru (biofuel) karena selain mengurangi polusi / pencemaran lingkungan hal ini dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam yg semakin lama semakin menipis.

    ReplyDelete
  76. Sampah
    kalau kita bicara mengenai sampah tidak aka nada habisnya,sampah merupakan masalah persoalan global artinya tidak hannya persoalan di Negara berkembang saja melainkan di Negara maju juga,para peneliti menemukan cara untuk membuat bahan bakar cair dari limbah murah dan tanpa polusi.
    Biofuel adalah bahan bakar sumber energy padatan,air ataupun gas yang berasal dari bahan organic.biofuel dpat berasal dari hewan ataupun tumbuhan,biofuel sssendiri merpakan alternative akibat dari kelengkaan dan tingginya bahan bakar minyak
    Terdapat beberapa konsep tentang pengelolaan sampah yang berbeda dalam penggunaannya, antara negara-negara atau daerah. Beberapa yang paling umum, multikonsep yang digunakan adala

    • Hierarki Sampah - hierarki limbah merujuk kepada " 3 M " mengurangi sampah, menggunakan kembali sampah dan daur ulang, yang mengklasifikasikan strategi pengelolaan sampah sesuai dengan keinginan dari segi minimalisasi sampah. Hierarki limbah yang tetap menjadi dasar dari sebagian besar strategi minimalisasi sampah. Tujuan limbah hierarki adalah untuk mengambil keuntungan maksimum dari produk-produk praktis dan untuk menghasilkan jumlah minimum limbah.

    • Perpanjangan tanggung jawab penghasil sampah/Extended Producer Responsibility (EPR).(EPR) adalah suatu strategi yang dirancang untuk mempromosikan integrasi semua biaya yang berkaitan dengan produk-produk mereka di seluruh siklus hidup (termasuk akhir-of-pembuangan biaya hidup) ke dalam pasar harga produk. Tanggung jawab produser diperpanjang dimaksudkan untuk menentukan akuntabilitas atas seluruh Lifecycle produk dan kemasan diperkenalkan ke pasar. Ini berarti perusahaan yang manufaktur, impor dan/atau menjual produk diminta untuk bertanggung jawab atas produk mereka berguna setelah kehidupan serta selama manufaktur.

    • prinsip pengotor membayar - prinsip pengotor membayar adalah prinsip di mana pihak pencemar membayar dampak akibatnya ke lingkungan. Sehubungan dengan pengelolaan limbah, ini umumnya merujuk kepada penghasil sampah untuk membayar sesuai dari pembuangan

    ReplyDelete
  77. berbicara tentang sampah memang tidak ada habis nya pak..
    sampah mmg menjadi hal yang wajar .yang ada di semua negara ataupun kota-kota besar tetapi setelah membaca artikel bpk. banyak hal yg bisa bermanffat oleh sampah saat telah di daur ulang, krn sampah dapat menjadi esumber energi...
    terima kasih pak atas artikel nya

    ReplyDelete
  78. Terimakasih pak sebelumnya atas informasi yang bapak berikan melalui artikel ini tentunya ini sangat bermanfaat dan juga menambah pengetahuan saya terlebih lagi menyadarkan saya akan pentingnya kepedulian terhadap sampah yang masih belum dapat teruraikan dalam hal ini sayapun sependapaat dengan wacana seperti artikel di atas tentang pemberlakuan sampah dengan sistem mendaur ulang dan menjadikanya bahaan bakar (biofuel) karena selain mengurangi polusi / pencemaran lingkungan hal ini dapat membantu mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam yg semakin lama semakin menipis.

    ReplyDelete
  79. Sampah memang telah menjadi permasalahan global, buka hanya di negara maju tapi juga di negara berkembang. Kesadaran masyarakat tentang pemilahan sampah ataupun penanganan sampah harus ditingkatkan minilmal melalui peran aktif pemerintah. Berbagai cara penanganan dan pengolahan sampah telah dilakukan namun jika dengan cara mengirim sampah ke negara berkembang atau dari kota ke kota bukanlah cara yang cerdas. Mengolah sampah menjadi biofuel merupakan salah satu cara yang cerdas, mengingat sekarang di butuhkan pengenbangan energi terbarkan untuk masa depan.

    ReplyDelete
  80. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir saat ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti dalam hal pengolahan sampah yang dapat dijadikan sumber energi baru, tetapi tentunya harus diimbangi pula dengan dampak pengolahan bahan – bahan tersebut pada lingkungan. Misalnya pirolisis limbah plastik sebagai salah satu solusi yang menguntungkan dan lebih ramah lingkungan, dibandingkan dengan melakukan proses pembakaran sampah plastik yang tentunya sangat berdampak negatif bagi kesehatan dan mengakibatkan pencemaran lingkungan selain itu proses ini juga dianggap sebagai suatu solusi yang lebih ekonomis. Disamping itu perlu adanya penelitian untuk mengetahui jumlah konversi, kandungan kimia hasil konversi, sifat fisik dan kimia darikonversi yang dihasilkan. Pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar cair ini merupaka salah satu solusi, terdapat beberapa solusi lain yang dapat dikembangkan dalam penerapan pada sektor energi. Oleh karena itu pengembangan ilmu pengetahuan sangatlah penting.

    ReplyDelete
  81. informasi diatas sangat penuh manfaatnya karena sampah saat ini banyak yang di sia siakan. kurang adanya kesadaran dari diri kita untuk memanfaatkan sampah-sampah untuk hal yang berguna. kita diajarkan 3R untuk bisa memanfaatkan sampah ini. dengan menjadikannya sebagai biofuel sampah ini sangat banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  82. Info styrofoam itu memang benar, mengandung kalsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu sangat sekali membungkus makanan dengan styrofoam. Jika memang Anda adalah pengusaha makanan, sebaiknya gunakan Box Makanan yang standar food grade.

    ReplyDelete
  83. persoalan sampah di indonesia terutama wilayah jabodetabek memang tidak ada habisnya. tetapi sebenarnya banyak manfaat dari sampah bisa di olah. pengembangan ilmu pengetahuan sangatlah penting supaya persoalan sampah bisa dijadikan kreasi yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  84. cara memanfaatkan sampah dengan menjadikan bahan bakar alternatif memang sudah benar,tetapi apakah efisien?apakah semua tipe kendaraan bermotor dapat menggunakan bahan bakar itu,atau mesin bermotor harus menyesuaikan dulu dengan bahan bakar itu,dan yang pasti bila pemroduksian masih dalam sekala kecil harga masih cukup tinggi.

    ReplyDelete
  85. Wahh menarik sekali tulisannya Pak.. Sungguh menginspirasi utk cara penanggulangan sampahnya. Alangkah indahnya bila di Indonesia juga dilakukan seperti ini dan benar2 diproduksi dari sampah menjadi biofuel dan bisa disupplai di seluruh spbu di Indonesia khususnya. Tentunya telah melewati uji mutu,dsb.

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. Artikel yang menarik pak,membuka wawasan saya. Kalau Indonesia berhasil melaksanakan ini 2 permasalahan dapat ditanggulangi secara bersamaan,yaitu masalah sampah yang menumpuk dan penghematan sumber daya alam. Tetapi apakah semua sampah bisa dijadikan bahan baku pak ?

    ReplyDelete
  88. artikel bagus pak,selama ini di lingkungan kita di sibukan dengan sampah,terutama sampah rumah tangga,bila dapat di jadikan bahan bakar biofuel ini sangat berguna buat masyarakat luas,apa lagi cadangan bahan bakar fosil semakin menipis

    ReplyDelete
  89. disini peran negara dan pemerinah harusnya bisa hadir dalam memfasilitasi mengembangkan dan mengkonversi sampah menjadi biofuel sehingga menjadi energi terbarukan

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  92. Trimakasih Pak untuk informasinya sangat menarik. Banyak ilmu yang saya dapat dari informasi tersebut ternyata sampah tidak hanya berdampak negatif akan tetapi bisa menjadi sesuatu Yang positif dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  93. suatu artikel yang menarik, mengingat indonesia sekarang terutama di jakarta, sampah merupakan suatu persoalan yang sangat penting, kalau memang sampah bisa di olah menjadi bahan bakar , kenapa di indonesia tidak di terapkan.

    ReplyDelete
  94. sampah mungkin musuh , tapi jika kita bisa mendaur ulang , sampah bisa menjadi teman yang bisa kita kendalikan.

    ReplyDelete
  95. menurut saya masalah sampah di indonesia sudah sangatlah serius dikarenakan banyaknya sampah yang di buang sembarangan dan menimbulkan pencemaran,dan sharusnya masyarakat harus melakukan daur ulang sampah dijadikan hasil atau output yang berguna bagi masyarakat.agar dapat mengurangi penimbunan sampah

    ReplyDelete
  96. menurut saya masalah sampah di indonesia sudah sangatlah serius dikarenakan banyaknya sampah yang di buang sembarangan dan menimbulkan pencemaran,dan sharusnya masyarakat harus melakukan daur ulang sampah dijadikan hasil atau output yang berguna bagi masyarakat.agar dapat mengurangi penimbunan sampah

    ReplyDelete
  97. dengan adanya biofuel sebaiknya pihak pemerintah dan masyarakat bisa mendukung dan melakukan hal tersebut agar sampah yang ada bisa di manfaatkan dengan baik.

    ReplyDelete
  98. Artikel bapak sangat menarik, karena jika hasil penelitian tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka 2 permasalahan besar yang mengancam manusia yaitu persoalan sampah dan sumber daya alam akan terselesaikan.

    ReplyDelete
  99. saya sangat setuju dengan artikel bapak ini, alangkah baik nya dengan kondisi jakarta yang penuh dengan sampah ini kita dapat memanfaatkan sampah tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat

    ReplyDelete
  100. marii kita manfaatkan sampah untuk energi biofuel dan bantu Indonesia agar tidak mengalami krisis energi..

    ReplyDelete
  101. pemanfaatan sampah yangsangat bagus sekali, untuk mengurangi semakin bertumpuknya sampah, maka harus ditemukan solusi yaitu salah satunya adalah mengubah fungsi dari sampah tersebut ke dalam bentuk yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  102. sampah, menjadi momok bagi ibu kota sekitar 6000 ton sampah setiap hari yg dihasilkan. dan pembuangannya pun menjadi masalah bagi pemerintah dan daerah menjadi tempat pembuangan samapah akhir. hal sangat sangat menarik jika sampah bisa dijadikan hal yg bermanfaat bagi kehidupan sehari2. walapun pengubahan fungsi sampah memerlukan proses yg tidak cukup mudah. tapi ini sangat baik sekali. semoga semakin bisa dikembangkan.

    ReplyDelete
  103. Assalamualikum wr wb
    terimakasih pak, artikel nya sangat bermanfaat dapat menambah pengetahuan saya tentang manfaat sampah yang dapat dijadikan sumber energi bahan bakar menggantikan SDA yang sudah semakin menipis. Jadi sampah tersebut tidak terbuang sia-sia. Apalagi sampah di Indonesia sangat banyak karena penduduk Indonesia juga banyak.
    Semoga di Indonesia, kita bisa menerapkan hal tersebut agar sampah dapat dikurangi polusinya tentu dengan dukungan masyarakat dan pemerintah saling membantu , dan pastinya teknologi yang canggih.

    ReplyDelete
  104. sampah menjadi momok yang menakutkan bagi semua masyarakat. karena benda yang satu ini adalah salah satu penyebab terjadinya banjir..
    tapi sekarang tak perlu khawatir, karena sampah tersebut bisa di manfaatkan ataupun digunakan untuk energi biofuel..
    so , dengan adanya inovasi ini seharusnya jangan adalagi sampah-sampah berserakan di tempat yang tidak layak..
    marii kita manfaatkan sampah untuk energi biofuel dan bantu Indonesia agar tidak mengalami krisis energi..

    ReplyDelete
  105. nice info pak. biofuel bisa menjadi energi terbarukan sekaligus bisa mengurangi limbah sampah yang semakin menggunung.

    ReplyDelete
  106. Soleh Hakim Ansori
    @A11 - SOLEH
    salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengurangi masalah kita yang sudah lama yaitu sampah adalah dengan mengolahnya menjadi bahan bakar, penggunaan bahan bakar ini dapat digunakan untuk mengurangi jumlah sampah yang semakin banyak setiap harinya. namun tentunya teknologi ini perlu dikembangkan agar efek penggunaannya tidak akan terlalu buruk bagi lingkungan.

    ReplyDelete
  107. @A12-INDA
    makasih pak atas infonya , menurut pendapatsaya permasalahan sampah memang tidak akan pernah selesai, kita harus mengelompokkan sampah menjadi 2 kelompok yang dapat di daur ulang dan tidak dapat di daur ulang .dengan adanya biofuel semoga dapat menjadi energi yang mengatasi masalah limbah yabg sekarang sedang di perbincangkan.

    ReplyDelete
  108. Trimah kasih pak tuk materinya...sangat membantu sekali nambah wawasan...

    ReplyDelete
  109. @L09-Raka ( Raka Himawan )

    Permasalahan Pencemaran Lingkungan khususnya sampah sangat kompleks sekali kita rasakan. karena sebagian besar pencemaran lingkungan berasal dari sampah ,

    nah untuk menanggulangi nya menurut saya , kita harus terlebih dahulu mengetahui kategori, jenis dan struktur sampah apa aja sih yang ada dilingkungan kita.

    setelah kita mengetahui , lalu kita pilih sesuai dengan jenis nya , agar dapat di daur ulang sesuai dengan struktur nya

    misal untuk sampah organik dapat kita jadikan biofuel seperti penjelasan bapak diatas solusi ini sangat efektif sekali untuk jangka panjang , kenapa demikian ? karena pada dasarnya pertumbuhan teknologi akan semakin cepat dan pesat kedepannya , kita butuh energi terbarukan semisalnya biofuel ini , disamping mengurangi pencemaran lingkungan dapat juga dijakadikan energi baru yang dimanfaatkan kedepannya disamping itu sampah organik juga kita bisa manfaatkan menjadi pupuk sebagi alternatifnya dan masih banyak lagi

    untuk sampah anorganik , ada yang bisa kita jadikan kerjainan tangan dan aneka hiasan rumah atau suatu karya yang bernilai ,

    Dr. Gamal Adalah salah satu inpirasi di bidang menanggulangi pencemaran lingkungan

    dr. Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika) bersama teman-temannya adalah salah satu dari sekian banyak yang mencoba meningkatkan nilai dari sampah tersebut. Sebelum tercetus ide untuk menggunakan sampah, sebagai tim yang bergerak di bidang kesehatan dan masih muda, tentu mereka miris melihat kenyataan bahwa di Indonesia masih banyak orang terutama orang miskin yang sulit mendapatkan akses kesehatan yang layak dan tentunya murah dan kalau bisa gratis.

    soo buat temen temen semua mari kita mulai dari diri kita dan tebarkan selalu ide ide kita

    sekian pendapat dari saya , terimakasih
    Best Regards
    Raka Himawan


    ReplyDelete
  110. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  111. @L0-4 YOYOK

    Pembuatan sampah organik menjadi bahan bakar bioetanol merupakan salah satu jenis dari biofuel. Bioetanol merupakan hasil alkoholis dari bahan hayati. Contoh dari bioalkohol yaitu bioetanol, propanol, dan butanol. Bahan baku utama yang dibutuhkan dalam pembuatan bioetanol bersumber dari sampah organik. Produksi turunan dari sampah organik dapat bermanfaat sebagai bahan tambahan bioetanol yang menghasilkan energi alternatif terutama untuk bahan bakar kendaraan bukan saja ditentukan oleh harga BBM (bahan bakar minyak) saja, tetapi ditentukan oleh harga bahan baku pembuatan bioetanol yang dapat menunjang meningkatkan hasil produksi sampah organik.

    Pada pembuatan bioetanol yang bersumber dari sampah organik perlu dilakukan percobaan pada suatu produk untuk meningkatkan nilai guna dari hasil turunan sampah organik yang telah diolah. Perlu dilakukan penelitian yang pasti pada pemanfatan sampah organik di olah menjadi bahan bakar biofoel seperti bioetanol, menggunakan beberapa penelitian seperti lamanya fermentasi

    Terimakasih

    ReplyDelete
  112. @LO3-Rena Melani Nur Cahaya Putri

    Memang limbah dan sampah menjadi satu fenomena terutama di negara-negara berkembang, karena kedua hal ini menyangkut keindahan dan keutuhan lingkungan, di kota-kota besar seperti Jakarta, masalah limbah justru menjadi program kerja para pemimpin.Ditambah dengan sengketa tempat pembuangan sampah di bantaran sungai yang memperkeruh sungai dan membuat daerah aliran sungai menjadi dangkal sehingga seringkali air sungai meluap dan menyebabkan banjir.

    Diantara jenis limbah dan sampah, limbah plastik merupakan limbah yang terbesar dan menjadi salah satu limbah yang sulit terurai. Tapi hal ini jangan begitu saja dianggap sebagai maslah baru, karena ternyata limbah yang menjadi limbah pioritas utama untuk didaur ulang ini sudah bukan menjadi momok lagi, bahkan menghasilkan ide-ide baru untuk pengolahannya kembali. Di Rusia, seorang bocah umur 9 tahun mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan ide pengolahan limbah plastik tersebut. Ternyata limbah ini masih dapat digunakan lagi untuk menciptakan suatu kreativitas baru.

    Teknologi ini masih relevan untuk dikembangkan untuk kemajuan suatu negara, karena ternyata banyak manfaat yang didapatkan, oleh kaena itu butuh perhatian besar untuk membawa penelitian ini menjadi proyek yang sempurna dan menjadi solusi masalah, teruama masalah yang terjadi di tingkat nasional. Dibutuhkan banyak tenaga pemikir, keuletan dan kesabaran dalam penembangannya, akan tetapi, degan persatuan dan gotong-royong seluruh elemen, cita-cita ini mungkin saja akan tercapai.

    ReplyDelete
  113. @L-05 - Rexa

    Terima kasih pak untuk infonya. Penemuan ini sangat menarik, karena dimana pun semua terdapat sampah. Namun banyak org yg menganggap sepele soal sampah. Penemuan ini sangat berguna untuk kehidupan kita terutama dalam penggunaan bahan bakar dan pemakaian energi listrik dan dapat memperkecil masalah sampah serta memperkecil masalah global warming.

    ReplyDelete
  114. @M20-AmaliaRizki ; Amalia Rizki Putri

    Informasi yang menarik pak. Biofuel dengan bahan baku sampah ini bisa menjadi salah satu alternatif Bahan Bakar yang menjanjikan di masa ini dan ke depannya, karena jumlah sampah yang dihasilkan Indonesia sangat besar dan bisa dijadikan sebagai bahan baku biofuel dengan pemilahan smpah yang benar
    Terima kasih

    ReplyDelete
  115. @L08-Yoliati (Rena Yoliati Waruhu)

    kimia hijau berupaya membuat langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam proses kimia.
    dengan mengolah sampah yang berlimpah diberbagai tempat menjadi biofuel dan generasi kedua berupa etanol selulosamerupakan salah satu contoh kimia hijau.
    dengan inovasi terkemuka dan gagasan baru sehingga dapat memnfaatkan benda yang terpakai sepeti limbah kardus ataupun kertas yang jika diolah dapat menghasilakn energi yang ramah lingkungan dan merupakan energi alternatif yang baik untuk digunakan. disamping menghasilkan energi, langkah ini juga memberikan manfaat lain diantaranya mengurangi limbah sampah sehingga dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
    konstribusi kimia hijau dalam menciptakan bumi yang sehat sangatlah berguna, maka dari itu sangatlah baik bagi kita untuk dapat memahami konsep dari kimiahijau tersebut.

    ReplyDelete
  116. @L-02 Fahri Bramantyo
    Info ini sangat bermanfaat sekali, biofuel dari sampah dapat mengurangi polusi sampah terutama di negara berkembang. Biasanya pada negara berkembang limbah sampah lumayan tinggi tapi kemampuan untuk daur ulangnya masih belum maksimal. Mungkin kalau bisa ditingkatkan lagi kemampuan daur ulang sampah menjadi biofuel bisa mengurangi pembukaan lahan sawit di hutan alami agar populasi dan ekosistem hutan tidak terganggu.

    ReplyDelete
  117. @m19-SANTOSO (Santoso Nyo)

    Di Indonesia, meskipun potensi Biofuelnya melimpah namun belum diusahakan secara maksimal karena persediaan energi dari Migas masih mencukupi. Salah satu konsekuensinya ialah pencemaran udara masih tinggi. Sumbangan emisi CO2 untuk pemanasan global akibat pemakaian bahan bakar fosil masih cukup tinggi. Pemanfaatan bahan bakar hayati di sekitar kita sendiri menyimpan cerita panjang.

    ReplyDelete
  118. @M13-AFRIZAL (MUHAMAD AFRIZAL)

    Dengan adanya hasil penelitian ini (biofuel) akan berdampak positif, karena dengan hasil olahan tersebut menjadi bahan bakar sangat baik untuk kebutuhan hidup manusia. kita sebagai generasi milineal terus mendukung penuh dan ikut berpatisipasi dengan penelitian tersebut.

    ReplyDelete
  119. @M22-DWI

    Permasalahn dan pembahasan mengenai sampah memang tak kunjung usai dan masih menjadi biang masalah kehidupan yang harus kita tangani, sebab hal ini mengakibatkan banyak hal negatif pada lingkungan dan masyarakat, kita sebagai masyarakat tak hanya mengandalkan pemerintah saja, tetapi kita juga harus sadar diri betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan bijak. Sampah tak hanya bernilai negative tetapi juga dapat bernilai positif jika kita dapat mengelola sampah dengan bijak. Dengan berbekal kesadaran diri untuk mengelola sampah dapat membantu dan menyadarkan kepada orang lain betapa pentingnya mengolah sampah yang akan berdampak pada kehidupan di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  120. @M23-WINNI (Winni Fazriah Mahmudah)

    Bahan bakar saat ini masih menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakunya, dimana saat ini persediaan minyak bumi di dunia sudah mulai berkurang. Selain itu juga, sistem pengolahan minyak bumi banyak menghasilkan limbah yang bisa mencemari lingkungan, baik itu pencemaran udara yang dihasilkan dari emisi karbon serta pencemaran air dari limbah minyak dari proses pengumpulan dan pengendapan kontaminan minyak.
    Saya sangat setuju jika memang ada teknologi yang bisa mengolah sampah menjadi bahan bakar, selain bisa mengurangi pencemaran lingkungan, teknologi pengolahan sampah juga bisa menggantikan bahan baku dari bahan bakar itu sendiri yaitu minyak bumi yang keberadaannya sudah mulai berkurang.

    ReplyDelete
  121. Elfra Media Replita
    @M21-ALFRA
    Sampah adalah persoalan yang dihadapi sangat serius di era kini, apalagi di daerah kota besar, di tambah banyaknya produk yang susah di daur ulang, yakni sampah plastik.
    Dan kiranya tidak ada penanganan yang serius dari setiap diri dan lingkungan setempat, maka bisa dibayangkan kerusakan ekosistem di udara maupun peresapan air yang baik, di tambah bau yang menyengat di sekitar Tempat Pembuangan Sampah, dan bisa berakibat juga buat penyakit yang berbahaya.
    Sebenarnya daripada dibuang, sampah dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan bakar dan energi listrik. Dan bila sampah organik dipisahkan dapat juga menjadi kompos. Dan sampah plastik bisa juga menjadi usaha rumahan dengan membuat kerajianan, seperti yang marak saat ini membuat tas, keranjang, dll dengan mengumpulkan bekas plastik kopi. dan juga botol-botol dapat dibuat sebagai pot yang indah di rumah yang menghasilkan penghijauan juga.
    Hasil penelitian dari Global Change Biology menunjukkan kemampuan mengganti bensin dengan biofuel yang bersumber dari sampah. Hal tersebut diperkirakan dapat mengurangi emisi karbon global sekitar 80 persen. Dan dari penelitian ini tentunya segera terwujud di seluruh dunia, agar dapat mengurangi sampah.
    terlepas dari persoalan sampah, tentunya sebagai masyarakat yang baik, ini bukan cuma urusan Pemerintah saja, tapi ini juga menjadi tanggung jawab kita bersama, mari! membiasakan diri membuang sampah dengan memisahkan organik dan non organik, sehingga bisa bermafaat buat diri dan lingkungan terutama.

    ReplyDelete
  122. @M01- RAKA (Raka Ardi Pratama)
    Biofuel dengan Bahan Baku Sampah. Sebuah terobosan baru untuk pengolahan sampah sudah sepantasnya perlu dilakukan mengingat sampah merupakan permasalahan yang muncul dinegeri kita ini. Sebagai contoh pengelolaan sampah dijakarta yang memakan anggaran yang cukup besar. Belum lagi permasalahan polusi yang muncul akibat sampah sampah yang kadang tertumpuk begitu saja dipingir jalan. Maka dari itu pemerintah perlu ikut serta dalam perencanaan dan penelitian biofuel ini agar nantinya kita juga dapat menerapkanya di Indonesia. Terima kasih atas informasi yang bermanfaat dari artikel ini.

    ReplyDelete
  123. @M18-RIFKI (RIFKI FAJIRIAN SYAH)

    Biofuel dengan bahan baku sampah sangat menarik untuk teliti dan dipelajari pemerintah indonesia untuk mengurangi sampah diindonesia. Menjadi bahan bakar alternatif sepertinya akan berubah menjadi bahan bakar utama, yang juga dapat untuk mengurangi penggunakan minyak bumi yang semakin lama semakin habis.

    ReplyDelete
  124. @M15-AZAM ;Muhammad Azam Basri


    Indonesia dikaruniai berbagai sumberdaya energi baik energi fosil maupun energi terbarukan. Sumberdaya energi fosil yang terdiri dari minyak bumi, gas bumi, dan batubara, jumlahnya relatif sangat terbatas.

    ReplyDelete
  125. Sampah menjadi masalah yang susah diselesaikan hingga saat ini seiring dengan meningkatnya jumlah sampah tersebut. Salah satu alternatif untuk menguranginya selain melakukan daur ulang adalah menjadikannya energi biofuel. Pengembangan teknologi ini tentu saja harus didukung sepenuhnya, terlebih lagi apabila ada daerah yang mulai menginisiasi untuk mengubah sampah menjadi energi alternatif, seperti kota Surabaya. dan harapannya, daerah lain bisa turut meniru dan mengembangkan teknologi ini

    ReplyDelete
  126. @M24-HARIYANTO

    Mendangar kata sampah merupakan kata yang tidak asing lagi di kehidupan saat ini, sampah merupakan salah satu hal terbesar yang menjadi PR penting bagi kita semua.
    Dari kutipan artikel tersebut saya sangat setuju karena semuanya menyangkut kepada prinsip "TEKNOLOGI HIJAU" yang saya pahami,yang menjadi permasalahan saat ini yaitu bagaimana kita bisa menerapkan secara nyata terhadap prosedur pengolahan limbah menjadi bahan daur ulang atau menjadi bahan yang menguntungkan bagi kita, semua kebali kepada kesadaran diri masing masing.

    ReplyDelete
  127. @L07-Auliya; Auliya Siti Anbar Santosa
    Sampah merupakan dampak buruk dari adanya ekosistem atau kebiasaan manusia di bumi ini yang menjadikan kehidupan tidak jauh dari sampah, sehingga semakin lama manusia hidup semakin banyak pula sampah yang menumpuk. Teknologi Biofuel merupakan terobosan baru yang mampu mengurangi penumpukan sampah yang kian banyak, selain menyelesaikan masalah tersebut. Penemuan Biofuel mampu memberikan solusi untuk mencari bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  128. ANALISA ARTIKEL

    ANDINI VINSENCIA @M06-ANDINI

    Sampah merupakan salah satu dari dampak buruk atau negatif dari perkembangan manusia, sampah-sampah yang ada tidak lagi hanya menjadi masalah minor melainkan sudah menjadi masalah sangat besar yang menjadi concern seluruh dunia karena sudah mencemari dan merusak lingkungan dalam skala besar.Berbagai cara sudah dilakukan untuk menanggulangi masalah ini, akan tetapi masih belum memberikan dampak yang begitu berarti. Oleh karena itu muncul lah Teknologi biofuel berbahan sampah, dengan adanya teknologi biofuel ini dimasa depan dapat menjadi solusi untuk permasalahan sampah, dan juga diharapkan dapat berkembang terus agar bisa menjadi solusi pula untuk permasalahan lain, seperti dapat menggantikan bahan bakar dari hasil tambang.

    ReplyDelete
  129. Juslinaria Mahulae @M05_JUSLINARIA Menggunungnya sampah rumah tangga di ibu kota merupakan salah satu pekerjaan rumah pemerintah yang dari dulu belum bisa diselesaikan dengan baik. Sampah rumah tangga yang berupa limbah sisa yang bersumber dari rumah tangga baik padat maupun yang setengah padat disebut juga dengan municipal solid waste (MSW). MSW ini bila dapat diolah dengan bijak dapat membantu menyelesaikan PR pemerintah akan sampah dan bonusnya adalah syngas yang dapat menjadi sumber energi ramah lingkungan yang diperoleh melalui proses gasifikasi. Gasifikasi adalah suatu proses perubahan bahan bakar padat secara termokimia menjadi gas, di mana udara yang diperlukan lebih rendah dari udara yang digunakan untuk proses pembakaran (parcial combustion).

    ReplyDelete
  130. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  131. @M11-SEPTIAWAN (Septiawan)

    Masalah sampah mebjadi salah satu permasalahan yang kompleks, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. penanganan sampah yang kurang baik dapat menimbulkan masalah yang sangat besar untuk kehidupan di bumi. Berbagai cara pengolahan dan penanganan sampah telah dilakukan, namun jika dengan mengirim sampah ke negara berkembang atau dari kota ke kota bukanlah cara yang benar. Mengolah sampah menjadi Biofuel merupakan salah satu cara yang cerdas, mengingat sekarang ini dibutuhkan pengembangan energi untuk masa depan. Pengolahan limbah plastik misalnya menjadi bahan bakar cair merupakan salah satu solusi, dan terdapat beberapa solusi lain yang dapat dikembangkan dalam penerapan pada sektor energi. Oleh karena itu pengembangan ilmu pengetahuan sangat penting.

    ReplyDelete
  132. @M33-FEBI (Febi Widyastutik)
    Sampah menjadi persoalan semua kota dan desa yang ada di Bumi, bahkan di beberapa Negara sampah sudah menjadi persoalan skala nasional. Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan cara mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis (pemanfaatan sampah), atau mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup. Pengelolaan sampah adalah pencegahan zat sampah terbentuk, atau dikenal juga dengan "pencegahan sampah". Metode pencegahan termasuk penggunaan kembali barang bekas pakai, memperbaiki barang yang rusak, mendesain produk supaya bisa diisi ulang atau bisa digunakan kembali (seperti tas belanja katun menggantikan tas plastik), mengajak konsumen untuk menghindari penggunaan barang sekali pakai (contohnya kertas tisu), dan mendesain produk yang menggunakan bahan yang lebih sedikit untuk fungsi yang sama (contoh, pengurangan bobot kaleng minuman).

    ReplyDelete
  133. @M30-IQRO (iqro maulana hadi)
    Sampah sebagai sebagai pengganti bahan bakar fosil sangat menarik dimana memberikan manfaat yang begitu besar jika sudah di aplikasikan secara global. Sampah yang dipandang oleh masyarakat kurang memberikan nilai ekonomis dan hanya liimbah yang tidak berguna,ternyata dapat memberikan nilai positif untuk mengurangi pencemaran terhadap lingkungan dan menjadi sumber bahan bakar alternative yang menjadikan mindset atau kesadaran masyarakat tentang sampah dapat berubah.harapannya pemerintah memberikan lampu hijau kedepan nya sebagai tindakan mengurangi pencemaran lingkungan.

    ReplyDelete
  134. @M26-TESALONIKA Tesalonika Sheren Efrata

    Peningkatan jumlah penduduk dan laju pertumbuhan industry yang seakin pesat akan memberikan dampak pada jumlah sampah yang dihasilkan antara lain sampah plastic, kertas, produk kemasan yang mengandung B3 (Bahan Beracun Berbahaya). Jumlah dan jenis sampah, sangat tergantung dari gaya hidup dan jenis material yang kita konsumsi semakin meningkat perekonomian dalam rumah tangga maka semakin bervariasi jumlah sampah yang dihasilkan. Selain kondisi tersebut masih djumpai timbulan atau buangan sampah di sungai sehingga memberikan dampak negative pada lingkungan yang akhirnya menganggu kesehatan manusia. Kebiasaan membakar sampah memang sudah membudaya di masyarakat baik itu di perdesaan maupun di perkotaan. Mereka belum menyadari bahwa jenis sampah saat ini berbeda dengan sampah jaman dulu. Jenis-jenis sampah saat ini cenderung didominasi oleh sampah sintetis kimia seperti plastik, karet, styrofoam, logam, kaca dll. Apabila sampah tersebut dibakar maka akan mengeluarkan gas-gas beracun yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat yang menghirupnya dan memperburuk kualitas lingkungan udara. Misalnya hasil pembakaran sampah plastik menghasilkan gas dioxin yang mempunyai daya racun 350 kali dibandingkan asap rokok. Dioxin termasuk super racun dan bersifat karsinogenik bila masuk kedalam jaringan tubuh manusia terutama saraf dan paru-paru, sehingga dapat mengganggu sistem saraf dan pernafasan termasuk penyebab kanker. Pembakaran styrofoam akan menghasilkan CFC yang dapat merusak lapisan ozon dan berbahaya bagi manusia. Maka dari itu harus ada penanganan yang tepat dari sampa-sampah ini. Dengan mengolahnya kembali menjadi energi alternatif bisa menjadi salah satu upaya mengurangi pencemaran yang terjadi akibat sampah.

    ReplyDelete
  135. @M12-TERBIT (terbit kakung sadewa)
    penemuan ini adalah trobosan terbaik buat semua negara yang ada di dunia untuk mengurangi menumpuknya sampah yang ada di indonesia.dan juga menghemat bahan bakar fosil yang sekarng semakin menipis .. ini penemuan yang sangat berguna semoga pemnemuan iniakan terus dikembangkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan.... aminn

    ReplyDelete
  136. @M03-Yan Yan )Yan Yan Apriyana)
    Kurangnya kesadaran masyarakat dalam peran menjaga lingkungan berdampak sangat fatal terdapat kasus kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini.Perlu adanya penyuluhan dan proses pendisiplinan akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

    ReplyDelete