Oct 24, 2013

Manfaat dan Bahaya Ozon Bagi Manusia

KangAtepAfia.com - Di atas lengkung permukaan Bumi terdapat beberapa lapisan atmosfer seperti troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Lapisan troposfer berada pada ketinggian 6 – 20 km di atas permukaan Bumi. Setelah itu sampai dengan ketinggian 50 km dikenal sebagai lapisan stratosfer.  Adapun lapisan ozon berada pada ketinggian 19 – 48 km di atas permukaan Bumi. Lapisan ozon mengandung molekul ozon dengan konsentrasi sampai dengan 10 ppm. Lapisan ozon terbentuk dalam jutaan tahun sebagai reaksi sinar ultraviolet dari matahari dengan oksigen. 

Ozon sebenarnya merupakan gas beracun, dan jika terhirup bisa mengakibatkan kerusakan paru-paru. Namun lokasi lapisan ozon jauh dari permukaan bumi, dan berperan dalam membantu penyerapan sinar ultra violet – B (UVB) dari matahari.

Keberadaan lapisan ozon yang melindungi kehidupan di Bumi mudah terusik, antara lain oleh efek penggunaan kloro fluoro karbon (CFC) baik untuk pendingin atau spray aerosol, dapat menyebabkan kerusakan lapisan ozon di atmosfer. Prosesnya melalui penghancuran molekul ozon oleh molekul klorin yang bersumber dari CFC yang sebelumnya mengalami reakasi pemecahan dengan bantuan sinar matahari.

Dengan makin menipisnya lapisan ozon atau makin meluasnya kebolongan lapisan ozon, maka dengan leluasa sinar UVB bisa menerpa kehidupan di permukaan Bumi.

Hasil studi laboratorium  epidomologi menunjukkan, bahwa UVB dapat menyebabkan kanker kulit nonmelanoma, selain itu berperan penting penyebarluasan melanoma ganas.

Hasil studi di Universitas  Kalifornia, Berkeley, menunjukkan bahwa dengan makin banyaknya lubang ozon maka jumlah kasus kanker kulit makin meningkat. Belakangan studi tentang lubang ozon juga dikaitkan dengan penyakit kardiovaskuler dan kematian dini.

Molekul ozon di permukaan bumi berbeda dengan yang terdapat di lapisan stratosfer. Faktanya molekul ozon di permukaan Bumi merupakan komponen utama dari fotokimia. Ozon di permukaan Bumi merupakan molekul beracun sekaligus menjadi sumber polusi udara diberbagai kota besar.

Ozon (O3) di permukaan  bumi terbentuk jika O2 menyerap sinar UV pada jarak gelombang 242 nanometer. Sementara unsur oksigen  bergabung dengan molekul yang tidak terurai dan membentuk O3. Bisa juga unsur oksigen akan bergabung dengan N2 untuk membentuk nitrogen oksida. Menurut American Journal of Respiratory Critical Care Medicine, senyawa nitrogen oksida, yang juga menjadi poultan utama dari emisi kendaraan bermotor, berpotensi meningkatkan risiko kematian akibat kanker paru-paru.

Dalam hal ini sejumlah penelitian telah menemukan korelasi antara polusi udara dengan risiko kematian yang makin tinggi. Di antaranya hasil survey yang mengikutsertakan 73 ribu penduduk Kalifornia menyangkut paparan ozon, nitrogen oksida dan partikel halus.

Ternyata molekul ozon berkaitan dengan gangguan pernafasan. Hasil studi lainnya juga menunjukkan, bahwa ozon dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik, yang setiap tahun menyebabkan tujuh juta kematian di seluruh dunia. Hal itu dikemukakan oleh Profesor Michael Jerret , ahli ilmu kesehatan lingkungan dari  UC Berkeley School of Public Health.

Sederhananya molekul ozon di satu sisi sangat berguna, tarutama melindungi permukaan Bumi dari sinar UV terutama UVB, sedangkan di sisi lainnya di permukaan Bumi sendiri molekul ozon beracun dan dapat menimbulkan beragam gangguan kesehatan, bahkan menimbulkan kematian. (Atep Afia/Sumber : www.enn.com dan Wikipedia.org).



109 comments:

  1. terimakasih pa sebelumnya..
    pembahasan tentang lapisan ozon sangat menarik, ozon disatu sisi merupakan racun yg mematikan tapi tak perlu khawatir selama ozon jauh dari permukaan bumi ia akan menjadi pelindung kita yg hidup di bumi ini..
    namun pada zaman sekarang ini alam seakan tak bersahabat lagi dengan kita yang hidup di bumi..
    dan penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah kita "manusia".
    sangat sulit mungkin untuk mencegah semua itu terjadi.. karena setiap kegiatan yg kita lakukan selalu menggunakan bahan2 tersebut,, contohnya saja AC, hampir setiap orang menggunakannya..
    yg seharusnya difikirkan bukanlah untuk mencegah hal tersebut, jika hanya mencegah mungkin bisa dengan menerapkan menanam seribu pohon,,
    tapi yang harus difikirkan sekarang bagaimana caranya agar lapisan ozon bisa bertahan walaupun bahan tersebut tetap kita pergunakan..

    ReplyDelete
  2. walaupun ozon sebenarnya adalah suatu gas beracun yang berbahaya, namun dilihat dari letak lokasi serta dukungan dari banyaknya penelitian, ternyata nilai manfaatnya itu lebih besar. Dan meskipun kita tidak dapat menghentikannya, namun banyak cara kita untuk dapat menjaganya serta mencegahnya untuk terlalu cepat keropos, misalnya dengan perlindungan hutan, reboisasi, penggunaan AC yang sewajarnya, dll..

    ReplyDelete
  3. Lapisan ozon sangatlah berguna bagi keseimbangan bumi yang padaa intinya melindungi isi penghuni bumi khususnya manusia contohnya melindugi paparan sinar ultra violet secara langsung yang sudah di jelaskan di atas, walaupun lapisan ozon juga berbahaya bagi manusia tetapi lapisan tersebut jauh dari permukiman manusia. Oleh karena itu, kita semua harus memandang serius masalah ini dan berupaya untuk mencegah atau meminimalkan penipisan lapisan ozon di alam ini dengan cara meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat mempertipis ozon seperti CFC, agar generasi yang akan datang dapat mewarisi alam sekitar yang masih baik.

    ReplyDelete
  4. Lapisan ozon sangat bermanfaat tapi juga bisa menjadi sangat berbahaya bagi manusia. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida akibat berkurangnya tanaman dan plankton. Oleh karenanya kita harus menjaga agar lapisan ozon bagian atas atmosfer tidak berlubang . Karena CFC dan juga spray aerosol dapat merusak ozon.
    Sebaliknya, terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner.
    Olerh karenanya kita sebagai manusia harus menjaga agar ozon di bawah atmosfer tidak menjadi banyak.

    ReplyDelete
  5. sebelumnya terima kasih atas artikel bapak yang sudah disampaikan, menurut saya lapisan ozon itu memang sangat penting dikarenakan perannya yg sangat vital bagi kehidupan dibumi ini. ozon berguna untuk menyaring/menahan panas dari sinar matahari langsung,karena jika tidak ada ozon maka orang dibumi pun akan mengalami yang namanya kanker kulit,melelehnya es di kutub yang mengakibatkan volume air laut naik sehingga lama
    -kelamaan daratan akan lebih pendek dari daerah air,oleh karena itu kita sepatutnya menjaga lapisan ozon dengan cara tidak menggunakan wewangian berlebihan,tidak menggunakan rumah kaca dan menanam pohon sebanyak mungkin.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih pak sebelumnya atas artikelnya. Untuk itu kita sebagai manusia harus benar2 menjaga bumi. Untuk solusinya kita bisa mengurangi pemakaian Air Conditioner, melalukan penghijauan, mengurangi pembakaran2 yang dpt merusak ozon dll.

    ReplyDelete
  7. terimakasih pak sebelumnya untuk pak untuk artikel ini. saya baru tau ternyata ozon juga mempunyai bahaya untuk manusia. cukup dilematis memang, disatu sisi ozon bermanfaat dan disisi lain ozon berbahaya. mungkin untuk efek dari bahaya ozon sampai saat ini belum ada yang bisa kita lakukan karena hal itu merupakan proses yang telah terjadi dengan sebagaimana mestinya. namun untuk efek yang menguntungkan seperti cara untuk membuat lapisan ozon tidak habis, kita bisa dengan mengurangi pemakaian barang-barang dan benda yang menyebabkan terjadinya polusi udara, terutama karbon dioksida. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. dengan berkurangnya lapisan ozon akan membuat sinar UVB masuk,dengan adanya ozon (O3) di permukaan bumi,maka zat akan termasuk sebagai fotokimia dan sangat beracun bagi manusia. hal ini dimana keduanya sangat bertolak belakang menimbulkan berbagai pertanyaan,bagaimana bila ozon masuk ke permukaan bumi? atau bagaimana bila lapisan ozon di stratosfer rusak? untuk mengurangi dampak masuk ozon ke permukaan bumi dan rusaknya lapisan ozon,kita sebagai manusia yang bertanggungjawab terhadap bumi ini,sudah sepatutnya menjaga,memelihara dan memulai hal-hal kecil yang bersifat mencegah dan mewaspadai serta siap dan sigap dalam segala kemungkinan akan lapisan ozon yang terkikis atau lapisan ozon di permukaan bumi.
    terimakasih

    ReplyDelete
  9. Lagi lagi kerusakan dari lingkungan akan menyebabkan kanker. Ozon ternyata ada bahaya nya bagi kehidupan, tetapi karna jarak yang terpaut jauh maka ozon malah menjadi manfaat. Dan lagi lagi peran masyrakatlah yang berperan penting disini. Cara mengurangi kerusakan ozon di bumi adalah dengan hidup sehat bebas dari kimia yang dapat merusak lingkungan hidup. Kanker adalah penyakit yang disebabkan dari kerusakan lingkungan, maka masyrakat harus tetap memelihara serta menjaga lingkungan dengan cara hidup sehat.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  10. ozon sangat berperan untuk keseimbangan bumi,kegunaan ozon dapat berfungsi sebagai pelindung bumi dari sinar ultraviolet secara langsung.namun ozon jga dapat berdampak negativ dan merugikan.mka dari itu, kita harus mencegah terjadinya penipisan lapisan ozon,
    apabila terjadi penipisan lapisan ozon pada atmosfer akan mengakibatkan rusaknya berbagai tanaman dan mengakibatkan penyakit kanker pada manusiaa..

    ReplyDelete
  11. Terima kasih pak sebelumnya atas artikelnya menurut saya lapisan ozon itu memang sangat
    penting dikarenakan perannya yg sangat berguna bagi kehidupan
    dibumi ini.
    apabila terjadi penipisan lapisan ozon pada atmosfer akan
    mengakibatkan rusaknya berbagai tanaman dan
    mengakibatkan penyakit kanker pada manusiaa. Kanker adalah penyakit yang
    disebabkan dari kerusakan lingkungan, maka masyrakat harus
    tetap memelihara serta menjaga lingkungan dengan cara
    hidup sehat. cara untuk membuat lapisan
    ozon tidak habis, kita bisa dengan mengurangi pemakaian
    barang-barang dan benda yang menyebabkan terjadinya
    polusi udara, terutama karbon dioksida. Untuk solusinya
    kita bisa mengurangi pemakaian Air Conditioner, melalukan
    penghijauan, mengurangi pembakaran2 yang dpt merusak
    ozon dll. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. Menurut saya tentang artikel ini ialah kita harus menjaga lapisan ozon dengan cara mengurangi gas rumah kaca, efek gas rumah kaca ini timbul dengan cara alami dan tidak secara alami. kalau yang alami itu timbul karena penguapan air, karbondioksida dan kalau tidak secara alami seperti penggunaan AC, Asap Kendaraan karena menggunakan bahan bakar fosil, Pengundulan Hutan dan lain-lain. Dimana lapisan ozon juga mempunya peran penting kehidupan manusia

    ReplyDelete
  13. Terimakasih pak untuk info artikel ini. sepengetahuan saya tentang lapisan ozon untuk manusia itu memang lebih banyak bahayanya, terutama dengan pemakaian AC ( Air Conditioning) itu tidak baik untuk kulit dan bisa memicu terjadinya kanker paru-paru. lalu juga pewangi ruangan atau spray yang biasa digunakan bersamaan dengan penggunaan AC itu jg tidak baik bagi pernafasan. Selain berbahaya untuk manusia berbahaya juga bagi lingkungan karna Freon didalam AC itu bisa menimbulkan terjadinya global warming. Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Ozon pada lapisan stratosfer harusnya dapat kita jaga dengan baik dan jangan sampai berlubang,karena ozon tersebut dapat menyerap sinar UVB yang tidak baik untuk kesehatan manusia.Kita dapat mengurangi kerusakan lapisan ozon tersebut,diantaranya dengan mengurangi penggunaan CFC.Contoh penggunaan CFC ada di dalam kulkas.Banyak memang kulkas yang dijual di pasaran yang mengandung CFC,namun tidak sedikit juga yang non-CFC,apa salahnya membeli kulkas yang non-CFC demi bumi kita tercinta ini.
    Dan untuk ozon yang berada di permukaan bumi,sedapat mungkin harus kita minimalisir karena dampaknya merugikan.Dengan meminimalisir kerusaan ozon pada lapisan stratosfer,maka makin kecil pula jumlah sinar UV yang masuk ke permukaan bumi dan bereaksi dengan oksigen dan makin kecil pula lapisan ozon yang terbentuk di permukaan bumi.

    ReplyDelete
  15. hal yang saya simpulkan dari artikel ini ialah bahwa ozon memiliki lebih banyak fungsi seperti untuk menyerap sinar uvb yang dapat merusak kulit dan mengurangi panas matahari untuk sampai ke bumi. hal kecil yang dapat dilakukan oleh kita untuk meminimalisir kerusakan ozon dengan tidak menggunakan aerosol, hairspray, atau pun menggunakan AC secukupnya, hal kecil seperti itu saya rasa dapat mebuat dampak yang besar bagi lingkungan

    ReplyDelete
  16. ozon sebagai zat beracun cukup dapat dihindari dengan keberadaannya yang jauh dari permukaan bumi membuat ozon memilik banyak manfaat dalam melindungi bumi beserta isinya termasuk manusia dan makhluk hidup lainnya, tapi kurangnya pembelajaran untuk manusia membuat manusia terkesan tidak peduli dengan kondisi ozon yang menipis dan hal tersebut disebabkan oleh teknologi seperti AC dll, dan baiknya perkembangan teknologi tersebut harus dibarengi dengan hal yang tidak merusak ozon dan lebih ramah lingkungan

    ReplyDelete
  17. ozon memng sangat melindungi bumi, mungkin di satu sisi lain ozon iti sangat bermanfat bagi bumi ,tapi disisi lain ozon berbahaya bagi kita merusak saluran pernafasan dan merusak paru paru

    memang ozon terletak jauh tapi kita harus bisa mengntisipasi terhindar dari ozin yng membahayakan kita harus hindari dari angin yang berlebih dan mengurangi pemakainaya

    ReplyDelete
  18. terimakasih artikelnya,saya jadi mengetahui ternyata ozon mempunyai dampak negatif yang sangat berbahaya apabila ia dekat dengan kita,tapi ozon mempunyai banyak manfaat yaitu melindungi bumi dari sinar UVB yang apabila masuk ke bumi dapat menyebabkan kanker kulit,oleh sebab itu kita harus menjaga ozon kita ini agar tidak rusak

    ReplyDelete
  19. Memang semua yang ada di bumi itu ada manfaat dan ada kerugiannya. Tidak terkecuali dengan lapisan ozon di bumi.
    untuk selalu menjaga kualitas ozon di bumi ini agar selalu baik yaitu kita harus mengurangi pemakaian parfum yang kita pakai sehari-hari, harus mengurangi jumlah penebangan liar yang tidak diseimbangkan dengan reboisasi (penanaman hutan kembali), serta harus mengurangi jumlah produksi kendaraan yang polusinya dapat membahayakan kualitas lapisan ozon tersebut. karena apabila tidak kita lakukan sedini mungkin, suhu di bumi akan terasa sangat panas. Sehingga, manfaat lapisan ozon itu sendiri dapat kita nikmati dan dapat meminimalisirkan kerugiannya.

    ReplyDelete
  20. mengenai ozon emang terdapat dampak positif dan negative. tetapi ozon lebih banyak dampak positifnya karena ozon melindyngi radiasi UVB yang apabila masuk bumi dapat menyebabkan kangker kulit, oleh sebab itu kita harus menjaga lapisan ozon bumi kita dengan cara mengurangi penggunaan CFC.

    ReplyDelete
  21. mengenai ozon emang terdapat dampak negative tetapi ozon banyak dampak positif karena ozon melindungi kita dari radiasi UVB. Maka dari itu kita harus menjaga lapisan ozon bumi kta dengan cara mengurangi pemakaian CFC.

    ReplyDelete
  22. Apapun bahaya yang terkandung dalam ozon, bagaimanapun juga ozon sangat berguna sekali untuk kelangsungan hidup makhluk di bumi, tanpa ozon maka paparan sinar UVB dari matahari akan langsung mengenai kita. Dimana radiasi sinar UVB tersebut sangatlah berbahaya bagi kulit. Beruntunglah bumi memliki ozon sehingga kita tidak tekena langsung paparan radiasi sinar UVB tersebut. Maka dari itulah sangat penting kita menjaga ozon kita jangan sampai kian menipis, yaitu dengan cara mejaga lingkungan sekitar seta mengurangi pemakaian CFC.

    ReplyDelete
  23. Ternyata lapisan ozon ada negatifnya juga ya, tapi lapisan sangat melindungi manusia dipermukaan bumi ini karena dapat menahan sinar UVB, oleh karena itu kita harus bisa mencegah agar lapisan ozon tersebut bisa tetap ada. Contohnya dengan cara pemakaian tidak menggunakan AC atau pendingin ruangan, efek rumah kaca juga dapat membuat lapisan ozon tersebut menipis.

    ReplyDelete
  24. lapisan ozon yg memeiliki banyak manfaat ternyata dapat berbahaya untuk bumi khususnya manusia, hal tersebut di sebabkan oleh tindakan atau prilaku yg kita anggap hal kecil dan tanpa kita sadari telah membuat lapisan ozon tersebut menipis, memang hal kecil tidak akan berdampak apa apa akan tetapi jika hal kecil tersebut dilakukan secara terus menerus dan secara massal tentu saja akan berdampak serius terhadap lapisan ozon

    ReplyDelete
  25. Walaupun ozon merupakan zat yang bisa membahayakan manusia bahkan bisa menyebabkan kematian namun dalam kenyataannya ozon juga bermanfaat sangat besar yaitu melindungi manusia dari paparan sinar UVB karena itu sebisa mungkin kita menjaga lapisan ozon tersebut karena tanpa kita sadari pemakaian parfum semprot yang kita pakai sehari-hari membuat lapisan ozon tersebut menjadi berlubang, pemakaian pendingin atau AC, hal-hal sepele yang suatu saat akan menimbulkan bahaya bagi bumi jika kita tidak mencari solusi untuk mencegahnya.

    ReplyDelete
  26. Selamat Malam

    Ozon adalah gas yang secara alami terdapat diatmosfir sekitar 15-48 km diatas permukaan bumi
    Manfaat lapisan ozon
    1.melindungi bumi dari jatuhnya benda angkasa sperti meteor,komet dll
    2.menjaga temperatur udara dipermukaan bumi agar tetap bermanfaat untuk kehidupan
    3.Memantulkan gelombang radio
    4.Menyerap radiasi dan sinar ultraviolet
    5.Dibidang Kedokteran Ozon dimanfaatkan untuk memperlancar jalannya aliran darah
    6.Dibidang pengobatan untuk mengobati pasien denga cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas
    7.Dibidang Peindustrian untuk mengenyahkan kuman sebelum dibotokan,menghapuskan pencemaran dalam air,membantu,membantu proses flokulasi dll

    Apa yang diakibatkan dari kerusakan ozon
    1.Pada efek manusia meningkatnya penyakit kanker kulit dan banyak yang menderita katarak
    2.berkurangnya sistem imunisasi badan sehingga mudah terserang penyakit efek pada ekosistem darat
    3.mencairnya gunung es


    Lalu apa solusi kita
    1.menghentiakan penggunaan unsur perusak lapisan ozon seperti CFC
    2.Tidak mengguanakan AC secara berlebihan
    3.jangan terlalu sering membuka penutup lemari pendingin
    4.selalu menerapkan prinsip 4R
    5.Harus menghemat energi
    6.usahakan kurangi pemakaian parfum atau spray
    7.memperbanyak menanam pohon
    8.mengenalkan ozon kepada masyrakat dan bahanya jika lapisan ozon ini rusak
    9.menggunakan tenaga alternatif seperti surya dan air

    Demikian dari saya,terima kasih
    TYO

    ReplyDelete
  27. Penyebab menipis dan membolongnya lapisan Ozon bukan hanya dari penggunaan chloro fluoro carbon (CFC) seperti untuk pendingin atau spray aerosol, namun dari informasi media cetak yang saya baca, ternyata Nitrous oxide juga merupakan salah satu penyebab kerusakan lapisan ozon.
    Nitrous oxide lebih di kenal dalam dunia otomotif dengan singkatan NOS yang sebenaranya merupakan senyawa kimia dari N2O.
    Nitrous oxide banyak digunakan dalam dunia kedokteran seperti dokter gigi sebagai Anestesi untuk menghilangkan rasa sakit pasien, jika digunakan maka N2O akan bereaksi menjadi NO. Nitrit Oksida yang merupakan gas berbahaya memiliki 298 kali pengaruh yang lebih kuat per satuan berat dari pada CO2 dalam rentang waktu 100 tahun, jika di udara N2O akan bereaksi dengan atom oksigen membentuk NO, maka NO kemudian akan memecah ozon dan mengakibatkan lubang pada lapisan Ozon yang dapat memicu pemanasan global.
    oleh karena itu, kita sebagai penghuni bumi harus mengurangi ataupun tidak menggunakan senyawa kimia yang berbahaya dan banyak menanam pohon, agar bumi ini tetap terlindungi dari polusi sehingga menjaga stabilitas lapisan Ozon.

    ReplyDelete
  28. Ozon selain memiliki manfaat yang begitu besar di satu sisi juga memilki kelemahan. Tetapi manfaat yang dirasakan dengan adanya lapisan ozon lebih besar dibandingkan kelemahannya asal dengan syarat kita mampu menjaga lapisan ozon tersebut. Dalam perindustrian, ozon digunakan untuk mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik), menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna), membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik), mencuci, dan memutihkan kain (dipaten), membantu mewarnakan plastik atau menentukan ketahanan getah. Penyebeb utama dalam menipisnya lapisan ozon adalah penggunaan CFC yang setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan hingga 100.000 molekul ozon sehingga berdampak pada pemanasan global dan efek-efek penyakit lainnya. Oleh sebab itu kita sebagai manusia seharusnya menjaga materi-materi yang ada di bumi dengan salah satunya meminimalisir penggunaan CFC demi kelestarian bumi tercinta ini.

    ReplyDelete
  29. Dibalik hal yang berbahaya, Ozon ternyata sangat berperan tinggi dalam menjaga kesetabilan kehidupan manusia, Mulailah dari sekarang terutama dari diri masing”, Cintailah keberadaan ozon Bumi dengan tidak terlalu mengproduksi gas karbondioksida CFC maupun efek rumah kaca, mulailah dari yang terkecil dahulu, dan peloporilah dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  30. gas ozon memang berbahaya bagi kesehatan umat manusia, misalnya dapat merusak paru-paru, dan dapat meningkatkan resiko kematian umat manusia yang mengakibatkan penyakit jantung jika gas ozon tersebut terhirup oleh manusia, akan tetapi tidak perlu khawatir gas ozon tersebut jauh dari lapisan luar bumi, jadi sangat kecil kemungkinan untuk terhirup oleh manusia. disamping gas yang berbahaya ternyata ozon juga penting bagi keselamatan bumi, yaitu gas ozon dapat melindungi bumi dari sinar ultraviolet, sehingga bumi terhindar dari sinar ultraviolet secara lansung. namun akhi-akhir ini gas ozon yang melindungi bumi ini, sedikit demi sedikit sudah terkikis oleh akibat manusia itu sendiri yang justru akan mengancam keselamatan bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaat lapizan ozon bagi makhluk yang ada di bumikhusnya buat manusia, bisa menjaga manusia dari sinar radiasi ultraviolet sebuah sinar yang bisa berakibat buruk apabila terkena langsung ke kulit manusia contohnya manusia bisa terkena kanker kulit dan sebagainya
      sayangnya lapizan ozon yang sudah ada sekarang makin lama makin menipis dikarenakan banyaknya penggunaan AC dan pembuatan rumah-rumah kaca yang berakibat kepada lapizan ozon karena lapizan ozon sendiri merupakan lapisan yang tidak bisa diperbarui atau tidak bisa dicari alternatifnya

      Delete
  31. Ozon adalah tameng pertama dan utama bagi bumi dan kehidupan di dalamnya, sudah menjadi kewajiban kita tentunya untuk selalu menjaganya, kita harus memahami apa saja tindakan yang bisa merusak ozon dan bagaimana melestarikannya, CFC salah satunya adalah salah satu bahan yg dapat merusak ozon, tentu hal ini tidak familier bagi sebagian orang, padahal hal itu adalah baru salah satu sebab perusak ozon, sangat perlu pemberitahuan tentang perilaku masyarakat yang dapat merusak lingkungan khususnya lapisan ozon,misalnya lewat media televisi dan lain2, sehingga di harapkan akan terciptanya masyarakat yang paham tentang manfaat dan kerusakan ozon bagi kehidupan kita.

    ReplyDelete
  32. Setiap hal dimuka bumi ini pasti memiliki efek negatif dan efek positif, sama dengan lapisan ozon, efek negatifnya sebisa mungkin kita hindari dan efek positifnya kita ambil.

    ReplyDelete
  33. ozon sangat penting dalam kehidupan.tpi juga berbahaya bila tidak dirawat dengan cara memperkecil penggunaan CFC.maka mulai dari sekarang kita harus memperhatikan tentang semua efek yang ada.karena setiap yang kita lakukakn sekarang akan berdampak dikemudian hari

    ReplyDelete
  34. ozon sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia di bumi karena lapisan ozon melindungi kita dari sinar UVB, dan ozon juga sangat berbahaya untuk manusia ketika lapisan ozon sudah bolong maka dari itu mari kita bebenah diri untuk tidak melakukan sesuatu yang membuat pencemaran udara yang mengakibatkan lapisan ozon bolong.

    ReplyDelete
  35. Assalamualaikum pak atep. . . .
    Sangat menarik - menarik sekali artikel yang di post kan oleh pak atep. . . .
    Lapisan Ozon tidak akan bahaya jika kita peduli akan kehidupan kita dan akan sangat membahayakan jika kepedulian kita terhadap kehidupan kita tidak kita tingkatkan. . . .
    Lapisan ozon sangat bermanfaat ubtuk kehidupan kita, coba saja kita bayangkan apabila UVB mengenai kulit kita, apa jadinya?
    Mari kita jaga apa yang harusnya kita jaga, demi kelangsungan hidup kita. . . .

    ReplyDelete
  36. lapisan ozon merupakan senyawa unsur yang sangat penting bagi bumi kita karna ozon merupakan lapisan pelindung bumi, ozon merupakan senyawa yang sangat komplek karna pembuatannya tidak mudah. saat ini pembuatan ozon banyak sekali dilakukkan oleh berbagai industri terutama minuman, ozon dapat dibuat dari reaksi pemecahan dan penggabungan oksigen dengan tenaga dan suhu tinggi. ozon dalam industri minuman digunakan sebagai pembunuh bakteri karena pada tekanan ozon bakteri tidak dpat hidup. dan ozon sangat mudah terurai apabila berada di lapisan bumi.

    ReplyDelete
  37. manfaat ozon bisa digunakan untuk obat obatan, seperti untuk kulit terbakar, sedangakan dalam perindustrian, ozon digunakan untuk mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik), menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna), membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik), mencuci, dan memutihkan kain (dipaten), membantu mewarnakan plastik atau menentukan ketahanan getah.
    bahaya ozon, lapisan ozon yang menipis di bumi kita ini menyebabkan. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida (lihat pemanasan global) akibat berkurangnya tanaman dan plankton. Sebaliknya, terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner.

    ReplyDelete
  38. menurut saya lapisan ozon pada bumi ini merupakan unsur yang sangat dibutuhkan bumi ini karena lapisan ozon merupakan pelindung panas pada bumi lapisan ozon juga menyaring sinar ultraviolet yang dipancarkan langsung. Menipisnya lapisan ozon sangatlah berdampak pada kehidupan manusia seperti terjadinya kaknker kulit pada manusia.Sebaliknya jika terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan pada organ pernapasan manusia

    ReplyDelete
  39. Ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru.Sebaliknya, lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di Bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker. Ozon tertumpu di bawah stratosfer di antara 15 dan 30 km di atas permukaan bumi yang dikenal sebagai ‘lapisan ozon’. Ozon dihasilkan dengan pelbagai persenyawaan kimia, tetapi mekanisme utama penghasilan dan perpindahan dalam atmosfer adalah penyerapan tenaga sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

    manfaat ozon digunakan untuk mengenyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik), menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna), membantu proses flokulasi (proses pengabungan molekul untuk membantu penapis menghilangkan besi dan arsenik), mencuci, dan memutihkan kain (dipaten), membantu mewarnakan plastik atau menentukan ketahanan getah.

    bahaya ozon jika sinar ultraviolet masuk ke bumi jika mengemai kulit akan menyebabkan kanker kulit.

    ReplyDelete
  40. Pemanfaatan ozon telah dilakukan lebih dari seratus tahun yang lalu. Ozon pertama kali di pergunakan oleh Nies dari Prancis pada tahun 1906 untuk membersihkan air minum. Berawal dari kesuksesan Nies ini di berbagai negara Eropa penggunaan ozon untuk mengolah air minum berkembang pesat.

    Di Asia, pemanfaatan ozon untuk mengolah air minum pertama kali dilakukan di Kota Amagasaki, Jepang, pada tahun 1973. Namun, pemanfaatan pada waktu masih terbatas hanya untuk menghilangkan bau. Di Amerika, pemanfaatan ozon termasuk lambat, ozon dipergunakan pertama kali pada pusat pengolahan air di Los Angeles pada tahun 1987.

    Memasuki tahun 1990-an pemanfaatan ozon berkembang sangat pesat. Berbagai pemanfaatannya antara lain, ozon untuk pengolahan air minum dan air limbah, ozon untuk sterilisasi bahan makanan mentah, serta ozon untuk sterilisasi peralatan.

    ReplyDelete
  41. trimakasih atas artikel menariknya pak, namun menurut saya utk penerapannya agak sulit jika tidak ada kesadaran dari pribadi masing".
    seperti kita tahu, kita sering mendemokan agar kurangi pemakaian yg mengandung zat" cfc dan zat berbahaya lainnya, tetapi tetap saja sebagian orang masih mengabaikannya. padahal kita semua tahu bahaya yg mengancam jika lapizan ozon terus menerus rusak. harapan saya semoga manusia semakin sadar akan kelestarian lingkungan dan bisa menjaga bumi dengan baik.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Ozon mungkin menjadi sangat berbahaya bila zat tersebut berada didekat kita, mengingat manfaat nya sebagai pelindung manusia dari sengatan langsung sinar matahari, seyogyanya kita seebagai manusia menjaga agar lapisan ozon tiak menipis akibat perbuatan kita.

    ReplyDelete
  44. Artikel ini sangat bermanfaat bagi kita yang sebelumya tidak tahu arti penting adanya lapisan ozon, ternyata disamping bermanfaat lapisan ozon dapat membahayakan makhluk hidup yang ada di bumi apabila semakin hari lapisannya semakin menipis. Oleh karenya marilah kita jaga & pertahankan agar bumi kita ini tetap memiliki lapisan ozon dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat mempertipis lapisannya, karena apabila tidak dijaga akan berdampak buruk bagi makhluk hidup di bumi, bukan hanya berdampak pada manusia tetapi juga terhadap hewan, tubuhan dan apapun yang ada di bumi.

    ReplyDelete

  45. Kerusakan lapisan ozon dalam waktu terakhir ini meningkat pesat. Kondisi ini mengharuskan manusia lebih waspada untuk beberapa waktu ke depan. Rusaknya lapisan ozon membuat sinar ultraviolet-B berbahaya bisa masuk melewati atmosfer. Sinar inilah yang menyebabkan kanker kulit, katarak, dan kerusakan sistem kekebalan tubuh. Meski demikian ternyata Ozon juga bermanfaat bagi kehidupan manusia khususnya dalam kepentingan industri dan kesehatan

    ReplyDelete
  46. lapisan ozon itu memang sangat penting dikarenakan perannya yg sangat vital bagi kehidupan dibumi ini. ozon berguna untuk menyaring/menahan panas dari sinar matahari langsung,karena jika tidak ada ozon maka orang dibumi pun akan mengalami yang namanya kanker kulit,melelehnya es di kutub yang mengakibatkan volume air laut naik sehingga lama-kelamaan daratan akan lebih pendek dari daerah air,dan tanpa kita sadari lama - kelamaan kalo tidak ada gerakan ato antisipasi kerusakan dan keroposnya ozon akan semakin parah.oleh karena itu kita sepatutnya menjaga lapisan ozon dengan cara tidak menggunakan wewangian berlebihan,tidak menggunakan rumah kaca dan menanam pohon sebanyak mungkin.

    ReplyDelete
  47. Ozon sendiri sebenarnya adalah gas beracun bila dekat permukaan tanah menimbulkan kabut asap berbahaya bila terhirup dapat merusak paru-paru, ozon mempunyai bau yang tajam dan menusuk hidung. Namun sebaliknya ozon di lapisan atmosfer melindungi kehidupan dibumi dari sinar ultraviolet yang menyebabkan kanker. Salah satu senyawa yang berpengaruh bagi rusaknya lapisan ozon adalah CFC (Cloro Fluoro Carbon). CFC merupakan senyawa yang mudah bereaksi dan mudah menguap bila dilepas keudara akan bereaksi dengan ozon sehingga dapat menyebabkan lapisan ozon. CFC biasa nya digunakan sebagai bahan pendingin pada mesin penyejuk seperti AC, kulkas. Oleh karena itu ditengah banyaknya pembangunan kawasan industri dan bangunan pencakar langit, kita harus mencegah penipisan lapisan ozon dengan cara melalukan reboisasi atau penghijauan, mengurangi pemakaian barang-barang yang mengandung CFC dan selalu menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan dan yang lebih penting adalah kesadaran kita sendiri untuk menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  48. Mungkin yang di jelaskan di atas benar,ozon berbahaya bagi paru paru kita,tapi di sisi lain ozo ini melindungi bumi dari sinar UV,yang kita tau bisa menyebabkan kanker,kita bisa melakukan langkah kongrit untuk mengurangi penipisan ozon,salah satuya adalah stop penggunaan nitrous oxide(bahan kimia yang bisa menyebabkan menipisny lapisan ozon)

    ReplyDelete
  49. Ozon memang sangat beperan aktif pada kelangsungan hidup kita,tetapi penggunaaan bahan-bahan kimia yang berlebihan itu sendiri menyebabkan peran penting ozon pun berubah menjadi suatu gas yang sangat berbahaya bagi hidup manusia,dan sudah semestinya kita mulai dari diri kita sendiri untuk lebih memperhatikan lingkungan hidup kita pada lingkungan udara,daratan ataupun juga dalam lingkungan perairan,

    ReplyDelete
  50. Ozon memang sangat menguntungkan tetapi bisa dapat merugikan. semuanya tergantung dari kesadaran manusia itu sendiri, jika manusia sadar akan pentingnya ozon maka semua itu harus dijaga dengan sebaik-baiknya, misalnya dengan menggunakan barang-barang yang aman dan tidak mencemari lingkungan dan khususnya udara serta menghindari penebangan hutan liar, dan melakukan reboisasi.

    ReplyDelete
  51. andi irawansyah5/25/2014 10:42 AM

    kalau pendapat saya dengan berkurangnya lapisan ozon membuat sinar UVB masuk,dengan adanya ozon (O3) di permukaan bumi, maka zat akan termasuk sebagai fotokimia dan sangat beracun bagi manusia. hal ini dimana keduanya sangat bertolak belakang menimbulkan berbagai pertanyaan, jika ozon masuk ke permukaan bumi maka temperatur akan semakin panas di permukaan bumi dirasakan manusia. untuk mengurangi dampak masuk ozon ke permukaan bumi dan rusaknya lapisan ozon,kita sebagai manusia yang bertanggung jawab terhadap bumi ini,sudah sepatutnya menjaga, memelihara dan memulai hal-hal kecil yang bersifat mencegah dan mewaspadai serta siap dan sigap dalam segala kemungkinan akan lapisan ozon yang terkikis atau lapisan ozon di permukaan bumi. jadi ayo bersama-sama melindungi lapisan stratosfer yang selalu menjaga kita dari uvb dari sekarang juga. terima kasih

    ReplyDelete
  52. Artikelnya menarik.
    Selain gas ozone yg dihasilkan secara alami di lapisan atmosfhere, gas ozone juga bisa dihasilkan menggunakan mesin. Prinsip kerja mesin ozone adalah mereaksikan oksigen menggunakan sinar UV dari listrik tegangan extra tinggi ( prinsip yg sama dengan pembentukan ozone di atmosfhere ) . Gas ozone ini dipakai pada industri air minum dalam kemasan ( AMDK ) yaitu untuk proses sterilisasi ( membunuh kuman/bakteri ) air minum sebelum proses pengepakan. Gas ozone ditembakkan kedalam air / dimix. Untuk menetral kan kembali gas ozone pada air dilakukn dengan cara mengalirkan air melalui sinar UV kembali.
    Akibat langsung jika manusia menghirup gas ozone secare berlebihan adalah orang tersebut akan merasakan sesak nafas, dikarenkan gas ozone mengikat sel darah merah sehingga sel darah tidak bisa mengikat oksigen. Dirasakan juga penderita akan mengalami pegal-pegal dan linu pada tulang-tulangnya. Penanganan pertama korban dengan cara membawa ke ruang terbuka dan memberi minum susu untuk menetralisir.
    Dalam artikel ini tidak dijelaskan bagaimana upaya agar lapisan ozone bisa diselamatkan selain pengurangan penggunaan gas freon.

    ReplyDelete
  53. Lapisan Ozon selain berbahaya juga sangat bermanfaat bagi kehidupan di Bumi karena ia melindungi kita dengan cara menyerap 90% radiasi sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh matahari. Diketahui bahwa Sinar UV sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti :
    penyakit kanker kulit,
    katarak
    kerusakan genetik
    penurunan sistem kekebalan hewan, tumbuhan dan organisme yang hidup di air
    mengurangi hasil pertanian dan hutan
    mematikan anak-anak ikan, kepiting dan udang di lautan, serta mengurangi jumlah plankton yang menjadi salah satu sumber makanan kebanyakan hewan-hewan laut

    untuk menjaga agar lapisan ozon tetap normah kita harus melestarikan lapisan ozon dengan cara :
    1.menanam pohon kembali,
    2.menghentikan pembakaran dan penebangan hutan .
    3.mengurangi polusi udara ,

    marilah kita melestarikan lapisan ozon agar bumi ini tidak hancur dan rusak.

    ReplyDelete
  54. Ozon adalah gas yang secara alami terdapat diatmosfir diatas permukaan bumi. Ozon sendiri memiliki manfaat dan dampak negatif bagi kelangsungan hidup manusia.
    Adapun manfaat lapisan ozon adalah melindungi bumi dari jatuhnya benda angkasa seperti meteor, menjaga temperatur udara dipermukaan bumi, melindungi manusia dari efek buruk sinar matahari langsung. Efek negatif dari kerusakan ozon adalah meningkatnya penyakit kangker kulit dan katarak pada manusia,merusak tanaman pangan tertentu,meningkatnya karbondioksida (pemanasan global), mencairnya gunung es di kutup selatan.
    Untuk mencegah lapisan ozon supaya tidak cepat menipis salah satunya kita harus mengurangi penggunaan CFC pada lemari es, tidak menggunakan AC secara berlebihan, memperbanyak penanaman pohon atau reboisasi.

    ReplyDelete
  55. Pengendalian Kerusakan Ozon

    Sehubungan dengan pengendalian kerusakan ozon, Pemerintah Indonesia pasti telah menetapkan berbagai kebijakan terkait dengan langkah-langkah yang harus ditempuh seperti kebijakan pengurangan pemakaian BPO terutama CFC sampai penghentian impor BPO pada akhir 2007 ini. Namun demikian, kebijakan itu tidak akan efektif jika tidak diikuti kegiatan penyebarluasan permasalahan ozon ini kepada seluruh tingkatan pada masyarakat. Kota-desa, suami-isteri, orang tua-anak, guru-murid, kelompok pekerja formal-non formal, teknisi lemari es dan AC, petani, nelayan, dan lainnya, kalau bisa semua mendapatkan pengenalan pentingnya ozon dan bahayanya jika lapisan ozon ini rusak.

    ReplyDelete
  56. artikel ini sangat bermanfaat untuk perlu diketahui lebih lanjut. lapisan ozon memang sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup di bumi, karena tanpa lapisan ozon kita bisa terbaqkar. tetapi akhir-akhir ini banyak dari kita tanpa sadar merusak ozon sedikit demi sedikit, banyak penggunaan teknologi modern yang menghasilkan zat cfc yang bisa merusak lapisan ozon tersebut. kita harus menjaga lapisan ozon supaya bisa bermanfaat di kemudian hari. kita bisa melakukan program pemerintah saat ini yang mencanangkan gogreen dengan mengurangi peralatan-peralatan yang menghasikan zat cfc.

    ReplyDelete
  57. lapisan ozon adalah pelindung antara bumi dengan luar angkasa, jika lapisan ozon mulai banyak yang bolong tentu sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah kanker kulit yang disebabkan oleh sinar uv, ketika lapisan ozon berlubang maka sinar ultraviolet akan leluasa masuk ke bumi.

    ReplyDelete
  58. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida akibat berkurangnya tanaman dan plankton.

    Sebaliknya, terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner.
    Oleh karenanya kita sebagai manusia harus menjaga agar ozon di bawah atmosfer tidak menjadi banyak.

    ReplyDelete
  59. artikel ini sangat bermanfaat bagi saya secara khususnya dan bagi masyarakat banyak pada umumnya. Bahwa ozon memiliki lebih banyak fungsi seperti untuk menyerap sinar uvb yang dapat merusak kulit dan mengurangi panas matahari untuk sampai ke bumi. hal kecil yang dapat dilakukan oleh kita untuk meminimalisir kerusakan ozon dengan tidak menggunakan aerosol, hairspray, atau pun menggunakan AC secukupnya, hal kecil seperti itu saya rasa dapat mebuat dampak yang besar bagi lingkungan

    ReplyDelete
  60. Assalamualaikum Wr.Wb / Salam sejahtera

    Punten pisan kang Atep Afia, saya ada pertanyaan yg selalu terlintas dipikiran saya. Tentang lapisan Atmosfer yg menyelimuti Bumi kita.
    Pertanyaannya adalah :
    1. Apakah lapisan Atmosfer berbahaya jika kontak langsung dengan manusia???
    2. Bagaimana efek sampingnya jika kita seumpama melewati lapisan Atmosfer tersebut????

    Hampura pisan kang, mohon jawabannya dari kang Atep atau teman-teman pembaca yg lain. Hatur Nuhun (Terima kasih).....

    Wassalam....

    ReplyDelete
  61. Lagi lagi kerusakan dari lingkungan akan menyebabkan kanker. Ozon ternyata ada bahaya nya bagi kehidupan, tetapi karna jarak yang terpaut jauh maka ozon malah menjadi manfaat. Dan lagi lagi peran masyrakatlah yang berperan penting disini. Cara mengurangi kerusakan ozon di bumi adalah dengan hidup sehat bebas dari kimia yang dapat merusak lingkungan hidup. Kanker adalah penyakit yang disebabkan dari kerusakan lingkungan, maka masyrakat harus tetap memelihara serta menjaga lingkungan dengan cara hidup sehat.

    ReplyDelete
  62. Assalamu'alaikum wr wb...
    Memang Tuhan itu menciptakan segala-galanya itu dengan berpasang-pasangan. Seperti pada bahasan di atas, Tuhan menciptakan O3 ( Ozon ) itu adalah zat yang berbahaya namun besar manfaatnya untuk umat manusia di dunia.
    Segala sesuatu itu selalu ada manfaat di balik bahayanya. Demikian juga ada bahaya yang terkandung dalam manfaatnya tersebut.
    Memang Tuhan Maha Adil.
    Wassalamu'alaikum wr wb....

    ReplyDelete
  63. Ozon sendiri sebenarnya adalah gas beracun bila dekat permukaan tanah menimbulkan kabut asap berbahaya bila terhirup dapat merusak paru-paru, ozon mempunyai bau yang tajam dan menusuk hidung. Namun sebaliknya ozon di lapisan atmosfer melindungi kehidupan dibumi dari sinar ultraviolet yang menyebabkan kanker. Salah satu senyawa yang berpengaruh bagi rusaknya lapisan ozon adalah CFC (Cloro Fluoro Carbon). CFC merupakan senyawa yang mudah bereaksi dan mudah menguap bila dilepas keudara akan bereaksi dengan ozon sehingga dapat menyebabkan lapisan ozon. CFC biasa nya digunakan sebagai bahan pendingin pada mesin penyejuk seperti AC, kulkas. Oleh karena itu ditengah banyaknya pembangunan kawasan industri dan bangunan pencakar langit, kita harus mencegah penipisan lapisan ozon dengan cara melalukan reboisasi atau penghijauan, mengurangi pemakaian barang-barang yang mengandung CFC dan selalu menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan dan yang lebih penting adalah kesadaran kita sendiri untuk menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  64. Apakah ada penyakit yang disebabkan keracunan Ozon ? jika iya, bagaimana penanganannnya?

    ReplyDelete
  65. Ozon memang merupakan senyawa berbahaya tetapi Tuhan menciptakan lapisan ozon jauh dari permukaan bumi sehingga kegunaannya adalah untuk membantu penyerapan sinar UV-B dari matahari. Ozon menjadi sebuah bahaya tidak lepas dari peran manusia sendiri yang tidak menjaga ciptaanNya.

    ReplyDelete
  66. Permasalahan selain merusak lapisan ozon ( CFC dan HCFC ) bahan perusak ozon (BPO) yang terlepas ke atmosfir memberikan kontribusi terhadap pemanasan global dengan adanya emisi CO2. Semakin banyaknya peralatan yang menggunakan BPO semakin besar tantangan untuk mencegah terjadinya emisi yang merusak lapisan ozon dan menyebabkan pemanasan global. Oleh sebab itu penangan barang-barang bekas yang memiliki BPO dalam sistemnya menjadi penting diperhatikan.

    ReplyDelete
  67. Menurut saya Penipisan lapisan ozon akan menimbulkan efek pada kesehatan manusia, seperti peningkatan penyakit kanker kulit, katarak, dan akan melemahkan sistem imunisasi badan.

    ReplyDelete
  68. kalau menurut saya dengan berkurangnya lapisan ozon di bumi ini akan membuat sinar UVB masuk,dengan adanya ozon (O3) di permukaan bumi, maka zat akan termasuk sebagai fotokimia dan sangat beracun bagi manusia. , jika ozon masuk ke permukaan bumi maka temperatur akan semakin panas di permukaan bumi dan dirasakan oleh manusia. untuk mengurangi dampak masuk ozon ke permukaan bumi dan rusaknya lapisan ozon,kita sebagai manusia yang bertanggung jawab terhadap bumi ini.

    ReplyDelete
  69. kalau menurut saya dengan berkurangnya lapisan ozon di bumi ini akan membuat sinar UVB masuk,dengan adanya ozon (O3) di permukaan bumi, maka zat akan termasuk sebagai fotokimia dan sangat beracun bagi manusia. , jika ozon masuk ke permukaan bumi maka temperatur akan semakin panas di permukaan bumi dan dirasakan oleh manusia. untuk mengurangi dampak masuk ozon ke permukaan bumi dan rusaknya lapisan ozon,kita sebagai manusia yang bertanggung jawab terhadap bumi ini.

    ReplyDelete
  70. Kita sudah tahu dampak dari penipisan lapisan ozon sendiri, tentunya berdampak pada kesehatan kulit manusia-lah yang paling terasa. Oleh karenanya, hemat energi sangat perlu dilakukan. Misalnya ketika hendak berpergian, matikan pendingin ruangan.

    ReplyDelete
  71. Kita sudah tahu dampak dari penipisan lapisan ozon sendiri, tentunya berdampak pada kesehatan kulit manusia-lah yang paling terasa. Oleh karenanya, hemat energi sangat perlu dilakukan. Misalnya ketika hendak berpergian, matikan pendingin ruangan.

    ReplyDelete
  72. menurut saya tidak hanya berkibat kepada manusia efek dari penipisan lapisan ozon jugaberdampak bagi lingkungan, contoh nya pencairan es dikutub utara, dan meningkat nya permukaan air laut

    ReplyDelete
  73. ozon sebenarnya adalah suatu gas beracun yang berbahaya, namun dilihat dari letak lokasi serta dukungan dari banyaknya penelitian, ternyata nilai manfaatnya itu lebih besar. Lapisan ozon sangatlah berguna bagi keseimbangan bumi yang padaa intinya melindungi isi penghuni bumi khususnya manusia contohnya melindugi paparan sinar ultra violet

    ReplyDelete
  74. Menurut saya tentang artikel ini. Lapisan ozon itu memang sangat penting dikarenakan ozon berguna untuk menyaring/menahan panas dari sinar matahari langsung,karena jika tidak ada ozon maka orang dibumi pun akan mengalami yang namanya kanker kulit, melelehnya es di kutub yang mengakibatkan volume air laut naik sehingga lama. Kita dapat mengurangi kerusakan lapisan ozon tersebut,diantaranya dengan mengurangi penggunaan CFC.Contoh penggunaan CFC ada di dalam kulkas.Banyak memang kulkas yang dijual di pasaran yang mengandung CFC,namun tidak sedikit juga yang non-CFC,apa salahnya membeli kulkas yang non-CFC demi bumi kita tercinta ini.

    ReplyDelete
  75. Assalamualikum wr wb
    Terimakasih Pak, Artikel nya sangat bermanfaat sekali. Lapisan ozon memang melindungi bumi dari sinar dan panas matahari. Namun, kandungan sinar matahari tidak semuanya tertahan di lapisan ozon hanya UVC saja yang tertahan . sedangkan UVA dan sebagian UVB tetap masuk kedalam bumi dan tentu sangat berbahaya bagi kulit kita. UVA dan UVB tersebut yang menyerap kedalam lapisan epidermis dan endodermis dapat menyebabkan melasma (noda Hitam) dan bahkan bisa menimbulkan kanker kulit yang mematikan. Untuk itu sebaiknya apabila kita ingin keluar rumah dan sedang terik matahari kita bisa menggunakan payung, baju lengan panjang dan menggunakan sunblock yang bisa diulang setiap 3 jam sekali. Jangan lupa memakai kaca mata untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari.

    ReplyDelete
  76. artikel yang menarik pak,menurut saya walaupun ozon sebenarnya adalah suatu gas beracun yang berbahaya, namun dilihat dari letak lokasi serta dukungan dari banyaknya penelitian, ternyata nilai manfaatnya itu lebih besar. Dan meskipun kita tidak dapat menghentikannya, namun banyak cara kita untuk dapat menjaganya serta mencegahnya untuk terlalu cepat keropos, misalnya dengan perlindungan hutan, reboisasi.

    ReplyDelete
  77. Terima kasih pak sebelumnya mengenai informasi ini, sangat menarik perhatian saya dengan artikel ini. Kita tau akibat dari ozon tersebut dapat mematikan walaupun jauh hingga puluhan kilometr dari kita.tetapi selain itu pula ozon mempunyai fungsi yang sangat berguna bagi umat yang hidup dibumi ini. Yang ingin saya simpulkan dari artikel ini adalah mari kita jaga lapisan ozon ini dengan tidak membakar hutan yang dapat mempercepat menipisnya lapisan ozon. Dan mari saatnya dengan gerakan go green dimulai dari sekarang agar bumi ini tetap aman.

    ReplyDelete
  78. Lapisan ozon sangat bermanfaat tapi juga bisa menjadi sangat berbahaya bagi manusia. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak pada manusia, merusak tanaman pangan tertentu, memengaruhi plankton yang akan berakibat pada rantai makanan di laut, dan meningkatnya karbondioksida akibat berkurangnya tanaman dan plankton. Oleh karenanya kita harus menjaga agar lapisan ozon bagian atas atmosfer tidak berlubang . Karena CFC dan juga spray aerosol dapat merusak ozon.
    Sebaliknya, terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut campur asap, yang berkaitan dengan iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut bagi mereka yang menderita masalah kardiopulmoner. Dengan meminimalisir kerusaan ozon pada lapisan stratosfer,maka makin kecil pula jumlah sinar UV yang masuk ke permukaan bumi dan bereaksi dengan oksigen dan makin kecil pula lapisan ozon yang terbentuk di permukaan bumi.

    ReplyDelete
  79. Saya ingin bertanya pak, apakah kita bisa membuat ozon dan meluncurkan di atmosfir untuk menutupi lapisan yang bolong ? Terima kasih

    ReplyDelete
  80. Terimakasih pak, sangat membantu.
    ijin Share..

    ReplyDelete
  81. @A12-INDA
    meskipun lapisan ozon beragun tapi lapisan ozon juga bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia di karenakan kalau tidak ada lapisan ozon tidak terbayang panas nya sinar matahari yang langsung masuk ke dalam bumi akan menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya.

    ReplyDelete
  82. @E32-Theo, @Tugas B05
    Manfaat dan bahaya ozon, setiap hal diciptakan memiliki kegunaannya sendiri bahkan material berbahaya sekalipun seperti ozon di satu sisi jika terhirup akan menimbulkan kerusakan paru-paru akan tetapi ozon juga berfungsi sebagai penangkal UVA dan UVB sehingga manusia tidak terkena paparan sinar tersebut dan terkena kanker kulit.

    ReplyDelete
  83. @L10-OKI (Oki Pratama)
    Lapisan ozon memiliki peranan penting bagi kelagsungan kehidupan di muka bumi,apabila lapisan ozon rusak maka akan berdampak pada banyak hal salah satu nya adalah terhadapan kesehatan dan juga pemanasan global,dan saat ini lapisan ozon telah mengalami penipisan karena aktifitas manusia,maka untuk itu ada upaya yang harus kita lakukan agar kerusakan lapisan ozon ini tidak bertambah parah,seperti mengurangi penggunaan produk yang mengandung CFC.penyemprot yang mengandung aerosol dan lain sebagainya sehingga tidak memperparah rusaknya lapisan ozon.

    ReplyDelete
  84. @L09-Raka ( Raka Himawan )

    disamping sangat bereperan penting bagi kehidupan bumi melindungi dari sinar sinar berbahaya seperti UVA dan UVB dan benda benda asing atau meteor yang akan masuk kedalam bumi . ternyata molekul ozon sangat amat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, banyak hal yang akan terjadi. dalam jumlah yang rendah dapat berbahaya bagi kesehatan. Tanda awal dari paparan ozon meliputi hal-hal seperti iritasi mata, mulut kering, batuk, hidung tersumbat, mengi, sesak napas, dan nyeri dada pada orang yang bahkan dalam keadaan sehat.

    oleh karena itu , kita sebagai anak muda harus menjaga keseimbangan ozon dilingkungan kita dan menciptakan inovasi baru untuk menjaga kestabilan ozon di lingkungan kita


    sekian pendapat dari saya , terimakasih
    Best Regards
    Raka Himawan

    ReplyDelete
  85. L0-4 YOYOK (Yoyok Muji Raharjo)

    Lapisan ini berada di lapisan stratosfer bumi yang terletak di sekitar 15-50 km di atas permukaan bumi. Seiring dengan berkembangnya zaman, penggunaan bahan-bahan yang mengandung Bahan Perusak Ozon ( BPO ) telah banyak digunakan oleh masyarakat dunia hingga sekarang. Sehingga menimbulkan kerusakan pada lapisan ozon dengan terbentuknya lubang ozon

    Meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam program perlindungan lapisan ozon, pemahaman mengenai penanggulangan penipisan lapisan ozon, memperkenalkan bahan, proses, produk ,dan teknologi yang tidak merusak lapisan ozon dengan cara mengadakan seminar-seminar dan penyuluhan secara rutin di berbagai organisasi masyarakat.Fungsi atmosfir antara lain sebagai pelindung bumi dari panasnya sinar ultra violetdan infa merah dari matahari, terutama lapisan ozon di atmosfir.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  86. @L08-Yoliati (Rena Yoliati Waruhu)

    Segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. sama halnya dengan lapisan OZON tersebut.
    Lapisan Ozon berperan dalam membantu penyerapan sinar ultra violet – B (UVB) dari matahari. lapisan ozon sangat bermanfaat bagi mahluk bumi dalam menjaga agar UVB tidak langsung masuk ke permukaan bumi jika lapisan ozon tersebut berada di strofosfer. namun bada halnya bila molekul ozon di permukaan Bumi, dimana lapisan ozon merupakan komponen utama dari fotokimia. Ozon di permukaan Bumi merupakan molekul beracun sekaligus menjadi sumber polusi udara diberbagai kota besar. lapisan ozon dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik.

    sekian dari saya, Terimakasih.

    ReplyDelete
  87. @L05 - Rexa

    ozon sebagai zat beracun cukup dapat dihindari dengan keberadaannya yang jauh dari permukaan bumi membuat ozon memilik banyak manfaat dalam melindungi bumi beserta isinya termasuk manusia dan makhluk hidup lainnya, tapi kurangnya pembelajaran untuk manusia membuat manusia terkesan tidak peduli dengan kondisi ozon yang menipis dan hal tersebut disebabkan oleh teknologi seperti AC dll, dan baiknya perkembangan teknologi tersebut harus dibarengi dengan hal yang tidak merusak ozon dan lebih ramah lingkungan

    ReplyDelete
  88. @LO3-Rena Melani Nur Cahaya Putri

    Selain fngsi yang telah disebutkan terdapat pula :
    -Melindungi Bumi dari benda- benda langit yang jatuh
    Fungsi lapisan ozon yang selanjutnya adalah melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. Kita semua mengetahui bahwasannya di luar angkasa banyak kita temui benda- benda langit, seperti komet, asteroid (baca: ciri-ciri asteroid), dan lain sebagainya. Benda- benda langit tersebut bisa saja bergeser dari tempatnya atau bahkan jatuh. Jatuhnya benda langit ini disebut sebagai meteor (baca: proses terjadinya hujan meteor). Meteor ini tidak bisa ditentukan arah jatuhnya, sehingga ada kemungkinan besar akan jatuh menuju ke Bumi.

    Ketika jatuhnya meteor ini menuju ke permukaan Bumi, maka meteor tersebut akan melewati lapisan atmosfer Bumi (salah satunya adalah lapisan ozon). Ketika melewati lapisan atmosfer Bumi, maka meteor ini akan terbakar. Pembakaran yang dilakukan oleh lapisan atmosfer ini akan menimbulkan cahaya, sehingga kita akan melihatnya sebagai bintang jatuh. Pembakaran yang terjadi pada meteor itu akan menghanguskan meteor sehingga benda langit tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi. Apabila meteor tersebut tidak hangus dan langsung menuju ke permukaan Bumi, maka hal ini bisa menimbulkan Bahaya yang besar bagi Bumi dan isinya.

    -Menjaga kestabilan suhu di Bumi, sehingga pemanasan global pun bisa berkurang
    Salah satu permasalahan global yang dialami Bumi dan menjadi sorotan utama akhir- akhir ini adalah tentang pemanasan global. Pemanasan global bisa diartikan sebagai naiknya suhu udara rata- rata Bumi sehingga menyebabkan berbagai dampak yang buruk. Salah satu dampak buruk dari pemanasan global adalah mencairkan es (baca: hujan es) yang ada di kutub sehingga permukaan laut meningkat. Salah satu fungsi yang dimiliki oleh lapisan ozon adalah menstabilkan suhu yang ada di Bumi, sehingga tidak terasa begitu panas. Stabilnya suhu yang ada di Bumi ini juga bisa mengurangi pemanasan global, sehingga berbagai dampak buruk dari pemanasan global tidak akan terjadi.

    Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah adanya penipisan lapisan ozon:

    1. Mengurangi intensitas penggunaan kendaraan pribadi baik maobil maupun motor. Emisi yang dikeluarkan mobil serta asap kendaraan lain akan mebahayakan keberadaan lapisan ozon di Bumi. Maka dari itulah kurangi intessitas penggunaan kendaraan pribadi dan mulailah memanfaatkan transportasi umum yang ada atau menggunakan sepeda dan berjalan kaki.
    2. Mengganti mobil dengan mobil hybrid atau mesin mol emisi. Jika tetap nyaman menggunakan kendaraan pribadi, maka gantilah modin Anda dengan mobil hybrid atau mesin nol emisi. Hal ini akan membuat Anda tetap bisa memiliki fasilitas transportasi pribadi namun tetap menyumbang aksi peduli lapisan ozon.
    3. Penggunaan pembersih rumah tangga yang bersahabat. Pilihlan pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan alami. Hindari penggunaan pembersih yang terbuat dari bahan kimia karena bisa membahayakan lapisan ozon.
    4. Menghindari penggunaan pestisida. Meskipun pestisida sangat membantu dalam bidang pertanian, namun pestisida ini sangat mampu berkontribusi dalam merusak lapisan ozon. Maka dari itulah gantilah pestisida berbahan kimia Anda dengan pembasmi hama yang terbuat dari bahan- bahan alami.
    5. Mengurangi penggunaan AC dan hair dyer. Kedua alat tersebut merupakan alat m=penyumbang gas CFC dalam jumlah banyak. Hal ini tentu sangat membahayakan. Maka dari itulah sebaiknya kita mengurangi penggunaan kedua alat tersebut.
    6. Berhenti menggunakan nitrous oxide. Bukan hanya CFC saja gas yang menyumbang rusaknya lapisan ozon, namun juga nitrous oxide. Maka dari itulah penggunaan gas ini sangatlah dilarang.
    7. Membuat aturan yang ketat tentang peluncuran roket. Meluncurkan roket merupakan salah satu aktivitas yang dapatmerusak lapisan ozon. Maka dari itulah dunia perlu membuat aturan ketat tentang ini.

    ReplyDelete
  89. @M20-AmaliaRizki ; Amalia Rizki Putri

    Lapisan ozon memainkan peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Ia dapat menyerap sebagian besar sinar matahari ultraviolet yang disebut UV-A dan UV-B. Lapisan ozon juga memainkan peranan yang penting dalam struktur suhu atmosfer bumi. Tanpa adanya lapisan ozon, radiasi UV-B matahari akan menembus atmosfer dan akan mencapai permukaan bumi. Maka dari itu, untuk menjaga lapisan ozon agar tidak semakin menipis maka kita harus membantu menjaga dengan cara mengurangi pemakaian device yang bisa menghasilkan senyawa berbahaya untuk ozon seperti CFC (Chloro Fluoro Carbon) yang dihasilkan oleh Kulkas dan AC. Gunakan perlatan tersebut apabila dibutuhkan saja dan matikan apabila tidak dipakai.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  90. @L-02 Fahri Bramantyo

    Ozon bukan sekedar lapisan udara yang berada di bumi, tapi ozon juga bisa dimanfaatkan untuk dunia medis. Dalam dunia medis dapat memanfaatkan terapi ozon untuk membantu mengobati segala penyakit dan untuk mensterilkan ruangan dari pasien TBC

    ReplyDelete
  91. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  92. @M14-AGUS (Agus Sanjaya Putra)

    Ozon sendiri merupakan suatu gas yang terdapat di atmosfer secara alami, atau ada di atmosfer (baca: fungsi atmosfer) dengan sendirinya. Sehingga lapisan ozon diartikan sebagai lapisan yang mengandung banyak gas ozon. Ozon ini merupakan suatu gas yang mengandung unsur- unsur kimia. Unsur- unsur kimia yang terdapat dalam lapisan ozon ini terdiri dari tiga macam atom oksigen atau O₃. Karena memiliki kandungan O₃ dalam jumlah banyak inilah lapisan ini diberi nama sebagai lapisan ozon. Atom oksigen ini mempunyai warna biru dan juga berbau kuat.
    Perbedaan antara oksigen yang berada di lapisan ozon dengan oksigen yang kita hirup sehari- hari adalah pada warna dan pada bau. Jika oksigen yang terdapat pada lapisan ozon ini mempunyai warna biru dan memiliki bau yang menyengat, maka oksigen yang kita hirup sehari- hari tidak mempunyai keduanya (bisa dikatakan tidak berwarna dan tidak berbau). Dari masing- maisng sekitar 10 juta molekul udara, 2 jutanya adalah termasuk oksigen normal, dan yang merupakan ozon hanyalah 3 saja.

    ReplyDelete
  93. Elfra Media Replita
    @M21-ALFRA
    OzON (03)Merupakan bentuk oksigen yang sangat reaktif. Gas berwarna biru pucat yang beracun, dengan bau yang sangat menyengat mirip dengan klorindan sifat pengoksida yang sangat kuat. dapat terbentuk secara alamiah atau akibat manusia.
    Ozon sebenarnya merupakan gas beracun, dan jika terhirup bisa mengakibatkan kerusakan paru-paru. Namun lokasi lapisan ozon jauh dari permukaan bumi, dan berperan dalam membantu penyerapan sinar ultra violet – B (UVB) dari matahari.
    alasan ozon berbahaya di udara yang kita hirup adalah bahwa sebagai oksidan yang kuat, ozon dapat merusak jaringan mukosa dan pernafasan manuasia, binatang dan tumbuhan saat konsentrasinya diatas 50ppb.
    jika terdapat ozon dalam rumah, sekolah maupun tempat kerja, anda dapat mengalami dampak yang lebih atau kurang berbahaya, jika
    - sistem ventilasi gedung semakin ketat isolasinya semakin banyak ozon terbentuk
    - bagaimana peralatan penghasil dipasang, dirawat. diberi ventilasi dan dioperasikan
    - tingkat aktifitas mengambil nafas dalam dan cepat saat olahraga dapat meningkatkan jumlah ozon yang masuk
    dan untuk mengurangi jumlah ozon diusahakan ventilasi udara di ruangan tinggi, selain membuka jendela juga, tidak terlalu sering menggunakan AC. Memasang kipas hisap dalam ruangan tertutup.
    mari dari sekarang kita tingkatkan kesehatan diri dan bersama semua lingkungan dengan gaya hidup yang lebih alami, dengan hidup resik dari diri kita dan lingkungan.

    ReplyDelete
  94. @M19-SANTOSO (Santoso Nyo)

    Dikarenakan dampak yang begitu besar bagi kelangsungan kehidupan di bumi, rusaknya lapisan ozon perlu diatasi bersama. Lapisan ozon memang tidak bisa dikembalikan seperti semula oleh karena itu kita perlu menanggulangi dengan mengurangi kerusakan yang terjadi pada lapisan ozon, salah satu cara mengurangi kerusakan lapisan ozon dengan cara :
    Stabilisasi gas CO2 yang dihasilkan oleh efek rumah kaca, polusi kendaraan bermotor dan lain sebagainya dapat distabilkan oleh tumbuhan. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian dari masyarakat dunia, selain pembangunan kota modern juga perlu di bangunnya taman kota dengan komposisi yang seimbang. Dengan begitu gas-gas yang berbahaya bagi atmosfer dapat di kurangi dengan adanya tumbuhan dan ruang-ruang terbuka hijau ini.

    ReplyDelete
  95. @M13-AFRIZAL (Muhamad Afrizal)

    Dengan adanya seperti itu, di sisi lain ada baik dan buruknya bagi makhluk yang ada di bumi khususnya manusia. yang sekarang kita pikirkan bagaimana caranya agar lapisan ozon bisa bertahan walaupun bahan tersebut tetap kita pergunakan..
    bukanlah untuk mencegah hal tersebut, jika hanya mencegah mungkin bisa dengan menerapkan menanam seribu pohon,,

    ReplyDelete
  96. Fitri Dwi A (@M02-FITRI)

    Dari artikel mengenai bahaya ozon yang dijelaskan oleh Pak Atep, tidak dipungkiri banyak manfaat yang sangat berguna untuk bumi dan manusia. Antara lain manfaat dari lapisan ozon ialah mengobati pasien yang mengalami luka kulit karena diabetes mellitus maupun gangguan pembuluh darah pada luka infeksi lainnya.

    ReplyDelete
  97. @M23-WINNI (Winni Fazriah Mahmudah)

    Ozon berada di lapisan stratosfer dan troposfer dalam atmosfer bumi. Di lapisan stratosfer, ozon bermanfaat dalam melindungi bumi dari pengaruh buruk radiasi Ultra Violet (UV) yang sangat berbahaya bila masuk ke bumi dengan intensitas tinggi. Lapisan ozon disini merupakan akumulasi dari penyerapan radiasi matahari oleh molekul oksigen. Dalam catatan Lapan (2015), bahwa ozon merupakan molekul triatomik yang tersusun oleh tiga molekul oksigen dan bersigfat tidak stabil bila dibandingkan dengan oksigen.
    Kemudian di lapisan troposfer, lapisan ozon merupakan pencemar sekunder yang terbentuk akibat reaksi antara Nitrogen oksida dan hydrogen dengan pemanasan matahari. Disamping manfaatnya yang sangat besar dalam melindungi bumi dari radiasi UV, ternyata ozon disini merupakan zat yang sangat reaktof dan membahayakan kesehatan manusia karena dapat berekasi dengan senyawa kimia lain dan membentuk oksigen beracun.

    ReplyDelete
  98. @M01- RAKA (Raka Ardi Pratama)
    Manfaat dan Bahaya Ozon Bagi Manusia. Sebelumnya saya hanya mengerti bahwa manfaat ozon sebagai pelindung kita dibumi dari sinar UV. Setelah membaca artikel ini saya mengerti selain sisi baik dari lapisan ozon terkandung sisi negatif yaitu bila terkena langsung pada manusia dapat merusak paru – paru. Namun yang membuat saya miris dan sepemikiran dengan artikel yan ditulis oleh penulis bahwa lapisan ozon ini sudah menipis hal ini disebabkan pengguanaan CFC pada Pendingin ruangan dan juga asap asap kendaran oleh karena itu saya ikut menghimbau mari kita jaga mantel kita dari sinar UV dengan mengurangi berkendara pribadi dan mengguanakan AC.

    ReplyDelete
  99. @M18-RIFKI (RIFKI FAJIRIAN SYAH)

    dari yang baca dari artikel ini lapizan ozon semakin lama semakin menipis karena penggunakan CFC, juga Ozon tidak dapat terbentuk secara instant karena membutuhkan waktu jutaan tahun. Hal yang dapat dilakukan saat ini dengan mengurangi penggunaan CFC

    ReplyDelete
  100. @M15-AZAM ; Muhammad Azam Basri

    Kerusakan lapisan ozon juga memiliki pengaruh langsung pada pemanasan bumi yang sering disebut sebagai “efek rumah kaca”Sebagian besar ozon stratosfer dihasilkan di kawasan tropis dan diangkut ke ketinggian yang tinggi dengan skala-besar putaran atmosfer semasa musim salju hingga musim semi. Umumnya kawasan tropis memiliki ozon yang rendah,
    gas beracun ini bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dapat merusak paru-paru bahkan mampu menyebabkan kematian.

    ReplyDelete
  101. @L07-Auliya; Auliya Siti Anbar S.
    Kerusakan lapisan ozon mampu membuat bumi terpapar panas ultraviolet, oleh karena itu dengan menghindari pemanasan global kita harus menjaga lapisan ozon. Bahwa ozon memiliki lebih banyak fungsi seperti untuk menyerap sinar uvb yang dapat merusak kulit dan mengurangi panas matahari untuk sampai ke bumi. hal kecil yang dapat dilakukan oleh kita untuk meminimalisir kerusakan ozon dengan tidak menggunakan aerosol, hairspray, atau pun menggunakan AC secukupnya, hal kecil seperti itu saya rasa dapat mebuat dampak yang besar bagi lingkungan

    ReplyDelete
  102. ANALISA ARTIKEL

    ANDINI VINSENCIA @M06-ANDINI

    Ozon merupakan salah satu gas yang ada di atmosfer, terdapat pada sekitar 19-48 km dari atas permukaan bumi.
    Ozon merupakan gas beracun bagi makhluk hidup, dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Akan tetapi lapisan ozon juga memiliki manfaat luar biasa bagi bumi dan makhluk hidup, yaitu ozon menyerap sinar UVB dari matahari agar tidak mengenai makhluk hidup, jika terjadi kebocoran lapisan ozon dan sinar UVB terpapr pada makhluk hidup maka dapat menyebabkan kanker kulit dan meningkatkan tingkat kematian dini. Oleh karena itulah, kita harus menjaga keseimbangan bumi dengan baik agar dapat tetap hidup nyaman dibumi ini.

    ReplyDelete
  103. M11-SEPTIAWAN (Septiawan)
    Lapisan ozon sangat bermanfaat tapi juga bisa menjadi sangat berbahaya bagi manusia. Menipisnya lapisan ozon dalam atmosfer bagian atas diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan merusak tanaman pangan tertentu dll. Oleh karenanya kita harus menjaga agar lapisan ozon bagian atas atmosfer tidak berlubang. Misalnya dengan perlindungan hutan, reboisasi, penggunaan AC yang sewajarnya, dll.

    ReplyDelete
  104. @M33-FEBI (Febi Widyastutik)
    Ozon merupakan gas beracun dan jika terhirup bisa mengakibatkan kerusakan paru-paru. Namun lokasi lapisan ozon jauh dari permukaan bumi, dan berperan dalam membantu penyerapan sinar ultra violet – B (UVB) dari matahari. Ozon dapat digunakan dalam bidang pengobatan untuk mengobati pasien dengan cara terawasi dan mempunyai penggunaan yang meluas seperti di Jerman. Di antaranya ialah untuk perawatan kulit terbakar. UVB dapat menyebabkan kanker kulit nonmelanoma, selain itu berperan penting penyebarluasan melanoma ganas.

    ReplyDelete
  105. @M30-IQRO (iqro maulana hadi)
    Lapisan ozon merupakan gas yang beracun tetapi juga memiliki manfaat dimana mencegah paparan sinar UVB masuk . jika sinar UVB masuk akan memberikan dampak yang serius bagi kelangsungan kehidupan manusia seperti kanker kulit, penyakait jantung dan lain-lain, hal ini perlu dicegah secara dini agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Lapisan ozon yang menipis karena pencemaran lingkungan udara yang disebabkan baik karena aktivitas industry, transportasi dan juga rumah tangga. Hal kecil pun seperti penggunaan parfum semprot dan penggunaan AC ikut menjadi penyebab terjadinya polusi udara. Alangkah baik nya kita sebagai masyarakat lebih memperhatikan alam dan sekitarnya dan juga menggunakan produk yang aman terhadap lingkungan serta penggunaan energi seperti listrik yang tidak berlebihan. Kesadaran akan lingkungan harus dimulai dari kita sendiri dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lain sehingga generasi kedepannya juga melakukan hal yang sama peduli akan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  106. Nisrina Zahra Elfani
    @L11-Nisrina

    Ozon merupakan zat beracun bagi makhluk hidup jika terpapar secara langsung, bagi manusia dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Tetapi lapisan ozon yang terdapat pada atmosfer lokasinya sangat jauh dari permukaan bumi, dan bermanfaat untuk melindungi manusia dari sinar UV. Tetapi manfaat lapisan Ozon yang dapat melindungi kehidupan di Bumi dapat terancam dengan aktivitas manusia. salah satunya yaitu efek dari penggunaan Chloro Fluoro Carbon (CFC) pada penggunaan spray aerosol ataupun pendingin udara. Rusaknya lapisan Ozon pada atmosfer dapat berdampak buruk karena kerusakan laposan Ozon menyebabkan adanya kebolongan pada lapisan ozon tersebut sehingga menjadi jalan masuknya sinar UVB. Sinar UVB yang masuk dan sampai ke permukaan bumi dapat menyebababkan kanker kulit. Oleh karena itu kita perlu menjaga lingkungan kita dan mengurangi penggunaan produk yang dapat berpotensi merusak lapisan Ozon

    ReplyDelete
  107. @M12-TERBIT (terbit kakung sadewa)
    ozon sangat berperan untuk keseimbangan bumi,kegunaan ozon dapat berfungsi sebagai pelindung bumi dari sinar ultraviolet secara langsung.namun ozon jga dapat berdampak negativ dan merugikan.mka dari itu, kita harus mencegah terjadinya penipisan lapisan ozon,
    apabila terjadi penipisan lapisan ozon pada atmosfer akan mengakibatkan rusaknya berbagai tanaman dan mengakibatkan penyakit kanker pada manusiaa..

    ReplyDelete
  108. @M24-HARIYANTO
    Lapisan Ozon sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan di bumi, tidak hanya manusia, tumbuhan bahkan hewanpun juga merasakan hal yang sama terhadap pengaruh dari lapisan Ozon tersebut, berdasarkan dari keterangan artikel tersebut, semua kembali kepada bagaimana cara menyikapi agar lapisan Ozon tersebut tidak semakin menipis, semua kembali kepada bagaimana kita sebagai manusia agar dapat bersikap kritis terhadap dampak dari lapisan Ozon tersebut. Dengan kata lain kita harus mencegah agar lapisan Ozon tersebut tidak semakin menipis dengan mengurangi pembangunan rumah kaca yang harus digantikan dengan bahan yang ramah lingkungan, serta mengurangi penggunaan (CFC) yang berlebihan.

    ReplyDelete