.

Oct 24, 2013

Polusi Udara Kawasan Industri Sebabkan Kanker

KangAtepAfia.com - Ternyata ada korelasi yang erat antara polusi udara dengan penyakit kanker. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas California dan Universitas Michigan di wilayah Alberta, Kanada. Sebagai catatan di wilayah Alberta terdapat lebih dari 40 industri yang menebar emisi berbagai zat polutan.


Berdasarkan studi tersebut ternyata menunjukkan bahwa makin tinggi tingkat kontaminasi akibat polusi udara, maka menyebabkan makin tinggi pula jumlah penderita kanker.

Temuan ilmuwan Universitas California dan Universitas Michigan, yang dipublikasikan secara online menunjukkan, bahwa terdapat beberapa jenis polutan yang termasuk zat karsinogenik, antara lain 1,3-butadiena, benzena dan beberapa jenis lainnya. Selain itu terungkap mengenai adanya peningkatan jumlah pria yang menderita leukemia dan limfoma non-Hodgkin’s dalam sepuluh tahun terakhir, khususnya yang bermukim di sekitar wilayah yang terkenal polusi udara. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun pernah melaporkan,  bahwa polusi udara di luar ruangan merupakan salah satu penyebab utama kanker.

Perlu ada upaya yang sungguh-sungguh untuk melindungi pekerja dan warga sekitar dari dampak berbagai polutan. Dengan kata lain emisi industry perlu diturunkan secara bertahap. Para ilmuwan telah merekomendasikan hal itu, dengan harapan penyebaran kanker bisa dihentikan.

Sebaran jumlah penderita kanker ada kaitannya dengan arah angin yang dihembuskan dari sumber berbagai polutan yang di antaranya bersifat karsinogenik. Dalam hal ini yang menjadi sumber polutan tak lain adalah sentra industri. Taka da pilihan lain, emisi industri harus diturunkan, sehingga penyebaran gas yang bersifat karsinogenik dapat dihentikan.

Peraturan mengenai emisi gas industri memang telah ditetapkan, namun terjadi kesenjangan dengan pelaksanaannya di lapangan. Dalam hal ini pemantauan dan pengendalian emisi belum dilaksanakan dengan baik, sehingga kondisi kesehatan masyarakat kurang terawasi.

Kasus di Alberta, Kanada tersebut sebenarnya terjadi di kawasan industri berbagai Negara lainnya. Namun temuan ilmuwan menunjukkan, bahwa konsentrasi beberapa zat kimia di udara di kawasan tersebut, lebih tinggi dibanding dengan beberapa kota tercemar lainnya seperti Kota Meksiko (tahun 1990-an) dan Houston-Galveston. Hasil beberapa kali pengamatan secara priodik menunjukkan, bahwa jumlah beberapa senyawa organik yang mudah menguap dan berbahaya, menunjukkan 6.000 kali dibanding kondisi normal.

Keberadaan kawasan industri, baik industri kimia maupun industri lainnya, perlu mendapat pengawasan yang ketat. Di sisi lainnya kondisi wilayah pemukiman di sekitarnya perlu mendapat pemantauan.

Lantas, bagaimana dengan kondisi di Indonesia. Perlu dilakukan penelitian di kawasan industry yang ada, dalam kaitannya dengan peningkatan jumlah penderita kanker masyarakat sekitar. Salah satu faktor yang menentukan sebaran jumlah penderita kanker ialah arah angin. Sederhananya, ketika cerobong asap pabrik atau kilang mengeluarkan berbagai jenis gas dan debu, ke kawasan mana arahnya. Nah, dalam radius tertentu, lokasi yang menjadi sasaran sebaran polutan, maka populasi penduduknya  yang menderita kanker diduga meningkat. (Atep Afia/Sumber : www.enn.com).

Gambar:
http://www.unece.org/env/lrtap


122 comments:

  1. Trimakasih atas tutorialnya pak, dengan ini saya harap khususnya saya dan teman2 di teknik industri, akan lebih merasa sangat terbantu untuk lebih memerhatikan lingkungan, khususnya di lingkungan perindustrian.

    ReplyDelete
  2. memang perindustrian tidak lepas dari limbah pembuangan,entah itu pencemaran udara maupun pencemaran air.tapi, dengan adanya keterkaitan industri dan pelajaran kimia saya dan teman-teman mencoba meminimalisir pencemaran limbah tersebut dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  3. Selamat Sore
    Pencemaran udara adalah masuknya, atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran udara dapat terjadi dimana-mana, misalnya di dalam rumah, sekolah, dan kantor. Pencemaran ini sering disebut pencemaran dalam ruangan
    Berdasarkan sumbernya, pencemaran udara dibagi menjadi dua, yaitu:
    1.Aktivitas manusia.

    a.Berasal dari industri dan pertambangan (bahan kimia, minyak bumi, pengolahan tambang).
    b.Berasal dari kendaraan bermotor (gas CO, CO2, NO, karbon, hidrokarbon).
    c.Oleh ekses dari pembangunan.
    d.Berasal dari pembakaran segala bahan-bahan buangan (sampah dan lain-lain).

    2. Dari faktor alam (kebakaran hutan).

    Berdasarkan pengelompokannya, pencemaran udara dibagi menjadi dua, yaitu:
    1. Gas/uap (NO, CO, SO2, hidrokarbon, hidrogen, ammonia, dan lain-lain)

    2. Partikel (aerosol, debu, fume, droplet, abu, logam).

    Berdasarkan partikelnya, pencemaran udara dibagi empat, yaitu:
    1. Debu yang mengakibatkan fibrosis si dalam paru-paru (debu silica).
    2.Debu-debu karbon.
    3.Debu-debu yang menimbulkan alergi (debu, kayu, debu organik).
    4.Debu-debu yang menimbulkan iritan (asam-asam, alkali fluoride, dan kromat).
    Dampak Pencemaran Udara :

    - Penipisan Ozon
    - Pemanasan Global ( Global Warming )
    - Penyakit pernapasan, misalnya : jantung, paru-paru dan tenggorokan
    - Terganggunya fungsi reproduksi
    - Stres dan penurunan tingkat produktivitas
    - Kesehatan dan penurunan kemampuan mental anak-anak
    - Penurunan tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak.

    Pengaruh polusi udara terhadap kesehatan jangka pendek dan jangka panjangPajanan jangka pendek

    1. Perawatan di rumah sakit, kunjungan ke Unit Gawat Darurat atau kunjungan rutin dokter, akibat penyakit yang terkait dengan respirasi (pernapasan) dan kardiovaskular.
    2. Berkurangnya aktivitas harian akibat sakit
    3. Jumlah absensi (pekerjaan ataupun sekolah)
    4. Gejala akut (batuk, sesak, infeksi saluran pernapasan)
    5. Perubahan fisiologis (seperti fungsi paru dan tekanan darah)

    Pajanan jangka panjang

    1. Kematian akibat penyakit respirasi/pernapasan dan kardiovaskular
    2. Meningkatnya Insiden dan prevalensi penyakit paru kronik (asma, penyakit paru osbtruktif kronis)
    3. Gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin
    4. Kanker
    Berbagai cara untuk memanfaatkan lahan yang sempit di sebuah hunian agar menjadi nyaman dengan tanaman penyerap polusi ini yaitu :
    1. Membuang sampah pada tempatnya
    2. Penanggulangan limbah industri
    3. Penanggulangan pencemaran udara
    4. Penghijauan dan Penanaman Pohon
    5. Penggunaan pupuk dan obat pembasmi hama tanaman yang sesuai
    6. Pengurangan pemakaian CFC

    ReplyDelete
  4. Sangat perlu adanya pengawasan terhadap kawassan industri yang khususnya memproduksi bahan kimia, bagaimana setandar iso untuk membangun sebuah pabrik industri....
    Kalau saya lihat di Indonesia khususnya di Bekasi, Cikarang itu suda mulai gersang di area kawasan Industri, dikarenakan jumlah flaura dan fauna khususya (Pohon) yang tidak seimbang sehingga proses penyerapan oksigen yang beracun tidak bisa di serap oleh pohon, menurut saya kota untuk kawasan industri juga perlu di buat hutan kota kalo perlu di perbanyak sehingga resiko seperti kanker atau penyakit yang lainnya akibat limbah pabrik bisa di minimalisir,,,, Semoga kawasan industri khhusunya kota bekasi pemerintahanya segera sadar akan bahayanya polutan di area tersebut.

    ReplyDelete
  5. Kita semua tahu sekarang bahwa polusi udara bukan hanya resiko utama bagi kesehatan secara umum, namun juga menjadi penyebab dari faktor lingkungan untuk kematian akibat kanker.
    bayak hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengurangi resiko penyakit kanker yang di timbuulkan akibat polusi udara yang berbahaya. polusi udara yang bersifat karsinogen atau zat yang bisa mengakibatkan kanker ternyata sama bahayanya dengan tembakau, asbes, dan radiasi ultraviolet.
    di Indonesi sendiri sangat banyak industri kimia dan non kimia yang menghasilkan polutan berbahaya pemicu kanker, untuk dapat menguranginya mungkin langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain : memindahkan industri-industri ke daerah yang jauh dari pemuikiman masyarakat agar masyarakat terhindar dari polutan, daerah yang di pilih juga harus memperhatikan arah anginnya seperti yang telah di jelaskanj di atas. Hendaknya di pilih yang arak anginnya menuju laut . yang tidak menuju pemukiman masyarakat dan juga di jauhkan dari perkotaan padat penduduk. Selain langkah tersebut kita juga melakukan perbaikan udara dengan reboisasi, karena semakin banyak polutan di udara akan berimbas semakin sedikitnya udara sehat untuk kita bernafas. Dengan kita melakukan penghijauan atau penanaman pohon, kita akan menghasilkan udara sehat.
    demikian komentar saya tentang polusi udara yang menyebabkan kanker.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. memang sulit untuk menghilangkan sebuah Limbah dari suatu Perindustrian,, karena dimanapun ada perindustrian biasanya disitu terdapat limbah..
    yang kita tau limbah ini memang sangat merugikan karena dapat memcemari lingkungan, baik melalui udara ataupun air.
    dengan inipun saya berharap khususnya untuk diri pribadi dan rekan-rekan lainnya sebagai generasi penerus bangsa bisa belajar dan mencari tahu bagaiman cara meminimalisir sebuah limbah dan memafaatkan limbah pabrik tersebut.. agar terjadinya pencemaran pun semakin berkurang..
    saya ucapkan terimkasih, karena tulisan bapak ini sangat bermanfaat bagi kami yang akan berkecimpung di dunia Industri..

    ReplyDelete
  7. memang sudah menjadi hal yang wajar bila suatu Industri menghasilkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan apalagi sampai menyebabkan KANKER ini sudah sangat membahayakan bagi semua orang baik yangbekerja di industri tersebut maupun masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan industri tersebut.
    ini sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk menanggulangi nya, seharusnya industri bisa mengelola terlebih dahulu polusi tersebut sebelum di keluarkan ke udara.
    ini menjadi pr semoga di masa depan kami yang sedang menempuh proses pembelajaran di teknik industri bisa mencari solusi dan jalan keluar masalah tersebut.
    terima kasih kepada bapak atep karena telah memberi pengetahuan yang sangat berharga sehingga kami mendapatkan pengetahuan baru tentang industri dan permasalahannya.

    ReplyDelete
  8. limbah polusi pabrik ini memang belum ada yg bisa mengatasinya agar tidak tercemar kepada masyarakat sekitar, seharusnya ada pembahasan khusus dari para pemilik perusahaan untuk mengatasi hal ini karena limbah ini bisa terkena pada siapa saja dengan disebarkan oleh angin sedangkan arah angin tidak akan selalu sama pada setiap waktunya pasti angin akan berpindah entar itu ke arah utara, barat, timur, atau selatan. maka penyebab polusi ini dapat kerkena kepada keluarga pemilik perusahaan dan keluarga para karyawannya, tetapi tidak ada pembahasan khusus tentang masalah ini. bukan tidak mungkin kalau tidak ada diatasi maka pengidap penyakit kanker semakin bertambah setiap tahunnya.

    ReplyDelete
  9. mungkin untuk saat ini sudah menjadi hal yang hal lumrah melihat banyaknya limbah industri yang berserakan didalam sungai-sungai maupun pemukiman. dan sekarang ditambah lagi dengan tata letak cerobong yang tidak baik menyebabkan kangker. ini terjadi karena ketidakseriusan pemerintah dalam menindak tegas oknum-oknum perusahaan yang "nakal" dalam menjalankan aktivitasnya. apalagi setelah melalui studi kajian yang panjang, limbah industri dan polusi udara kawasan industri menjadi salah satu penyebab kanker!! untuk itulah dibutuhkan ketegasan dari pemerintah dan kesadaran dari para perusahaan untuk tetap memproduksi dengan mengedepankan ekosistem lingkungan dan khusunya saya beserta teman-teman teknik industri lainnya akan selalu berusaha membentuk sebuah industri yang sehat tanpa mengorbankan lingkungan&ekosistem.. semoga..

    ReplyDelete
  10. penyakit kanker yang menjadi suatu hal yang menakutkan bagi banyak orang memang dapat berakibat sangat fatal hingga kematian. kemajuan sektor industri yang mempengaruhi bertambahnya jumlah pengidap kanker dan mengambil peran dalam penyakit kanker memang memiliki berbagai problem,dimana suatu sisi industri membutuhkan suatu ruang untuk membuang limbah yang dihasilkan dari proses produksi dan manusia yang terganggu kesehatan. hal ini lah yang seharusnya menjadi kajian bagi manusia untuk mengembangkan teknologi penghasil limbah yang sehat dan didukung juga dengan pola hidup yang sehat,maka mari kita menciptakan inovasi-inovasi baru yang menjadi manfaat bagi manusia,khususnya dalam bidang industri dan kesehatan.

    ReplyDelete
  11. penyakit kangker adalah penyakit yang identik dengan polusi,tidak hanya polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor saja tapi asap pabrik yang mengepul di daerah kawasan industri itu juga sangat membahayakan bagi organ dalam makluk hidup terutama manusia penyakit yang diderita oleh manusia yang sering menghirup asap-asap atau limbah yang berupa asap biasanya adalah penyakit ispa sampai kangker paru-paru disebabkan karena organ tersebut terkontaminasi asap-asap yang mengandung racun.. tp tidak bisa di pungkiri pada saat ini bnyak pabrik-pabrik yang di bangun manusia untuk meningkatkan mutu kualitas negara. dan karena indonesia adalah negara berkembang banyak pabrik-pabrik yang ada di daerah-daerah tertentu otomatis pabrik juga membutuhkan orng untuk kerja didalamnya. tetepi manusia sekarng sudah tidak memperdulikan kesehatan mereka demi uang. walaupun kangker sedang mengintai mereka semua dan kangker dapat berkibat sangat berbahaya bagi manusia hingga kematian yang di sebabkan oleh penyakit kangker ini,, demikian konmentar saya tentang kangker yang di sebabkan limbah pabrik.. sekian terima kasih

    ReplyDelete
  12. menurut saya dalam konteks masalah polusi udara yang dapat menyebabkan kanker ini, yang harus diperhatikan adalah manusia itu sendiri yang tinggal di lingkungan industri, kebanyakn mereka tidak peduli dengan dampak dari limbah pabrik, karena memang efek yang ditimbulkan adalah efek jangka panjang yang baru akan terasa beberapa belas atau puluh tahun mendatang, sehingga mereka tidak berusaha menindak atau memberikan gagasan terhadap pihak industri untuk lebih memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari limbah pabrik tersebut

    ReplyDelete
  13. Penyakit-penyakit yang ditimbulkan dari polusi dan limbah memang banyak ditimbulkan dari kegiatan perindustrian yang ada. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa suatu industri akan menimbulkan limbah karena di dalam industri itu terdapat berbagai macam proses untuk menghasilkan suatu produk yang diinginkan dan hal itulah yang menjadi faktor perindustrian menghasilkan limbah dan polusi yang dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan berbagai penyakit.
    Hal tersebut tidak dapat dihilangkan secara langsung namun kita dapat meminimalisirnya dengan cara membuat inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk mengolah limbah sebelum dibuang ke alam dan mengurangi polusi dengan cara mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia dalam suatu proses pembuatan produk.
    Maka, mari kita buat inovasi-inovasi baru dalam hal untuk mengurangi limbah dan polusi yang dihasilkan dari suatu perindustrian-perindustrian sebagai generasi penerus bangsa yang dapat melesatarikan lingkungan.

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya pemerintahlah yang harus bertindak tegas dalam upaya semacam ini, bilamana sudah ditetapkan peraturan mengenai pembuangan emisi gas sebaiknya pabrik-pabrik yang ada dikawasan industry tersebut harusnya mematuhi peraturan-peraturan tersebut. Dan apabila peraturan tersebut dilanggar maka pemerintahlah yang harusnya bertindak tegas untuk memberikan sanksi kepada pabrik tersebut.
    Atau dengan cara lain, yaitu pabrik-pabrik di kawasan industry harus bersedia menyediakan masker untuk penduduk yang bermukim di area kawasan industry tersebut. Itu merupakan langkah awal dari pencegahan penyebaran kanker dan penyakit mematikan lainnya yang disebabkan oleh asap-asap pabrik. Dan untuk para pekerja pabrik itu sendiri, seharusnya pabrik juga menyediakan masker anti polusi untuk dipakai para pekerja ketika sedang bekerja di pabrik tersebut.

    ReplyDelete
  15. Polusi udara memang menjadi sorotan di berbagai negara, khususnya adalah Indonesia. Penyakit kanker seharusnya menyadarkan masyrakatnya akan penting lingkungan hidup yang alami. Meningkatnya populasi manusia di Indonesia merupakan penyebab utama meningkatnya populasi, karena semakin banyak jumlah kawasan industri yang dibuka. Sebaiknya cara-cara bagaimana mengurangi akan adanya populasi udara ini perlu di publikasikan kepada masyarakat umum, agar masyarakat lebih menyadari akan pentingnya kesehatan mereka.Serta adanya peduli yang tinggi dari Pemilik kawasan Industri terhadap kesehatan masyarakat di sekitar kawasan tersebut. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. assalamualaikum..
    menurut saya kalau masalah polusi yang disebabkan oleh adanya industri yang ternyata limbah-limbah nya itu karsinogenik memang sulit untuk dipecahkan, karena selain memicu adanya polusi udara, dengan adanya industri tersebut juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan terbukanya peluang kerja untuk mereka..mungkin yang yang lebih bak adalah dengan adnya kerjasama yang baik antara pihak indutri, masyarakat sekitar, dan pemerintah. dari industri senidir mungkin sebaiknya lebih jauh mempertimbangkan terlebih dahula bahan-bahan yang akan mereka gunakan itu dapat mecemari lingkungan sekitar atau tidak, lalu dari pihak pemerintah sebaik jauh lebih mengawasi dan jauh lebih serius dalam memberikan izin dan pengawasan terhadap industri0industri tersebut. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Di Indonesia perlu juga diadakan penelitian agar kita tau sudah berapa besar kah pencemaran udara limbah pabrik terhadap lingkungan sekitar pabrik dan pemerintah dapat mengambil keputusan yang tegas untuk menanggulangi masalah ini agar dapat memperkecil dampak yang diakibatkan oleh limbah pabrik tersebut.
    menurut saya, pemerintah harus membatasi dan mengawasi laju pertumbuhan pabrik di suatu kawasan industri dan mengimbanginya dengan menanam pepohonan dikawasan tersebut agar dapat mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh limbah pabrik.

    ReplyDelete
  18. dilaksanakannya pengawasan pada kawasan-kawasan industri sangat penting,karena faktor lingkungannya saja dapat menjadi sebuah resiko,khususnya pada kawasan2 industri yang memproduksi barang yang mngandung bahan kimia,salah satu akibatnya seperti polusi udara/air yang dapat menyebabkan berbagai faktor lingkungan menjadi rusak. maka dari itu,untuk mencegah dan meminimalisirkannya di antarnya dengan cara menempatkan industri-industri yg cukup jauh dari tempat tinggal masyarakat,agar masyarakat setempat dapat terhindar dari berbagai polutan.

    ReplyDelete
  19. Menurut saya dalam artilkel ini, Organisasi dari Kesehatan dan Organisasi dari peduli lingkungan yang lainnya. Organisasi tersebut harus terus mengecheck kondisi udara di wilayah tersebut. Bila didaerah industri tersebut mempunyai kondisi udara yang buruk. Maka kita harus mengupayakan banyak menanam pohon-pohonan/penghijauan dilingkungan tersebut dan menganjurkan warga didaerah tersebut sering memakan buah-buahan atau yang mengandung antioksidan untuk menetralisir radikal bebas dan memakai masker.

    ReplyDelete
  20. limbah pabrik industri memang menyebar di mana mana yg melalui udara , air sungai dan lain lain , oleh karna itu dari pabriknya sendiri harus sadar akan bahayanya limbah tersebut di kalangan masyarakat sekitar . sehingga tidak membuang limbah industri sembarangan , dan pemerintah harus tegas dengan UUD yg telah di buat bahwa sampah pabrik tidak boleh di buang sembarangan

    ReplyDelete
  21. memang benar seharusnya emisi industry harus di turunkan sebagaimana mestinya karena industri menghasilkan polusi udara yang bisa mengakibaatkan kanker namun solusi terbaiknya adalah bagaimana suatu industri jauh dari lingkungan manusia agar dapat mengurangi penyakit kangker.

    ReplyDelete
  22. Artikel ini sangat menarik dan memotivasi,karena kami sebagai calon sarjana teknik industri mengemban tugas untuk meminimalisir dampak yang di timbulkan oleh limbah Industri.Perlu diperhatikan sistem daur pembuangan limbah agar tidak merusak apalagi merugikan alam ataupun manusia di sekitar kawasan tersebut.Di harapkan kedepannya muncul penemuan-penemuan yang berguna dalam pengelolaan limbah industri agar tidak menimbulkan penyakit-penyakit mematikan yang lain.

    ReplyDelete
  23. dimanapun ada pabrik itu pasti ada rute cara pembuangan limbah pabrik tersebut, dengan adanya limbah limbah itu. semestinya erusahan atau pabrik itu menyediakan sebuah alat atau apapun yang bisa menyaring aliran limbah itu tidak terlihat dan tidak di rasakan oleh masyarakat yan dimana mereka hirup setiap saat,

    semestinya pabrik mengelolah dengan baik limbah tersebut, artikel ini sangat membuka mata bagi kita agar suatu saat kita bisa membuat suatu pemikirian bagaimana cara mengelolah limbah dan cara penyimpananya, agar masyarakat tidak 100% menghirup udara limbah tersebut,,

    dan kita harus membangun wawasan bagai mana cara membuat limbah itu di tempatkan yang sesuai dan tidak terhirup masyarakat

    ReplyDelete
  24. sulit memang untuk menghindari limbah di kawasan industri, dimana kita tahu bahwa pasti ada sisa sisa zat yang ditimbulkan dari suatu hasil produksi, dan orang orang yang terlibat di sebuh industri pun tidak sedikit, oleh karena itu harusnya ada kebijakan pemerintah untuk menertibkan para pelaku industri seperti penanggulangan limbah dan jumlah limbah yang dihasilkan, dengan demikian dapat mengurangi jumlah limbah meski tidak dapat menghilangkannya. yang kemudian akan memiliki banyak manfaat seperti mengurangi resiko kanker dan menciptakan lingkungan industri yang tidak terlalu membahayakan

    ReplyDelete
  25. Dengan semakin banyaknya perkembangan industri yang ada, maka semakin banyak juga polusi yang dikeluarkannya. Karena dalam industri itu sendiri banyak sekali bahan-bahan kimia yang dapat mencemarkan udara, dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu penyakit kanker paru-paru. Menurut survey, penyakit mematikan ini sudah menjadi momok dikalangan masyarakat. Karena salah satu penyebabnya ialah dari pencemaran udara. Apalagi khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan industri/perkotaan yang jumlah polusinya lebih tinggi dibandingkan di pedesaan.
    Nah, cara untuk menanggulanginya yaitu bisa dengan melakukan pengolahan atau penyaringan terhadap gas buang industri sebelum dibuang bebas ke udara serta mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang banyak digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik.

    ReplyDelete
  26. Artikel ini sangat menarik dan memotivasi,karena kami sebagai calon sarjana teknik industri mengemban tugas untuk meminimalisir dampak yang di timbulkan oleh limbah Industri.
    Pencemaran udara adalah masuknya, atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada

    kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Pencemaran udara dapat terjadi dimana-mana, misalnya di dalam rumah, sekolah, dan kantor. Pencemaran ini sering disebut pencemaran dalam ruangan
    Berdasarkan sumbernya

    ReplyDelete
  27. salah satu pengurangan bahaya yang disebabkan oleh polusi industri ialah dengan mengawasi secara berkala yaitu dengan turun langsung pengawas dari pemerintah ke industri tersebut.

    ReplyDelete
  28. polusi pabrik sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kanker tapi adakah cara untuk memminimasilkan resiko atau polusi udara bisa di daur ulang? dengan demikian bahaya yang di timbulkan polusi tersebut tidak berbahaya untuk kesehatan mahluk hidup

    ReplyDelete
  29. Memang peranan pemerintah sangat dibutuhkan unuk lebih memperketat lagi pengawasan terhadap pabrik industry yang ada untuk lebih mengurangi polusi yang disebabkan oleh pembakaran (Asap). Dan sepertinya juga dibutuhkan temuan-temuan baru untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan polusi yang disebabkannya. Sebab polusi udara di perkotaan seperti di Jakarta tidak hanya menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru. Tetapi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut polusi udara dapat menyebabkan kanker

    ReplyDelete
  30. Sekarang saya mengerti bahwa perkembangan industri yang tidak mengindahkan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) berdampak buruk pada kesehatan masyarakat. Selain sebagai penyebab utama kanker paru-paru, polusi udara juga mengancam kesehatan dengan kemungkinan kanker kandung kemih. jadi kita harus lebih memperhatikan lebih serius bagaimana cara untuk meminimalisir polusi udara yang di timbulkan dari limbah industri.

    ReplyDelete
  31. kita semua tau bahwa sekarang saking banyaknya industry yang makin berkembang dan semakin banyak itu menyebabkan saking banyaknya juga polusi yang dihasilkan. maka disini diperlukan peran pemerintah atau organisasi yang peduli lingkungan harus mengawasi perindistrian agar dapat meminimalisir pencemaran yang terjadi.

    ReplyDelete
  32. Keberadaan industri-industi disekitar masyarakat memang harus ditindak lanjuti karena limbah-limbah dapat mencemari lingkungan disekitarnya,

    Salah satu upaya yang tepat apabila perusahaan-perusahaan industri pindah lokasi ketempat yang jauh dari lingkungan masyarakat dan itu pun diperlukan tindak lanjut dalam upaya penanganan limbah-limbah yang di hasilkan agar tidak mencemari lingkungan disekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Polusi udara yang terjadi di kota besar sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan kita di samping asap kendaraan bermotor dan di tambah lagi asap di lingkungan industri maka semaking lama udara terus tercemar dan tentunya sangat menganggu kesehatan kita, penangulanganya harusnya ada tatanan untuk perijinan tempat-tempatindustri dan harus diatur , dan untuk kendaraan bermotor juga harus ada batasan kepemilikan kerdaraan supaya dapat mengurangi polusi udara saat sekarang ini.

      Delete
  33. Kegiatan manusia mengakibatkan pembebasan senyawa ke lingkungan. Pencemaran atmosfir memiliki pengaruh nyata dan segera tampak pada manusia, jika masalah ini dibandingkan dengan pencemaran untuk media lain. Perkembangan industry mempertinggi tingkat pengaruh ini. Pada sisi lain perkembangan peralatan dan teknologi pengendalian pencemaran udara semakin baik dan canggih. Penerapan system pengendalian pencemaran selalu dikaitkan dengan biaya operasi, biaya pemeliharaan dan biaya produksi.

    Penurunan tingkat pencemaran udara diperlukan untuk mempertahankan kualitas udara yang memenuhi persyaratan bagi makhluk hidup di dalam biosfer, dan meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah industry maupun di daerah yang jauh dari industry. Upaya ini dikaitkan pula dengan kenyamanan. Kegiatan manusia di kota-kota besar merupakan bagian pada pencemaran atmosferik ini. Daya dukung biosfera terbatas dalam kapasitas penyerapan senyawa-senyawa yang dibebaskan ke lingkungan. Perlindungan lingkungan yang ditangani lewat pengendalian pencemaran harus ditinjau secara bersama-sama untuk berbagai media peralihan.

    ReplyDelete
  34. polusi udara bukan hanya asap dari pabrik saja melainkan asap roko,asap motor/mobil yang menimbulkan penyakit,khususnya kanker,dalam dunia industri tropong asap dan limbah tu cukup berbahaya,nah bagai mana kah tindakan kita supaya tidak terkena kanker akibat penemaran udara tersebut,,,solusi saya supaya meminimalis terjadinya serangan kanker,,yaitu dengan mendaur ulang limbah limbah tersebut

    ReplyDelete
  35. Zat karsinogenik memang menjadi hal yang sangat wajar di era sekarang karena kondisi lingkungan yang semakin rusak, baik yang berasal dari polusi asap pabrik, rokok, bahkan dari pengawet makanan yang kita konsumsi. Karena itu jika memang dari penelitian itu menunjukkan limbah industri mengandung zat karsinogenik maka perlu ditingkatkan lagi keselamatan para pekerja jangan hanya mereka dituntut bekerja namun kesehatannya diabaikan karena itu perlu diadakan lagi penelitian lebih jauh untuk wilayah-wilayah industri di Indonesia mengenai hal tersebut sehingga kita bisa menyelamatkan kesehatan para pekerja.

    ReplyDelete
  36. Dalam hal ini pemerintah seharusnya selalu melakukan pengawasan dan bertindak tegas tentang polusi udara yang di hasilkan oleh industri. Semakin banyaknya polusi yang dihasilkan oleh industri industri akan memperparah kondisi bumi kita ini.
    Bagi para pemilik industripun tanpa diperingatkan oleh pemerintah seharusnya mereka sadar akan dampak negatif ini, dan mereka harus memperkecil tingkat polusi yang mereka keluarkan.

    ReplyDelete
  37. memang seharusnya kawasan industri itu, harus dijauhkan dari pemukiman warga, karena selain polusi, kebisingan juga bisa menggangu aktivitas warga, tetapi seperti nya hal itu tidak pernah terpikirkan oleh para pengusaha di indonesia, karena sebagian dari mereka masih mementingkan diri sendiri, yang terpenting industri nya bisa berjalan lancar dan keuntungan besar, hanya itu yang ada di pikiran pengusaha saat ini, tanpa memikirkan dampak dari polusi industri nya.

    ReplyDelete
  38. dalam kehidupan sehari hari kita sudah terbiasa dengan adanya polusi udara yang menimpa kita apa lagi dijakarta khususnya dan jabodetabek entah itu polusi udara yang di sebabkan oleh kendaraan bermotor atau di daerah kawasan industri yang sangat bebahaya bagi kita dan limbah limbah yang ada di pabrik juga harus mendapat perhatian dari pemerintah agar pembuangan tidak sembarang tempat karena apabila membuang kesembarang tempat contohnya ke got yang mengalir kesungai yang mencemarkan lingkungan sekitar sehingga membuat air sungai menjadi hitam.

    ReplyDelete
  39. kawasan industri memang berpotensi menyebabkan kanker karena di dalam kawasan industri sendiri menyimpan banyak polutan yang tersebar d udara sehingga banyak polutan yang mengandung zat-zat kimia terhirup oleh masyarakat di sekitar industri
    untuk menaggulangi pencemaran tersebut sebaiknya terutama pekerja di daerah industri memakai safety seperti masker

    ReplyDelete
  40. Di Indonesia ini banyak sekali industri industri yang bergerak dalam bidang apapaun. Tidak bisa dipungkuri, suatu industri pasti akan menghasilkan suatu limbah. Limbah tersebut bisa berupa berupa limbah cair ataupun limbah gas. Limbah limbah yang dihasilkan oleh industri memang sangat sulit untuk dihilangkan. Kita tau limbah gas bisa berpengaruh buruk pada masyarakat di dekat industri tersebut misalnya kanker dan juga penyakit paru paru. Menurut saya cara untuk mengurangi bahaya tersebut adalah di buat secara terpisah kawasan industri yang jauh dari masyarakat sehingga polutan polutan tersebut tidak terhirup oleh masyarakat sekitar.

    ReplyDelete
  41. Disitu ada hal yang diproduksi, disitu pula peningkatan keesenjangan terjadi. Salah satunya dari peningkatan jumlah limbah maupun pencemaran udara, seharusnya jka suatu industri yang memproduksi dan tingkat pencemarannya meleihi batas normal, pindahkan ketempat yang jauh dari pemukiman ataupun di tutup demi kesehatan anak cucu kita nanti. Karna dari dampak ini adalah jangka panjang dan laten. Dirasakannya bila nanti kita tua

    ReplyDelete
  42. harusnya pemeritah indonesia membuat peraturan seberapa besar kadar popusi yang dapat dikeluarkan oleh suatu industri dan lebih meningkatkan pengawasan terhadap industri-industri yang banyak mengeluarkan tingkat kadar polusi udara yang dapat menyebabkan kanker pada manusia, jika industri-industri tersebet tetap saja membandel dan terus saja mengeluarkan polusi udara yang secara berlebih pemerintah harus tegas menghukum industri tersebut atau menutup industri tersebut.

    ReplyDelete
  43. assalamyalaikum wr.wb
    polusi udara ...
    udara di atmosfir bumi kita campuran dari gas nitrogen (78%) oksigen (21%) gas argon (sekitar 1%) komposisi gas di atmosfir dapat mengalami perubahan karena polusi udara , pelepasan Co2 ke udara oleh berbagai aktifitas manusia atau pabrik industri yg dapat meningkatkan kadar Co2 d8i udara ...
    adapun dampak dari pencemaran udara yaitu
    > penipisan ozon
    >pemanasan global
    >penyakit pernapasan ,paru_paru ,jantung dll
    > terganggu proses reproduksi
    >stres dan penurunan tingkat produktivitas

    solusi,,,,
    >menghemat enenrgi yg di gunakan
    >menjaga kebersihan tempat tinggal
    >mengembangkan teknologi ramah lingkugan
    >

    ReplyDelete
  44. Demikian adanya yang terjadi di kota - kota besar terutama kawasan industri berdampak buruk bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan tersebut, salah satunya pencemaran udara yang bisa mengakibatkan kanker. Penyebab utama dari pencemaran lingkungan pada udara adalah semakin banyaknya kendaraan sebagai sarana transportasi bagi manusia di dunia ini begitu juga dengan pembangkit listrik dan emisi industri. Survei yang dilakukan oleh IARC (international Agency for Research on Cancer) menunjukan tingkat paparan polusi udara telah meningkat pada beberapa negara di dunia dengan populasi besar dan memiliki industri yang maju, salah satunya Cina dan Indonesia sendiri penyakit pernapasan menempati urutan ke empat dari daftar penyebab kematian di Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan keasadaran oleh semua pihak terutama pemerintah agar lebih ketat lagi dalam mengawasi lingkungan di sekitar masyarakat terutama kawasan industri dan diperlukan usaha - usaha lebih dalam menanggulangi pencemaran tersebut seperti penghijauan di sekitar kawasan industri.

    ReplyDelete
  45. efektifitas undang undang lingkunga hidup dalam implementasinya harus benar benar di jalankan dengan baik, ketika bagaimana sebuah pabrik / industri akan di dirikan, bagaimana pengelolaan limbah hasil industri yang di hasilkan, harus mengacu pada undang undang tersebut, sehingga akan meminimalkan dampak negatif / polusi bagi warga sekitar.

    ReplyDelete
  46. Kesadaran akan pentingnya kesehatan memang di era zaman modern seperti ini sangatlah dibutuhkan. Apalagi intensitas para pelaku dunia bisnis yang semakin tidak memperdulikan dampak yang ada, asalkan memiliki keuntungan besar apapun dilakukan, termasuk dengan adanya pembangunan-pembangunan pabrik yang ada di jantung kota. Padahal seharusnya pembangunan pabrik harus dibarengi dengan pemikiran akan dampak yang akan ditimbulkan. Misalnya di daerah kota besar, pabrik harusnya tidak ditempatkan di tengah kota, melainkan harus direlokasi ketempat yang jauh dari kegiatan keseharian. Dengan dibangunnya pabrik ditengah kota hanya akan semakin menambah polusi udara yang mana bisa mnjadi salah satu sebab kanker paru-paru. Harusnya pemerintah cepat tanggap agar membangun tata ruang kota yang lebih memperbanyak ruang terbuka hijau. Dan memberi himbauan yang tegas untuk para pelaku dunia industri khususnya yang berkaitan dengan kepentingan lingkungan agar dapat ikut serta menjaga kebersihan udara, seperti misalkan dilakukan penemuan penemuan bagaimana agar asap yang ditimbulkan dari pembakaran tidak menguap secara berlebihan, seperti misalkan mempunyai penyaringan pembakaran mutakhir yang tidak menimbulkan asap yang menyebabkan polusi udara.

    ReplyDelete
  47. Semua komponen masyarakat harus bener bener konsisten dalam menjaga polusi udara.dan yang paling penting peran pemerintah dalam mengatur industri industri dalam soal limbah.bila industri telah mengatur limbah yang gas maka resiko polusi yang menyebabkan kanker akan berkurang.dan manusia dapat menghirup udara sehatt

    ReplyDelete
  48. menurut saya itu tergantung Industrinya tidak semua industri mengeluarkan asap atau gas yang membahayakan. memang ada beberapa Industri mengeluarkan asap buangannya keluar tanpa di filter terlebih dahulu tapi itu sudah jarang sekali. di era teknologi yang canggih ini perusahaan industri sudah menggunakan exhause fun atau Irrigated cyclone scrubber menangani gas yang berputar lewat percikan air butiran air yang mendandung partikel dan gas yang terlarut akan dipisahkan dengan aliran gas utama atas dasar gaya sentrifugal. Slurry dikumpulkan di bagian bawah siklon. Siklon jenis ini lebih baik daripada menara percik. Rentang ukuran debu yang dapat dipisahkan ialah antara 3 – 5 mikron.

    ReplyDelete
  49. Menurut saya untuk mencegah pencemaran udara yang disebabkan oleh lingkungan industri,sebuah industri harus mengawasi limbah dan sisa hasil industri yang mencemarkan lingkungan untuk mencegah terjadinya penyakit kangker pada masyarkat sekitar.

    ReplyDelete
  50. polusi udara memang sangat berbahaya bagi tubuh manusia terutama bahaya paru-paru, untuk menanggulanginya mungkin perlu alokasi penempatan pabrik dengan pemukiman warga, yakni mengkhususkan area industri yang jauh dari pemukiman, dan memberlakukan industri yang ramah lingkungan, atau dapat pula mengurangi resiko kanker atau bahan karsinogenik dengan pola hidup sehat, yaitu meremajakan kembali tubuh dengan mengkonsumsi sayur dan buah.

    ReplyDelete
  51. Kami yakin ini (polusi udara) adalah karsinogen lingkungan paling penting. Lebih berbahaya daripada perokok pasif.
    memang betul seperti yangdikatakan WHO.
    asap/polusi udara dari kawasan industri memang berbahaya, karena lebih dari rokok zat kimia yang terkandung didalamnya. mungkin kita harus membuat filterisasi untuk keluaran asap pabrikan, yang membuat asap tersebut lebih diminimalisir tingkat bahayanya.

    ReplyDelete
  52. saat ini polusi udara sudah ada dimana mana tidak hanya di kawsan industri saja karena tingkat polusi kendaraan bermotor sangat tinggi. diindonesia seperti khususnya ditempat saya bekerja yakni di kawasan industri pulogadung tinggkat polusi udara sudah sangat baik terkontrol oleh pemerintah maupun badan persyaratan tertentu.hanya saja dikawasan industri di indonesia perlu ditambahkan lagi banyaknya tanaman hijau guna mengurangi tinggkat kepanasan dan menambah tingkat oksigen yang baik udara di kawasan industri di indonesia.

    ReplyDelete
  53. menurut saya kawasan industri memeng harus dijauhkan dari pemukiman penduduk karna limbah yg dikeluarkan oleh industri tersebut amat berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia

    ReplyDelete
  54. karena banyaknya pabrik-pabrik diIndonesia yang menimbulkan polusi udara sehingga banyak dampak yang disebabkan limbah polusi dari pabrik tersebut. Disini dibutuhkan peran pemerintah untuk mensosialisaskan pabrik tentang limbah berbahaya tersebut atau membuat peraturan baku jika melanggarnya, selain peran pemerintah pihak pabrik pun harus menyadari akan dampak yang ditimbulkan dari limbah tersebut dan cara menanggulanginya

    ReplyDelete
  55. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan bahwa polusi udara luar sebagai karsinogenik.

    Padahal, polusi udara telah dikenal selama bertahun-tahun, bisa meningkatkan risiko individu untuk berbagai penyakit, termasuk penyakit pernapasan dan jantung.

    Tingkat paparan polusi udara telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di negara-negara industri dengan populasi besar.

    “Udara yang kita hirup menjadi tercemar dengan campuran zat penyebab kanker,” jelas Dr Kurt Straif dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), dalam siaran persnya, seperti dirilis Medical Daily.

    Penelitian IARC berlaku untuk semua wilayah di dunia, meskipun dengan berbagai tingkat komposisi dan paparan.

    Kanker paru-paru dimulai di paru-paru dan dapat bermetastasis (menyebar) ke kelenjar getah bening atau organ lain dalam tubuh, seperti otak.

    ReplyDelete
  56. Polusi udara secara resmi diklasifikasikan sebagai karsinogenik atau salah satu penyebab munculnya penyakit kanker oleh Divisi Kanker Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Lembaga bernama International Agency for Research on Cancer (IARC) mengatakan bahwa polusi udara akibat dari lalu lintas dan asap industri adalah penyebab utama kanker paru-paru dan juga terkait erat dengan munculnya kanker kandung kemih. Bukti-bukti yang disampaikan oleh IARC, sebagai lembaga yang hanya merilis data yang terbukti ilmiah, akan memberikan tekanan pada pemerintah di dunia untuk segera bertindak.

    “Udata yang kita hirup telah terkontaminasi dengan bahan-bahan penyebab penyakit kanker,” ungkap Dr. Kurt Straif, Kepala Bagian Monografi IARC, yang meneliti dan memublikasikan peringatan-peringatan resmi. “Kita semua tahu sekarang bahwa polusi udara bukan hanya resiko utama bagi kesehatan secara umum, namun juga menjadi penyebab dari faktor lingkungan untuk kematian akibat kanker.”

    Polusi udara sudah diketahui sampai saat ini bisa menyebabkan resiko penyakit lainnya, termasuk liver dan penyakit pernapasan. Jumlah penderita penyakit-penyakit tersebut meningkat dengan drastis seiring dengan meningkatnya sektor industri di dunia. Data terbaru memperkirakan ada sekitar 233.000 orang meninggal akibat kanker paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara di seluruh dunia tahun 2010.

    IARC melakukan pengawasan terhadap studi-studi mengani resiko kanker dan menerbitkan pengumuman resmi jika dirasa sudah memenuhi syarat terhadap adanya karsinogen tertentu, atau hal-hal yang menjadi penyebab penyakit kanker.

    ReplyDelete
  57. polusi yg tedapat pada asap yg terjadi di kawasan industri sangat berbahaya apalagi disini saya membaca bahwa terdapat beberapa jenis polutan yang termasuk zat karsinogenik, antara lain 1,3-butadiena, benzena dan beberapa jenis lainnya.zat" tersebut dapat menyebab kan kanker.
    mungkin kita bisa mengatasi pencemaran polusi industri dngn cara sbb:
    Clean Air Act yang dibuat oleh pemerintah dan menambah pajak bagi industri yang melakukan pencemaran udara.

    Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui diantaranya Fuel Cell dan Solar Cell.

    Menghemat Energi yang digunakan.
    Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
    Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk.

    Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem.

    Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
    Memperluas gerakan penghijauan.

    ReplyDelete
  58. indonesia perlu mengadakan penelitian karena di indonesia sendiri sudah banyak industri yang menghasilkan pencemaran udara. Perlu adanya sosialisasi bahaya asap kepada warga sekitar pabrik maupun kepada pekerjanya sendiri. kanker paru-paru bisa menyerang saat kita terlalu banyak menghirup gas beracun itu, kita harus waspada dan selalu menjaga kebersihan dengan memakai masker pengaman

    ReplyDelete
  59. Tidak dapat dipungkiri Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah perusahaan perindustrian yang tidak sedikit. Setiap perusahaan pasti menghasilkan limbah baik dalam bentuk padat, cair maupun gas yang berdampak buruk bagi lingkungan terutama kesehatan manusia dan makluk hidup lainnya. Salah satu limbah industri yang sangat berbahaya ialah dalam bentuk gas atau udara, karena udara kontak lagsung dengan manusia, seperti pada saat bernafas. Udara yang baik untuk dihirup oleh manusia adalah udara yang bersih jauh dari polusi, akan tetapi kenyataanya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Limbah industri yang mengotori udara memperburuk keadaan dimana hal ini sangat merugikan manusia, salah satunya menyebabkan kanker, penyakit yang sangat berbahaya bahkan sampai menyebabkan kematian. Meski belum ada penanganan yang serius dari pemerintah, kita sebagai warga lingkungan industri sebisa mungkin tetap menjaga kesehatan yakni dengan menggunakan masker apabila melintasi area pabrik.

    ReplyDelete
  60. Indonesia mestinya mulai mengkaji bahaya gas emisi Industri terhadap kesehatan masyarakat sekitarnya, sedangkan negara maju seperti Kanada saja, yang notebene nya negara yang pasti menerapkan kebijakkan yang ketat mengenai analisa dampak lingkungan, masih saja terjadi kasus pencemaran yang berbahaya, apalagi negara berkembang seperti kita, yang pasti standar - standar mengenai emisi banyak yang belum terpenuhi. Semoga hal ini bisa segera terwujud, Amiin

    ReplyDelete
  61. kawasan industri merupakan kebutuhan yang tidak mungkin di hindari untuk memenuhi kebutuhan manusia.namun sayangnya dampak buruk dari proses yang berlangsung di kawasan inipun sangat mematikan bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain.beberapa solusi yang mungkin dapat dilakukan adalah
    1.dengan memperluas kawasan hutan desikat kawasan industri sehingga oksigen yang dihasilkan dari hutan kota yang berada disekitar kawasan dapat mengimbangi atau setidaknya meminimalisir radikal bebas di udara.
    2.solusi lain yang mungkin di ambil adalah dengan menyediakan fasilitas kolam air mancur sebanyak yang mungkin untuk suatu kawasan industri.karena selain berfungsi untuk memperindah estetika kawasan industri,air mancur pun dapat berperan sebagai “dust trap” sehingga udara padat yang mengandung polutan dapat terjebak di dalam air.
    Diharapkan dengan dust trap ini zat-zat berbahaya seperti: NO, CO, SO2, hidrokarbon, hidrogen, ammonia, dan lain-lain
    Dapat ikut terjebak kedalam kolam air mancur yang terintegrasi dengan plan waste water treatment


    FP
    41 6 111 20 130

    ReplyDelete
  62. Terimakasih buat informasinya,
    saya sangat setuju bila dilakukan penelitian terhadap kawasan industri yang mengeluargan kas atau limbah beracun yang berdampak negatif terhadap masyarakat terutama yang disekitar industri tersebut, karena dengan demikian perusahaan tersebut bisa direlokasikan atau bahkan harus ditutup bila tidak memenuhi standard gas buang industri

    ReplyDelete
  63. polusi udara industri memang sangat buruk bagi kesehatan manusia,
    apa lagi sangat di sayangkan bila generasi muda bangsa kita yang terkena imbas dari polusi udara industri. sebaiknya pemerintah lebih memper hatikan lagi SOP dunia industri di indonesia.

    ReplyDelete
  64. walaupun sudah seringnya di sosialisasikan tentang pengolahan limbah industri namun tetap saja masih banyak pengusaha yang tidak mau ambil pusing dengan limbah tersebut sehingga tidak memperdulikan pengolahannya dahulu untuk menjadi limbah ramah lingkungan, sangat disayangkan ketidak adanya rasa peduli akan lingkungan terutama bumi kita ini, keep save earth and go green

    ReplyDelete
  65. polusi udara industri memang sangat berbahaya seharusnya dalam sebuah perusahaan ada pengawasan secara ketat mengenai polusi udara. tidak hanya asap tetapi sisa-sisa produksi juga ikut menyumbangkan limbah bagi lingkungan sekitar industri.pengeluaran asap tidak diminimalkn oleh industri dan menyebabkan kanker. oleh karena itu upaya kita untuk meminimalkan terjadinya kanker dengan cara menambahkan filter dalam pembuangan cerobong asap produksi. untuk mengurangi tingkat penderita kanker perusahaan yang ada juga harus ikut serta dalam pencegahan kanker.

    ReplyDelete
  66. Bukan hanya menyebabkan kanker, polusi udara dapat juga bisa menyebabkan kematian. sepertinya di Indonesia hanya mementingkan penanganan, bagaimana meringankan limbah udara yang dibuang sekecil mungkin, tidak ada usaha untuk benar benar menetralkannya, banyak perusahaan jasa analis yang kini mampu menganalisa limbah udara, dengan cara sampling udara, tahukah kawan kawan bagaimana metodhe nya? dan pernahkah kawan kawan berfikir bagaimana bisa molekul molekul Nitrogen, Plumbum, Oksigen dan lainnya melayang layang di udara padahal mereka sendiri memiliki massa yang tidak terlalu ringan?
    Sayangnya, pihak Industri hanya mengganti kesehatan masyarakat yang tinggal dengan jaminan baik berupa uang atau asuransi kesehatan, sungguh masyarakat pun seharusnya lebih berhati hati untuk tinggal dikawasan yang memang beresiko mencemari udara, jagan mau ditukar kesehatan dengan material. takhayal Indonesia disebut negara dengan polusi ke-3 terbesar di dunia. Tanam Seribu Pohon pun, kerap gagal dilakukan, karena tanah yang sedang diupayakan untuk penanganan, kembali terbayar untuk membangun industri.

    ReplyDelete
  67. Waspada mengenai asap limbah pabrik tidak hanya penyakit kanker saja namun nyawapun bisa terenggut.Cara yg kecilnya sebaiknya gunakan masker saat berada dalam kawasan industri karna dampak asap itu sangatlah fatal untuk kesehatan kita ,perlunya pengawasan yang ketat oleh pemerintah mengenai polisi limbah tersebut dan sebaiknya pemerintah memikirkan solusi yang terbaik mengenai warga yang tinggal disekitar kawasan industri

    ReplyDelete
  68. Waspada mengenai asap limbah pabrik tidak hanya penyakit kanker saja namun nyawapun bisa terenggut.Cara yg kecilnya sebaiknya gunakan masker saat berada dalam kawasan industri karna dampak asap itu sangatlah fatal untuk kesehatan kita ,perlunya pengawasan yang ketat oleh pemerintah mengenai polisi limbah tersebut dan sebaiknya pemerintah memikirkan solusi yang terbaik mengenai warga yang tinggal disekitar kawasan industri

    ReplyDelete
  69. Kawasan industri hanya memikirkan produktifitas dan keuntungan investasi semata, tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan terhadap masyarakat yang tinggal disekitar kawasan industri terutama masalah polusi udara. Dan masyarakan disekitar kawasan industri juga tidak sadar dengan bahaya yang membayangi dilingkungan tempat tinggal mereka. Masyarakat seolah-olah terbiasa dengan polusi udara yang sangat membahayakan kesehatan mereka. Walaupun dampak dari polusi udara tersebut tidak terasa dalam waktu dekat setidaknya masyarakat dapat mengantisipasi hal tersebut.

    ReplyDelete
  70. Suatu industri tidak luput dari pencemaran udara maupun pencemaran air yang dapat merusak dan mengganggu kehidupan masyarakat yang berada di lingkungan sekitar. Seharusnya kesadaran suatu perusahaan untuk meminimalis atau memperkecil bahaya dari pencemaran udara sesuai dengan peraturan pemerintah PP No. 41 tahun 1999. Karena dengan mentaati peraturan tersebut maka dapat mengurangi resiko penyakit kanker yang diderita oleh lingkungan sekitar industri. Dan harus diadakan pengauditan (controlling) secara berkala.

    ReplyDelete
  71. industri pabrik di indonesia saat ini , saya rasa kebanyakan sudah peduli dengan lingkungan dan ruang lingkup di sekitarnya..terutama faktor limbah cair,gas,maupun padat..semuanya bisa di atasi jika pda prusahaan pabrik tsb mau ikut andil dalam perbaikan lingkungan dan sekitarnya..yang terpenting bagaimana kita bisa memposisikan dan lebih protectiv untuk pribadi..

    ReplyDelete
  72. trimakasih atas
    kalau memenag sebegitu parah dampak dari polusi udara,maka perl adanya upaya yang sungguh sungguh untuk melindungi para pekerja,kalu bis adi negara indonesia perlu dilakukan penelitian di kawasan industri,karna ndonesia salah satu kawasan industri terbesar,dan juga perlu pengawasan dan pemantauan yang ketat bagi warga yang tinggal dekat dengan kawasan industri

    ReplyDelete
  73. Perlunya penanganan yang serius dari pengusaha dan pemerintah untuk mengatasi polusi udara, yaitu dengan memperhatikan AMDAL (analisis dampak lingkungan) yang mengacu dari bahaya yang ditimbul kan oleh asap sisa produksi namun selain itu perlu adanya kesadaran dari para pekerja untuk selalu memakai APD (alat pelindung diri) yang sudah di sediakan oleh pabrik, dengan hal tersebut efek dari polusi udara akan teratasi.

    ReplyDelete
  74. Dalam indonesia,sangat perlu diadakan suatu pengamatan terhadap polutan-polutan yang berbahaya,sebab tidak hanya limbah dari kawasan industri saja,menurut saya polusi dari kendaraan bermotor di indonesia pun tak kalah banyaknya dengan polutan-polutan yang dihasilkan dari kawasan industri di Indonesia.

    ReplyDelete
  75. Informasi yang sangat bagus dan penting dalam artikel ini, dari informasi ini kita dapat mengetahui ternyata bahaya kangker banyak terjadi dari polusi industri, dari informasi ini kita bisa tingkat kan dalam pencegahan,

    ReplyDelete
  76. Setiap industri pasti menghasilkan limbah yg mungkin jika tidak diatasi dapat mencemari linkungan sekitar,maka dari itu seharusnya setiap badan usaha maupun individu yg ingin membangun usaha Industri apapun seharusnya bisa limbah yg dihasilkan dan mugkin akan lebih baik lagi jika bisa mengolah limbah itu sendiri. Dengan perencanaan yg matang dan teknologi yg yg tepat maka limbah yg dihasilkan tidak akan menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar. Terlepas dari itu,peran pemerintah juga sangat dibutuhkan seperti halnya dengan selalu melakukan pengawasan yg ketat bagi setiap sektor industri yg menghasilkan limbah ,dengan demikian maka dampak limbah yg dapat mencemari lingkungan akan dapat diminimalisir.

    ReplyDelete
  77. aris munandar5/25/2014 2:11 AM

    didalam suatu industri manapun pasti ada yang namanya limbah, sebab limbah adalah proses akhir dari industri yang tidak terpakai atau sampah, limbah dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif, kreasi tangan yang menghasilkan. dan ada juga limbah yang mencemari lingkungan .

    ReplyDelete
  78. Polusi udara terjadi karena faktor kelalaian manusia yang menjaga lingkungan sekitar, serta minimnya kesadaran manusia akan pentingnya udara bagi kesehatan. Polusi udara lebih banayak di sebabkan oleh kendaraan. karena gas buang yang di keluarkan sangat banyak setiap waktu. Dan juga polusi hasil industri yang kurangnya pengelolaan pembuangan limbah udar yang baik.

    ReplyDelete
  79. andi irawansyah5/25/2014 10:56 AM

    Dikarenakan banyaknya podusi yang dikeluarkan oleh industri itu sendiri banyak sekali bahan-bahan kimia yang dapat mencemarkan udara, dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya yaitu penyakit kanker paru-paru. Menurut survey, penyakit mematikan ini sudah menjadi momok dikalangan masyarakat. Karena salah satu penyebabnya ialah dari pencemaran udara. Apalagi khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan industri/perkotaan yang jumlah polusinya lebih tinggi dibandingkan di pedesaan.
    Dampak Pencemaran Udara :

    - Penipisan Ozon
    - Pemanasan Global ( Global Warming )
    - Penyakit pernapasan, misalnya : jantung, paru-paru dan tenggorokan
    - Terganggunya fungsi reproduksi
    - Stres dan penurunan tingkat produktivitas
    - Kesehatan dan penurunan kemampuan mental anak-anak
    - Penurunan tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak.

    ReplyDelete
  80. Polusi udara dari kawasan industri memang sangat mengganggu dan berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar kawasan industri tersebut, maka seharusnya pemerintah memetakan perencanaan untuk kawasan industri yang jauh dari pemukiman penduduk, sehingga tidak memberikan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Dan juga harus diwajibkan tiap kawasan industri mempunyai Unit Pengolahan Limbah ( UPL ) baik limbah cair, padat maupun gas sehingga limbah yang dibuang sudah diminimalisir dampaknya terhadap lingkungan hidup. Dan mewajibkan kawasan industri memiliki RHT di dalamnya untuk mengurangi dampak pencemaran udara terhadap lingkungan hidup sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  81. Beberapa hasil penelitian tentang polusi udara dengan segala resikonya telah dipublikasikan. Diperkirakan dalam sepuluh tahun mendatang terjadi peningkatan jumlah penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan. Pemerintah sebagai salah satu bagian yang bertanggung jawab atas keberlangsungan lingkngan hidup, seharusnya melakukan pembatasan gas limbah yang tidak ramah lingkungan misalnya dengan membuat peraturan dan undang-undang yang mengatur kontruksi pabrik yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  82. Adanya pemetaan terhadap pabrik pabrik yang sekiranya menghasilkan asap yang banyak sangat perlu,de ngan menjauhkan dari pemukiman penduduk, seperti beberapa waktu yang lalu saya berkeliling di kawasan industri di daerah Banten untuk limbah asap atau udara kurang begitu berdampa langsung bagi warga sekitar karena letak pabrik pabrik tersebut jauh dari pemukiman warga

    ReplyDelete
  83. tidak di pungkiri lagi polusi udara di kawasan industri saat ini memang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.menurut saya jika tiap industri yg berada dalam kawasan tersebut melakukan filtrasi atau penyaringan limbah asap dengan metoda tetentu sehingga aman ketika akan di buang ke udara, mungkin hal ini bisa meminimalisir terjadinya kanker atau sakit gangguan pernapasan.

    ReplyDelete
  84. Pernyataan ini memiliki bukti ilmiah yang kuat, jenis kanker terbanyak yang disebabkan oleh polusi udara adalah kanker paru, selain itu ditemukan juga peningkatan risiko kanker kandung kemih. Pada tahun 2010, lebih dari 220.000 kematian akibat kanker paru berhubungan dengan polusi udara. Polusi udara dengan sifat karsinogenik terbanyak terutama berasal dari asap transportasi, emisi industri dan agrikultural, pembangkit listrik, asap pembakaran dan asap yang dihasilkan dari proses memasak.

    IARC mengklasifikasikan polusi udara dalam kategori yang sama dengan tembakau dan rokok, radiasi sinar ultraviolet dan plutonium yang semuanya bersifat karsinogenik. Namun, polusi udara bukan menjadi satu-satunya penyebab kanker, banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker seperti genetik, merokok, gaya hidup, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  85. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  86. Polusi kawasan industri memang telah menjadi masalah besar secara global. Dampak dari polusi ini bukan hanya membahayakan bagi para pekerja maupun masyarakat yang berada dikawasan polusi tetapi juga merusak habitat habitat yang ada. Selain itu polusi ini sangat "berkontribusi banyak" bagi pemanasan globa. Masyarakat harus lebih kritis terhadap permasalah ini dan pemerintah maupan dunia seharusnya bisa mengontrol dan berperan lebih baik.

    ReplyDelete
  87. Polusi di indonesia sudah sangat memperihantikan,khususnya dikawasan industri seperti tanggerang,cikarang,bekasi,jakarta,surabaya.dan lain-lain.Bahaya polusi yang dihasilkan limbah industri sangatlah berbahaya bagi mahluk hidup sekitar industri maupun pekerjanya.Ini adalah pekerjaan rumah pemerintah untuk mengatasi polusi.Pemerintah harus terjun langsung ke lapangan untuk mengawasi limbah-limbah industri dan pemerintah juga harus melakukan penanaman sejuta pohon Agar polusi tersebut berkurang.

    ReplyDelete
  88. polusi merupakan limbah atau sampah buangan dari perindustrian yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena mengandung zat-zat yang berbahaya bagi sel-sel tubuh kita, jika sel-sel tubuh kita rusak, maka sel tersebut akan berubah menjadi sel kanker yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

    ReplyDelete
  89. Polusi yang dihasilkan oleh parik-pabrik industri sangatlah berbahaya karena limbah yang dihasilkan memliki zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan.kandungan zat berbahaya sangat banyak dalam limbah pabrik yang dihasilkan dari proses produksi

    ReplyDelete
  90. memang masalah polusi udara untuk di kawasan industri sangat berbahaya baik untuk pekerja maupun masyarkat sekitar yang bermukim di area industri ini juga harus di lakukan penelitian dan mencari solusi agar maslah ini dapat terurai,sudah bnyak korban baik karyawan maupun masyrkat sekitar yang terkena dampak dari polusi udara di kawasan industri ini,seperti limbah yang sudah tercemar di air sungai maupun udara bebas yang sudah mencemar di area kawasan harus bener2 segera di tangani dan di cegah untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh polusi udara

    ReplyDelete
  91. Sebenarnya pemerintahlah yang harus bertindak tegas dalam upaya semacam ini, bilamana sudah ditetapkan peraturan mengenai pembuangan emisi gas sebaiknya pabrik-pabrik yang ada dikawasan industry tersebut harusnya mematuhi peraturan-peraturan tersebut. Dan apabila peraturan tersebut dilanggar maka pemerintahlah yang harusnya bertindak tegas untuk memberikan sanksi kepada pabrik tersebut.
    Atau dengan cara lain, yaitu pabrik-pabrik di kawasan industry harus bersedia menyediakan masker untuk penduduk yang bermukim di area kawasan industry tersebut. Itu merupakan langkah awal dari pencegahan penyebaran kanker dan penyakit mematikan lainnya yang disebabkan oleh asap-asap pabrik. Dan untuk para pekerja pabrik itu sendiri, seharusnya pabrik juga menyediakan masker anti polusi untuk dipakai para pekerja ketika sedang bekerja di pabrik tersebut.

    ReplyDelete
  92. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  93. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  94. Pencemaran udara yang disebabkan oleh asap-asap industri adalah penyebab adanya satu atau lebih substasi kimia, fisik atau biologi di atmonfir dalam jumlah yang banyak yang dapat menyebabkan kesehatan manusia hewan, tumbuhan terganggu kenyamanannya. Maka dari itu Perlu adanya upaya yang sungguh-sungguh dari pemerintah untuk melindungi pekerja dan warga sekitar serta lingkungan sekitar dari dampak berbagai industri. Dengan kata lain emisi industry perlu diturunkan secara bertahap. agar dapat mengurangi pencemaran udara lingkungan setempat yang kita huni.

    ReplyDelete
  95. Karena saya mengambil bidang studi teknik industri , maka saya sangat menginginkan dan berharap pemerintah lebih tegas dalam mengawasi perusahaan besar yang ada di indonesia , karena tahun ke tahun perusahaan di indonesia semakin berani bermain dengan limbah-limbah , akibatnya daerah sekitaran perusahaan itu tercemar dan banyak merugikan masyarakat sekitar , penyakit yang di tular pun tidak langsung berasa pada tubuh namun akan berasa pada puluhan tahun yang akan datang .

    ReplyDelete
  96. sekarang yang menjadi tugas kita adalah bagaimana cara penaggulangan pencemaran udara ini.. sampai skrng banyak perindustrian yang menggunakan bahan bakar minyak atau gas untuk mesin2 industri.Gas-gas buangan industri sebelum dilepaskan/dibuang keudara, terlebih dahulu harus dinetralkan. disini pemerintah harus tegas kepada para pengusaha industri agar limbah atau pembuangan gas harus memiliki alat untuk penanggulangan hasil pembakaran. dan tegas memberi sanksi kepada pengusaha yang melaggarnya.

    ReplyDelete
  97. terimakasih infonya pak,semoga ke depannya semua lapisan lebih memperhatikan kesehatannya dan juga para pengusaha industri lebih cerdas untuk membuang limbah berupa gas ini ke udara,agar tidak merugikan banyak pihak.

    ReplyDelete
  98. Menurut saya perlu adanya relokasi dari pemerintah karena masalah utamanya sebagian besar kawasan industri dekat dengan pemukiman warga.by maria gabriella asdaryanti

    ReplyDelete
  99. perlu adanya upaya penanggulangan polusi udara,memberikan kesadaran terhadap pelaku industri dan masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya. Sebagai contoh menanam dan merawat tumbuhan di sekitar lingkungan kita. Berapa pun luas area kosong di rumah atau di tempat kerja kita, tanamilah dengan tumbuhan. Hal ini berguna untuk menyejukkan dan mengurangi jumlah polusi udara di sekitar kita. Jika lahan kosong benar-benar tidak ada, kita bisa memelihara tanaman dalam pot dan meletakkannya atau bisa juga menggantungnya di teras atau beranda rumah.

    ReplyDelete
  100. Langsung ke inti permasalahan.

    terimakasih atas informasinya pak atep, ini menjelaskan bahwa pentingnya ISO atau International Organization for Standardization sebagai pedoman untuk menjalankan suatu proyek di indutri, karena bagaimanapun Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja lah yang terpenting.

    ReplyDelete
  101. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  102. semakin tinggi ilmu yang di miliki oleh manusia yang di muka b umi ini , semakin tinggi pula pencemaran udara ,air, dan lingkungan akibat teknologi yang semakin canggih.

    ReplyDelete
  103. Sebagai salah satu bagian yang bertanggung jawab atas keberlangsungan lingkungan hidup Pemerintah seharusnya memberikan yang terbaik dengan melakukan pembatasan gas limbah yang tidak ramah lingkungan. Perlu dibuatnya peraturan dan undang” yang mengatur konstruksi pabrik yang ramah lingkungan. Dengan adanya peraturan-peraturan tersebut diharapkan sebuah pabrik tidak hanya dapat mengentaskan pengangguran tetapi juga tidak merusak lingkungan jadi setelah teratasinya satu masalah tidak muncul masalah lain. Telah dikeluarkannya undang-undang oleh pemerintah yang mengatur tentang konstruksi pabrik. Peraturan pemerintah nomor 35 tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Kawasan Industri, namun peraturan pemerintah tersebut hanya menjelaskan tentang pedoman teknis kawasan industri yang berbasis lingkungan kuran dijalankan dengan baik karena peraturan yang kurang begitu kongkrit.

    ReplyDelete
  104. Sebagai salah satu bagian yang bertanggung jawab atas keberlangsungan lingkungan hidup Pemerintah seharusnya memberikan yang terbaik dengan melakukan pembatasan gas limbah yang tidak ramah lingkungan. Perlu dibuatnya peraturan dan undang” yang mengatur konstruksi pabrik yang ramah lingkungan. Dengan adanya peraturan-peraturan tersebut diharapkan sebuah pabrik tidak hanya dapat mengentaskan pengangguran tetapi juga tidak merusak lingkungan jadi setelah teratasinya satu masalah tidak muncul masalah lain. Telah dikeluarkannya undang-undang oleh pemerintah yang mengatur tentang konstruksi pabrik. Peraturan pemerintah nomor 35 tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Kawasan Industri, namun peraturan pemerintah tersebut hanya menjelaskan tentang pedoman teknis kawasan industri yang berbasis lingkungan kuran dijalankan dengan baik karena peraturan yang kurang begitu kongkrit.

    ReplyDelete
  105. Terimakasih banyak atas infonya.. kami sedikit banyak bisa mengerti kawasan industri yang begitu berbahayanya bagi manusia, bahkan bagi lingkungan sekitar jg.
    seharusnya pemerintah bisa lebih mengerti kondisi ini untuk segera memperbaiki kondisi kawasan industri agar tidak semakin parah dan payah.

    ReplyDelete
  106. kawasan industri sebaiknya mendapat pengawasan dari pemerintah agar bisa meminimalisir polusi udara kawasan indusrti dari pemukiman warga.

    ReplyDelete
  107. Inilah mengapa kita perlu memperhatikan lingkungan. Saya harap, kawasan industri kedepannya bisa memperhatikan kondisi masyarakat sekitar.

    ReplyDelete
  108. memang benar seharusnya emisi industry harus di turunkan sebagaimana mestinya karena industri menghasilkan polusi udara yang bisa mengakibatkan kanker namun solusi terbaiknya adalah bagaimana suatu industri jauh dari lingkungan manusia agar dapat mengurangi penyakit kangker dan yang harus diperhatikan adalah manusia itu sendiri yang tinggal di lingkungan industri, kebanyakn mereka tidak peduli dengan dampak dari limbah pabrik, karena memang efek yang ditimbulkan adalah efek jangka panjang yang baru akan terasa beberapa belas atau puluh tahun mendatang, sehingga mereka tidak berusaha menindak atau memberikan gagasan terhadap pihak industri untuk lebih memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari limbah pabrik tersebut

    ReplyDelete
  109. seharusnya pabrik-pabrik dibuatkan lahan khusus, dan jauh dari pemukiman warga. Namun memang pada kenyataannya banyak rumah-rumah penduduk yang dekat dengan lokasi pabrik, untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh asap pabrik sebaiknya kita dapat melakukan penghijauan dan reboisasi. Penghijauan dan reboisasi dapat menurunkan polusi udara oleh CO2. Secara alamiah tumbuhan menyerap CO2 untuk fotosintesis, dengan penghijauan berarti akan meningkatkan pengambilan CO2 udara oleh tumbuhan.

    ReplyDelete
  110. Untuk pencemaran udara di kawasan industri memang dampaknya sangat buruk terhadap lingkungan sekitarnya. Seperti contohnya salah satu sekolah di cikampek yang letaknya sangat berdekatan dengan kawasan industri pupuk. Bahkan dengan penanaman begitu banyak pohon di setiap kawasan pabrik yang diharapkan dapat mengurangi polusi yang berkembang ataupun pemberian sumbangsih dalam rangka mengurangi polusi di area tersebut, tetapi masih sangat terasa polusi oleh masyrakat sekitar seperti bau yang amat menyengat, asap yang mencemari udara dan limbah cair yang turut mengotori aliran sungai lingkungan sekitar. Seharusnya setiap perusahaan harus menjunjung target untuk sertifikasi hijau keramahan lingkungan.

    ReplyDelete
  111. 1. Meningkatnya populasi manusia di Indonesia merupakan penyebab utama meningkatnya populasi, karena semakin banyak jumlah kawasan industri yang dibuka. Seharusnya perlu diperhatikan dalam sistem daur pembuangan limbah agar tidak merusak apalagi merugikan alam ataupun manusia di sekitar kawasan tersebut. Di harapkan kedepannya muncul penemuan-penemuan yang berguna dalam pengelolaan limbah industri agar tidak menimbulkan penyakit-penyakit mematikan yang lain.

    ReplyDelete
  112. Assalamualikum wr wb
    Polusi udara yang disebabkan oleh industri memang sangat berbahaya dan menyebabkan berbagai penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan). Menurut saya sebaiknya kawasan khusus industri dan sekitarnya jangan ditempati dengan pemukiman penduduk. Apabila memang sudah terlanjur ada penduduk dikawasan industri dan sekitarnya, sebaiknya Industri tersebut memikirkan dampak buangan yang dihasilkan agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  113. menurut saya agar kawasan pabrik penyebab polusi dll sebaiknya ditempatkan di tempat khusus, jangan seperti sekarang masih banyakpabrik industri berada di perkotaan, hal tersebut akan menambah banyak polusi yang ada. karena di perkotaan saja polusi akan kendaran bermotor sudah banyak, apalagi harus ditambah dengan polusi industri. Karena penyebab dari polusi tersebut dapa mengakibatkan kanker yang menurut saya biaya pengobatan nya mahal dan sulit disembuhkan.

    ReplyDelete
  114. Pulosi di zaman sekarang memang sudah meraja lela apa lagi kalau di lihat dari perkembangan perindustriaan. Untuk semakin banyaknya polusi yang di keluarkan tiap hari seharusnya semakin banyaklah penghijauan yang di lakukan untuk menetralisir polutan tersebut.

    ReplyDelete
  115. Kawasan Industri seharusnya jauh dari lingkungan masyarakat dan perlu adanya pengawasan ketat antara pemerintah dan pemilik perusahaan industri tersebut untuk dapat mengurangi dampak polusi udara dari Industri. Seperti halnya di Industri Pupuk maupun Industri yang membuang gas hasil/ sisa produksi dari pengolahan sebelum dibuang di udara harus melalui proses pemurnian terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  116. Seharusnya dengan berkembangnya teknologi, kita harus bisa lebih memperketat polusi-polusi yang berasal dari pabrik

    ReplyDelete
  117. Soleh Hakim Ansori
    @A11 - SOLEH
    dampak polusi udara terutama diwilayah perindustrian memang sangatlah buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan. para pembuat industri hanya memikirkan efek jangka pendeknya saja dari akibat yang ditimbulkan atas kegiatannya tersebut, padahal polusi udara yang telah tercemar akan sangat berbahaya bagi tubuh bahkan dapat menyebabkan kanker.

    ReplyDelete
  118. @A12-INDA
    seharus nya agar meminimalisir penderita kanker , perindustrian harus jauh dari jangkauan masyarakat karena asap yang di hasilkan oleh pabrik industri itu sangat berbahaya dan menyebabkan kanker yang berbahaya.

    ReplyDelete
  119. Kurniyanto Bayu Anggoro
    @E02-Bayu, @Tugas B05
    Mudah bagi kanker untuk tumbuh, salah satunya karena polusi udara.
    So, save our earth.

    ReplyDelete
  120. @E32-Theo, @Tugas B05
    dikarenakan banyaknya polusi yang ditimbulkan dan juga penyakit maka tata letak, pengelolaan limbah pada sebuah industri harus dikelola dengan baik supaya tidak merugikan warga sekitar.

    ReplyDelete