.

Oct 22, 2013

Mengenal Teknologi Hijau

KangAtepAfia.com - Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Dengan kata lain teknologi merupakan penjabaran dan tindak lanjut dari ilmu pengetahuan.
Saat ini istilah teknologi hijau (green technology) terus muncul ke permukaan, semakin banyak dibahas dalam berbagai diskusi dan seminar. Teknologi hijau menyangkut penggunaan metode dan bahan untuk menghasilkan produk dan energi yang bersih dan ramah lingkungan.

Melalui penerapan teknologi hijau diharapkan melahirkan inovasi dan perubahan dalam peradaban manusia. Bahkan, laju perkembangannya diharapkan seperti perkembangan yang pesat dari teknologi informasi dalam dua dekade terakhir. 

Perkembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain meliputi :

Konsep keberlanjutan, di mana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumberdaya alam. Dengan kata lain, kebutuhan saat ini dapat terpenuhi tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya sendiri.

Konsep daur ulang, di mana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat didaur-ulang atau digunakan kembali.

Konsep pengurangan limbah dan polusi, di mana pola produksi dan konsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.

Konsep inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif. Penggunaan bahan bakar fosil dan bahan kimia pertanian perlu dievalusai kembali, karena sudah terbukti dapat merusak kesehatan dan lingkungan.

Konsep viabilitas, intinya ialah bagaimana kegiatan teknologi dan produksi senantiasa ramah lingkungan. Dengan demikian pengembangan berbagai pusat kegiatan ekonomi perlu dibarengi dengan upaya yang serius untuk melindungi planet ini.

Teknologi hijau antara lain meliputi bidang studi :

Energi – Masalah yang paling mendesak untuk teknologi hijau adalah energi, termasuk pengembangan bahan bakar alternatif, serta dikembangkannya cara baru untuk menghasilkan energi, termasuk efisiensi energi.

Green building,  meliputi segala sesuatu dari pemilihan bahan bangunan ke lokasi bangunan itu berada. Dalam hal ini metode dan produk yang digunakan menimbulkan dampak yang sekecil mungkin terhadap lingkungan.

Kimia hijau (Green chemistry), dalam proses penemuan, desain dan aplikasi proses dan produk kimia semaksimal mungkin menghilangkan penggunaan bahan berbahaya beracun beserta turunannya.

Nanoteknologi hijau (Green nanotechnology), merupakan manipulasi bahan pada skala nanometer, sepermilar meter. Banyak ilmuwan yang mempercayai bahwa melalui penguasaan nanoteknologi, pada masa yang akan datang banyak hal yang dapat diproduksi. Dalam hal ini Nanoteknologi hijau merupakan penerapan prinsip kimia hijau dan teknik hijau (Green engineering) untuk beragam bidang. (Atep Afia/Sumber: www.green-technology.org).

Gambar:
http://www.rainharvest.co.za/2010/08/green-technology-what-is-it/

77 comments:

  1. Konsep "go green" dalam setiap tindakan terhadap lingkungan itu sangat baik menurut saya. apalagi kalau teknologi pun diciptakan semakin maju dan tak kalah saing tapi dengan label "go green"nya yang sangat mendukung tindakan ramah lingkungan. itu WoW sekalii.. (y) JEMPOOLLL!

    ReplyDelete
  2. dengan berkembangnya zaman teknologi pun semakin maju..
    dan baru-baru ini telah muncul inovasi terbaru yaitu "green technology"
    saya secara pribadi sangat mendukung inovasi yang sangat TOP ini.
    karena inovasi ini sangat mendukung konsep go green , dan saya rasa jika inovasi ini benar terapkan beberapa tahun kedepan pasti akan terasa dampak positifnya...

    ReplyDelete
  3. green technology memang sangat di butuhkan saat ini mengingat sangat pesatnya perkembangan teknologi saat ini yang semakin meningkat namun memiliki kekurangan yang mengakibatkan banyak pencemaran dmn maka dengan adanya green technology bisa sangat membantu mengurangi pencemaran sedikit demi sedikit dan membuatnya menjadi ramah lingkungan

    ReplyDelete
  4. Teknologi yang merupakan hasil dari riset dan kerja keras dengan tujuan untuk memudahkan suatu pekerjaan memang alangkah lebih baiknya memiliki dampak/akibat serta efek samping yang baik juga bagi alam dan lingkungan,dimana dalam hal ini teknologi hijau yang diterapkan untuk meminimalisir tingkat pencemaran merupakan suatu hal yang bagus dan baik untuk diterapkan dan dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek penting dalam kehidupan yang lainnya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. dengan adanya green teknonologi ini memang sangat berdampak bagus bagi kita karena sudah banyak kita tahu kalau lingkungan kita ini sudah tercemar sehingga kita membutuhkan teknologi ini untuk mengatasinya. teknologi ini harus terus dikembangkan segingga nanti dimasa akan datang tidak ada lagi lingkungan kita yang teercemar .

    ReplyDelete
  6. salah satu teknologi termutakhir dan yang paling bisa dioptimalkan adalah teknologi hijau ini.. dengan diperkirakan di masa depan akan semakin banyaknya penelitian tentang teknologi ini, semoga akan menambah banyaknya teknologi yang efisien dan mempunyai begitu banyak manfaat tanpa harus merusak sistem lingkungan seperti teknologi saat ini yang terus mengeksploitasi perut bumi dan alam tanpa memikirkan efek kedepan..

    ReplyDelete
  7. berbagai macam inovasi yang diciptakan dari teknologi hijau sangatlah bermanfaat, baik untuk manusia maupun lingkungan. kecilnya akibat buruk bagi lingkungan yang ditimbulkan dari teknologi hijau dapat menyeimbangkan antara modernisasi dan kualitas hidup. seperti contoh masyarakat perkotaan yang modern tetap dapat menikmati udara bersih dan segar layaknya udara pedesaan. dan teknologi hijau baiknya dapat diterapkan dalam segala jenis teknologi

    ReplyDelete
  8. Dengan adanya teknologi hijau ini lingkungan yang ada disekitar kita akan terbebas dari pencemaran udara, teknologi ini juga sangat baik dikembangkan untuk jaman sekarang. Dan berdampak positif juga bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Untuk di masa yang akan datang juga akan merasakan teknologi hijau apabila teknologi ini akan terus dikembangkan.
    Thanks you

    ReplyDelete
  9. Sekarang ini sudah dapat kita rasakan dampak-dampak dari berbagai reaksi-reaksi kimia yang ditimbulkan dari bahan bakar fosil dari kendaraan bermotor, gedung-gedung kaca, dan lain sebagainya.
    Hal itu akan berdampak semakin buruk jika kita tidak membuat suatu inovasi baru untuk meminimalisir dampak-dampak tersebut.
    Dengan adanya teknologi hijau seperti dengan membuat alat pengganti bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Maka, lingkungan sekitar akan terbebas dari pencemaran, polusi, dan lain-lain.
    Oleh karena itu teknologi hijau ini sangat baik dan sangat bermanfaat untuk dikembangkan untuk manusia maupun lingkungan. Sehingga, dapat berdampak positif bagi makhluk di bumi dan juga untuk bumi kita ini.
    Maka terus lakukan inovasi-inovasi baru dan ciptakan sesuatu yang baru yang bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan di bumi untuk makhluk di bumi dan tentunya untuk bumi kita ini.

    "GO GREEN"

    ReplyDelete
  10. Pengetahuan yang semakin pesat ini menimbulkan teknologi yang semakin bagus juga. Kebutuhan akan manusia secara materiil juga dapat terpenuhi. Selain mereka dapat mendapatkan kebutuhan materiil itu, mereka juga masih memperdulikan lingkungan hidup itu sangatlah baik. Selain ramah lingkungan, tetapi yang harus di perhatikan, semakin banyaknya kendaraan bermotor bukan kah itu meningkatkan polusi udara juga? semoga dengan teknologi hijau ini dapat menurunkan kerusakan lingkungan hidup di bumi.

    ReplyDelete
  11. Saya setuju dengan artikel Bapak, GO GREEN! Karena menurut saya saat ini kita harus menerapkan sistim GO GREEN mengingat kita terlalu boros dan terlalu membuang-buang sumber daya alam. Di samping itu konsep GO GREEN juga dapat membuat Bumi menjadi lebih nyaman lagi, seperti yang kita tahu lapisan ozon di Bumi sudah mulai menipis, dengan menerapkan teknologi hijau ini lah kita dapat membantu Bumi untuk memperlambat bahkan mencegah menipisnya lapisan ozon ini. Teknologi hijau harus lebih dikembangkan lagi untuk menjadi sebuah sorotan baru bagi masyarakat agar masyarakat tertarik untuk menggunakan teknologi hijau. Keep Go Green! And save the world!

    ReplyDelete
  12. assalamialaikum..teknologi semakin hari semakin berkembang dengan pesat dan menghasilkan suatu inovasi-inovasi baru yanag semakin canggih. menurut saya teknologi go green ini jika sudah terealisasi akan sangat membantu kita dan tentunya kehidupan kita di bumi akan semakin nyaman. namun untuk merealisasikannya tentunya akan banyak kendala. untuk itu kita harus saling berkerjasama agar teknologi-teknologi baru yang ramah lingkungan dpat terwujud dan membantu menyelamatkan bumi kita ini. terimakasih

    ReplyDelete
  13. Teknologi Hijau ini sangat menarik, berguna, dan bermanfaat untuk kita semua, baik manusia dan juga lingkungan sekitar kita. Inovasi seperti ini yang pasti akan banyak membawa dampak yang positif untuk bumi ini, karna dengan ini kita bisa merasakan udara segar dan juga bisa melestarikan bumi kita ini.

    ReplyDelete
  14. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

    ReplyDelete
  15. Kemajuan teknologi memang menguntungkan karena dapat mempermudah hidup manusia,namun selalu ada efek samping/dampak yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi tersebut.Semoga dengan berkembangnya teknologi hijau ini,dapat meminimalisir ataupun menghilangkan dampak dampak merugikan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi.Dengan begitu hidup kita dapat lebih mudah dan praktis,namun bumi juga dapat tetap sehat.

    ReplyDelete
  16. teknologi hijau merupakan suatu terobosan baru yang sangat menarik dan baik untuk diterapkan, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah bagaiman supaya seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakanya dan menerapkannya agar dalam perkembangannya, teknologi hijau sendiri menjadi suatu standar dalam penciptaan teknologi baru tetapi tetap ramah lingkungan

    ReplyDelete
  17. memang sekarang tidak bisa kita heran kan semua kan bisa kita lakukan dengan hasil yang baik hasil yang positif apa lagi dengan teknologi skrang yang sangat bermanfaat bagi setiap manusia

    dengan adanya teknlogi ini yang canggih apapun bisa kita lalukan kita bisa membuat sesuatu yang membantu agar hijaunya tanaman atau ke indahan alam bisa terlindungi dengan tercemarnya polusi polusi udara atau apapun

    pencemaran akan hilang dikit demi sedikit

    ReplyDelete
  18. teknologi memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita,oleh karena itu memang sangat bagus untuk memajukan teknologi green agar kebutuhan masyarakat selalu terpenuhi dan tidak merusak alam
    semoga dengan adanya teknologi green ini tidak lagi berdampak buruk bagi alam

    ReplyDelete
  19. Dengan teknolgi ini harusnya digunakan oleh seluruh dunia agar bumi terjaga contohnya dengan menggunakan tenaga surya karena tenaga ini ramah lingkungan dan tidak mengambil bahan baku dari alam,karena persediaan minyak bumi akan menipis bahkan habis bila dipergunanakan terus menerus.

    ReplyDelete
  20. Sudah banyak penemuan-penemuan baru akan peduli lingkungan. Yaitu dengan teknologi-teknologi hijau yang memang sangan ramah lingkungan untuk bumi. Maka kita harus selalu mendukung serta mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari. dengan begitu kita juga ikut memelihara bumi untuk generasi berikutnya. Karena kalau bukan kita, siapa lagi... (?)

    ReplyDelete
  21. teknologi ini emang sangat ramah lingkungan dan baik tapi teknologi ini memerlukan tenaga alih dan manusianya sadar bahwa lingkungan itu penting untuk kehidupan maka budayakan go green dalam setaip aktivitas kita

    ReplyDelete
  22. berbagai inovasi teknologi hijau sangat penting karena teknologi ini selain bermafaat bagi manusia dan lingkungan dampak yang dihasilkan sangat kecil maka setidaknya kita harus dukung dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  23. Teknologi hijau memang sangat perlu dikembangkan, ditengah bertambahnya penggunaan sumber daya alam yang semakin hari semakin besar di dunia industri maupun kehidupan sehari-hari.
    Penemuan-penemuan teknologi ramah lingkungan sangat berguna untuk mengurangi pemakaian sumber daya alam yang lama kelamaan akan habis. Selain itu kesadaran tentang perlunya menjaga lingkungan juga harus ditingkatkan oleh setiap individu untuk mendukung gerakan hijau tersebut.

    ReplyDelete
  24. Berbicara mengenai Teknologi Hijau penerapannya masih kurang maksimal atau masih kurang di Indonesia ini, oleh karena itu penerapan dan pelaksanaannya harus ditingkatkan kembali.

    ReplyDelete
  25. Mengenai teknologi hijau ini sangat perlu untuk di jalankan sebagaimana prosesnya yang benar dan baik. Bila kita lihat di indonesia ini sudah banyak industri-industri yang berdiri tapi tidak menerapkan sistem teknologi hijau atu dalam istilah di indutri di sebut "go green". Seharusnya pemerintah mulai mewajibkan kepada semua industri yang berdiri di indonesia dapat menerapkan sistem ini sehingga penerapan dan kegunaannya sedikit demi sedikit bisa kita rasakan dan dampak-dampak yang di hasilkan industri-industri bisa berkurang di indonesia ini.

    ReplyDelete
  26. teknologi hijau mungkin bisa dikaitkan dengan sistem 3R pada limbah, yaitu Reduce, Reuse, Recycle, dengan tujuan untuk mengurangi(reduce) limbah, maka perlu pemanfaatan kembali (reuse)limbah tersebut dengan melakukan berbagai inovasi untuk menemukan sebuah produk kembali dengan mendaur ulangnya(recycle), sehingga kita dapat mengurangi konsumsi untuk bahan baku sekaligus menyelamatkan lingkungan kita

    ReplyDelete
  27. Menurut saya konsep go green ini sangat bagus untuk selalu diterapkan untuk kehidupan sehari-hari untuk melindungi bumi, khususnya lingkungan kita dari kerusakan yang disebabkan oleh manusia itu sendiri.Namun di Indonesia sendiri sepertinya penerapannya kurang maksimal karena itu sebaiknya perlu ada penyuluhan-penyuluhan di masyarakat sehingga konsep go green bukan hanya sekedar slogan semata namun menjadi suatu tindakan nyata misalnya ya daur ulang sampah-sampah rumah tangga.. Walaupun langkah kecil namun dapat menyelamatkan lingkungan kita.

    ReplyDelete
  28. semakin hari kegiatan manusia terus meningkat, itu sebabnya setiap hari polusi terus meningkat. dan manusia pun menyadari kan hal tersebut dengan adanya inovasi teknologi go green atau ramah lingkungan agar bisa mengurangi polusi yang setiap hari terus saja meningkat.
    sebenarnya telah cukup banyak teknologi teknologi hijau, namun saja belum bisa sepenuhnya diterapkan karena adanya keterbatasan.
    kosep go green ini harus di terapkan dalam berbagai aspek di kehidupan contohnya saja di dunia industri, ataupun di lingkungan masyarakat.

    ReplyDelete
  29. Perkembangan industri di Indonesia dengan menggunakan teknologi hijau (green technology) telah banyak berkembang, pada dasarnya teknologi hijau diperuntukan agar mengurangi dampak kerusakan dibumi yang telah banyak terjadi. contoh inovasi green technology seperti teknologi Eco yang terdapat pada kendaraan mobil dan motor sehingga membuat pembakaran emisi gas lebih ramah lingkunan dan irit bahan bakar, teknologi bio yaitu menggunakan bahan baku tanaman menjadi bahan bakar ramah lingkungan, serta pembaharuaan energi listrik dengan menggunakan cahaya matahari.
    Dengan banyaknya inovasi teknologi hijau (green technology), secara perlahan ikut membantu dalam meminimalisir kerusakan ekosistem di bumi.

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum wr.wb .
    karena sumber energi yg semakin lama semakin menipis .segala macam cara atau metode di lakukan , dan dari sebagian metode itu kebanyakan mengalami kegagalan karena kurangnya bahan baku atau produksi tidak bisa mencukupi kebutuhan.
    semakin banyaknya populasi penduduk yg semakin banyak ini dan kebutuhan akan energi di era yg sekarang apakah teknologi hijau (green technologi ) dapat memenuhi kebutuhan manusia saat ini...

    ReplyDelete
  31. Ketika kita menyadari bahwa umur bumi sudah semakin tua tentu teknologi hijau adalah solusi cerdas, dengan kita mengenal dan mulai menerapkan tekhnologi hijau maka secara tidak langsung kita menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan,
    global warming seharusnya bisa menyadarkan semua pihak untuk menjalankan teknologi hijau, karena hal tersebut adalah ancaman nyata bagi kita semua.

    ReplyDelete
  32. grenn technology adalah suatu upaya yang harus dan wajib dilakukan setiap umat manusia untuk kelangsungan manusia sendiri. saat ini banyak upaya2 yang dilakukan untuk mendukung grenn technology diantaranya dieropa muncul inovasi pembuatan mobil berbahan bkar non fosil,selain itu juga pemanfaatan energi terbaharukan untuk kebutuhan listrik (plta,plt angin,plt ultra violet). jika warga luar negeri sudah memulainya,kapan di indonesia??

    ReplyDelete
  33. pada saat sekarang memang sangat diperlukan teknologi hijau untuk kesehatan semua.dan pada teknologi transportasi ada kendaraan berbahan bakar non minyak seperti listrik atau dari tumbuhan,jdi teknologi hijua akan terasa manfaatnya setelah beberapa tahun kemudian

    ReplyDelete
  34. saya sangat setuju sekali jika manusia di era zaman teknologi seperti sekrang ini lebih memilih bahan bahan yang sifatnya ramah lingkungan. Seperti bahan bangunan yang sudah bersertifikasi green label, contohnya saya pernah mengikuti penjelasan dari salah satu exhibitor bahan bangunan yaitu mereka menjelaskan jika produk waterproofing ( Anti bocor ) yang diaplikasikan dalam rumah, apartment, ataupun hotel lebih mengedepankan aspek lingkungan dimana produk mereka sudah memiliki sertifikat green label dari Singapore. Ini menunjukkan jika manusia saat ini sudah memahami makna penting dalam penerapan green technology, dimana antara manusia dan lingkungan alam sekitar harus berimbang.
    Ada pula di negara Amerika Latin yang sedang mengembangkan konsep rumah tinggal masa depan yang sepenuhnya berkonsep green technology, seperti dirancangan apartment mereka menanam ribuan ganggang hijau yang menurut penelitian dapat menimbulkan kesan sejuk didalam ruangan yang mana ruangan tersebut juga sudah di filter dengan alat canggih hal ini dapat mengurangi penggunaan AC (Air Conditioner) yang secara tidak langsung mengurangi penggunaan listrik.

    ReplyDelete
  35. Green technology merupakan hasil penemuan para pakar ilmiah untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan bermanfaat bagi manusia. Bukan hanya di masa sekarang tetapi juga di masa depan. Manfaat nya angat berguna bagi manusia tetapi tidak menghancurkan ekosistem lingkungan.
    Contohnya di indonesia adalah

    Pada tanggal 13 Januari 2013 lalu,Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Batam rencananya akan merekomendasikan PT. Mega Green Technology sebagai satu perusahaan pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) terbesar di Kota Batam. Perusahaan tersebut diharapkan dapat menaikkan kapasitas pengolahan limbah B3 di kota Batam.

    ReplyDelete
  36. Bicara soal go green dalam dunia Industri sekarang sudah banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan otomotif, melalui produk-produknya yang ramah lingkungan. seperti yang kita ketahui sekarang populasi kendaraan semakin bertambah tiap tahunnya otomotis polusi juga semakin merajalela. baru baru ini perusahaan otomotif asal jepang menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan yang mengadopsi teknologi “Eco-Idle”. Sistem teknologi "eco-idle" teknologi ini mampu mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet untuk mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Pada tahap ini dengan sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan meminumkan keluaran gas CO2. dan masih banyak sekali teknologi-teknologi yang lainnya.

    ReplyDelete
  37. Dengan teknologi hijau ini kita bisa mencegah lingkungan agar tidak tercemar,banyak nilai positif nya di teknologi hijau ini contohnya manusia bisa mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai,dan masi banyak contoh lainya yang bisa memanfaatkan benda-benda yang sudah tidar terpakai agar kita mencegah pencemaran lingkungan dan udara.

    ReplyDelete
  38. Progam yang luar biasa, saya sangat setuju dengan pengembangan program green technology. . .
    program ini juga dapat menjadi solusi dari permasalahan bocornya lapisan ozon,

    ReplyDelete
  39. Saat ini istilah teknologi hijau (green technology) terus muncul ke permukaan, semakin banyak dibahas dalam berbagai diskusi dan seminar. Teknologi hijau menyangkut penggunaan metode dan bahan untuk menghasilkan produk dan energi yang bersih dan ramah lingkungan.

    Melalui penerapan teknologi hijau diharapkan melahirkan inovasi dan perubahan dalam peradaban manusia. Bahkan, laju perkembangannya diharapkan seperti perkembangan yang pesat dari teknologi informasi dalam dua dekade terakhir.

    Perkembangan teknologi hijau semakin pesat, antara lain meliputi :

    Konsep keberlanjutan, di mana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan sumberdaya alam. Dengan kata lain, kebutuhan saat ini dapat terpenuhi tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya sendiri.

    Konsep daur ulang, di mana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat didaur-ulang atau digunakan kembali.

    ReplyDelete
  40. artikelnye manteeepppp pakkkkkkkkkk,,,,
    berkesinambungan dengan artikel lapisan ozon dan polusi industrri , mungkin teknologi hijau bisa direalisasikan agar bisa mengatasi dua hal tersebut. go greeeennn !!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  41. Green Teknologi bisa berawal dari kita, sebagai contoh kecil kita sering minum air mineral kemasan, berapa botol dalam sehari, jika dalam seminggu kita membeli air mineral, berapa banyak sampah botol yang kita sumbang. Andai saja kita mau 'repot' sedikit dengan selalu membawa air mineral dalam botol air yang bisa diisi ulang dari air mineral dalam kemasan galon yang kita miliki dirumah, tentu kita bisa bisa mengurangi sampah botol, bayangkan berapa banyak yang bisa kita hemat dalam sebulan , setahun, bahkan seumur kita hidup kelak. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menyelamatkan bumi kita dari kerusakkan, mulailah dari diri kita, sekarang.

    ReplyDelete
  42. Green teknologi merupakan teknologi yang ramah lingkungan dan sangat menguntungkan manusia.selain untuk menjaga energi dan kelestarian alam.Sudah banyak penemuan baru dan diimplementasikan didunia industri.Namun dalam prakteknya sebagian besar manusia terutama penduduk indonesia belum bnyak yang mengadopsi teknologi ini.Sehingga manfaatnya pun belum maksimal.Padahal Slogan Go Green itu sangat luar biasa dan bagus.Oleh karena itu perlu kerja keras dan kerjasama semua pihak agar Green teknologi benar - benar bisa dimanfaatkan sebaik - baiknya.

    ReplyDelete
  43. Mila Permatasari5/21/2014 9:38 PM

    Assalamualaikum ..
    Info yang sangat bagus pa , Terimakasih
    Green Technology adalah suatu usaha pelestarian lingkungan yang sangat bagus menurut saya , karena telah kita ketahui bahwa sekarang ini banyak sekali lahan-lahan hijau yang di ubah menjadi gedung-gedung bertingkat atau pebrik-pabrik yang memiliki cerobong asap dan menghasilkan berbagai polutan diudara yang tentunya itu berbahaya bagi kesehatan pernafasan kita . Apalagi jika polutan tersebut mengandung suatu senyawa yang menimbulkan suatu penyakit berbahaya seperti kanker . maka dari itu kita harus merealisasikan Green Technologi ini agar kita tidak kehilangan keasrian kesejukan dan kesehatan alam kita ini , bisa kita mulai dan lakukan dengan hal yang kecil terlebih dahulu , dalam lingkunagn rumah misalnya memperbanyak menanam tanaman yang bisa menyerap banyak air dan memberikan efek sejuk terhadap rumah dan lingkungan , juga dalam suatu perusahaan dapat pula dilakukan hal yang seperti itu . Perlu pula kerjasama yang baik dari semua pihak dalam perealisasian Green Technologi ini baik itu dari pihak orang asing yang mempunyai perusahaan , pemerintah daerah itu sendiri , dan masyarakat yang ada disekitar kawasan industri tersebut . dan tentunya harus lebih terasa terinspirasi oleh negara-negara lain yang telah merealisasikan green technologi ini , agar kita dapat menghasilkan inovasi-inovasi tersendiri dalam green technology ini .

    ReplyDelete
  44. saya setuju , akan tetapi di negara kita indonesia tentunya belum sepenuhnya menerapkan green teknologi kalau produksi motor luar asia masih saja berjalan dan terus mengeluarkan inovasi tanpa memikirkan green teknologi dengan efek jangka panjang...

    ReplyDelete
  45. teknologi hijau ( green technology ) memang sangat bermanfaat bagi perkembanan dan kelangsungan hidup seluruh mahluk hidup pada masa mendatang. akan tetapi teknologi tersebut akan terlihat sia-sia jika tidak dibarengi oleh semua pihak dalam menjaga keseimbangan ekosistem kehidupan.

    ReplyDelete
  46. andai semua oran tau dan mengerti tentang go green,pasti bumi kita selamat dari pemanasan global.konsep go green sendiri adalah mencintai lingkungan dengan cara menjaga elestarian lingkungan,dengan mengubah gaya hidup kita,yaitu dengan mengurangi kegiatan yang memicu terjadinya pemanasan global.dan indonesia sendiri belom sepenuhnnya menerapkan konsep tersebut,

    ReplyDelete
  47. Green technology sangat baik untuk diterapkan dinegara indonesia, karna banyak nya sampah yang terbuang sia-sia dan pesat nya pengguna alat transportasi pribadi sehingga mengakibatkan polusi atau lingkungan yang tidak sehat, dengan adanya green technology diharapkan masyarakat indonesia mempunyai ide-ide kreatif untuk bisa menanggulanginya, dengan cara yang positif seperti mendaur ulang sampah-sampah yang tidak terpakai dan memanfaatkan sumber-sumber energi yang ada sehingga tidak tergantung dengan satu sumber energi saja.

    ReplyDelete
  48. Memang dalam hal ini,kita sangat membutuhkannya,sebab semakin tuanya bumi ini pasti juga makin berkurang juga persediaan energi alamnya,dengan demikian kita harus mampu menciptakan energi yang dapat diperbaharui.Degan perkembangan ilmu tehnologi dari zaman ke zaman tak khayal pasti metode-metode kehidupan yang lebih ramah lingkungan akan segera ditemukan.

    ReplyDelete
  49. Teknologi Hijau yang meliputi, energi, green building, kimia hijau, nanoteknologi hijau. Sebagai suatu teknologi yang sedang dikembangkan yang bertujuan mengurangi dampak negatif terhadap bumi. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah apa yang kita sebut dengan pencemaran baik itu pencemaran air, tanah, dan udara yang berakibat pada pemanasan global. Akan tetapi penemuan teknologi hijau akan menjadi sia-sia ketika sistem lingkungan dari suatu wilayah tidak didesain atau ditata melalui suatu perencanaan yang baik. Sebagai suatu sistem semua saling berkaitan bagaimana kita tidak melakukan suatu pemborosan energi jika jarak antara tempat tinggal dan tempat bekerja begitu jauh. Dan dengan perkembangan pembangunan yang pesat khususnya dikota-kota besar di Indonesia mendorong dibangunnya suatu wilayah-wilayah perumahan baru dipinggiran kota yang pada akhirnya mengurangi ruang terbuka hijau dan mengurangi luas wilayah pertanian. Dan jika luas pertanian berkurang tentu akan mendorong pembukaan lahan baru untuk mencetak sawah-sawah baru yang akan mengurangi luas hutan sebagai suatu wilayah resapan air.
    Jadi teknologi hijau dengan semangat "energi terbarukan" harus didukung dengan suatu sistem wilayah yang baik. Sehingga penghematan energi dapat dilakukan mengingat energi fosil sebagai energi yang paling banyak kita gunakan saat ini ketersediaannya semakin berkurang. Konsep green building bukan hanya meningkatan pemakaian bahan yang ramah lingkungan pembangunannya juga tidak boleh mengorbankan lahan-lahan pertanian. Pemakaian bahan-bahan kimia khususnya untuk pupuk dan obat perlu dikurangi dengan lebih meningkatan pemakain bahan-bahan organik.
    Pengembangan dan penerapan teknologi hijau sudah sangat mendesak untuk mengurangi dampak pemanasan global dan perubahan iklim. Sehingga kerusakan lingkungan tidak semakin parah, dan bumi menjadi lestari dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Bumi ini bukan warisan nenek moyang kita tapi titipan anak cucu kita yang wajib dijaga dan dipelihara dari kerusakan.

    ReplyDelete
  50. Saya sangat mndukung dengan berkembangnya teknologi hijau ini, karena hal ini sangat membantu untuk keberlangsungan lingkungan masa depan yang lebih baik. Dengan adanya teknologi hijau ini, maka teknologi situ sendiri akan bersahabat dengan lingkungan, serata menjaga ketersediaan bahan bakar alam yang lebih lama.

    ReplyDelete
  51. Teknologi Hijau sangat dibutuhkan dewasa ini, dikarenakan keterbatasan sumberdaya alam yang tidak bisa tergantikan seperti energi fosil dan bahan tambang lainnya. Maka kita perlu melakukan pembenahan dalam segala aspek teknologi guna menghemat sumber daya alam yang tidak bisa terbarukan, dan teknologi tersebut harus ramah lingkungan, dalam artian segala hal yang terdapat dalam proses hingga hasilnya tidak merugikan lingkungan.

    ReplyDelete
  52. teknologi hijau ini sangat bermanfaat bagi setiap manusia. tetapi kebanyakan manusia masih belom banyak memahami tentang teknologi hijau ini. karna teknologi hijau dapat mengurangi global warming dan dapat membuat kehidupan menjadi ramah lingkungan

    ReplyDelete
  53. Dengan semakin menuanya bumi kita, green technology sangat berperan penting bagi kehidupan dan kesehatan kita begitu pula dengan bumi kita, seperti contoh kendaraan umum berbahan bakar gas, sinar matahari dan listrik, selain mengurangi polusi udara hal tersebut juga dapat mengurangi pengeksploitasian minyak bumi yang suatu saat nanti pasti akan habis

    ReplyDelete
  54. Antara contoh bidang tumpuan teknologi hijau adalah: -Tenaga sumber alam semulajadi: Isu penting dalam teknologi hijau dan ini termasuk pembangunan bahan bakar alternatif atau sumber tenaga yang boleh diperbahurui.

    -Bangunan hijau: Bidang ini merangkumi semua tahap pembangunan. Dari pemilihan bahan bangunan hingga pemilihan lokasi bangunan. Lokasinya nene

    -Nanoteknologi hijau: Nanoteknologi melibatkan manipulasi bahan pada skala nanometer atau satu per milyar meter. Nanoteknologi hijau adalah aplikasi teknologi hijau dalam bidang nanoteknologi.

    -Alamtologi: Suatu teknologi yang jelas mengikut fitrah alam dan hanya mengembangkannya sesuai dengan susunan yang lebih teratur.

    ReplyDelete
  55. Saya setuju dengan artikel Bapak, GO GREEN! Karena menurut saya saat ini kita harus menerapkan sistim GO GREEN mengingat kita terlalu boros dan terlalu membuang-buang sumber daya alam. Di samping itu konsep GO GREEN juga dapat membuat Bumi menjadi lebih nyaman lagi, seperti yang kita tahu lapisan ozon di Bumi sudah mulai menipis, dengan menerapkan teknologi hijau ini lah kita dapat membantu Bumi untuk memperlambat bahkan mencegah menipisnya lapisan ozon ini. Teknologi hijau harus lebih dikembangkan lagi untuk menjadi sebuah sorotan baru bagi masyarakat agar masyarakat tertarik untuk menggunakan teknologi hijau. Keep Go Green! And save the world!

    ReplyDelete
  56. kita tau kualiatas udara semakin hari semankin memburuk, teknologi teknologi hijau seperti ini seharusnya harus selau di kembangkan.

    ReplyDelete
  57. Sudah tahu dus makanan yang dibuat dengan teknologi ramah lingkungan kan? Tray tersebut terbuat dari kertas foodgrade yang artinya tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga aman untuk makanan.

    ReplyDelete
  58. hidup GO GREEN,,,,,pentingnya menyelamatkan lingkungan hidup kita,salah satu langkannya yaitu go green,tapi masih banyak masyarakat indonesia yang belum tau dah acuh tak acuh dengan go gren ini,maka sangat perlunya sosialisasi kepada masyarakat-masyarakat yang tinggal di pinggiran kota dan plosok lainnya,

    ReplyDelete
  59. Be "Go Green" as our lifestyle. Hopely it will can save our earth.

    ReplyDelete
  60. Dunia sangat membutuhkan perkembangan teknologi hijau seperti ini agar bumi bisa kembali sehat.

    ReplyDelete
  61. teknologi hijau memastikan pembangunan lestari dan memelihara sumberdaya alam untuk generasi mendatang serta meningkatkan pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap teknologi hijau dan menyebar-luaskan aplikasi teknologi hijau.by : pradita arifin n

    ReplyDelete
  62. Manusia mulai sadar untuk membenahi dan memperbaiki keadaan ini, maka beramai-ramai semua orang menyuarakan Go Green. Segala upaya dilakukan untuk menyehatkan keadaan bumi, semuanya mengarah pada penghijauan. Mulai dari penanaman pohon yang dimulai dari lingkungan di sekitar kita sendiri, menjaga pohon-pohon yang ada dari tindakan penebangan liar dan terus menjaga kelestarian lingkungan. Untuk industri-industri yang menghasilkan produk sebagai penyumbang kerusakan alam mulai tersentuh untuk menggunakan teknologi hijau pada proses produksinya.by maria gabriella asdaryanti

    ReplyDelete
  63. Negara Indonesia adalah negara yang besar , Indonesia juga termasuk Negara yang sedang berkembang , Jadi Indonesia sangat perlu pengetahuan IPTEK yang maju , salah satu pengetahuan adalah Nanoteknologi hijau , Teknologi ini sangat di butuhkan bangsa ini agar Negara ini semakin maju .by 200 40

    ReplyDelete
  64. teknologi hijau memang perlu di kembangkan, untuk mengurangi polusi udara terutama di kota kota besar,

    ReplyDelete
  65. dengan adanya teknologi hijau di harapkan bisa di mamfaatkan dengan baik agar lingkungan kita bisa bersih dari polusi udara.

    ReplyDelete
  66. Dengan adanya teknologi hijau seperti dengan membuat alat pengganti bahan bakar fosil pada kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Maka, lingkungan sekitar akan terbebas dari pencemaran, polusi, dan lain-lain. Semoga dengan berkembangnya teknologi hijau ini,dapat meminimalisir ataupun menghilangkan dampak dampak merugikan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi.Dengan begitu hidup kita dapat lebih mudah dan praktis,namun bumi juga dapat tetap sehat.

    ReplyDelete
  67. untuk tetap melestarikan lingkungan agar tetap terjaga samapai ke anak cucu kita nanti, konsep "go green" memang harus dilakukan. Karena selain ramah lingkungan, kita juga turut menjaga lingkungan kita agar tidak rusak akibat penggunaan peralatan yang dapat merusak ekosistem alam.

    ReplyDelete
  68. assalamualaikum wr wb
    green technology memang sangat diperlukan , dengan menggunakan konsep Reuse , Reduce & Recycle dsb diharapkan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan global warming juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara terus-menerus tanpa merusak atau menghabiskan sumberdaya alam.

    ReplyDelete
  69. saya fikir teknologi hijau ini sangat cocok dan diperlukan. Karena melihat lingkungan kita yang sudah rusak bahkan bisa dikatakan rusak parah. jadi saya fikir teknologi ini sangatlah cukup.

    ReplyDelete
  70. semoga dengan adanya teknologi hijau ini bisa mengembalikan kelestarian dan kesehatan lingkungan hidup ini.

    ReplyDelete
  71. Penghijauan di Tahun 2016 ini perlu diperhatikan untuk kelestarian lingkungan di masa yang akan datang. http://www.greenpack.co.id

    ReplyDelete
  72. Sangat menarik jika kita terus mengikuti perkembangan tekhnologi, apalagi sekarang dengan hadirnya Green Technology yang bisa menstabilkan antara perkembangan pesat teknologi dengan dampak buruk bagi lingkungan. Semoga kedepannya Tekhnologi bukan hanya berujung pada "money" melaikan bisa sebagai penyelamat lingkungan.

    ReplyDelete
  73. "Teknologi Hijau" ini merupakan bahasan menarik, akan tetapi hal ini baru bagi saya sendiri, bisa diartikan bahwa teknologi hijau inibelum akarab di telinga masyarakat awam, alangkah lebih baik lagi jika "Teknologi Hijau" ini mulai dikenalkan ke masyarakat awam, tentu dengan penyampaian yang sederhana tidak terlalu rumit, karena jika masyarakat awam sudah peduli dengan "Teknologi Hijau", bukan tidak mungkin, "Teknologi Hijau" ini bisa berkembang lebih cepat.

    ReplyDelete
  74. teknologi sudah semakin canggih sekarang,,mungkin dengan adanya teknologi hijau bisa lebih canggih lagi,tentunya semakin ramah dengan lingkungan hidup kita

    ReplyDelete
  75. Dengan adanya teknologi hijau ini diharapkan lingkungan akan lebih terjaga, dan pengembangan-pengembangan teknologi hijau ini harus terus di lakukan untuk menciptakan inovasi baru supaya bumi kita ini tetap terjaga.

    ReplyDelete
  76. Soleh Hakim Ansori
    @A11 - SOLEH
    untuk menjaga kelestarian lingkungan, teknologi terbarukan atau teknologi hijau sangat diperlukan agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya. dengan menggunakan teknologi yang lebih maju, penggunaan bahan-bahan fosil untuk kegiatan industri dapat tergantikan sehingga dampak buruk yang ditumbulkan dari kegiatan industri tersebut pun dapat dikurangi dan akhirnya lingkungan akan terjaga kelestariannya.

    ReplyDelete
  77. @12-INDA
    dengan adanya teknologi go green akan menyelamatkan bumi agar tetap lestari . dan teknologi ini harus di kembangkan untuk generasi yang akan datang agar bumi tetap terjaga kelestarian nya

    ReplyDelete