.

Aug 22, 2013

Daftar Penting TKI

www.bnp2tki.go.id

KangAtepAfia.com - Pemilu 2014 diharapkan menghasilkan terbentuknya pemerintahan yang mumpuni, termasuk dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Menurut Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), M Jumhur Hidayat (dalam finance.detik.com), bahwa setidaknya ada 6,5 juta jumlah TKI berasal dari 392 kabupaten dan kota  yang bekerja di 142 negara.

Kenyataannya sebagian besar TKI bekerja pada sektor informal dengan perlindungan ketenagakerjaan yang minim. Jika pemerintah cekatan dan piawai dalam menyediakan lapangan pekerjaan, maka yang dikirim ke luar negeri cukup pekerja formal profesional saja.

Lima besar daerah pemasok TKI pada tahun 2011 – 2012 ialah: Kabupaten Indramayu (Jawa Barat), Kabupaten Lombok Timur (NTB), Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah), Kabupaten Lombok Tengah (NTB), dan Kabupaten Cirebon (Jawa Barat). Sedangkan lima besar negara penerima TKI ialah Saudi Arabia, Malaysia, Taiwan, Singapura dan Uni Emirat Arab. KangAtepAfia.com menyajikan data lengkap mengenai TKI dengan mengacu pada www.bnp2tki.go.id.


Berikut data-data penting mengenai TKI :



19 comments:

  1. Masalah TKI merupakan PR bagi pemerintah bagaimana meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang layak untuk masyarakat Indonesia. Mengingat besarnya resiko yang besar untuk menjadi TKI, hendaknya masyarakat juga harus paham persyaratan apa saja untuk menjadi TKI dan memiliki skill yang baik dan mumpuni, serta lebih selektif dalam memilih PT yang menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri. Dan saya sependapat dengan apa yang di katakan dalam artikel bahwa hendaknya yang dikirim ke luar negeri cukup pekerja formal profesional saja.

    ReplyDelete
  2. Selamat malam
    TKI sering disebut sebagai pahlawan devisa karena dalam setahun bisa menghasilkan devisa triliunan rupiah , tetapi dalam kenyataannya, TKI menjadi ajang pungli bagi para pejabat dan agen terkait. Meski dapat menerima gaji yang besar dari hasil kerja, namun tidak jarang TKI (terutama TKW) terlibat di dalam kasus. Entah karena pemotongan gaji, perlakuan yang kejam, atau pelecehan dan pemerkosaan dari majikannya. TKI kerap kali tidak tahan akan perlakuan yang diterimanya, bahkan terkadang ada yang berusaha kabur, atau membunuh majikannya. Beberapa kasus yang melibatkan TKI.
    Menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) memiliki risiko tinggi, sebab hampir selalu karib dengan kekerasan, pelecehan seksual, penindasan, dan penganiayaan yang dilakukan majikan. Tak cukup itu, bahkan ketika masih di Tanah Air (sebelum berangkat ke luar negeri) atau sekembali dari luar negeri mereka dihadapkan pula dengan beragam pemerasan yang mewujud dalam pungutan liar.
    Desakan ekonomi dan tuntutan hidup, maka menjadi TKI adalah solusi instan sekaligus tawaran menggiurkan, setelah negara sendiri (Indonesia) tidak lagi mempesona karena tak bisa menyejahterakan hidup mereka. Derita TKI seakan tak pernah menemukan titik henti. Di setiap tahun bahkan di setiap putaran waktu, bangsa Indonesia selalu disuguhi berita penganiayaan, pemerkosaan, gaji yang tak terbayarkan, bahkan juga kematian misterius warga negaranya yang tengah mengais rizki menjadi TKI.
    Permasalahan TKI sangat beragam oleh beberapa hal berikut ini,yakni :
    1. Pengelolaan TKI tidak efektif dan efisien- kepastian penempatan. birokrasi yang rumit dan berbelit, serta lamanya pengurusan dan berakibat biaya tinggi.
    2. Perlindungan TKI Pra Penempatan,Penempatan,Pemulangan.
    3. Tingkat ketrampilan Unskilled. Kurangnya Balai Latihan Kerja ( BLK ) yang berkwalitas
    4. Tidak kompetitif.Rendahnya ketrampilan low skill level TKI kita merupakan penyebab utama
    Solusi yang bisa menjamin kesejateraan para TKI,bisa dilakukan dengan berikut ini :
    1. Memberikan asuransi yang lebih baik.Bukan hanya menjamin mereka bisa menjamin keluarga mereka
    2. Memberikan latihan kerja
    3. Menyediahkan money changer
    4. Memberikan fasilitas kesehatan di rumah sakit
    5. Pemberian pelayanan dari bank untuk mendukung mereka dalam kemudahan menyimpan,mengirim dan berinvestasi
    6. Kemudahan koperasi untuk membantu para TKI,saya tidak setuju lebih baik tidak memakai pelayanan koperasi.Saya berharap pemerintah sendiri yang turun tangan jangan menggunakan cabang tangan permasalahan
    7. Biro Pengurusan Dokumen dan Travel TKI tidak efektif
    “Nilai Devisa TKI ini menempati posisi nomor dua setelah Migas”


    Demikian dari saya.terima kasih

    TYO

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Permasalahan ketenagakerjaan menjadi PR bagi pemerintah Indonesia. Dengan bertambahnya angka penduduk di Indonesia, semakin menjadi tuntutan bagi pemerintah untuk menyediakan lapangan pekerjaan lebih banyak. Penting bagi pemerintah Indonesia untuk memberikan training untuk membangun skill bagi para calon pekerja. Kenyataannya saat ini dengan minimnya lapangan pekerjaan di Indonesia, banyak masyarakat yang minim skillnya memilih untuk bekerja di luar negeri. Alhasil kita banyak menyaksikan kasus-kasus kekerasan pada TKI yang tak jarang berujung kematian. Jika pemerintah cekatan dan piawai dalam menyediakan lapangan pekerjaan, maka yang dikirim ke luar negeri cukup pekerja formal profesional saja.

    ReplyDelete
  5. tidak masalah para TKI mencari kerja di nergara orang asal hak dan kewajiban mereka terpenuhi.sering kali mereka terkena kasus hukum negara mereka bekerja dan dari pihak indonesia tidak membantu sama sekali.
    para TKI sudah memberikan sumbangsih terhadap negara tapi kenapa saat para TKI terkena masalah pemerintah indonesia diam saja.
    wajar para TKI disebut sebagai pahlawan devisa dimasa sekarang

    ReplyDelete
  6. TKI (Tenaga Kerja Indonesia ) adalah masalah ekonomi di dalam negeri yang sangat pelik,kita tahu bahwa pemerintahan kita pak Jokowi JK dalam jangka waktu yang lama akan sedikit demi sedikit akan mengurangi jumlah pekarja TKI yang akan bekerja di luar negeri,kita tahu kita sering dengar banyak para TKI yang bekerja di luar negeri di perlakukan seperti budak dan tidak manusiawi, sungguh menyedihkan.Pemerintah harus mengambil tindakan cepat untuk mengatasi permasalahan ini agar tidak terulang kembali kalau bisa tidak ada lagi TKI yang bekerja di luar negeri dan harus di berikan alternatif lain yaitu bekerja di dalam negeri.TKI biasanya mereka yang pendidikannya rendah yang bekerja sebagai buruh bangunan,perkebunan,dan pekerja rumah tangga.Sehingga kualitas kerja mereka rendah dan pemimpin akan melakukan tindakan sewenang -wenang.semoga kedepan masalah ini dapat terselesaikan.sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  7. TKI (Tenaga Kerja Indonesia ) adalah masalah ekonomi di dalam negeri yang sangat pelik,kita tahu bahwa pemerintahan kita pak Jokowi JK dalam jangka waktu yang lama akan sedikit demi sedikit akan mengurangi jumlah pekarja TKI yang akan bekerja di luar negeri,kita tahu kita sering dengar banyak para TKI yang bekerja di luar negeri di perlakukan seperti budak dan tidak manusiawi, sungguh menyedihkan.Pemerintah harus mengambil tindakan cepat untuk mengatasi permasalahan ini agar tidak terulang kembali kalau bisa tidak ada lagi TKI yang bekerja di luar negeri dan harus di berikan alternatif lain yaitu bekerja di dalam negeri.TKI biasanya mereka yang pendidikannya rendah yang bekerja sebagai buruh bangunan,perkebunan,dan pekerja rumah tangga.Sehingga kualitas kerja mereka rendah dan pemimpin akan melakukan tindakan sewenang -wenang.semoga kedepan masalah ini dapat terselesaikan.sekian terimakasih.

    ReplyDelete
  8. masalah ketenaga kerjaan indonesia menjadi pr penting bagi pemerintah indonesia bagaimana di sini para TKI di beri tempat dan keadaan yang nyaman dan pengawasan yang terpenting bagi pemerintah indonesia agar TKI tetap aman ..

    ReplyDelete
  9. masalah ketenaga kerjaan indonesia menjadi pr penting bagi pemerintah indonesia bagaimana di sini para TKI di beri tempat dan keadaan yang nyaman dan pengawasan yang terpenting bagi pemerintah indonesia agar TKI tetap aman ..

    ReplyDelete
  10. Perlindungan untuk TKI diindonesia sangatlah tragis, banyak TKI asal indonesia di acak acak oleh majikannya di luar negeri sana. Seharusya pemerintah memperhatikan masalah ini, mereka itu bekerja untuk menghidupi keluarganya hingga pergi keluar sana, bila tidak ingin hal itu terjadi maka sediakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat indonesia terutama rakyat kecil atau menyediakan lapangan pekerjaan untuk golongan yang padat karya

    ReplyDelete
  11. TKI biasanya mereka yang pendidikannya rendah yang bekerja sebagai buruh bangunan,perkebunan,dan pekerja rumah tangga.Sehingga kualitas kerja mereka rendah dan pemimpin akan melakukan tindakan sewenang -wenang.semoga kedepan masalah ini dapat terselesaikan. Dan pemerintah secepatnya dapat menemukan jalan keluarnya , setidak nya para TKI dapat terjamin keselamatan nya.

    ReplyDelete
  12. semoga deangan adanya berita ini para pemimpin akan lebih peduli lagi dengan para pekerja yang menjadi TKI.

    ReplyDelete
  13. TKI indonesia kurang mendapat perhatian dari pemerintah bukan saja ketika mereka sudah bekerja disana bahkan dari awal saja kepengurusannya sudah tidak dipedulikan

    ReplyDelete
  14. Pemerintah perlu menertibkan para agen TKI ilegal untuk menghindari permasalahan sejak proses awal. Kita semua perlu menyadari bahwa permasalahan TKI berawal dari dalam negeri, meskipun akar masalah di luar negeri juga tidak bisa diabaikan. Rendahnya kesempatan kerja dan tingginya pertumbuhan penduduk sebagai akibat mengendurnya berbagai kebijakan kependudukan berdampak pada meningkatnya aliran pekerja dengan pendidikan rendah ke luar negeri. Untuk itu diperlukan kebijakan dari pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup penduduk Indonesia.

    ReplyDelete
  15. TKI merupakan pahlawan devisa bagi negara yang seharusnya dijaga dan dilindungi, tetapi kenyataannya banyak TKI diluar negeri yang disiksa oleh majikannya atau dihukum mati. inilah realitas yang ada sekarang ini dan menjadi tugas pemerintah untuk dapat menyediakan atau membuka lapangan pekerjaan di dalam negeri.

    ReplyDelete
  16. menurut pendapat saya masalah pengiriman TKI ini harus dikaji ulang dimana selama ini TKI yang dikirim hanya memiliki kemampuan yang ala kadarnya( umumnya pembantu rumah tangga) tanpa adanya kemempuan lain. sebagai contoh banyak TKI yang kurang menguasai bahasa negara tujuan sehingga banyak terjadi kesalahfahaman yang berakibat merugikan TKI tersebut

    ReplyDelete
  17. seharusnya pemerintah membenahi sistem pendidikan yang ada di Indonesia karena dengan sistem pendidikan yang baik maka akan menghasilkan kualitas SDM yang bagus
    karena dengan sistem pendidikan yang bagus maka para pekerja yang bekerja di luar negeri juga ditempatkan di tempat yang profesional

    ReplyDelete
  18. Kebanyakan masyarakat Indonesia yang memilih menjadi TKI di negeri orang karena alasan kesejahteraan di negerinya sendiri tidak tercukupi. Dan daerah-daerah terpencil di Indonesia yang paling banyak memasok para TKI ini ke berbagai negara. Memang di satu sisi, dengan banyaknya para TKI yang bekerja di luar negeri ini, menghasilkan "keuntungan" bagi negara melalui devisa. Namun perlu diperhatikan juga bahwa dengan kegiatan seperti, menjadi keuntungan tersendiri bagi oknum atau pihak-pihak tertentu dengan jalur penyaluran TKI secara ilegal. Pemerintah harus lebih gencar dalam menangani kasus ini, karena merugikan banyak pihak yang tidak lain adalah para calon TKI itu sendiri. Seperti kita ketahui banyak kejadian penyekapan calon TKI, merekrut mereka yang masih dibawah umur untuk dijadikan sebagai pekerja. Belum lagi jika sudah menyangkut hak dan kewajiban para TKI yang sudah "terlanjur" bekerja di negeri orang, namun mengalami hal yang tidak mengenakan seperti kekerasan, tidak digaji, perbuatan semena-mena lainnya hingga berujung kematian, jika ternyata identitas dan dokumentasi mereka ilegal, akan sulit dibantu untuk diproses pemerintah Indonesia. Para calon TKI pun sebaiknya ada proses latihan dan ditraining oleh lembaga tertentu agar memiliki skill yang cukup untuk menunjang pekerjaannya di negeri orang tersebut. Sehingga menghindari hal-hal yang dapat merugikan para TKI itu sendiri.

    ReplyDelete
  19. Beny Dwiyantoro
    @A15-BENY

    Sulitnya memperoleh pekerjaan di dalam negeri mendorong sebagian pekerja mengadu nasib di luar negeri. Desakan ekonomi dan tuntutan hidup, maka menjadi TKI adalah solusi i sekaligus tawaran menggiurkan. TKI pun sebaiknya ada proses pelatihan.

    ReplyDelete