.

Apr 28, 2013

Walikota Paling Cantik Se Indonesia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Selain memiliki 33 provinsi, saat ini di Indonesia terdapat 398 kabupaten, 93 kota, 1 kabupaten administrasi, dan 5 kota administrasi. Dari  93 kota otonom yang tersebar di seluruh Indonesia, satu di antaranya ialah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), yang terletak di ujung timur Provinsi Banten berbatasan langsung dengan Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Depok dan Kabupaten Bogor.

Kota Tangsel sendiri baru diresmikan tahun 2008 lalu, sebagai pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2010, penduduk Kota Tangsel mencapai 1,3 juta jiwa, tersebar di 7 kecamatan. 

Dengan luas wilayah 151 kilometer persegi, maka tingkat kepadatan penduduk Kota Tangsel mencapai 8.646 jiwa per kilometer persegi. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, Tangsel menempati peringkat 11 kota terbesar di Indonesia, yaitu setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Bekasi, Medan, Tangerang, Depok, Semarang, Palembang dan Makassar. 

Dilihat dari besarnya potensi Kota Tangsel sudah jauh melampaui Kota Serang sebagai ibukota Provinsi Banten. Jumlah penduduk Kota Tangsel hamper 2,3 kali lipat penduduk Kota Serang. Saat ini di Tangsel ada sekitar 17 perguruan tinggi negeri dan swasta, sekitar 23 perumahan, beberapa di antaranya berstatus “kota mandiri”, sekitar 13 pusat perbelanjaan, dan sekitar 8 rumah sakit.

Hal yang cukup menarik dari keberadaan Kota Tangsel ialah memiliki walikota hasil Pilkada pertama, seorang perempuan pintar berparas cantik bernama lengkap Hj. Airin Rachmi Diany, SH. MH., yang baru terpilih beberapa tahun yang lalu. 

Mojang priangan yang pernah dinobatkan sebagai  Mojang Provinsi Jawa Barat 1995 ini dilahirkan di Kota Banjar, Jawa Barat, 28 Agustus 1976. Pendidikan terakhirnya diselesaikan di Program Studi Magister Hukum, Universitas Padjadjaran, Bandung, tahun 2005.

Salah satu kunci kemenangan Airin dalam Pilkada Kota Tangsel pertama, antara lain karena pemanfaatan teknologi informasi yang relatif lebih baik dibanding kandidat lainnya. Tim sukses Airin antara lain meluncurkan situs web http://marimenatatangsel.com/ atau http://www.airinrachmidiany.net/.


Airin sudah dihadapkan pada beragam persoalan kota besar, mulai dari sampah, banjir, penataan pemukiman, ruang terbuka hijau  dan infrastruktur yang banyak mengalami kerusakan.

Ya, dinamika Kota Tangsel akan terus bergulir. Selamat menjalankan tugas Ibu Walikota tercantik se-Indonesia (bahkan mungkin se-dunia), satu koma tiga juta rakyat Tangsel menanti sentuhan kebijakan dan kepemimpinanmu ! (Atep Afia)

9 comments:

  1. Walaupun saya bukan warga Tangerang Selatan namun saya tetap berharap semoga Walikota Tangerang Selatan Ibu Hj Airin dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan Tanngsel dapat dibuat cantik tidak hanya tata kotanya tapi masyarakatnya dan sistem kepemerintahanya supaya synchron dengan paras cantik Beliau. Amien

    ReplyDelete
  2. setiap warga negara berhak dan berkewajiban dalam pemerintah dan ketatanegaran baik wanita maupun pria memiliki kedudukan yang sama. kita tak boleh meremehkan kemampuan seorang wanita, krena dibalikan lemahnya seorang wanita terkandung kekuatan yang tak terduga. semoga bu Hj Airin bisa menajadi pemimpin yang adil dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  3. untuk menjadi pemimpin yg baik, tidak harus memiliki paras yg menawan , tapi harus lebih memiliki sikap jujur , amanah, dan berkomitmen tinggi dalam menjalankan tugas yg di embannya.

    ReplyDelete
  4. Semoga saja kecantikan wajahnya berimbang dengan kecantikan hatinya juga . karena kecantikan bukan merupakan faktor utama dan tujuan utama rakyat tangerang selatan memilih seorang walikota. yang sangat di butuhkan rakyat tangerang ialah bagaimana seorang Walikota mendengarkan lalu menjalankan amanat rakyatnya.

    ReplyDelete
  5. menurut saya,yang harus di nilai pertama kali pada seorang pemimpin yang saat ini kita bahas walikota adalah mampukah dia berbuat banyak terhadap kemajuan masyarakat dan daerah yg dipimpinnya,bukan dari paras wajahnya.setelah kita melihat atau mengetahui hasil kinerjanya,maka kita akan memberikan pujian atau kritik yang bersifat membangun terhadap pemerintahannya,untuk apa kita memiliki pemimpin yang mempunyai wajah cantik kalau tidak memiliki kapasitas sebagai seorang pemimpin.kepada ibu Walikota yang cantik,,saya berharap ibu bisa memimpin kota TANGSEL dengan sangat bijaksana dan adil,sehingga suatu saat nanti ibu bisa dinobatkan sebagai walikota terbaik dan tercantik di dunia,karena menjadi walikota terbaik di dunia lebih baik daripada hanya menjadi walikota tercantik di dunia.

    ReplyDelete
  6. Semoga kepemimpinan ibu walikota Tangsel ini mumpuni seperti cara cara beliau memanfaatkan media informasi electronik dalam mendukung pencalonannya.Selamat dan sukses untuk beliau,semoga kepemimpinannya sebersih parasnya.

    ReplyDelete
  7. walikota cantik dan juga pintar itu sungguh luar biasa, akan menjadi sangat luar biasa apabila kota tangsel mampu diubahnya menjadi kota yg cantik dalam segi penampilan/ tata kota, dan pintar dalam segi pelayanan masyarakat, namun di pemberitaan yg beredar saat ini yg nampaknya sungguh meyudutkan dan sedikit menghakimi dirinya dan juga keluarganya nampaknya muncul sedikit keraguan kepada sosok walikota cantik tersebut apakah kecantikan parasnya di ikuti oleh kecantikan hatinya ? semoga saja wajah dan hatinya sma sama memiliki kecantikan yg luar biasa juga.

    ReplyDelete
  8. Eva ferbrianty purnama
    @A24

    Walikota yang cantik semoga apa yang dilakukan untuk tangerang selatan bisa cantik dan baik untuk masyarakat,dan menjadi sosok walikota yang menampung aspirasi masyarakat nya tidak mementingkan keperluan pribadi nya. semoga apapun yang dilakukan berjalan lancar dan membuat masyarakat kagum memiliki walikota seperi sosok yang cantik ini.

    ReplyDelete
  9. Walikota cantik mudah2an hatinya juga secantik wajahnya

    ReplyDelete