.

Apr 27, 2013

Selingkuh Di Dunia Maya


Oleh : Atep Afia Hidayat - Nah ini dia. “Selingkuh di Dunia Maya” atau SDM. Berkat kemajuan teknologi informasi (IT), interaksi antar orang kini semakin intensif. Sebagian memang dalam interaksi yang positif, seperti bisnis, silaturahim, kerjasama, dll. Namun sebagian lainnya, justru termasuk katagori interaksi yang negatif, termasuk selingkuh. Definisi selingkuh sendiri sampai sekarang belum jelas.


Mungkin para  Psikolog, bisa memberikan definisi yang jelas. Namun pengertian awam, selingkuh itu adalah “interaksi spesial” antar seorang pria dengan wanita, yang satu atau keduanya sudah memiliki pasangan hidup. Ada seorang suami yang berselingkuh dengan istri orang lain. Ada seorang suami berselingkuh dengan wanita lajang. Ada juga seorang istri yang berselingkuh dengan pria lajang.

Nah, dengan kemajuan IT, maka selingkuh kini tidak hanya dilakukan di dunia nyata, tetapi melalui dunia maya dengan beragam fasilitas teknologi seperti BBM, YM, Facebook. SMS, e-mail, telpon, chating dengan atau tanpa web-cam. Ada yang spesialis berselingkuh di dunia maya, ada juga yang mengkombinasikan keduanya, di dunia nyata iya, di dunia maya juga.

Perhatikan di tempat-tempat tertentu, seperti pinggir jalan, bawah pohon, pinggir kali atau danau, di pelataran kantor, tempat parkir, dll. Seseorang, baik pria atau wanita cengar-cengir sendiri, asyik ber-SMS-ria atau ber-telpon-ria. Bisa diduga, 5 - 10 persen di antaranya sedang menikmati SDM. Bahaya SDM tentu tidak sedikit. Karena tetap memalingkan hati dari pasangan resmi.

Kalau ditinjau dari hukum agama, tentu termasuk dosa. Bisa saja dikatagorikan “mendekati jina”. Dalam hal ini perlu pendapat dari para Ustadz, ditunggu fatwa-nya…. Nah lho, bagaimana pendapat anda ? Atau mungkin .. (Atep Afia)

No comments:

Post a Comment