.

Apr 27, 2013

Jantung dan Gaya Hidup Sehat

Oleh : Atep Afia Hidayat - Manusia dalam tubuhnya memiliki banyak organ, terbagi dalam beberapa sistem seperti kardiovaskular, pencernaan, endokrin, kekebalan, integumen, limpatik, otot, syaraf, reproduksi, pernafasan, rangka dan urin. Begitu rumit dan kompleks sistem tubuh manusia itu, antar organ saling berinteraksi, begitu pula antar sistem. Sebagai gambaran, system kardiovaskular yang antara lain melibatkan jantung, dipengaruhi oleh system pencernaan, otot, saraf, pernafasan, dan sebagainya.

Dalam sistem kardiovaskular yang bertugas memompakan darah ke seluruh tubuh, kedudukan jantung begitu vital. Secara umum, bagaimana kondisi jantung seseorang sangat mempengaruhi bagaimana kualitas hidupnya.

Menerapkan gaya hidup sehat menjadi begitu penting, sehingga keberadaan jantung bisa terpelihara dengan baik. Dalam hal ini, Yayasan Jantung Indonesia terus berupaya mewujudkan Visinya sebagai “Pelopor Gaya Hidup Sehat” dan Misinya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah melalui pemasyarakatan Panca Usaha Jantung Sehat yaitu : Seimbang gizi; Enyahkan rokok; Hadapi dan atasi stress; Awasi tekanan darah; dan Teratur berolahraga.

Selain itu Yayasan Jantung Indonesia memiliki 3 program yang menjadi acuan pelaksanaan kerja, yang mencakup bidangPreventif, Promotif, Kuratif dan Rehabilitatif. Dalam hal ini, Preventif diwujudkan dengan kegiatan olah raga jantung sehat melalui Klub Jantung Sehat yang tersebar di seluruh Indonesia serta melakukan pemeriksaan kesehatan; Promotif , kegiatan penyuluhan kepada masyarakat luas, melalui berbagai media komunikasi, cetak dan elektronika; dan Kuratif dan Rehabilitatif dengan memberikan bantuan biaya operasi bagi pasien yang tidak mampu serta mengadakan latihan rehabilitatif untuk ex-penderita dan mengusahakan orang tua asuh bagi perawatan pasca operasi.

Salah satu Program Promotif Yayasan Jantung Indonesia ialah melalui peluncuran situs http://www.inaheart.or.id/, dengan semboyan “Pelopor Hidup Sehat”. Situs tersebut menyajikan beberapa menu seperti : Tentang YJI; Warta (Figur dan Kiat Sehat); Jantung Sehat (Memahami Faktor Risiko, Risiko yang Dapat Diubah dan yang Tidak, Lakukan untuk Jantung Anda); Klub Jantung Sehat; Go Red For Women (Faktor Risiko pada Perempuan); Dukungan (Donasi); Publikasi; dan Corporate Partnership). Informasi yang disajikan cukup lengkap bagi siapa saja yang peduli akan kesehatan jantungnya.

Dalam menu Lakukan untuk Jantung Anda dijelaskan, beberapa langkah praktis untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner , seperti perhatikan makanan, makanan yang seimbang, mengurangi lemak, mengurangi kolesterol, perbanyak konsumsi serat, mengurangi kalori, stop merokok, berolah raga, atasi dan hadapi stres, turunksn berat badan, jaga tekanan darah – kolesterol – dan gula darah, dan tekanan darah tinggi.

Tunggu apalagi laksanakan Panca Usaha Jantung Sehat, Ayo Bergerak Sejenak (sedikit gerakan ringan, tubuh pun menjadi bugar), dan jangan lupa Perempuan Butuh Perhatian Khusus – Ingat Faktor Risiko pada perempuan ! Begitulah pesan penting dari Yayasan Jantung Indonesia melalui situsnya. (Atep Afia – /Sumber : www.inaheart.or.id).

1 comment:

  1. Saepul Alam, @B04-SAEPUL, Tugas TB05

    Jantung merupakan kesehatan yang utama. Untuk itu dengan adanya artikel ini sangat membantu untuk informasi kepada setiap orang untuk selalu menjaga kesehatan jantungnya.

    ReplyDelete