.

Apr 27, 2013

Lebih Baik Mencegah Obesitas

Oleh : Atep Afia Hidayat - Obesitas merupakan istilah yang sudah menyebar di kalangan masyarakat, secara sederhana ada yang mengartikannya sebagai kegemukan atau kelebihan berat badan.  Ya, memang pada dasanya obesitas itu kegemukan dan kelebihan berat badan, namun dengan kriteria tertentu. Dalam hal ini obesitas lebih dari sekedar kelebihan berat badan, ada persoalan serius di dalamnya.

Di Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Jerman dan sebagainya, obesitas sudah menjadi persoalan sangat serius. Upaya penangan di negara-negara maju ialah bagaimana mencegah terjadinya obesitas, daripada sekedar melakukan pengobatan dan perawatan. Ya, mencegah timbulnya obesitas adalah lebih mudah dan murah dari pada mengobari dan merawat obesitas.

Banyak pakar kesehatan sepakat menyebutkan obesitas sebagai penyakit. Lebih terperinci ternyata obesitas adalah penyakit munltifaktoral, terutama disebabkan akumulasi simpanan lemak dalam tubuh secara berlebihan, hal tersebut tentu saja sangat mengganggu kesehatan, bahkan relative sulit diatasi, memerlukan terapi komprehenship dan berjangka waktu lama.

Obesitas dapat menimpa siapapun, bukan hanya masyarakat yang berkecukupan, ternyata masyarakat yang mengalami kekurangan pun banyak yang terkena obesitas. Obesitas bisa diderita oleh segala lapisan usia, mulai dari Balita sampai Manula. Banyak penderita obesitas yang berupaya keras untuk menurunkan berat badannya, sehingga dicapai kondisi ideal. Berbagai cara dilakukan, baik cara yang sehat dan aman, maupun cara tertentu yang justru berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal yang lebih penting ialah mencari tahu apa penyebabnya.

Ternyata dari berbagai kepustakaan menunjukkan, bahwa penyabab utama obesitas ialah mengkonsumsi makanan yang kandungan lemak dan karbohidratnya tinggi, sehingga terakumulasi menjadi cadangan lemak tubuh yang tersimpan pada berbagai organ. Di sisi lainnya asupan karbohidrat dan lemak yang tinggi, ternyata tidak diimbangi dengan kegiatan fisik yang memadai. Banyak makan dan jarang bergerak adalah kombinasi yang ampuh untuk terwujudnya obesitas.

Untuk mencegah obesitas sebenarnya sederhana saja, yaitu perhatikan pola makan dan selalu beraktivitas. Jangan biarkan asupan karbohidrat dan lemak terus-menerus, tanpa diimbangi oleh aktivitas fisik yang memadai. Evalusi dalam sehari, apa saja yang Anda konsumsi dan berapa lama Anda bergerak atau membakar kalori. Sudah tentu jika Anda banyak menabung kalori, namun jarang digunakan, maka yang terjadi ialah penimbunan kalori, dengan kata lain penimbunan simpanan lemak dalam berbagai jaringan atau organ tubuh. (Atep Afia)

1 comment:

  1. Irfan Arliansyah
    @C08-IRFAN

    Saya ingin menanggapi artikel diatas yang berkaitan dengan Obesitas. Obesitas atau kegemukan yang dialami oleh seseorang berkaitan langsung dengan pola hidup yang diterapkan oleh orang tersebut. Dimana pola hidup dan pola makan yang tidak teratur serta olahraga yang sangat jarang dilakukan akan berdampak pada penimbunan lemak didalam tubuh. Dampak dari obesitas tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya diantaranya adalah jantung, kolesterol tinggi, diabetes, dll.
    Dalam artikel diatas menjelaskan bahwa di negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris, maupun jerman menanggapi dengan serius masalah obesitas. Obesitas terjadi diberbagai kalangan mulai dari kelas atas hingga kelas bawah dan meliputi berbagai tingkatan usia mulai dari balita hingga orang dewasa.
    Penanganan yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. serta asupan makanan yang masuk maupun keluar dalam bentuk aktivitas seimbang.

    ReplyDelete