.

Apr 27, 2013

Tempe Bergizi dan Berkhasiat

Tempe adalah makanan khas Bangsa Indonesia, penggemarnya tersebar dari Sabang sampai Merauke, bahkan di manca Negara. Tempe adalah produk bioteknologi yang sudah dihasilkan nenek moyang sejak ratusan tahun yang lalu. Selain menjadi sumber gizi yang baik, keberadaan tempe pun menjadi bahan kajian yang sangat menarik. Dengan penelitian tempe telah banyak menghasilkan sarjana, magister dan doktor yang tesrsebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam artikelnya, Dewi Yuanita Lestari, SSi., MSc. Menjelaskan, bahwa tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".

Selanjutnya dijelaskan, kandungan tempe meliputi asam lemak, vitamin, mineral dan antioksidan. Tempe merupakan sumber vitamin B yang sangat potensial. Jenis vitamin yang
terkandung dalam tempe antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), asam pantotenat, asam nikotinat (niasin), vitamin B6 (piridoksin), dan B12 (sianokobalamin). Berbagai jenis vitamin B tersebut memiliki peran yang spesifik dalam system metabolism tubuh.

Ternyata tempe juga mengandung zat antioksidan jenis isoflavon. Sebagaimana vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk
menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas. Karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, maka tempa secara tidak langsung dapat berperan dalam mencegah penuaan dini. Jadi kalau mau berpenampilan awet muda konsumsi tempe setiap hari.

Selain itu karena kandungan gizi yang begitu bervariasi, maka rajin mengkonsumsi tempe akan menjauhkan dari timbulnya gangguan anemia dan osteoporosis. Tempe sebagai anti anemia karena kandungan mineral, vitamin 12 dan zat besi dalam tempe, yang dapat berperan dalam pemebentukan sel darah merah. Sedangkan sebagai anti osteoporosis karena kadar kalsium dalam tempe cukup tinggi.

Beragam khasiat tempe lainnya ialah sebagai anti infeksi, karena tempe mengandung senyawa anti bakteri (sejenis antibiotika); Menurunkan kadar kolesterol jahat; Anti kanker; Mencegah kekurangan dan kelebihan gizi; Mencegah timbulnya hipertensi, dan sebagainya. Ya, tempe penampilannya begitu sederhana, meskipun sebenarnya merupakan salah satu produk bioteknologi pangan, ternyata mengandung gizi yang lengkap dan khasiat yang beragam. (Atep Afia – /Sumber: Uny.ac.id). 


5 comments:

  1. Febri Aryanti - C09-FEBRI

    Kata Tempe memang tidak lah asing untuk didengar bagi warga negara indonesia. Dari kecil sampai besar yang kita tahu bahwa Tempe salah satu isi kandungan didalam 4 sehat 5 sempurna. Menurut saya tempe adalah makanan yang tidak pernah ketinggalan zaman. mengapa demikian? karena dari jamannya nenek moyang kita sudah mengenal bahwa tempe ini menjadi makanan pokok warga negara. sampai di zaman modern ini, rasa original tempe masih sama walau sudah di modif dengan berbagai macam nama "beken" atau trendy. Bahkan, menu didalam sebuah restoran yang mengandung makanan tempe menjadi sangat keren dengan perpaduan makanan tradisional dengan modern. Selain namanya yang semakin trendy dengan perpaduan antara tempe dengan cara memasak dan memadukannya dengan bahan-bahan lainnya, isi kandungan yang saat ini mudah sekali dicari tau bahwa tempe memiliki banyak kandungan bergizi dan khasiatnya maupun sangat mudah untuk memadukannya menjadi berbagai macam makanan pokok atau dessert bahkan ada juga minuman yang berasal dari serat tempe sehingga tempe tidaklah akan ketinggalan zaman ataupun musnah.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nice artikel, kebetulan saya memang pecinta tempe. dan memang benar, memakan tempe itu banyak banget manfaatnya, salah satunya manfaatnya adalah bisa bikin kenyang :D, dan juga saya jadi lebih tau apa saja kandungan yang ada di dalam sebuah tempe.

    ReplyDelete
  4. Satriana Nova @B18-Nova

    artikel ini memberikan pengetahuan yang banyak mengenai gizi dan khasiat dari tempe bagi pembacanya, dimana pembaca dapat mengetahui cara pembuatan, kandungan dari tempe dan beberapa khasiat dari tempe seperti : Jika mengkonsumsi tempe akan menjauhakan diri dari timbulnya gangguan anemia dan osteoporosis.

    ReplyDelete
  5. Artikel yang sangat membantu bagi saya untuk mengetaui lebih dalam lagi khasiat tempe.Ternyata begitu besar khasiatnya.Tidak salah jika banyak orang yang menyukai tempe katimbang makanan lainnya.

    ReplyDelete