.

Apr 27, 2013

Jurnal Gizi Indonesia


Oleh : Atep Afia Hidayat - Persatuan Ahli Gizi Indonesia menerbitkan Jurnal Gizi Indonesia Persagi), antara lain dalam bentuk online dengan alamat http://www.persagi.org/index.php?hal=8, menginduk pada situs Persagi. Sebagai catatan organisasi profesi ini didirikan tahun 1957 dengan nama awal Persatuan Ahli Nutrisionis Indonesia, kemudian mulai tahun 1989 namanya berubah menjadi Persatuan Ahli Gizi Indonesia. 


Jurnal Gizi Indonesia dimotori oleh Moesijanti Y.E. Soekatri, MCN, Ph.D tersebut sudah terbit sejak tahun 2004 setiap empat bulan sekali. Keberadaan jurnal yang bisa di download secara gratis tersebut, tentu saja sangat bermanfaat bagi praktisi, pengamat dan ahli gizi di manapun. 

Konten Jurnal Gizi Indonesia sangat beragam, sebagai contoh beberapa judul : Cakupan Suplementasi Kapsul Vitamin A dalam Hubungannya dengan Karakteristik Anak Balita dan Akses Ke Pelayanan Kesehatan Di Indonesia (Analisis Data Riskesdas 2010); Analisis Konsumsi Lemak, Gula dan Garam Penduduk Indonesia; Cakupan Pemberian ASI Eksklusif: Akurasi dan Interpretasi Data Survei dan Laporan Program; Perkawinan Dini dan Dampak Status Gizi pada Anak (Analisis Data Riskesdas 2010); dan sebagainya.

Ratusan judul artikel ilmiah yang diterbitkan Jurnal Gizi Indonesia tersebut tentu saja mengacu pada hasil penelitian dengan menggunakan biaya yang tidak sedikit. Sudah semestinya ada pemanfaatan lebih lanjut di tataran praktis. Bagaimana agar karya para ahli gizi bisa ditransfer ke petugas gizi, untuk selanjutnya sampai ke masyarakat. (Atep Afia – LG 0113 – 016/Sumber : www.persegi.org)



2 comments:

  1. Febri Aryanti - C09-FEBRI

    Dengan di publisnya jurnal gizi dan dengan mudahnya untuk diunduh oleh masyarakat sehingga membuat masyarakat lebih mudah untuk belajar dan membuka mata bahwa kandungan gizi sebagai pertimbangan masyarakat untuk bisa mendapatkan cukup banyak gizi dengan cara mempelajari dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
    saya pribadi sangatlah berterima kasih kepada Persatuan Ahli Gizi Indonesia yang telah menerbitkan ratusan jurnal mengenai hal yang terkait sehingga sangatlah berguna keberadaannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  2. seharusnya ada sebuah portal yang ketika seseorang ingin mendownlaod jurnal tersebut harus membayar, karena untuk biaya penelitian dan pengerjaannya juga sudah membuang banyak waktu dan tenaga, intinya untuk memberikan rasa semangat kepada orang-orang yang membuat jurnal tersebut.

    ReplyDelete