.

Apr 27, 2013

Lima Gejala Awal Stroke

Oleh : Atep Afia Hidayat - Stroke mengancam siapapun, kapanpun dan di manapun. Oleh sebab itu perlu diwaspadai sedini mungkin, hindari berbagai pencetus atau faktor penyebabnya dan kenali gejala awalnya.  Hasil riset Kementerian Kesehatan mengungkapkan, bahwa sekitar 12 juta orang Indonesia, dengan usia di atas 35 tahun berpotensi untuk terkena stroke.

Supaya terhindar dari dampak stroke yang tidak diinginkan, maka gejala awal perlu dikenali secara cepat dan akurat, sehingga keberhasilan penanganan stroke lebih berpeluang.

Seorang pakar dari Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat di Atlanta, Georgia, Dr. Janet Croft , dalam laporan mingguannya Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR) , menyebutkan bahwa gejala awal stroke antara lain : Merasa lemah dan tidak bertenaga; Penglihatan kabur dan penglihatan menghilang; Tiba-tiba pusing atau kehilangan keseimbangan; Tiba-tiba menderita sakit kepala yang parah (termasuk sakit kepala terparah selama hidup); dan Bingung atau kesulitan berbicara.

Nah, ternyata setidaknya ada lima gejala awal stroke yang harus diwaspadai. Apakah muncul satu, dua atau beberapa gejala sekaligus, perlu mendapat penanganan sedini mungkin. Segera berkonsultasi dengan dokter. (Atep Afia –/ Dari berbagai sumber).


Artikel Terkait :

Stroke Merupakan Kerusakan Otak

Stroke Penyebab Kematian Kedua

Disfungsi dan Penyusutan Otak

Kebiasaan Buruk yang Merusak Otak 

3 comments:

  1. Sangat informatif sekali..
    Apalagi melihat tingginya potensi orang Indonesia terkena struk, kita sebagai salah satu warga Indonesia, juga harus menjadi lebih hati-hati, pencegahan dilakukan baik dengan hidup sehat, makan teratur maupun rajin berolahraga.

    ReplyDelete
  2. Irfan Arliansyah
    @C08-IRFAN

    Artikel diatas sangat membantu kita yang awam mengenai hal stroke. dari kelima gejala awal stroke yang ada dalam artikel tersebut kita baru sadar dan mengetahui bahwa gejala awal dari stroke adalah hal yang sering kita anggap sepele, ternyata merupakan gejala awal dari stroke dan perlu diwaspadai bila satu, dua atau beberapa gejala terjadi segera ditangani sedini mungkin dan konsultasi ke dokter.

    ReplyDelete
  3. Lutfi Riyadi
    @B05-LUTFI

    Orang-orang yang merokok, kurang olah raga, dan memiliki pola makan yang buruk juga rentan terhadap stoke. Selain itu orang-orang yang sirkulasi darahnya terganggu akibat tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, detak jantung tidak teratur atau fibrilasi atrium, dan diabetes, juga lebih rentan terhadap stroke.
    Terima kasih atas info terkaitnya, sangat membantu untuk saya agar lebih memilih & merubah diri ke hidup yang lebih sehat.

    ReplyDelete