Apr 27, 2013

Kebiasaan Buruk yang Merusak Otak


Oleh : Atep Afia Hidayat - Manusia memiliki banyak organ tubuh, masing-masing dengan fungsinya tersendiri, namun secara keseluruhan menyatu dalam sistem tubuh manusia. Semua organ tubuh saling berkaitan dan mempengaruhi, jika satu organ mengalami gangguan, apalagi disfungsi, maka organ yang lain akan terkena imbasnya. Dalam keadaan demikian, tubuh dikatakan sakit. Jika seluruh organ tubuh bekerja dengan baik, maka tubuh dikatakan dalam keadaan sehat.  

Otak merupakan organ yang fungsinya sangat vital, terutama menyangkut struktur pusat pengaturan. Otak rata-rata  memiliki volume sekitar 1.350 cc. Ada juga yang mengatakan berat rata-rata otak sekitar 1.400 gram (1,4 kg),  meliputi 100 miliar sel saraf atau neuron.  Kalau dibuat rata-rata, ada kurang lebih 70 juta neuron dalam setiap gram berat otak. 

Luar biasa, seratus miliar neuron dalam otak berkoordinasi dan bersinergi untuk menjalankan beragam fungsi otak.  Fungsi otak sangat beragam, tergantung bagiannya, antara lain bertanggung jawab terhadap pengaturan fungsi semua organ tubuh dan mengatur proses berpikir manusia. Kaitan antara otak dan proses berpikir begitu erat, dengan otak dan hati yang sehat, maka berpikirpun akan sehat. 

Inilah daftar panjang fungsi otak yang tidak bisa digantikan organ tubuh lainnya : Otak adalah pusat sistem saraf; Otak mengelola sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh mulai dari detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh; Otak menjalankan  fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, dan beragam bentuk pembelajaran.

Namun ironisnya banyak orang yang tidak menyadari begitu besarnya fungsi dan manfaat otak bagi kelangsungan hidupnya, bahkan banyak juga yang secara "sengaja" merusak otaknya sendiri. Antara lain dengan beberapa kebiasaan buruk seperti :

Merokok,
Merokok merupakan kebiasaan  yang sama sekali tidak berguna bagi kesehatan dan keutuhan fungsi dan fisik otak. Merokok berkaitan dengan menghirup beragam zat kimia, yang secara langsung akan mengganggu ketersediaan oksigen di otak. Kekurangan oksigen akan merusak jaringan otak, diawali dengan penyempitan dan penyumbatan aliran darah ke otak. 

Gangguan akibat merokok terhadap fisik dan fungsi otak meliputi empat stadium. Mulai dari stadium pertama, saat  penyempitan kurang dari 75%, biasanya tidak ada keluhan, seperti orang sehat pada umumnya. Stadium kedua,  dikenal dengan istilah defisit neurologi sementara (dengan gejala seperti : lumpuh, gangguan perasaan, penglihatan, akustik dan bicara); ganguan seperti ini menghilang dalam waktu 24 jam.

Stadium ketiga, terjadi di mana defisit neurologis akan menghilang dalam 3 hari atau frekuensinya bertambah. Stadium empat,  terjadi infark otak (terjadi karena penyumbatan aliran pembuluh nadi dan kadang bisa terjadi pada pembuluh balik) yang lengkap dan menyebabkan defisit neurologis yang menetap (kondisi ini menyebabkan gangguan kesadaran sampai koma). 

Merokok bagi sebagian orang memang terasa nikmat, namun di balik semua itu kesehatan otak terancam, lebih jau lagi kelangsungan hidup dalam bahaya. Merokok merupakan cara paling mudah untuk merusak otak.

Menghirup Udara Kotor
Sangat erat kaitan antara otak dengan gas yang bernama oksigen (O2).  Kebutuhan oksigen dari organ otak sangat tinggi, meskipun komposisi bobot otak dibanding bobot tubuh manusia hanya sekitar 2 persen, namun konsumsi oksigen otak mencapai 20 persen. Bisa dikatakan, dari sekian banyak okseigen yang kita hirup melalui proses pernafasan, sekitar seperlimanya digunakan oleh otak. 

Otak rentan mengalami kerusakan saat mengalami kekurangan oksigen. Maka itu perbanyaklah oksigen yang masuk ke tubuh agar kondisi otak tetap terjaga, karena kekurangan oksigen bisa mengakibatkan kecacatan hingga kematian.

Lantas, apa jadinya jika polusi udara terjadi di sekitar kita. Selain okseigen yang sangat dibutuhkan, otak dan organ tubuh lainnya "dipaksa" menghirup berbagai gas, debu, bahkan partikel, yang di antaranya ada yang bersifat toksik.  Padahal kebutuhan akan oksigen sangat besar, dengan cadangan yang sedikit di otak. Dalam hal ini  sel-sel otak mulai mengalami kerusakan, bahkan kematian, jika tidak ada pasokan oksigen hanya dalam 3-7 menit. 

Kondisi jalan raya yang macet, dengan jumlah kendaraan yang banyak, jelas menyebabkan kadar oksigen rendah dengan polutan yang tinggi. Dalam kondisi yang demikian, pengendara sepeda motor biasnya menggunakan kain penutup mulut dan hidung, atau menggunakan masker.

Persoalannya, apakah penggunaan penyaring debu tersebut justru malah menghambat aliran okseigen ? Perlu ada kajian dan penelitian yang mendalam untuk ditemukannya masker yang benar-benar aman. Bisa meneruskan okseigen dan mampu menyaring gas lain, partikel serta debu.

Menghirup udara kotor, baik di jalan raya, di sekitar pabrik, bahkan di sekitar gunung berapi yang sedang mengalami erupsi, merupakan cara mudah merusak otak. Oleh sebab itu, sering-seringlah menghirup udara bersih di tempat yang rimbun dengan pepohonan. Karena pepohonan pada siang hari melepaskan oksigen, sebagai sisa dari peoses fotosintesis pada dedaunan.

Kebiasaan Buruk Lainnya :
Tidak atau jarang sarapan, menyebabkan kadar gula darah rendah, lebih jauh lagi menyebabkan defisit gizi, dan pada organ otak menyebabkan kemunduran;

Makan berlebihan atau terlalu kenyang, diduga bisa menyebabkan pengerasan pembuluh otak karena kelebihan zat-zat tertentu seperti lemak dan karbohidrat;

Konsumsi gula secara berlebihan, berdampak pada gangguan penyerapan protein, sehingga mengganggu perkembangan otak;

Terlalu banyak begadang atau kurang tidur, dalam jangka panjang menyebabkan kematian sel otak.

Tidur dengan kepala tertutup, baik dengan selimut, bantal atau kain, berdampak pada peningkatan kadar karbondioksida yang bisa merusak sel-sel otak;

Bekerja dan belajar keras pada kondisi tubuh sedang sakit. Pada kondisi sakit terjadi ketidakseimbangan dan gangguan kinerja organ-organ tubuh. Dalam kondisi yang demikian, dibutuhkan istirahat sedang sampai total, termasuk mengistirahatkan otak.

Jarang bergaul dan langka berbicara, ternyata interaksi sosial dengan "sesama pemilik otak" sangat diperlukan. Jika kurang dilakukan, maka akan terjadi penurunan fungsi otak, menjadi kurang sensitif dalam menanggapi suatu kejadian, bahkan menjadi relatif sulit untuk berpikir;

Kurang melatih otak, banyak permainan  menarik yang mampu menstimulasi pikiran, mulai dari mengisi teka-teki-silang, main catur, dan berbagai brain gym

Ternyata fungsi otak sangat penting, namun di sisi lainnya ternyata banyak hal yang bisa menyebabkan kerusakan otak. Hal-hal yang merusak otak tersebut begitu mudahnya dilakukan oleh banyak orang, seolah tidak peduli dengan dirinya, kurang memperhatikan kelangsungan hidupnya. Oleh sebab itu, jagalah otak, jangan dirusak. (Atep Afia)


15 comments:

  1. Artikel yang sangat informatif dan bagus..
    Ternyata banyak sekali hal yang perlu diperhatikan agar otak kita tetap sehat dan tidak rusak..
    Terima kasih atas informasinya..

    ReplyDelete
  2. didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.. dengan menjaga otak kita maka tubuh kita akan terjaga juga karena otak merupakan organ yang sangat penting selain jantung dsb.. otak berperan pusat gerak, tingkah laku/emosi, pusat kerja organ2 lain dll..
    oleh karena itu harus kita jaga selalu dengan menghindari perilaku2 yang dpt merusak otak sprti merokok, tidak menjaga makanan, kurang istrht dll..

    ReplyDelete
  3. Otak merupakan organ yang fungsinya sangat vital, terutama menyangkut struktur pusat pengaturan. Otak rata-rata memiliki volume sekitar 1.350 cc. Ada juga yang mengatakan berat rata-rata otak sekitar 1.400 gram (1,4 kg), meliputi 100 miliar sel saraf atau neuron. Kalau dibuat rata-rata, ada kurang lebih 70 juta neuron dalam setiap gram berat otak.

    Luar biasa, seratus miliar neuron dalam otak berkoordinasi dan bersinergi untuk menjalankan beragam fungsi otak. Fungsi otak sangat beragam, tergantung bagiannya, antara lain bertanggung jawab terhadap pengaturan fungsi semua organ tubuh dan mengatur proses berpikir manusia. Kaitan antara otak dan proses berpikir begitu erat, dengan otak dan hati yang sehat, maka berpikirpun akan sehat.

    Inilah daftar panjang fungsi otak yang tidak bisa digantikan organ tubuh lainnya : Otak adalah pusat sistem saraf; Otak mengelola sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh mulai dari detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh; Otak menjalankan fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, dan beragam bentuk pembelajaran. Dengan begitu banyak nya fungsi dari otak maka sudah sepatut nya kita menjaga otak kita dengan baik . menjaga otak tidak harus dengan biaya yang mahal kita dapat menjaga otak kita dengan cara menjaga pola makan kita , makan makanan yang bergizi , menghidari merokok , saat di lingkungan yang tercemar atau berasap usahakan pakia masker , menjaga pola tidur yang sehat ( 7-8 jam perhari ), rajin olahraga . Dengan menerapkan perilaku hidup sehat maka kita bisa mengoptimalkan kinerja otak kita dan kita juga terhindar dari berbagai penyakit .

    ReplyDelete
  4. menurut saya artikel ini sangat bagus untuk diperhatikan karena dapat mencegah hal-hal yg lain untuk kerusakn otak dengan kebiasaan pola hidup kita bahkan bisa menghidari dan mencegahnya sebelum kejadian ...
    . otak adalah organ tubuh yang sngt penting bagi tubuh kita, jadi kita hrus berhati-hati dalam mnejaga otak .. otak berperan pusat gerak, tingkah laku/emosi, pusat kerja organ2 lain dll..
    yang perlu digaris bawai adalah kurangi kebiasaan buruk yang dapat merusak otak kita..
    terima kasih

    ReplyDelete
  5. Merokok memang sangat berdampak kepada kerusakan otak. Apalagi merugikan orang sekitar yang tidak merokok namun terkena asapnya. Seharusnya sebagai manusia yang punya otak sehat. Seseorang tidak merokok dan membuang asapnya di dekat orang lain.

    ReplyDelete
  6. merokok memang mempengaruhi kinerja otak akan tetapi perokok pasif akan mengalami dampak yang lebih besar .

    ReplyDelete
  7. merokok memang sangat tidak sehat bahkan dalam artikel di atas bahwa merokok tidak ada gunanya sama sekali dan bahaya yang di sebabkan oleh rokok sangat patal sudah banyak contoh nya,.

    ReplyDelete
  8. merokok memang sangat tidak sehat bahkan dalam artikel di atas bahwa merokok tidak ada gunanya sama sekali dan bahaya yang di sebabkan oleh rokok sangat patal sudah banyak contoh nya,.

    ReplyDelete
  9. Agustina Dwiyanti @A27-AGUSTINA

    Artikel ini sangat mmbantu dalam penambahan ilmu pengetahuan.dengan pemberian miliaran fungsi keja otak yang sangat penting dalam fungsi organ akan tetapi ada yang sengaja merusaknya bahkan menurut saya ada juga orang yang sudah menjaga dari bahaya populasi udara akan sia-sia karena bukan mustahil dalam lingkupan banyaknya perokok dan kendaraan yang berlalu lalang dengan asapnya tersebut.

    ReplyDelete
  10. Bayu Adhi Pratama
    @A28-Bayu

    Artikel ini sangat bermanfaat bagi pembaca, menjaga kesehtan otak sangat penting dan diperlukan karena otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat dimana Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh kita. untuk itu kita sebagai manusia perlu menjaga kesehatan tubuh kita terutama otak :)

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. @C03-ARIF
    Dalam berbagai media juga sudah di jelaskan berbagai bahaya yang akan di akibatkan oleh rokok, pada artikel ini di jelaskan bahaya merokok adalah dapat merusak otak. sebagian besar perokok juga pasti tau tentang bahaya dari rokok ini.
    tetapi pada kehidupan sehari-hari seorang yang sudah kecanduan merokok akan sangat sulit jika di minta untuk berhenti merokok, menurut saya merokok itu sama halnya dengan tidak makan smabal(bagi orang yang suka sambal).
    bisa sih makan ngga pake sambel, tapi kaya ada yang kurang..

    ReplyDelete
  13. @B01-IWAN

    kita dilahirkan tidak pernah diajarkannya tentang hal merokok, tapi bagi semua pihak tidak bisa dipungkiri rokok memang tidak baik buat kesehatan dan dapat membunuhmu. tapi bagi sebagian orang ada beranggapan jodoh, rejeki, kematian ada ditangan Tuhan, jadi kalo belum waktunya mati ya gak akan mati, kata perokok.

    ReplyDelete
  14. @D14-Raafi @Tugas A05
    Otak memang salah satu organ yg berrti bagi manusia , karena otak yg membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya , mungkin banyak orang kurang mengetahui bahwa kebiasaan yg seperti diatas tersebut dapat merusak sistem otak sedikit demi sedikin , dengan adanya artikel ini sungguh sangat memberi informasi.

    ReplyDelete
  15. @D14-Raafi @Tugas A05
    Otak memang salah satu organ yg berrti bagi manusia , karena otak yg membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya , mungkin banyak orang kurang mengetahui bahwa kebiasaan yg seperti diatas tersebut dapat merusak sistem otak sedikit demi sedikin , dengan adanya artikel ini sungguh sangat memberi informasi.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.