.

Apr 27, 2013

Kalau Terlalu Banyak Begadang


Oleh : Atep Afia Hidayat - Beberapa dekade yang lalu sebuah lagu dari Bang Haji Rhoma Irama menjadi begitu populer. Didengar dan dinikmati oleh masyarakat mulai yang ada di pusat kota sampai pelosok pedesaan. Bahkan lagu tersebut menjadi fenomenal sampai sekarang. Begini liriknya :

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Kalau terlalu banyak begadang
Muka pucat karena darah berkurang
Kalau sering kena angin malam
Segala penyakit akan mudah datang
Darilah itu sayangi badan
Jangan begadang setiap malam

Ya, judul lagunya “Begadang”. Pengertian begadang tak lain bangun dan beraktivitas semalam suntuk, bahkan sampai pagi. Aktivitasnya bisa beragam, mulai dari mengerjakan tugas dalam kaitannya dengan pekerjaan, kuliah atau sekolah.

Bisa juga begadang tanpa aktivitas yang jelas, mulai dari nongkrong di pinggir jalan atau di warung kopi, sampai hanya berdiam di rumah menikmati galau. Ya, begadang bisa berkelompok atau sendiri. Begadang kelompok biasanya waktu semalam menjadi tidak terasa, karena ada obrolan yang mengasyikan. Namun banyak juga yang begadang di rumah sendirian karena tidak biss tidur bahkan mengalami insomnia.

Berbagai profesi menuntut untuk begadang, mulai dari dokter, perawat dan paramedis yang bertugas di rumah sakit; para petugas keamanan; pekerja pabrik yang mendapat shift malam, dalam hal ini pekerja yang memiliki jam kerja dengan shift malam memiliki risiko terkena serangan jantung lebih banyak dibandingkan yang tidak memiliki shift malam (tempo.co) ; atau para pengemudi bis malam antar kota yang berjarak ratusan kilometer.

Menurut Bang Haji dalam lirik lagu di atas bahwa begadang boleh saja kalau ada perlunya. Ya, tergantung keperluannya apa. Sebagai contoh, sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dianjurkan untuk begadang di masjid (itikaf). Tujuannya untuk makin mendekatkan diri dengan Allah SWT, Tuhan pencipta alam semesta.

Nilai pahalanya tentu saja sangat tinggi, bahkan sekalian berharap ketemu malam Lalilatul Qadr (malam seribu bulan). Jika saat itu beribadah dengan ikhlas hanya karena Allah SWT makan akan mendapat pahala ibadah sebanyak 1.000 bulan. Luar biasa manfaat begadang seperti itu.

Begadang boleh saja, namun jangan begadang setiap malam, begitu kata Bang Haji. Bahaya mengancam jika begadang menjadi kebiasaan, bahkan kalau setiap malam. Dalam bahasa yang sederhana dan mudah dicerna, Bang Haji menjelaskan kalau terlalu banyak begadang bisa menybabkan muka pucat karena darah berkurang. Selanjurnya diperjelas, kalau sering kena angina malam segala penyakit akan mudah datang. Ya, tukang begadang jelas kurang menyayangi badannya, sehingga kondisinya menjadi rentan.

Lantas, bagaimana akibatnya jika seseorang kurang tidur karena terlalu banyak begdang ? Dalam hal ini situs detik.com mengutip dari Prevention.com mengungkapkan setidaknya terdapat enam masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat kurangnya jam tidur, yaitu :

Penyakit Kardiovaskular, ternyata tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Dijelaskan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Menurut temuan  peneliti di West Virginia University School of Medicine orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung;

Diabetes, temuan  peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menunjukkan ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen. Dijelaskan pula, bahwa  kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar insulin hingga 30 persen dan meningkatkan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2 hingga 43 persen;

Kanker Payudara, temuan peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang menunjukkan bahwa wanita yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko kanker payudara 62 persen lebih besar dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam;

Masalah pada Kandung Kemih, dalam hal ini para peneliti dari New England Research Institute mengungkapkan bahwa kurangnya jam tidur di malam hari meningkatkan risiko masalah pada kesehatan kandung kemih. Dijelaskan bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 5 jam setiap malamnya dan yang telah terjadi selama 5 tahun meningkatkan risiko nokturia hingga 80 sampai 90 persen;

Kanker,  temuan  peneliti dari Case Western University, menunjukkan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup;

Kematian, temuan peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Terungkap bahwa orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.

Begitulah hasil penelitian di berbagai lembaga riset dan universitas ternama di dunia mengungkapkan, bahwa memang benar terlalu banyak begadang itu akan menimbulkan beragam penyakit, sama persis dengan apa yang menjadi konten lagu Begadang-nya Bang Haji Rhoma Irama. Namun Begadang boleh saja, kalau ada perlunya. (Atep Afia).


11 comments:

  1. Ass pak Atep,,
    Kebetulan pak saya punya sedikit masalah dengan jam tidur malam saya..kalau jam belum menunjukan pukul 20.00 WIB itu rasanya saya susah untuk tertidur,,setelah pukul 20.00 keatas baru saya bisa tidur pulas, namun seringkali saya terbangun tengah malam yaitu sekitar pukul 00.00 keatas, lalu saya agak kesulitan untuk melanjutkan tidur saya..
    Mohon bantuan sarannya pak untuk saya agar bisa tidur tanpa terbangun ditengah malam?
    Dan satu lagi pak, apakah kurang tidur ada kaitannya juga dengan timbulnya jerwat??
    Terimakasih pak Atep..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tgas T05, @C06-AHMAT
      Kebiasaan begadang memang tidak baik untuk tubuh. Apabila pekerjaan maupun tugas mengharuskan kita begadang setiap hari mana bisa kita menolaknya. Dari segi kesehatan bagi kita yang sering begadang, kita dapat meminimalisirnya dengan pola hidup yang sehat lainnya seperti menjaga pola makan, olahraga, refreshing untuk penyegaran otak sangat diperlukan.Namun tidak sedikit pula yang begadang hanya menghabiskan waktu mereka hanya diwarung kopi dan bercanda dengan temannya. Hal ini jelas sangat merugikan diri sendiri karena hanya menghabiskan waktu untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Bagi mereka memang asyik, mungkin karena dengan kesibukan masing-masing yang membuatnya stres. Maka, dengan tertawa mereka jadi lebih baik. Yang terpenting kalau kita yang sering begadang gunakanlah waktu beadang kita untuk hal yang positif. Saya pernah membaca artikel "Jika ingin menjadi orang yang lebih dari yang lain maka kita juga harus melakukan hal yang lebih dari orang lain". Sebagai contoh orang lain tidur 8 jam sehari maka kita harus mempersingkat tidur kita dan melakukan hal yang positif yang dapat memberikan hasil yang positif bagi kita.

      Delete
  2. begadang aktivitas yang punya sisi baik dan buruk sisi buruknya bisa membuat kinerja otak menjadi lemah akibat supply oksigen ke otak yang berkurang dan sisi baik / positifnya adalah lingkungan menjadi aman karena ada orang'' yang masih melakukan aktivitas

    ReplyDelete
  3. Begadang secara terus menerus menurut saya memberikan efek yang tidak bagus bagi tubuh kita antara lain adalah mudah lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi, menjadi orang yang lebih pendiam dan pemurung, daya tahan tubuh menjadi turun karena itu mulai biasakan untuk tidur lebih awal, mungkin awal-awal akan terasa sulit namun jika dibiasakan maka kita bisa tidur secara teratur, jika masih sulit juga cobalah minum susu terlebih dahulu sebelum tidur karena dari sebuah penelitian disebutkan bahwa susu dapat membuat tidur lebih lelap.

    ReplyDelete
  4. waktu untuk beristirahat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan maupun kebugaran tubuh kita karena tubuh kita selain untuk beraktivitas maka memerlukan waktu untuk tidur minimal 7 jam seharinya agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit

    ReplyDelete
  5. Sebagian orang juga ada yang bermasalah tentang kesulitan tidur (insomnia). Namun hal itu terjadi dikarenakan pola hidup atau kebiasaan yang dilakukan. Jika terbiasa untuk tidur tepat waktu dan tidak melakukan hal hal yang tidak penting di malam hari dapat meminilalisir penyakit insomnia.

    ReplyDelete
  6. Penyakit Kardiovaskular, ternyata tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Dijelaskan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung. Menurut temuan peneliti di West Virginia University School of Medicine orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung. terima kasih

    ReplyDelete
  7. Memang tersa sekali akibat atau efek jika kita terlalu sering begadang dan apabila jam istirahat kita kurang dari 7 jam dalam sehari. Karena tentunya akan banyak sekali berbagai macam penyakit yang akan mudah menyerang ke tubuh kita.

    ReplyDelete
  8. begadang,,,???????
    adalah hal rutin yang mungkin dilakukan oleh para mahasiswa ataupun oleh pera pekerja .dan hal itu mungkin dilakukan secara rutin tiap hari atau tiap akhir pekan,,,,
    dengan adanya artikel ini maka semakin menguatkan bahwa efek yang ditimbulkan akibat begadang sangatlah berbahaya ,mungkin untuk saat ini hal yang paling terasa akibat begadang adalh mengantuk tetapi untuk jangka panjangnya sangatlah berbahaya,,,,,,,

    ReplyDelete
  9. mengenai maslah begadang ini bs mengganggu kesehatan bagi diri kita karena angin malam ini banyk masuk ketubuh kita sehingga mudah terkena penyakit...ah menggambarkan banyak bahaya klo terus-terusan begadang..
    mengenai airtikel ini adalahh menggambarkan banyak bahaya klo terus-terusan begadang.. yang emberikan efek yang tidak bagus bagi tubuh kita antara lain adalah mudah lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi,

    ReplyDelete
  10. Istirahat minimal 6 jam.sebaiknya 7 jam. Namun hal ini bukan berarti masalah ngantuk, badan lemas, karena tidak bugar akan terjamin hilang. Hal ini tidak disebabkan karena kurang tidur namun disebabkan karena kualitas tidur yang rendah. Jika kualitas tidur kita baik maka badan akan terasa bugar saat bangun dari tidur. Jam tidur terbaik yang harus dilakukan adalah berkisar 11.00-02.00. Karena pada jam tersebut pembentukan sel darah merah terjadi secara optimal. Jadi menurut saya usahakan tidur pada jam tersebut jika memang harus bergadang bagi mereka yang bersangkutan. Karena jika tidak maka sebnyak apapun anda tidur akan selalu terasa kurang.

    ReplyDelete