.

Apr 27, 2013

Lindungi Ginjal Anda


Oleh : Atep Afia Hidayat - Jangan sepelekan kondisi dan keberadaan ginjal Anda. Ya, fungsi sepasang organ yang satu ini begitu penting, antara lain membuang sisa-sisa metabolisme dan kelebihan cairan tubuh. Bagaimanapun asupan nutrisi selalu tidak seimbang dengan apa yang diperlukan tubuh, seringkali zat tertentu berlebih atau kekurangan.


Pada dasarnya tubuh membutuhkan makanan dan minuman untuk menghasilkan energi, dalam hal ini ada perubahan materi (makanan, minuman, pangan atau gizi) menjadi bahan penyusun tubuh serta energi. Selain itu terdapat produk sisa metabolisme yang harus dibuang, baik dalam bentuk padatan atau cairan. 

Setiap hari ginjal bekerja keras, terutama menyaring sekitar 200 liter, sekitar 2 liter di antaranya merupakan kelebihan cairan dan sisa  metabolisme dalam bentuk urin. Selanjutnya urin dikumpulkan kedalam kandung kemih dan akhirnya dibuang keluar dari tubuh kita.

Bagaimana gambaran tentang ginjal, khusunya yang dalam kondisi normal memiliki panjang sekitar 11 cm, lebar 6 cm, ketebalan sekitar 2.5 cm. Dalam hal ini beratnya mencapai 150 gram. Seapsang ginjal posisinya tidak sejajar, ternyata yang sebelah kanan  lebih rendah dari ginjal sebelah kiri. Lantas di mana posisi ginjal dalam tubuh?

Ternyata  terletak di punggung sebelah belakang, sedikit di atas pinggang. Organ ginjal merupakan bagian dari sistem urin (saluran kencing). Sebagaimana diketahui, selain system urin dalam tubuh kita terdapat beberapa system lainnya, seperti system kardiovaskuler, system saraf, system pernafasan, dan sebagainya.

Kondisi tubuh dengan sepasang ginjal yang sehat tentu sangat ideal, namun jika salah satu rusak, maka akan tertumpu pada satu ginjal. Jika kedua ginjal sudah mengalami disfungsi maka kehidupan seseorang menjadi terancam.

Yayasan Ginjal Diatrans Indonesia (YGDI) atau The Indonesia Diatrans Kidney Foundation melalui situs http://www.ygdi.org/index.php, berupaya memberikan pembelajaran bagi masyarakat, dengan cara menyajikan beragam informasi mengenai ginjal. Menurut situs tersebut, YGDI didirikan pada tahun 1983 oleh para penderita gagal ginjal yang tergabung dalam Perhimpunan Pasien Dialisa dan Transplantasi Indonesia (PERDIATRIN). Ketuanya adalah Marsekal Madya Moeljo Pramono (Alm). Para perintis tersebut terpanggil untuk membentuk  wadah yang dapat memperjuangkan nasib penderita gagal ginjal. Tujuan pendirian YDGI yaitu untuk membantu meringankan beban para penderita gagal ginjal, meningkatkan kualitas hidup serta membantu Pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat. Begitu mulia apa yang mereka lakukan, dan manfaatnya sangat dirasakan oleh para penderita gagal ginjal.

Situs YDGI tampilannya cukup menarik dan interaktif, antara lain dilengkapi katagori atau menu: About Diatrans (Visi dan Misi, Sejarah, dan sebagainya); What We Do (Hemodialysis Treatment atau Terapi Pengganti Ginjal, Our Dialysis Center, dan Holistic Approach); Kidney Info (Bagaimana Ginjal Bekerja, Gagal Ginjal Kronik, Dialisis, Transplantasi, Diabetes, dan Hipertensi); Patient Info (Publikasi, Tips, Info untuk Pendamping, Penyedia Layanan Dialisis Di Indonesia, Pedoman Nutrisi, Kumpulan Artikel/Video, Daftar Rumah Sakit, Info Gakin/Jamkesmas, Info Seputar Transplantasi, dan Link Seputar Ginjal); Help Us Help Others; dan News & Event.

Dalam hal ini YDGI sendiri mengelola Dialisis Center Jatiwaringin dan Rawa Bambu. Sedangkan untuk tempat-tempat pelayanan dialysis seluruh kota di Indonesia  Klik Di Sini. Sebagai gambaran tarif sekali tindakan hemodialisa berkisar antara Rp. 425.000,- sampai 1.200.000,- , tergantung rumah sakitnya. Ada yang menerima Askes, Jamkesmas, Gakin/SKTM, ada juga yang tidak. Sangat mahal memang, bagaimana kalau tindakan hemodialisanya 2 kali seminggu atau delapan kali sebulan ? Untuk pasien yang kurang mampu ada informasi mengenai Jamkesmas dan Gakin (Klik Di Sini). Sedangkan panduan nutrisi untuk penderita gagal ginjal Klik Di Sini. Dari laman tersebut diketahui bahwa belimbing merupakan buah terlarang bagi penderita gagal ginjal informasi lengkap di sini.

Situs YDGI sangat menarik, dilengkapi dengan: Diatrans Forum (forum informasi dan komunikasi antar pasien, perawat dan dokter);  Apakah Anda Berisiko, ternyata penurunan fungsi ginjal bisa mencapai 90 persen, tanpa gejala apapun terlebih dahulu. Kelompok orang yang bersiko lebih tinggi terhadap gagal ginjal kronim ialah penderita diabetes, penderita hipertensi, mempunyai riwayat keluarga penderita gagal ginjal kronis, dan berusia 50 tahun ke atas. Informasi lengkap di sini.

Salah satu menu penting dalam situs YDGI ialah bagaimana menghitung fungsi ginjal berdasarkan Glomerular Filtration Rate (GFR) atau dikenal dengan GFR Calculator, yaitu estimasi tingkat kreatinin yang ada dalam darah. Cara lengkap di sini. Menu berikutnya ialah Menghitung Status Gizi dengan masukan tinggi badan (cm) dan berat badan (kg), kemudian akan diketahui Indeks Massa Tubuh (IMT) berikut status gizinya, lebih, cukup atau kurang. Ingin menghitung status gizi Anda ? Ya di sini.

Menu lain yang juga begitu penting ialah Buletin Informasi Kesehatan Ginjal Edisi Online (terbit dwi bulanan). Contohnya Edisi Oktober – Novemmber 2012, berisi artikel mengenai Sudut Gizi : Diet Sehat dan Resep Makanan untuk Si Diabet dan Gagal Ginjal; Sudut Psikologi : Lawan Penyakit dengan Pikiran Positif; Cerita Pasien dan Sebagainya. Sedangkan topic yang diangkat ialah Diabetes dan Hemodialisis, Bagaimana Mengontrolnya.

Bagaimanapun lebih baik mencegah daipada mengobati. Mencegah hinggapnya suatu penyakit adalah jauh lebih murah daripadi mengobati suatu penyakit. Yuk lindungi keberadaan ginjal kita dengan menerapkan pola hidup sehat. (Atep Afia  - /Sumber : www.ydgi.org) 

1 comment:

  1. Irfan Arliansyah
    @C08-IRFAN

    Sepasang ginjal brfungsi sebagai untuk membuang sisa-sisa metabolisme dan kelebihan cairan tubuh. Dalam sehari ginjal bekerja keras dengan menyaring 200 liter dan 2 liter merupakan kelebihan cairan atau sisa yang berupa urine. jika salah satu gijal rusak atau bahkan kedua ginjal sudah mengalami disfungsi maka kehidupan seseorang menjadi terancam.

    Artikel diatas juga menjelaskan berbagai lembaga atau organisasi yang mewadahi para penderita gagal ginjal salah satunya adalah: Yayasan Ginjal Diatrans Indonesia (YGDI) atau The Indonesia Diatrans Kidney Foundation yang melalui situsnya http://www.ygdi.org/index.php, saling berbagi informasi seputar gagal ginjal. Dialisis Center Jatiwaringin dan Rawa Bambu dikelola sendiri oleh YDGI bahkan hingga seluruh kota di Indonesia. YDGI menggambaran tarif sekali tindakan hemodialisa berkisar antara Rp. 425.000,- sampai 1.200.000,- , tergantung rumah sakitnya. Ada yang menerima Askes, Jamkesmas, Gakin/SKTM, ada juga yang tidak. melihat tarif untuk sekali pengobatan cukup mahal, bagaimana dengan pasien yang kurang mampu?. untuk pasien yang kurang mampu, Jamkesmas dan Gakin memberikan informai serta panduan nutrisi untuk penderita gagal ginjal dalam link yang ada di artikel ditas. Dari laman tersebut diketahui bahwa belimbing merupakan buah terlarang bagi penderita gagal ginjal.

    Dalam situs YDGI sangat menarik, dilengkapi dengan: Diatrans Forum (forum informasi dan komunikasi antar pasien, perawat dan dokter) serta Salah satu menu penting dalam situs YDGI ialah bagaimana menghitung fungsi ginjal berdasarkan Glomerular Filtration Rate (GFR) atau dikenal dengan GFR Calculator, yaitu estimasi tingkat kreatinin yang ada dalam darah. Menu berikutnya ialah Menghitung Status Gizi dengan masukan tinggi badan (cm) dan berat badan (kg), kemudian akan diketahui Indeks Massa Tubuh (IMT) berikut status gizinya, lebih, cukup atau kurang.

    Artikel diatas juga banyak memberikan link-link tambahan untuk menambah wawasan yang berhubungan dengan ginjal. alangah baiknya mencegah suatu penyakit dari pada harus mengobati suatu penyakit yang dapat memakan biaya yang cukup banyak.

    ReplyDelete