.

Apr 28, 2013

Penyakit Akibat Salah Makan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Untuk kelangsungan hidup setiap orang, bahkan setiap mahluk hidup, memerlukan makan dan minum dalam jumlah tertentu. Setiap harinya ada batas optimal makanan dan minuman yang harus dikonsumsi, baik menyangkut kualitas atau kuantitas. Untuk minum misalnya, setiap orang dewasa dalam sehari harus minum 8 gelas air.


Begitu pula dalam hal makan, untuk berat badan dan usia tertentu ada standar berapa piring nasi (atau suber karbohidrat lain) yang harus dikonsumsi. Menyangkut kualitas, tentu saja memerinci berapa porsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang harus dikonsumsi, sehingga muncul istilah standar kecukupan gizi.

Makan bukan sekedar mengkonsumsi beragam makanan sampai muncul perasaan kenyang dalam perut kita. Yang lebih penting ialah memenuhi kebutuhan tubuh, baik untuk kepentingan pemeliharaan, pemulihan maupun pertumbuhan. Fungsi pertumbuhan terutama bagi bayi, balita dan anak-anak, di mana sel-sel tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan pertumbuhan. Fungsi pemulihan terutama bagi mereka yang sedang sakit atau mengalami cedera. Sedangkan fungsi pemeliharaan menyangkut semua orang.

Tubuh manusia meliputi banyak organ. Organ terbagi menjadi berbagai jaringan, dan jaringan meliputi sel yang hidup dan sel yang mati. Sel yang hidup memerlukan asupan gizi yang memadai, tidak berlebih dan tidak kekurangan. Sebagai akibat dari asupan gizi yang berlebih, maka sel tubuh akan mengalami gangguan metabolisme.

Begitu pula jika terjadi kekurangan asupan gizi. Dampak dari asupan gizi yang tidak seimbang muncul gangguan pada jaringan, jika dibiarkan makin parah maka gangguan akan meluas ke tingkat organ. Selanjutnya jika masih diabaikan, maka akan mengganggu tubuh secara keseluruhan, inilah yang disebut dengan sakit.

Akibat suplai makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka akan menimbulkan gangguan pada tubuh itu sendiri. Kondisi tubuh yang lemah menyebabkan daya tahan tubuh pun melemah, dengan kata lain antibodi tidak bekerja secara maksimum. Kondisi yang demikian sangat rentan terhadap invasi virus dan bakteri.

Menyangkut kualitas makanan dan minuman pengaruhnya terhadap kinerja tubuh lebih sensitif lagi. Sebenarnya tubuh hanya memerlukan bahan makanan dan minuman yang alami dan organik. Di antara proses metabolism tubuh dengan bahan makanan dan minuman yang sifatnya alami terjadi harmonisasi, sehingga proses metabolism bisa berlangsung secara optimal, termasuk daya tahan tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Apa jadinya jika tubuh dijejali dengan makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, pewarna, lemak dan gula berlebih atau bahan kimia lain yang berasal dari kemasan atau pembungkus. Sudah jelas proses metabolism akan mengalami gangguan yang kronis.

Salah satu sifat makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh ialah mudah terurai bakteri, sehingga bersifat tidak tahan lama. Makanan dan minuman alami dan organik memiliki sifat demikian. Melalui industri pengolahan makanan dan minuman, ada jenis makanan dan minuman yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Nah, jenis makanan yang demikian tidak disukai bakteri pengurai, karena mengandung pengawet. Zat pengawet tersebut tak lain adalah bahan kimia yang tidak disukai bahkan mematikan bakteri. Dengan sendirinya bakteri pengurai pun menghindari jenis makanan dan minuman yang demikian. Persoalannya, jenis makanan dan minuman tersebut banyak dikonsumsi manusia, bahkan semakin mendominasi.

Lantas, bagaimana jadinya kondisi sel tubuh manusia jika setiap saat diberi gizi berasal dari makanan plus zat pengawet dan bahan kimia lain?. Sudah tentu zat pengawet yang dicampurkan ke dalam makanan ikut serta dalam proses metabolism. Jika konsentrasinya sedikit, mungkin dengan segera bisa dinetralisis.

Namun jika konsentrasinya makin banyak mudah diduga bisa merusak proses metabolisme, sehingga asupan gizi bagi tubuh secara keseluruhan mengalami kontaminasi. Maka munculah beragam penyakit modern seperti kanker, diabetes, gagal ginjal, dan sebagainya, yang sebagian berpangkal dari salah makan dan minum. (Atep Afia)

24 comments:

  1. peran jenis makanan memang sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita sehari-hari. dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tentu bisa membuat tubuh segar dan berenergi. selektif dalam memilih makanan tentu sudah seharusnya kita lakukan. karena masa sekarang banyak sekali jenis makanan yang mengandung zat yang berbahaya.

    ReplyDelete
  2. makanan yang kita konsumsi sehari-hari tidak akan lepas dari yang namanya bahan pengawet ataupun bahan kimia sejenis lainnya, apalagi kita hidup di perkotaan seperti Jakarta.
    Hampir semua makanan instan disajikan,apalagi banyak pedagang nakal yang memasukan bahan berbahaya terhadap makanan itu sendiri, kita memang terkadang hampir tidak bisa menghindari itu semua, tapi masih banyak makanan organik ataupun makana sehat yang bebas pengawet asalkan kita bisa lebih selektif dalam menacari makanan dan satu hal lagi tubuh kita perlu olahraga agar tetap sehat, bugar dan metabolismu tubuh juga tetap terjaga.

    ReplyDelete
  3. makanan yang kita makan sehari-hari memang banyak yang mengandung zat pengawet , pemanis buatan, serta pewarna dimana sangat sulit mendapatkan bahan makanan yang benar benar sehat dan segar, sayur sayuran yang dikiranya sehat pun masih bercampur dengan bahan kimia karena pemeliharaannya banyak menggunakan bahan kimia agar tidak dirusak hama seperti penggunaan pestisida, serta buah - buahan yang kelihatannya segar ternyata di buahnya di beri lilin untuk agar awet disuntik pemanis, oleh itu kira harus lebih cermat, saat ini banyak buah dan sayuran organik bebas dari pengawet dan bahan kimia lebih aman kita konsumsi, serta menghindarkan makanan cepat saji (fastfood) lebih baik kita yang memasak dan memilih bahan yang tepat untuk dimasak, serta sering berolahraga agar toxin di dalam tubuh keluar dengan berolahraga teratur.

    ReplyDelete
  4. Sederhana saja, hindari bahan makanan yang bahan bakunya susah untuk dilafalkan anak SD.
    Bayangkan, bahasanya saja susah untuk dilafalkan apalagi kandungan kimia di dalamnya. Usahakan selalu membeli produk makanan yang Anda kenal bahan makanannya dan mengandung bahan yang sederhana. Lebih baik lagi, membeli produk makanan segar.  

    ReplyDelete
  5. makanan memang sangat diperlukan untuk tubuh kita , karena tubuh kita perlu sekali nutrisi nutrisi yang ada dimakanan,
    sangat banyak ditemukan penjual makanan yang curang bahkan dapat mencelakai konsumennya dengan memakai zat perwarna, pengawet pemanis buatan bahkan bahan makanan yang tidak layak dikonsumsi memang kita sebagai konsumen tidak mengetahui bahan campuran bahan yang mereka buat karna tubuh kita butuh makan setiap hari.
    dan lama kelamaan sesuai usia kita yang mulai menua dampak dari mengkonsumsi makanan itu pun dapat terasa seperti penyakit diabetes, kanker, gagal ginjal hingga jantung oleh karna itu perlu adanya kesadaran dari diri kita tentang mengatur pola makan yang sehat agar kesehatan kita dapat terjaga nantinya, dengan mengolah bahan makanan sendiri, memilih bahan makanan yang penuh nutrisi dan baik untuk tubuh serta berolahraga untuk tubuh kita terhindar dari penyakit akibat zat zat kimia yang masuk ke tubuh kita.

    ReplyDelete
  6. Saat ini, semua serba instan bahkan makanan pun hampir semua instan. Tidak jarang pula ibu rumah tangga yang malas memasak dan memilih membeli makanan di luar atau makanan cepat saji seperti sosis, nugget, dsb. Padahal jika mereka pintar dan belajar memahami komposisi dari makanan yang mereka konsumsi, ada banyak hal yang membahayakan kesehatan mereka dan keluarga mereka. Selain itu, anak-anak yang jarang memakan masakan ibunya dan cenderung memakan makanan cepat saji maka kemungkinan mengelami defisiensi perkembangan otak. Hal yang paling menakutkan saat ini adalah diabetes pada anak karena pada setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi anak, mengandung gula pada ambang batas normal. Sehingga jika banyak gula yang masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi hingga batas atas maka anak-anak tidak lama lagi akan mengalami diabetes. Sebenarnya hidup sehat itu mudah dan murah, cukup luangkan sarapan dan makan malam di rumah dengan masakan sendiri, tentunya dengan komposisi makanan yang seimbang dan sehat.

    ReplyDelete
  7. Dewasa ini , makanan yang kita konsumsi setiap hari belum tentu bersih atau sehat. salah satu makanan yang tidak sehat namun selalu kita konsumsi adalah makanan fast food ( makanan cepat saji ) . tidak memungkiri kita para mahasisiwa terutama anak kost sangat gemar mengkonsumsi mie instant , padahal kita tau dalam mie instant terkandung berbagain zat kimia yang dapat merusak tubuh kita seperti zat pengawet , zat pewarna , dan bahan tambahan makanan lain yang sengaja di tambahakan untuk menunjang performa mie instant itu sendiri . selain mie instant kita juga akan menjumpai begitu banyak makanan cepat saji yang di jual bebas di pasaran seperyi sosis , cornet beef nuggget dll . Padahal sudah jelas kalu makanan cepat saji / instant itu tidak bagus untuk kesehatan. dampak dari terus menerusnya kita mengkonsumsi makanan cepat saji juga sangat mencengangkan seperti tekanan darah tinggi , jantung koroner , stroke , ganguan mental , mutagi gen dll .Selain itu, anak-anak yang jarang memakan masakan ibunya dan cenderung memakan makanan cepat saji maka kemungkinan mengelami defisiensi perkembangan otak. Hal yang paling menakutkan saat ini adalah diabetes pada anak karena pada setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi anak, mengandung gula pada ambang batas normal. Sehingga jika banyak gula yang masuk ke dalam tubuh dan terakumulasi hingga batas atas maka anak-anak tidak lama lagi akan mengalami diabetes. Sebenarnya hidup sehat itu mudah dan murah, cukup luangkan sarapan dan makan malam di rumah dengan masakan sendiri, tentunya dengan komposisi makanan yang seimbang dan sehat.Dengan begitu banyak bahaya yang di timbulkan dari makanan cepat saji maka sudah sepantasnya kita menanamkan rasa kesadaran dari diri kita tentang mengatur pola makan yang sehat agar kesehatan kita dapat terjaga nantinya, dengan mengolah bahan makanan sendiri, memilih bahan makanan yang penuh nutrisi dan baik untuk tubuh serta berolahraga untuk tubuh kita terhindar dari penyakit akibat zat zat kimia yang masuk ke tubuh kita.

    ReplyDelete
  8. Semua yang kita makan dan minum tak lupt dari bahan kimia yaitu pengawet, pemanis, perasa dan pewarna. Jika kita selalu mengkonsumsi makanan yang mengadung bahan tersebut dalam jangka yang sangatlah panjang dan mengkonsumsi setiap hari dampaknya akan besar bagi tubuh kita, Apa lagi banyaknya makanan cepat saji (fast food) yang membuat kita terlena karena makanan tersebut mudah di dapat dan harganya terjangkau. Tapi efek dari makan tersebut sangat lah berbahaya.

    ReplyDelete
  9. simple saja paak... bahwaasan nya makanan,, memang adalah bagian dr hidup manusia.. krn manusia setiap hari nya membutuh kan asupan nutrisi dan gizi yg terdapat dapat dalam makanan..memang benar pak berbagai macam makanan sekarang telah muncul yg dapat meneyebab kan berbagai penyakit ..
    disini kita sebagai manusia wajib, memeilih makanan" yg sehat untuk tubuh kita agar tidak terkena penyakit" yg dapat membahaya kan tubuh kita.
    karna salah mengkonsumsi makanan.

    ReplyDelete
  10. Hal seperti ini sangat wajar terjadi pada manusia akibat makanan. Bagaimana tidak, manusia di dunia ini memerlukan makan untuk hidupnya. Apalagi sekarang ini banyak sekali makanan yang siap saji atau makanan dalam kemasan ( kaleng ). Makanan seperti itu sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan, tapi terkadang semuanya menghiraukan efek jangka panjang itu. Yang mereka pikirkan hanya enak dan kenyang saja.
    Sebagai manusia yang mempunyai ilmu pengetahua, harusnya bisa selektif dalam memilih makanan.

    ReplyDelete
  11. Sebenarnya tubuh hanya memerlukan bahan makanan dan minuman yang alami dan organik. Di antara proses metabolisme tubuh dengan bahan makanan dan minuman yang sifatnya alami terjadi harmonisasi, sehingga proses metabolism bisa berlangsung secara optimal, termasuk daya tahan tubuh bisa bekerja dengan maksimal.
    Kita harus mengurangi pola memakan makanan yang mengandung pengawet kerana dapat merusak jaringan yang asa dalam tubuh dampaknya asupan gizi dari yang kita makan tidak di serap baik oleh tubuh

    ReplyDelete
  12. zaman sekarang ini banyak sekali junk food (makanan siap saji) yang beredar di kota-kota besar, orang-orang yang tinggal di perkotaan memiliki mobilitas yang sangat besar sehingga apapun maunya hasilnya instan, sehingga tak heran jika yang dimakan adalah makanan siap saji, tentu makanan siap saji sangat membahayakan bagi tubuh kita karena komposisi bahan kimia yang terkandung tidak sesuai untuk tubuh kita. oleh karena itu, harus ada kesadaran dalam diri sendiri bahwa makanan sehat itu walaupun tidak didapat dengan instan, tetapi cocok untuk tubuh kita.

    ReplyDelete
  13. di zaman modern ini kita harus cermat untuk memilih asupan makanan, banyak sekali makanan yang mengandung bahan pengawet serta bahan berbahaya lain nya. kita harus mengurangi makanan yang bersifat cepat saji seperti di mall dan supermarket. akan lebih baik jika mengolah sendiri dirumah

    ReplyDelete
  14. Kelangsungan hidup setiap orang, bahkan setiap mahluk hidup, memerlukan makan dan minum dalam jumlah tertentu. Setiap harinya ada batas optimal makanan dan minuman yang harus dikonsumsi, baik menyangkut kualitas atau kuantitas. Untuk minum misalnya, setiap orang dewasa dalam sehari harus minum 8 gelas air. terima kasihh

    ReplyDelete
  15. Katika berat badan dan usia tertentu ada standar berapa piring nasi (atau suber karbohidrat lain) yang harus dikonsumsi. Menyangkut kualitas, tentu saja memerinci berapa porsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat yang harus dikonsumsi, sehingga muncul istilah standar kecukupan gizi. keseimbangan itusemua harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh yang sehat. terima kasih

    ReplyDelete
  16. di zaman modern ini dan padatnya aktivitas kita harus pintar memilah makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Makanan yang sehat adalah yang diolah secara baik dan makanan yang segar, kita harus menghindari makanan cepat saji atau junk food karena junk food berbahaya bagi kesehatan bisa saja junk food juga mengandung bahan pengawet. Jadi agar kita bisa tetap fokus bekerja dan melakukan aktivitas.

    ReplyDelete
  17. sehat itu sangat penting,menjags pola makan dan jenis makanan itu salah satu cara untuk sehat.
    Namun saat ini,miris sekali lihat diberita.banyak sekali oknum tak bertanggung jawab banyak yang meproduksi makanan yang tidak baik untuk tubuh manusia.Bagaimana kita mau sehat ?

    ReplyDelete
  18. menurut saya mengenai salah makan dapat menimbulkan penyakit ini sangat wajar terjadi pada manusia apalgi klo makan berlebihan dan banyk mengandung bahan pengawet . Apalagi sekarang ini banyak sekali makanan yang siap saji dengan bayak mengandung pengawet . hal seperti itu sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan, tapi terkadang semuanya menghiraukan efek jangka panjang itu. Yang mereka pikirkan hanya enak dan kenyang saja.
    Sebagai manusia harusnya bisa selektif dalam memilih makanan, memakan secara berkala dan teratur...

    ReplyDelete
  19. Menurut saya makanan bukan yang penting enak. Tapi utamakan dulu kesehatan dan kebersihannya. Karena makanan enak yang tidak sehat akan terus menyebabkan ingin makan lagi sehingga dampak penyakit lebih besar.

    ReplyDelete
  20. makan,,???????
    adalah hal wajib badi manusia,tanpa makan asupan tenaga atau gizi kita tiodak ada yang berguna untuk melakukan aktivitas sehari hari,
    tetapi makan juga harus memperhatikan jenis makanan dan zat apa yang terkandung dalm makana,jangan asal kenyang saja tapi lihat nilai gizinya,gag perlu mahal untuk mendapatkan makanan yang bergizi,,,,
    menurut saya perbanyak makan sayur dan buah itu akan sangat membantu untuk proses tubuh kita,,,,,,,,

    ReplyDelete
  21. Saya setuju dengan artikel diatas namun di zaman sekaranga akan sangat sulit menemukan makanan tanpa kontaminasi bahan kimia seperti pengawet, pewarna, dan penyedap.selain ketiga hal ini ada lagi yang membuat apa yang kita makan tidak alami yakni pupuk, herbisida, pestisida, dll. Merupakan jenis bahan kimia yang digunakan dlam pertanian. Memang hal tersebut tidak secara langsung, melainkan dengan perantara sayuran yang kita makan. Namun meskipn demikian potensi yang ditimbulkan sedikit di bansingkan dengan pengawet, penyedap, dan pewarna, yang secara langsung di konsumsi. Namun pupuk akan siserap oleh tumbbuhan dan akan terkandung di dalamnya jika kita mengkonsumsi tumbuhan (sayuran) kita juga mengkonsumsi pupuk yang merupakan bahan kimia juga. Jadi jika kita mencari makanan yang tanpa kontaminasi bahan kimia akan sulit.menurut saya sebainnya kita membatasi dengan mengkonsumsi secukupnya saja.

    ReplyDelete
  22. Makan salah satu sumber pembangkit energi di dalam tubuh,dengan adanya energi tersebut tubuh bisa berarktifitas. Akan tetapi jika makan dan pola makannya berlebihan tubuh akan merasa tidak nyaman,maka kamanlah secukupnya yang di perlukan oleh tubuh.

    ReplyDelete
  23. tubuh manusia terbuat dari unsur2 organik, asupan makanan dan minuman yang mengandung bahan non organik seperti kimia sintetis pada pengawet akan membuat sistem metabolisme tubuh terganggu, hal ini akan sangat merugikan kita maka dari itu kita harus bisa memilah dan memilih makanan guna meningkatkan produktivitas dalam hidup sehari-hari

    ReplyDelete
  24. makan merupakan suatu kegiatan wajib yg dilakukan pada manusia. namun sekarang makanan sehat cukup sulit ditemukan. jaman sekarang makanan enak termasuk golongan tidak sehat karena makanan tercampur oleh bahan pengawet serta bahan berbahaya lainnya. sebaiknya kita lebih teliti lagi dalam mengkonsumsi makanan, seperti memakan sayuran dan buah2an yg kaya akan manfaatnya. terapkan pola hidup yg sehat dengan makanan yg bergizi dan hindari makanan yg mengandung pengawet dan bahan kimia.

    ReplyDelete