.

Apr 28, 2013

Bergerak Adalah Kunci Menjadi Sehat

Oleh : Atep Afia Hidayat - Aktivitas fisik itu esensinya sederhana saja, jangan diam, selalu bergerak, terus beraktivitas, jadilah dinamis atau laksanakan olahraga. Jangan biarkan organ-organ tubuh Anda pasif, sehingga efeknya peredaran darah, pembakaran kalori dan metabolism sel tubuh kurang bekerja secara optimal. Bergeraklah demi kehidupan Anda yang lebih aman, nyaman, sehat, bahagia. Ya, aktivitas fisik berdampak pada perbaikan kualitas kehidupan Anda.

Ada sejuta manfaat dari aktivitas fisik yang teratur, mulai dari menghindari kesehatan yang buruk, mengendalikan berat badan, sampai diperolehnya kualitas tidur yang terbaik. Tanpa memandang usia, jenis kelamin dan kemampuan fisik, sejuta manfaat itu akan diperoleh. Mengawalinya sangat sederhana, tinggal lepppp, tinggal byurrr, tinggal jleng …..

Setidaknya ada tujuh manfaat yang utama dari aktivitas fisik secara teratur, yaitu :

1. Memperbaiki dan meningkatkan mood Anda. Stres yang menimpa Anda sebenarnya bisa dengan mudah diredam, caranya dengan berolahraga di gym atau sekedar berjalan kaki hanya selama 30 menit. Niscaya, emosi dan mental Anda menjadi tenang dan nyaman.

Ternyata aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai disbanding kondisi sebelumnya. Penampilan Anda juga akan tampak lebih baik, lebih bugar dan lebih bahagia ketika Anda berolahraga secara teratur. Hal itu akan segera meningkatkan rasa percaya diri Anda, sekaligus mendongkrak harga diri Anda. Lebih jauh lagi aktivitas fisik yang teratur bahkan dapat membantu mencegah depresi.

2. Memerangi penyakit kronis. Khawatir tentang serangan jantung? Berharap untuk mencegah osteoporosis? Aktivitas fisik adalah jawaban efektif. Di sisi lainnya aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Ternyata aktivitas fisik Anda menyebabkan pengaruh low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat bias diredam. Aktivitas fisik yang teratur berpotensi meningkatkan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, sekaligus mengurangi trigliserida. Dua manfaat diraih bersamaan, yaitu darah Anda mengalir lancer, dan sekaligus menurunkan penumpukan plak di arteri Anda. Masih ada lagi, aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda mencegah diabetes tipe 2, osteoporosis dan jenis kanker tertentu.

3. Mengelola berat badan Anda. Bila fisik Anda selalu aktif dan bergerak, maka kalori akan terus terbakar. Semakin rajin Anda bergerak atau berolahraga maka semakin banyak kalori yang Anda bakar - dan mudah untuk menjaga berat badan Anda dalam kondisi normal. Beberapa cara sederhana bisa dilakukan, misalnya saat Anda berada di tempat kerja, mulai dari lift untuk naik ke lantai lebih atas dan berjalan kaki selama istirahat makan siang. Ketika sedang berada di rumah, jangan banyak duduk, lebih baik matikan TV dan bergerak serta berjalanlah. Seluruh aktivitas fisik Anda berpotensi membakar kalori, sehingga normalitas berat badan bias terjaga.

4. Meningkatkan tingkat energi. Aktivitas fisik yang teratur bisa membuat Anda bernapas lebih mudah. Plooong, bernafas menjadi ringan, lancar dan segar. Aktivitas fisik memberikan oksigen dan nutrisi ke semua sel dan jaringan tubuh Anda. Bahkan, aktivitas fisik secara teratur membantu seluruh sistem kardiovaskular Anda, sehingga peredaran darah melalui jantung dan pembuluh darah bekerja lebih efisien. Nah, saat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan hal-hal yang Anda nikmati. Bagaimanapun, seluruh langkah demi langkah dalam kehidupan Anda amat membutuhkan energy. Jika cadangan energi Anda berlimpah, maka penampilan Anda pun akan power full.

5. Memperbaiki kualitas tidur. Bagaimanapun tidur sangat penting bagi pemulihan kondisi fisik Anda, setelah sepanjang hari bergerak ke sana ke mari. Tidur nyenyak dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas dan suasana hati. Dalam hal ini mudah diduga, aktivitas fisik bias menjadi kunci untuk tidur lebih baik. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan amat nyenyak. Namun jika Anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, Anda mungkin memiliki terlalu banyak energi untuk segera tertidur. Nah, sebaiknya aktivitas fisik atau olah raga jangan terlalu dekat dengan waktu tidur.

6. Meningkatkan kualitas hubungan seks. Bagi pasangan suami istri, apakah Anda terlalu lelah untuk berhubungan seks? Atau merasa hubungan seks dengan pasangan berasa dingin dan hambar? Aktivitas fisik bisa menyelamatkan gejala ketidakharmonisan Pasutri. Aktivitas fisik yang teratur berdampak pada penampilan Anda yang lebih berenergi dengan penampilan yang lebih hebat. Hal itu secara langsung menyebabkan efek positif pada kehidupan seks Anda. Ada yang lebih penting, aktivitas fisik yang teratur dapat menyebabkan peningkatan gairah bagi wanita. Selain itu, ternyata pria yang berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi, bahkan ketika umurnya makin menua.

7. Begitu menyenangkan! Kegiatan apa yang paling ideal dilakukan pada hari Sabtu sore, dengan melibatkan seluruh keluarga? Ya, aktivitas fisik yang tidak harus membosankan. Bisa berupa panjat dinding, arung jeram, atau hiking. Kalau perlu ikuti kegiatan outbond yang pasti disenangi anak-anak. Kalau ada halaman atau lapangan bias main bola, baik sepak bola, bola voley atau permainan bola apapun yang menyenangkan. Banyak sekali aktivitas fisik yang bias dinikmati bersama, begitu menyenangkan !

Yang terpenting, bergerak, bergerak dan bergerak ! Jangan bingung, terlalu banyak rencana, atau sekedar menunggu. Segera lakukan ! (Atep Afia, sumber : www.mayoclinic.com)

21 comments:

  1. Berolahraga tidak harus sampai benar-benar mandi keringat. Rutin dengan melakukan jalan, jogging, maupun senam pagi saja sudah cukup bagi tubuh kita. Apalagi bagi pekerja kantoran yang setiap hari hampir seluruh waktunya dihabiskan dengan duduk dan menata layar monitor. Perlu dilakukan olahraga kecil maupun stretching agar tubuh siap beraktifitas.

    ReplyDelete
  2. waaaa saya setuju bangat sama posy bapak wess oke lah pokoknya

    ini kan jadi pembelajaran bagi orang orang yang bermalas olaraga dan orang yang tidak pernah olarag wajib membaca post bapak karena biar mereka tau apa si gunanya olaraga itu buat badanya

    jadi tidak sekedar tau saja yang umunya tapi lebih banyak lagi ilmua yang di dapatkannya

    ReplyDelete
  3. bagi yang bekerja di kantor dengan posisi duduk itu juga sangat disarankan setiap 2 jam sekali berjalan jalan atau mengubah posisi duduk hal ini berarti bahwa bergerak memang bagus untuk kita

    semoga dengan mengetahui manfaat dari bergerak salah satunya dengan berolahraga kita mulai membiasakan diri untuk melakukannya untuk kesehatan kita

    ReplyDelete
  4. Memang dengan hanya bergerak tubuh kita bisa menjadi sehat karna hal sekecil apapun bila kita lakukan maka akan berdampak positif bagi kita dan tibuh kita, selain bergerak olah pernafasanpun bisa membantu kita menjadi relax serta bisa membakar kalori kita caranya dengan menghirup nafas dalam dalam dan mengeluarkannya secara penuh, banyak cara jika ingin memiliki kualitas hidup yang sehat mulai dari kemauan kita sendiri untuk mendapatkan .
    Bagi orang yang menyempatkan berolahraga berkemungkinan jauh dari penyakit kronis, mari kita budayakan hidup sehat.

    ReplyDelete
  5. Dengan bergerak memang akan membuat tubuh menjadi sehat tetapi pekerja yang bekerja hanya di depan komputer yang lebih banyak melakukan kegiatan duduk sebaiknya melakukan kegiatan lebih banyak bergerak pada weekend seperti gym, jogging, renang, dsb.

    Karena apabila weekend hanya dijadikan sebagai waktu istirahat di rumah tanpa aktivitas yang banyak bergerak maka akan terlihat tidak sehat karena manfaat bergerak bagitu banyak seperti yang telah disebutkan pada artikel di atas.

    ReplyDelete
  6. Berolahraga tidak harus sampai benar-benar mandi keringat. Rutin dengan melakukan jalan, jogging, maupun senam pagi saja sudah cukup bagi tubuh kita. Apalagi bagi pekerja kantoran yang setiap hari hampir seluruh waktunya dihabiskan dengan duduk dan menata layar monitor. Perlu dilakukan olahraga kecil maupun stretching agar tubuh siap beraktifitas.

    ReplyDelete
  7. Yap benar sekali bahwa dengan bergerak metabolisme tubuh pun akan ikut bekerja dan lemak" jenuh penyebab timbulnya para penyakitpun akan ikut terbakar bersamaan dengan keringat yang menetes sewaktu tubuh kita melkukan olhraga.
    Ada satu tips sehat dari kang Fajar, "kalau ingin sehat dalam bekerja berdirilah dan sering-seringlah berjalan kaki (jalan ditempat juga bisa)".

    ReplyDelete
  8. Sudah jelas pak kita disuruh bergerak,
    dari perintah allah SWT kepada Nabi Muhammad,
    kita di suruh sholat dan gerakan pada sholat memberikan efek positif pada batin aja tetapi memberikan efek positif juga terhadap kesehatan kita,
    saya pernah baca
    allah berfirman dalam Al-quran surat yunus ayat 67
    " dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat dan padanya menjadikan siang terang menderang supaya kamu mencari karunia allah,
    sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda tanda kekuasaan allah bagi orang orang yang mendengar.

    dalam arti manusia di perintahkan untuk produktif dan aktif.

    ReplyDelete
  9. Banyak orang yang ingin keringat keluar dari tubuh tapi sulit, tidak ada salahnya bukan jika meluangkan waktu seminggu sekali untuk melakukan lari pagi agar tubuh sehat. Ingat sehat itu mahal Lho...!!!

    ReplyDelete
  10. Ya, saya setuju dengan pentingnya banyak bergerak untuk kesehatan. Banyak sekali kegiatan yang sebenernya bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menjadi sehat dengan segala kesibukannya setiap hari, sebagai contoh saya selalu meluangkan waktu selama 7 menit untuk work-out. Kegiatannya pun simple hanya pushup,lari-lari kecil,sit up, wall sit saja, dan hasilnya dapat dirasakan setiap hari dari badan sehat, otak segar dan tertidur dengan lelap. Satu lagi penggurangan penggunaan kendaraan bermotor saat bekerja, sekolah dll bisa diganti dengan menggunakan sepeda yang sekaligus ikut melaksanakan Go-Green

    ReplyDelete
  11. Memang sangatlah penting dalam menjaga kesehatan diri kita,
    tetapi menjaga kesehatan itu tidak sulit contohnya hanya sedikit memberi gerakan yang membuat diri kita agar kita fres . lakukan gerakan gerakan kecil secara teratur dan jadikan itu sebagai rutinitas pribadi. Luangkan jiwa dan raga mu untuk berolahraga di pagi hari dan ingin tidur malam ;)

    ReplyDelete
  12. Tubuh manusia memang perlu di gerakkan untuk menjaga kesehatan. Tubuh yang jarang tidak bergerak akan kelihatan lesu dan tidak bergairah. Bedakan saja antara orang yang sering olahraga dengan orang yang kerjaannya cuma tidur aja, pasti sangat mencolok sekali perbedaan diantara keduanya. Maka dengan pentingnya menggerakkan badan untuk kesehatan, bisa menyadarkan orang-orang yang tidak pernah berolahraga.

    ReplyDelete
  13. bergerak itu intinya meregangkan otot-otot yang ada di tubuh kita, otot-otot di tubuh kita jika tidak digerakan akan kaku, jika otot-otot di tubuh kita terus menerus kaku maka akan timbul berbagai penyakit, untuk itu bergerak sangat bermanfaat bagi tubuh kita. dan tentunya berdiam diri juga sangat tidak enak rasanya, pernahkah anda waktu masa kecil main patung-patung an? jika yah, anda pasti pernah merasakan tubuh yang kaku sangatlah pegal sekali untuk dirasakan, nah oleh karena itu bergerak sangat banyak sekali manfaatnya.

    ReplyDelete
  14. ada 7 manfaat ketika beraktifitas dan berolahraga.

    1. Memperbaiki dan meningkatkan mood anda
    2. Memerangi penyakit kronis
    3. Mengelola berat badan anda
    4. Meningkatkan tingkat energi
    5. Meningkatkan kualitas hubungan seks
    6. Memperbaiki kualitas tidur
    7. Begitu menyenangkan dengan berolah raga yg sesuai kesukaan
    itulah maafaat nya
    terima kasih

    ReplyDelete
  15. menurut saya dengan bergerak adalah salah satu kunci untuk mengalirkan darah dan menstabilkan detak jantung. memang dengan tubuh digerakkan akan membuat tubuh menjadi sehat dan kuat. tetapi dengan bekerja dengan duduk trus maka akan mnyebabakan cepat lelah n mudah terkana penyakit apalagi sambil didepan komputer..dapat menyebabkan tubuh kuang sehat dan matanya cepat rusak..

    saya menyarankan sering-seringlah berolah raga setiap hari apalagi dipagi hari..karena bisa menjauhkan dari penyakit dan tubuh semakin sehat.
    artikel ini sangat membantu untuk si pembaca karena betapa pentingnya olahrag dengan mengerakan tubuh dapat mneyehatkan tubuh.

    ReplyDelete
  16. dalam hidup ini kita memang dituntut agar supaya bisa menjaga tubuh kita agar tetap bugar,,
    badan tetap sehat dan bugar adalah impian bagibsetiap orang oleh karena itu sangat dianjurkan olah raga secara rutin bakan secara berlebihan,karena olah raga secara berlebihan juga ternyata ada efek yang kurang bagus untuk tubuh kita,,,
    karana bisa;
    1,Osteoarthritis
    2, Kesehatan mental
    3,Masalah menstruasi
    4. Gangguan makan
    5. Kelelahan
    6. Kesehatan jantung yang terhambat
    7. Otot sakit
    8. Masalah tidur
    itulah beberapa gangguan jika kita berolahraga secara berlebihan,ada baiknya kita berolah raga secara rutin agar tubuh tetap bugar,,,,,,,,

    ReplyDelete
  17. Menurut saya betul bergerak adalah kunci menjadi sehat sebab karena bergerak semua organ pada tubuh menjadi bergerak sehingga tidak kaku .
    Setelah saya baca artikel ini saya jadi tau tujuh manfaat yang utama dari aktivitas fisik secara teratur yang telah di jelaskan di atas.

    ReplyDelete
  18. Menurut saya betul bergerak adalah kunci menjadi sehat sebab karena bergerak semua organ pada tubuh menjadi bergerak sehingga tidak kaku .
    Setelah saya baca artikel ini saya jadi tau tujuh manfaat yang utama dari aktivitas fisik secara teratur yang telah di jelaskan di atas.

    ReplyDelete
  19. Setuju dengan artikel ini. Olahraga harus rutin jika tidak, manfaatnya pun akan sulit dirasakan. Banyak dari kita beranggapan berolahraga jika melakukan lari pagi, lari sore, bermain volly, atau bola futsal, namun faktanya ada banyak kegiatan yang dapat menggantikan olahraga yang seperti itu..olahraga adalah dimulai dari pergerKan organ tubuh kita yang menghasilkan keringat sebagai hasil pembakaran kalori.jika demikian kita dapat mengganti nya dengan melakukan pekerjaan rumah.misalnya mencuci, memasak, mengepel lantai dan lain2 yang dapat membuat terjadiya pembakaran kalori. Jadi intinya kita dapat melakukannya tanpa harus membutuhkan waktu kusus jika kita memiliki jadwal padat.

    ReplyDelete
  20. Bener banget jika terlalu banyak diam atau tiduran badan berasa lemas dan timbul sifat malas-malasan,tapi jika sering bergerak atau beraktifitas badan jadi lebih enteng dan tidak berasa lemas.

    ReplyDelete
  21. badan akan terasa sehat dengan bbergerak itu benar sekali. bahkan apabila ingin memiliki tubuh yang sehat tidak selalu mengeluarkan banyak keringat yg berlebihan dengan tips dan cara diatas tubuh juga bisa menjadi sehat. tergantung keperluan tubuh itu sendiri, olahraga yg sesuai atau pola makan yg sehat dapat memperoleh tubuh menjadi sehat.

    ReplyDelete