.

Apr 27, 2013

Jangan Bersembunyi

Oleh : Atep Afia Hidayat - Bersembunyi itu cari aman. Namun benarkah dengan bersembunyi, segala sesuatunya jadi aman? Atau malah sebaliknya, dengan bersembunyi risiko yang dihadapi akan jauh lebih berat. Ya, memang, sebagian besar orang bersembunyi menghindari risiko. Tidak mau terlibat, tidak mau bertanggung-jawab, dan takut disalahkan. Enggak ada yang mau kena batunya, oleh sebab itu buru-buru menghindari batu. Padahal, siapa tahu batu itu sebenarnya adalah emas, atau berlian.

Kebanyakan orang bersembunyi, takut duduk di depan, enggan untuk tampil ke permukaan. Dipikirnya, dengan bersembunyi segala sesuatunya akan berlangsung dengan lancar. Padahal sama sekali tidak demikian. Dengan besembunyi, risiko yang datang akan berlipat. Nah, lho ! Oleh sebab itu, stop bersembunyi. Segera tampil di depan. Jadilah pemimpin yang mengayomi, bukan sekedar pengikut yang selalu mengekor. Hindarilah menjadi orang yang menginduk kepada induk yang tak jelas. Induknya hilang, maka tempat persembunyiannya pun musnah.

Kehidupan penuh tantangan, hambatan, peluang sekaligus ancaman. Detik demi detik kita dihadapkan kepada empat hal tersebut. persoalannya, apakah kita sekedar mencari aman atau berkompromi, bahkan menghindar. Atau kita menghadapinya dengan sikap jantan dan percaya diri. Sebenarnya tidak ada jalan persembunyian bagi setiap orang. Kalau Allah SWT sudah memanggil, berada di manapun dan kapanpun, setiap orang harus siap. Tidak bisa bersembunyi. (Atep Afia)

9 comments:

  1. betul pak ..
    didunia ini manusia memang banyak bersembunyi dalam hal apapun entah mslh sepele smpai masalah terbesar. mungkin sebagian manusia mengira dengan bersembunyi masalah selesai dan hilang namun tidak kebanyakan masalah bertambah . alesan manusia bersembunyi itu karena Tidak mau terlibat, tidak mau bertanggung-jawab, takut disalahkan , dan tidak mau mengakui. tetapi susah untuk tidak bersembunyi karena memiliki ketakutan sendri dalam diri . jangan sembunyi masalah tidak untuk disembunyikan melainkan di selesaikan , bertanggung jawablah untuk setiap msalah atau perbuatan yg dilakukan .

    ReplyDelete
  2. jangan sembunyi jangan ragu untuk menampilkan dirimu untuk keluar dari rasa ingin bersembunyi itu , lawan rasa takut untuk . keluar dari barisan yang ujungnya tidak jelas yang sebenernya tidak membuat untung keluar lah dari deretan barisan itu . bertanggung jawablah akuilah jangan bersembunyi bila memang melakukan kesalahan berani untuk mengakuinya . percaya semuanya nanti pasti akan anda tanggung jawabkan karena kita punya tuhan , saya punya Allah swt dan saya pun nanti akan mempertanggung jawabkannya . jantan dan percaya diri keluar dari persembunyian itu

    ReplyDelete
  3. terimakasih pak,betul sekali pak,kita tidak perlu bersembunyi dalam menghadapi segala sesuatunya. kita harus senantiasa bersyukur akan apa yang ada didepan kita,dan berani untuk menghadapinya.

    ReplyDelete
  4. bersembunyi dalam permasalahan yang dihadapi adalah sebuah perilaku atau sifat seorang yang tidak percaya terhadap ada nya Allah swt,karena kalo kita yakin dan percaya pada ada nya Allah swt yang akan selalu ada dan melindungi dalam segala hal, pasti jiwa dan mental seseorang akan kuat untuk menghadapi dan bertanggung jawab atas masalah yang di hadapinya.Jadi jangan takut untuk dihadapkan pada masalah karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

    ReplyDelete
  5. bersembunyi bukanlah hal bisa menjamin kita hidup dengan tenang, dalam hidup ini memang penuh tantangan yang menghadang kita , kita harus siap menghadapi tantangan tersebut, jadilah orang yang berani tetapi berani dalam hal positif .

    ReplyDelete
  6. Dengan bersembunyi tidak akan menyelesaikan masalah, malah mungkin akan menambah masalah lainnya. Sepandai pandainya kita bersembunyi kita tidak akan bisa bersembunyi dari pengawasan Allah dan kita tidak bisa menghindari takdir yang sudah digariskan kepada kita. Maka dari itu hadapilah masalah yang datang dengan berani walau kita harus menerima konsekuensinya.

    ReplyDelete
  7. Bersembunyi Dari Manusia, Tetapi Mereka Tidak Bersembunyi Dari Allah, Padahal Allah Beserta Mereka,dan itu semua akan dimintai pertanggung jawaban. bersembunyi dalam menghadapi hal apapun tidak akan bisa menyelesaikan masalah,jadi solusinya dalam keadaan apapun itu kita harus menghadapinya. walaun sebesar apaun masalah trsebut,dan allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan hambanya,,

    ReplyDelete
  8. Peristiwa "bersembunyi" marak timbul ketika seseorang memiliki masalah, ataupun telah melakukan kesalahan, bisa juga seperti yang dijelaskan yaitu takut muncul ke permukaan umum. sebagai manusia kita harus berani menghadapi dan menampilkan raga dan kekuatan jiwa kita untuk mengjadapi itu semua, agar kita tidak menjadikan diri sebagai orang yang memiliki label "penakut", bahkan "pengecut". Hak tersebut tentunya akan berpengaruh perlakuan sosial terhadap diri kita, kita dapat mengalami suatu kondisi yang dinamakan miskin sosial. sesungguhnnya setiap permasalahan sudah pasti ada jalan keluarnya, tinggal tergantung bagaimana kita menyikapi setiap persoalannya, dengan pernyataan "di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat" dan kita berpegang teguh pada 'statement' tersebut, rasanya setiap persoalan yang kita hadapi dapat kita selesaikan dengan mudah, dan rasanya kita tidak terfikirkan sedikit pun untuk mencari tempat persembunyian, karena dengan bersemhunyi justru dapat menimbulkan masalah baru, atau bahkan tak akan terselesaikan.

    ReplyDelete
  9. ya ngapain bersembunyi tak ada gunanya hadapi adja toh orang yang bersembunyi orang yang pengecut.. jadilah orang yang birani menghadapi masalah karena dalam masalah pasti akan ada solusinya seperti di balik kesusahan ada kumudahan..

    ReplyDelete