.

Apr 25, 2013

Gairah Di Pagi Hari

Oleh : Atep Afia Hidayat - Main pagi hari memang sangat menyehatkan. Pagi hari sebaiknya jangan berdiam diri dan hanya duduk-duduk di depan komputer atau televisi. Bangkit, berdiri, bergegas ke luar rumah. Mainkan apa saja yang ada. Kalau ada bola sepak tending-tendang. Ada teman ajak bermain bola bersama. Ya di lahan sempit atau di teras rumah yang berukuran 2 x 3 m sekalipun. Ada bola basket mainkan juga.

Kalau ada tali, barbel, lembing bisa juga dimainkan. Begitu pula kalau ada kelereng, gundu mainkan dengan penuh semangat dan antusias. Ya, tidak ada alat sekalipun, masih tetap bisa bermain, lompat-lompat di tempat, jalan, jogging, dan lari. Intinya jangan hanya duduk dan diam, namun harus bergerak. Aktifkan semua organ tubuh, sehingga peredaran darah bisa lancar, jantung berdetak normal, dan peluang obesitas pun bisa dihindari.

Main di pagi hari jauh lebih menyehatkan, di mana kondisi penyinaran matahari masih hangat, oksigen berlimpah, dan suasana di luar rumah masih tenang. Ekspresikan jiwa dan pikiran di luar rumah (outdoor). Bersihkan pikiran dari noda-noda yang membebani. Bersihkan hati dari noktah-noktah yang menghambat. Pikiran dan hati begitu lelah, perlu penyegaran. Begitu pula badan yang letih perlu dibugarkan.

Buka pintu rumah, bergegas menuju teras, berdiri tegap, pandang alam sekitar, tarik nafas dalam-dalam, hembuskan dengan lembut, ulang dan ulang. Pancarkan rasa syukur akan nikmat kesehatan, nikmat kehidupan, dan beribu nikmat lainnya. Rasakan paparan matahari pagi di seluruh tubuh, rasakan terpaan sepoi angin pagi, rasakan suhu yang masih menyejukan, satukan diri dengan alam sekitar.

Main pagi hari. Ya bermainlah sepuasnya, sampai keringat bercucuran. Eksplorasi tempat di sekitar rumah, dengan berjalan kaki, jogging, lari atau naik sepeda. Boleh saja hanya 10 menit, kalau punya waktu luang bisa 60 menit atau lebih. Eksploitasi alam sekitar, jangan kurung diri di dalam rumah.

Perhatikan kehidupan sekitar, ada alam sekitar, ada flora dan ada fauna, begitu beragam. Dan yang lebih penting ada sesama manusia. Berinteraksi dengan orang lain adalah jauh menyehatkan daripada hanya sibuk sendiri. Perhatikan wajahnya, ajak tersenyum, beri salam, sapa, dan ajak bicara. Semuanya begitu menyehatkan mental psikologis, bahkan menyehatkan fisik. Berinteraksi dengan sesama spesies manusia bisa menambah wawasan, memperluas jaringan dan mendatangkan rejeki. Silaturahim atau mempererat tali kasih sayang di antara sesama. Begitu penting untuk kehidupan yang makin bermakna.

Jika memungkinkan ajak main setiap orang yang Anda temui. Bermain begitu menyenangkan, apalagi disertai aktivitas fisik yang menyehatkan. Ajak tetangga se-RT untuk main sepeda bersama, naik gunung bersama atau sekedar main kelereng bersama. Mengapa tidak, yang penting bahagia, ceria, sehat dan begitu menggairahkan. Main Yuk !!! (Atep Afia)

6 comments:

  1. Suasana dipagi hari itu sangat menyehatkan. Seharusnyaa kita bergegas diri keluar rumah dipagi hari menghirup udara pagi yang indah dan sejuk. Main kan apa saja yang ada. Jangan berdiam diri atau bahkan tidur. Karena beraktifitas dipagi hari sangat baik untuk pperedaran darah kita. Banyak yang dipagi hari masih pada tidur, dll ini menyebabkan orang tersebut malas dari pada semangatnya. Seharusnya kita harus bergairah dipagi hari agar kita bisa terus sehat dan menjadi seorang yang bersemangat. Marilah kita mulai dengan diri sendiri dan mengajak orang-orang sekitar melakukan hal yang sehat dipagi hari.

    ReplyDelete
  2. Kegiatan kegiatan yang dapat di lakukan di pagi hari seperti bapak sebutkan di atas sangat bagus untuk di lakukan, bukan hanya sebagai sarana untuk berolahraga lalu berkeringat, tetapi untuk menjadi pribadi yang lebih terbuka dalam berinteraksi, baik dengan manusia sekitar (tetangga) dan juga lingkungan alam, selain untuk wujud syukur terhadap segala nikmat di dunia ini, berinteraksi dengan lingkungan juga bermanfaat dalam menambah informasi atau pengetahuan di lingkungan

    ReplyDelete
  3. Udara pagi hari memang sangat menyehatkan. apalagi kalau kita melakukan kegiatan-kegiatan yang menyehatkan juga. salah satu olahraga murah meriah yang dapat kita kerjakan itu yaiu lari pagi atau jogging. walaupun waktunya hanya beberapa menit, akan tetapi sangat berguna untuk kesehatan tubuh.
    Dan tidak untuk anak kecil saja, main juga berguna sekali untuk orang dewasa. karena kepenatan di tempat kerja atau di tempat kuliah, bisa menyebabkan kita stres. maka dari itu, luangkan waktu untuk refreshing kan otak. yaitu dengan bermain, tentunya bermainnya yang bermanfaat yaa..

    ReplyDelete
  4. Main di pagi hari memang menyegarkan. Suasana yang sejuk, nyaman, dan juga menyehatkan sangat sayang apabila tidak dinikmati. Daripada berdiam diri di rumah saat libur, lebih baik keluar dan mulailah bermain. Sinar matahari di pagi hari mengandung Vitamin D yang bagus untuk tulang dan juga pertumbuhan kita. Itulah sebabnya bayi bayi di pagi hari sering dijemur agar cukup mendapatkan vitamin D.

    ReplyDelete
  5. yaa suasana pagi hari itu memang suasana yang paling sejuk, dulu saya sering berolahraga sehabis lulus SMA, tetapi ketika sudah memasuki dunia kerja dan kuliah, saya jarang sekali untuk berolahraga di pagi hari.

    ReplyDelete
  6. Udara dipagi hari memang sangat sejuk dan sangat menyegarkan. Memang dianjurkan untuk kesehatan untuk selalu berolah raga dipagi hari karena pantulan cahaya matahari pagi sangat menyegarkan dan menyehatkan.

    ReplyDelete