Apr 28, 2013

Situs Web Kota Tangsel


Oleh : Atep Afia Hidayat - Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan salah satu kota otonomi paling baru di Indonesia, diresmikan 29 Oktober 2008. Kota ini merupakan hasil pemekaran wilayah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Wilayah Tangsel mencangkup bagian tenggara Kabupaten Tangerang, memiliki luas 147 km2 dengan jumlah penduduk 1,29 juta jiwa (Sensus Penduduk 2010).  Dengan jumlah penduduk sebanyak itu Tangsel langsung menempati peringkat ke 11  kota terbesar di Indonesia.

Pemeritah Kota (Pemkot) Tangsel terus berbenah, termasuk dalam mengembangkan sistem informasi. Saat ini sudah dikembangkan situs web Pemerintah Kota Tangerang Selatan dengan tampilan home page yang cukup menarik, dilengkapi halaman (page) Beranda (Halaman Utama); Selayang Pandang (Sekilas Tangerang Selatan), berisi informasi mengenai Sejarah Tangsel, Proses Kepemimpinan, Lambang Daerah, Gambaran Umum, Profil Walikota dan Wakil, serta Visi dan Misi; Pemerintahan (Data Pemerintahan), berisi informasi mengenai SKPD Dinas, Badan, Kantor dan Kecamatan, APBD dan RPJMD; Pembangunan (Info Pembangunan) meliputi informasi mengenai ILPPD dan Peluang Investasi; Peraturan (Info Produk Hukum) meluputi Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota; dan Berita (Seputar Tangerang Selatan).

Web portal resmi Pemkot Tangsel dilengkapi Katagori Berita Terkini, Advertorial, Informasi Publik, Cuaca, Link (LPSE Tangsel, Depdagri, Pemprov Banten, BPS Banten, BKPP Tangsel, Dinas Binamarga dan Sumberdaya Air Tangsel, dan Siabang - Sistem Informasi Administrasi Pembangunan), Forum Diskusi Kita, Perpustakaan Kita dan Peta Tangerang Selatan. 

Jika dilihat dari statistik pengunjung, keberadaan web portal resmi Pemkot Tangsel ini belum begitu dikenal oleh masyarakat Tangsel, yaitu dengan jumlah pengunjung kurang dari 300 per hari, padahal jumlah penduduk Tangsel mencapai 1,29 juta jiwa.  Tentu saja keberadaan situs yang dibuat dengan biaya yang tidak sedikit ini harus memberikan manfaat bagi sebanyak-banyaknya masyarakat Tangsel.

Caranya dengan menyebarkan informasi alamat situs (URL) melalui 7 Kecamatan, 49 Kelurahan dan 5 Desa yang ada. Pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih efekif dan efisien dengan mengembangkan e-government, salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan ialah web portal resmi Pemkot.

Prospek Kota Tangsel sangat luar biasa, para pengembang terbesar di Indonesia sudah jauh-jauh hari menancapkan kakinya di kawasan ini, sehingga terbangunlah pusat-pusat bisnis, pemukiman dan pendidikan.

Namun dalam hal ini jangan melupakan kearifan lokal, pertumbuhan kota dijarapkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sudah sejak lama bermukim di Serpong, Serpong Utara, Setu, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur dan Pamulang. 

Walikota Hj. Airin Rachmi Diany, SH. MH. yang dikenal sebagai walikota dan pejabat paling cantik di Indonesia, beserta jajarannya dan didukung oleh DPRD, diharapkan mampu membawa Kota Tangsel sebagai “rumah bersama” bagi segenap masyarakatnya.

Selain itu visi Kota Tangsel yaitu “Terwujudnya Kota Mandiri, Damai, Asri dan Sejahtera” bisa benar-benar tercapai. Informasi lengkap tentang Kota Tangsel Wikipedia - Kota Tangerang Selatan  dan Info Tangsel (Atep Afia).

1 comment:

  1. saya sendiri sudah tidak asing lagi mendengar kota tangerang selatan, bahkan selama 12 tahun saya sudah mengenyam pendidikan di kota tangerang selatan. sejak sd, smp, dan sma saya bersekolah di tangerang selatan. saya sendiri sangat menikmati bersekolah disana. ditambah informasi situs web resmi kota tangerang selatan, saya jadi tambah mengetahui informasi kota tangerang selatan. terimakasih atas informasi artikel ini.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.