.

Apr 27, 2013

Beberapa Kunci Sukses


Judul Buku :  Success
Penulis : J. Pincott (Terjemahan Oleh Ratih Purnamasari)
Penerbit : Momentum
Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat

Success atau sukses merupakan keinginan setiap orang. Siapapun tanpa terkecuali pasti menginginkan sukses, baik dalam hal-hal kecil maupun hal-hal yang besar, menyangkut keberadaan material, finansial, manajerial, sosial, psikologikal, emosional, bahkan spriritual. Ya, sukses adalah sebuah pencapaian, setelah sekian lama berupaya dengan cara-cara tertentu.

Pada dasarnya ada cara sukses untuk sukses dan ada cara gagal untuk sukses. Dalam hal ini cara sukses  merupakan kumpulan strategi, trik, resep, jurus, baik yang bersifat teori maupun pengalaman seseorang yang benar-benar telah meraih sukses.

Buku Success yang ditulis oleh J. Pincott dan diterbitkan oleh Random House Reference, kemudian diterjemahkan oleh Ratih Purnamasari dan diterbitkan Momentum, Bandung, merupakan kumpulan saran dari orang yang telah benar-benar sukses, ditujukan sebagai inspirasi untuk orang yang ingin mencapai kesuksesan melalui keteguhan dan kerja keras. Ya, ternyata ada tiga kata kunci, kerja keras, keteguhan dan sukses (KKS).  Sukses adalah akumuluasi dan sinergi dari kerja keras dan keteguhan.

Bahkan dalam kata pengantarnya, J. Pincott menegaskan, bahwa kesuksesan bukanlah sulap. Sukses merupakan hasil usaha sendiri, namun tetap memerlukan panduan, antara lain berupa informasi mengenai pengalaman mereka yang telah sukses. Terutama karena orang-orang sukses tersebut mampu menggunakan ambisi, bakat, pengetahuan dan kerja keras untuk meraih kedudukan, menghasilkan uang, dan beragam sukses lainnya.

Dalam hal ini J. Pincott banyak mengutip kata-kata dari beberapa tokoh sukses seperti Oprah Winfrey, Bill Gates, JK Rowling, Ray Kroc, David Sedaris, Pablo Picasso dan Madeleine Albright. Orang-orang sukses tersebut memiliki beberapa kalimat kunci, teknik dan stretagi sukses. Selain itu mereka dengan mudah mengungkapkan rahasia suksesnya, berbagai untuk siapa sajam asalkan ada keteguhan dan mau bekerja keras.

Buku setebal 251 halaman tersebut berisi 17 pokok bahasan, meliputi : Mendefinisikan Kesuksesan; Temukan Apa yang Anda Mau; Memulai; Menentukan Tujuan Anda; Menggali Karakter Anda; Milikilah Keteguhan; Milikilah Jiwa Kompetitif; Bekerja Sama; Bekerja Keras; Memimpin Orang Lain; Mengambil Risiko; Proyeksi Citra Diri Anda; Mendapatkan Umpan Balik; Menjadi Pemberani; Mengatasi Kemunduran; Mengelola Stres; dan Menjaga Kesuksesan.

Pada pokok bahasan Mendefinisikan Kesuksesan memuat sekitar 20 kutipan antara lain dari tokoh-tokoh Mahatma Gandhi – Negarawan India (Jadilah bagian dari perubahan yang ingin Anda lihat di dunia ini), Elias Canetti – Penulis dan Filsuf (Kesuksesan adalah kolom yang diisi oleh seseorang di Koran), Armand Hammer – Pendiri Occidental Petroleum (Jika saya bekerja empat belas jam sehari dan tujuh hari seminggu, saya akan mendapatkan keberuntungan).

Pokok bahasan Mendefinisikan Kesuksesan dipilah lagi menjadi beberapa sub poko bahasan, yaitu : Kesuksesan Sebagai Kualitas Hidup; Apa yang Anda Lakukan Mendefinisikan Diri Anda; Tentukan Tujuan Anda; Perilaku yang Benar; dan Peran Keberuntungan.

Pokok bahasan demi pokok bahasan menyajikn secara apik berbagai pernyataan tokoh-tokoh sukses. Pernyataan tersebut umumnya sangat logis dan bisa diterapkan, namun harus ada kemauan, kemampuan dan keseriusan (K3).

Ya, rahasia di balik kesuksesan para CEO, pemenang Nobel, politisi, akademisi, pengusaha dan selebritis dikutip secara jelas untuk disimak lebih lanjut.

Di cover belakang buku ini dicantumkn apa saja yang dilakukan tokoh-tokoh sukses seperti Oprah Winfrey (Pembawa Acara Talkshow), Arnold Schwarzenegger (Aktor dan Gubernur California), dan Pablo Picasso (Seniman).

Dalam hal ini Oprah Winfrey menyatakan, jika Anda bertanya apa rahasia sukses saya, saya akan menjawab bahwa rahasia sukses saya adalah karena saya memahami bahwa ada kekuatan yang lebih besar daripada saya , yang mengatur hidup saya.

Ya, tepat sekali dibalik daya dan upaya kita, sebenarnya ada Sang Pemilik semua daya dan upaya tersebut. Tidak ada daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Dengan demikian, sebenarnya kunci sukses yang utama adalah adanya pertolongan dari yang Maha Kuat dan Maha Mengatur. (Atep Afia

9 comments:

  1. Resensi yang saya baca ini sangat memotivasi para pembacanya untuk terus menggapai kesuksesan tanpa mengenal kegagalan. Bahkan artikel ini membuat saya sadar karena sukses itu memang tidak mudah didapatkan, melainkan harus mengalami proses yang rumit, yaitu melalui kerja keras dan keteguhan sehingga menciptakan kesuksesan. Dan menurut saya yang maha pengatur dan pengabul segalanya, yaitu Allah SWT memang sangat berperan dan penentunya. Tetapi bagaimana untuk orang-orang sukses tetapi dengan proses instan? Bagi saya mereka hanya HOKKI saja dan sukses yang ia dapat hanya seperti hujan deras yang datang tiba-tiba dan bisa berhenti tiba-tiba. Tetapi orang yang mengalami dengan kerja keras dan keteguhan mereka akan mendapatkan kesuksesan seperti hujan gerimis yang turun mengalami proses, rintik-rintik yang begitu awet sampai kapanpun.

    ReplyDelete
  2. dalam artikel yang dimuat diatas dapat saya ambil inti dari kesuksesaan para tokoh yang sudah sukses ialah dengan bekerja keras dan berdoa kepada Allah SWT maka kesukseksaan akan datang menghampiri kita. semua dimulai dari diri kita sendiri dan kemudian Allah SWT yang akan mengaminkan.

    ReplyDelete
  3. terimakasih pak untuk resensi bukunya dan review buku dari bapak.
    jadi, sukses butuh 3K dan akan mencapai KKS. sangat menginspirasi
    !

    ReplyDelete
  4. Menurut saya Artikel ini sangat menginspirasi, karena kita harus mengikuti dan mencontoh jejak-jejak orang yang bisa di bilang sudah sukses. Kesuksesan sebenarnya berasal dari diri kita sendiri. dan seberapa besar kita ingin meraih kesuksesan itu. jika kita ingin sukses, tapi tak ada satu pun perbuatan ataupun tidak kita lakukan usaha tersebut, saya yakin kesuksesan itu sulit untuk di capai...

    ReplyDelete
  5. Kesuksesan merupakan suatu hasil pencapaian yang membutuhkan berbagai perjuangan dan waktu yang cukup panjang.
    Namun, kesuksesan juga tidak dapt diraih dengan mudah maka kita harus berusaha.
    Kunci kesuksesan benar memang harus ada kemauan kemampuan, dan keseriusan (K3) yang harus diterapkan dalam diri kita karena dengan hal tersebut maka akan mempunyai suatu tujuan sehingga dalam proses pencapain kesuksesan menjadi lebih semangat.
    Jadi, dengan kemauan, kemampuan, dan keseriusan (K3) akan menghasilkan suatu sikap dan sifat kerja keras, keteguhan, dan akhirnya menjadi sukses (KKS).

    ReplyDelete
  6. AGUSTINA DWIYANTI @A27-AGUSTINA

    sangat setuju terhadap artikel ini, dengan demikian inti untuk menggapai kesuksesan yaitu menggunakan peluang sebaik-baiknya, serta merancang strategi, dan berusaha dengan tidak menyerah. namun kesuksesan tidak pada hal dunia saja, menurut saya kesuksesan sesungguhnya yaitu di Akhirat dengan menggapai Surga.

    ReplyDelete
  7. Bayu Adhi Pratama
    @A28-Bayu

    Sukses adalah terus melangkah disetiap kegagalan tanpa kehilangan semangat.

    ReplyDelete
  8. @B01-IWAN

    resensi yang saya baca diatas sangat membuat motivasi saya semakin terpacu untuk ke jenjang tahapan sukses, semoga teman-teman yang lainnya dapat sukses.

    ReplyDelete
  9. Kurniyanto Bayu Anggoro
    @E02-Bayu, @Tugas B05
    Untuk mencapai sukses, 3 kata kunci yang utama yaitu kerja keras, keteguhan dan sukses (KKS) yang diikuti dengan rasa kemauan, kemampuan dan keseriusan (K3).

    ReplyDelete