.

Apr 27, 2013

Jejaring Gizi Indonesia


Oleh : Atep Afia Hidayat - Kepedulian akan pentingnya gizi yang seimbang kini makin meningkat, baik di kalangan masyarakat, dunia usaha, bahkan pemerintah. Depertemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) melalui Direktorat Bina Gizi membuka situs Gizinet dengan alamat http://gizi.depkes.go.id/. Keberadaan situs Jejaring Gizi Indonesia itu, memberikan manfaat yang cukup besar bagi siapapun yang ingin mencari informasi seputar gizi.

Secara umum tampilan situs Jejaring Gizi Indonesia masih sederhana, namun menyediakan informasi seputar gizi yang amat lengkap dengan beragam Katagori seperti : Direktorat Bina Gizi (meliputi Subdit Bina Gizi Makro, Bina Gizi Mikro, Bina Gizi Klinik, Bina Konsumsi Makanan, Bina Kewaspadaan Gizi, dan sebagainya); Forum Diskusi (meliputi Diskusi Umum serta Komentar dan Saran); Sistem Informasi Gizi; SMS Gateway Gizi Buruk; Info Regional (meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Indonesia Timut); Lentera (Kebijakan Gizi, Pedoman Gizi, Makalah dan Artikel, Aplikasi, Media KIE, Jejaring Informasi Pangan dan Gizi – JIPG); Informasi Nasional (Arsip Kegiatan); Berita Utama; Sains dan Teknologi; dan Direktori Gizi.   

Sistem Informasi Gizi   memuat informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pembinaan gizi ibu dan anak Indonesia. Sistem pelaporan dilengkapi peta satelit dari Google, sehingga setiap Provinsi dapat diketahui jumlah laporannya. Sebagai contoh Provinsi DKI Jaya ada 356 laporan kumulatif kasus gizi buruk yang ditemukan pada tahun ini, Jawa Barat 1.150 laporan, Banten 4.839 laporan, dan sebagainya. Pelaporan gizi buruk tertinggi ditempati Provinsi Banten, posisi berikutnyai Provinsi NTT yang mencapai 4.638 kasus.

Fasilitas SMS Gateway Gizi Buruk merupakan Aplikasi Pelaporan Kasus Gizi Buruk dengan SMS Gateway,  tujuanya guna membantu petugas gizi dii wilayah Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota  dalam pelaporan Balita kasus gizi buruk. Dengan demikian hal ini merupakan bagian dari sistem  peringatan dini adanya kasus gizi buruk perlu segera  ditindaklanjuti. Dalam hal ini pengiriman data kasus gizi buruk dilakukan oleh petugas puskesmas yang telah didaftarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota dengan menggunakan Handphone yang telah diinstall aplikasi "clientgizi".

Secara umum keberadaan situs ini diharapkan dapat mendukung Gerakan Nsional Sadar Gizi Menuju Manusia Indonesia Prima, yang memiliki tujuan  untuk menciptakan norma sosial masyarakat Indonesia untuk menerapkan pola konsumsi makanan yang seimbang dan aktivitas fisik yang teratur dan terukur. (Atep Afia – MG 0113 – 005/Sumber: gizi.depkes.go.id)

2 comments:

  1. Irfan Arliansyah
    @C08-IRFAN

    Pemerintah melalui Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI) meluncurkan sebuah situs http://gizi.depkes.go.id/ yang dapat memberikan informasi mengenai gizi. Didalam situs tersebut kita dapat mengakses berbagai informasi mengenai gizi di Indonesia. Kita juga dapat melaporkan apabila terjadi balita gizi buruk di daerah tempat tinggal kita untuk segera ditindak lanjutin oleh petugas gizi di wilayah Puskesmas yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota dalam pelaporan Balita kasus gizi buruk. Tak hanya situs Depkes juga memberika layanan berupa fasilitas SMS Gateway Gizi Buruk yang dapat diinstal aplikasi "clientgizi".
    Semoga dengan hadirnya situs tersebut dapat mendukung Gerakan Nsional Sadar Gizi Menuju Manusia Indonesia Prima.

    ReplyDelete
  2. Donni Setiawan
    E05-TugasB05
    Dengan adanya upaya dari pemerintah dalam upaya meningkatakan gizi untuk rakyat Indonesia yakni dengan meluncurkan situs http://gizi.depkes.go.id/ yang diharapkan membantu seluruh rakyat Indonesia untuk selalu mendaptkan asupan gizi yang baik sehingga terhindarkan dari anak menderita gizi buruk
    Didalam situs tersebut bisa dibilang lengkap karena didalam situs tersebut terdapat informasi yang sangat bagus dan beragam Kategori seperti : Direktorat Bina Gizi (meliputi Subdit Bina Gizi Makro, Bina Gizi Mikro, Bina Gizi Klinik, Bina Konsumsi Makanan, Bina Kewaspadaan Gizi, dan sebagainya),Forum Diskusi (meliputi Diskusi Umum serta Komentar dan Saran); Sistem Informasi Gizi,SMS Gateway Gizi Buruk,Info Regional (meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Indonesia Timut),Lentera (Kebijakan Gizi, Pedoman Gizi, Makalah dan Artikel, Aplikasi, Media KIE, Jejaring Informasi Pangan dan Gizi – JIPG),Informasi Nasional (Arsip Kegiatan),Berita Utama, Sains dan Teknologi; dan Direktori Gizi.
    dengan adanya situs tersebut masyarakat dapat mudah mencari tahu tentang gizi dan dengan akses yang sangat mudah serta diharapkan angka gizi buruk yang terjadi berkurang.

    ReplyDelete