.

Feb 20, 2014

Negara Bagian “Termiskin” Di Amerika Serikat

KangAtepAfia.com - Penduduk miskin tidak hanya berada di negara-negara sedang berkembang saja, namun ternyata ditemukan juga di negara maju seperti Amerika Serikat. Data tahun 2010 menunjukkan bahwa jumlah penduduk miskin di Amerika Serikat mencapai 15,1 persen. Lantas bagaimana patokan angka kemiskinan di negara super power tersebut ? Untuk tahun 2012 misalnya jika satu keluarga dengan empat anak pendapatannya tidak melebihi  23.495 US dollar  per tahun, maka dikatagorikan penduduk miskin.


Dengan mengacu pada data tahun 2010, maka yang masuk daftar sepuluh negara bagian “termiskin” di Amerika Serikat, dengan kata lain persentase jumlah  penduduk miskinnya paling tinggi, secara berurutan: 1. Mississippi (22,7 persen); 2. Lousiana (21,6 persen); 3. District of Columbia (19,9 persen); 4. Georgia (18,7 persen); 5. Arizona (18,6 persen); 6. New Mexico (18,6 persen); 7. Texas (18,4 persen); 8. Kentucky (17,7 persen); 9. North Carolina (17,4 persen); 10. Alabama (17,3 persen). 

Untuk Negara bagian District of Columbia (DC)  yang menempati  peringkat ketiga  dalam hal persentase jumlah penduduk miskin, ternyata  ada hal yang unik. Pendapatan per kapita penduduknya justru menempati peringkat satu di Amerika Serikat, yaitu mencapai  71.044 US dollar, hal itu menunjukkan adanya tingkat kesenjangan ekonomi yang paling lebar di Negara bagian tersebut.

Untuk negara bagian Mississippi yang menempati peringkat pertama dalam hal persentase jumlah penduduk miskin, diketahui bahwa tingkat pendapatan per kapitanya menempati peringkat terakhir, yaitu hanya 31.186 US dollar, jauh di bawah rata-rata nasional yang mencapai 40.584 US dollar.

Lantas negara bagian mana saja yang “termakmur” berdasarkan persentase jumlah penduduk miskin yang paling rendah ? Inilah daftarnya secara berurutan : 1. New Hampshire (6,6 persen); 2. Connecticut (8,3 persen); 3. Wyoming (9,6 persen); 4. Wisvonsin (9,9 persen); 5. Utah (10,0 persen); 6. Nebraska (10,2 persen); 7. Iowa (10,3 persen); 8. Minnesota (10,5 persen); 9. Massachusetts (10,6 persen); dan 10. Virginia (10,7 persen). Khusus untuk negara bagian Connecticut dan Massachusetts pendapatan per kapita penduduknya sudah melampaui angka 50.000 US dollar.

Sementara laporan United States Census Bureau  tahun 2013 mengungkapkan, bahwa jumlah penduduk miskin di Amerika Serikat tahun 2012 mencapai  46,5 juta atau sekitar 14,81 persen. Dijelaskan bahwa  dampak resesi tahun 2007-2008 ditambah perdebatan mengenai pengetatan anggaran telah memperlebar jurang pendapatan penduduk. Setidaknya kasus di negara bagian DC mencerminkan hal itu. (Atep Afia).   


Sumber :
Percent of People in Poverty, by State, 2002–2010

Per Capita Personal Income by State

United States Census Bureau - Current Population


20 comments:

  1. Patokan tingkat kemiskinan di Amerika adalah jika keluarga dengan 4 orang anak pendapatannya tidak melebihi 23.495 US dollar per tahun. Karena beban untuk hidup disana sangat tinggi, beda dengan di Indonesia, dengan penghasilan 23.495 US dollar per tahun mungkin msih belum di bilang miskin.

    ReplyDelete
  2. Ternyata negara maju atau negara super power AS mempunyai negara bagian termiskin , apalagi negara yang sedang berkembang yang menurut saya pembangunan dan pemerataan kekayaan yang tidak merata dalam bidang ekonomi maupun pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Diluar perkiraan saya, ternyata di Negara maju seperti Amerika Serikat pun memiliki daerah Negara bagian yang dikategorikan sebagai daerah miskin, hal ini membuktikan bahwa Negara maju seperti amerika pun masih belum dapat merata dalam memerangi jurang antara si kaya dan si miskin. Namun kriteria miskin disini jika di banding dengan Negara lain masih lebih baik. Ternyata yang lebih mencengangkan adalah Negara bagian amerika yaitu District of Colombia dengan pendapatan tertinggi perkapital malah mendapatkan predikat sebagai jumlah penduduk termiskin ketiga, hal ini menunjukan tingkat kesenjangan antara penduduk miskin dan penduduk kaya.

    ReplyDelete
  4. Ternyata tanpa kita sadari masih banyak negara miskin disekitar kita walau negara amerika sekalipun. Walaupun Amerika adalah negara super power tidak menutup kemungkinan dia bisa meratakan keuangan.

    ReplyDelete
  5. Meskipun begitu, saya rasa penduduk miskin di negara super power itu masih bisa dikategorikan keluarga mapan/menengah kalau dilihat dari sudut pandang orang Indonesia. Karena mereka masih punya penghasilan, sedangkan di Indonesia kategori miskin penghasilan mereka tidak menentu dan pekerjaan mereka serabutan serta banyaj pengangguran dan kurang gizi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Syaipudin Juhri3/30/2014 8:41 PM

    Tapi perbedaan antara orang miskin di amerika dan di indonesia sangatlah jauh berbeda.Contoh paling mudah yang dapat kita lihat adalah.Orang miskin di amerika masih banyak yang mampu untuk berlibur ke indonesia, sedangkan kebalikannya orang miskin diindonesia tak pernah terlintas di benak pikiran mereka untuk berlibur keluar negaranya

    ReplyDelete
  7. dari beberapa presentase kemiskinan negra-negara di artikel ini tentunya jika dibandingkan dengan negara indonesia sngatlah jauh tentunya.bisa dibilang negara maju.pendapatan tingi AS masih memperhitungkan segitu besarnya dikategorikan miskin.bagai mana jika di komper dengan negara kita? yah mungkin kita harus belajar banyak dan berharap kepada pemerintah indonesia supaya menjadikan negara kita menjadi negara yg maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  8. Penduduk termiskin di indonesia lebih terpuruk berbanding penduduk termiskin di amerika serikat dengan pendapata perkapita yang sangat jauh berbeda. Hal ini yang perlu di perhatikan untuk pemerintah Indonesia hal ini karena pemerintah amerika serikat pun lebih mengutamakan SDM agar penduduk mereka menjadi penduduk yang perbendapatan penghasilan lebih baik.

    ReplyDelete
  9. menurut pendapat saya mengenai artikel di atas yang sudah saya baca untuk menentukan suatu daerah / negara bagian dikategorikan sebagai daerah / negara bagian "termiskin" atau "termewah" adalah dilihat dari pendapatan per kapita penduduknya apabila sudah diketahui pendapatan per kapita penduduk suatu daerah / negara bagian maka di jumlah dan di rata-rata maka akan dapat hasil apakah daerah / negara bagian tersebut dikategorikan sebagai daerah / negara bagian "termiskin" atau "termewah"

    ReplyDelete
  10. dilihat dari pendapatan perkapita dengan nominal seperti di atas untuk negara tertentu sudah termasuk makmur.untuk amerika serikat dengan negara super power masih ada negara bagian yang miskin.membuktikan negara yang hebatpun masih belum bisa meratakan kesejahteraan rakyatnya

    ReplyDelete
  11. Meskinpun negara maju sekalipun seperti amerika pasti ada juga wilayah yang masih di bawah garis kemiskinan, walaupun di indonesia dengan jumlah pendapatan seperti itu lumayan besar namun di amerika sangatlah jauh di katakan lumayan karena biaya hidup di sana sangatlah tinggi.

    ReplyDelete
  12. Tidak disangka ternyata tanpa saya sadari masih ada wilayah yang berada dibawah garis kemiskinan miskipun negara Amerika adalah negara super power namun pemerintah masih saja belum bisa meratakan kesejahteraan bagi seluruh wilayahnya

    ReplyDelete
  13. Sebuah ironi jika sebuah negara maju tetapi wilayah sekitar wilayah tersebut terdapat wilayah miskin yang prosentase hingga sampai 22 % tapi perlu diketahui bahwa di Amerika Serikat ada negara bagiannya yang mengajukan sebagai negara bakrut dengan utang yang mencapai US$ 18,5 miliar atau sekitar Rp 187 triliun yaitu Deroit pada tahun 2013. Ini terjadi karena pemerintah Amerika Serikat memberikan konstituisi penuh terhadap wilayah bagian mereka yang menganut paham ekonomi liberalis yang dimana dia yang memiliki uang dan kekuasaan dialah yang menang.

    ReplyDelete
  14. Negara super power seperti Amerikapun ternyata masih memiliki wilayah yg miskin, menunjukkan bahwa Amerikapun sepertinya blm bisa meratakan keuangan bagi para penduduknya.

    ReplyDelete
  15. Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap negara pasti memilki wilayah “termiskin” maupun “terkaya”, seperti dalam contoh wacana tersebut bahwa Amerika sekalipun yang merupakan negara adi kuasa masih belum ratanya tingkat kesejahteraan. Perbandingan wilayah “miskin” yang ada di negara bagian AS dilihat dari pendapatan perkapita bila dibandingkan dengan negara berkembang sangatlah berbeda karena patokan atau tolak ukur dari masing – masing negara dalam hal pendapatan perkapita sangat berbeda pula, apalagi ditambah perbedaan gaya hidup dari negara tersebut.

    ReplyDelete
  16. Di amerika serikat terdapat negara miskin mungkin terlihat asing terdengarnya karena di amerika itu terkenal sebagai negara maju dan makmur klu berbicara negara maju tentu rakyatnya pasti makmur dan terpenuhi kebutuhan hidupnya,mungkin selama ini yang tersorot hanya bagian gedung yang mewah saja dan tidak melihat wilayah yang terpencil,data yang di rilis pada tahun 2010 kemiskinan di amerikan serikat mencapai 15.1% mungkin masih jauh di bandingkan dengan indonesia sebagai negara berkembang yang mencapai hampir 45%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dengan membaca artikel tersebut, hangan lah kita memandang sebelah mata dari negara2 yang sebelumnya kita anggap itu merupakan negara maju, tetapi disetiap negara sangat pastilah adanya sebuah negara dalam benua tersebut ,belum bisa meratakan kesejahtraan dan memakmurkan dari anggota negara2 bahkan daerahnya.

      Delete
  17. sebenarnya kemiskinan bagi saya pribadi relatif , jika di bandingkan dengan indonesia nominal sangat jauh sekali , 23 juta perbulan bisa di katakan miskin , di indonesia bisa di katakan sangat mapan , memang kebutuhan hidup jauh berbeda di sana

    ReplyDelete
  18. meski nega adikuasaa dengan power di seluruh dunia ,tetapi ternyata di dalamnya masih ada kesennjangan sosanya yang ial yang belum bisa teratasi.ternyata bukan jaminan negara maju itu tidak ada warganya yang miskin.

    ReplyDelete