.

Apr 27, 2013

Bisnis Sukes dengan Ide Cemerlang

Judul : Penjadi Pengusaha, Mengubah Ide Cemerlang Menjadi Bisnis yang Besar dan Menguntungkan -
Judul Asli : Turn Your Good Idea Into a Great Business -
Penulis : Mike Southon & Chris West -
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama –
Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat -

Menjadi pengusaha, mengubah ide cemerlang menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan. Pada dasarnya sebua bisnis besar bermula dari ide cemerlang. Dan ide cemerlang itu bisa muncul dari siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Persoalannya, bisakah ide cemerlang itu diwujudkan menjadi bisnis, menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

Buku dengan judul asli “Beermat Entrepreneur, Turn Your Good Idea Into a Great Buseness”, mengupas perihal “benih perusahaan”, “pertumbuhan perusahaan”, sampai “menjadi perusahaan yang perkasa seperti pohon eik”. Dalam kata pengantarnya, Charles Dunstone, pendiri The Carphone Warehouse, menyebutkan bahwa entrepreneur adalah orang-orang yang hebat, namun mereka butuh bantuan yang semestinya. Mereka membutuhkan antusiasme dan kejelasan. Bagaimanapun pebisnis memerlukan advis, kontak dan dukungan moral. Pebisnis memerlukan mentor, terutama pada tahap-tahap tertentu pertumbuhan perusahaan.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman hidup, bukan buku teori. Sehingga pebisnis atau calon pebisnis bisa belajar dan menikmati buku ini. Dijelaskan, bahwa memang benar, kesuksesan bisnis menuntut kerja keras. Kebanyakan menuntut kerja keras 24 jam sehari, selama lima tahun. Pebisnis selalu percaya diri, mereka terlahir optimis, mereka tahu apa yang mesti dilakukan.

Untuk menanam pohon, harus dirintis dari keberadaan benih. Kalau benihnya berkualitas, lingkungannya baik dan pemeliharaannya tepat, maka benih itupun segera akan tumbuh menjadi pohon yang produktif. Begitu pula perusahaan yang kokoh, diawali dari benih perusahaan yang unggul. Benih tersebut adalah ide cemerlang, apakah orang sekitar menyambut dengan antusia, apakah keesokan harinya, kita bangun tidur ide itu masih tampak cemerlang ?

Dalam pertumbuhannya dibutuhkan mentor, kalau bisa seorang pengusaha yang berpengalaman dan senior, dapat menangkap gagasan Anda, menyukai Anda, dan Anda suka kepadanya. Selain itu, sangat penting untuk membentuk tim entrepreneur, inovator teknik, spesialis delivery, penjualan dan keuangan.

Ketika usaha sudah tumbuh dan berjalan, maka Anda mesti mencari pegawai, sebagai langkah awal membentuk dream team. Anda dituntut untuk mendelegasikan tanggung jawab riil kepada mereka. Perusahaan Anda kini menjadi pohon kecil, bukan lagi kecambah yang baru tumbuh. Menurut penulis buku ini, periode pertumbuhan perusahaan dimulai ketika saat memulai hanya dengan 5 orang, kini ditangani 20 orang. Bukti nyata bahwa bisnis pada dasarnya berurusan dengan orang-orang.

Dijelaskan, dari sudut marketing, perusahaan yang mulai jadi pohon sebenarnya merupakan sebuah “butik”. Yang menjadi pelanggan ialah pasar yang istimewa, konsumen berasal dari rekomendasi (dan tentu saja kembali lagi, lagi, lagi dan lagi). Gayanya benar-benar personal, ramah, memiliki komitmen; semua pihak dalam bisnis mempunyai visi yang sama, serta bekerja dan berupaya merealisasikannya bersama-sama.

Setelah mencapai tahapan kepercayaan pasar yang kuat, arus dan variasi penjualan yang mantap, organisasi yang sehat, keuangan yang solit dan para pegawai yang sejalan dan benar-benar siap, maka perusahaan pun segera menjelma seperti pohon yang eik yang perkasa. Dalam fase ini maka pengusaha atau pebisnis akan meraih kekayaan, namun harus berbagi secara adil dengan siapapun yang ikut menciptakan situasi ini, memiliki hati nurani yang jernih, dan harus berani menengok ke belakang.

Buku inipun dilengkapi: Apendiks A, berisi 12 hal yang menuntut Anda meningkatkan keyakinan akan kemampuan suatu ide agar berhasil. Apendiks B, berisi Kisah Sukses The Instruction Set. Apendiks C berisi The Prince’s Trust. (Atep Afia)

33 comments:

  1. Untuk menjadi pengusaha yang sukses diperlukan ide-ide yang cemerlang cerdas dan indovatif.Kesuksesan diperlukan pula kerja yang keras untuk mencapainya.

    ReplyDelete
  2. untuk mendapatkan ide yang cemerlang memang sulit, tetapi kadang bisa keluar begitu saja tanpa disengaja.

    ReplyDelete
  3. membangun sebuah usaha diperlukan sikap kegigihan, pantang menyerah dan selalu memunculkan ide cemerlang. sesuatu yang baik tergantung dari asalnya. perusahaan yang baik tergantung dari karyawannya.

    ReplyDelete
  4. Dalam berbisnis memang harus diperlukan ide-ide yang cemerlang, tapi kesuksesan dalam bisnis tidaklah mudah untuk diraihnya. Jangan cepat menyerah dan putus asa walau pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis. Karena berbisnis dibutuhkan kerja keras dan percaya diri.

    ReplyDelete
  5. Luar biasa! Buku dan artikel ini bisa memberikan arahan juga panduan kepada pembacanya bagaimana sukses berbisnis bukan hanya untuk dunia saja tapi juga sukses untuk akhirat. Dan bagi saya Artikel ini sebagai modal ilmu dalam melangkah menjadi pengusaha yang sukses di dunia dan di akhirat kelak. Bisnis sukses tapi jangan lupa tanggung jawab sosial kita terhadap lingkungan sekitar. Semoga terkabul.Amin.

    ReplyDelete
  6. dunia bisnis itu tidak terbatas, salama ada kebutuhan pasti timbul untuk memnuhinya itulah hukum ekonomi. beranjak dari kebutuhan itu maka menjadi peluang bisnis yang luar biasa, berawal dari analias pikiran terhadap peluang dari lingkungan sekitar menjadi ide cemerlang untuk memulia usaha tersebut.

    ReplyDelete
  7. Berbicara mengenai bisni yang sukses, memang tidak lepas dari proses dan proses yang mesti dilalui/dilakukan. Berawal dari ide-ide cemerlang, mampu menciptakan kreativitas yang tinggi yang tentunya akan memperkuat akar bisnis yang ditanam hingga mampu tumbuh dan berkembang menjadi besar.Namun, sesuai ulasan dalam artikel di atas dapat ditarik benang Merahnya, bahwa untuk menjalankan bisnis agar bisa tumbuh tidak lepas adanya keterkaitan dengan pihak lain, dalam hal ini dibutuhkan semacam mentor yang ahli di bidangnya. Ketika proses itu telah dilalui dengan baik, maka Anda mesti mencari pegawai, sebagai langkah awal membentuk dream team yang pada akhirnya dapat mencapai tahapan kepercayaan pasar yang kuat, arus dan variasi penjualan yang mantap, organisasi yang sehat, keuangan yang solit dan para pegawai yang sejalan dan benar-benar siap, maka perusahaan pun segera menjelma seperti pohon yang eik yang perkasa.

    ReplyDelete
  8. Buku ini wajib dimiliki oeh yang ingin memulai dunia bisnis, mengingat buku ini bukanlah buku teori melainkan hasil pengalaman hidup.

    ReplyDelete
  9. Sangat bermanfaat sekali dengan penerbitan buku ini dimana di dalamnya terdapat banyak pengalaman hidup dari seorang pembisnis yang dapat kita pelajari. Benar, untuk membangun sebuah perusahaan atau untuk menjadi seorang pembisnis yang sukses diperlukan ide-ide cemerlang,dari situlah modal awal kita untuk memulai usaha tersebut. Dari ide tersebut kita implementasikan menjadi sesuatu yang bersifat nyata.

    ReplyDelete
  10. wahhhh ,bagus banget buku ini ,menginspirasikan kita supaya punya ide ide camerlang dalam langkah mengujudkan dream ataupun gool seeting .
    thanks

    ReplyDelete
  11. untuk menjadi seorang pengausaha yang sukses maka diperlukan sebuah pemikiran yang cemerlang, juga harus dapat membuat inovasi yang baru yang beda dari yang lain dan tidak lupa tetap mengutamakan kwalitas produk kita.

    ReplyDelete
  12. untuk menjadi pengusaha yang sukses harus mempunyai ide-ide yang cemerlang, memang agak sulit untuk mendapatkan ide-ide yang cemerlang tapi ide yang cemerlang dapat begitu saja datang tanpa disengaja. menjadi pengusaha yang sukses juga harus memiliki sikap yang berani, pantang menyerah dan kreatif.

    ReplyDelete
  13. seorang pengusaha atau entrepeneur dikatakan berhasil jika ia mampu membuat serta membangun pondasi yang kokoh untuk usaha atau bisnis yang sedang dijalaninya. Pondasi itu tentu membutuhkan ide-ide gila serta kreatif dari siapa saja yang mempunyainya. ide serta kreatifitas itu diciptakan oleh orang-orang dibelakang perusahaan yang mempunyai visi dan misi untuk meraih keberasilan.

    ReplyDelete
  14. Menjadi seorang pembisnis harus memiliki ide cemerlang menjadi bisnis yang besar dan menguntungkan. Pebisnis harus selalu bekerja keras , percaya diri, mereka terlahir optimis, mereka tahu apa yang mesti dilakukan serta ramah, memiliki komitmen, semua pihak dalam bisnis mempunyai visi yang sama, serta bekerja dan berupaya merealisasikannya bersama-sama. Sehingga akan terwujudnya suatu usaha yang maju dan berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  15. Sangat bagus sekali sebagai inspirasi bagi para pembisnis muda.

    ReplyDelete
  16. Untuk memulai Bisnis memang harus di lengkapi dengan ide-ide cemerlang agar bisnis yang kita jalani sesuai dengan harapan, ide cemerlang bisa menghasilakn bisnis yang sukses .

    ReplyDelete
  17. Untuk menjadi pangusaha sukses dibutuhkan ide ide cemerlang yang kreatif dan inovatif. Seorang pengusaha yang ingin sukses harus bekerja keras, ulet, gigih dan pantang menyerah dalam usahanya dan resiko resiko yang ada dalam mengembangkan usahanya.

    ReplyDelete
  18. menjadi pembisnis muda memang sangat membanggakan, apalagi kalau usahanya tersebut menjamur dan sukses. tetapi untuk memulai suatu usaha pastinya sangat berat dan akan mengalami yang namanya jatuh bangun. sehingga mengharuskan si pengusaha memutar otak dengan memunculkan ide kretif, inovasi yang lebih kreatif dan gebrakan baru agar usahanya dapat terus berdiri. sangat membantu bagi para calon pembisnis muda sebagai panduan dan lebih percaya diri.

    ReplyDelete
  19. menjadi pengusaha memang harus mengandalkan kreatifitas agar tidak kalah saing dan mempertahankan pelanggan. kebutuhan pelanggan yang bermacam macam menuntut pengusaha atau pebisnis makin kreatif, inovatif

    ReplyDelete
  20. Saat ini kita memang di tuntut untuk menjadi kreatif dan inovatif perubahan zaman yang semakin cepat dan dinamis menuntutkita untuk jeli melihat peluang yang ada dan mencari ide –ide baru yang cemerlang menjadi pembisnis muda bukan lagi suatu hal memalukan saat ini banyak muda mudi yang sukses dalam berbisnis dengan penghasilan miliyaran rupiah berkat kreatifitas dan jeli melihat peluang disekitar.

    ReplyDelete
  21. Menjadai seorang pembisnis buikan hanya dari kata - nkata saja namun daengan bertanggung jawab penuh kepada tindakan nyata. Bergai fase dalam membentuk usaha baru harus kita lalui, untuk memeulai sesuatu yang baru sangatlah sulit di njlani, karena kita tidak akan bisa memperediksi sesuatu yang kan terjadi di masa akan datang, hanya dengan beberapa ide yang cemerlang dan pemikiran yang hebat kjita bisa mengatasi dan mengantipasi kemungkinan - kemungkinan ancaman yang kan terjadi di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. melakukan bisnis dengan gagasan atau ide yang cemerlang, akan membuahkan hasil yang sangat baik. karena membangun suatu bisnis tidaklah mudah maka di perlukan kesabaran dan kerja keras yang tingggi.
      tidak hanya itu saja, suatu bisnis yang maju tidak ada yang berkembang secara instan. tetapi butuh proses dan tahapan - tahapan yang dapat dilaui nya.

      Delete
  22. Muhammad Haris5/24/2014 9:06 PM

    Satu hal yang saya cermati dari tulisan ini yaitu dengan menggunakan filosofi "benih", dimana memang semua hal-hal besar dimulai dari hal yang kecil. Jadi apabila benih yang ditanam baik dan berkualitas, maka yang tumbuh juga pohon yang baik dan berkualitas. Jadi apabila sebuah usaha dimulai dengan ide yang cemerlang dan baik, maka kedapannya usaha tersbebut akan menjadi sebuah usaha yang besar dan baik.

    ReplyDelete
  23. dari artikel diatas dapat saya simpulkan bahwa bisnis itu dibangun mulaiu dari sesuatu yang kecil, seperti menanam pohon, mulai dari benih menjadi tunas, kecambah, daun, batang, bunga dan menjadi bunga dan hasilnya adalah buat yang dapat kita nikmati. harus sabar dan tekun dalam merawat bisnis agar tidak mati ditengah jalan.

    ReplyDelete
  24. bisnis bukan sekedar planning, tapi memulai bisnis adalah palnning,modal,action dan mental
    berani jatuh dengan sebuah pengalaman ..
    bisnis membuka peluang lapangan pekerjaan ..

    ReplyDelete
  25. bisnis bukan sekedar planning, tapi memulai bisnis adalah palnning,modal,action dan mental
    berani jatuh dengan sebuah pengalaman ..
    bisnis membuka peluang lapangan pekerjaan ..

    ReplyDelete
  26. Memulai bisnis dari sesuatu yang kecil jika ditekuni dengan serius akan menjadi hasil yang besar. Dengan adanya buku-buku tersebut dapat menjadi referensi untuk memulai usaha sedini mungkin

    ReplyDelete
  27. buku ini pastinya sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memulai usaha, banyak orang yang bingung harus seperti apa, bagaimana bergerak dalam dunia usaha.

    ReplyDelete
  28. Untuk mendapat hasil yang maksimal dari sebuah bisnis memang perlu kesabaran yang extra. Bisnis tidak akan langsung begitu saja berhasil tanpa adanya usaha yang keras. Seperti dalam artikel ini, dimulai dari menanam pohon. Maksud dari istilah itu yaitu sesuatu yang besar harus dimulai dari sesuatu yang kecil dan perlu ketelatenan dan kesabaran. Seperti pohon, semakin rajin dirawat maka akan semakin subur.

    ReplyDelete
  29. Buku ini dapat membantu membangun diri menjadi pengusaha sukses, karena terjadi berdasarkan pengalaman. Ide memang harus di gabungkan dengan tindakan, karena tanpa tindakan ide tersebut tidak akan tercapai. Serta kita juga harus bertanggung jawab, apapun hasilnya, dan jangan pernah menyesali nya

    ReplyDelete
  30. suatu kesuksesan dapat diraih jika kita selalu berusaha, dan usaha itu harus dilalukan dari langkah awal untuk membangunnya,, ide ide yang dapat terealisasikan akan lebih dapat membuahkan hasil dari pada sebuah wacana yang hanya menjadi bahan omongan. yang penting dalam ide dan gagasan itu ialah dapat terealisasikan untuk mewujudkan kesuksesan.

    ReplyDelete
  31. informasi yang sangat membantu. terimakasih

    ReplyDelete
  32. AGUSTINA DWIYANTI @A27-AGUSTINA

    ketika memiliki ide cemerlang maka harus secepatnya di aktuaisasikan karena jika tidak maka terlebih dahulu orang lain yang mengambilnya. tetapi ide itu harus ituangan dengan strategi yang matang serta memiiki mentor yang berpengalaman.

    ReplyDelete