.

Apr 28, 2013

Kenapa Terjadi Penuaan Dini ?

Kebanyak orang sudah memahami, bahwa terlalu sering terpapar sinar matahari dan merokok bisa menimbulkan banyak kerutan pada kulit, sehingga wajah kita terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Namun menurut Dr Gary Small dari UCLA Center on Aging, ada beberapa aktivitas lain yang menyebabkan terjadinya penuaan dini, yaitu :

1. Makan terlalu banyak. Sudah jelas makin terlalu banyak makan, makin cepat terjadi penuaan dini. Meskipun semua orang membutuhkan makanan, tetapi kalau asupannya berlebih disbanding yang dibutuhkan, maka berpotensi menimbulkan kegemukan atau obesitas. Kegemukan berakibat pada meningkatnya risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beragam penyakit yang berkaitan dengan penambahan usia. Berbagai hasil studi mendukung upaya pembatasan kalori guna mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Hasil penelitian di Universitas Wisconsin menunjukkan, monyet yang diberi makanan sebanyak-banyaknya sehingga makan sepuas-puasnya, tingkat kematiannya tiga kali monyet yang diberi makan secara terbatas. Hasil penelitian dengan menggunakan tikus menunjukkan, pembatasan kalori bisa memperpanjang umur hewan antara 20 sampai 80 perse.

2. Menonton Televisi. Kegiatan yang pasif dan monoton seperti menonton televise dan menghabiskan waktu dengan duduk di depan computer, juga menimbulkan proses penuaan dini. Latihan atau aktivitas fisik, meskipun secara ringan tetapi teratur, bisa menghindari proses penuaan dini. Selain itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan beragam penyakit lainnya. Untuk sekedar mengurangi stress, berjalan di atas treadmill sambil menonton acara kesayangan di televisi, bisa menimbulkan manfaat yang luar biasa.

3. Kecemasan yang berlebihan. Suasana rumah yang berantakan, ruang kerja yang amburadul, bisa meningkatkan kecemasan, sehingga berkerja pun tidak efisien. Kalau dibiarkan berlarut-larut, bisa menyebabkan peningkatan kadar hormone pemicu stress, yaitu kortisol dan adrenalin. Peningkatan kadar hormon-hormon penicu stress bisa menyebabkan kerusakan memori dan mengganggu konsentrasi, lebih jauh lagi berkontribusi terhadap munculnya beragam penyakit yang berhubungan dengan penambahan usia.

4. Kemarahan yang mudah terpicu. Bagaimana cara mengelola emosi, termasuk kemarahan berpengaruh penting pada upaya pencegahan penuaan dini. Kemarahan harus dikelola, tidak boleh diekspresikan secara berlebihan, juga tidak sehat kalau ditekan habis-habisan supaya tidak muncul. Menahan marah bisa menyebabkan perilaku pasif-agresif, yang pada akhirnya akan meledak. Kalau terjadi terus-menerus bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Belajar untuk mengelola dan mengendalikan kemarahan secara konstruktif, termasuk mampu mengenyahkan dendam, merupakan hal yang amat penting dalam kehidupan. Salah satu trik untuk mengelola rasa marah adalah dengan menuliskannya, bisa juga dengan menulis surat kepada orang yang menjadi obyek kemarahan. Namun jangan segera dikirimkan, baca ulang berkali-kali, siapa tahu hanya dengan sekedar menuliskannya saja perasaan marah itu menguap dengan sendirinya.

5. Mengisolasi Diri. Menghabiskan waktu sendirian atau menghindari interaksi sosial berpotensi menyebabkan penuaan dini, sekaligus dapat menurunkan kualitas hidup. Sebuah studi yang dilakukan di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Harvard selama 10 tahun, mengungkapkan bahwa sosialisasi secara teratur dapat meningkatkan kebugaran cardiopulmonary dan risiko kematian lebih rendah sebagai akibat serangan jantung. Di samping itu orang yang memiliki banyak teman dan secara intensif berteman, lebih mudah mendapatkan bantuan bila dihadapkan pada persoalan kesehatan.

6. Sikap hidup yang pesimis. Sikap hidup yang pesimis menyebabkan penuaan dini, dalam hal ini kalau ada gelas berisi setengahnya, apakah pemahaman Anda “setengah kosong” atau “setengah isi” ?. Kalau Anda berpendapat gelas itu “setengah isi” mengisyaratkan Anda termasuk orang yang optimis. Menjalani kehidupan dengan sikap hidup yang positif dan optimis, sudah tentu bisa menghindari penuaan dini. Dengan berpikir positif dan optimis berdampak pada terjadinya lebih sedikit depresi, system kekebalan tubuh yang lebih baik, serta lebih banyak meraih hasil dan manfaat dalam kehidupan. (Atep Afia, sumber : www.aolhealth.com)


Artikel Terkait :

Awet Muda dengan Lendir Bekicot

Makan Tempe Jadikan Awet Muda



Dipublikasikan juga melalui/Gambar:
http://log.viva.co.id/

18 comments:

  1. Dari artikel ini, kita tahu bahwa penuaan dini itu terjadi karna kebiasaan kebiasaan kita seperti makan terlalu banyak apalagi jika makanan tersebut tidak bergizi, menonton televisi, kecemasan yg berlebihan, kemarahan yg mudah terpicu, mengisolasi diri, dan sikap hidup yg pesimis. Dari sekian faktor tersebut sebagian besar adalah aktifitas-aktifitas yg sering dilakukan oleh manusia itulah mungkin yg jadi penyebabnya banyak manusia yg mengalami penuaan dini saat ini.

    ReplyDelete
  2. jika disimpulkan dari artikel diatas, bahwa manusia harus berpikir positif serta melakukankegiatan" positif juga untuk menghindaripenuaan dini. menurut pendapat saya tingkat kemiskinan juga sangat mempengaruhi penuaan dini, karena kehidupan mereka terbatas, pekerjaan yang begitu berat dan sulit untuk mendapatkan hiburan.

    ReplyDelete
  3. The power of mind, pikiran positif akan membawa kita pada hal-hal yang positif dan menghasilkan hal yang positif juga bagi hidup kita. Selain itu kesimpulan yang saya dapatkan adalah bahwa keseimbangan harus benar-benar kita perhatikan. Menonton televisi boleh saja, asal tidak terlalu banyak. Memerlukan waktu untuk sendiri kadang memang perlu, namun jagan menjadi penyendiri. Setiap masalah mrmang butuh dipikirkan peenyelesaiannya, tapi jaangan sampai membuat kita stres.

    ReplyDelete
  4. Berpikir positif saya rasa sudahmeliputi semua ya, karena dari berpikir positif manusia bisa mengambil langkah yang tepat dan selalu mempertimbangkan setiap masalah, dan untuk menghindarinya mka kita harus hidup sesaui porsinya menonton tv sesaui porsi, yahintinya simbagnkan hidup danmengatur waktu dengan effisien

    ReplyDelete
  5. Saya mau menambahkan satu lagi yang membuat kulit cepat berkerut, yaitu suasana hati yang sedih atau murung,stres akibat kerjaan di kantor juga bisa menjadi salah satu penyebab.

    ReplyDelete
  6. penuaan diri bisa dicegah dimulai dari diri sendiri.. semua pilihan ada ditangan kita, mau pilih hidup sehat atau tidak sehat..
    makan secukupnya, makanlah makanan sehat, perbanyak gerak, kurangi stress dan tingkatkan sosialisasi semua itu bisa dilakukan asalkan ada kesadaran dari diri sendiri..
    dengan mengetahui hal2 tersebut, kita tinggal mencegah sikap2 tersebut untuk hidup sehat dan mencegah penuaan dini..
    satu lagi yg efektif dan sehat ialah perbanyak minum air putih..

    ReplyDelete
  7. Tingkat stres yg tinggi sangat beresiko membuat diri menjadi cepat tua..
    Berpikir terlalu banyak dan tidak ada nya kedamaian dalam hati..
    Lingkungan yg tidak kondusif.. dan pengaruh iklim di daerah tersebut.

    ReplyDelete
  8. Menurut Dr Gary Small penyebab terjadinya penuaan dini dari sisi kegiatan-kegiatan fisik dan pikiran yang pasti terjadi pada setiap orang. selain meminimalisir kegiatan diatas juga imbangi dengan memenuhi kebutuhan dari sisi nutrisi sehat gizi dari makanan dan relaksasi pikiran misalkan : jogging pagi, jalan-jalan, spa and sauna, dll.

    ReplyDelete
  9. seusaii membaca artikel tersebut, kebutuhan nutrisi seperti apa yang cukup untuk kita? tentu bukan hanya faktor makanan yang berpengaruh, pola hidup, pola pikir akan kesehatan pun menjadikan kita mudah terbawa dalam faktor penuaan dini, untuk itu mulailah terapkan segala sesuatu yang sehat, agar bisa menjaga stabilitas tubuh dan menghindarkan penuaan dini.

    ReplyDelete
  10. Kebutuhan Tubuh untuk selalu asupan makanan dan pola hidup sehat yang harus terkoordinir secara dini, agar selalu terhindar dari penuaan dini sebelum usia
    Terima kasih pak,

    ReplyDelete
  11. sebenernya penuaan dini gak cuma terjadi untuk cwek saja melaikan semua golongan.....tapi balik lagi ke prinsip hidup masing masing,,,yang penting positif pada setiap hal yang kita jalani

    ReplyDelete
  12. menurut saya artikel tersebut,dapat memberi kebutuhan nutrisi yang cukup untuk kita? kareana menurut Dr Gary Small penyebab terjadinya penuaan dini dari sisi kegiatan-kegiatan fisik dan pikiran. selain meminimalisir kegiatan diatas juga imbangi dengan memenuhi kebutuhan dari sisi nutrisi sehat gizi dari makanan dan relaksasi pikiran misalkan : jogging pagi, jalan-jalan, spa and sauna, dll. tentu bukan hanya faktor makanan yang berpengaruh, pola hidup, pola pikir akan kesehatan pun menjadikan kita mudah terbawa dalam faktor penuaan dini, untuk itu mulailah terapkan segala sesuatu yang sehat, agar bisa menjaga stabilitas tubuh dan menghindarkan penuaan dini.mencegah lebih baik dari pada mengobati..
    terima kasih..

    ReplyDelete
  13. Penuaan dini juga dapat diakibatkan karena radikal bebas seperti asap kendaraan bermotor yang bereaksi dengan kulit. Oleh karena itu konsumsi antioksidan dapat mencegahnya. Seperti apel, minyak zaitun, atau tauge. Selain mengkonsumsi, anti oksidan juga dapat dioleskan ke kulit. Seperti body lotion atau semacamnya.

    ReplyDelete
  14. semua sudah jelas bahwa hal yang berlebihan itu tidak baik , efeknya kan berasa jangka pendek maupun jangka panjang

    ReplyDelete
  15. semua yang diatas mungkin sudah menjadi hal atau kebiasaan bagi kita,saya sendiri juga pernah mengalaminya bahkan sering,dan mulai dari sekarang mulailah hindari hal hal yang menyebabkan penuaan dini,manfaatnya bukan untuk orang lain tapi bagi diri kita sendiri ,,,,,,,

    ReplyDelete
  16. Jika dilihat dari artikel ini ternyata faktor penuaan dini sangat dekat dengan aktifitas kita. Jadi wajar saja jika sekarang kita menemukan banyak orang yang memiliki penampilan tidak selayaknya usianya yang semestinya

    ReplyDelete
  17. untuk memcegah penuaan dini banyalk hal yang mudah untuk di lakukan mungkin dengan selalu mudah tersenyum,sering berolahraga,sering bercanda,dan masih banyak hal yang bisa mencegah penuaan dini tersebut.

    ReplyDelete
  18. sering sekali kebanyakan orang memikirkan terjadinya penuaan sejak dini, dari faktor yg dijelaskan diatas kita dapat menghindarinya sedini mungkin. jadi yg harus kita lakukan agar tidak trjadi adalah melakukan kebalikan dari pernyataan diatas seperti selalu berpikir positif, mengatur pola makan yg sehat, berolahraga yg teratur, selalu tersenyum dan lain-lain.

    ReplyDelete