.

Apr 23, 2013

Awet Muda dengan Lendir Bekicot


Oleh : Atep Afia Hidayat - Kulit sehat, bersih, kinclong, bening dan tidak keriput merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai upaya dilakukan demi performa kulit wajah, dengan biaya berapapun tidak menjadi soal, bahkan cara-cara yang relatif berbahaya pun seringkali ditempuh. Banyak kasus kerusakan kulit wajah akibat pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya. 

Di sisi lainya riset terus dikembangkan untuk mencari formula pengencang kulit tersebut. Adalah Laboratorius International Cosmetic Lissia, di Bogota, Kolumbia,  yang berhasil mengembangkan lendir bekicot menjadi bahan krim pelembab dan penghilang keriput. 

Selama ini bekicot (Achatina fulica) dikenal sebagai binantang yang menjijikan. Habitat bekicot terutama tempat-tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Pada musim hujan populasi bekicot meningkat pesat, karena makin banyak tempat atau benda-benda tempat menempel bekicot dengan kadar air tinggi. Bekicot dikenal juga sebagai hama yang merusak tanaman, terutama pada budidaya padi, pisang dan beberapa jenis sayuran. Dalam perkembangannya, bekicot mulai dilirik manfaatnya, seperti dijadikan pakan untuk ternak bebek dan lele.

Namun  ternyata di Perancis, bekicot biasa dijadikan santapan bercita-rasa tinggi oleh kalangan elit setempat, dan dikenal sebagai escargots de bourguignonne.  Perlahan tapi pasti di beberapa desa di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera pun mulai dikenal sate bekicot, bakso bekicot, kripik bekicot, dan sebagainya. Dengan demikian jika semula dikenal sebagai hama, maka dalam perkembangannya menjadi binatang yang dibididayakan.

Selain kaya akan protein, karbohidrat, lemak, vitamin B 12, kalsium dan phosphor, bekicot pun mengandung kadar lendir yang tinggi. Lendir tersebut sudah dikenal memiliki efek penyembuhan luka, gatal-gatal, sakit gigi, dan mengatasi efek penuaan.  Dalam hal ini,   krim yang dikembangkan oleh Laboratorios Lissia  mengandung 20-80 persen ekstrak lendir bekicot. Adapun bahan bakunya bersumber dari bekicot yang telah dibudidayakan, dengan perlakuan dan pakan khusus untuk meningkatkan kadar lender.

Lantas, zat atau nutrisi apa yang terkandung dalam lender bekicot yang berpengaruh nyata terhadap peningkatan kelembaban kulit, pengencangan kulit, menghilangkan keriput dan mengatasi efek penuaan ? Ternyata hasil riset menunjukkan, zat atau nutrisi tersebut  adalah Glycosaminoglycan (GAG) yang mengikat senyawa copper peptide di dalamnya.  GAG sendiri merupakan komponen penyusun kulit bersama kolagen dan elastin.

Lebih dari 80 persen berat kering kulit tersusun dari kolagen. Kolagen merupakan  protein struktural utama yang ditemukan di seluruh tubuh kita. Kolagen memberikan kekuatan jaringan dan organ. Elastin memiliki kemampuan untuk merenggangkan dan mengendurkan kulit (elastisitas). 

Sedangkan GAG  merupakan sejenis karbohidrat yang berperan penting dalam menjaga dan memelihara jaringan penghubung antar sel, sehingga kulit selalu kencang. GAG termasuk komponen penyusun hyalorunat, yaitu  senyawa yang turut menjaga kelembaban kulit. Belakangan dikembangkan suntikan asam hyalorunic untuk merangsang produksi kolagen (neocollagenesis).

Ada manfaat yang transparan atau tersembunyi dari setiap proses penciptaan. Ternyata penciptaan bekicot memberikan manfaat yang makin beragam bagi kesejateraan hidup manusia. Dalam hal ini diperlukan cara pandang baru yang positif disertai kemampuan analitik terhadap berbagai sumberdaya alam, baik flora, fauna maupun abiotik.

Ternyata ada keterkaitan dan kesamaan komponen penyusun antara kulit dengan lendir bekicot, yaitu senyawa GAG. Nah, untuk mencegah pengeriputan pada kulit wajah, ternyata lender bekicot dapat dimanfaatkan. (Atep Afia).


8 comments:

  1. Itulah mengapa, tidak semua hal bernilai buruk. Sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya seperti bekicot ini. Orang-orang mengira, bekicot adalah hewan yg menjijikan padahal dibalik itu semua, bekicot mempunyai segudang manfaat untuk tubuh kita seperti halnya lendirnya yg bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Justru sesuatu yg alami lebih baik daripada kosmetik yg mengandung bahan kimia terlebih jika harganya mahal. Lendir bekicot pun harganya terjangkau, tergantung dari kita sendiri mau atau tidak mengolah bekicot tersebut.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Tuhan telah menciptakan semua yang ada di muka bumi ini pasti memiliki tujuan dan manfaatnya masing-masing. Contohnya bekicot yang bagi sebagian orang merupankan binatang yang menjijikan, tapi dibalik bentuknya yang menjijikan tersebut ternyata memiliki manfaat yang sangat baik.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Ada manfaat yang transparan atau tersembunyi dari setiap proses penciptaan. Ternyata penciptaan bekicot memberikan manfaat yang makin beragam bagi kesejateraan hidup manusia. Dalam hal ini diperlukan cara pandang baru yang positif disertai kemampuan analitik terhadap berbagai sumberdaya alam, baik flora, fauna maupun abiotik.
    @B21-Djarwoto

    ReplyDelete
  6. Tuhan telah menciptakan semua yang ada di muka bumi ini pasti memiliki tujuan dan manfaatnya masing-masing. Contohnya bekicot yang bagi sebagian orang merupankan binatang yang menjijikan, tapi dibalik bentuknya yang menjijikan tersebut ternyata memiliki manfaat yang sangat baik.

    @B33-Fitria

    ReplyDelete
  7. Banyak manfaat yang kita ambil dari artikel ini dengan pengetahuan yang tidak kita duga, binatang yang lucu juga banyak bermanfaat untuk kehidupan. Tuhan menciptakan makhluknya semata-mata untuk bermanfaat bagi yang lainnya.

    @C20-ERNA

    ReplyDelete
  8. Priyo Dwi Wijaksono @E17-Priyo, @Tugas B05

    Setelah membaca artikel ini, saya sendiri pun baru tahu ternyata bekicot kaya akan protein, karbohidrat, vitamin dan bekicot pun mengandung kadar lendir yang tinggi untuk mengatasi penuaan.

    ReplyDelete