.

Apr 23, 2013

Nasib Pengusaha Kecil

Oleh : Atep Afia Hidayat – Globalisasi  telah merambah semua segi kehidupan, terlebih dalam bidang ekonomi. Sebenarnya globalisasi perekonomian sudah muncul sejak berabad-abad yang lampau, terutama dengan mulai ditemukannya berbagai alat transportasi. Sudah sejak lama suku-suku di Indonesia, Philipina, Thailand, Cina, Vietnam, Kepulauan Pasifik Selatan, India, Arab, Iran (Persia), bahkan hingga ke Mandagaskar, saling berinteraksi dalam perdagangan. 

Ternyata yang terlibat dalam kontak bisnis tersebut tidak hanya pengusaha besar atau yang belakangan ini terkenal dengan sebutan konglomerat, pengusaha kecilpun memberikan andil yang cukup besar. 

Sebagian komoditi bisnis yang dipasarkan langsung pengusaha besar, tak lain berasal dari produk pengusaha kecil. Ya, kondisi saat ini pun tak begitu berbeda, dimana pengusaha kecil, baik itu industri kecil, pengrajin, petani, nelayan, mengumpulkan produknya, lantas para pengusaha besar berupaya memasarkannya.

Untuk menembus pasar global memang dibutuhkan kekompakan. Berbagai potensi yang kecil-kecil jika digabungkan akan menjadi lebih besar dan kuat. Hanya masalahnya, mampukah para pengusaha kecil tersebut mengantisipasi kondisi pasar global?

Globalisasi perekonomian diwarnai dengan terbentuknya pasar global. Sedangkan proses yang mengawali tumbuhnya pasar global ialah terbentuknya blok-blok perdagangan seperti, Uni Eropa, Amerika Utara, Asean, dan sebagainya.

Terbentuknya pasar tunggal Eropa, paling tidak menciptakan peluang yang lebih besar bagi pengusaha di negara kita untuk memasarkan aneka produknya.

Namun dibalik semua itu, ternyata kompetisi dalam menembus pasar semakin ketat. Aneka produk yang kita hasilkan juga dihasilkan beberapa negara lainnya, umpamanya dalam memasarkan kelapa sawit serta olahannya, terjadi kompetisi dengan Malaysia.

Untuk memasarkan hasil industri kecil dan kerajinan, jelas pesaingnya lebih banyak, mengingat hampir semua negara sedang berkembang mampu menghasilkan produk tersebut. Menghadapi kondisi seperti itu, jelas pengusaha kecil perlu disiapkan sedini mungkin.

Sudah selayaknya perusahaan besar (melalui corporate social responsibility – CSR), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  atau dinas instansi terkait meningkatkan bantuannya, baik menyangkut desain, pemahaman selera konsumen, strategi pemasaran, teknologi produksi, pengelolaan usaha, serta bantuan modal dan pelatihan.

Kontribusi sektor usaha kecil terhadap perekonomian nasional cukup besar, terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja. Distribusi usaha skala kecil memang menjangkau seluruh pelosok tanah air. Baik di pedesaan atau perkotaan keberadaan sektor usaha kecil dan pengusaha kecil tidak bisa dipandang sebelah mata, sudah selayaknya tetap diprioritaskan dalam penanganannya.

Idealnya upaya kearah pemerataan diselaraskan dengan upaya pencapaian pertumbuhan. Tingkat kesejahteraan yang terus tumbuh dan merata, jelas akan memperkuat bargaining position bangsa Indonesia dalam kancah pergaulan global.

Untuk memperkuat posisi usaha kecil,  para pengusaha kecilnya harus terlebih dahulu dibina, dikenalkan pada sistem produksi berteknologi, strategi memanfaatkan aneka peluang, serta efisiensi usaha. Kebanyakan pengusaha kecil belum menjalankan roda usahanya secara efisien, cenderung hanya mengandalkan feeling dan pengalaman.

Namun tak dapat dipungkiri, banyak juga pengusaha kecil yang mampu melompat jauh ke muka, kelasnya naik menjadi pengusaha menengah, bahkan ada juga yang lantas bertitel konglomerat.

Nah, bagaimana cara agar makin banyak pengusaha kecil yang mampu naik kelas, bisa mengembangkan usahanya, serta memperluas pasarnya hingga menembus pasar global.

Sudah selayaknya setiap perguruan tinggi meningkatkan perhatiannya terhadap keberadaan pengusaha kecil. Perguruan tinggi merupakan ujung tombak dalam upaya memodernisasi kehidupan masyarakat, selain itu pengabdian pada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Jika pembinaan terhadap pengusaha kecil telah berlangsung secara kontinyu, tentu ada nilai tambah yang diperoleh, setidaknya bisa meningkatkan daya saing dalam mengantisipasi pasar global.

Pengusaha kecil memang modal usaha dan skala usahanya kecil, namun hendaknya wawasannya jagan dibiarkan tetap kecil. Kenyataannya, masih banyak pengusaha kecil yang tidak mengetahui prosedur pengajuan bantuan modal dan kredit. Hal tersebut tentu saja merupakan kendala untuk pengembangan usaha.

Bagaimanapun suntikan modal amat diperlukan untuk memperluas dan memperkuat usaha. Salah satu jalan yang dapat ditempuh, yaitu dengan cara mengajukan kredit. Di sisi lainnya, banyak juga pengusaha kecil yang tahu benar dengan prosedur pengajuan kredit, namun dihadapkan pada hambatan berupa faktor “x”, terutama yang bersumber pada intern perbankan.

Dalam hal ini pencairan kredit bagi pengusaha kecil terkadang lebih rumit dan lebih lama. Hal tersebut mudah dipahami, mengingat keuntungan atau laba yang diberikan pengusaha kecil memang kecil.

Pola pikir seperti itu sudah selayaknya di tinggalkan jauh-jauh, bagaimanapun bank merupakan agent of development, selain berupaya meraih lama optimal selayaknyalah membantu pemerintah dalam mewujudkan pemerataan. Toh pengusaha kecil yang berhasil tentu akan menjadi mitra perbankan yang potensial. Makin banyak pengusaha kecil yang berhasil, tentu saja laba bank makin meningkat.

Globalisasi perekonomian tak bisa ditunda atau ditawar. Dampak terhadap perekonomian nasional amat nyata, sudah jelas harus diantisipasi, dicari celah-celah peluangnya. Jika kita jeli melihat peluang, mampu menangkapnya, lantas mendayagunakannya, maka pertumbuhan ekonomi nasional bisa dipacu.  (Atep Afia)

49 comments:

  1. Contoh usaha kecil di Indonesia adalah koperasi, koperasi mau tidak mau akan menghadapi era globalisasi. Tetapi bukan yang tenggelam dan terbawa arus begitu saja di era globalisasi ini, melainkan koperasi di Indonesia mampu bertahan dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang timbul dan juga mampu menjadikan koperasi menjadi lebih baik lagi. Koperasi di era globalisasi ini mempengaruhi perekonomian di Indonesia, dari perekonomian kecil juga perekonomian nasional dengan begitu juga sangat berpengaruh dengan kesejahteraan ekonomi rakyat.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. @C17-WASTIONO, Tugas TC05
    Benar adanya bahwa Globalisasi telah merambah semua segi kehidupan, terlebih dalam bidang ekonomi. Keberadaan globalisasi ini sangat mempengaruhi dari segi masyarakat kecil hingga besar . sebagai pengusaha kecil dalam menghadi tantangan globalisasi ini menjadi tantangan sangat berat . namun sebagai pengusaha kecil di seharusnya menyerah dan berputus harapan karena sebenarnya globalisasi ini menjadikan arah yang cemerlang dalam memulai usaha usaha mereka memaparkan ke liga internasional hingga akhirnya mereka ikut terseret juga dalam lembah konglomerat yang cemerlang. Maka memang diperlukan ke disiplinan tinggi agar dapat mengetahui celah dan peluang dari globalisasi ini . trimakasih

    ReplyDelete
  4. @C16-BAHRUDIN, Tugas TC05
    pengusaha kecil tergantung pada modal , bila modal banyak mungkin bisa cepat tersebarluaskan pruduk atau jasa yang sedang dijalankan dan bahkan laku di pasaran namun pengusaha pengusaha kecil ini kebanyakan tidak bertahan lama karena permasalahannya adalah dalam segi modal atau kurang innovatif dan kreatif dalam berwirausahanya dan menurut saya bila pengusaha kecil ada binaan atau wadah yang mendukungnya pasti akan maju. Dengan kata lain adanya koperasi untuk membina dan memberi tunjanagan modal akan lebih efektif.

    ReplyDelete
  5. @B14-Haelis, Tugas TB05
    Problem pengusaha kecil adalah kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan sistem dalam berwirausaha. Hal ini mendorong adanya ketertinggalan bagi pengusaha kecil dalam menghadapi pasar global. Bila seperti ini terus maka pengusaha kecil bisa terpuruk. Guna mengantisipasi hal tersebut maka harus ada upayanya bisa dengan meminjaman modal, penyuluhan tentang bisnis berteknologi, dan bisnis kreatif sehingga bisa bersaing dengan pasar global dan produknya bisa mengekspor ke luar negeri.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. @E14-Imam, @Tugas B05
    Ya di zaman globalisasi seperti sekarang tidak hanya pengalaman yg di butuhkan dalam merambah usaha kecil namun perlu adanya pembinaan berkala dan pemberian modal bagi pelaku usaha kecil menengah agar usaha mereka dapat berkembang. Dengan demikian jika di indonesia sudah banyak pelaku usaha maka akan timbul lapangan pekerjaan baru dan hal ini sangat positif bagi perkembangan ekonomi di indonesia, bagi pemerintah penting sekali membuat program pemberdayaan wirausaha agar nasib mereka lebih baik

    ReplyDelete
  7. Angga Artha S, 44217010064, KWU Senin

    Di Indonesia, banyak pengusaha kecil yang sulit mendapatkan suntikan dana, apalagi mendapatkan pinjaman kredit dari bank yang notabene sudah harus menyiapkan segala faktor 'X' tersebut. Terlalu sulit jika pengusaha kecil harus dipaksa untuk mengahadapi Ekonomi Global sekarang ini. Yang terpenting adalah bagaimana pengusaha kecil tersebut 'melek tekonologi', membuat sesuatu yang belum banyak beredar di pasaran, ditambah pemasaran yang tepat sasaran, kreatif & inovatif. Jadi, tidak melulu bergantung pada bank yang berujung pada penyitaan aset.

    ReplyDelete
  8. muhammad zainudin, 41616110001, KWU SENIN
    arus globalisasi pada zaman ini sudah menjadi tuntutan yang harus kita sikapi dengan serius, penting bagi kita untuk melek teknologi untuk menghadapi persaingan di era global dengan sistim perdagangan dan wirausaha dibidang iptek, pasalnya dengan seiring kemajuan zaman kita dituntut untuk melakukan aktifitas dengan teknologi.

    ReplyDelete
  9. DIAH WINARSIH 46116120050 - KWU SENIN

    Yaaa, benar sekali bahwasanya Globalisasi perekonomian tak bisa ditunda atau ditawar. karna mau tak mau, siap tidak siap kita pasti mennnghadapinya. bahkan dengan adanya glogalisasi ini, Dampak terhadap perekonomian nasional amat nyata, sudah jelas harus diantisipasi, dicari celah-celah peluangnya. Jika kita jeli melihat peluang, mampu menangkapnya, lantas mendayagunakannya, maka pertumbuhan ekonomi nasional bisa dipacu.
    naaaah.. yang masih harus di evaluasi bagi masyarakat kita khususnya bagi pengusaha kecil adalah cara,teknik bagaimana cara berinovasi untuk usaha nya sehingga tidak monoton dan pemerintah juga sebaiknya lebih peduli dan mengedepankan para pengusaha kecil atau UMKM, dimana lebih mengutamanakan serta mengedepankan prodak dalam negri atau Lokal serta membantu dalam permodalan. karna tidak bisa dipungkiri banyak pengusaha kecil yang terlambat untuk maju karna terbentur oleh modal. seperti tukang bakso gerobak, tukang gorengan pikul, dan lain lai.

    ReplyDelete
  10. ANDES DWI SAPUTRA 41616110016-KWU SENIN

    Jika dilihat dari era saat ini. Pengusaha kecil sangat tertinggal jauh, apalagi dengan era yang serba teknologi saat ini. Banyak pengusaha kecil yang kurang mengerti dalam segi promosi yang mengakibatkan kurangnya minat pelanggan. Dan bukan hanya perguruan tinggi saja yang harus berperan tetapi pemerintahpun harus turun tangan untuk masalah ini. Karna dari segi pandangan saat ini hanya pengusaha menengah ke atas lah yang mendapat prospek lebih baik untuk maju sedangkan pengusaha kecil lambat laun gulung tikar karna kurangnya dukungan finansial maupun dukungan mental dari pemerintah ataupun dari masyarakat itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. Yoppy Pratama, 41616110106, KWU SENIN,

    Globalisasi tidak dapat ditawar atau ditunda, seperti arus ombak air laut, kita harus manfaatka sebaik mungkin, atau kita terbawa dan tenggelam dalam arus laut itu sendiri,
    sebagai pengusaha kecil, contoh pedagang asongan dengan indomaret, dengan kondisi seperti itu malah kadang lebih mahal pedagan asongan,
    perhatikan counter pulsa, biasanya mereka menempelkan harga dengan besar besar, 10gb telkomsel=10.000, dengan itu konsumen tidak takut dimahalkan, jadi sebagai pedagang kecil harus sekreatif mungkin

    ReplyDelete
  12. ADE IKA 46116120043 KWU-SENIN

    globalisasi memang sangat cepat dan mau tidak mau sebagai pedagang kecil kita harus mengikuti eranya, memang agak susah untuk beberapa pedagang yang kurang akan pengetahuan tekhnologi dan tekhnik pemasaran diera globalisasi ini. yang dimana banyak menggunakan sistem oline untuk promosi dan pemasarannnya sehingga dapat menarik minat pelanggan. pada saat ini seharusnya pemerintah mengadakan pembinaan atau penyuluhan kepada pengusaha kecil mengenai tekhnik pemasaran dioline sehingga mampu bersaing di era globalisasi yang pesat. Dan tidak mengakibatkan pengusaha kecil gulung tikar.

    ReplyDelete
  13. Nur Khafi 41616110110 KWU-Senin

    memprihatinkan dimana pedagang kecil harus bersaing di era globalisasi dengan pengusaha-pengusaha kelas atas. Maka dari sinilah bagaimana upaya UMKM itu berjalan dengan semestinya dengan memajukan usaha bisnis menengah kebawah ini ke permukaan. seharusnya bisnis ini yang harus di perhatikan oleh pemerintah agar nasib pedagang kecil dapat menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  14. Nasrullah 41817110097 kwu senin. Keberadaan globalisasi ini sangat mempengaruhi dari segi masyarakat kecil hingga besar . sebagai pengusaha kecil dalam menghadi tantangan globalisasi ini menjadi tantangan sangat berat . namun sebagai pengusaha kecil di seharusnya menyerah dan berputus harapan karena sebenarnya globalisasi ini menjadikan arah yang cemerlang dalam memulai usaha usaha mereka memaparkan ke liga internasional hingga akhirnya mereka ikut terseret juga dalam lembah konglomerat yang cemerlang. Maka memang diperlukan ke disiplinan tinggi agar dapat mengetahui celah dan peluang dari globalisasi ini . trimakasih

    ReplyDelete
  15. samsul faqih 41616110124 KWU senin
    menurut saya proses peinjaman ke perbankan tidak akan dipersulit apabila peminjam tersebut meiliki kemanpuan untuk mengebalikan peminjaman tersebut. tentunya selain itu syarat untuk proses peminjaman sudah terpenuhi. dan peminjaman merupakan salah satu untuk kita mendapatkan modal (modal eksternal).

    ReplyDelete
  16. Abdulah dwi sayogi 41616110060 kwu senin
    Keberadaan pengusaha kecil memang sangat berpengaruh bagi perekonomian indonesia, maka dari itu pemerintah ikut andil dalam melancarkannya seperti memberikan sarana infrastruktur yang bagus .

    ReplyDelete
  17. Dede Kurniawan 41616110119 KWU Senin
    Usaha kecil saat ini memang sangat sulit mendapatkan pinjaman atau modal, namun menurut saya pengusaha kecil seharusnya bukan hanya berpatokan dari modal pinjam dari perbankan saja, namun juga harus bermodal dari diri pribadi, perbankan juga pasti mempertimbangkan kalau ada jaminan yang diberi

    ReplyDelete
  18. M.Isa Ibrahim_41616110113_KWU Senin

    Nasib pengusaha kecil di indonesia saat ini sedang meningkat,mereka saat ini berbisnis dengan model online,mereka sudah mulai bisa memanfaatkan teknologi yang berkembang.

    ReplyDelete
  19. Dodi Tri Wibowo 41116120100 KWU Senin
    Nasib pengusaha kecil di Indonesia saat ini sedang meningkat. Hal ini tidak lain karena peran memanfaatkan teknologi komunikasi.

    ReplyDelete
  20. Vivi Ratnasari3/12/2018 9:19 AM

    Vivi Ratnassari_43217110160_KWU Senin

    Benar sekali bahwasannya era globalisasi ini sangat berpengaruh untuk ekonomi indonesia , terutama bagi pengusaha kecil . Persaingan yang semakin ketat bukan hanya saja dari produk dalam negeri tetapi juga produk luar negri yang semakin bebas masuk ke Indonesia. Produk dari pengusaha kecil harus siap bersaing skala Internasional. Bila tidak, akan banyak pengusaha kecil di Indonesia yang terpuruk. UKM yang bermodal kecil pun akan kalah dengan pengusaha yang bermodal besar untuk bertahan dalam pengaruh globalisasi ini.Pemerintah benar-benar harus mendampingi dan menyokong kebutuhan para pengusaha ini untuk berkembang dan siap bersaing dalam globalisasi.Tetapi ini bukan semata mata hanya tugas dari pemerintah saja , para pengusaha kecil juga harus memiliki inisiatif sndiri untuk mau belajar teknologi untuk bisa mengembangkan usahanya .

    ReplyDelete
  21. Mata kuliah kewirausahaan Kamis

    Pengusaha kecil saat ini sangat terancam terutama viralnya usaha online yang dimana produk luar negri bisa didapat diaplikasi online.Usaha online pun dipilih karena lebih hemat lapak dan biaya operasional lainnya.Namun pedagang kecil juga terancam dengan persaingan ketat dalam berdagang.

    ReplyDelete
  22. Hasthi Dasto Fibrianto 41616110019 KWU Kamis

    Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah berkembang sekalipun. Semua membutuhkan strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha yang dijalani.

    ReplyDelete
  23. Ardian Adi Saputro / 41216110055 / KWU kamis

    Pengusaha kecil sebenarnya sangat mampu untuk bersangaing di dunia usaha, mereka terhambat karna faktor ekonomi yang minim dan keterbatasan lapak maupun cara menyajian yang salah, terkadang orang akan mudah tertarik bila lapak itu bersih dan terasa nyaman jika dikunjungi. Hal seperti ini harus benar dipertimbangkan oleh pemerintah, pemberian lapak yang akan banyak dikungjungi oleh konsumen selain itu harus mampu menciptakan rasa keadilan sehingga kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal seperti ini harus bisa diselesaikan akan perekonomian di negara kita bisa maju dan rakyat tiada deskriminasi.

    ReplyDelete
  24. Ahmad hapid / 41414120081 / KWU kamis

    Pengusaha kecil, hal seperti ini harus diperhatikan oleh pemerintah. Contohnya Adanya lapak/tempat yang di sediakan di tempat" strategis,pengusaha kecil sebenarnya mampu berasaing di dunia usaha,karena terhambatnya paktor ekonomi dan keterbatasan lapak,
    Tapi pengusaha kecil harus mempunyai Strategi pemasaran, salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik peluang usaha baru maupun usaha yang telah berkembang sekalipun.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. The, Eka Yuliarto / 41616110006/ KWU 1 Kamis

    Pengusaha kecil seharusnya dapat bersaing di dalam dunia usaha akan tetapi ada problem, salah satunya yakni biaya dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  27. Dwi Bayu Prasetya/41117110128/KWU Kamis

    Saya sangat setuju dengan statement bahwa globalisasi tidak dapat ditawar dan ditunda, khususnya dalam bidang ekonomi. Mau tidak mau pelaku usaha kecil harus berpikir lebih keras dalam mengatur strateginya dalam berjualan agar tak terlindas oleh perkembbangan ilmu pengetahuan teknologi dan pelaku usaha besar yang rata rata menerapkan sistem pemasaran yang lebih baik. Menurut saya perlu ada binaan dari instansi pemerintah terkait dengan pemeliharaan dan pelatihan usaha kecil dalam bidang pemahaman kebutuhan dan trend pasar saat ini, Pelatihan design kemasan produk agar menarik konsumen, Menciptakan inovasi dalam produknya, meningkatkan kualitas produk dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi, mampu memasarkan produknya minimal dalam media sosial, juga pemerintah mau memberikan modal usaha kepada pengusaha kecil. Sebagai pelaku usaha kecil juga harus mempunyai mental yang kuat, mau belajar dari pengalaman dan tidak terus terusan memproduksi dengan cara yang tradisional dan selalu memanfaatkan ilmu teknologi dalam memasarkan produk sebagai manfaat yang bisa didapat dari efek posistif globalisasi. Dengan melakukan langkah-langkah tadi menurut saya pengusaha kecil dapat bertahan dalam arus globalisasi dan bersaing dengan pengusaha besar dengan catatan selalu menjaga kualitas produk yang dimilikinya.Sekian

    ReplyDelete
  28. Jamal Jipesya (41816120082) KWU Senin

    Sangat benar sekali bahwa globalisasi tidak dapat algi dihindari, dan memang sudah saatnya kita juga siap dalam perdagangan global. Pemerintah juga saat ini telah siap membantu UMKM dengan berbagai program kredit micro dan macro.

    ReplyDelete
  29. Hening Arrum Hanifah / 43116120250 / KWU 1 Kamis

    dengan adanya globalisasi kita sebagai negara yang sedang berkembang harus mampu bersaing dengan pasar internasional, dan pemerintah juga memiliki peran penting dalam hal ini, karena jika pemerintah tidak mampu mendukung maka tidak akan berjalan dengan baik, namun sekarang pemerintah semakin baik dengan mencanangkan program-program baru untuk para pengusaha, baik dari micro, macro, home industri dll.
    semoga pemerintah makin fokus dengan persaingan pasar global ini, agar Indonesia dapat semakin baik lagi.

    ReplyDelete
  30. Fransisca Selly - 46114110128 - Kewirausahaan 1 Kamis

    Selamat Siang.
    saya sangat setuju bahwa Globalisasi perekonomian ini memang sudah seharusnya kita hadapi apalagi saat ini sudah zamannya MEA masuk ke Indonesia. Persaingan yang semakin ketat bukan hanya saja dari produk dalam negeri tetapi juga produk luar negri yang semakin bebas masuk ke Indonesia. Produk UKM harus siap bersaing skala Internasional. Bila tidak, akan banyak UKM di Indonesia yang terpuruk. UKM yang bermodal kecil pun akan kalah dengan pengusaha yang bermodal besar untuk bertahan dalam pengaruh globalisasi ini. Pasar-pasar tradisional telah banyak ditinggalkan oleh masyarakat perkotaan, beralih pada supermarket-supermarket yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan pasar tradisional. Pemerintah benar-benar harus mendampingi dan menyokong kebutuhan UKM untuk berkembang dan siap bersaing dalam globalisasi.

    Sekian dan Terima Kasih

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. sulistianingsih 43116120091 KWU senin
    Usaha kecil saat ini memang sangat sulit mendapatkan pinjaman atau modal, namun menurut saya pengusaha kecil seharusnya bukan hanya berpatokan dari modal pinjam dari perbankan saja, namun juga harus bermodal dari diri pribadi, perbankan juga pasti mempertimbangkan kalau ada jaminan yang diberi

    ReplyDelete
  33. sulistianingsih 43116120091 KWU senin

    Usaha kecil saat ini memang sangat sulit mendapatkan pinjaman atau modal, namun menurut saya pengusaha kecil seharusnya bukan hanya berpatokan dari modal pinjam dari perbankan saja, namun juga harus bermodal dari diri pribadi, perbankan juga pasti mempertimbangkan kalau ada jaminan yang diberi.

    terimakasih

    ReplyDelete
  34. may suci kusuma(41117110057)-KWU Kamis
    saya setuju dengan tanggapan "Globalisasi perekonomian tak bisa ditunda atau ditawar. Dampak terhadap perekonomian nasional amat nyata, sudah jelas harus diantisipasi, dicari celah-celah peluangnya. Jika kita jeli melihat peluang, mampu menangkapnya, lantas mendayagunakannya, maka pertumbuhan ekonomi nasional bisa dipacu."
    dan yang sering kali terjadi dan dialami oleh pengusaha kecil adalah modal yang pas2an dan pengetahuan yang belum cukup.
    Menurut saya perlu ada binaan dari instansi pemerintah terkait dengan pemeliharaan dan pelatihan usaha kecil dalam bidang pemahaman kebutuhan dan trend pasar saat ini.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Irfan Nasir Al Amien/41216110051/KWU1-Kamis.

    pengusaha kecil atau Ukm adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, pengusaha kecil/ukm ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Ukm ini juga sangat membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat ukm juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu ukm juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. Ukm ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjalin bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar, dan juga yang paling penting adalah bagaiamana perannan pemerintah dalam penyuluhan , pelatihan , pengelolaan usaha, pemodalan dan menfasilitasi bagi ukm agar bisa bertahan dan juga terus berkembang.

    ReplyDelete
  38. Dhea kusumawardhani 41216110078 - KWU Kamis

    memang benar globalisasi perkonomian tidak bisa ditunda lagi. karena dengan berkembangnya jaman maka akan semakin berkembang segala hal. namun kondisi globalisasi ini memang tidak semua dapat menerimanya. karena untuk sebagian warga kecil yang tidak mengetahui cara mengikuti perubahan globalisasi, mereka akan tertinggaldan jaman akan semakin berkembang kembali. sehingga untuk masyarakat kecil harus diberi pemahaman tentang bagaimana cara menyikapi globalisasi perekonomian , agar tidak tertinggal dan tidak merugikan mereka.
    sebaiknya pemerintah ataupun masyarakat yang dapat membantu masyarakat kecil , bisa membantu agar masyarakat kecil paham untuk menanggapi globalisasi tersebut.

    ReplyDelete
  39. Mudzakar salim 41216110049 - Kewirausahaan 1 kamis.

    Nasib pengusaha kecil itu tergantung modal, kalo misal punya modal besar, produk / jasa akan bisa tersebar luas dipasaran, di arah globalisasi ini usaha kecil seharusnya bisa menembus ke pasar global, dengan cara kreatif. agar bisa naik kelas menjadi pengusaha besar. Globalisasi kalau kita tidak berpikir kritis dalam menyikapinya maka akan membuat kita tergantung pada bangsa lain dan menghancurkan pengusaha lokal kita.

    terima kasih.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Dewi Manca Indira (41216110110) KWU-1 KAMIS
    nasib pengusaha kecil bergantung pada modal utama yang di miliki dan juga keyakinan dalam berusaha.
    sebaiknya dalam peminjaman kredit melalui bank tidak di buat rumit justru harus di permudahkan karna pengusaha kecil ini akan mendapatkan hasil dan laba pun akan kembali ke bank tersebut.
    tentu saja bukan hanya modal tapi juga kreativitas, inovasi baru dan juga pemanfaatan teknolohi dalam memasarkan usahanya ini sehingga tidak bergantung pada negara lain. tp pengusaha ini memiliki tempat untuk usahanya di dunia

    ReplyDelete
  42. Irvan Agus Setiyanto - 41616110104 - KWU Kamis
    Setuju pak, setiap wirausaha selain berwawasan mereka membutuhkan strategi marketing untuk memasarkan produk mereka sehingga berpeluang untuk menambah provit dan sales.


    ReplyDelete
  43. Ervina Listyowati -41117110102 - Kwu Kamis
    Saya setuju pak dengan statement globalisasi tidak dapat ditawar dan ditunda, khususnya dalam bidang ekonomi. Mau tidak mau usaha kecil harus berpikir lebih keras dalam mengatur strategi untuk berjualan agar tak terlindas oleh perkembbangan ilmu pengetahuan teknologi dan pelaku usaha besar yang rata rata menerapkan sistem pemasaran yang lebih baik. Menurut saya perlu ada binaan dari instansi pemerintah terkait dengan pemeliharaan dan pelatihan usaha kecil dalam bidang pemahaman kebutuhan dan trend pasar saat ini, Pelatihan design kemasan produk agar menarik konsumen, Menciptakan inovasi dalam produknya, meningkatkan kualitas produk dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi, mampu memasarkan produknya minimal dalam media sosial, juga pemerintah mau memberikan modal usaha kepada pengusaha kecil. Sebagai pelaku usaha kecil juga harus mempunyai mental yang kuat, mau belajar dari pengalaman dan tidak terus terusan memproduksi dengan cara yang tradisional dan selalu memanfaatkan ilmu teknologi dalam memasarkan produk sebagai manfaat yang bisa didapat dari efek posistif globalisasi. Dengan melakukan langkah-langkah tadi menurut saya pengusaha kecil dapat bertahan dalam arus globalisasi dan bersaing dengan pengusaha besar dengan catatan selalu menjaga kualitas produk yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  44. Try Muftahudin Hidayah 41216110100 - KWU Kamis

    benar pak.. walaupun usaha kecil dengan modal yang kecil,tapi wawasan haruslah luas demi mengembangkan usaha yang dijalani,jangan sampai tidak tahu mengenai prosedur pengajuan bantuan modal dan kredit

    ReplyDelete
  45. muhammad alamin imam utomo nim:41117110030 kwu kamis

    dalam hal ini usaha kecil memang kesulitan diera globalisasi,maka dari itu pemerintah harus memberikan pendidikan penyuluhan maupun seminar seminar utk mereka yg masih merintis mendirikan usaha,lebih dari itu pemerintah juga harus meminjamkan dana modal bagi usaha usaha kecil

    ReplyDelete
  46. Galang Abid Hermawan 41117110050 KWU KAMIS.

    Menurut saya pengusaha kecil dengan modal kecil bisa mendapatkan laba yang besar asalkan dengan strategi marketing serta management yang bagus

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  48. Wahyu Widianingsih - 41117110170 - KWU Kamis
    Saya setuju dengan statement bahwa globalisasi perekonomian tidak dapat ditawar dan ditunda.Jika tidak ingin kalah dan tertindas, ya harus mempunyai kekuatan dan kemampuan untuk melawan tindasan. Namun yang sebenarnya lebih baik adalah apabila manusia itu bisa saling bekerja sama dengan baik. Karena manusia harus punya keyakinan bahwa sistem apapun yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari kemampuan dan kerjasama serta kebersamaan manusia.

    ReplyDelete