.

Aug 6, 2013

Persib Paling Populer Di Kompas dan Republika Online

Oleh : Atep Afia Hidayat - Luar biasa populeritas Persib Bandung belakangan ini. Pencetusnya adalah situs The Top Tens yang menobatkan Persib Bandung sebagai “Best Football (Soccer) Clubs in the World”. Tidak tanggung-tanggung situs pemeringkat itu menempatkan Persib Bandung pada peringkat pertama. Aneh tapi nyata ? Ya begitulah hasil voting. Posisi berikutnya berturut-turur Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Chelsea, dan seterusnya. Hasil pemeringkatan ini ternyata banyak dipublikasikan media internasional dan media nasional, termasuk Kompas dan Reublika Online, dua situs berita yang kredibilitasnya sangat baik di Indonesia.

Kompas Online menurunkan berita tersebut dengan tajuk “Persib Bandung Klub Terbaik Dunia, Fans Barca Protes”    Persib Bandung Jadi Klub Terbaik Dunia, Fans Barca Protes”. Tidak tanggung-tanggung situs web yang menduduki peringkat 15 di Indonesia dan 595 di dunia berdasarkan Alexa Traffic Rank  (ATR) tersebut, menempatkan berita tersebut pada urutan kedua sebagai berita terpopuler, yaitu dengan jumlah pembaca mencapai 36.801  sampai dengan  tanggal 5 Agustus 2013. Populeritas mengenai berita tentang Persib tersebut mengalahkan kabar mengenai preman Tanah Abang, berita mengenai Ahok dan Jokowi.

Situs berita online Republika yang menempati peringkat 52 di Indonesia dan 3.331 di dunia berdasarkan ATR (posisi 6 Agustus 2013), menempatkan berita Persib dengan judul  ”Ungguli Barca & Madrid, Persib Klub Terbaik Sedunia”  sebagai berita paling populer kedua dengan 15.966 pembaca pada posisi 5 Agustus 2013.

Jauh hari sebelumnya, tepatnya tanggal 2 Juli 2013 sebenarnya di Kompasiana (“adiknya” Kompas.com), berita mengenai pencapaian Persib Bandung tersebut sudah muncul, yaitu dengan judul  ”The Top Tens : Persib Bandung Terbaik Di Dunia”.  Ternyata Kompasiana sebagai situs web terpopuler ke 37 di Indonesia dan ke 2.227 di dunia versi ATR, lebih cepat dalam menurunkan kabar yang membahagiakan dan membanggakan bobotoh dan penggemar sepak bola Indonesia pada umumnya itu, meskipun dalam musim kompetisi 2012 – 2013 Persib sudah dipastikan gagal jadi juara (sang juara adalah Persipura), bahkan peluangnya cukup berat untuk menempati peringkat kedua (harus bersaing ketat dengan Arema, Mitra Kukar dan Sriwijaya FC).  (Atep Afia)

Berita Terkait :









2 comments:

  1. saya sebenarnt=ya pendukung persija, tapi artikel ini menambah referensi saya mengenai club persib yang tidak banyak saya ketahui.
    Tugas TA05 @a19-ARRIS

    ReplyDelete
  2. Artikel nya lumayan untuk pengetahuan tentang persib bandung,bahkan saya juga baru tahu Tim sekelas persib bisa menyaingi Barcelona dan Real Madrid.

    @D16-Riswandi, @Tugas A05

    ReplyDelete