.

May 8, 2016

Menggagas Pare Sebagai Kota Otonom

Oleh : Atep Afia Hidayat - Pare merupakan salah satu dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Kota Pare berjarak 25 km dari Kota Kediri (arah timur laut) dan 100 km dari Surabaya (arah barat daya). Kota Pare meliputi luas wilayah 47,21 km2 dengan jumlah pendudik 103.845 jiwa (BPS Kab Kediri, 2013), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.200 jiwa per km2.

Sebenarnya Pare merupakan salah satu kota tua di Jawa Timur, hal itu dapat dibuktikan dengan keberadaan beberapa candi yang saat ini menjadi salah satu destinasi pariwisata Kota Pare. Pare juga dikenal dengan keberadaan Kampung Inggris (terutama di Desa Pelem, Tulungrejo dan Singgahan) yang terkenal ke berbagai negara. Di Kampung Inggris terdapat lebih dari 100 lembaga kursus bahasa, terutama Bahasa Inggris (ada juga kursus Bahasa Arab, Jepang, Korea, Mandarin dan Perancis). Baik dilihat dari aspek historis, geografis, demografis, potensi ekonomi, dan namanya yang sudah "mendunia" maka Pare dapat diusulkan menjadi salah satu kota otonom, yang terpisah dari Kabupaten Kediri.

Untuk menyandang status kota otonom setidaknya harus meliputi minimal empat kecamatan, dengan demikian Kota Pare dapat diperluas dengan menggabungkan Kecamatan Badas, Plemahan, Kunjang dan Purwoasri. Berdasarkan data tahun 2013, penduduk Kota Pare dapat mencapai 330.219 jiwa, lebih banyak dari penduduk Kota Kediri (267.310 jiwa). Sedangkan luas wilayah yang merupakan penggabungan lima kecamatan tersebut mencapai 206,78 km2, lebih luas dari Kota Kediri (63,40 km2). Kepadatan penduduk Kota Pare mencapai 1.597 jiwa per km2, lebih padat dibandingkan dengan Kabupaten Kediri (1.157 jiwa per km2), namun jauh lebih padat Kota Kediri (4.216 jiwa per km2).

Jika lima kecamatan di bagian utara Kabupaten Kediri tersebut berhasil digabungkan menjadi Kota Pare, maka luas wilayahnya mencapai 14,92 persen dari Kabupaten Kediri; sedangkan jumlah penduduknya 20,60 persen dari Kabupaten Kediri. Adapun batas wilayah Kota pare meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Jombang; sebelah timur dengan Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri; sebelah selatan dengan Kabupaten Kediri; dan sebelah barat dengan Kabupaten Kediri dan Nganjuk.

Sumber:
http://kpu.go.id/dmdocuments/3506_kediri.pdf
http://kedirikab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/4
https://id.wikipedia.org/wiki/Pare,_Kediri
http://www.kampunginggris.co.id/2011/09/peta-kampung-inggris-pare.html
http://kampung-inggris.com/21-informasi-dasar-tentang-kampung-inggris/

No comments:

Post a Comment