.

Sep 1, 2013

Pemekaran Kabupaten Cirebon dan Indramayu

Oleh : Atep Afia Hidayat - Pemekaran Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu terkait dengan isu pembentukan Provinsi Cirebon.
Jika Kabupaten Kuningan dan Majalengka tetap menolak bergabung dengan Provinsi Cirebon, maka untuk memenuhi aturan bahwa  sebuah provinsi baru harus memiliki minimal lima kota/kabupaten, maka solusi yang ditempuh ialah dengan pembentukan Kabupaten Cirebon Timur dan Indramayu Barat. Dengan demikian kelak Provinsi Cirebon akan meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cirebon Timur, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Indramayu Barat.

Kabupaten Cirebon memiliki luas wilayah 1.071 km2 dengan jumlah penduduk 2,1 juta jiwa.  Kabupaten Cirebon Timur akan meliputi 18 dari 40 kecamatan yang ada, terdiri dari Losari,  Ciledug,  Pabedilan, Babakan, Mundu, Beber, Sedong, Susukanlebak, Lemahabang, Astanajapura, Gebang,  Pasaleman, Waled, Karangwareng, Greged, Pangenan, Karang Sembung dan Pabuaran.

Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat dipelopori oleh Forum Komunikasi Masyarakat Indramayu Barat (FKMIB). Kabupaten Indramayu dengan jumlah penduduk 1,7 juta jiwa dan luas wilayah 2.092 km2, tersebar dalam 31 kecamatan.  Kabupaten Indramayu Barat akan meliputi Kecamatan Sukra, Anjatan, Kandanghaur, Patrol, Bongas, Haurgeulis,  Gantar, Kroya, Terisi, Gabuswetan, dan Losarang.  Beberapa kecamatan di Indramayu Barat memiliki potensi sumur migas antara lain di Sukra, Bongas, Terisi, Patrol dan Losarang. (Atep Afia)

Sumber Gambar:
http://soaltescpns.info/wp-content/uploads/2014/07/Lowongan-CPNS-Kabupaten-Indramayu.png

1 comment:

  1. Rifqi Fadhlurrahman
    @A014
    Saya sih hanya berharap jika terjadinya pemekaran daerah daerah yang terlibat bisa makin maju dengan adanya pemekaran

    ReplyDelete