.

Aug 8, 2013

Wikipedia Basa Sunda

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kita sudah begitu akrab dengan situs web Google, Facebook, YouTube, Yahoo dan tentu saja Wikipedia. Kelima situs paling ngetop di dunia tersebut begitu royal memberikan berbagai layanan gratis kepada siapapun di dunia ini. Kalau Google dan Yahoo lebih dikenal sebagai mesin pencari dan memberikan layanan surel (surat elektronik) secara gratis; Facebook merupakan media sosial yang mengakrabkan siapapun, kapanpun dan di manapun; YouTube menyajikan beragam dan “berjibun” video; sedangan Wikipedia merupakan gudang artikel terbesar di dunia dengan ratusan bahasa, termasuk Basa Sunda. Ya, ternyata Wikipedia memanjakan orang Sunda sekaligus memposisikan bahwa Basa Sunda itu penting. Hal itu sangat masuk akal mengingat jumlah penuturnya  lebih dari 20 juta orang.


Wikipedia memuat jutaan artikel dari ratusan ribu kontributor yang tersebar di seluruh dunia dari berbagai negara dan bahasa. Wikipedia edisi bahasa Inggris memuat 4.300.115 artikel (posisi 8 Agustus 2013);  Peringkat kedua diduduki oleh Wikipedia dalam bahasa Jerman, yaitu dengan 1.617.235 artikel ; Sementara peringkat ketiga ternyata Wikipedia dalam bahasa Perancis dengan 1.413.988 artikel.  Adapun jumlah artikel dengan bahasa Indonesia dalam situs ensiklopedia bebas tersebut mencapai 213.474 dan dalam bahasa Sunda 17.584.

Wikipedia dalam basa Sunda dapat diakses melalui link http://su.wikipedia.org/wiki/Tepas  dengan jumlah pengguna yang terdaftar mencapai 10.400 orang. Ternyata masih banyak orang yang ngamumule basa Sunda (menyayangi Bahasa Sunda),  baik orang Sunda sendiri maupun orang non Sunda yang tertarik dengan bahasa dan budaya Sunda.

Wikipedia basa Sunda terbagai dalam sembilan katagori, yaitu : Sunda; Budaya; Elmu Bumi; Sajarah; Hirup Hurip; Matematika; Elmu; Masyarakat; dan Tehnologi. Masing-masing katagori terbagi ke dalam  beberapa sub katagori. Sebagai contoh katagori Sunda terbagai dalam 12 katagori seperti : Taratas Sunda; Basa Sunda; Inohong Sunda; Kalawarta Sunda; Kampung adat Sunda; Kasenian Sunda; Paguyuban Sunda; Pangarang Sunda; Sajarah Sunda; Seni Sunda; Situs arkeologi Sunda; dan Unak-anik Budaya Sunda.

Basa dan budaya Sunda pernah mencapai kebesarannya pada beberapa abad yang lalu, selain itu juga turut berkontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan  bahasa dan budaya Indonesia. Adanya kepedulian pengelola situs web Wikipedia terhadap basa Sunda perlu diberikan apresiasi. Sebagai dampak dari adanya Wikipedia basa Sunda maka  sebagian identitas kesundaan menjadi terpelihara, selain itu basa dan budaya Sunda menjadi makin dikenal oleh suku bangsa atau bangsa lainnya.

Basa dan budaya Sunda harus dirawat dengan baik, jangan sampai orang luar negeri lebih peduli dibanding dengan orang Sunda sendiri. Hal yang menggembirakan ternyata peminat untuk Program Studi Sastra Sunda, Fakultas Ilmu Budaya  (FIB), Unpad, dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 ini meningkat dua sampai tiga kali limpat (pikiran-rakyat.com). Sebagai catatan  tidak ada lagi perguruan tinggi yang membuka Sastra Sunda selain Unpad, hal itu karena langkanya peminat pada tahun-tahun sebelumnya.

Nah, tunggu apalagi yuk kita buka situs Wikipedia basa Sunda, baca isinya dan kalau memungkinkan segera berkontribusi. Ada usulan bagaimana kalau Wikipedia basa Sunda dan Program Studi Sastra Sunda Unpad berkolaborasi untuk mengeksplorasi nilai-nilai kesundaan yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat. (Atep Afia).


2 comments:

  1. Bahasa daerah memang harus tetap terjaga dan tetap terus terpelihara agar tidak hilang apalagi diambil bangsa lain. melalui wikipedia bahasa sunda ini lah kita semakin dipermudah mengenal bahasa daerah salah satunya bahasa sunda.
    tugas TA05 @a19-aris

    ReplyDelete
  2. Cukup menambah pengetehuan ternyata wikipedia basa sunda itu ada,dan tadi nya saya tidak tahu dengan ada nya wikipedia saya menjadi tahu.

    @D16-Riswandi, @Tugas A05

    ReplyDelete