.

Aug 9, 2013

Penghalang dan Perintang Kesuksesan


Oleh : Atep Afia Hidayat – Sukses adalah pencapaian, sebelumnya perlu ada rangkaian upaya yang diterapkan dengan sekian banyak energi dan modal yang dikeluarkan. Namun apa daya beragam upaya itu sering menghadapi penghalang dan atau perintang. Lantas, apa bedanya penghalang dan perintang ?

Penghalang terhadap upaya pencapaian sukses ibaratnya kita sedang berjalan, tiba-tiba harus menghadapi tembok. Adapun tembok tersebut ketebalannya bisa beragam, miasalnya ada yang hanya 1 mm, 1 cm, 1 m atau 1 km. Seandainya penghalangnya Cuma 1 mm tentu dengan mudah bisa ditembus. Belum tentu, bagaimana kalau penghalang yang 1 mm itu terbuat dari baja ? Kalau penghalangnya terbuat dari kertas dengan mudah bisa dirobek. Ada juga penghalang tersebut berupa tembok setebal 1 km. Bagaimana upaya tambahan untuk melewati penghalang tersebut ?

Adapun perintang hanya berupa sebatang kayu atau sepotong besi yang memanjang sehingga menyulitkan kita untuk melaluinya. Jika kita menggunakan mobil atau motor tentu saja akan menjadi kesulitan, namun apabila berjalan kaki tinggal menaikinya atau merunduk supaya bisa melewatinya.
Itulah ilustrasi mengenai penghalang dan perintang. Setiap keinginan untuk suatu keberhasilan tentu ada saja penghalang dan perintangnya, bisa bersumber dari internal atau eksternal diri kita. Ada penghalang dan perintang yang obyektif ada juga yang subyektif.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk mengenyahkan penghalang dan atau perintang. Hal yang pertama adalah niat, keinginan atau motivasi yang kuat dan bersungguh-sungguh. Faktanya niat itu bisa diperkuat, bagaikan api kecil yang nyalanya bisa diperbesar sesuai keinginan. Jika kita ingin mencapai puncak Gunung Semeru misalnya, ya visualisasikan seolah-olah kita sudah berada di atasnya, ketika keletihan berbaur dengan perasaan takjub karena bentang alam yang begitu luas dan indah.
Ketika kita ada keinginan naik haji yang terus menerus perkuat niatnya, visualisasikan dengan disertai do’a yang tulus dan khusyu. Apapun keinginan kita bisa terkabul asal Allah SWT memberikan ijinNya. Dengan demikian setelah niat hal berikutnya ialah rajin berdo’a.

Langkah terpenting tentu saja segera berupaya, bertindak atau berikhktiar, tidak sekedar berniat dan berdo’a. Apapun penghalang dan perintangnya maka dengan mudah akan bisa dilalui. Penghalang dan perintangan hanyalah berupa ujian atau cobaan, jangan terlarut dan terpedaya sehingga lupa keinginan yang sebenarnya. (Atep Afia)

41 comments:

  1. disetiap jalan menuju kesuksesan selalu ada saja penghalang dan perintangnya yang harus dihadapi. akan tetapi penghalang dan perintang bisa kita hadapi dengan ikhtiar dan berdo'a dan tak lupa harus optimis.

    ReplyDelete
  2. siap optimis.. stuju dgn tri.. :D
    sy pnya keinginan, niat untuk lulus cepat dn telah mendapatkan kerja sebelum lulus, sy ingin kerja di perusahaan bumn, seperti... pt pindad,
    tapi na'as, :( sy sering larut & terpedaya dgn rintangan.
    buat temen", mari bulatkan tekad.. satukan semangat, hhe
    mhn do'a nya pak.jg bimbingan nya.

    ReplyDelete
  3. Untuk mencapai kesuksesan memang kita harus mencoba berbagai upaya. Tetapi kesuksesan diraih tidak segampang membalikkan telapak tangan, (ada ungkapan yang berbicara seperti itu). Modal pertama nya adalah niat, tetapi niat saja apakah cukup ? perlu juga di seimbangkan dengan belajar tentang pengetahuan, serta keterampilan. Orang dikatakan sukses apabila di dalam usahanya dia dapat memerangi penghalang dan perintang. Insya Allah apabila usaha kita lakukan dengan ridho Allah serta bertawakal kepadaNya akan dilancarkan pekerjaan kita. Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. jalan yang ditempuh untuk mencapai kesuksesan bukan jalan yang mudah,melainkan jalan panjang yang harus dibangun satu persatu dengan do'a dan usaha yang nyata. terimakasih pak untuk sharenya. sungguh bermanfaat dan menginspirasi.

    ReplyDelete
  5. banyak cara untuk mencari kesuksesan dan mendapatkan ke suksean tersebut, namun setiap alan tidak ada yang lurus, banyak sekali rintangn untuk mencari ke suksesan

    hanya dari mana kita mau terus berusaha dan tidak menyerah. terima kasih pak atas sharenya itu bisa menyemngatin setiap individu yang ingin berusaha

    ReplyDelete
  6. setiap apa yang kita lakukan pasti ada rintangan atau penghalang. bagaimana cara menyingkirkan penghalang itu? dengan cara tentunya harus memiliki niat yang benar, keinginan tetapi apabila memiliki keinginan tapi tidak dilaksanakan tidak akan tercapai cita-cita kita untuk sukses, jadi harus ada pelaksanaannya, dan diiringi dengan doa dan terus berusaha

    ReplyDelete
  7. Kesukesan adalah sesuatu yag diraih dengan usaha, doa, dan semanagat serta motivasi yang kuat. Maka, jangan bermalas-malasan untuk meraih suatu kesuksesan...

    ReplyDelete
  8. memang dalam perjalanan untuk mendapatkan kesuksesan banyak berbagai hal, hambatan, serta rintangan yang menghamipiri diri kita. hal tersebut sudah lumrah atau biasa dalam kehidupan manusia, yang membedakan adalaah bagaimana sikap dan perbuatan kita terhadap berbagai rintangan tersebut? apa yang selayaknya kita lakukan? pertanyaan ini dapat dijawab oleh masing-masing individu, ada orang yang mengatakan bahwa kesuksesan dapat dinilai dari usaha untuk mencapai apa yang diinginkan, namun tak bisa dipungkiri bahwa orang berpandangan bahwa kesuksesan itu dinilai dari hasil akhir yang kita dapat.

    ReplyDelete
  9. Membahas mengenai kesuksesan, berarti kita juga membahas mengenai proses-proses dari sebuah kesuksesan tersebut. Karena tidak ada orang di dunia ini yang langsung merasakan kesuksesan, pastilah semuanya berawal dari 0 (nol). Kesuksesan itu dapat kita raih dengan melewati berbagai macam rintangan yang ada. Dengan niat dari awal kita berusaha, pastilah kita juga harus yakin dan mengerjakan niat baik kita itu dengan bersungguh-sungguh. Maka kesuksesan akan kita dapat.

    ReplyDelete
  10. dalam kehidupan ini untuk mencapai kesuksesan pasti ada penghalang gimana diri kita menyikapi hal itu , penghalang ibarat sesuatu yg ingin menggangalkan apa yg ingin kita kejar atau capai , tapi selama ada niat, doa dan usaha untuk mencapainya maka kesuksesan kita akan temui

    ReplyDelete
  11. memang dalam hal untuk mencapai kesuksesan itu sangat sulit terlebih ada penghalang dan rintangannya , tetapi bilang kita sabar ,selalu berikhtiar untuk melewati cobaan tersebut , kita pasti dapatkan kemenangan , ibarat pepatah ; habis gelap terbitlah terang . (muhammad rendy)

    ReplyDelete
  12. Tidak mudah memang untuk mencapai kesuksesan, banyak sekali halangan dan rintangan yang harus dilewatiinya, namun hal tersebutlah yang membuat kita agar menjadi pribadi yang lebih kuat lagi. Apabila kita mempunyai niat yang sungguh-sungguh, sabar, tawakal dan terus berdo'a maka halangan dan rintangan tersebut akan terasa dijalani dengan mudah.

    ReplyDelete
  13. sukses tidak akan ada yang instant semuanya pasti akan melalui hal yang dinamakan usaha tanpa ada usaha dan kerja keras rasa kesuksesan itu semakin jauh dari harapan anda , memang semua butuh rasa perjuangan yang sangat berat tapi semua halangan itu harus kita hadapai dan terus berusaha . Jangan merasa sendiri karena kita bisa meminta bantuan kepada orang lain bila kita merasa kesulitan .

    ReplyDelete
  14. tidak ada yang mudah dalam menggapai sesuatu termasuk kesuksesan. dimana semua membutuhkan proses dan pasti ada penghalang serta perintangnya. kita sebagai manusia harus selalu terus berusaha dalam mencapai kesuksesan walaupun banyak rintagan dan harus disertai doa kepada Allah Swt

    ReplyDelete
  15. memang untuk menggapai kesuksesan itu tidak sangat mudah, tapi selama ada niat, doa dan usaha untuk mencapainya maka kesuksesan kita akan temui

    ReplyDelete
  16. berbicara mengenai kesuksesan tentu saja ada "bumbu-bumbunya" yang biasa kita sebut penghalang dan perintang. Namun begitu, pada dasarnya tidak semua penghalang dalam kesuksesan harus kita keluhkan. karena semua tergantung niat,usaha dan doa kita. insyaAllah semua ada jalannya. karena sesungguhnya dalam sebuah usaha itu sukses hanyalah bonus dan proses lah yang membuat kita mengerti akan makna sukses itu sendiri.. :)

    ReplyDelete
  17. tekat dan niat yang kuat untuk mengapai kesuksesan itu sendiri,,kalau semua sudah kuat insyaallah allah pasti memberikan jalanya untuk kita menuju kesuksesan itu sendiri..

    ReplyDelete
  18. setiap kesuksesan pasti ada kekurangan dan setiap kekurangan pasti ada kelebihan.
    sukses itu berawal dari diri sendiri dimana berani berbuat berani bertanggung jawab disaat ada penghalang dan rintangan kita siap untuk menjalani cobaan .

    ReplyDelete
  19. dalam hidup pastilah selalu ada yang namanya penghalang dan perintang untuk mencapai ke suksesan dan itu semua adalah ujian yang harus dilewati.

    ReplyDelete
  20. sukses adalah hal yang ingin diraih setiap orang tapi bukan suksesnya saja yang penting tapi proses mencapai itu lah yang berharga dalam hidup

    ReplyDelete
  21. Memang dalam hidup ini,tidak selamanya yang direncanakan dapat berjalan dengan mulus, selalu ada saja hambatan-hambatan yang mengganggu. Untuk itu kita harus berusaha bersungguh-sungguh supaya hambatan tersebut (baik halangan maupun rintangan) tidak mengganggu kita untuk mencapai sesuatu seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Begitu pula dengan kesuksesan, kita harus bekerja keras melawan segala rintangan dan halangan yang ada, agar dapat mencapai kesuksesan.

    ReplyDelete
  22. ada banyak cara untuk mencapain kesuksesan dalam hidup ini, tergantung dari diri kita bagaimana cara untuk mendapatkan kesuksesan tersebut, namun dalam menggapai kesuksesan tersebut tidak hanya dari usaha saja, kita juga harus diimbangi dengan do'a serta restu dari orang tua .

    ReplyDelete
  23. Menurut saya Definifi Energi : kemampuan untuk melakukan kerja (misal untuk energi listrik dan mekanika). daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.
    ketika semua itu sudah kita upayakan, kita harus ingat hidup kita di dunia itu tercipta karena Allah swt, kita tidak lahir dengan sendirinya.
    oleh karena itu segala urusan duniawi termasuk rizki (sukses) itu harus mendapat ridho dari yang maha kuasa tidak luput juga dari ridho orang tua.
    dan ingat gagal itu bukan akhir dari segalanya tetapi dimana kekuatan kita di uji oleh sang kuasa, sebarapa tangguh kaki kita dipijakan.

    ReplyDelete
  24. menurut saya :tidak ada yang mudah dalam menggapai sesuatu termasuk kesuksesan.
    memang dalam hal untuk mencapai kesuksesan itu sangat sulit terlebih ada penghalang dan rintangannya , tetapi bilang kita sabar ,selalu berikhtiar untuk melewati cobaan tersebut , kita pasti dapatkan kemenangan cuma hanya sedikit
    Orang dikatakan sukses apabila di dalam usahanya dia dapat memerangi penghalang dan perintang. Insya Allah apabila usaha kita lakukan dengan ridho Allah serta bertawakal kepadaNya akan dilancarkan pekerjaan kita

    ReplyDelete
  25. yap akhirnya ane mengomeng di blog ini hahaha, sekedar menambahkan ni

    Penghalang dan perintang juga merupakan elemen dasar kegagalan, ketika rasa takut akan kegagalan meredam semua niat menuju kesuksesan maka yang ada hanya doa yang berlebihan atau usaha usaha kotor yang mengakali halang rintang tersebut. Nah jika seperti ini energi serta modal sebesar apapun akan terbuang sia-sia, seperti yang tertulis diatas alangkah baiknya jika kita tidak terpedaya akan kegagalan dalam hidup apalagi memeranginya tapi menyikapi dengan kepala tegak dan tetap bangkit, belajar dan memperbaiki dari setiap kegagalan yang kita perbuat mesikipun pahit.

    Dengan doa dan ikhtiar yang besinergi dengan kerja cerdas dan usaha yang keras, mudah mudahan pintu kesuksesan dapat tercapai. tengkyu brada

    ReplyDelete
  26. jika kita melakukan hal yang sangat berat untuk mencapai sukses atau banyak rintangan,maka otomatis kita akan mendaatkan hasil atau kesuksesan yang luar biasa

    ReplyDelete
  27. untuk sukses.. kesulitan dan kemudahan itu sepaket, disetiap kesulitan pasti ada kemudahan, dan begitupula sebaliknya. tapi biasanya untuk hal ini mayoritas pendapat kita mengatakan kesulitan yang berupa penghalang dan perintang itu lebih besar dari kemudahan, untuk itu selalu ada cara dalam mengatasinya pula, misalnya dengan bertindak atau berikhktiar, tidak sekedar berniat dan berdo’a.

    ReplyDelete
  28. Memang untuk mencapai kesuksesan itu tidak mudah pastiada rintangan dan halangan. Namun bukan berarti halangan tersebut tidak bisa dilewati. Perjalanan yang kita lalu selalu ada rintangan yang beraneka ragam. Nah disini pentingnya kita bagaimana bisam elewati rintangan tersebut, sekalipun rintangan itu sangat sulit. Caranya yaitu dengan cara bertawakal, berusaha dan berdoa. Segala rintangan itu juga merupakan ujian dari Allah SWT kepada kita. Oleh karena itu kita harus berdoa dan memohon untuk dimudahkan dan melewati ujian tersebut. Namun berdoa aja tidak cukup tetapi kita harus berusaha atau melakukan hal sesuatu. Seperti firman Allah, dimana ada kesulitan pasti ada kemudahan.

    ReplyDelete
  29. sebelum mencapai kesuksesan seseorang pasti akan mengalami kesulitan, dan di situlah rintangannya bagaimana cara kita untuk dapat bangkit dari keterpurukan tersebut untuk mencapai tujuan kita, maka kita harus memiliki motivasi dalam hidup dan pantang menyerah.

    ReplyDelete
  30. menurut saya dalam artikel ini, kesuksesan itu ialah kita harus mempunyai tekad yang kuat walaupun terlalu banyak rintangan tetapi kalau kita optimis dan usaha, insyaallah akan bisa.

    ReplyDelete
  31. Penghalang dan perintang memang selalu ada dalam kehidupan tergantung bagaimana kita menyikapinya.penghalang dan perintang awal dari kesuksesan oleh karena itu kita harus didasari oleh doa sabar ikhtiar dan tawakal semaksimal mungkin, maka kesuksesan akan datang menghampiri.

    ReplyDelete
  32. kesuksesan dapat tercapai dari jerih payah dan usaha yang serius , tidak mudah dalam mencapai kesuksesan pastilah ada batu kerikil / halangan yang menghadangnya , tetapi hendaklah kita bersabar dan terus berusaha

    ReplyDelete
  33. untuk menuju sebuah kesuksesan kita memang akan dihadapkan oleh beberapa penghalang dan rintangan.
    namun kita haruslah tetap tegar dan kuat dalam menjalaninya demi masa depan yg lebih baik

    ReplyDelete
  34. ngomongin kesuksesan pasti di dalamnya ada sebuah rangkaian rencana,analisa,tindakan,dan perbaikan, kesuksesan tidak mungkin akan datang begitu saja dengan sendirinya tapi harus ada passion yang dibentuk dalam diri seseorang yang mau sukses "FROM ZERO TO HERO" Terima Kasih

    ReplyDelete
  35. Bagi sejumlah orang, musuh terbesar mereka adalah diri mereka sendiri”. Nah, kalo begitu mari kita mengubah citra diri. Jika kita bisa merubah citra diri kita dari negatif menjadi positif, sesungguhnya sebagian pintu utama kesuksesan sudah terbuka, menanti hendak menyambut kita.namun tergantung dengan diri kita masing-masing apakah kita mampu meraihnya

    ReplyDelete
  36. Semua itu berawal dari diri kita masing-masing.. Apabila kita yakin kita bisa melewati dan menghadapi halangan & rintangan tersebut. kita pasti akan bisa melewatinya... semua itu harus di lakukan dengan usaha yang maksimal dan tentunya kita memohon do'a kepada ALLAH agar kita mendapat izin dari-nya agar bisa melewati rintangan & halangan tersebut...

    ReplyDelete
  37. kesuksesan itu dapat di raih tergantung kita sendiri bagamana cara mencapainya,untuk mencapai kesuksesan itu kita harus mengorbankan banyak hal,misalnya waktu,materi,dll.dan kesuksesan tercapai haruslah diri kita benar benar bertekat untuk mencapainya,karna kita sendiri juga nanti yang akan merasakanya

    ReplyDelete
  38. sukses itu tidak instan. semua yang pencapaina itu tidak ada yang isntan, semua memerlukan daya dan upaya. dan dari setiap daya dan upaya itu kita tidak bisa menentukan hasilnya apakah akan berhasil atau tidak, tergantung kehendak Allah SWT. kita sebaagai makhluk ciptaam-Nya hanyalah bisa berusaha, berserah diri, dan berdoa. selain itu kemampuan masing-masing individu dalam melakukan usah juga berbeda-beda, dan usaha yang kita lakukan juga tidak akan berjalan mulus seperti yang kita rencanakan, semua pasti ada halangan dan rintangan tapi yakinlah dengan kita di beri halangan dan ringtangan itu apabila kita bisa melewatinya dengan kerja keras dan sungguh-sungguh insyaalah hasilnya nanti akan sesuai dengan usaha kita, Allah SWY adalah maha adil. dan dengan adanya halangan dan rintangan itu juga sebagai indikator seberapa kuat kita untuk mampu menjadi manusia yang lebih berkualitas, sama hal nya saat kita sekolah saat harus naik kelas, kita juga harus meewati ujian akhir yang menentukan ita naik kelas atau tidak. seperti itu lah, apabila kita berhasil melewati halangan dan rintangan itu maka kesuksesan akan kita dapatkan dan tentu kita akan menjadi yang lebih berkualitas lagi

    ReplyDelete
  39. kesuksesaan itu memang lah tidak mudah untuk di dapat kan kita harus melewati berbagai halangan cobaan ataupun darim proses itu sendiri , kita sebagai mahluk hidup memang disuruh untuk berikhtiar , sebagai mana firman allah , allah tidak akan merubah nasib kaumnya tersebut , kecuali kaumnya sendiri yang mengubahnya . di situ kita bisa mengambil maknanya , bahwa setiap orang orang yang bersungguh sungguh dan maksimal dalam mencapai kesuksesan pasti lah orang itu mendapatkan hasil yang maksimal juga memang dalam hal untuk mencapai kesuksesan itu sangat sulit terlebih ada penghalang dan rintangannya , tetapi bilang kita sabar ,selalu berikhtiar untuk melewati cobaan tersebut , kita pasti dapatkan kemenangan , ibarat pepatah ; habis gelap terbitlah terang .

    ReplyDelete
  40. tidak ada yang mudah dalam menggapai sesuatu termasuk kesuksesan. dimana semua membutuhkan proses dan pasti ada penghalang serta perintangnya. kita harus terus berusaha untuk menghadapi rintangan tersebut.
    tugas TA05 @a19-aris

    ReplyDelete
  41. Untuk mencapai sukses itu tidak mudah, pasti ada halangan dan rintangan yang dilalui nya, maka dari itu kita harus tetap semangat demi tercapai nya kesuksesan tersebut.

    @D16-Riswandi, @Tugas A05

    ReplyDelete