.

Apr 22, 2013

Stop Pemborosan Sumberdaya Alam !


Oleh : Atep Afia Hidayat - Berkat kemajuan industrialisasi yang ditopang oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka tuntutan akan kemakmuran materi pun semakin meningkat. Hal tersebut akan menyebabkan berbagai implikasi terhadap sumberdaya alam atau kualitas lingkungan.
Umpamanya, dengan makin meningkatnya frekuensi dan volume pembakaran minyak, gas bumi dan batubara untuk keperluan industri dan kendaraan bermotor, maka bisa menyebabkan peningkatan kadar polutan di atmosfir, bahkan bisa berakibat pada peningkatan suhu rata-rata bumi (global warming).

Selain itu gas-gas SOx dan NOx yang terlepas ke atmosfer dengan konsentrasi yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya hujan asam yang sifatnya merusak, seperti menimbulkan kehancuran vegetasi, mematikan hewan akuatik di sungai-sungai, serta menghancurkan bahan bangunan yang tidak tahan asam.

Konsentrasi pencemaran yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia seperti gangguan pernafasan dan kulit. Peningkatan kadar gas CO2, NO2, CFC, metan dan ozon di permukaan bumi dan atmosfer bagian bawah bisa menyebabkan efek rumah kaca (green house effect) dan penipisan lapisan ozon diberbagai tempat. Itulah kenyataannya, pemborosan sumberdaya alam yang disebabkan oleh industrialisasi masal akan menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem di berbagai belahan bumi.

Di negara-negara sedang berkembang dan negara miskin yang ditandai dengan tingkat ketergantungan terhadap produk primer yang masih tinggi, pemborosan sumberdaya alam bisa berupa penebangan hutan yang berlebihan, penambangan liar atau formal yang tidak peduli aspek lingkungan,   penyerobotan lahan untuk usaha tani dan pemburuan satwa langka secara illegal. Akibat pemborosan masal yang dilakukan selama ini sudah beribu-ribu spesies satwa dan vegetasi mengalami kepunahan.

Sebenarnya daya dukung sumberdaya alam (SDA) untuk menyokong kehidupan manusia itu ada batasnya, ternyata dengan makin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan beberapa kecenderungan, seperti eksploitasi SDA yang terus meningkat dan produksi limbah (padat, cair, gas) yang terus bertambah.

Dengan adanya beban yang semakin berat, kemampuan SDA untuk pulih makin menurun, bahkan bisa saja musnah. Umpamanya, dalam kadar pelimbahan yang relatif rendah, ekosistem sungai mampu mentolelirnya, yaitu melalui berbagai aktivitas kimia, fisika dan mikrobiologi. Sedangkan jika kadar perlimbahan tersebut sudah melampaui ambang batas maka ekosistem sungai pun akan mengalami kerusakan.

Pemborosan SDA yang terjadi diseluruh permukaan bumi sudah semestinya memperoleh perhatiankan secara serius, yakni melalui penanganan global. Persoalan ini bukan saja diemban oleh kelompok negara-negara tertentu atau penduduk wilayah tertentu, namun sudah menjadi persoalan global. Umpamanya dengan makin meningkatnya suhu bumi akibat efek rumah kaca, dikhawatirkan akan menyebabkan makin tingginya permukaan laut, sudah selayaknya perhatian terhadap hal tersebut lebih ditingkatkan lagi, bagaimanapun dampaknya akan terasa secara global.

Pemborosan SAD secara masal, ternyata menyebabkan kerusakan lingkungan global. Dengan demikian, penanganan secara menyeluruh terhadap berbagai dampak yang ditimbulkan oleh pengeksplotasian SDA yang berlebihan, harus dilakukan sedini mungkin. Namun tentu saja melalui langkah-langkah yang terarah dan bijaksana. Penanganan bukan berarti menghentikan secara total eksploitasi SDA.

Upaya tersebut sah saja, asalkan tetap memperhatikan keseimbangan, kapasitas, daya dukung dan daya lentingnya. Di Indonesia ada berbagai ketentuan mengenai sumberdaya alam dan lingkungan hidup seperti Undang-undang (UU) No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, UU Konservasi Sumberdaya Alam, Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), Amril (Analisis Manfaat dan Risiko Lingkungan), dan berbagai ketentuan khusus seperti untuk penebangan hutan, penggalian bahan tambang dan perburuan, sudah semestinya dipatuhi dan dilaksanakan dengan seksama. Oleh sebab itu stop pemborosan SDA. (Atep Afia).

Gambar:
http://switchboard.nrdc.org/blogs/jschmidt/media/Borneo%20Forest%20Loss.PNG




47 comments:

  1. Energi yang kita dapatkan dari alam adalah energi yang yang banyak di komsumsi saat ini, dan cenderung murah, ketika kita di hadapkan dengan makin sedikitnya energi yang di hasilkan oleh alam kita di paksa mencari energi penggati yang lain,tentu saja ada, dan tidak gampang butuh teknologi tinggi untuk hal itu, yang membuat energi terbarukan cenderung sangat mahal, mungkin negara kita seharusnya memikirkan energi nuklir sebagai pengganti energi alam.

    ReplyDelete
  2. sumber daya alam di bumi ini begitu melimpah dan banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai keperluan hidup mereka. namun ketidaktanggungjawaban mereka atas sumber daya alam ini yang di eksploitasi dengan secara membabi buta dan tidak memperhatikan lingkungan akan berdampak balik ke kehidupan manusia selanjutnya. perlu perhatian khusus atas sumber daya alam ini, dan perlu adanya pembatasan untuk menggunakan sumber daya alam yang ada di bumi ini agar bumi bisa terus terawat dengan baik

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Seharusnya pemerintah dapat mencari solusi untuk mencari energi baru yang dapat diperbaharui. Mengingat konsumsi sumberdaya alam yang saat ini sangat pesat, lambat laun sumberdaya tersebut akan habis dan ketika itu terjadi apa yang dapat kita lakukan? itu sudah terlambat

    ReplyDelete
  5. Undang-undang sudah mengatur tentang Sumber Daya Alam (SDA) yang digunakan untuk kesejahteraan rakyat. dan seharusnya memang seperti itu. akan tetapi dalam prosesnya sudah seharusnya mengeksporasi bukan mengekspoitasinya. kondisi lingkungan sekitar juga harus diperhatikan, jangan sampai SDA untuk kesejahteraan rakyat hanya dinikmati beberaa pihak saja dan hasilnya (limbah, bekas galian, dll) dilimpahkan kepada masyarakat sekitar. intinya memang sudah seharusnya dan selayaknya memanfaatkan SDA dengan bijak agar tidak merugikan siapapun.

    ReplyDelete
  6. kualitas dan kuantitas SDA di Indonesia semakin hari semakin terus berkurang. hal ini dikarenakan perubahan pola hidup manusia yang semakin bergantung pada hasil alam dan cenderung boros dalam pemanfaatannya. SDA tercipta memang untuk dimanfaatkan akan tetapi bijaksanalah dalam menggunakan SDA, jangan sampai hanya terbuang untuk hal-hal yang tidak penting. Undang-Undang tentang pemanfaatan SDA memang sudah ada dari dulu. sekarang masalahnya bagaimana keefektifan penerapan UU tersebut. semoga kita semua memiliki kesadaran yang sama untuk menghemat SDA di indonesia.

    ReplyDelete
  7. Sumber daya Alam yang dianugrahkan oleh Tuhan sangatlah melimpah dan manusia punya kewajiban untuk mengeksploitasi dan menjaganya agar tetap stabil tetapi kondisi sekarang yang kita rasakan sudah cukup parah termasuk perubahan suhu bumi.Tuntutan kita sekarang adalah bagaimana mengembalikan lagi kondisi alam agar stabil dan mencari solusi untuk menciptakan energi baru yang bisa diperbaharui

    ReplyDelete
  8. tuhan menciptakan bumi dan isinya ini dengan begitu berlimpah SDA yang diberikan kepada mahluknya agar dapat digunkana secara bijak dan dimanfaatkan juga dilestarikan keberadaannya. tetapi jika saat ini manusia begitu serakah dan terus menggali bukan tidak mungkin lagi lambat laun kita akan kesulitan mendapatkannya lagi dan segala upaya dan usaha akan menjadi sia-sia dan tidak berguna lagi. karena apa kesadaran itu terlambat, tetapi jika mulai dini pemerintah dapat mencari solusi terbaru agar sumber daya alam masih dapat dinikmati oleh kita dan penerus kita kelak.

    ReplyDelete
  9. pemborosan SDA terjadi hampir di semua lini dan strata masyarakat.

    Bahkan dalam perjalanan waktu semakin dirasakan menipisnya rasa mencintai dan kesadaran terhadap pemeliharaan alam dan lingkungan.

    penghematan perlu disadari bukan untuk kepentingan hari ini, esok atau lusa saja tetapi juga bagi pemilik masa depan kita yaitu untuk anak dan cucu kita kelak.


    Nurdin
    41611120064

    ReplyDelete
  10. pemerintah mengeluarkan UU perlindungan terhadap lingkungan sudah baik sayangnya UU ini dari hulu sampai hilir tidak berjalan baik.di Sumatera Selatan sebagai contoh perluasan lahan usaha kelapa sawit dengan melibas hutan lindung yang terdapat berbagai satwa liar termasuk burung-burung yang tidak ada di bagian dunia manapun kecuali di hutan lindung Sumatera Selatan.pelanggaran hak guna usaha (HGU) oleh beberapa pengusaha nakal ini di dukung sepenuhnya oleh aparat keamanan ini benar-benar kenyataan yang ironis bagi lingkungan hidup kita!!!! aparat keamanan sebagai eksekutor peraturan perundang-undangan berpaling dari fungsinya demi "kepentingan yang tidak jelas".

    ReplyDelete
  11. Perlu adanya niat yang kuat dari dalam diri setiap manusia untuk menjaga lingkungan dari pemborosan sumberdaya alam, percuma saja dibuat peraturan dengan sedemikian rupa jika tidak ada keinginan yang kuat dari dalam diri. Apalagi jika peraturan itu tidak tegas maka akan semakin memperparah keadaan lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  12. SDA tercipta memang untuk dimanfaatkan akan tetapi bijaksanalah dalam menggunakan SDA, jangan sampai hanya terbuang untuk hal-hal yang tidak penting.
    mari untuk saat ini kita setiap orang sebaik nya menghemat SDA yang ada pada saat ini.
    terimakasih

    ReplyDelete
  13. Kita hidup di Bumi ini memang sudah disediakan sumber alam yang sangat berlimpah, jangan sampai sesuatu yang sudah kita dapatkan rusak oleh tangan kita sendiri, harusnya kita bersyukur dengan cara menjaganya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
    Ingat "HIDUP DARI ALAM KEMBALI KE ALAM"

    ReplyDelete
  14. kita sangat beruntung diberi sumber daya alam yang melimpah, apalagi di Indonesia, sumber daya alam di Indonesia sangat melimpah, mulai dari pertambangan, kelautan, kehutanan dan lain-lain. tetapi sangat disayangkan pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia sangat berlebihan, masyarakat terlalu boros memanfaatkan sumber daya alam tanpa mengetahui dampaknya jika sumber daya alam itu habis, tak hanya itu pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan dapat menimbulkan bencana alam.

    ReplyDelete
  15. Dari pemanfaatan Sumber Daya Alam sudah sangat jelas digunakan untuk kepentingan bisnis. Padahal bisnis tersebut justru berdampak sangat buruk bagi ekosistem bahkan bisa menyebabkan global warming. Upaya-upaya pengembalian kembali ekosistem yg alami juga dinilai sangat sulit dikarnakan pemborosan yg terjadi sekarang sudah melebihi ambang batas. Tapi apa salahnya "mengurangi" daripada tidak sama sekali. Stop pemborosan sumber daya alam untuk kepentingan komersil mulai dari sekarang. Boleh menggunakan SDA untuk memenuhi kebutuhan tapi manfaatkan secara wajar dan lestarikan apa yg kita butuhkan.

    ReplyDelete
  16. sumber daya alam di bumi ini sangat banyak, tapi kita tidak menjaganya. seharusnya pemborosan sumber daya dihentikan.

    ReplyDelete
  17. Sumber daya alam mungkin merupakan sumber daya yang tidak akan habis, namun tidak sepantasnya kita menghabis-habiskan sumber daya yang ada. Mulai sekarang jagalah sumber daya alam di bumi kita.

    ReplyDelete
  18. Artikel yang sangat menarik karena menyadarkan kita untuk berhenti menghabiskan sumber daya alam kita,sumber daya alam pada dasarnya memang terdapat dua jenis yaitu dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui,jika yang dapat diperbaharui saja kita tidak bisa menjaganya dan malah menghancurkanya apalagi yang tidak dapat diperbaharui,sumber daya alam kita apabila tidak dijaga akan hancur,toh kembali lagi kita hidup karena lingkungan yang menyediakan sumber daya alam yang baik yang sebenarnya untuk dijaga,apabila sumber daya alam sudah rusak hanya kehancuran yang dapat terjadi.
    maka dari itu mulailah kita bijak dalam menggunakan sumber daya alam kita.

    ReplyDelete
  19. Kemantapan tatabatas kawasan hutan adalah prasyarat mendasar kelestarian. upaya percepatan pengukuhan kawasan hutan yang diinisiasi KPK, UKP4, Ditjen Planologi Kementerian Kehutanan, dan berbagai kementerian atau lembaga negara terkait perlu didukung. tetapi hingga saat ini kebijakan pemerintah terhadap tata kelola yang baik alam hal pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup dirasakan masih jauh dari hasil yang memuaskan . Dengan fakta ini menyadarkan kita arus lebih bekerja keras lagi dalam pengelolahan SDA pada pemerintah maupun kita

    ReplyDelete
  20. sumber daya alam memang di ciptakan untuk di manfaatkan oleh manusia. namun manusia pun harus pintar untuk memilah sumber daya apa yang akan di pakai untuk industri. dan bagaimana caranya agar sumber daya alam itu sendiri masih bisa terjaga walaupun kita terus memanfaatkannya. apapun yang berlebihan akan menimbulkan hal yang negatif.

    ReplyDelete
  21. apabila bumi ini terus-terusan melakukan pemborosan SDA maka pemasokan SDA ita akan mengalami kelangkaan, harus ada perlindungan SDA dari pemerintah agar tidak ada yang melakukan secara ilegal. selamatkan bumi ini sedari dini agar kelak anak cucu kita merasakan kekayaan SDA di bumi kita.

    ReplyDelete
  22. sumber daya alam adalah sumber yang tidak dapat diperbarui, apabila kita terus-menerus melakukan pemborosan dalam penggunaan sumber daya alam maka generasi beberapa tahun kemudian tidak akan bisa lagi menikmati sumber daya alam indonesia ini. oleh karena itu mari kita menghemat dalam penggunaan sumber daya alam dan memanfaatkannya dengan baik. agar generasi setelah kita dapat merasakan sumber daya alam yang dimiliki indonesia.

    ReplyDelete
  23. Sumber Daya Alam, seperti yang di ketahui itu merupakan sumber dari segalanya yang ada di kehidupan ini, jika kita terlalu boros dalam menggunakan Sumber Daya Alam, kita akan merusak segalanya, Sumber Daya Alam semakin menipis, segeralah berhemat, agar dimasa yang akan datang generasi kita bisa juga merasakan Sumber Daya Alam yang sangat berlimpah ini..

    ReplyDelete
  24. sumber daya alam dibumi ini seperti air didalam gelas, semakin kita minum semakin habis. berlimpahnya sumber daya alam dibumi ini menjadikan manusia seperti lupa diri akan sumber daya alam ini, sebagian besar sumber daya alam terkuras hanya untuk kebutuhan manusia itu sendiri seperti minyak bumi dan gas. perlu adanya pendobrakan yang kongkrit agar program-program untuk menjaga sumber daya alam bisa berjalan dengan baik .

    ReplyDelete
  25. Akan lebih baik di buat aturan tentang pembatasan pemakaian dan penyalahgunaan bahan bakar....

    ReplyDelete
  26. ya wajar saja jika si bumi alias yang punya sda itu melawan toh yang minta n menggunakannya saja kebanyakan pada tidak tahu berterima kasih dan tak tahu diri,bahkan kesannya selalu dzolim terhadap bumi ini,sperti layaknya manusia yang marah dan melawan jika selalu diperlakukan semena - mena,bumipun bakalan sama jika kita tidak menghormati apa yang telah diberikannya

    ReplyDelete
  27. Mari kita hemat sda, dan berikan contoh pada generasi muda untuk menjaga dan menghemat penggunaannya

    ReplyDelete
  28. Seharusnya pemerintah dapat mencari solusi untuk mencari energi baru yang dapat diperbaharui.

    ReplyDelete
  29. perbandingan terbalik antara Sumber Daya Alam dengan Sumber Daya Manusianya. Manusianya semakin banyak, tetapi sumber daya alamnya segitu gitu saja, bahkan kurang. Memang perlu ada tindakan penanganan yang bukan berarti menghentikan secara total eksploitasi SDA. seperti untuk penebangan hutan, penggalian bahan tambang dan perburuan, sudah semestinya dipatuhi dan dilaksanakan dengan seksama dan sedini mungkin. Kalau tidak dari sekarang, lalu kapan lagi?

    ReplyDelete
  30. Sumber Daya Alam yang ada sekarang itu sudah semakin sedikit karena ke inginan manusia yang terlalu banyak. memang harus adanya panangan yang serius dari pemerintah ataupu dari kesadaran masyarakatnya sendiri untuk tidak menggunakan sumber daya alam secara berlebihan

    ReplyDelete
  31. Sumber daya alam di Indonesia begitu melimpah namun sebenarnya sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia itu ada batasnya. Pemborosan sumber daya alam menyebabkan rusaknya keseimbangan lingkungan hidup yang berpengaruh bagi kesejahteraan hidup manusia, oleh karena itu kita harus menumbuhkan kesadaran dalam diri kita untuk memelihara dan menghemat energi agar sumber daya alam yang ada tidak hanya untuk kepentingan hari ini melainkan bisa dinikmati di masa depan.

    ReplyDelete
  32. Sumber daya alam ada memang untuk di manfaatkan namun harus kita ingat dan sadari bahwa sumber daya alam itu akan habis.jadi kita harus bisa menjaga atau menghematnya supaya anak cucu kita masih bisa merasakan kekayaan alam tersebut,namun tugas kita tidak cukup sampai di situ kita harus bisa melakukan improvement supaya pemakaian SDA tersebut tetap terjaga.

    ReplyDelete
  33. SDA memang masih sangat perlu di manfaatkan bagi negara kita apa lagi negara kita masih menyandang status negara berkembang, seperti penjelasan di atas bahwa negara yang masih mengandalkan kekayaan alamnya sebagai penopang perekonomian negara disebut sebagai negara berkembang, menurut saya sah-sah saja memanfaatkan SDA yang dimiliki oleh negara kita karena kita mau mengandalkan apa lagi selain mengandalkan SDA yang melimpah ini tapi dengan catatan harus adanya pembatasan dalam memanfaatkan SDA yang ada, disini peran pemerintah sangat vital dalam memonitoring kegiatan ini. Selain pemerintah peran pengetahuan dan kesadaran masyarkat juga penting bagi SDA yang kita miliki agar kekayaan alam kita tidak cepat habis karena di manfaatkan terlalu berlebihan. Satu cara agar kita tidak bergantung pada SDA yang ada, kita harus menggunakan energi terbarukan karena apa? energi terbarukan ini pada hakikatnya lebih ramah lingkungan dan tidak terlalu banyak memanfaatkan SDA tapi kendalanya pada negara kita dalam menciptakan suatu energi terbarukan adalah masih minimnya angka pendidikan dan pengetahuan serta teknologi.

    ReplyDelete
  34. SDA itu merupakan suatu hal penting yang dibutuhkan makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. dari jaman ke jaman kata bijak mungkin kurang terjamah bagi manusia. teknologi yang semakin maju hingga banyak negara yang mulai maju menyebabkan SDA digunakan sebebas mungkin. sah sah saja jika SDA dimanfaatkan tapi kita harus tau sebatas apa penggunaanya. semua yang ada dibumi itu ada batasnya sama hal nya dengan SDA mungkin untuk saat ini SDA masih melimpah tapi kita tau apa yang terjadi di 30 tahun mendatang. kita gak memikirkan hari ini aja besok lusa atau tahun depan. kita harus berpikir dampak jangka panjangnya, jangan terlalu serakah. pembatasan SDA itu perlu untuk menunjang kedepannya agar tetap melimpah , dan saat tua kita masih merasakan SDA yang sangat melimpah, termasuk di negeri kita yang sangat banyak SDA nya.

    ReplyDelete
  35. SDA di Indonesia memanglah melimpah, namun jika di gunakan terus menerus tanpa memikirkan jangka jauh kedepan maka lama kelamaan akan habis. sebaiknya kita sebagai pengguna atau pemakai lebih memikirkan kepentingan untuk masa depan.

    ReplyDelete
  36. kalau kita berbicara soal sda di indonesia,indonesia tidak pernah kehabisan soal sdanya.hanya saja sda yang kta miliki tidak dapat kita nikmati karena cara pengolahan sda yang kita miliki itu tidak maksimal,jadi kita sebagai orang indonesia harus dapat mengelolah sda yang kita miliki agar dapat kita nkmati sendiri dan tidak di nikmati oleh negara lain

    ReplyDelete
  37. SDA di Indonesia ini memang sangat melimpah. Tetapi jangan sampai disalah artikan SDA di Indonesia ini tidak akan habis. Karna SDA itu terbagi menjadi dua, satu adalah SDA yang dapat diperbaharui dan dua adalah SDA yang tidak dapat diperbaharui. Jika kita tidak dapat menfaatkan SDA sebaik mungkin dan penggunaannya sangatlah boros tidak butuh waktu lama mau cepat atau lambat pasti SDA itu akan habis. Maka dari itu disinilah kita diperlukan kesadaran untuk bijak dalam menggunakan SDA agar dapat terjaga keadaannya.

    ReplyDelete
  38. setuju seharusnya warga negara indonesia ini haruslebih teliti dengan sumber alamnya harus di jaga dan di rawat dengan baik

    ReplyDelete
  39. kalau kita tidak menggunakan sumberdaya alam apakah mungkin...
    kalau menggunakan sumberdaya kimia pastiakn mencemari lingkungan ..terus apakah kita sudh siap mendapatkan imbas dari semua itu

    ReplyDelete
  40. Semua bahan yang di gunakan
    oleh perindustrian memang sangat di butuhkan karena berpengaruh dengan ke butuhan masyarakat yang berupa hasil produknya . Namun limbah sisa hasil proses pun harus di perhatikan agar tidak mengganggu lingkungan sekitar

    ReplyDelete
  41. pemakayan sumber daya alam yang berlebihan dapat dikurangi melalui diri kita masing - masing, misalnya kita mengubah kebiasaan pemakayan kendaraan sendiri dan beralih ke kendaraan umum, dan juga dapat mengganti alat transportasi yang kitapakia dengan yang menggunakan energi kita sendiri misalnya menggunakan sepeda jika jarak yang di tempuh tidak begitu jauh, dan mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan energi yang tidak mungkin habis seperti energi matahari, oleh sebab itu pengembangan teknologi sangat penting untuk berikan suport sehingga suatu saat kita dapt mengurangi ketergantungan kita kepada migas dan sumberdaya alam lainya.

    ReplyDelete
  42. Kekayaan alam indonesia sudah seharusnya dijaga, karna kekayaan alam berupa mineral bumi yang antara lain berupa minyak dan gas akan habis disuatu hari nanti. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, penggunaan minyak bumi dan gas alam sudah seharusnya dibatasi. Dan perlu kiranya para pakar teknologi mulai memikirkan teknologi yang tidak tergantung terhadap kekayaan mineral bumi.

    ReplyDelete
  43. Hemat air, listrik, kertas dan penggunaan plastik.

    ReplyDelete
  44. Kepedulian energi harus segera ditanamkan dalam jiwa dan sanubari setiap individu. Rasa cinta terhadap bangsa ini juga diwujudkan dengan memelihara kekayaan, energi dan SDA-nya bagi generasi yang akan datang. Kembangkan energi yang dapat terperbarukan.

    ReplyDelete
  45. sumber daya alam merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Manusia sangat bergantung pada sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam di dunia ini jumlahnya tetap sedangkan populasi manusia makin berkembang. Oleh sebab itu sumber daya alam harus dikelola dan dimanfaatkan searif dan sehemat mungkin supaya generasi penerus masih bisa merasakannya.

    ReplyDelete
  46. Pemborosan SDA secara masal, menyebabkan kerusakan lingkungan global pemborosan SDA yang disebabkan oleh industrialisasi masal akan menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem di berbagai belahan bumi.

    majunya ilmu pengetahuan malah membuat pengambilan dan pengerukan SDA makin Signifikan bahkan makin massive sehingga menyebabkan SDA tidak mampu pulih dengan cepat bahkan bisa saja musnah dikarenakn ketamakan manusia dalam Mengeruk SDA pemborosan SDA yang terjadi diseluruh permukaan bumi sudah semestinya memperoleh perhatiankan secara serius, dan seharusnya ilmu pengetahuan yang tinggi malah akan menghasilkan SDA baru lainnya yang bisa diperbaharui bahkan bisa membuat BUMI makin baik lagi.

    ReplyDelete
  47. @E19-Samsul @Tugas B05
    Pemborosan SDA yang semakin waktu semakin memperihatinkan tidak terlepas dari dukungan teknologi dan permintaan akan sumber daya alam yang cukup besar. Manusia memang merupakan makhluk yang konsumtif dalam berbagai bidang, sejalan dengan itu sifat rakus dan tidak berfikir panjang merupakan faktor yang juga mempengaruhi keadaan lingkungan dan alam kita. Semoga manusia lebih sadar dalam memanfaatkan keberlangsungan lingkungan, karena lingkungan yang baik berperan juga dalam menyehatkan manusia.

    ReplyDelete