.

May 5, 2013

Indonesia Boros Hutan

Oleh : Atep Afia Hidayat -  Pemborosan sumberdaya alam yang begitu fantastis, itulah prestasi Pemerintah Indonesia, baik pada era Orde Lama, Orde Baru, maupun era Reformasi sekarang. Begitu mudahnya perijinan diberikan kepada “konglomerasi pelahap hutan”, seolah tidak memikirkan hari depan dan kepentingan masyarakat lokal. Babat abis, deru gergaji mesin dan alat-alat berat pun dengan leluasa merambah kawasan hutan, bahkan hutan primer yang masih perawan.

Berdasarkan data yang diungkapkan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan (dalam Republika Online, 14 Juni 2010), sedikitnya 12 juta hektar kawasan hutan di Indonesia dalam kondisi terlantar. Saat ini hutan primer hanya tersisa 43 juta hektar. Menurutnya jangan ganggu hutan primer, jika mau alih fungsi gunakan hutan terlantar. Zulkifli mengungkapkan deforestry saat ini mencapai 1,1 juta hektar per tahun, sedangkan pada masa Orde Baru mencapai 3 juta hektar per tahun.

Kondisi yang sangat mencemaskan, bahkan merupakan ancaman sangat serius bagi kenyamanan ekosistem Indonesia, bahkan seluruh dunia. Hutan di Indonesia yang semula meliputi 70 persen dari seluruh permukaan daratan, atau sekitar 130 juta hektar, secara sistematis mengalami penggundulan, bahkan 42 juta hektar sudah benar-benar gundul, nyaris bebas vegetasi. Kalau kita lihat permukaan Pulau Jawa dari pesawat, atau melalui satelit di Google Map, maka warna hijau merupakan bagian yang sangat kecil. Begitu pula di Pulau Sumatera dan Kepulauan Nusatenggara. Wilayah yang didominasi warna hijau, yang menunjukkan hutannya masih dominan hanya terdapat di di Kalimantan dan Papua.

Bayangkan, saat ini deforestry mencapai 1,1 juta hektar atau 11.000 km2 per tahun. Kawasan seluas itu kira-kira sekitar 2 kali luas Propinsi Bali dan 17 kali luas Propinsi DKI Jaya ! Luar biasa, dalam satu tahun terjadi kerusakan hutan seluas 17 kali DKI Jaya dan 2 kali Bali. Pemborosan sumberdaya hutan yang sudah melampaui akal sehat. Sama sekali tidak berpihak pada kepentingan ekologi atau lingkungan, bahkan tidak berpihak pada kepentingan pembangunan dan ekonomi. Eksploitasi dan eksplorasi hutan yang berlebihan dan melampuai batas daya dukung lingkungan, hanya akan menghasilkan nilai ekonomi yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya pemulihan.

Secara teoritis memang hutan termasuk sumberdaya alam yang dapat diperbaharui, misalnya dengan penghijauan atau reboisasi. Namun dalam pelaksanaannya tidak semudah itu, menanam pohon kehutanan perlu pemeliharaan, bukan sekedar tanam lantas ditinggal begitu saja. Selain itu, hutan primer memiliki plasma nuftah yang sangat beragam, dengan ekosistem yang harmonis. Beragam flora dan fauna ada didalamnya, berinteraksi secara alamiah dan seimbang. Sedangkan hutan hasil penanaman kembali, kondisi ekosistemnya sama sekali tidak menyerupai hutan primer, apalagi semacam hutan tanaman industri (HTI) yang vegetasinya homogen.

Penebangan hutan dengan alasan kepentingan ekonomi, seperti untuk pengembangan industri berbasis kehutanan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Adapun penebangan oleh masyarakat sekitar, terutama karena alasan kemiskinan. Di sekitar hutan tidak ada sumber penghidupan, ya dengan terpaksa masyarakat menebang dan merambah hutan untuk dijual kayu dan hasil hutan lainnya. Industri kehutanan perlu diatur sedemikian rupa, sehingga kawasan operasionalnya tidak menyentuh hutan primer.

Pengawasannya jelas tidak gampang, mengingat jumah dan kualitas aparat pengawas hutan sangat terbatas. Begitu pula kewenangan dan kemampuan Pemerintah Daerah dalam menjaga hutan di wilayahnya sangat minim.

Jangankan di Kalimantan atau Papua yang kawasan hutannya sangat luas, di Kabupaten Bandung saja masih banyak kawasan kehutanan yang seolah “tidak bertuan”. Sebagai gambaran kerusakan hutan sekitar Gunung Wayang, yang merupakan hulu Sungai Citarum sudah begitu parah dan cenderung diabaikan. Hutan di Gunung Wayang telah beralih fungsi menjadi kebun sayuran seperti kubis dan kentang, padahal peranannya begitu strategis sebagai hulu sungai. Dampaknya dengan mudah terlihat, banjir langganan selalu menggenangi kawasan Baleendah, Banjaran dan Majalaya (Kabupaten Bandung), bahkan sampai ke Kabupaten Karawang di hilir.

Selain itu akibat vegetasi hutan yang makin jarang, longsor pun mengancam kawasan Pacet dan Kertasari, lokasi di mana Hulu Sungai Citarum berada. Akibat debit air yang tidak menentu, keberadaan Waduk Jatiluhur dan Saguling yang volume airnya tergantung aliran Sungai Citarum juga menjadi terancam.

Hutan tropis di Indonesia memiliki peran strategis untuk kehidupan ekologis Planet Bumi. Dengan luas kawasan hutan nomor 2 setelah Brasil, sudah selayaknya Pemerintah Indonesia lebih meningkatkan keseriusannya dalam menjaga kelestarian hutan. Hutan Indonesia selain besar secara kuantitas, juga harus besar secara kualitas. Hutan Indonesia adalah paru-parunya Planet Bumi. Adanya kecenderungan pemanasan global juga turut dipengaruhi kondisi pengelolaan hutan di Indonesia. Oleh sebab itu stop deforestry, stop penebangan hutan primer dengan alasan apapun. (Atep Afia).

Sumber Gambar:
www.lensaindonesia.com

112 comments:

  1. Memang tidak mudah dalam menjaga kelestarian hutan mengingat semakin banyaknya jumlah manusia. Hentikan perlombaan untuk mencari keuntungan, mari budayakan berlomba-lomba dalam kebaikan yaitu dengan cara menjaga lingkungan sekitar dari kerusakan. Mulailah dari diri kita sendiri!!!

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat menarik. memang tidak bisa kita pungkiri indonesia termasuk dalam kategori pemborosan hutan. salah satu faktornya yaitu adanya eksploitasi yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang bertujuan untuk spekulasi. jika hal ini dibiarkan maka populasi hutan di indonesia bisa semakin kritis. masalah ini menjadi tugas kita bersama dalam menjaga hutan yang ada. perlu adanya pengawan yang ketat dan kerjasama dari semua pihak agar masalah ini bisa diatasi.

    ReplyDelete
  3. Memang sangat memprihatinkan hutan-hutan di indonesia ini,banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan dirinya sendiri dalam memanfaatkan hutan,sehingga mengakibatkan terjadinya bencana alam yang setiap saat mengancam,untuk itu diperlukan kesadaran diri yang sangat tinggi untuk menjaga kelestarian hutan di indonesia.

    ReplyDelete
  4. Hutan merupakan sumberdaya alam yang bisa diperbarui, tetapi pembaharuan itu tentu memerlukan waktu yang sangat lama, karena tidak hanya di tebang tetapi kita harus memikirkan bagaimana cara merawatnya, hutan di indonesia kerusakannya paling cepat di dunia, ini penyebabnya karena penebangan yang tidak bertanggung jawab serta boros dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada. seharusnya pemerintah juga kritis dan berperan aktif dalam melindungi hutan, serta pengawasan dan perlindungan hutan agar tidak ada illegal loging.

    ReplyDelete
  5. minimnya penegakan hukum terhadap undang2 perhutanan membuat penbangan hutan primer semakin meningkat. pengawasan hutan yang sulit sehingga memudahkan para penebang liar yang tidak bertanggung jawab secara leluasa menebangi hutan demi mendapatkan keuntungan pribadi. hukum disini haruslah di tegakan untuk menghentikan penebangan liar yang marak terjadi di berbagai wilayah di indonesia.

    ReplyDelete
  6. pathetic memang, melhat keadaan lingkungan saat ini khususnya di indonesia. dengan dalih perluasan industri, banyak pengusaha atau perusahaan tega membabat habis lahan hutan tanpa memperbaruinya kembali. pengawasan dan penegakan hukum adalah biang keladi nya. maka di harapkan masyarakat bisa membantu mengawasi dan harus kritis terhadap perusakkan hutan dan penegakkan hukum agar tidak terjadi kecurangan.

    ReplyDelete
  7. mengenaskan jika melihat hutan yang semakin sering digunduli karena kepentingan pribadi semata, tidakkah terpikir bahwa masih ada masa depan yang akan dijalani nantinya oleh para anak cucu kita. Jika hutan terus ditebangi maka akan menghilang sudah kehijauan di alam semesta ini. Stop penebangan liar dan mulailah lakukan reboisasi.

    ReplyDelete
  8. sangat memprihatinkan dengan kondisi hutan di negara indonesia yang terus rusak mendekati hancur karena ulah manusia demi pendapatan ekonomi semata,padahal apabila manusia mempunyai hati nurani mereka pasti akan melihat dan mengerti di dalam hutan tersebut terdapat habitat-habitat hewan dan tumbuhan yang akan ikut hancur karena kerusakan hutan,seperti contoh yang pada saat ini banyak diberitakan oleh media masa tentang Harimau sumatera yang turun kepemukiman warga lalu menyerang warga dan berakhir dibunuh karena telah melukai warga,itu semua terjadi karena hutan habitat mereka telah rusak.
    maka dari itu marilah kita menjaga dan menyayangi hutan indonesia,dan kita bisa mencontoh dari negara-negara tetanga yan sangat menjaga dan menyayangi hutan.

    ReplyDelete
  9. sungguh sangat mengehaskan melihat hutan yang semakin tergerus oleh aktivitas penebangna yang hanya memikirkan keuntungan tersendiri tanpa memikirkan peran penting hutan bagi kelangsungna hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

    ReplyDelete
  10. Hutan Indonesia kini sudah tak seindah dulu lagi. kini hutan di Indonesia sangat-sangat mengenaskan sekali. banyak sekali terjadi penebangan pohon tiap harinya yang menyebabkan hutan semakin gundul dan semakin habis. seharusnya ada kebijakan pemerintah dalam hal melindungi dan menjaga hutan-hutan yang ada, harus ditegakkan hukum bagi para penebang liar jangan hanya omong kosong belaka.

    ReplyDelete
  11. Hutan-hutan di indonesia sedang mengalami krisis. Tumbuhan dan binatang yang hidup didalamnya terancam punah. Dan banyak manusia dan kebudayaan yang menggantungkan hidupnya dari hutan juga sedang terancam. sunggung mengenaskan klo kita liat hutan kita menjadi gundul. seharusnya pemerintah harus tegas dalam menegakan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab itu. bukan hanya meberikan izin tetapi harus menyadari bahwa penting hutan bagi kita

    ReplyDelete
  12. menyedihkan. itulah keadaan hutan kita. penebangan liar semakin merajalela hanya untuk kepentingan sesaat dan tidak memikirkan masa depan. kalau kita sudah melihat hutan kita yang semakin krisis ada baiknya pemerintah mengeluarkan undang-undang tentang kelestarian hutan dan lebih melihat ke depan tidak hanya sesaat saja.

    ReplyDelete
  13. mungkin bisa di bilang begitu karena pemerintah tidak peduli dengan hutan...
    contohnya saja banyak sekarang ini terjadi penebangan liar yang mengakibatkan borosnya hutan tanpa ada ijin..
    tetapi apakah pemerintah peduli dengan semua itu???
    mungkin sudah tidak bisa di pungkiri hutan akan semakin sempit karena pemborosan hutan...

    ReplyDelete
  14. sangat di sayangkan menang hutan di indonesia masih sangat kurang di perhatikan, padahal hutan merupakan paru-paru dunia yang perlu dijaga kelatariannya.

    ReplyDelete
  15. TRAGIS ya itulah kata yg sangat cocok menurut saya untuk menggambarkan keadaan hutan kita saat ini, sangat di sayangkan sekali masih banyak oknum-oknum yang hanya memikirkan diri sendiri dan melakukan sesuatu tanpa memikirkan akibatnya.

    ReplyDelete
  16. Bukan hanya TRAGIS tapi lebih MIRIS sekali dengan cara apapun sejak orde lama hingga orde baru masalah hutan tak kunjung mendapat titik terang. untuk apa slogan-slogan yang sering kita lihat dimedia televisi dll kalo tidak ada kesadaran dari masyarakat indonesia sendiri hanya fokus kepada infrastruktur membangun gedung menjulang tinggi tanpa memikirkan lahan untuk penghijauan. dari pada hanya untuk mementingkan membangun gedung lebih baik menjadikan lahan kosong untuk penghijauan agar meminimalisir permasalahan hutan .

    ReplyDelete
  17. TRAGIS cara apapun hingga orde baru masalah hutan tak kunjung mendapat titik terang.

    ReplyDelete
  18. perlu kerjasama dalam pembentukan hutan yang baik, yaitu proses pemeliharaannya yang harus dilaksanakan sebaik mungkin. mungkin masih banyak oknum oknum yang menyepelekan dampak negativ dari perusakan hutan, dari kita sebagai manusia yang sadar akan lingkungan harus senantiasa menjaga hutan

    ReplyDelete
  19. kembali lagi pada pemerintah, selama ini pemerintah melihat, mendengan bahakan ada beberapa aparat yag ikut serta dalam penebangnan liar tersebut. apakah pemerintah sudah berpikir apa solusi terbaik, apa kah pemerintah sudah memberikan lapangankerja yg lain sehingga penebangna liar ini tidak lagi terjadi semua ini dilatar belakangi oleh kurangnya lapangan kerja sehingga mereka menghasilkan lapangan kerja sendiri.

    ReplyDelete
  20. sangat memprihatinkan. indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan potensi hutan. hutan hijau terhampar luas diberbagai penjuru. akan tetapi itu dulu, sekarang beribu-ribu hektar hutan rusak akibat eksploitasi yang berlebihan. oleh karena itu kita semua begitu juga dengan pemerintah harus bekerjasama untuk melestarikan hutan.

    ReplyDelete
  21. sudah bukan zamannya untuk selalu saling menyalahkan ataupun harus menunggu pemerintah beserta jajarannya turun tangan. karena semua itu akan terjadi mungkin bila sudah terjadi badai asap seperti yang baru-baru ini terjadi hingga ke negara tetangga kita singapura. saatnya kita yang perduli akan hutan yang berada disekitar kawasan kita tinggal, kita bergerak mengajak dengan memberikan edukasi kepada warga sekitar tentang betapa pentingnya hutan untuk bumi kita ini. karena terkadang kita pun menajdi momok menakutkan untuk hutan dan ekosistemnya. saatnya untuk bergerak dan tidak acuh terhadap hutan jika ingin bumi berlangsung lebih lama.

    ReplyDelete
  22. Artikel yang berkualitas. Memang sudah seharusnya pihak pemerintah memperketat adanya pengawasan terhadap illegal logging, serta berbagai penebangan hutan secara liar untuk kepentingan suatu kalangan tertentu, seperti yang kita ketahui hutan sebagai paru-paru dunia mempunyai peran yang mutlak sangat penting, di samping itu dengan adanya hutan yang baik akan menciptakan suatu sistem ekosistem yang sangat baik bagi kelangsungan kehidupan mahluk hidup. Pemerintah juga harus memperbanyak personil keamanan untuk proses penjagaan hutan.

    ReplyDelete
  23. miris dan ironis dua kata yang dapat menggambarkan betapa tertutupnya hati para pemerintah di negeri yang "hijau" ini. indonesia kaya akan hutan, tapi indonesia juga sangat ramah kepada para "pencari lahan" . semoga melalui artikel ini kita sama sama dapat saling merenungkan kembali betapa berharganya manfaat hutan sebagai sebuah keberagaman alam..

    ReplyDelete
  24. Artikel yang bagus. Dalam artikel ini digambarkan bagaimana kerusakan alam yang terjadi di Indonesia karena ulah masyarakatnya sendiri, kemudian lemahnya sistem pengawasan dan kurangnya tenaga pengawas kehutanan di Indonesia menjadi penyebab terjadinya illegal logging. Maka dari itu sudah seharusnya pemerihtah ikut andil dan kita turut membantu melestarikan lingkungan dan hutan-hutan yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  25. menurut saya mungkin hutan di indonesia harus di lestrarikan supaya menjadi hutan yang lebih baik dan mesti di jaga agar tetap menjadi hutan yang akan di budidayakan oleh masyarakat indonesia.

    ReplyDelete
  26. saya prihatin dengan kondisi hutan indonesai sekarang dulu indonesia menjadi paru-paru dunia. tapi sekarang IRONI dari 70% permukaan daratan atau 130jt hektar,secara sistematis mengalami penggunulan huta, kini hanya 42jt hektar hutan primer yang tersisa.
    jadi mari kita lestarikan hutan indonesai untuk anak,cucu kita kelak.. :)

    ReplyDelete
  27. Bener banget pak! mengingat berapa banyak pohon ditebang HANYA untuk selembar kertas. SAVE OUR NATION...!

    ReplyDelete
  28. pemerintah sekali lg kurang serius untuk memberantas atau menyelesaikan ini semua pak. jgn kan memberantaskan para kolong merat, pembalakan liar disekitar hutan aja msh banyak yg beredar. bener2 gaada perhatian dibidang ini pemerintah pak. saya berharap ada seorang yg sangat tegas dan berani menangani ini dgn bijak dan tepat pak khususnya memberantas para kolong merat yg cuma mau ngambil keuntungan sendiri dan jg kesadaran diri sendiri akan lingkungan sekitar dan hutan2nya. org2 ini sangat layak dipenjarakan pak. apalagi dgn udara bersih kita yg sudh sangat minim saat ini.

    ReplyDelete
  29. Orang bilang sih, tanah kita tanah surga.. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. tapi itukan kata orang-orang dulu. Tapi sekarang? kayu-kayu ditebangin buat kepentingan manusia saja, tanpa harus mementingkan satwa2 yg hidup di dalamnya. sebagai perumpamaan, penduduk di Indonesia sekitar 250juta jiwa, bila per-orangnya menanam pohon min. satu pohon setiap tahunnya, mungkin masalah global warming di Indonesia bisa teratasi. Jadi intinya adalah, tetap dimulai dari diri sendiri dulu ya! Let's go green, guys! :)

    ReplyDelete
  30. Jiikaaa hutaann selalu ∂ï bukaaa dengann caraaa pembakarann atau penebangann secaraa tidakkk layakk pastii ekosistim dann banjir dimana",,,,,

    ReplyDelete
  31. selain itu,konversi hutan merupakan salah satu faktor penyebab pemborosan hutan di Indonesia .Konversi hutan merupakan hutan yang memiliki fungsi non hutan,seperti pertanian,perkebunan,pertambangan,dll.merubah fungsi hutan alami menjadi hutan konversi mengakibatkan fungsi hutanpun berubah.hal itu juga berpengaruh terhadap satwa yang tinggal di dalamnya.mereka harus beradaptasi dengan ekosistemnya yang berbeda dengan sebelumnya.

    Masyarakat sekitar hutan cenderung memilih melestarikan hutan duit di bandingkan harus melestarikan hutan alami.melestarikan hutan duit yang di maksud adalah mengubah hutan alami manjadi lahan pertanian,perkebunan,pertambangan,dll.memang,dalam jangka pendek banyak manfaat yang di dapat dari perubahan tersebut,salah satunya adalah mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.karena mereka akan mendapat duit jika musim panen tiba.namun dalam jangka panjang akan mengakibatkan berbagai macam bencana yang di karenakan perubahan fungsi hutan tersebut.

    Hubungan antara manusia dan hutan seharusnya saling menguntungkan.karena hutan telah memberikan banyak yang di butuhkan manusia,seperti mencegah erosi dan longsor,menyimpan persediaan air dimusim hujan dan kemarau,mengurangi polusi untuk pencemaran udara,menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen dari hasil fotosintesis dengan bantuan sinar matahari.

    ReplyDelete
  32. Menurut saya sebaiknya pemerintah lebih tegas dalam menghadapi permasalah hutan karena mengingat bahwa hutan di Indonesia merupakan paru-paru dunia.
    Indonesia juga sudah memiliki kementerian kehutanan, menurut saya seharusnya kementrian tsb dapat mengelola fungsi hutan dengan baik. Mengingat jumlah hutan di Indonesia tersebar luar di seluruh pelosok maka sebaiknya kementerian kehutanan juga mmembuka kantor cabang di daerah yang memiliki luas hutan yang cukup luas agar kondisi hutan dapat terus dipantau.

    Apabila hal tsb terus dibiarkan maka NKRI dapat kehilangan seluruh hutannya. Jangan hanya mengandalkan reboisasi tetapi juga harus melindungi yang sudah ada sekarang.

    ReplyDelete
  33. lestarikan alam hanya celoteh belaka
    lestarikan alam mengapa tidak dari dulu saja
    o.o.o jelas kami kecewa mendengar rimba yang dulu perkasa kini tinggal cerita
    pengantar lelap si buyung.
    o.o.o jelas kami kecewa mendengar gergaji yang tak pernah berhenti
    demi kantong pribadi
    tak ingat rezeki generasi nanti.
    bencana erosi slalu datang menghantui tanah kering keronta banjir datang itu pasti.

    mungkin syair yang ditulis Mr iwan fals akan benar benar terjadi..
    sungguh mengenaskan sekali melihat prestasi prestasi tanpa kontribusi kebenaran..
    dahulu indonesia negeri yang indah dan subur, tetapi dengan singkat waktu kini berubah menjadi gundul dengan segala akibatnya.
    kurangnya wawasan tentang kehutanan serta kesadaran masyarakat menjadi PR untuk kita semua sebagaiwarga negara Indonesia.

    ReplyDelete
  34. Melihat kondisi hutan di Indonesia memang sudah cukup di ambang ke punahan,cukup menyedihkan dimana hutan menjadi paru-paru dunia.Dibalik pemborosan hutan tersebut ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam penebangan hutan secara bebas dan liar, oknum-oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi. Untuk itu seharusnya di satu sisi kini pemerintah lebih membuka mata dalam menangani permasalahan tersebut.Mungkin kini harus lebih ketat lagi pengawasan dalam kehutan.

    ReplyDelete
  35. Hutan adalah paru paru dunia,bayangkan saja bila hutan habis?layakna manusia kehilangan nafas.Sebagai generasi penerus bangsa,menjaga kelestarian hutan adalah tugas kita.Dukungan dari kita sangatlah penting,pemerintah telah menggalakkann penghijauan,tanam 1000 pohon,kita sebagai warga negara harus menjaga dan menerapkan sistem tebang pilih,agar hutan kita tetap hijau.

    ReplyDelete
  36. di negara kita Uang itu bisa mengatur segala nya. jadi carilah pemimpin yg bisa menjaga Hutan kita yang tidak bisa di suap kan oleh uang. agar para konglomerat tidak bisa menebang hutan seenaknya. dan perbanyak penjaga hutan lagi dan disesuaikan dengan kebutuhan nya, karena biasa nya orang tidak mau bekerja keras di indonesia karena tidak sesuai pengorbanan dengan yang didapat nya.

    ReplyDelete
  37. Hutan merupakan paru paru dunia ,sehingga sangat disayangkan jika hutan di Indonesia selalu menjadi sasaran penebangan liar hanya untuk kepentingan ekonomi semata .Menurut saya sudah seharusnya kita menjaga kelestarian hutan karena hutan berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia sepertinya contohnya hutan berfungsi sebagai penghasil oksigen ,mencegah banjir,mencegah longsor ,dll .Dalam upaya pelestarian hutan ini melibatkan berbagai pihak mulai dari diri kita sendiri dan pemerintah tentunya .Seharusnya pemerintah bertindak tegas dalam menghadapi permasalahan hutan di indonesia yang semakin hari semakin komplek ,seperti dengan membuta undanga undang kehutanan dan member sangsi yang tegas terhadap pelaku penebangan liar . Selain peran pemerintah peran masyarakat juga berperan penting dalam upaya pelestarian hutan .Sudah seharusnya kita sebagai mahluk yang tinggal di bumi menjaga kelestarian bumi ini ,salah satunya dengan menjaga kelestarian hutan .Dengan tergajanya kelestarian hutan maka bumi ntempet kita tinggal iini akanterjaga kelestariannya pula

    ReplyDelete
  38. melihat artikel ini.. jujur, saya mendadak meneteskan air mata, mengapa begitu? iya, sebab rasa cinta saya terhadap indonesia ini terlalu besar, dan karena itu saya tak henti dan senantiasa berdoa agar indonesia ini menjadi yang lebih baik lagi.
    belakangan, sudah ada program go green yang sekiranya dapat membangun semangat mereka untuk terus menjaga, namun apa? itu hanya menjadi slogan-slogan pajangan belaka, yang hanya dilihat dengan sebelah mata..
    lucunya, ada saja protes dari mereka, karena semakin panas, tandus, longsor, dan banjir terjadi dimana-mana. padahal mudah saja menyimpulkannya, hanya saja karena mereka kurang menyadari apa penyebabnya..

    ReplyDelete
  39. memang kemiskinan diIndonesia sangat mengenaskan mau tidak mau masyrakat yang tinggal didekat hutan akan memanfaatkannya untuk dijual kayunya dan meraup untung untuk memenuhi kebutahan masyarakat tersebut. tidak ada tindakan tegas dari pemerintah untuk persoalan ini sehingga menyebabkan hanya pulau kalimantan dan papua saja yang masih terlihat hijau. seharusnya pemerintah berosalisasi dengan masyarakat agar melakukan tebang pilih dan dirawat juga hutan tersebut agar tidak menimbulkan bencana alam yang dapat menimpa daerah sekitar hutan dan daerah lain-lainnya. yang dapat merugikan mereka juga.

    ReplyDelete
  40. Untuk masalah ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hutan memang sumber daya alam, tetapi apakah harus penebangan-penebangan pohon dilakukan secara berlebihan? Dari penebangan-penebangan pohon yang berlebihan ini sudah menimbulkan efek negatif untuk bumi kita. Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus menjaga sang "Paru-Paru Dunia"

    ReplyDelete
  41. indonesia adalah negara yang sangat kaya dan melimpah dari segi kekayaan alamnya dan semua dimanfaatkan tp terlalu berlebihan memanfaatkannya karana sifat manusia yang serakah egois.maunya cuma bisa ngerusak tetapi tidak mau melestarikan alam bumi pertiwi ini dan bnyak kasus ilegal logging yang ada di pedalaman hutan kalimantan hutuan indonesia setiap harinya ditebang sekitar 2juta Ha setiap tahunnya untuk kebutuhan ekonomi negara ini tp dana-dana tersebut bnyak pnyelewengan oleh pihak-pihak tertentu. dan saya pernah dengar suku" yang ada di pedalaman indonesia sering membuka lahan untuk dijadikan tempat tinggal dan setelah tidak bayak menguntungkan lagie dia berpindah lagi dan membuka lahan baru dengan cara menebang hutan secara berkala. dan banyak efek yang disebabkan dari semua tentang borosnya indonesia dengan hutan-hutan yang selalu digunakan yaitu banyak membuat keseimbanggan dunia jadi tidak stabil dikarenakan rusaknya lapisan ozon dan kurangnya resapan air hujan dan tanah menjadi lebih mudah untuk mengalami longsor.. menurut saya semua harus iokut aktif untuk melestarikan hutan di tanah pertiwi kita ini...

    ReplyDelete
  42. Menurut pendapat saya. seharusnya masyarakat sadar akan pentingnya Memelihara lingkungan atau lahan perhutanan. Karena Jika semua Lahan hutan terlantar bagaimana tugas nya sebuah pohon untuk menyerap dan menyimpan air di dalam tanah. Dan kita sebagai generasi penerus harus segera bergotong royong dalam melestarikan lingkungan. contohnya dengan melaksanakan kegiatan Go green dengan cara REBOISASI. dengan melaksanakan kegiatan tanam 1000 pohon per bulan mungkinakan memperbaiki kembali hutan indonesia yang terbengkalai...

    ReplyDelete
  43. Sangat disayangkan memang melihat kondisi hutan di Indonesia yang begitu memprihatinkan. Hutan yang menjadi sumber pangan bahkan tempat tinggal bagi banyak binatang sedikit demi sedikit berkurang. Seperti yang kita ketahui bahwa hutan mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan para makhluk hidup bahkan menjadi paru-paru dunia.

    Bayangkan saja jika hutan mulai berkurang, sama saja flora dan fauna juga ikut berkurang. Peraturan di Indonesia memang seharusnya lebih dipertegas, terutama dalam kaitannya dengan penebangan liar hutan. Hutan memang memiliki berbagai macam jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, namun tentu saja manusia juga wajib melestarikannya.

    Tidak hanya menebang namun tetap harus melakukan reboisasi. Peraturan memang wajib dibuat dan dipatuhi, namun yang lebih utama adalah kesadaran tiap individu untuk menjaga dan melestarikan alam.

    ReplyDelete
  44. kerap kali sering terjadi banjir dan tanah longsor diberbagai daerah yang disebabkan oleh rusaknya hutan-hutan di indonesia,
    hutan kita yang semakin terpuruk,dunia semakin panas,masyarakat semakin kehilangan kesadaran mereka dan bertingkah acuh kepada lingkungan sekitarnya.lalu siapa yang bisaa menanggulangi semua ini?jika pemerintah dan masyarakat sama-sama tidak mau bekerja sama untuk menyelamatkan kelestarian hutan indonesia.

    ReplyDelete
  45. borosnya hutan Indonesia mengakibatkan banyak dampak negatif, contohnya tanah tandus, rawan longsor dan masih banyak lagi lainnya,,, apakah ini harus dibiarkan?? tentu saja tidak, kita sebagai warga negara yang baik harus mendesak pemerintah agar lebih ketat lagi memberi izin kepada para penebang dan menambah pasukan polisi hutan agar hutan kita terjaga dari para perampok kayu,, dan antara warga dan polisi hutan harus bekerja sama dalam menjaga hutan dari para penebang yang haus akan uang tetatpi tidak memikirkan dampak negatif yang akan ditimbulkan dari perbuatannya tersebut.

    ReplyDelete
  46. Menurut saya dalam artikel ini. para pengusaha kayu harus memperhatikan lingkungan bagaimana dampaknya bila menebang pohon secara terus menerus dan juga pemerintah jangan terlalu sering memberi izin kepada para pengusaha kayu dan harus dilihat dulu kondisinya, bagaimana dahulu dan harus gunakan sistem tebang pilih yang beratikan memanen yang terbaik dan membiarkan yang lainnya. karena fungsi hutan juga untuk kehidupan ekologis dan juga mencegah pemanasan global.

    ReplyDelete
  47. MANUSIA adalah makhluk satu-satunya yang dapat menebang pohon, mengolahnya menjadi lembaran kertas dan menulis ...

    sekarang zaman canggih tidak serba kekurangan stop penggundulan hutan diatas kertas tersebut.
    mari kita sadar dengan kita melestarikan hutan, hutan adalah paru-paru dunia .

    ReplyDelete
  48. hutam adalah pelindung kita dari bencara banjir dan longsor . oleh sebab itu kita harus menjaga dan merawatnya. sekarang juga banyak manusia yang menebang hutan secara liar tetapi tidak di sertai oleh penanaman kembali. oleh sebab itu lah hutan kita menjadi gundul dan sering terjadi bencana banjir dan longsor.

    ReplyDelete
  49. Memang tidak mudah dalam menjaga kelestarian hutan mengingat semakin banyaknya jumlah manusia.
    Tetapi ndonesia adalah negara yang sangat kaya dan melimpah dari segi kekayaan alamnya dan semua dimanfaatkan tp terlalu berlebihan memanfaatkannya karana sifat manusia yang serakah egois.maunya cuma bisa ngerusak tetapi tidak mau melestarikan alam bumi pertiwi ini dan bnyak kasus ilegal logging yang ada di pedalaman hutan kalimantan hutuan indonesia setiap harinya ditebang sekitar 2juta Ha setiap tahunnya untuk kebutuhan ekonomi negara ini tp dana-dana tersebut bnyak pnyelewengan oleh pihak-pihak tertentu
    Dibalik pemborosan hutan tersebut ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam penebangan hutan secara bebas dan liar, oknum-oknum yang ingin mencari keuntungan pribadi

    ReplyDelete
  50. hutan adalah salah satu peresapan air. apabila hutan ini dilakukannya penebangan pohon secara liar atau tidak memilah milih saat menebang akan mengakibatkannya penggundulan pada hutan. maka dari itu kita harus mereboisasi hutan hutan yang telah gundul dan menjanganya agar tidak gundul lagi.

    ReplyDelete
  51. hutan merupakan penghasil oksigen ynag sangat penting dalam kehidupan manusia dan mahluk hidup maka dari itu alangkah baiknya sebagai penghuni bumi untuk menjaga kelestarian alam

    ReplyDelete
  52. pemanfaatan bahan-bahan yang diambil dari hutan harus di imbangi dengan penanaman kembali , karena kita sangat lah membutuhkan hutan sebagai ladang oksigen sehat dan sebagai peresapan air untuk mencegah bencana- bencana yang tak terduga.

    ReplyDelete
  53. Sangat disayangkan apabila apabila hutan di indonesia berkurang 1,1 juta hektar atau 11.000 km2 per tahun. Hutan memiliki banyak manfaat untuk kita semua, hutan merupakan paru-paru dunia (planet bumi) sehingga perlu kita jaga karena jika tidak maka hanya akan membawa dampak yang buruk bagi kita di masa kini dan masa yang akan datang. Hutan juga berfungsi untuk mengatur iklim, sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan, menampung air hujan di dalam tanah, mencegah erosi dan banjir, menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah, dan masih banyak lagi manfaat hutan yang lainnya.

    ReplyDelete
  54. terima kasih banyak atas informasinya pak,saya setuju dengan pendapat dari bapak menteri kehutanan zulkifli hasan,sebaiknya kalau mengalih fungsikan hutan untuk keperluan lain,gunakanlah hutan terlantar.agar hutan primer tetap terjaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hutan sebenarnya merupakan sebagai paru-paru dunia tetapi hutan sekarang ini dijadikan sebagai lahan bisnis bagi cukong-cukong yang tidak bertanggung jawab untuk ditebang dan di jadikan bahan produksi mereka contohnya untuk pembuatan kertas, dan mereka menebang hutan seenaknya dan selanjutnya di tinggal begitu aja ,tidak di tanami kembali maka hutan menjadi rusak dan ini kita berharap kepada pemerintah dan mentri kehutanan utk menindak tegas para pembalakan liar tersebut dan dijatuhkan hukuman yang berat bagi mereka, sehiingga kelestarian hutan tetap terjaga dan menjadi paru-paru dunia.

      Delete
  55. penebangan hutan secara liar hanya menguntungkan sepihak saja karena mempunyai hajat sendiri bukan untuk orang banyak, mungkin kalau pemerintah menerapkan tebang 1 pohon tanam 10 bibit pohon dapat mereboisasi hutan tersebut walaupun memerlukan jangka waktu yang lama, selain itu karena penebangan dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan dimotori orang lain, maka pemerintah perlu melakukan sosialisasi dan memberikan pekerjaan disekitar hutan tersebut agar masyarakat sadar dan perduli

    ReplyDelete
  56. Berarti dapat dijelaskan bahwa hutan di indonesia semakin berkurang. Pepohonan ditebang karena manusia membutuhkan hasil hutan untuk keperluan kehidupannya.

    Program go green yang diusung beberapa tahun ini tidak terlalu dipedulikan. Penanaman seribu pohon untuk mengurangi global warming juga tidak terlalu mendapatkan respon dari masyarakat

    ReplyDelete
  57. ungkapan jamrud khatulistiwa mungkinkah hanya tinggal kenangan bagi indonesia. memang sangat miris melihat keadaan indonesia sekarang, indonesia masuk dalam negara yang paling banyak mengekploitasi hutan. penebangan hutan ini banyak dampaknya bagi indonesia sendiri maupun dunia karena indonesia ini merupakan paru paru dunia . sebaiknya pemerintah dan masyarakat saling sadar dan bersikap tegas tentang alam. Karena alam ini bukan hanya milik kita, tapi milik anak cucu kita nanti dimasa depan.

    ReplyDelete
  58. Hutan merupakan paru-paru dunia.Secara letak astronomis indonesia terletak pada garis khatulistiwa,lebih tepatnya di provinsi Kalimantan Barat.
    Hutan yang kita miliki harus di lindungi dan di lestarikan agar tetap terjaga kelestariannya
    sistem tebang pilih merupakan pemanfaatan hutan secara bertanggung jawab agar penebangan di lakukan secara tepat selain itu riboisasi merupakan pelestarian hutan yang berguna agar hutan yang kita miliki tetap terjaga dan berguna untuk kelangsungan hidup manusia , flora dan fauna

    ReplyDelete
  59. inilah yang mengakibatkan longsongnya di daerah pegunungan bahakan sampai ada tebing yang ambles beberapa meter,sangat memeperihatinkan jika penebangan liar tarus terjadi tanpa ada perhatian husus dari pemerintah.bahkan pembalakan liarpun marak sampai diselundupkan ke negara tetangga melalui perairan,dan ini juga pasti ada oknum oknum tertentu yang mencari keuntungan peribadi yang mengakibatkan kerugian negara sampai miliaran rupiah.hutan adalah salah satu paru paru bumi yang harus di rawat dan untuk dicegah dari pembalakan pembalakan liar.

    ReplyDelete
  60. Sungguh sangat miris kondisi lingkungan di Indonesia ini terutama hutan-hutan yang ada di Indonesia. Padahal hutan mempunyai banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia sendiri dan juga satwa satwa yang ada di dalamnya. Dikarenakan banyak orang orang yang tidak bertanggung jawab yang hanya mau mengambil keuntungan sendiri tanpa mau membenahi kembali hutan yang sudah di gunduli olehnya. akibat dari penebangan liar ini juga bisa mengancam nyawa masyarakat yang ada di dekat hutan hutan. Satwa satwa pun juga akan kehilangan habitat merekan yang akan menyebabkan populasi satwa itu menjadi berkurang atau punah. Pencegahan dari masalah ini adalah memberi sangsi yang keras pada pengusaha pengusaha yang menebang hutan secara liar agar terdapat rasa takut dalam benak mereka sehingga mereka akan berfikir ulang untuk melakukan hal itu.

    ReplyDelete
  61. seharusnya pemerintah INDONESIA jangan terlalu mudah mengeluarkan surat izin untuk penebangan secara besar-besaran, karena penebangan hutan secara besar besaran juga salah satu penyebab terjadinya banjir, dan juga longsor yang melanda kota-kota besar yang ada di INDONESIA. jangan hanya beralasan untuk faktor ekonomi saja, tetapi pikirkan juga keselamatan bumi kita ini.

    ReplyDelete
  62. Sungguh disayangkan masalah hutan yang ada di negara kita. Indonesia kaya akan hutan seharusnya dengan ketersediannya sumber daya alam yang begitu besar terutama hutan dapat dimanfaatkan secara optimal bukan dengan cara "pemanfaatan" untuk kepentingan pribadi seperti penebangan liar. Pemerintah harus melaksanakan pengawasan dan pengendalian secara rutin dan situasional terhadap segala hal yang berkaitan adanya informasi kerusakan hutan. Pemerintah juga harus melakukannya secara kontinyu sehingga kalau pun ada kerusakan hutan yang dilakukan oleh oknum tertentu dapat segera diambil langkah yang tepat serta dapat mengurangi akibat bencana/ disaster yang akan ditimbulkan kemudian.Bukan hanya pemerintah saja tetapi kita sebagai rakyat Indonesia yang baik wajib menjaga serta melestarikan hutan demi generasi masa depan.

    ReplyDelete
  63. assalamualailum wr. wb
    indonesia adalah negara dengan banyak pulau dan hutan yg sangat luas .
    dengan luasnya hutan yg dimiliki indonesia maka indonesia memiliki peranan penting di dunia yaitu sebagai paru-paru dunia,,
    tapi sekarang indonesia menjadi sorotan dunia karena bukan dari kelestarian hutannya melainkan penebangan hutan di indonesia yg meluas . yang berimbas bagi iklim di dunia yg berakibat bumi ini semakin panas ,,,
    di karenakan ulah orang-orang yg tidak bertanggung jawab serta kurangnya pengawasan dari pemerintah..

    ReplyDelete
  64. artikel yang yang sangat berguna untuk semua pihak yang mengabaikan antara keseimbangan alam, kalau terjadi seperti ini setiap tahunnya ap jadinya bumi ini yang tidak mempunyai lagi penyeimbang alam yaitu pepohonan hijau yang fungsinya sangat vital bagi kehidupan makhluk yang ada di bumi sebagai contoh yang ada di atas akibatnya maraknya penebangan hutan yang tidak terkendali dan banyaknya hutan yang beralih fungsi menjadi lahan perkebunan berdampak pada daerah resapan air yang berakibat tidak adanya yang bisa menghadang atau menjadi sebuah alat kesimbangan
    solusi masala diatas memang usaha reboisasi tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak adaya kerja sama dari berbagai pihak terutama instansi pemerintah yang seharusnya hanya memberikan izin penebangan hutan yang diperlukan dan jumlahnya juga yang harus dibatasi sekian terima kasih

    ReplyDelete
  65. sungguh ironis memang jika membahas banyaknya hutan indonesia saat ini.masih ingat dengan banjir bandang wasior,papua tahun 2010 silam,presiden SBY sempat menyatakan bencana tersebut terjadi bukan karna pembalakan liar namun kenyataanya banjir tersebut tidak hanya membawa air semata akan tetapi juga membawa puluhan potongan kayu besar. selain itu lembaga WALHI menemukan puluhan ribu gelondongan kayu didaerah wasior. hal ini membuktikan bahwa dipedalaman hutan wasior terjadi pembalakn besar besaran.perlu adanya kerjasama masyaraka dan pemerintah untuk memberantas pengrusakan hutan ini demi kelangsungan hidup dan melindungi bumi dari ancaman pemanasan global

    ReplyDelete
  66. Terima kasih pak infonya : Sebagai bangsa yang memilki kawasan hutan yang sangat luas harusnya mampu untuk memelihara dan merawat karena menjadi sumber ekosistem yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia di bumi. Hutan sebagai alat yang dapat mencegah timbulnya polusi udara dan pemanasan iklim global.
    Yang perlu kita ketahui juga adalah semestinya pemerintah mempunyai suatu badan khusus untuk menjaga dan melestarikan hutan di Indonesia. Merawat dan menjaga itu mungkin lebih sulit tapi karena ini penting juga untuk dunia. Seharusnya Indonesia bisa membuat referensi untuk organisasi dunia untuk ikut memperhtikan hutan di negara ini.

    Seperti WHO mengenai “Pengaruh Pemanasan Global karena rusaknya ekosistem hutan. WHO (World Health Organization) sebagai organisasi kesehatan dunia mengangkat isu ini menjadi tema dari Hari Kesehatan Sedunia (HKS) tahun 2008, yaitu Protecting Health from Climate Change atau Perubahan Iklim.

    ReplyDelete
  67. indonesia terlalu boros hutan karena banyak penebangan liar pohon di hutan-hutan indonesia yang meyebabkan pencemaran udara,pemerintah indonesia seharusnya lebih tegas memberi sangsi kepada oknum-oknum yang melakukan penebangan hutan liar karena akan menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor.

    ReplyDelete
  68. penebangan hutan secara terus menerus akan berdampak buruk bagi indonesia bahkan bumi ini, setidaknya pemerintah harus membatasi upaya penebangan hutan untuk alasan apapun, agar kelestariannya terjaga. dan menertibkan penebangan yang legal maupun ilegal, bila perlu pemerintah harus mencanangkan bila mana kita ingin menebang pohon harus seijin pemerintah dan bila perlu bila ingin mendirikan usaha dengan mengeksploitasi alam harus dengan syarat dapat menghijaukan kembali.

    ReplyDelete
  69. Memang sangat memprihatinkan hutan-hutan di indonesia ini,perlunya kesadaran masyarakat penting nya hutan,bila mana hutan ini di lakukan penebangan secara besar makaakan mengakibatkan terjadinya bencana alam yang setiap saat mengancam,adany pengawasan yang tepat untuk mengatasi masalah ini dan perlunya kerja sama anta pemerintah dan masyarakat

    ReplyDelete
  70. hutan diIndonesia saat ini memang sangatlah memprihatinkan dulu yang disebut hutan hujan tropis pun saat ini sudah berkurang karena penebangan liar yang sangat marak sekarang ini, oknum yang tidak bertanggung jawab dengan seenaknya menebang hanya untuk kepentngan pribadi. Dalam konteks ini amat sangat dibutuhkan peran pemerintah dalam penghambatan penebang liar yang sangat banyak dilakukan dengan mempidanakan oknum yang berbuat.

    ReplyDelete
  71. miris memeng melihat keadaan hutan di indonesia saat ini melihat pembalakan liar yg di lakukan oleh manusia-manusia yg tidak bertanggung jawab padahal dampak yg disebabkan oleh perusakan hutan amat lah berpengaruh besar di masa yg akan datang nanti kesadaran masyarakat dibutuhkan agar tidak terjadi kerusakan yg lebih parah terhadap hutan di indonesia

    ReplyDelete
  72. hutan adalah paru-paru dunia, jika tidak dirawat maka dunia tidak akan selamat, perlu adanya kesadaran dari berbagai pihak ketika di bumi hanya ada ikan terakhir, pohon yang terakhir yang tumbuh apa artinya uang yang kita kumpulkan selama ini dari perbuatan yang merusak alam

    ReplyDelete
  73. Sangat memprihatinkan melihat keadaan dimana hutan yang merupakan paru-paru kota diekploitasi dan di tebang secara besar-besaran oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepuasan dan kepentingan pribadi. Mereka tidak berfikir akan dampak buruk atas apa yang mereka lakukan, yakni menyebabkan tanah longsor, banjir dan lain sebagainya yang pada akhirnya mereka jugalah yang akan menanggung resikonya. Dalam hal ini pemerintah harus bertindak tegas dengan menindak pidana bagi siapa saja yang melakukan tindakan yang sangat merugikan tersebut.

    ReplyDelete
  74. Pemerintah terlalu sibuk dengan pencitraan politik sehingga,lupa mengurus hutan.Lagi terlalu sering hutan di babat dengan alasan-alasan klasik yang tidak jelas padahal selalu “ada udang di balik baso.”

    pihak pemerintah dari masa ke masa tidak pernah belajar dari pengalaman,mereka dibutakan oleh uang.makin berkurangnya luas huatan akan sangat mengganggu ekosistem,hilangnya beberapa jenis flora dan fauna karena hutan adalah rumah yang nyaman bagi mereka,terganggunya sumber air bersih,banjir,longsor,persediaan oksigen,dan masih banyak lagi dampak negative dari makin berkurangnya luas hutan.
    Hikmat dan pengetahuan yang baik berseru-seru di jalan-jalan termasuk termasuk artikel ini,supaya kita sama-sama lebih peduli terhadap paru-paru planet ini.

    FP
    41 6111 20 130

    ReplyDelete
  75. Sangat ironi memang mengingat indonesia adalah negara sebagai paru-paru dunia karena memiliki hutan yang sangat luas. Namun pada kenyataanya di indonesia sendiri banyak terjadi pemotongan pohon yang ilegal, dan kebakaran hutan, lalu hutan yang di alih fungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit. Sangat ironis, jadi mari kita suarakan gerakan menanam seribu pohon.
    Bhira
    41612120093 FTI

    ReplyDelete
  76. Ini sebuah keadaan pada titik yang memprihatinkan untuk sebuah negara yang memiliki sebagian besar wilayahnya hutan namun seakan lupa semakin hari hutan itu beralih fungsi dengan adanya pelebaran wilayah pemukiman,perindustrian dan masih banyak lagi alasanya. kita di hadapkan pada dua posisi, disatu sisi kita butuh hutan untuk bertahanya ekosistem alam menjaga kelestarian alam, di satu sisi kita juga membutuhkan perluasan untuk kelangsungan hidup manusia dimana semakin bertambah tahun semakin banyak pertumbuhan penduduknya.Sekarang tinggal bagaimana pemerintah negara ini bisa mengatur dan memberikan aturan tegas dalam pemeliharaan hutan jangan sampai di manfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan yang terpenting kesadaran dari setiap individu untuk memelihara alamnya .
    Bayu
    41612120102

    ReplyDelete
  77. Ini hal yang sangat memprihatinkan jika hutan adalah paru-paru dunia bagaimana nasibnya jika paru-paru tersebut terus kita eksploitasi, memang jika uang sudah berbicara banyak pemerintah yang tutup mata akan dampak dari semua itu, yang lebih saya khawatirkan adalah semakin memudarnya keindahan dan kekayaan alam indonesia untuk anak cucu kita nanti yang dimana hutan itu akan menjadi sebuah sejarah atau bahkan mitos.

    ReplyDelete
  78. Fungsi hutan sebagai paru-paru dunia seperti halnya manusia tak akan hidup tanpa paru-paru duniapun mungkin sama.sebagian kalangan berpendapat jika sudah di tebang galangkan reboisasi tetapi fakta tidak semudah teori reboisasi perlu ada pengawasan khusus. sedangkan aparat yang menjaga hutan sangatlah tidak sebanding dengan hutan yang ada di indonesia saat ini.Zulkifli hasan yang saat ini menjabat mentri kehutanan harus memhami lagi UU no18 tahun 2013 yang mngatur tentang kehutanan dan ekosistem di dalamnya.tidak seolah olah bungkam atas kerusakan hutan di indonesia yang semakin menghawatirkan.

    ReplyDelete
  79. Memprihatinkan memang jika kita melihat perubahan dan kerusakan hutan dijaman sekarang, sulit mendapatkan udara segar nan sejuk serta gangguan ekosistem dan rantai pangan pun mulai terjadi, bukan waktunya saling menyalahkan pihak pihak pengawas, melainkan perlunya menanamkan rasa kepedulian yang tinggi untuk alam lah yang kini harus menjadi kesadaran pribadi kita, untuk tetap menjaga dan melestarikannya.

    ReplyDelete
  80. memang di sadari atau tidak bahwa hutan dan seisinya sejatinya adalah sumber kehidupan,,,dimana hutan menjadi penyeimbang ekosistem,,penyedia oxygen, dan habitat berbagai makhluk hidup di dalamnya. jika hutan rusak maka rusaklah sumber kehidupan bagi makhluk hidup..jadi tidak ada alasan bagi kita semua sebagai anak bangsa untuk tidak menyelamatkan hutan -hutan di indonesia.dari tangan -tangan yang tak bertanggungjawab.

    ReplyDelete
  81. Untuk kondisi hutan di Indonesia saat ini sangatlah memprihatinkan penebangan hutan dimana-mana alhasil hutan gundul sehingga menyebabkan longsor,banjir terjadi.Sebaiknya tidak Cuma pemerintah saja yang merawat tetapi seluruh warga harus ikut menjaganya serta pemerintah harus bertindak lebih tegas dalam hal tersebut jangan biarkan oknum-oknum yang tak bertanggungjawab itu hidup damai dengan menikmati hasil penebangan pohon untuk dirinya sendiri karna oknum tersebut hanya memikirkan hal ini “yang penting untung”,oknum tesebut sebetulnya tau dan mampu berfikir apa yng dilakukan itu membahayakan tapi mereka tak mempunyai hati(hatinya tetutup dg uang)

    ReplyDelete
  82. saya sangat setuju,,,bahkan menurut saya,bagi orang yang nenebang pohon sembarangan,pantas dihukum (dengan hukuman ynag berat),,
    untuk indonesia sendiri,kesadaran dengan lingkungan sekitar kurang,padahal dampak penggundulan hutan sendiri sudah di depan mata seperti banjir,longsor,apa belom cukup???
    tidak hanya pemerintah,tapi dimulai dari diri kita sendiri,dengan cara menjaganya,bukan hanya untuk kita saat ini ,untuk generasi kita selanjutnya

    ReplyDelete
  83. Prelunya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat akan bahayanya penebangan pohon sembarangan, karna dengan ketidak sadaran masyarakat dengan menebang pohon sembarangan akan mengakibatkan kebanjiran, tanah longsor dan pemanasan global sehingga kalau tidak segera diperbaiki indonesia akan rawan bencana dan lebih kasihannya lagi kepada anak cucu kita nanti yang akan menerima efek negatif dari apa yang selama ini kita perbuat.

    ReplyDelete
  84. Dari judul artikel ini sudah menarik untuk dibaca, karena memamg benar bahwa hutan di indonesia memang benar-benar sudah kritis atau yang dibilang dengan boros hutan. Jelas kerusakan hutan dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor dan sebagainya itu kembali pada kita. Apakah kita dapat menjaga dan merawat hutan? justru sebaliknya banyak dari kita yang malah menebang pohon sembarangan, walaupun sudah ada undang-undang tentang penebangan hutan tapi apa hasilnya masih saja banyak yang menghiraukan. kesadaran kita dan peraturan pemerintahlah yang dapat memecahkan permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  85. andi irawansyah5/25/2014 11:10 AM

    pendapat saya, ayo!!!!!!! jangan lagi mementingkan segelintir kepentingan orang alangkah baiknya kita mementingkan kepentingan bersama. contoh. hutan harus dijaga bersama karena hutan berfungsi sebagai penyerap air ketika musim hujan dan sebagai penyimpan air ketika musim kemarau dan hutan juga menghasilkan oksigen yg kita hirup disiang hari. hutan adalah sebagai keseimbangan likungan jd jangan kita sampai merusaknya hutan karena menyebabkan ketidak seimbangan lingkugan maka jangan heran kalau hutan rusak dimusim hujan banjir dan dimusim kemarau kekeringan air dan juga menipinya oxigen terkadang membuat kita sesak nafas. terima kasih

    ReplyDelete
  86. Penebangan hutan di Indonesia memang sangat memprihatinkan. Penebangan ini merusak ekosistem dan keberlangsungan ekologi yang berdampak kepada kerugian manusia seperti banjir. Kita harus bersama-sama dalam upaya melestarikan hutan yang ada di negara kita, dengan mewujudkan program seribu pohon agar hutan bisa direvitalisasi kembali.

    ReplyDelete
  87. Penebangan hutan dan pemanfaatan secara liar berdampak sangat buruk bagi masyarakat bahkan negara, sebagai contoh saat terjadi kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, memang sih alasannya untuk memperluas lahan tapi jika dampaknya buruk bagi nama baik bangsa, kita juga kan yang rugi, masyarakat sekitar terkena ispa, penerbangan tertunda, menyebar ke negara tetangga, padahal itu ulah sekelompok orang yang tidak berrtanggung jawab,,tapi negara yang menanggungnya, alangkah baiknya, kalau kita ingin menebang hutan, kita pilih pohon pohon yang tua, dan jauh jauh hari sebelumnya sudah menyiapkan bibit untuk reboisasi. Dan untuk pohon pohon di taman taman kota atau dipinngir pingggir jalan mbok ya diganti dengan pohon yang akarnya kuat , sehingga walaupun hujan lebat pohon tersebut tidak tumbang

    ReplyDelete
  88. Boros Pakai Kertas = Teroris Hutan
    Berapa pohon yang harus ditebang setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan manusia akan kertas?
    Satu rim HVS menghabiskan sebatang pohon berusia minimal 5 tahun, untuk mendapatkan lembaran kertas berkualitas baik diperlukan campuran sebatang pohon berkayu keras dan sebatang pohon berkayu lunak. Suatu lahan pepohonan berkayu keras setinggi 4 kaki, panjang 4 kaki dan lebar 8 kaki dapat menghasilakan 1000-2000 pon kertas atau ½ - 1 ton kertas atau 942.100 halaman buku atau 4.384.000 perangko atau 2700 eksemplar koran.
    Hemat kertas adalah cara paling sederhana yang bisa sobat greener FHI konstribusikan untuk mengurangi kebutuhan membabat hutan alam. Dengan meghemat kertas, sobat greeners dapat mengurangi tekanan terhadap hutan alam, mengurangi penggunaan energi dan mencegah perubahan iklim, membatasi polusi air, udara, dan mengurangi sampah.

    ReplyDelete
  89. Sungguh disayangkan masalah hutan yang ada di negara kita. Indonesia kaya akan hutan seharusnya dengan ketersediannya sumber daya alam yang begitu besar terutama hutan dapat dimanfaatkan secara optimal bukan dengan cara "pemanfaatan" untuk kepentingan pribadi seperti penebangan liar. Pemerintah harus melaksanakan pengawasan dan pengendalian secara rutin dan situasional terhadap segala hal yang berkaitan adanya informasi kerusakan hutan. Pemerintah juga harus melakukannya secara kontinyu sehingga kalau pun ada kerusakan hutan yang dilakukan oleh oknum tertentu dapat segera diambil langkah yang tepat serta dapat mengurangi akibat bencana/ disaster yang akan ditimbulkan kemudian.Bukan hanya pemerintah saja tetapi kita sebagai rakyat Indonesia yang baik wajib menjaga serta melestarikan hutan demi generasi masa depan.

    ReplyDelete
  90. Hal ini merupakan topik yang sudah lama sebenarnya, namun tetap saja hal ini terjadi. seharusnya pemerintah harus bertindak lebih akitf dalam hal ini baik berupa pencegahan, pemberian sanksi maupun pemberian penyuluhan kepada masyarakat.

    ReplyDelete
  91. Pemerintah harus melaksanakan pengawasan dan pengendalian secara rutin dan situasional terhadap segala hal yang berkaitan adanya informasi kerusakan hutan yang didapatkan melalui media massa cetak maupun elektronik ataupun informasi yang berasal dari masyarakat sendiri. Pemerintah harus melakukannya secara kontinyu dan terus - menerus sehingga kalaupun ada kerusakan hutan yang dilakukan oleh oknum tertentu dapat segera diambil langkah yang tepat serta dapat mengurangi akibat bencana/ disaster yang akan ditimbulkan kemudian.

    ReplyDelete
  92. Perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah terhadap penebang-penebang liar serta perusakan -perusakan ekosistem di hutan dan pembatasan penebangan pohon demi kebutuhan manusia yang dampaknya akan merugikan banyak manusia. Serta menggalakan pelestarian terhadap hutan demi generasi muda, karena hutan adalah paru-paru dunia.

    ReplyDelete
  93. jika paru paru kuita bermasalah maka tubuh kita akan bermasalah juga,sama halnya hutan bermasalah maka bukan hanya kita saja tapi anak turun kita juga

    ReplyDelete
  94. Saya setuju pak memang untuk pembaruan hutan hanya tinggal mereboisasi saja. Tetapi jika jumlah manusia yang melaksanakan penebangan dan memikirkan rebosiasi tidak seimbang,itu sama saja dengan melumpuhkan paru paru dunia secara perlahan.

    ReplyDelete
  95. dengan reboisasi hutan saya kira akan mengurangi kerusakan hutan. serta regulasi yg jelas dari pemerintah tentang pengelompokan hutan lindung. akhir-akhir ini sangat disayangkan terjadinya pembukaan hutan gambut terjadinya kebakaran hutan yg dialih fungsikan sebagai perkebunan sawit

    ReplyDelete
  96. Sumber daya alam hutan yang biasa dimanfaatkan manusia berupa kayu, hewan-hewan hutan, maupun lahan hutan. Pengambilan sumber daya hutan ini digunakan untuk mencukupi berbagai keperluan hidup manusia. Kayu-kayu di hutan dieksploitasi sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga. Dalam masalah ini ada beberapa oknum yang mengambil hasil hutan dengan tidak benar. Cara pengambilan kayu inilah yang sering menimbulkan masalah. Kayukayu sering diperoleh dengan penebangan hutan secara liar. Penebangan tumbuhan di hutan tanpa pilih tentu akan menimbulkan dampak buruk.
    Tumbuhan yang hendak ditebang seharusnya dipilih yang sudah berumur tua. Selain itu, penebangan hendaknya diiringi dengan penanaman hutan kembali atau reboisasi. Penebangan hutan secara liar dapat berdampak hilangnya fungsi hutan. Terutama fungsi hutan sebagai penyimpan atau penyerap air hujan. Saat hujan turun, kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya banjir ataupun tanah longsor.

    ReplyDelete
  97. Pembukaan lahan saat ini semakin marak, karena manusianya berlomba-lomba untuk mendirikan perumahan di daerah tersebut.
    jadi sudah semestinya pemerintah tegas dalam hal ini.

    ReplyDelete
  98. miris memang menyadari fakta ini, entah apa yang di pikirkan Pemerintah yang terkesan tidak serius untuk mencegah kerusakan di hutan kita ini,.
    kalau begini terus,kita tinggal tunggu saja,timbal balik dari alam dengan apa yang telah kita lakukan..

    ReplyDelete
  99. Perbaikan hutan akan akan sangat susah dilakukan, mereboisasi hutan pun belum tentu akan dilakukan, itu hanya sekedar wacana tanpa dilaksanakan. Meskipun ada yang melaksanakan, tetapi dalam jumlah yang kecil, belum bisa mengimbangi penebangan hutan yang begitu banyak.

    ReplyDelete
  100. peran dari pemerintah sangat penting dalam menangani kerusakan hutan, sebaiknya jika terjadi hal tersebut pemerintah harus di tidak lanjuti dan penanaman kembali harus segera di lakukan.

    ReplyDelete
  101. Pemerintah dan masyarakat harus saling bahu membahu dalam menangani permasalahan kerusakan hutan saat ini. Indonesia termasuk salah satu paru-paru dunia. Bayangkan jika paru-paru manusia rusak, apa yg akan terjadi terhadap kelangsungan hidup manusia tersebut ?

    ReplyDelete
  102. Pemerintah dan masyarakat harus saling bahu membahu dalam menangani permasalahan kerusakan hutan saat ini. Indonesia termasuk salah satu paru-paru dunia. Bayangkan jika paru-paru manusia rusak, apa yg akan terjadi terhadap kelangsungan hidup manusia tersebut ?

    ReplyDelete
  103. seharusnya pemerintah berosalisasi dengan masyarakat agar melakukan tebang pilih dan dirawat juga hutan tersebut agar tidak menimbulkan bencana alam yang dapat menimpa daerah sekitar hutan dan daerah lain-lainnya. yang dapat merugikan mereka juga.

    ReplyDelete
  104. Hutan selain untuk tempat tinggal flora dan fauna, hutan juga berfungsi untuk penyimpanan air dalam volume yang besar. saat ini apabila pada musim hujan akan terjadi banjir yang sangat parah, terutama di Jakarta. Hal itu disebabkan karena sudah berkurangnya area hutan di Indonesia, akibat dari semakin maraknya pembakaran hutan oleh sebagian kelompok manusia yang hanya memikirkan kepentingan diri sendiri.

    ReplyDelete
  105. Hutan merupakan salah satu peresapan air. Karena Jika semua Lahan hutan terlantar bagaimana tugas nya sebuah pohon untuk menyerap dan menyimpan air di dalam tanah. Sebaiknya tidak Cuma pemerintah saja yang merawat tetapi seluruh warga harus ikut menjaganya serta pemerintah harus bertindak lebih tegas dalam hal tersebut jangan biarkan oknum-oknum yang tak bertanggungjawab itu hidup damai dengan menikmati hasil penebangan pohon untuk dirinya sendiri,

    ReplyDelete
  106. Assalamualaikum wr wb
    Kondisi Hutan di Indonesia semakin memprihatinkan, selain karena kurang pedulinya sebagian manusia-manusia dan pemerintah dalam mengurus hutan-hutan di Indonesia, juga karena adanya oknum-oknum pencari keuntungan pribadi yang sengaja menghilangkan hutan tersebut dengan membakarnya untuk dijadikan perkebunan sawit dll . Jadi, fungsinya berubah bukan lagi sebagai sumber penghasil oksigen dan penghijauan , serta berdampak pula pada satwa yang berada di dalam hutan tersebut, sehingga mereka tidak mempunyai tempat tinggal lagi. Harus ada hukuman yang tegas yang harus diberikan pemerintah bagi yang menghilangkan(membakar, menebang liar dsb) hutan.

    ReplyDelete
  107. artikel yang sangat menarik, memang sulit dipungkiri kalau hutan di indonesia saat ini semakin berkurang. Banyaknya eksploitasi terhadap hutan menyebabkan semakin sedikitnya hutan, dan minimnya hukum terhadap perbuatan tidak baik seperti ini membuat para pelaku tidak takut dengan sanksi yang ada. Hal tersebut membuat merek menjadi tidak jera dan pasti akan melakukan hal tersebut berkali kali

    ReplyDelete
  108. kalau baca artikel ini teringat dengan lagu Koes Ploes yang kolam susu tanah indonesia sangat kaya samapai kail ,jala dapat menghidupi kita dan tongkat kayu dan batu bisa jadi tanaman namun sekarang lagu itu hanya bisa jadi kenangan saja lirik dari lagu tersebut sudah sulit untuk ditemukan diindonesia kita ini ii smeua karena ulah manusia yang seyogyanya menjaga dan melindungi lingkungan dan habitat sekitar namun malah menghancurkan dan merusak habitat sekitar , apa yang harus kita lakukan untuk mencaapai lirik dari lagu loes plus itu bisa terwujud lagi diindonesia kita ini ?

    ReplyDelete
  109. Sangat disayangkan dan menyakitkan sekali negara kita ini, yang sudah lama dikenal dan mempunyai hutan yang hijau serta suasana yang asri dan bersih udaranya di pedesaan, kini mulai hancur dan tercemar sumber-sumber polusi dan bencana-bencana alam yang akibat dari ulah tangan-tangan anak bangsa yang tidak bertanggung jawab dan semena-menanya menebangi pohon-pohon di hutan untuk kepentingan belaka mereka sendiri, tidak memikirkan akibat yang diperbuatnya untuk negaranya sendiri. Wahai masyarakat Indonesia mari kita baha-membahu dan bekerja sama melindungi dan menjaga negara yang hijau ini dari tangan-tangan jahil yang merusak hutan kita. Pemerintah harus bertindak lebih tegas lagi dan memberi sanksi yang berat terhadap semua yang melanggar dan mengotori hutan kita. Pemerintah juga harus turun meninjau ke lapangan dan lebih banyak melaksanakan mediasi-mediasi tentang penghijauan ke masyarakat Indonesia tentang manfaat dan keuntungan dari hutan yang hijau, karena hutan yang hijau adalah sumber nafas kita dan sumber harta kekayaan mata pencarian kehidupan kita bersama.

    ReplyDelete
  110. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eva febriaty purnama
      @A24

      Makin kesini pemborosan hutan makin parah atau sangat buruk.ada lembaga lembaga yang hanya mempedulikan kepentingan sendiri tanpa memikirkan banyak dirugikan dari hal tersebut,kita lihat sekarang sulitnya menuemui suasana yang asri dengan hutan yang terjaga dan uadara yang segar,karena banyak nya yang merusak kekayaan alam ini hanya karena ingin mendapatkan uang dan keuntungan keuntungan lainnya.banyaknya yang tidak sadar penyebab dari penebangan hutan liar akan mengakibatkan tanah longsor dan banjir.hutan adalah jantung dunia kalau pohon di tebang secara liar terus menerus lapisan ozon pun akan menipis dan mengakibat kan dunia semakin panas atau di sebut (GLOBALISASI) intinya kita harus menjaga hutan kita dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab yang kita harus lakukan sekarang adalah menanam pohon dan mengurangi pemakaian kertas yang berlebihan.

      Delete