.

Oct 19, 2013

Tips Mengatasi Efek Ketergantungan Kafein

KangAtepAfia.com - Hmmm secangkir kopi panas bisa menjadikan “hidup semakin hidup”, ngantuk menjadi melek, dan galau menjadi riang gembira. Hal itu hanya berlaku bagi para penikmat kopi, yang biasa meminumnya pagi hari, tengah hari atau malam hari. Ya, kopi mengandung senyawa kafein yang berpengaruh terhadap beragam proses metabolism dalam tubuh.

Namun jika kopi diminum secara berlebihan, maka efek kafein akan menimbulkan perasaan gelisah, gugup, berdebar bahkan agak mual. Lebih jauh lagi bisa berakibat sakit kepala dan kelelahan. Lantas, bagaimana upaya meminimalkan efek kafein berlebih tersebut ?

Tentu saja tidak mudah untuk mengetahui persis berapa jumlah kafein yang dikonsumsi dalam satu hari, setiap penikmat kopi akan berbeda. Selain itu, kafein ternyata bukan hanya terkandung dalam kopi, tetapi juga dalam cokelat, the, kola, bahkan dalam jenis obat tertentu, cobalah dengan memeriksa labelnya. Lantas, bagaimana jika seseorang meminum semua jenis minuman tersebut. Ya, mudah diduga kadar kafein dalam tubuhnya akan berlebihan.

Jika efek kafein sudah berasa seperti adanya perasaan cemas dan tidak fokus, sejenak tenangkan diri terlebih dahulu. Cari tempat yang kondisinya tenang dan nyaman, ambil nafas secara perlahan namun mendalam, lambat laun perasaan gelisah akan hilang.
Jika bedan berasa gemetar, karena kafein sudah menjalar ke seluruh tubuh, segeralah minum air putih. Hal ini akan membantu melarutkan kafein dan segera keluar dari sistem metabolism tubuh melalui pembuangan urin. Salah satu efek samping dari kafein ialah menimbulkan dehidrasi. Oleh sebab itu meminum air putih beberapa gelas, merupakan solusi untuk meredakan efek samping tersebut.

Lantas, bagaimana jika efek kafein menimbulkan perasaan mual, seperti hendak muntah. Jangan ditunda lagi, segera makan sesuatu, bisa berupa nasi, roti atau buah-buahan. Kondisi perut yang terisi makanan akan turut menyerap kelebihan kafein. Sebagai catatan kafein juga bisa menurunkan nafsu makan.

Ternyata efek kafein yang berlebihan menimbulkan kehidupan menjadi kurang nyaman. Lantas, bagaimana cara menghentikan ketergantungan terhadap kafein ? Sebenarnya ketergantungan terhadap kafein erat kaitannya dengan masalah kebiasaan sehari-hari. Proses menghentikan ketergantungan artinya bagaimana memutus kebiasaan teresbut, atau menghentikan seuatu kegiatan yang selalu diulang.

Proses menghentikan ketergantungan terhadap kafein bisa berlangsung dalam 1 – 6 hari, tergantung berapa besar dosis kafein yang dikonsumsi setiap orang dalam satu hari. Efek samping dari memutus kebiasan minum kopi dengan kadar kafein tertentu ialah beberapa hal yang kurang menyenangkan seperti sakit kepala dan lekas marah. Jika efek berhenti minum kopi tersebut menimbulkan sakit kepala yang hebat, tak ada salahnya jika menggunakan analgesic dengan dosis yang sekecil mungkin. Tentu saja harus dihindari obat sakit kepala yang dalam komposisinya terdapat kafein. Hal itu akan berlangsung paling lama dalam enam  hari saja, setelah fase tersebut terlewati maka kondisi tubuh akan segera nyaman kembali.

Alternatif lainnya untuk mengurangi tingkat konsumsi kopi yang berkadar kafein ialah dengan meminum kopi bebas kafein. Setidaknya perasaan kehilangan secangkir kopi pada pagi, siang atau malam hari akan terobati. (Atep Afia/Sumber : www.caffeineheadache.net)


Sumber Gambar:
http://www.whatnext.com/pinboard?search%5Btags%5D=Humor


32 comments:

  1. Kafein banyak terdapat didalam kopi, karena berfungsi sebagai penghilang rasa kantuk, tetapi alangkah baiknya apabila kita mengimbangi pengonsumsian kopi tsb agar tdk menyebabkan ktrgantungan yg tentunya merugikan tubuh.

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya.
    minumah kopi 2 gelas dalam sehari, pagi atau sore hari sepulang kerja. Bila pagi hari, hiruplah aroma kopi sehingga membangkitkan gairah kerja otak. bila sore hari nikmati secangkir kopi bersama pisang goreng atau singkong goreng menambah rasa nikmatnya kopi tersebut setelah seharian bekerja. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda, selamat mencoba.!! terimakasih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasi tentang kafein, kebetulan saya termasuk penikmat kopi dalam sehari 2 cangkir sehari cukup. Entah itu sugesti atau apa setiap habis minum kopi saat sibuk bekerja membuat lebih tenang pikiran.

    ReplyDelete
  4. Nah benar sekali pak.
    Kopi memang tak lepas dari keseharian penduduk indonesia.
    Okeh karenanya kan sekarang ada white coffe yang rendah cafein dam aman bagi lambung.
    Dengan begitu para penikmat kopi tetap bisa merasakan minum kopi tanpa mendapatkan efek sampingnya.

    ReplyDelete
  5. Informasi yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan, benar memeng bila seseorang yang telah kecanduan hal yang berbau kapein bisa berakibat fatal, dalam informasi pencegahaan nya sangat bermanfaat, dimana kita bisa atsi semua itu dengan cara yang mudah.

    ReplyDelete
  6. Kopi dengan sejuta tumpukan kafeinnya yang banyak menimbukan perasaan gelisah, gugup, berdebar bahkan agak mual memang tak terelakkan nikmatnyaa bagi para pecintanya.
    Kopi memang tak lepas dari keseharian penduduk indonesia.
    tapi bener sih pak bagaimana para pecinta kopi bisa tetap menikmati kopi mungkin dengan Alternatif untuk mengurangi tingkat konsumsi kopi yang berkadar kafein ialah dengan meminum kopi bebas kafein atau trendah akan kafein.

    ReplyDelete
  7. Informasi yang sangat bagus pa....
    Saya melihat bahwa kopi sudah menjadi tradisi yang tidak bs lagi dihilangkan kecuali dgn menemukan minuman pengganti yg rasanya jauh lebih nikmat dari kopi.

    ReplyDelete
  8. benar pak memang rata raTa penikmat kopi merasa lebih nyaman .dari ngntuk menjadi tidak ngntuk. apalagi yg menikmati kopi sambil merokok tapi mereka tidak tau bahwa kafein yg berada dalam kopi itu kurang baik,, mungkin dengan menkonsumsi air putih lenebih banyak itu bisa sdkit membantu membersih kan kafein dalam tubuh .

    ReplyDelete
  9. Memang benar adanya bahwa masyarakat sangat menyukai kopi ini karena memang kafein memiliki efek sebagai stimulant syaraf pusat bahkan berkhasiat juga sebagai antioksidan, namun alangkah baiknya untuk membatasi minum kopi ini karena kafein memiliki efek negatif pula salah satunya yaitu meningkatkan asam lambung yang mengakibatkan rasa perih, apalagi penderita maag sebaiknya menghindari jenis minuman ini. Salah satu caranya adalah mengganti secangkir kopi dengan secangkir teh hangat karena teh juga memiliki khasiat yang baik pula.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Memang tak mudah menghilangkan kebiasaan minum kopi dalam kehidupan sehari hari saya sendiripun merupkan penikmat kopi yang keseharianya tak pernah lepas dari minum kopi,tapi dibalik rasa kopi yang sangat nikmat tak banyak yang saya ketahui,banyak dampak negatif yang di timbulkan oleh senyawa kafein,oleh karna itu artikel ini sangatlah bermanfaat bagi saya dankira mungkin bagi semua penikmat kopi agar lebih tau banyak tentang kopi tidak hanya sekedar menikmatinya saja tapi harus tau dampak dari minum kopi itu sendiri

    ReplyDelete
  12. Banyak hal mudah untuk membuat kopi terasa nyaman di konsumsi. minumlah kopi yang berekstrak menyegarkan dan menghangatkan tubuh, seperti halnya kopi susu jahe. kopi ini sangat cocok untuk para pecinta kopi yang membutuhkan semangat baru. referensi dari saya minumlah kopi yang membuat anda selalu lebih istimewa

    ReplyDelete
  13. Konsumsilah Kopi dengan kebutuhan saja, karena bahan kafein ini sangatlah berpengaruh sangat besar jika dikonsumsi secara continue, seimbangkan kan tingkat kafein yang kita konsumssi dengan kebutuhan diri kita.
    Memang kopi sangtatlah membantu kita dalam menyemangatkan hari ketika kita di selimuti rasa kantuk, tapi sekali lagi seimbangkan kafein tersebut dengan diri kita.

    ReplyDelete
  14. efek kafein kalo sudah kecanduan memang sangat berbahaya, jadi konsumsilah kopi saat memang lagi dibutuhkan untuk teman aja jangan sampe kecanduan

    ReplyDelete
  15. kafein merupakan zat yang terkandung dalam kopi
    para remaja bahkan orang dewasa gemar mengonsumsi kopi tanpa mengenal waktu baik itu pagi,siang atau malam tanpa mempedulikan efek sampingnya
    untuk meminimalisir efek samping dari mengonsumsi kopi tiap harinya di imbangi dengan minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan agar kesehatan tubuh tetap terjaga

    ReplyDelete
  16. Dari sederet orang yang pernah saya tanya kenapa sih suka kopi? Rata-rata jawaban mereka adalah kalau tidak minum kopi rasanya tidak tenang atau gelisah. Dari situ saya menjadi bertanya-tanya pada diri saya, apakah benar seperti itu, saya aja tidak seperti itu. Ternyata pertanyaan seperti itu belaku hanya untuk para penikmat kopi saja. Memang benar kopi bisa menyebabkan seseorang menjadi kecanduan. Mereka tidak tau efek dari kefein yang terkandung di dalam kopi sendiri.
    Mengatasi ketergantungan kopi bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi kopi. Kebiasaan seperti itu akan membuat orang terbiasa dengan tidak minum kopi secara berlebihan. Tips lainnya adalah dengan mengimbangi makanan yang 4 sehat 5 sempurna agar daya tahan tubuh dan kesehatan tetap terjaga.

    ReplyDelete
  17. Kafein memang membuat orang sangat bergairah bahkan ketagihan, namun perlu diperhatikan lagi untuk efek kedepannya terhadap kesehatan kita.
    Kafein perlu dikurangi sedikit demi sedikit untuk menjaga kesehatan kita nantinya.

    ReplyDelete
  18. Kopi memang salah satu minuman terpopuler di dunia,Jutaan orang sangat suka dengan rasanya. Apalagi sekarang penyajian kopipun beragam, hingga orang orang tidak bosan meminumnya dan akhirnya menjadi ketergantungan. Artikel ini sangat berguna bagi para pecinta kopi agar tau dampak negatif pengkonsumsian berlebih dan cara mengatasi efek ketergantungan kopi.
    Ijin share yah pak...

    ReplyDelete
  19. Sangat lah tidak baik jika mengkomsusi kopi secara berlebihan,sudah banyak di ketahui kalangan masyrakat pecinta kopi,efek jika sering mengkomsusi kopi secara berlebihan sangat kurang baik untuk kesehatan,kurang tidur,memperlamabat kerja kelenjar andrinalin,sebaiknya mengkomsusi kopi tidak terlalu berlebihan.

    ReplyDelete
  20. kopi ? (K)etika (O)tak (P)erlu (I)nspirasi

    banyak cara menikmati kopi..
    kafein yang terkandung dalam kopi memang sangat tidak bagus bagi kesehatan tubuh..

    tapi bila dikonsumsi dengan bijak dengan tidak berlebihan maka kandungan kafein tidak terlaalu berpengaruh ke tubuh ..

    ReplyDelete
  21. kopi adalah suatu minuman yang banyak diminum dan salah satu minuman yang terpopuler didunia. walaupun banyak mengandung kafein. Jika efek kafein sudah berasa seperti adanya perasaan cemas dan tidak fokus, sejenak tenangkan diri terlebih dahulu. Cari tempat yang kondisinya tenang dan nyaman, ambil nafas secara perlahan namun mendalam, lambat laun perasaan gelisah akan hilang.dan berasa gemetar, karena kafein sudah menjalar ke seluruh tubuh, segeralah minum air putih untuk melarutkan kafein yg mengedap didalam tubuhh.

    ReplyDelete
  22. memang benar pak,mengkomsumsi kopi yang berlebihan dari pagi,siang dan malam setiap hari,sangat dirasakan dampaknya selain membuat tubuh kita menjadi bergairah disaat sedang lelah,tentunya ada efek kafein yang berlebih tidak baik bagi kesehatan dengan menurunnya nafsu makan sehingga mengganggu pencernaan dan meningkatkan kadar zat asam dilambung.bagi penikmat berat yang sudah kecanduan zat kafein ini biasa setiap hari setelah bangun pagi, lebih mengutamakan minum kopi dari pada sarapan paginya.sehingga menurunkan nafsu makan karena tubuh merasa kenyang setiap saat yang berakibat mengganggu kesehatan pada lambung dan pencernaan ditubuh kita,ada baiknya bila kita minum kopi tidak berlebihan dan mengurangi kadar kafeinnya.sebelum kita dirawat tim medis dari internis gastro dan tindakan endoskopi seperti yang pernah saya alami.terima kasih pak untuk infonya.semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  23. Apa efek yang dapat ditimbulkan jika kafein dicampur dengan susu ?

    ReplyDelete
  24. Kafein memiliki efek yang bermacam-macam pada metabolisme tubuh, salah satunya menstimulasi sistem saraf pusat, tetapi kafein tidak memberikan efek ketagihan. Kafein bekerja dengan meningkatkan dopamin yang memberikan efek senang dan menghambat reseptor adenosin yang dapat menghilangkan rasa kantuk.
    Tetapi jangan terlalu banyak mengkomsumsi minuman yang mengandung kafein karena tidak baik untuk tubuh kita
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  25. mengenai kafein..?????
    menurut saya kenikmatan kopi tersendiri tu mnngandung dengan sejuta tumpukan kafein yang banyak menimbukan berbagai masalah perasaan gelisah, gugup, berdebar bahkan agak mual memang tak terelakkan nikmatnyaa bagi para pecintanya.
    Ternyata efek kafein yang berlebihan menimbulkan kehidupan menjadi kurang nyaman. makanya dengan Alternatif untuk mengurangi tingkat konsumsi kopi yang berkadar kafein ialah dengan meminum kopi bebas kafein atau trendah akan kafein.
    terima kasih...

    ReplyDelete
  26. teimakasih atas infonya pa atep,,,
    kopi,,???????????
    adalah minuman kebiasaan yang sangat digemari untuk orang indonesia bahkan mungkin dunia,tapi disini berbicaran tentang efek kopi jika mengkonsumsi secara berlebihan,memang benar efek kopi tersebut sudah di jelaskan diatas,tetapi jika itu dikomsumsi secara berlebihan,,,,,
    tetapi selain efek buruknya ada juga efek baiknya
    Kopi meningkatkan metabolisme hingga 20 persen, menurut penelitian. Bahkan bisa memicu mekanisme peremajaan jaringan otot.

    * Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi setara dengan dua cangkir kopi satu jam sebelum olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko nyeri otot hingga 48 persen. Sebelum olahraga, kopi akan merangsang produksi energi dan pembakaran lemak.

    * Kafein melakukan pengambilan glutamat yang merupakan penghambatan di otak Anda, sehingga membuat Anda waspada dan siap beraktivitas
    itu jika kita mengkonsumsi tidak berlebihan,,,,,,,,
    sekian trimakasih,,,,,,,,

    ReplyDelete
  27. Terimaksih pak Atep atas infonya ,
    dalam artikel di atas banyak informasi yang saya dapat yang sebelum nya saya belum dapat.
    sekarang saya jadi tau sebab saya sering mengalami mual pada saat setelah minum kopi dan sekarang apabila hal tersebut terjadi lagi saya akan segera memakan makanan atau buah buahan untuk menurunkan kadar kafein di dalam tubuh.
    namun yang ingin say tanyakan dalam artikel tersebut adalah efek kafein yang berlebihan menimbulkan kehidupan menjadi kurang nyaman itu di sebabkan kira kira kenapa pak ??
    sekian terima kasih

    ReplyDelete
  28. Terimaksih pak Atep atas infonya ,
    dalam artikel di atas banyak informasi yang saya dapat yang sebelum nya saya belum dapat.
    sekarang saya jadi tau sebab saya sering mengalami mual pada saat setelah minum kopi dan sekarang apabila hal tersebut terjadi lagi saya akan segera memakan makanan atau buah buahan untuk menurunkan kadar kafein di dalam tubuh.
    namun yang ingin say tanyakan dalam artikel tersebut adalah efek kafein yang berlebihan menimbulkan kehidupan menjadi kurang nyaman itu di sebabkan kira kira kenapa pak ??
    sekian terima kasih

    ReplyDelete
  29. Mungkin jia memang harus minum kopi pemilihan waktu yang tepat dapat mempengaruhi.pilihlah pada waktu pagi hari, untuk menambah kebugaran tubuh. Karena kafein dapat membantu dalam memberikan efek tenang dan fres tentunya pada dosis yang pas.
    Namun jika berlebihan akan menimbulkan efek seperti pada artikel di atas. Kemudian cobalah untuk tidak meminum kopi pada malam hari. Karena akan menggangu kualitas tidur yang dibpengaruhi oleh efek kafein. Artikel ini sangat bermanfaat menurut saya dengan banyak penjelasan mengenai kafein yang dapat kita pertimbangkan jika meminum kopi sebaiknya jangan ninum teh lagi ataupun makan coklat yang kita tau mengandung kafein.karena dapat mengkonsumsi kafein dalam kadar yang berlebihan.

    ReplyDelete
  30. memang jika kita merasa ngantuk lalu minum kopi mata kita kembali segar lagi mungkin dari efek kafein itu tersendiri yang membuat mata melek lagi,jaditida ada salahnya kita minum kopi disaat mata ngantuk atau kurang mute,dengan cacatatan tidak berlebihan.

    ReplyDelete
  31. Soleh Hakim Ansori
    @A11 - SOLEH
    seperti halnya suatu makanan, kafein juga memiliki efek yang cukup baik misalnya dapat menjaga kesadaran sehingga tidak cepat ngantuk bagi yang meminumnya. namun apabila dikonsumsi berlebihan kafein juga dpt menimbulkan efek yang buruk terutama bagi orang yang memiliki kelemahan pada lambungnya misal dapat menyebabkan mual , sakit perut, bahkan muntah-muntah. menurut saya apabila dikonsumsi dengan porsi yang tepat kafein dapat menjadi solusi agar kita tidak mudah ngantuk, namun ingat jangan berlebihan.

    ReplyDelete
  32. @A12-INDA
    sebaik nya yang menderita penyakit magh harus tidak mengonsumsi secara berlebian karena tidak baik untk kesehatan.dan kafein ini menyebabkan ketergantungan bagi yang meminum nya .

    ReplyDelete