.

Apr 22, 2013

Planet Bumi Harus Diselamatkan !

Oleh : Atep Afia Hidayat - Manusia sudah digariskan dalam proses penciptaannya bakal membuat kerusakan. Fakta sudah menunjukkan, serta bisa dilihat dari situasi dan kondisi planet Bumi yang terus menerus mengalami degradasi. Bumi yang hijau karena vegetasinya, atau biru karena air lautnya, kini nyaris kelabu, diselimuti polutan. Apalagi di atmosfer kota-kota besar yang padat pendudukan, warna kelabu itu sudah menjadi hitam-pekat.

Atmosfer kota-kota seperti Beijing, Calcutta, New Delhi bahkan Jakarta sudah dipenuhi debu dan kenyamanan penduduknya sudah terganggu. Untuk sekedar memperoleh udara bersih dan segar, penduduk harus terlebih dahulu pergi ke luar kota yang berjarak puluhan hingga ratusan kilometer. Tak heran jika pada hari-hari libur kawasan Puncak yang terletak antara Bogor-Cianjur selalu diserbu penduduk Jakarta, yang hanya sekedar mencari udara bersih.

Bumi kini adalah planet yang tengah menuju kehancurannya. Bagaimana tidak, hampir sebagian penduduk berpartisipasi dalam proses pengrusakan. Ada yang menebangi hutan, baik dengan peralatan tradisional atau dengan gergaji mesin dan peralatan canggih lainnya.

Ada yang terus menerus membuang sampah seperti plastik, logam dan sebagainya. Plastik terus di produksi seiring dengan konsumsinya yang makin meningkat. Kini plastik seolah sudah menjadi kebutuhan pokok, segala barang hampir selalu ada unsur plastiknya. Namun, ternyata, limbah plastik sulit dihancurkan, hingga berserakan menutupi sebagian permukaan bumi, makin meluas, dan tak mustahil suatu saat plastik akan menutupi seluruh permukaan bumi. Ini berarti bencana, berbagai proses ekologi Bumi akan terganggu, tanah menjadi tandus, berbagai jasad reniknya akan musnah, aliran air terhambat hingga menjadi rawan banjir, bahkan iklim pun akan terganggu.

Ini baru akibat plastik saja, padahal, sampah dan limbah itu berwujud ribuan zat, baik padat, cair atau gas, dan setiap detik terus menerus menjejali permukaan Bumi, tempat dimana manusia hidup dan berkembang biak. Kenyataannya sebagian dari sampah dan limbah itu beracun dan yang diracuni justru kehidupan manusia sendiri.

Sebagai gambaran, jumlah kendaraan bermotor di kota-kota besar terus meningkat. Di Jakarta umpamanya, kini terdapat lebih dari 9,6 juta kendaraan bermotor. Sudah jelas dari sekian banyak kendaraan bermotor itu, satu pun tak ada yang bebas polusi. Gas buangan itu dilepas dengan leluasa ke atmosfer hingga menambah kelabu warna permukaan Bumi. Pabrik-pabrik pun melepas gas buangan, begitu pula rumah-rumah. Tak heran jika jumlah penderita penyakit paru-paru terus meningkat karena paru-parunya sendiri teracuni. Ironisnya, banyak juga yang dengan sengaja meracuni diri sendiri, umpamanya dengan mengisap rokok. Sekali lagi, manusia memang membuat kerusakan, bahkan merusak diri sendiri.

Kini di kota-kota besar banyak bermunculan klub-klub kebugaran jasmani, yang mengupayakan agar para anggotanya sehat jasmani. Namun semua itu nyaris tak ada artinya jika lingkungan tempat tinggal tidak dibenahi, umpamanya udara di sekitarnya dibiarkan apa adanya, kotor, berdebu, bahkan mengandung gas berbahaya beracun. Sudah selayaknya setiap penduduk bahu-membahu untuk membangun dan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang sehat.

Upaya yang dapat ditempuh antara lain, penghijauan, mengurangi konsumsi bahan bakar, serta sedapat mungkin menjauhi lokasi-lokasi industri. Idealnya lokasi pemukiman penduduk dijauhkan dari kawasan industri. Namun kenyataannya masih semberawut, pabrik berdempet-dempet dengan pemukiman penduduk. Penduduk disekitar pabrik akan banyak mengalami gangguan, mulai dari kebisingan, limbah, polusi dan cadangan air bawah tanah yang teredot.

Penduduk kota-kota besar yang padat industri, seringkali dihingapi stress, hingga berbagai penyakit pun bermunculan, baik penyakit yang bersifat medis atau psikologis. Lingkungan kota-kota besar sudah tercemar sedemikian rupa, hingga kondisinya tak ideal lagi untuk dijadikan tempat tinggal yang nyaman. Namun karena tak ada pilihan lain, terpaksa sebagian penduduk harus tinggal dilokasi-lokasi kumuh, tercemar dan sanitasinya buruk. Pemukiman kumuh makin meluas, kota-kotapun makin berantakan. Dengan kata lain, Bumi kita kini dan esok adalah planet yang makin diwarnai kekumuhan.

Bumi memang sedang menuju kehancurannya. Tak bisa disangkal suatu saat kehidupan di Bumi ini akan berakhir. Gejala-gejala ke arah itu sudah tampak, umpamanya dengan adanya suhu rata-rata Bumi yang cenderung meningkat. Di Bumi sedang terjadi proses pemanasan (global warming), tak lain karena ulah penduduknya juga yang terlampau rakus dalam mengeksploitasi sumberdaya alam. Kalau pemanasan global tak terkendalikan lagi, maka Bumi akan “mencair”, hingga membentuk gumpalan-gumpalan sebagaimana dalam proses pembentukannya.

Untuk menghambat proses degredasi ekosistem Bumi, tak ada pilihan lain, harus ada semacam “kebulatan tekad” di antara seluruh penduduknya yang kini mendekati angka 7 milyar jiwa. “Kebulatan tekad” itu berisikan kesepakatan bersama untuk mengurangi proses pembakaran, menekan jumlah output sampah dan limbah, memusnahkan senjata nuklir, menciptakan perdamaian dan kesejahteraan.

Untuk mewujudkan semua itu tak cukup dengan konferensi atau KTT belaka, yang terpenting ialah adanya tindakan nyata. Tak ada pilihan lain, untuk terwujudnya situasi dan kondisi Bumi kita yang lebih cerah,segenap ekosistem (biosfer) harus tetap terpelihara dalam keseimbangan. Dengan kata lain, gerakan sadar lingkungan (darling) harus betul-betul “mendunia”. Persoalan lingkungan merupakan persoalan global, dengan demikian harus ditangani secara komprehensif. Selamatkan Bumi !!! (Atep Afia)

Sumber Gambar:
http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/05/11/article-2142884-130A0F22000005DC-879_964x959.jpg




71 comments:

  1. Semoga Tulisan ini dapat memberi pengertian buat manusia sehingga lebih mencintai bumi kita ini

    ReplyDelete
  2. Bumi merupakan tempat makhluk hidup berpijak, dari artikel diatas dijelaskan kerusakan bumi itu diakibatkan dari ulah manusia itu sendiri yang tidak bisa merawat dan menjaga bumi kita ini. untuk mewujudakan bumi kita kembali hijau lagi adanya suatu kepedulian manusia itu sendiri betapa pentingnya untuk menjaga bumi kita dengan melakukan hal yang kecil seperti penghijauan.

    ReplyDelete
  3. untuk upaya menyelesaikan masalah kerusakan sudah dangat terlihat jelas pada artikel ini namun jika untuk melibatkan banyak orang itu sangatlah sulit dan belum ada mekanisme yg tepat, karena sebuah kedisiplinandalam menjaga lingkungna itu tidak cukup waktusehari dua hari satu orang atau dua orng. kita butuheaktu lama denganjumlah orang yg tidak sedikit, namun semua ini harus kembali pada pribadi masing-masing manusia tidak ada salahny akita menjaga lingkungan karena lingkungan tempat kita berpijak.

    ReplyDelete
  4. untuk menyelamatkan Bumi ini perlu keikutsertaan dari semua pihak karena jika hanya perorangan saja program untuk menyelamatkan bumi ini tiak dapat terlaksana dengan baik. memang terlihat sulit namun jika semua komponen itu bisa bersatu pasti bumi bisa diselamatkan dari kehancuran.

    ReplyDelete
  5. perlu kesadaran dari semua pihak agar bumi kita tetap terjaga dan kelak anak cucu kita masih bisa merasakan

    ReplyDelete
  6. Mari kita selamatkan bumi dari ancaman global warming untuk masa depan generasi berikutnya. hidup go green

    ReplyDelete
  7. "Upaya yang dapat ditempuh antara lain, penghijauan, mengurangi konsumsi bahan bakar, serta sedapat mungkin menjauhi lokasi-lokasi industri." Saya 'agak pesimis' dengan upaya tersebut jika dilihat dari kondisi nyata saat ini. Apakah masih bisa untuk mengurangi konsumsi bahan bakar? Sedangkan yang kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor tiap periode selalu meningkat. Serta
    "sedapat mungkin menjauhi lokasi-lokasi industri" terdengar lucu bagi saya. Karena, sesuai artikel yang pernah saya 'konsumsi', peraturan pemerintah (saya lupa pasal-pasalnya) mengatakan bahwa dalam mendirikan industri, mereka harus memperhatikan lingkungan sekitar. Seperti tidak dekat dengan pemukiman warga serta sumber air. Tapi jika kita kembali ke artikel, ini berarti warga yang harus hijrah bukan industri yang harus taat akan hukum..

    ReplyDelete
  8. bumi memang semakin memprihatinkan. banyak polutan yang merusak ekosistem dibumi seperti yang dituangkan diatas. mugkin ini juga disebabkan kemajuan teknologi, oleh karena itu seharusnya disamping kemajuan-kemajuan yang diciptakan diimbangi dengan kaemajuan dalam penanganan lingkungan sehingga keseimbangan alam tetap terjaga.

    ReplyDelete
  9. Memang benar apa yang dikatakan pada artikel tersebut bahwa kondisi Bumi saat ini makin hari makin memprihatinkan saja. Ironisnya, kondisi tersebut disebabkan karena ulah manusia sendiri. Maka sudah sewajarnya jika kita sebagai warga Bumi mulai dari detik ini harus sadar dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian Bumi ini. Memang butuh waktu yang lama atau bahkan tidak mungkin untuk mengembalikan kondisi Bumi seperti semula, tapi paling tidak kita membawa perubahan yang lebih baik untuk Bumi, tapi tentu saja semua itu perlu kesadaran dan komitmen seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan Bumi yang nyaman, hijau, dan aman untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

    ReplyDelete
  10. semakin tua usia bumi ini semakin rapuh pula segala isinya ditambah lagi kelakuan manusia yang tidak lagi perduli dengan perkembangan bumi yang ditinggalinya. upaya pemerintah sepertinya tidak terkoordinir dengan baik karena masih banyak kekurangan. dan disinilah seharusnya peran kita membantu meringankannya. karena keutuhan bumi ini juga untuk kita nikmati hasilnya kelak.

    ReplyDelete
  11. bumi yang kita pinjak memang sudah semakin rapuh, karena ulah dari manusia nya sendiri,dan pemanasan global yang mulai berdampak pada bumi, maka dari itu diperlukannya perbaikan dan penyelamatan bumi di mulai dari hal yang kecil oleh karena itu perlu adanya pemulihan bumi mulai dari hal yang kecil dan penghijauan di berbagai tempat agar bumi yang kita tempatkan tidak musnah akibat ulah manusia. mulai mencanangkan cinta bumi dari sekarang

    ReplyDelete
  12. tindakan kecil dari tiap-tiap pribadi yang dapat menyelamatkan bumi kita ini adalah dengan gaya hidup ramah lingkungan, selain menjaga kelestarian bumi tentunya juga bermanfaat untuk kita sendiri.

    beberapa hal sederhana yang bisa menyelamatkan bumi:

    1. Matikan lampu saat tidak digunakan

    2. Tutup keran air jika sudah tidak diperlukan

    3. Gunakan kantong plastik ramah lingkungan/kantong plastik yang bisa hancur

    4. Buatlah sumur untuk resapan

    5. Tanamlah pohon dan pelihara

    6. Cek emisi kendaraan secara berkala

    7. Pilah sampah sebelum dibuang

    8. Hematlah penggunaan kertas

    Dengan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan seperti di atas dapat menghemat penggunaan energi seperti listrik dan air serta sumber energi lain yang tidak dapat diperbaharui.
    Penghematan energi adalah langkah nyata untuk menyelamatkan bumi kita.

    Nurdin
    41611120064

    ReplyDelete
  13. Planet Bumi Harus Diselamatkan !
    jika membaca judulnya mengingatkan sewaktu masa kecil saya ada POWER RANGERS yang menjaga planet bumi,
    tapi bukan mereka yang menjaga planet kita, tapi masing-masing individunya harus ikut menjaga dan menyelamatkannya

    ReplyDelete
  14. ini benar-benar memprihatinkan!!! jumlah populasi manusia yang sudah mendekati angka 7 millyar. untuk pernapasannya saja sudah cukup membebani bumi karena mengeluarkan CO2 .belum lagi kendraan bermotor dan mesin-mesin produksi,di sisi lain kenyataan yang terjadi adalah keputusan pihak pemerintah yang sering kali tidak memihak pada lingkungan salah satunya kita sebut saja pembangunan PLTU Batubara Kabupaten Batang,Jawa Tengah.mega project yang berkapasitas produksi 3 kali 10.000 MW itu perlu dipertanyakan apakah perlu ada di negeri yang berlimpah sinar matahari,arus sungai yang hebat,arus laut yang selalu tersedia.semua sumber alam tersebut merupakan sumber green energy yang sangat ramah lingkungan jika,dibandingkan dengan PLTU batubara.kita semua tahu dampak dari fly ash (debu terbang) yang dihasilkan dari sisa produksi batubara sangat mengancam kehidupan manusia.belum lagi untuk pembangunan lokasi PLTU sebagian lokasi konservasi terumbuk karang harus di korbankan.mari kita mulai langkah kecil dalam kasus yang besar ini.karena bumi ini bukan kita warisi dari leluhur kita melainkan sementara kita pinjam dari anak cucu kita-generasi yang akan datang

    ReplyDelete
  15. Mari kita jadikan "Go Green" bukan sekedar slogan. Mari kita mulai menjalani hidup kita secara "hijau". Sangat menakutkan jika suatu saat bumi kita berubah menjadi planet hitam dan kita sudah tidak dapat melakukan apa-apa lagi.

    ReplyDelete
  16. tepat sekali dengan judul artikel ini, memang planet bumi ini harus diselamatkan karena semakin lama bumi ini keadaan nya semakin parah , oleh karena itu mari kita semua bersama-sama menjaga dan menyelamatkan planet bumi ini, yah mungkin dengan cara mengurangi polusi, melakukan penanaman pohon , dll. karena peran semua ornag yang sangat diperlukan dalam hal ini.
    terimakasih

    ReplyDelete
  17. tulisan yang sangat menarik dan bermanfaat. tanpa kita sadari panet kita berada pada kondisi di ujung tanduk. bila kita tidak cepat sadar dan berusaha menyelamatkannya maka keadaan bumi kita akan semakin parah. konsep go green adalah salah satu konsep yang bisa menyelamatkan bumi kita. oleh karena itu mari kita galakkan go green sejak dini, agar kelangsungan bumi kita tetap terjaga.

    ReplyDelete
  18. saya setuju dengan judul artikel ini namun hal utama yang mengkawatirkan diatas ialah dari faktor manusia itu sendiri yang tidak perduli dengan keadaan bumi kita ini tentu dengan segala teori dan program yang dijalankan diharapkan akan berjalan dengan semestinya namun kita ketahui bahwa sesungguhnya bila manusia itu sendiri yang tidak mau berubah dan lebih peduli akan bumi ini tentunya semua program itu hanyalah angan angan belaka.

    ReplyDelete
  19. bumi merupakan tempat kita dilahirkan di di besarkan tetapi akankah kita membiarkan rumah kita ini hancur akibat perbuatan orang2 yang tidak bertanggung jawab. rusaknya bumi tidak lain karena ulah manusia dan kita pun secara tidak langsung berkontribusi dalam rusaknya bumi. go green adalah solusi untuk menyelamatkan bumi. go green untuk masa depan bumi!

    ReplyDelete
  20. Bumi memang sudah pasti akan mengalami kehancurannya, namun apakah kita sebagai manusia akan membiarkan hal tersebut begitu saja? banyak hal yang dapat dilakukan untuk menekan kecepatan kehancuran bumi yaitu dengan melakukan reboisasi, tidak membuang sampah sembarangan dan mencegah terjadinya polusi.

    ReplyDelete
  21. saya setuju dengan harus menjalankan tindakan nyata , talk less do more think more and more, hand to hand sangat di perlukan dalam kasus ini , bumi adalah tempat kita berpijak , siapa lagi yang merawat rumah kita (bumi) semakin parah bumi semakin parah juga kehidupan manusia , pikirkan masa depan orang-orang yang hidup di masa depan, maka dari itu lebih di tekankan lagi dalam hal ini pada setiap induvidu bekerjasama saling membantu akan masalah yang berat ini , mari cari solusi nyata mari bermusyawarah kan hal ini

    ReplyDelete
  22. perlu adanya kesadaran masyarakat untuk membenahi semua yang terjadi di bumi ini. seperti mengurangi pemakaian bahan bakar,mengurangi penggunaan plastik,hemat energi.melakukan penghijauan. untuk membenahi bumi yang sedang di landa kehancuran seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  23. planet bumi sebagai tempat kita tinggal sudah seharusnya kita jaga dengan sebaik baiknya. kita hidup dibumi ini harus memiliki timbal balik yang seimbang dengan apa yang bumi berikan kepada kita seperti melakukan penghijauan, mengurangi polusi, tidak melakukan penebangan hutan secara liar dan masih banyak hal yang dapat kita lakukan. lagi lagi manusia menjadi faktor utama terhadap kerusakan yang terjadi dibumi kita ini, apakah kita sebagai mahluk yang tidak melakukan hal buruk terima atas apa yang telah dilakukan oleh orang lain yang memberikan dampak buaruk bagi kita semua ? oleh karena itu mulai dari sekarang kita harus menumbuhkan rasa perduli terhadap bumi kita ini.

    ReplyDelete
  24. Bumi memang semakin tua tapi sebetulnya jika kita tidak terus menerus merusaknya, bumi ini bisa menjadi tempat yang sangat indah tetapi sekarang banyak sekali manusia yang terus menerus mengeksploitasi bumi dan akhrinya menjadi kritis seperti sekarang ini manusia diciptakan oleh tuhan menjadi pemimpin dibumi agar dapat memelihara bumi dan memimpin bumi ini agar menjadi yang lebih baik bukan merusaknya seperti sekarang, maka tumbuhkanlah rasa peduli terhadap bumi mulai detik ini.

    ReplyDelete
  25. dalam menyelamatkan bumi itu adalah peran penting yang harus dilakukan oleh seluruh makhluk hidup di dunia ini. bumi sudah semakin tua dan rapuh, namun banyak sekali yang ingin selalu merusaknya tanpa mereka sadari. pemanasan global kini sudah sangat kita rasakan dampaknya, dampak pemanasan global yang sangat populer adalah efek rumah kaca. marilah kita perbaiki bumi tempat kita berteduh dan berlindung. apabila bumi semakin rusak, kita tinggal dimana nantinya? marilah peduli kepada tempat tinggal kita ini.

    ReplyDelete
  26. Bumi dan manusia merupakan suatu kesatuan yang tidak
    terpisahkan, manusia sebagai penghuni planet bumi menjadi makhluk ataupun satu kesatuan masyarakat ekologis yang interdependen dengan para makhluk hidup lainnya di bumi ini. jika bumi kita sedikit demi sekidit hancur oleh karna ulah manusia yang tidak bisa menjaga buminya. oleh karena itu kita harus menjaga bumi kita agar tidak semakin parah dan kita harus peduli dengan tempat berpijak ini.

    ReplyDelete
  27. Saat ini yang bisa di ketahui, planet yang bisa di singgahi atau yang bisa di jadikan tempat tinggal makhluk hidup seperti manusia itu hanyalah bumi.. Bumi mempunyai milyaran bahkan triliunan kekayaan alam, dan masih banyak yang dimiliki bumi sehingga bisa di jadikan tempat tinggal bagi para manusia.. Dari manusia ini sendiri, kita harus selalu manjaga bumi kita, walaupun kita tak bisa berkontribusi banyak dalam menjaga bumi ini, setidaknya dari hal hal yang kecil kita bisa lakukan sehari hari..

    ReplyDelete
  28. bumi adalah salah satu planet yang sekarang kita tempati, tapi apakah bumi kita bisa terus indah dengan kondisi sekarang ini???
    mungkin bumi sekarang semakin kesini semakin hancur karena ulah kita sendiri..
    maka dari itu mari kita selamatkan bumi kita dari kehancuran dengan menjaga yang ada di dalam bumi kita ini...

    ReplyDelete
  29. Manusia pada hakekatnya diciptakan adalah sebagai Kholifah (Pemimpin) yang mampu memimpin diri sendiri dan tempat tinggalnya.Oleh karenanya manusia diberikan Ilmu yang tidak dimiliki oleh makluk lain ciptaan-NYA.

    Namun ilmu yang dimiliki manusia sering kali disalah gunakan untuk kepentingan sendiri dan memperkaya diri.

    Bila kita lihat kondisi bumi saat ini yang WAJIB kita lakukan adalah melakukan penghematan ENERGI dan tidak merusak EKOSISTEM kehidupan.

    Mulailah dari diri sendiri lalu ajaklahh orang disekitar kita untuk mencontoh apa yang kita lakukan untuk sedikit memanjangkan usia Bumi kita tercinta..

    ReplyDelete
  30. setiap manusia atau individu perlu mengetahui tentang keadaan alam sekitar yang semakin tercemar dan sepatutnya dilakukan gerakan atau terobosan yang tepat oleh mereka untuk menjaga alam sekitar.

    ReplyDelete
  31. Kita tahu bahwa hampir setiap penunjang kebutuhan hidup manusia sehari-hari, semuanya bersumber dari bahan-bahan yang memiliki kemampuan untuk merusak lingkungan. Seperti halnya, motor/mobil/alat-alat transportasinya yang menggunakan bahan bakar fosil yang gas buangannya dapat merusak keadaan atmosfer bumi ini, kemudian kita juga tahu bahwa hampir semua produk-produk yang kita gunakan pasti terbuat dari bahan polimer (plastik), yang mana kita juga sama-sama tahu bahwa bahan polimer mempunyai sifat yang sukar untuk hancur secara alami. Inilah yang sebenarnya menjadi masalah pokok kita yang sama-sama kita harus selesaikan dengan kesungguhan hati.

    Bagi pemerintah, dimana cara pemerintah yang bisa digunakan untuk menekan angka polusi, yaitu salah satunya adalah menekan pertumbuhan keberadaan kendaraan pribadi dengan cara memperbaiki infrastruktur transportasi umum, agar warga bisa lebih tertarik untuk menggunakan transportasi umum tersebut. Untuk pabrik-pabrik yang mencemari lingkungan, pemerintah bisa tegas dalam mengambil tindakan, mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang bisa menimbulkan efek jera kepada para tersangka pencemar lingkungan, dan pemerintah juga harus berupaya memiliki kesungguhan dalam menjalankan kebijakan-kebijjakan tersebut.

    Dan kita sebagai Warga Negara khususnya para pemuda atau mahasiswa, kita bisa memanfaatkan fasilitas fisik (pendidikan) atau non fisik (kecerdasan otak) yang telah tersedia untuk membangun dan menciptakan suatu hal-hal yang baru,bukan hanya canggih tapi hal-hal yang baru tersebut juga pro terhadap lingkungan (go green). Sehingga hal-hal yang baru tersebut bisa dipergunakan oleh kebutuhan dan kepentingan orang banyak.

    ReplyDelete
  32. Artikel ini dapat memperingati kita sebagai makhluk yang menghuni planet bumi akan semakin hancurnya planet bumi ini atau menuju ketitik yang lebih tinggi, Oleh karena itu kita bersama atau beberapa faoudasi besar dapat lebih mendalam memperhatikan tentang semakin tua nya umur planet bumi ini yang sedikit demi sedikit akan hancur oleh ulah tangan manusia itu sendiri
    jadi kita harus menjaga dan meletarikan planet bumi ini

    ReplyDelete
  33. yaaa sanagat menarik dengan artikel ini kita sebagai penghuni planet bumi ini akan semakin hancurnya planet bumi ini atau menuju ketitik yang lebih tinggi,kira harus memperhatikian planet bumi ini sedikit demi sedikit ia akan hancur jika kita tidak menjaga nya.

    ReplyDelete
  34. kerusakan yang terjadi pada bumi ini tidak lepas dari ulah kita sebagai manusia, padahal kerusakan yang kita lakukan dampak negatifnya kita sendiriyang akan merasakan, tetapi tidak adanya kesadaran yang lebih untuk menanganinya.yok kita sama sama bergerak menjaga untuk bumi kita yang lebih baik

    ReplyDelete
  35. Artikelnya sangat membuka wawasan buat kita semua yang udah merusak lingkungan disekitar kita tanpa disadari dengan wawasan yang tidak akan pernah kita cari tau...

    ReplyDelete
  36. ayo kita cintai lingkungan! bersama sama kita genggam erat tangan untuk menggerakkan orang orang minimal lingkungan kampu kita dulu

    ReplyDelete
  37. good buat artikel yang satu ini akan mempelajari bagaimana cara menjaga dan merawat bumi yang kita huni.dan bagaimana caranya masyarakat akan mengertinya tentang pemanasan global. maka dari itu kita harus mempelajarinya lebih jauh lagi supaya bumi kita ini masih tetap terjaga dan terawat kondisinya..
    save my earth!!!!

    ReplyDelete
  38. saya setuju dengan pernyataan tersebut yaitu harus ada kebulatan tekad seluruh warga dunia, dan melakukan aksi yg nyata, tidak hanya mengadakan konferensi yg tidak membuahkan hasil yg signifikan

    ReplyDelete
  39. mau comment sebanyak apapun gak akan ada gunanya kalau habis baca artikel ini,terus ga berbuat apa apa

    ReplyDelete
  40. Sangatt pnting,,,, karnaaa dimanaaa kaki berpijak kitaa harusss merwatnyaaa dann selaluu memberikann Ÿª♌ƍ trbaekk buatt bumii kita,,,, dann karenanyaaa kitaaa selalu mnyayangiinyaaa seperti kita mnyayang i dirii kitaaa sendirii,,, karenaaa TaK ADA BUMI mkA JUGA TAK ADA KITA!!!!!

    ReplyDelete
  41. Artikel yang very good,,
    Bumi,,sebagai satu-satunya planet yang di huni oleh bermacam-macam makhluk hidup khususnya manusia,, sudah selayaknya dijaga dan dirawat apa yang ada dan tumbuh di muka bumi ini,, dan kita sebagai makhluk yang sempurna dibandingkan makhluk ciptaan TUHAN lainnya,,sudah sepatutnya menjaga dan melestarikan bumi kita.

    ReplyDelete
  42. Bumi diramalkan akan hancur nantinya yang di sebut kiamat.Tapi tanda tanda kehancuran bumi sudah nyata terlihat,kerusakan hutan,pencemaran udara adalah hal nyata telihat.Bahkan para Ilmuan sudah mencari dan meneliti planet di luar bumi yang bisa di huni???ini adalah tindakan nyata dalam kasus kerusakan bumi.Semoga artikel di atas dapat membuka mata dan wawasan kita tentang bumi dan ikut berlomba lomba dalam menjaga bumi.

    ReplyDelete
  43. Bumi tempat berpijak kita saat ini memang sudah semakin parah keadaanya mulai dari pencemaran udara yang semakin meningkat jumlahnya , global warming , Sampah yang semakin menggunung ,ketersedian ari bersih yang semakin sedikit ,dll.Untuk mengantisipasi semakin memburuknya keadaan bumi ini maka dapat di lakukan dengan berbagia cara di antaranya adalah melakukan penghijauan terhadap hutan yang gundul , budayakan buang sampah pada tempatnya ,meminimalisasi penggunaan bahan bakar dan bahan pemicu pencemaran udara ,meninimalkan penggunaan bahan bahan yangsulit terurai,dll. Dengan berbagai upaya yang telah di jelaskan di atas,diharapakn kita dapat menyelamatkan keadaan bumi yang semakin parah sehingga kelangsungan hidup manusia juga dapat berjalan dengan baik dan tentram.

    ReplyDelete
  44. kehidupan yang ada didalam bumi ini semakin terancap karena orang-orang yang ada didalamnya yang tidak menyayangi tempat hidupnya sendiri. dan itu semua ulah manusia yang seharusnya sudah sadar akan semakin kritisnya bumi ini dan harus di kembangkan perbaikan yang signifikan terhadap bumi kita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumi sekarang ini sudah mengkhwatirkan karena adanya kerusakan lapisan ozon pada bumi , kita dapat rasakan sinar matahari sekarang ini sangat terik sekali karena lapisan ozon bumi semakin menipis dan itu disebabkan karena banyaknya rumah kaca sekarang ini, untuk itu kita sekarang ini untuk menghidari pengunaaan rumah kaca agar bumi kita selamat.

      Delete
  45. Masalah di Planet bumi sangatlah miris bahkan terkesan memperhatinkan, tak bisa dipungkiri lagi dari hasil study diatas menunjukkan banyaknya pencemaran di bumi yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Disini membuktikan kearoganan dan ketidak pedulian manusia yang dimana hakikatnya sebagai kholifah di bumi. Bisa kita lihat dengan kondisi bumi saat ini diperlukan upaya yang sangat serius dalam menjaga kelestarian planet bukan hanya oleh satu negara melainkan tanggung jawab penuh seluruh makhluk umat yang ada di bumi. Banyak peristiwa alam yang terjadi jika membiarkan hal ini belanjut seperti global warming dan topan Haiyan di Filipina baru-baru ini. Entah sampai kapan masalah planet bumi ini dapat terselesaikan, kita sebagai masyarakat hanya dapat melakukan hal-hal kecil dan sudah saatnya kita tersadar untuk melestarikan bumi tercinta ini.

    ReplyDelete
  46. Kondisi bumi semakin hari semakin "rapuh". manusia tau arti pentingnya bumi, bumi ini tempat kita hidup. Jika bumi ini hancur maka hancurlah kita. Telah banyak kegiatan aksi peduli bumi, contohnya saja para petinggi petinggi negara membawakan bahasan ini dalam rapat rapat besar yang bersekala internasional guna menyelamatkan bumi ini. Pemanasan global, adanya hujan asam, pengeksploitasian alam,polusi udara dan lain sebagainya semakin meninggkat setiap harinya jika kita tidak peduli dengan bumi tempat kita hidup ini. Oleh karena itu dimulai dari diri kita sendiri tanamkan dan jalankan kepedulian lingkungan !

    ReplyDelete
  47. Bumi, jika kita berbicara tentang bumi yang kita tempati ini, pasti tidak lepas dari polusi dan perusakan dari dalam sendiri. memang manusia bumi banyak yang tidak menghargai tempat tinggal nya sendiri, tapi tidak sedikit juga manusia bumi yang mulai menyadari kerusakan bumi ini, karna sudah mulai bertambah pecinta lingkungan di dunia serta mulai menjaga lingkungan .

    ReplyDelete
  48. Bumi memang sudah akan mengalami kehancuran jika kita tidak menjaga dan memelihara lingkungan. Global warming yang sudah semakin mengkhawatirkan, bencana alam akibat perubahan cuaca yang sudah tidak bisa diprediksi lagi. Jikalau 10 tahun yang lalu cuaca di Indonesia bisa diprediksi bulan bulan mana sajakah yang akan terjadi pergantian musim, dari musim kemarau ke musim penghujan, saat ini sudah tidak bisa diprediksi lagi. Sekarang cuaca semakin parah, dimana ada timbul fenomena angin topan haiyan di filipina, tsunami, dan hujan es di beberapa kota yang ada di Indonesia. Jika bukan kita siapa yang akan menyelamtkan bumi, padahal bumi adalah titipan anak cucu kita, apa mungkin kita meninggalkan bumi ini pada generasi mendatang, bumi yang sudah semakin rusak ekosistemnya, bumi yang menakutkan bagi mereka. Maka mari kita semakin membangun kesadaran akan pentingnya ikut serta dalam gerakan stop global warming, mengurangi pemakaian penggunaan listrik saat tidak digunakan, membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga perdamaian.

    ReplyDelete
  49. tanda tanda kerusakan bumi memang sudah nyata ada saat ini, namun mungkin ada hal yang mungkin dapat ditanggulangi untuk menghijaukan kembali bumi ini, dimulai dari kebiasaan-kebiasaan yang kecil, upamanya ketika kita mengamalkan doa sehari2, walaupun hal itu kecil tapi kita akan dapat pahala, dari yang kecil akan semakin besar jika dilakukan secara terus menerus, dan itu mungkin bisa diterapkan pada bumi, misalnya dengan menghemat energi yang kita gunakan, merawat tumbuhan penghijau disekitar kita, membersihkan lingkungan disekitar kita, menggunakan fasilitas umum seperti angkot, bus dll yang sudah disediakan, dan alangkah baiknya apabila dalam 1 rumah atau kawasan itu diharuskan memiliki 1 pohon walaupun itu pohon yang kecil, namun jika dalam suatu kota terdapat 1000 rmh bearti 1000 pohon siap menghijaukan bumi. agar bumi ini kembali menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya.

    ReplyDelete
  50. memang sangat miris jika kita lihat kondisi bumi saat ini, gerkan "Go Green" pun juga tidak bisa menjadi masa depan untuk bumi kita. Masih banyak oknum yang mengedepankan kepentingannya yang berdampak pada kerusakan bumi ini. Konferensi-Konferensi pun sering dilakukan disetiap negara tapi hasilnya akan tidak ada jika kita sendiri tidak bergerak atau hanya bisa bicara

    ReplyDelete
  51. bumi yang kita lihat sudah berbeda ketika zaman dahulu, bumi kita sudah menuju hari kiamat, dimana diramalkan bahwa seluruh benua di bumi akan tenggelam oleh es kutub yang mencair akibat pemanasan global, perlu kesadaran dari semua manusia untuk mencegah hari kiamat tersebut dengan cara memelihara bumi ini yang telah diberikan oleh Tuhan YME

    ReplyDelete
  52. Usia bumi semakin hari semakin tua, sebagai makhluk yang tinggal di bumi ini marilah bersama-sama kita bergotong royong menyelamatkan bumi tercinta ini dengan melakukan peremajaan bumi yakni dengan melakukan penghijauan, menjaga serta melestarikan bumi agar dapat diwariskan kepada anak cucu kita kelak.

    ReplyDelete
  53. Manusia memiliki andil yang besar dalam hal pengerusakan bumi. Karena banyak manusia yang tidak sadar dengan inovasi dan teknologi yang mereka ciptakan. Memanfaatkan sumber daya alam yang ada di muka bumi dengan maksud mempermudah kerja mereka semata, tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkan nantinya.Dan semua ini berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia saat ini dan masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  54. Kerusakan lingkungan yang terjadi di karenakan ekplorasi sumber daya alam yang berlebihan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa memperhatikan kelestarian lingkungannya yang lambat laun akan menggangu proses alam, dari pengrusakan hutan dengan penebangan liar di hutan sehingga terjadi pemanasan global, berkurangnya kualitas sumber air akibat pertambangan-pertambangan, polusi udara yang semakin memburuk akibat pengaruh industri, serta tidak teraturnya pemakaian bahan plastik yang di buang sebarangan sehingga terjadi penumpukan yang menyebabkan penyumbatan pada serapan air dan aliran sungai sehingga menjadi banjir saat hujan, kita sebagai manusia yang makhluk yang paling sempurna di antara makhluk lainnya marilah bersama-sama dimulai dari kita untuk menyelamatkan bumi kita dari kehancuran, dengan perduli terhadap lingkungan di sekitar kita melakukan penghijauan, menjaga kelestarian alam agar nantinya anak cucu kita dapat hidup dengan kondisi alam yang bersih, sehat dan baik.

    ReplyDelete
  55. usaha yang mungkin bisa kita lakukan saat ini antara lain, penghijauan, sadar dan komit pada diri sendiri akan menjaga bumi yang sudah lapuh, mengurangi konsumsi bahan bakar, serta sedapat mungkin menjauhi lokasi-lokasi industri. Kalo Saya sih 'agak pesimis' dengan upaya tersebut jika dilihat dari kondisi nyata saat ini. Apakah masih bisa untuk mengurangi konsumsi bahan bakar? Sedangkan yang kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor tiap periode selalu meningkat. Serta
    "sedapat mungkin menjauhi lokasi-lokasi industri" terdengar lucu bagi saya. Karena, sesuai artikel yang pernah saya 'konsumsi', peraturan pemerintah Pasal 22 ayat 3 UU No.1 Tahun 2011 mengatakan bahwa dalam mendirikan industri, mereka harus memperhatikan lingkungan sekitar. Seperti tidak dekat dengan pemukiman warga serta sumber air. Tapi jika kita kembali ke artikel, ini berarti warga yang harus hijrah bukan industri yang harus taat akan hukum.

    ReplyDelete
  56. bumi kita sekarang sudah sangat memprihatinkan dan sangat memerlukan penyelamatan. bukan hanya dengan tulisan kemudian di pajang di pinggir-pinggir jalan atau media masa, apalagi yang hanya berkoar-koar menyerukan penyelamatan bumi dengan berdemonstrasi yang sebagian pesertanya mungkin tidak memahami tujuannya atau bahkan hanya numpang eksis dengan ikut demonstrasi. untuk menyelamatkan bumi hanyalah suatu gerakan nyata seperti penghijauan lahan hijau yang rusak, tidak buang sampah sembarangan dan mengolah sampah energi lain yang bermanfaat seperti biofuel, dan mengembangkan teknologi hijau.

    ReplyDelete
  57. Bumi harus diselamatkan dari kerusakan yang diakibatkan oleh perilaku kita sendiri. Kita harus lebih arif dan bijaksana dalam menggunakan segala energi yang aada dibumi ini, mengingat energi yang kita pakai sekarang ini sebagian besar adalah energi fosil. Energi yang tidak tergantikan dan energi menyebabakan pencemaran dari hasil pembakaran baik gas bumi, atau minyak bumi

    ReplyDelete
  58. Kampanye penyelamatan bumi harus dilakukan tidak hanya dengan kata-kata tapi dengan aksi nyata. Kita mulai dari diri sendiri, dari hal terkecil dan dari sekarang. Contohnya dengan uji emisi untuk kendaraan bermotor, buang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik yang susah di urai dalam tanah, dan menghemat penggunaan listrik.

    ReplyDelete
  59. bumi adalah rumah kita seperti halnya rumah jika keadaan dalam rumah tidak sehat bukan tidak mungkin lagi makhluk hidup yg berada didalamnya pun pasti tidak akan sehat pula, oleh karena itu sebagai khalifah di bumi marilah kita bersama-sama menjaga kelestarian serta kesegaran bumi kita agar kelak anak cucu kita masih bisa menghirup udara segar di pagi hari serta dapat melihat rerimbunan pohon di lingkungan bebas.

    ReplyDelete
  60. Pastinya saya akan ikut menyelamatkan bumi ini, dengan sadar akan lingkungan dan ikut mengingatkan ke orang2 terdekat untuk ikut berpartisipasi dengan tindakan kecil seperti buang sampah pada tempatnya dan hemat air.

    ReplyDelete
  61. Yaa benar! Bumi kita memang harus diselamatkan!

    ReplyDelete
  62. Bumi kita , Tempat tinggal kita .
    sayangilah diri kita , tempat tinggal kita , negara kita, dan juga bumi kita tercinta ini.thk

    ReplyDelete
  63. Bumi sedang diambang kehancuran. Penghuninya bersikap seemau mereka. Membuang sampah sembarangan, mengeksploitasi secara besar-besaran, penebangan pohon terus saja dilakukan tanpa memilah milih. Jadi, ketika nanti bumi ini benar-benar hancur, maka jangan salahkan si 'pemimpin'. Tapi kembali kepada diri kita masing-masing.

    ReplyDelete
  64. Bumi merupakan tempat makhlukhidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan tinggal. Memang benar bumi kita semakin hari semakin memprihatinkan. Oleh karena itu, Kita sebagai makhluk hidup yang mempunyai akal sehat harus bisa menjaga kelestarian bumi ini , dengan selalu menjaga kebersihannya (tidak membuang sampah sembarangan) , mengurangi penggunaan kendaraan yang dapat menyebabkan polusi, menjaga hutan agar tetap hijau (tidak membakar dan menebang pohon-pohon dihutan) dll

    ReplyDelete
  65. setuju, akan tetapi:
    1. perlu adanya kesadaran bukan hanya darinoihak tertentu saja. tapi dari seluruh pihak yg berkaitan yaitu masyarakat bumi
    2. sosialisasi yg kurang. mengapa saya sebutkan kurang? karena sosialisasi yg disajikan hanya di chanel2 pilihan saja di tv komersial jarang sekali ada
    3. adanya kesadaran dari pelaku bisnis juga. industri yang ada serta segenap bisnis lainnya harus memiliki kesadaran terhadap rasa tanggung jawab dan rasa memiliki bumi. bukan untuk kepentingan pribadi semata

    garis besarnya mungkin itu. jika ada tambahan silahkan

    ReplyDelete
  66. Bumi dan manusia merupakan suatu kesatuan yang tidak
    terpisahkan, manusia sebagai penghuni planet bumi menjadi makhluk
    ataupun satu kesatuan masyarakat ekologis yang interdependen denganpara makhluk hidup lainnya di bumi ini. Bila terjadi ketidakserasian ekologis, maka akan terjadi akibat yang merugikan semua penghuni planet bumi ini.

    ReplyDelete
  67. setuju, akan tetapi:
    1. perlu adanya kesadaran bukan hanya darinoihak tertentu saja. tapi dari seluruh pihak yg berkaitan yaitu masyarakat bumi
    2. sosialisasi yg kurang. mengapa saya sebutkan kurang? karena sosialisasi yg disajikan hanya di chanel2 pilihan saja di tv komersial jarang sekali ada
    3. adanya kesadaran dari pelaku bisnis juga. industri yang ada serta segenap bisnis lainnya harus memiliki kesadaran terhadap rasa tanggung jawab dan rasa memiliki bumi. bukan untuk kepentingan pribadi semata

    garis besarnya mungkin itu. jika ada tambahan silahkan

    ReplyDelete
  68. Artikel yang cukup menarik menurut saya.. menjaga dan melindungi atau merawat bumi itu tidak bisa hanya segelintir orang,, harus ada komitmen dari manusia global untuk merawat dan menjaga bumi agar tetap asri seperti . sangat berat ila hanya segelintir orang yang sadar akan menjaga bumi,, semoga dengan artikel di atas ada banyak orang yang membaca dan membuat kita sadar akan pentingnya menjaga bumi kita ini..

    ReplyDelete
  69. Kita haruss bisa memanfaatkan limbah limbah lingkungan. Kita harus bisa lebih kreatif mendaur ulang sampah seperti plastik yang pada umumnya sulit untuk dihilangkan.

    ReplyDelete
  70. @E19-Samsul @Tugas B05
    Lingkungan tempat kita tinggal semakin lama semakin memprihatinkan, geliat pertumbuhan jumlah manusia dan segala aktivitas pembangunan pendukung lainnya seperti pembangunan pemukiman, kawasan industri serta tempat tempat lain yang digunakan untuk kepentingan manusia yang secara langsung maupun tidak langsung merusak bumi kita tercinta. Alangkah bijaknya jika kita peduli lingkungan dengan menyumbang hal-hal positif seperti menanamkan moral yang baik ke generasi bangsa sehingga bumi kita tidak cepat rusak.

    ReplyDelete