.

Aug 10, 2013

Portal News Seratus Persen Basa Sunda

Oleh : Atep Afia Hidayat - Belakangan ini keberadaan portal news semakin semarak, mulai dari yang dikelola secara individual sampai profesional. Namun menemukan portal news dalam bahasa daerah masih sangat sulit, terutama mengingat sumber tulisan atau kontributor konten yang sangat terbatas. Namun ternyata untuk masyarakat yang berbahasa Sunda tersedia sundanews.com dengan alamat URL :



Tampilan portal news sundanews.com cukup menarik, dengan katagori yang beragam mulai dari : Basa Sunda (Unak-anik, Pedaran Basa Sunda dan Pangajaran Basa Sunda); Warta Sunda (Pulitik, Sosial Budaya, Ekonomi, Teknologi, Atikan dan Umum); Arsip Media; Sastra Sunda (Carita Pondok, Sajak, Esey, Dangding, Carita Barudak, Fiksimini, Drama Sunda, Dongeng, Wawangsalan, Sisindiran, Jangjawokan, dan Carita Pantun); Carangka; Ukur Banyol; Persib; Potret; Video; Beber Layar; Padaringan (Cahaya Sinangling, Hutbah Basa Sunda, dan Biantara); Saha Eta; dan Ti Redaksi.

Dijelaskan, bahwa jurnalistik Sunda memiliki sejarah yang panjang, turut mempengaruhi perkembangan jaman. Jurnalistik Sunda sudah bermunculan jauh  sebelum berdirinya Republik Indonesia. Sebagai contoh, Majalah Papaés Nonoman, sudah mulai terbit sejak  1 Januari 1915, Majalah Parahyangan terbit 1919, Koran Simpaj muncul 1915, Koran Sipatahoenan mulai  1923, Sinar Pasoendan terbit  1933, dan masih banyak lagi.

Adapun sundanews.com mulai online bersamaan dengan datangnya  bulan puasa 1433 H (2012 M). SundaNews seja ngajomantara, mitembeyan ngalanglang di dunya maya, ngaguar rupaning kajadian, ngaprak ka mangsa ka tukang, ngawanohkeun manusa, alam, jeung budaya Sunda kalayan ngagunakeun basa Sunda, begitu tulis pengelolanya. (Atep Afia)

No comments:

Post a Comment