.

Aug 10, 2013

Penerjemah Online Indonesia – Sunda

Oleh : Atep Afia Hidayat - Penerjemahan atau alih bahasa dari satu bahasa ke bahasa lainnya kini semakin mudah saja. Fasilitas Google translate misalnya bisa menerjemahkan dari dan ke 71 bahasa di dunia, begitu memudahkan, meskipun hasilnya tidak 100 persen akurat. Untuk menerjemahkan teks dari Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Sunda kini telah tersedia aplikasi web dengan URL :


Cara pemakaiannya sangat mudah, tinggal ketik atau copy paste teks dalam Bahasa Indonesia pada laman/kotak yang tersedia, kemudian klik “Kintun”, dalam beberapa menit pun terjemahan dalam Bahasa Sunda sudah tersedia. Adalah Dian Tresna Nugraha, mahasiswa Indonesia di Munchen, Jerman, yang berhasil membuat aplikasi web penerjemah Indonesia – Sunda tersebut.

Sebagai contoh, kita terjemahkan dua paragraf  di atas, hasilnya adalah :

Penerjemahan atawa alih basa ti hiji basa ka basa séjénna kiwari beuki gampang waé. Fasilitas Google translate contona bisa menerjemahkan ti sarta ka 71 basa di dunya, kitu ngagampangkeun, sanajan hasilna henteu 100 persén akurat. Pikeun menerjemahkan teks ti Basa Indonésia ka dina Basa Sunda kiwari geus sadia aplikasi ramat kalawan URL:


Cara pamakéanana pohara gampang, ancik ketik atawa copy paste teks dina Basa Indonésia dina laman/kotak anu sadia, saterusna klik “Kintun”, dina sawatara menit ogé tarjamahan dina Basa Sunda geus sadia. Nyaéta Dian Tresna Nugraha, mahasiswa Indonésia di Munchen, Jerman, anu junun nyieun aplikasi ramat penerjemah Indonésia – Sunda kasebut.

Dengan meninggalkan catatan berupa kata-kata yang belum masuk dalam kamus :

Kecap-kecap Nu Teu Aya dina Kamus:

 2; teks
2; penerjemah
2; menerjemahkan
2; aplikasi
1; kintun
1; laman
1; dian
1; tresna
1; munchen
1; nugraha
1; paste
1; copy
1; fasilitas
1; translate
1; akurat
1; penerjemahan
1; ketik
1; online
1; google

1 comment:

  1. @D15-Vindi @Tugas A05
    Wah...bagus sekali ememang banyak sekali aplikasi online pada internet untuk menerjemahkan bahasa apapun itu sangat membantu sekali untuk Kita sebagai orang awam yg ingin belajar berbagai macam jenis bahasa, dan tentunya lebih mudah dan instan sekali.. Bagus...Baguss

    ReplyDelete