.

May 8, 2013

Hati yang Ikhlas

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kata ikhlas begitu mudah diucapkan, tetapi cukup sulit untuk diaplikasikan. Ikhlas itu bukan tanpa pamrih atau tidak ada motivasi. Di dalam ikhlas tetap ada pamrih dan motivasi, yaitu hanya untuk Allah SWT, Tuhan Pencipta Alam Semesta. 

Perbuatan atau sikap, ibadah, sedekah, ucapan, perasaan dan pikiran, hanya berfokus pada Allah SWT. Kita memberikan senyuman manis pada seseorang, tujuannya bukan demi orang itu, tetapi hanya untuk Allah SWT. Begitu pula seharusnya, ketika kita memotong hewan kurban, baik sapi, domba atau kambing. Hanyalah ikhlas karena Allah SWT.

Sebagaimana Nabi Ibrahim AS mengikhlaskan anaknya Ismail (kelak Nabi Ismail AS) untuk disembelih, karena perintah Allah SWT. Nabi Ibrahmi AS lebih mencintai Allah SWT dibanding apapun, termasuk anak tersayangnya, Ismail. Itulah hakikat ritual kurban yang dilaksanakan setelah Shalat Idul Adha.

Berkurban harus dilakukan setiap saat. Prinsipnya ialah kita mengurbankan beragam ego dan kepentingan pribadi, hanya untuk mendapat ridho Allah SWT semata. Segala sesuatu dengan ikhlas mengacu pada ketentuan Allah SWT yang disampaikan Rasulullah SAW. Setiap perasaan, pikiran, perkataan dan tindakan hanya mengacu pada sunatullah. Hati dipenuhi ke-ikhlas-an. Hati dipenuhi ridho Allah SWT. (Atep Afia)

26 comments:

  1. keikhlasan hati sangatlah pentik dalam menyikapi kehidupan untuk mencapai kesuksesan, yaitu hanya berharap ridho dari Allah SWT, dan berkerjalah sungguh sunguh dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  2. Ikhlas dalam hati maupun perbuatan memang lah sangat sulit. Di dukung lagi dengan sifat manusia yang beragam.Memang seharusnya Keikhlasan itu haruslah di tujukan kepada Allah, tetap sikap manusiawi pribadi masing masing masih saja begitu menonjol. Rasa hati tidak enak, pamrih, kasihan memang hal yang wajar dirasakan oleh manusia dengan manusia lainnya. Tetapi apabila manusia itu mau berusaha sedikit demi sedikit belajar tentang keikhlasan. Insya Allah, Allah SWT akan melancarkan segala perbuatan baik kita. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Terimakasih pak. memiliki hati yang ikhlas merupakan hal yang penting dan membuat kita dapat memaknai lebih dalam lagi arti kehidupan yang sebenarnya dan belajar untuk mengetahui isi hati dan mengatur apa yang di dalam hati,seperti kata bapak,bahwa kata ikhlas yang keluar bisa jadi bukan berasal dari hati dalam penerapannya. terimakasih untuk sharenya pak.

    ReplyDelete
  4. ikhlas memang sesuatu yang sulit diungkapkan namun dampaknya dapat dirasakan dengan baik...

    ReplyDelete
  5. Ikhlas merupakan suatu perbuatan yang dilakukan untuk menjadikan sebagai manusia yang lebih baik lagi, Ikhlas akan melakukan segala sesuatunya lapang dada, meskipun sulit tapi itu sangat bermanfaat di masa mendatang.

    ReplyDelete
  6. Hati yang IKHLAS. Kata ikhlas itulah yang singkat, mudah untuk diucap, tetapi tidak mudah untuk dilakukan di kehidupan sehari-hari. Terkadang masih mengalami kalau misalnya dihina orang, hati kita sulit untuk selalu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain.

    Sedangkan ikhlas di dalam beribadah kepada Allah, Saya jadi ingat kalimat dari alm.guru agama saya mengenai ikhlas. Insyaallah begini kalimatnya, "Kalau kita bersedekah itu harus ikhlas, anggap saja seperti kamu sedang membuang hajat (BAB). Pasti kalau kamu buang air besar, yang kamu keluarkan itu tidak kamu hitung-hitung kan (?)"

    ReplyDelete
  7. ikhlas merupakan salah satu sifat yang menurut saya pribadi, cukup susah untuk diaplikasikan. ikhlas secara teori merupakan hal yang mudah untuk di mengerti tetapi secara prakteknya, sepaham apapun kita tentang ikhlas, akan tetap susah untuk menjalankannya. dan untuk itu diperlukan hati yang bersih untuk benar benar memahami ikhlas dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  8. ikhlas ya ikhlas , ikhlas itu sangat sulit untuk kita aplikasikan dalam hidup kita sendiri , karna dalam ikhlas itu sendiri kita harus haruslah kita melapangkan dada dan mengingat semua hal itu sudah di atur oleh allah swt. kita hanya di suruh 2 hal dalam ikhlas tersebut yaitu tawakal dan ikhtiar . (muhammad rendy)

    ReplyDelete
  9. Menurut saya ikhlas itu adalah salah satu perbuatan yang dilakukan hanya untuk mendapatkan ridho Allah SWT bukan untuk mendapatkan pujian atau agar dikenal oleh banyak orang. Karena apabila kita hanya mengharapkan pujian atau hanya dikenal oleh orang, itu sama saja dengan kita merusak ikhlasnya diri kita sendiri. Zaman sekarang ini banyak sekali yang menyumbang hanya untuk dikenal oleh banyak orang bukan untuk mengharapkan ridho Allah, padahal percuma saja ia menyumbang justru akan menyebabkan riya.

    ReplyDelete
  10. ikhlas, dimana semua keegoisan dihilangkan dan berkorban untuk sesuatu serta tidak mengharapkan pamrih. semua dilakukan dari hati.

    ReplyDelete
  11. ikhlasnya seseorang untuk meraih kebahagiaan duniawi. Ketika berdoa pun, ia berharap keinginan duniawi semata. Walaupun ini tingkatan terendah, namun lebih baik karena ia hanya meminta hanya kepada Allah saja.

    ReplyDelete
  12. setiap manusia memiliki kemampuan dan kemampuan dalam beribadah yang berbeda-beda sedangkankan nilai ibadah seorang manusia dihadapan allah ditunjukan dalam ikhlasnya dalam beramal. tanpa hati yang ihklas tidak berarti apa-apa amal seorang manusia.tidak akan ada nilainya di sisi allah swt jika tidak memiliki hati yang ikhlas dalam beramal

    ReplyDelete
  13. ikhlas berarti melakukan sesuatu dgn tulus, dan tanpa pamrih..
    dan setiap orang yg melakukan sesuatu dgn ikhlas pasti akan merasakan dampak yg positif d kemudian hari..

    ReplyDelete
  14. Ikhlas, dimana kerelaan diri kita untuk perbuatan yang baik bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari tanpa di ketahui oleh orang lain (hindari sifat Riya).
    ikhlas itu mau berbuat baik terhadap makhluk hidup di alam semesta ini, banyak contohnya kita sebagai mahasiswa pasti sudah mengerti ( di jelasin lama men, gokil )
    oh iya, ibadah kita juga harus di dasari dengan rasa ikhlas.

    ReplyDelete
  15. menurut saya pak:Kata ikhlas itulah yang singkat, mudah untuk diucap, tetapi tidak mudah untuk dilakukan di kehidupan sehari-hari. Terkadang masih mengalami kalau misalnya dihina orang, hati kita sulit untuk selalu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain.
    Zaman sekarang ini banyak sekali yang menyumbang hanya untuk dikenal oleh banyak orang bukan untuk mengharapkan ridho Allah, padahal percuma saja ia menyumbang justru akan menyebabkan riya.

    ReplyDelete
  16. iklas maksudnya memberi tanpa mengharapkan imblan,dan bila kita iklas dab melakukan yg terbaik buat orang di kehidupan sehari hari,suatu saat kita akan memperolehn ya dari tuhan

    ReplyDelete
  17. ikhlas itu mudah diucapkan, tetapi sulit untuk diwujudkannya.Hati yang ikhlas bisa diwujudkan bila perbuatan atau sikap, ucapan, dan perasaan kita kepada Allah swt

    ReplyDelete
  18. orang yang mampu berlaku ikhlas ialah orang yang LUAR biasa!! karena sebenarnya berlaku ikhlas itu tidak sembarang orang yang murni dapat melakukannya. Padahal tanpa kita ketahui, berlaku ikhlas juga merupakan obat mujarab untuk menolak segala macam penyakit melalui pemikiran yang lahir dari hati yang bersih.

    ReplyDelete
  19. hidup memang harus dibekali keikhlasan. apabila orang melakukan kebaikan tetapi ia tidak didasari keikhlasan maka segala perbuatannya akan sia-sia.

    ReplyDelete
  20. menurut saya dalam artikel ini, memang ikhlas harus dimiliki oleh manusia, karena kalau kita tidak mempunyai rasa ikhlas pasti hati merasa tak rela dan terbeban.

    ReplyDelete
  21. Menerima dan bersabar dalam menghadapi segala hal dapat mencerminkan sebuah keikhlasan kita dalam hidup.
    ikhlas memang sangat lah sulit tetapi imbas dari iklhas sangatlah baik

    ReplyDelete
  22. memiliki hati yang selalu ikhlas sangatlah penting karena memilik hati yang ikhlas sangatlah sulit selain kita di tuntut harus bisa menerima segala tindakan dan musibah serta cobaan dari tuhan.
    maka berbahagialah mereka orang-orang yang memiliki hati IKHLAS

    ReplyDelete
  23. ikhlas itu ketulusan. dan semua yang dilakukan dan didasari dengan keiklhlasan insyaalah akan memberi ridho untuk diri kita sendiri dan orang lain juga. dan dengan ikhlas hati kita bisa bersih dan bisa lebih dekat dengan yang maha kuasa.

    ReplyDelete
  24. Ikhlas - singkat, mudah diucap, tapi sukar untuk dilakukan dalam kehidupan ini. Terkadang saat dihina oleh orang lain, hati kita sulit untuk selalu menerima serta memaafkannya. Untuk itu diperlukan hati yang bersih serta ridho untuk benar benar memahami ikhlas dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari hari, tanpa ada pamrih sedikit pun

    ReplyDelete
  25. Sebenarnya, ikhlas dan syukur tidak sulit kita lakukan jika Allah benar-benar kita cintai.
    Contoh, jika kita mencintai seseorang, tentu kita akan melakukan apa saja untuknya meskipun tidak mendapat bayaran. Dan, apa pun yang diberikan olehnya pasti kita akan sangat senang dan berterimakasih. Jika terlontar ucapan terima kasih dan kita memelihara serta menggunakan barang tersebut pada hal yang benar, pasti orang tersebut akan senang dan memberikan sesuatu yang lebih pada kita. Begitu pula Allah, jika kita ikhlas dan bersyukur pada apa yang kita lakukan dan apa yang dianugerahkan oleh-Nya, insya Allah, Allah akan menambahkan nikmat-Nya.

    ReplyDelete
  26. Ikhlas itu ilmu tingkat tinggi, pak.
    Tidak sembarang orang bisa ikhlas apalagi ikhlas karena Allah.
    Kadang jika kita melakukan kebaikan, kita tidak berharap dibalas oleh orang yang kita bantu tsb, namun kita berharap dibalas kebaikan dari Allah.
    Apakah itu disebut ikhlas juga? Wallahu'alam

    ReplyDelete