.

May 8, 2013

Do'a dan Harapan Hati

Oleh : Atep Afia Hidayat - Itulah manusia, karena kelemahannya sebagai mahluk, maka senantiasan mendekati Yang Maha Kuat, Allah SWT. Dalam kehidupannya manusia selalu dihadapkan pada beragam persoalan hidup, mulai dari tidak tersedianya apa yang dibutuhkan, sulitnya mencapai suatu tujuan, atau belum terpenuhinya keinginan-keinginan.

Ya itulah ciri kehidupan manusia, ada kebutuhan, ada tujuan, ada keinginan dan ada harapan. Bagaimana tingkat pencapaiannya, sangat tergantung pada kebaikan Yang Maha Pemberi, Allah SWT. Selain itu tergantung pada tingkat usaha manusia. Bagaimanapun Allah tidak akan mengubah nasib seseorang jika orang tersebut tidak mengubahnya sendiri.

Setiap manusia pasti hatinya selalu berharap. Orang miskin berkeinginan berubah kemiskinannya dan segera menjadi orang yang mampu. Orang yang menganggur berharap segera memperoleh pekerjaan. Orang bekerja berharap gaji atau karirnya cepat naik. Begitu pula orang kaya, berharap kekayaannya bertambah secara drastis. Makin jelas harapan itu, maka makin mudah upaya pncapaiannya.

Oleh sebab itu berdo’a itu jangan sampai putus, harus terus-menerus, tiada henti, tiada pernah lelah dan menggunakan segenap dan sedalam hati. Do’a artinya permintaan, do’a artinya harapan, do’a artinya penguatan keinginan.

Tetapi sekedar berdo’a dan berharap belum cukup, harus ada langkah nyata berupa tindakan. Rahasia sukses yang pertama adalah tindakan, rahasia sukses yang kedua adalah tindakan….. bahkan rahasia sukses yang ke-1000 adalah tindakan.

Manusia yang selalu berharap dan berdo’a tentu saja sangat disukai oleh Allah, karena Dia Maha Kaya. Kekayaan Allah tidak terhingga, meliputi segenap alam semesta. Bahkan Allah bisa saja membuat alam semesta dalam jumlah yang tak terhingga.

Betapa kecilnya manusia, manusia yang paling kaya sekalipun, jumlah kekayaannya tak seberapa. Begitu pula manusia yang paling pintar sekalipun, kepintarannya tak seberapa. Manusia yang paling kuat juga, kekuatannya tak seberapa. Sebab manusia adalah mahluk, yang fana, bisa melemah, menyusut bahkan mati.

Dengan demikian, do’a dan harapan yang paling tepat, bukan menjadi manusia yang paling kaya, bukan menjadi manusia yang paling pintar dan bukan menjadi manusia yang paling kuat, tetapi menjadi manusia yang paling dekat…, paling dekat dengan Allah, Tuhan yang Maha Kaya, Tuhan yang Maha Pintar dan Tuhan yang Maha Kuat.

Ya, Allah, jadikanlah hambaMu ini termasuk manusia yang paling dekat dengan Engkau.

Kedekatan itu penting. Dekat artinya mudah dijangkau, gampang diingat, selalu mendapat prioritas. Sebagai gambaran, bagaimana jika kita misalnya dekat dengan pimpinan di kantor. Sudah jelas, semua urusan akan dipermudah, berbagai peluang akan diberikan. Atau seorang anak di antara beberapa anak yang paling dekat dengan ayahnya, sudah tentu anak tersebut akan sering diingat dan mendapat prioritas.

Begitupula kalau kita dekat dengan Tuhan (yang sebenarnya begitu dekat dengan manusia, bahkan lebih dekat disbanding urat lehernya sendiri), maka kita akan mendapat prioritas. Dalam syairnya group Bimbo, band legendaris asal Bandung, menyebutkan tentang Tuhan….. “aku jauh Engkau jauh, aku dekat Engkau dekat….”

Bagi seorang muslim, ada momen tertentu di mana jarak dengan Tuhan begitu dekat, antara lain ketika sujud dan saat sepertiga malam (sekitar pukul 01.00 – 04.00, yaitu kalau seluruh malam diasumsikan mulai dari pukul 19.00 – 04.00).

Dengan memposisikan diri dekat dengan Sang Maha Pencipta, Allah SWT, maka berbagai keinginan, do’a dan harapan akan mudah tercapai. Semoga. (Atep Afia)

23 comments:

  1. setiap manusia hakikatnya harus melakukan do'a kepada Tuhan Yang Maha Esa, do'a merupakan suatu media atau penghantar untuk menciptakan suatu hubungan personal antara manusia dan Tuhan. setiap manusia memiliki masalah yang pelik di dunia yang fana ini, lalu bagaimana jalan keluarnya? kita tentunya memiliki harapan-harapan yang tersimpan dalam hati, dan tentunya kita harus selalu berikhtiar untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tentunya.

    ReplyDelete
  2. Landasan utama seseorang di dunia itu adalah berdoa atau beribadah kepada Allah SWT. Sejak lahir pun, kita sudah di dekatkan dengan yang Maha Kuasa, ketika memulai segala sesuatu pun, harus kita awali dengan doa. Akan tetapi, apabila doa kita tidak kita imbangkan dengan usaha yang kita kerjakan, tidak akan menghasilkan apa-apa. Karena doa dan usaha itu harus beriringan. Seperti DUIT: (Doa, Usaha, Ikhtiar, serta Tawakal)

    ReplyDelete
  3. semua hal di dunia ini mengacu pada sifat allah swt yang maha esa. sifat manusia yang suka merasa kurang cukup puas akan apa yang dipunya adalah wajar, tuhan pun maha baik dan maha mengasihi, kunci nya pun hanya usaha dan doa, keduanya harus berjalan berbarengan, usaha tanpa doa dan doa tanpa usaha pun tidak akan menghasilkan apa apa. ada juga orang yang telah berusaha dan berdoa tetapi apa yang di inginkan atau dibutuhkan belum tercapai dan belum dikabulkan oleh tuhan, dan mungkin hal tersebut terjadi karena memang bukan kehendak allah, karena sebesar apapun usaha dan doa seseorang, jika bukan sesuai dengan takdir allah, tidak akan terjadi karena rencana tuhan selalu lebih indah dari rencana manusia

    ReplyDelete
  4. setiap manusia pasti memiliki doa dan harapan masing masing tetapi yang di bedakan di sini adalah bagaimana cara dia mengujudkan doa dan harapan itu sendiri , ada yang hanya cuman besar di harapan tetapi doanya sedikit itu salah, ada juga yang besar di dua hal doa dan harapannya kuat itu juga masih salah , ada juga manusia yang besar doa dan harapannya yang selalu terus di pedomani dengan ikhtiar , bagaimanapun dengan kita berusaha semaksimal mungkin pasti kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal juga . salam (muhammad rendy)

    ReplyDelete
  5. memang selayaknya manusia harus selalu berdoa kepada yang maha kuasa,akan tetapi erdoa saja tidak cukup oleh karena itu dibutuhkan yng namanya usaha atau tindakan nyata. mengapa kita harus selalu berdoa? ini dikarenakan kita mempunyai harapan yang yg kita panjatkan, hal ini pun langsung berkaitan dengan yang namanya berdoa. ada sepatah kata mengatakan "jika terus berdoa saja bagaikan berjalan pincang di tengah lorong gelap, dan jika kita hanya berusaha saja tanpa berdoa itu sama saja dengan berjlan dilorong gelap tanpa obor". jadi kedua pilar tersebut harus dipenuhi jika ingin mencapai kesuksesan yg nyata. @Izar_Firmansyah

    ReplyDelete
  6. Doa, harapan, niat yang baik dan disertai tindakan kongkret niscaya akan membawa kita hidup bahagia dunia dan akhirat. Amiin

    ReplyDelete
  7. Setiap manusia pasti membutuhkan tuhannya, dengan cara berdo’alah ia bisa mengadu setiap keluh kesahnya kepada Allah SWT. Hendaknya apabila kita berdo’a mintalah yang baik-baik dan jangan meminta hal-hal yang mustahil. Dalam berdo’a juga kita harus ikhlas, istiqomah, dan yakin bahwa do’a yang kita panjatkan pasti akan dikabulkan. Bukan hanya berdo’a saja tetapi harus dibarengi dengan melakukan tindakan sebab pecuma saja apabila kita berdo’a namun tidak ada tindakan sama sekali.

    ReplyDelete
  8. Landasan utama seseorang di dunia itu adalah berdoa atau beribadah kepada Allah SWT, kita tentunya memiliki harapan-harapan yang tersimpan dalam hati, dan tentunya kita harus selalu berikhtiar untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tentunya,

    ReplyDelete
  9. Do'a dan Harapan adalah dua hal yang serupa tapi tak sama. kita perlu dua-duanya untuk dapat mencapai kesuksesan. doa berfungsi untuk memuluskan jalan kita untuk mendapat ridho Allah dan harapan berfungsi sebagai cambuk untuk mencapai sesuatau yang kita inginkan dengan usaha dan kerja keras.. meski begitu kita harus sadar, betapa kecilnya manusia. tak ada suatu kekuasaanpun yang melebihi kekuasaan Allah. maka berusalah,berdoalah dan berpasrahlah hanya kepadanya (Allah)...... :)

    ReplyDelete
  10. setiap umat manusia pasti mempunyai doa dan harapan masing-masing. doa itu harus dijalani bersamaan dengan usaha. ada pepatah mengatakan berdoa tanpa usaha sama saja bohong, usaha tanpa doa itu sombong. jangan sampai kita melakukan hal tersebut, jika kita melakukan doa dan usaha secara bersamaan dan ditambah dengan bertawakal kepada Allah, InsyaAllah tidak menutup kemungkinan harapan itu akan tercapai O:)

    ReplyDelete
  11. Semua insan manusia miliki harapan yang ingin dicapai... tetapi semua harapan tertuju kepada ALLAH tuhan yang maha Esa pemberi semua harapan dan keinginan.. maka dari itu untuk mencapai harapan yang sempurna marilah kita beribadah dan berdo'a kepada-Nya agar semua harapan kita dikabulkan..

    ReplyDelete
  12. manusia ingin memiliki harapan yang ingin dicapainya. Untuk memiliki harapan,harus ada usaha, dan ikhtiar agar harapannya mudah tercapai.

    ReplyDelete
  13. Banyak manusia yang tidak menyadari akan kekuasaan Allah SWT dan tidak menyadari bahwa manusia tidak ada apa-apanya tanpa Allah SWT. Banyak manusia yang menyadari bahwaa dirinya paling besar dan paling hebat. Tentu menurutnya sebagai ukurannya adalah uang. Tapi apa uang bisa menyelamatkan kita diakhirat? Tentu tidak berarti. Sudah seharusnya kita menyadari siapa yang menciptakan kita dan mohon lah ampun kepadaNya. Mintalah doa semoga kehidupan kita didunia ini bisa dimudahkan. Tentu dengan cara solat, beramal baik, dan seterusnya tanpa henti. Jangan pernah sekali kali mengeluh dalam berdoa dan beribadah. Jika itu sudah kita lakukan dan kita sudah melakukan usaha semaksimal mungkin pasti hasilnya akan sangat baik untuk kita, baik didunia atau diakhirat. Semoga kita semua bisa menjadi bagian seperti orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Semoga.

    ReplyDelete
  14. Setiap insan pasti memiliki impian, hasrat, dan harapan. Karena proses kehidupan ini berjalan dari kegelapan menuju cahaya untuk menemukan kebahagiaan dan harapan yang hakiki. Harapan itu terbalut mulai dari hasrat, mimpi dan takdir Yang Maha Kuasa.
    harapan layaknya sebuah rumah maka kita harus bangun atas dasar mimpi, diperkokoh dengan usaha dan dilengkapi dengan keyakinan di dalamnya. Semakin kita nyaman, maka keyakinan itu akan menjadi kekuatan besar. Ketika semua telah ada, maka harapan itu harus dilakukan dengan totalitas usaha dan beriring doa tuhan semata

    ReplyDelete
  15. semua yang kita inginkan harus didasari oleh doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal maka apa yang dikerjakan akan sesuai yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  16. menurut saya dalam artikel ini, memang doa merupakan peran terpenting karena dalam doa kita bisa menjadi semangat, karena kita percaya tuhan akan mengkabulkan permintaan kita

    ReplyDelete
  17. manusia hidup di dunia pasti dgn sejuta harapan agar dapat mencapai suatu tujuan...
    tp semua itu tentu harus di barengi dengan doa' dan usaha.. karena tanpa doa sebuah usaha akan sia2,, begitupun sebaliknya..

    ReplyDelete
  18. setiap umat manusia didunia adalah ciptaan tuhan sehingga jika mereka meminta sesuatu haruslah berdoa kepada tuhan sebagaimana hakikatnya yaitu manusia sebagai mahkluk ciptaan tuhan. dengan berdoa adalah suatu pembicaraan suatu permintaan kita agar di kabulkan oleh tuhan YME

    ReplyDelete
  19. dalam menghadapi berbagai persoalan hidup alangkah baiknya bila untuk memulai dan mengakhiri sesuatu diiringi dengan doa dan usaha yang maksimal agar mendapatkan hasil yang maksimal juga.

    ReplyDelete
  20. di segala yang kita perbuat dalam dunia ini dan disetiap permintaan kita atau doa,harus juga di barengi dengan usaha kita
    begitu juga sebaliknya jika kita terus berusaha tanpa berdoa tidak akan ada hasilnya.

    ReplyDelete
  21. Kita sebagai umat manusia pasti memiliki keinginan tersendiri, keinginan yang begitu diharapkan. Hal yang paling utama yang dilakukan adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tetapi tidak hanya melakukan doa terus menerus, melainkan kita harus berusaha, berikhtiar dan teguh. Karena Allah SWT akan mengabulkan semua keinginan orang-orang yang beriman, insyaallah.

    ReplyDelete
  22. Tuhan selalu mendengar hamba-Nya. Dia selalu melihat apa yang hamba-Nya kerjakan.
    Jika kita menginginkan sesuatu, kita bisa berusaha dan berdoa kepada Tuhan. Namun, kita juga mesti mengingat segala sesuatu yang tercapai akan tercapai sesuai niatnya.
    Jadi, apa yang kita lakukan dan kita doakan harus karena Allah.


    @A24-AFNI, TUGAS TA05

    ReplyDelete
  23. Tuhan selalu mendengar hamba-Nya. Dia selalu melihat apa yang hamba-Nya kerjakan.
    Jika kita menginginkan sesuatu, kita bisa berusaha dan berdoa kepada Tuhan. Namun, kita juga mesti mengingat segala sesuatu yang tercapai akan tercapai sesuai niatnya.
    Jadi, apa yang kita lakukan dan kita doakan harus karena Allah.


    @A24-AFNI, TUGAS TA05

    ReplyDelete