.

May 30, 2013

Yogya Bakal Punya Bandara Internasional Baru

Oleh : Atep Afia Hidayat - Yogyakarta (Yogya) merupakan daerah tujuan wisata manca negara dan dalam negeri yang utama setelah Bali. Yogya sebagai kota dan provinsi (DI Yogyakarta yang meliputi Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Sleman dan Kulon Progo)  memang memiliki obyek wisata budaya dan alam yang sangat menarik, maka tak heran wisatawan terus berdatangan apalagi dengan makin banyaknya penerbangan berbiaya murah.

Selama ini penerbangan menuju dan dari Yogya hanya mengandalkan keberadaan Bandara Internasional Adisutjipto yang berlokasi di Kabupaten Sleman. Ternyata bandara ini sudah tidak dapat menampung kelebihan penumpang. Kapasitasnya hanya 900 ribu penumpang per tahun, dan harus melayani 4,5 juta orang per tahun. Begitu sumpek dan membuat tidak nyaman.

Bandara internasional yang baru rencananya akan dibangun di Kabupaten Kulon Progo menggunakan lahan seluas 650 hektar, dengan investasi untuk pembangunannya mencapai Rp 6 triliun. Bandara yang baru direncanakan dapat menampung sekitar 15 juta penumpang per tahun.

Pembangunan bandara akan melibatkan swasta, akan dimulai tahun 2014 dan rencananya selesai tahun 2017.  Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Tommy Soetomo (dalam bisniskeuangan.kompas.com) , Uji kelayakan dan rencana induk  sudah selesai digarap dan kini tinggal menanti hasil uji topografi dan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Lantas, bagaimana dengan keberadaan masyarakat yang lahannya akan tergusur proyek bandara ? Menurut Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X (dalam www.tempo.co),  Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan membebaskan lahan milik 165 kepala keluarga untuk pembangunan bandar udara internasional di Kabupaten Kulon Progo.  Dijelaskan, bahwa mekanisme pembebasan lahan masih dirumuskan. Tim konsultan independen akan menghitung nilai tanah yang akan dibebaskan. Sedangkan, PT Angkasa Pura akan membuat perjanjian dalam proses pembebasan lahan.

Ya, bagaimanapun dalam setiap program pembangunan keberadaan masyarakat yang terkena dampak langsung perlu mendapat perhatian serius. Kepemilikan lahan dan tempat tinggal misalnya, sewajarnya mendapat penggantian yang proporsional, bukan sekedar “ganti rugi”, yang dikehendaki ialah “ganti untung”. Dalam hal ini mekanisme dan proses pembebasan lahan perlu mendapat pengawalan yang ketat.  (Atep Afia)


42 comments:

  1. kabar yang bagus,namun jangan lupa juga jika ada bandara internasional baru bandara Soeta juga masih banyak yagn harus diperbaiki, jadi masing-masing harus mendapat perawatan khusus karena ini menjadi gerabang manca negara kita.

    ReplyDelete
  2. rencana dibangunnya bandara di jogja menurut saya rencana yang bagus , dengan itu wisatawan yang berkunjung ke jogja akan lebih bnyak dan tidak sumpek atau tidak nyaman lagi , akan tetapi untuk membuat bandara akan menggusur masyarakat yang berada ditanah yang akan dibangun harus mendapatkan perhatianan yang serius .

    ReplyDelete
  3. Rencana yang baik semoga ini bukan hanya sekedar kabar baik saja tapi fasilitasnya juga harus lebih baik lagi dari Bandara Soeta, jangan sampai dengan adanya bandara internasional baru PR perbaikan bandara Soeta dilupakan

    ReplyDelete
  4. Sangat bagus jika pemerintah Yogyakarta bisa merealisasikan pembangunan bandara. Karena hal itu selain memberikan kepuasan kepada penumpang pesawat juga bisa menambah pendapatan DIY. Tetapi pemerintah Yogya juga harus memperhatikan nasib rakyat yang memiliki tanah dan rumah di area pembangunan bandara. Mereka harus mendapatkan ganti untung yang besar. Mengingat omset yang didapatkan dari maskapai penerbangan jika bandara sudah jadi sangat besar.

    ReplyDelete
  5. Penting sekali daerah yang penuh potensi wisata memiliki bandara yang luas dan berkapasitas internasional, tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk kembali menarik wisatawan untuk berkunjung ke jogja. Tetapi jangan lupa untuk perhatikan aspek kehidupan sosial masyarakat, selalu libatkan masyarakat dalam setiap pembangunan sehingga pertumbuhan ekonomi bisa dirasakan bersama.

    ReplyDelete
  6. rencana yang bagus dan saya sangat setuju akan adanya bandara internasional di yogya. banyak tempat wisata dan wisatawan berdatangan ke yogya, di bandara adisudiptjo sudah melebihi kapasitas dan seharusnya dari dulu merencanakan pembangunan bandara internasional ini. dan semoga ini tidak hanya rencana, tapi dapat dibangun secepatnya.

    ReplyDelete
  7. Yogyakarta mempunyai banyak sekali kebudayaan di dalamnya, juga begitu banyak wisata alam yang mampu mendorong para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung kesana. jadi sangat bagus sekali jika Yogyakarta dibuat Bandara Internasional sendiri karena hal itu mampu mempermudah akses transportasi untuk para wisatawan kawasan lokal maupun internasional. dan hal itu mampu memperkenalkan Yogyakarta khususnya Indonesia akan kebudayaan dan kekayaan alamnya yang begitu indah,

    ReplyDelete
  8. Rencana yang Sangat bagus sekali untuk kemajuan ekonomi di Yogyakarta.

    ReplyDelete
  9. Bila bandara internasional ini benar-benar terealisasi, maka tentu saja akan meningkatkan pamor kota Yogyakarta di Indonesia, mengingat bahwa kota ini merupakan salah satu kota tujuan wisata, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini tentu saja semakin mempermudah jalur transportasi menuju kota tersebut. Meski demikian, hal-hal yang perlu diperhatikan juga adalah mengenai lahan yang akan digunakan sebagai pembangunan bandara tersebut, jangan sampai merugukan masyarakat yang terkena dampak dari pembangunan bandara tersebut.

    ReplyDelete
  10. Rencana pembangunan Bandara Internasioan di Yogyakarta kabar baik bagi para wisatawan, dengan adanya bandara baru yang layak serta ticket murah objek wisata Yogjakarta akan lebih di minati para wisatawan local serta manca Negara.

    ReplyDelete
  11. Bandara Baru di Yogyakarta sangat diperlukan sekali karena melihat bandara yang sekarang sudah sangat sebuk dan terlalu kecil untuk menampung para penumpang, letaknya yang sangat berdekatan dengan kota serta pemukiman warga juga sangat berbahaya. jadi renccana pembangunan bandara baru sangat pantas direalisasikan, terlebih pembangunannya berlokasi di Kabupaten Kulon Progro. dengan berlokasi disana diharapkan perekonomian Kulon Progo juga meningkat dan dapat menyusul kabupaten dan kota di DIY. bandara yang pembangunannya melibatkan swasta, semoga dalam pengelolaanya dapat lebih baik dan bagus. akan lebih baik lagi kalau dari bandara ada transportasi yang terintegrasi dengan pusat kota Yogyakarta dan pusat wisata di Yogya agar para pelancong bisa menikmati wisata di DIY lebih nyaman.

    ReplyDelete
  12. Rencana pembuatan bandara baru di Yogyakarta sangatlah baik. Kita tahu di Yogyakarta banyak obyek wisata budaya yang menarik banyak pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
    Dan diharapkan dapat di realisasikan dengan baik.

    ReplyDelete
  13. Meskipun baru rencana, tetapi ini merupakan langkah baik oleh pemerintah daerah Yogyakarta. Apabila akan benar-benar terealisasi ,maka diharapkan bandara internasional baru ini dapat menarik wisatawan domestic maupun mancanegara agar semakin meningkat. Apalagi letak bandara adisucipto dekat dengan stasiun kereta api Maguwo. Sehingga bila wisatawan ingin transit perjalanan ke daerah-daerah sekitar Jogjakarta seperti kutoarjo, Solo, klaten , dsb akan lebih mudah.

    ReplyDelete
  14. Rencana pemerintah yang sangat bagus, untuk memajukan kehidupan perekonomian ataupun memperkenalkan budaya dari Yogya. Dengan adanya bandara baru yang lebih baru diharapkan wisatawan domestik ataupun luar negeri dapat merasa lebih nyaman. Proyek ini dapat menguntungan pemerintah ataupun warga Yogya itu sendiri

    ReplyDelete
  15. Yogya merupakan kota tujuan wisata no 2 terpopuler di Indonesia, memang sudah seharusnya punya fasilitas yang memadai, seperti bandara. Sangat bagus jika pemerintah Yogyakarta bisa merealisasikan pembangunan bandara. Karena hal itu selain memberikan kepuasan kepada penumpang pesawat juga bisa menambah pendapatan DIY. Tetapi pemerintah Yogya juga harus memperhatikan nasib rakyat yang memiliki tanah dan rumah di area pembangunan bandara. Mereka harus mendapatkan ganti untung yang besar. Mengingat omset yang didapatkan dari maskapai penerbangan jika bandara sudah jadi sangat besar.

    ReplyDelete
  16. untuk menunjang para wisatawan lokal maupun luar negri yang mengunjungi kita yogja memang akan sangat mempermudah akses untuk mengunjungi daerah wisata di yogja akan tetapi mengenai pembebasan lahan sekitar 165 KK itu sebaiknya perlu dilakukan negosiasi atau pemberitahuan dan diberikan hunian yang bisa mereka gunakan sebagai tempat tinggal atau sejumlah uang yang memang bisa mereka gunakan untuk membangun tempat tinggal yang digusur.

    ReplyDelete
  17. rencana pembangunan bandara baru di Kulon progo jogja masih ditentang sebagian masyarakat, akan tetapi idak ada jalan lain, selain pembangunan bandara baru. sebab bandara Adi Sucipto sudah tak mampu menampung jumlah penumpang yang ada untuk kota sebesar Jogja..

    ReplyDelete
  18. Yogya memang merupakan daerah wisata di Indonesia yang banyak di datangi oleh touris asing sehingga rencana pembangunan bandara internasional yang baru merupakan kabar baik bagi industri pariwsata di sana.

    ReplyDelete
  19. Rencana pembangunan Bandara Internasional baru di Yogya adalah kabar baik, selain terkenal sebagai daerah wisata, Yogya juga terkenal juga sebagai kota pelajar yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Selain melakukan pengembangan pemerintah juga tentu memperhatikan masyarakat di daerah tersebut.

    ReplyDelete
  20. Rencana pembangunan Bandara sangat baik bagi perkembangan pariwisata Jogja pada khusunya dan Indonesia pada umumnya. Bukan hanya menambah citra baik indonesia dimata wisatawan juga menambah pemasukan dari bidang pariwisatanya

    Haryo Bintoro Putra
    46113110022

    ReplyDelete
  21. mungkin ini bagian dari program Visit to indonesia. Semua infrastruktur harus dibenahi agar parawisatawan yang akan mengunjungi bisa ditangani dengan baik. semoga saja dengan didrikannya bandara iternasional tersebut akan membawa manfaat yang besar untuk warga jogja khususnya dengan diciptakannya lapangan pekerjaan yang baru.

    ReplyDelete
  22. Saya berpendapat jika Jogja haru memiliki Bandar udara sendiri, hal itu di sebabkan karena Jogja adalah daerah tujuan wisata baik lokal maupun manca Negara. Namun, mengenai kepemilikan lahan dan tempat tinggal misalnya, sewajarnya mendapat penggantian yang proporsional, bukan sekedar “ganti rugi”, yang dikehendaki ialah “ganti untung”.

    ReplyDelete
  23. disamping dijuluki sebagai kota pelajar jogja juga memiliki kekayaan pariwisata yang amat sangat bersejarah,sangatlah perlu dibangunya sebuah bandara berkelas internasional untuk menunjang transportasi udara di jogja agar masyarakat dunia lebih mudah untuk mengunjungi jogja yang ramah dan indah.

    ReplyDelete
  24. rencana yang bagus,semoga dapat terealisasi dengan baik.Bisa dipikirkan matang matang konsepnya dan juga semua efeksamping dan fasilitas pendukung nya.karna dijogja juga bnyak tempat wisata jadi sangat menguntungkan sekali untuk industri pariwisata indonesia.Jogja Keren,

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Jogja merupakan kota wisata oleh karena itu perlu di buatkan bandara agar para turis mudah untuk dateng ke jogja

      Delete
  25. Bandara baru di Yogya semoga dapat mendongkrak Bidang pariwisata di Yogyakarta, sehingga Dunia bisa lebih mengetahui Keindahan Budaya di Yogya

    ReplyDelete
  26. Yogya juga harus memperhatikan nasib rakyat yang memiliki tanah dan rumah di area pembangunan bandara, Pemerintah juga harus mengganti ganti rugi untuk pembuatn bandara.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Pariwisata Indonesia membutuhkan perbaikan infrastruktur salah satunya adalah Bandara untuk mendukung kesuksesan pariwisata. Masalah yang paling terlihat jelas adalah Indonesia hanya beberapa yang memiliki bandara sesuai standar international. Bukan hanya di Yoga yang perlu dibenahi. Banyak daya tarik wisata yang harus dikenal dunia

    ReplyDelete
  29. ini merupakan rencana yang bagus, kita tau bahwa jogya merupakan salah satu ota wisata yang bukan hanya dikunjungin turis regional tapi juga internasional. namun tetap saja rencana ini harus benar benar matang, harus memperhatikan juga masyarakat yang kan tergusur . sebaiknya masyarakat harus lebih bisa cerdas dalam rencana seperti ini agar tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan oleh wakil rakyat mereka sendiri.

    ReplyDelete
  30. Ini semua merupakan rencana yang sangat bagus karena Yogyakarta merupakan salah satu kota yang sering menjadi kunjungan wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan turis mancanegara namun dengan adanya rencana ini harus direncanakan lebih matang lagi, harus dikaji ulang jika proyek ini benar-benar terrealisasi dan semoga bermanfaat untuk kepentingan bersama tanpa ada yang merasa dirugikan.

    ReplyDelete
  31. Semoga segera terlaksana untuk pembuatan Bandara baru di yogyakarta ,karena kalau di lihat Bandara Adi Sucipto terlalu kecil jadi membutuhkan bandara yang lebih besar lagi....

    ReplyDelete
  32. mungkin ini bagian dari program Visit to indonesia. Semua infrastruktur harus dibenahi agar parawisatawan yang akan mengunjungi bisa ditangani dengan baik. semoga saja dengan didrikannya bandara iternasional tersebut akan membawa manfaat yang besar untuk warga jogja khususnya dengan diciptakannya lapangan pekerjaan yang baru.

    ReplyDelete
  33. Traffic penerbangan di wilayah Jogja memang semakin padart. Selain sebagai kota wisata, jogja juga mulai berkembang menjadi kota besar. Tak heran apabila bandara yang saat ini terbilang kecil takmampu lagi melayani permintaan penerbangan. Pembangunan bandara baru ini memang harus dilakukan untuk memenuhi permintaan tersebut.

    ReplyDelete
  34. bagus sekali, ini untuk mempermudah wisatawan asing untuk berkunjung ke yogya, tetapi jangan sampai lupa akan perawatannya, seperti bandara internsional soekarno hatta.

    ReplyDelete
  35. menurut pendapat saya proyek ini sangat bagus karena selain membuka peluang kerja baru terhadap masyarakat sekitar juga akan menjadi objek destinasi wisata lain karena wilayah kulonprogo kurang begitu terkenal dibanding kabupaten lain di wilayah yogyakarta

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. fera fitria
    @A22

    menurut saya bagus sekali karna Yogya adalah kota wisata, tetapi lihat dampak sosial, dampak alam, dampak ekonomi apa ada ganti untuk masyarakat sekitar, masyarakat yang terkena gusur mau ditaruh dimana? sudah dialokasikan belum lokasi untuk masyarakat sekitar bandara

    ReplyDelete
  38. fera fitria
    @A22

    menurut saya bagus sekali karna Yogya adalah kota wisata, tetapi lihat dampak sosial, dampak alam, dampak ekonomi apa ada ganti untuk masyarakat sekitar, masyarakat yang terkena gusur mau ditaruh dimana? sudah dialokasikan belum lokasi untuk masyarakat sekitar bandara

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. D-19-Kenny, Tugas A05

    Pembangunan bandara internasional di jogja sangat bagus, diharapkan akan mengundang banyak pelancong mancanegara sehingga dapat mengexplore budaya indonesia dan bisa membantu perekonomian setempat.

    ReplyDelete