.

May 30, 2013

Inter Milan akan Dibeli Pengusaha Indonesia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Luar biasa, seorang pengusaha muda Indonesia berusia 42 tahun, Erich Thohir, begitu berambisi untuk segera memiliki salah satu klub sepak bola ternama di Italia, yaitu Inter Milan. Menurut situs  Football Italia, Erich Thohir sudah mengajukan penawaran sebesar 280 juta euro (sekitar Rp 3,5 tiliun) untuk kepemilikan saham Inter Milan sebesar 80 persen.

Tawaran sudah diajukan kepada  Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, Rabu, 29 Mei 2013 lalu, dan diharapkan dalam 48 jam berikutnya sudah ada keputusan (Jumat, 31 Mei 2013). Erich Thohir telah memiliki saham di Klub Basket NBA, Philadelphia, dan merupakan Presiden Asosiasi Basket Asia Tenggara (SEABA) sejak tahun 2006 dan akan berakhir tahun 2014 (dua periode). Erich Thohir memang merupakan penggemar basket, pernah menjabat Ketua Perbasi (2006 – 2010).

Lantas akankah Massimmo Morratti bersedia melepas mayoritas sahamnya untuk salah satu raja media di indonesia tersebut? Ya, peluangnya cukup besar mengingat Nerazzurri sedang berbenah dan terus mencari suntikan dana. Sebagaimana diketahui pada musim kompetisi 2012 – 2013 Inter Milan hanya berada pada posisi ke sembilan (di bawah Juventus, Napoli, AC Milan, Fiorentina, Udinese, Roma, Lazio dan Catania), sebuah pencapaian yang paling buruk dalam kurun 20 tahun terakhir. Tak heran jika Massimo Morrati berupaya meningkatkan daya saing pasukannya, termasuk berencana membangun stadion sendiri.

Sebenarnya klub Inter Milan merupakan warisan yang diperoleh Massimmo Morrati dari sang ayah, Angelo Morrati. FC Internazionale yang beralamat di Corso Vittorio Emanuele II 9 - 20122 Italy didirikan tahun 1908, sebenarnya klub ini merupakan pecahan dari AC Milan yang didirikan tahun 1899. Lebih jauh tentang Inter Milan lihat  situs resmi.

Lantas, jika Erich Thohir berhasil mendominasi kepemilikan Inter Milan apa yang akan didapatkannya ? Setidaknya jika dikelola lebih profesional merupakan ladang bisnis yang menggiurkan, bagaimanapun Inter Milan merupakan nama besar yang sudah mendunia. Beberapa nama dalam lingkup usaha Erich Thohir seperti Mahaka Media yang terkenal dengan semboyannya “Unlimited Content Creation”, bisa saja terpampang pada bagian depan jersey Inter milan yang selama ini bertuliskan Firelli. Bisa saja muncul tulisan Republika, Jak TV atau Prambors.

Ya, sisi positifnya nama Indonesia akan lebih mendunia, dan siapa tahu ada satu atau dua pemain nasional Indonesia yang diboyong ke skuad Nerazzurri. Semoga menjadi momentum bagi pencerahan dan kebangkitan  sepak bola Indonesia. (Atep Afia).



6 comments:

  1. Hebat sekali ada orang Indonesia yang bisa memiliki klub sepak bola kelas dunia seperti Inter Milan. Erick Thohir dengan Mahaka grup nya telah menjadi pebisnis kaya di Indonesia. Pemilik Republika, JakTV dan banyak lagi media yang lain ini diharapkan mampu membantu anak bangsa dalam mengembangkan bakatnya sebagai pemain bola dengan Inter MIlan miliknya sekarang ini tentunya. Siapa tahu saja akan ada anak Indonesia yang bermain di Liga Italia bahkan Liga Champion Eropa sebagai pemain dari Inter Milan.

    ReplyDelete
  2. Sungguh luar biasa orang Indonesia yang bernama Erick Thohir dengan membeli saham dari klub asal negara pizza, ya Italia nama negara dan Inter Milan klubnya, akan tetapi alangkah luar biasa seorang Erick Thohir jika bisa membawa bibit-bibit dari Indonesia untuk bergabung bersama Inter Milan.

    ReplyDelete
  3. Waww,hebat sekali pengusaha muda Indonesia Erick Thohir ini. Dia sangat berambisi sekali mendapatkan salah satu klub ternama di dunia yaitu Inter Milan. Inter Milan adalah sebuah klub sepakbola yang besar dan memiliki pemain yang berkualitas.
    Dari kepemilikan klub ini, nantinya nama Indonesia akan semakin mendunia. Seharusnya dengan status pemilik klub Inter Milan ini, Erick memanggil pemain-pemain Indonesia untuk bergabung dengan klub nya tersebut untuk meningkatkan kualitas pemain tersebut agar nantinya mereka bisa membela timnas dan membawa timnas menjadi lebih baik lagi dan diakui di mata dunia.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. fera fitria
    @A22

    bagus kalau dibeli sama warga indonesia, akan dikenal oleh masyrakat mendunia, dan akan membantu mengembangkan bakat anak muda dalam bermain sepak bola.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete