.

May 28, 2013

Kampus Top Dunia : Harvard University

Oleh : Atep Afia Hidayat - Harvard University merupakan kampus paling ngetop di dunia, hal itu mengacu pada hasil pemeringkatan beberapa lembaga pemeringkat perguruan tinggi edisi awal 2013 seperti Webometrics (peringkat satu), 4ICU (peringkat tiga), QS World University (peringkat tiga), dan sebagainya. Harvard University didirikan tahun 1636 (bandingkan dengan Univeistas Gadjah Mada yang baru berdiri tahun 1949 dan ITB yang baru diresmikan tahun 1959).

Saat ini Harvard University memiliki 21 ribu mahasiswa, dengan tenaga akademis mencapai 2.100 orang. Adapun jumlah alumni sudah mencapai 323 ribu orang, berada di Amerika Serikat sekitar 271 ribu orang, dan sekitar 52 ribu orang tersebar di 201 negara, termasuk di Indonesia. Situs alumni Harvard University klik di sini. Sedangkan Harvard Club of Indonesia klik di sini. Beberapa tokoh Indonesia yang merupakan alumni Harvard University antara lain Arief Budiman, Ihromi, Endang Rahayu Sedyaningsih,Sjahrir, Nono Makarim dan Agus Yudhoyono.

Kuliah di Harvard University memang menjadi idaman orang di berbagai penjuru dunia. Harvard University yang hanya memiliki satu kata dalam motto-nya yaitu “Veritas” (bahasa Latin yang artinya kebenaran), berdiri di atas lahan seluas 5.076 acre atau sekitar 2.054 hektar, memiliki perpustakaan dengan koleksi 17 juta referensi dengan beragam jenis.

Lantas, berapa biaya kuliah rata-rata per tahun ? Pada tahun akademik 2012 – 2013, biaya kuliah di Harvard mencapai rata-rata 36.305 dollar AS, sedangkan jika digabung dengan seluruh biaya hidup mencapai 52.652 dollar AS. Ternyata sekitar 60 persen mahasiswa menerima beasiswa dan hibah, sehingga cukup menyediakan 11.500 dollar AS saja atau sekitar 112,5 juta rupiah (jika satu dollar AS setara dengan 9.780 rupiah). Besaran beasiswa dan hibah per mahasiswa rata-rata sekitar 40 ribu dollar AS per tahun. Anggaran dan belanja pada tahun 2010 mencapai sekitar 3,7 miliar dollar AS.

Harvard University memang sangat bergengsi, alumninya sudah banyak yang berprestasi di berbagai bidang, mulai dari peraih Nobel; Pulitzer Prize; Royalty; kepakaran dalam sain, teknologi, kedokteran, matematika dan komputer; pebisnis kelas dunia; kepala negara; menteri; jaksa atau hakim agung; senator; gubernur; petinggi militer; pemimpin redaksi; dan sebagainya. Daftar lengkap lihat di sini.

Lantas kalau kuliah di Harvard University mau mengambil fakultas atau jurusan apa ? Tersedia beragam pilihan, mulai dari Harvard Business School (meliputi MBA program, Doctoral Program, Executive Education, dan Financial Aid); Harvard Graduade School of Arts and Sciences; Harvard Graduate School of Design; Harvard Graduate School of Education; Harvard Law School; Harvard Medical School; Harvard School of Engineering and Applied Sciences; dan sebagainya.

Jenjang pendidikan yang terdapat di Harvard School of Engineering and Applied Sciences, mulai dari Applied Mathematics (Ph.D.); Applied Physics (Ph.D.); Computational Science and Engineering (S.M.); Computer Science (S.M., M.E., Ph.D.); Engineering Sciences terdiri dari Bioengineering (Ph.D.), Electrical Engineering (S.M., M.E., Ph.D.), Environmental Science and Engineering (S.M., M.E., Ph.D), Mechanical Engineering (including a Materials Science track);  dan Secondary Field in Computational Science and Engineering (as part of the Ph.D.).

Ya, sangat beragam, daftar lengkap di sini.  Informasi lengkap  dapatkan di kampus Harvard University, dengan alamat : Massachusetts Hall Cambridge, MA 02138, Tel: 617.495.1000. Mau lihat petanya lihat di sini. Saksikan segala sesuatu tentang Harvard University di YouTube lihat di sini . (Atep Afia Hidayat)

24 comments:

  1. Ingin sekali belajar di universitaas ini, saya berharap sekali universitas-universitas di Indonesia memiliki kualitas seperti harvard. sehingga Indonesia mempunyai lulusan yang jauh lebih berkualitas juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk dapat belajar di Harvard University merupakan impian para generasi muda di seluruh dunia, karena Univesitas tersebut memiliki kualitas dan eksistensi di seluruh dunia.
      Indonesia juga memiliki Universitas yang berkualitas dan tidak kalah bagus dari luar negeri. Dan seharusnya Indonesia dapat mencontoh dari Universitas Harvard untuk dapt meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dapat bersaing dan eksis dengan Universitas luar negeri

      Delete
  2. Sebuah impian banyak orang untuk bisa kuliah di Harvard university. Akan tetapi kita sebagai Bangsa Indonesia seyogyanya bukan hanya sebagai pengagum produk luar negeri dan selalu memposisikan diri di bangsa kelas dua atau tiga, tetapi kita harus mulai mengkritisi system pendidikan di Indonesia dari SD/SMP/SLTA/Perguruan Tinggi dengan mengadop berbagai kelebihan system yang diterapkan di luar negeri. Dengan demikian kita bisa lakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan Pendidikan di Indonesia agar setara dengan Pendidikan luar Negeri. Saat ini bangsa Asing pun tidak sedikit yang kuliah di Indonesia.
    Cobalah Gunakan Semboyan "ika kita tidak Lebih Baik, maka Jadilah Berbeda" dengan cara ini kita dapat menonjolkan kelebihan kita untuk bisa menarik dunia agar bangga dengan Pendidikan di Indonesia dan tertarik.Mulailah kita bangga dengan keunggulan Bangsa sendiri agar bangsa asing pun akan tertarik dengan kelebihan Indonesia.Terima kasih. Subur Widodo

    ReplyDelete
  3. Salah satu Universitas terbaik di dunia, mungkin universitas di Indonesia dapat belajar dan mencontoh dari sistem yang ada di Universitas Harvard sehingga nantinya bukan tidak mungkin Universitas yang berada di Indonesia menjadi Universitas yang dapat dipandang di dunia

    ReplyDelete
  4. Impian saya juga untuk menjadi bagian dari Harvard University. Bukan dari segi gengsi, namun setiap lulusannya juga benar-benar menujukkan kompetensi yang luar biasa. Yang saya perhatikan adalah lulusan Lawa Schoolnya. Walaupun banyak orang mengatakan pengacara hanya pandai bicara, namun dari beberapa yang saya tahu ucapan mereka benar-benar memiliki isi. Tetapi komentar Pak Subur benar-benar mendalam dan harus direnungkan.

    ReplyDelete
  5. saya setuju dengan opini pak subur, memang mahasiswa mana sih yang tidak mau kuliah di universitas sekelas HARVARD UNIVERSITY ? tetapi kita juga perlu bangga dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. dan kita juga harus menonjolkan semua kelebihan kita, agar kita juga dapat bersaing dengan universitas-universitas dunia.

    ReplyDelete
  6. Sungguh suatu kebanggaan tersendiri apabila bisa menjadi bagian dari Harvard University. Selain sistem pendidikannya yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, juga dapat dijadikan contoh bagi universitas lain di dunia. Alumninya juga bisa diacungi jempol karena kompetensinya. Seperti yang sudah dikatakan dalam artikel di atas bahwa tak sedikit dari alumni Harvard University yang memilki prestasi yang gemilang di berbagai bidang. Sudah sewajarnya bila universitas yang ada di Indonesia turut mencontoh sistem pembelajaran ang diterapkan oleh Harvard University sehingga para alumni universitas di Indonesia mampu bersaing dengan alumni dari universitas-universitas negara lain.

    ReplyDelete
  7. suatu kebanggaan jika kita bisa kuliah di sini, semua pengajar dan fasilitas sangat lengkap. lulusan dari universitas ini sangat dicari oleh perusahaan-perusahan besar dari segi kualitas mahasiswa/i nya. andai saja universitas di negeri ini bisa seperti universitas harvard kita tidak perlu jauh-jauh kuliah disana.

    ReplyDelete
  8. salah satu universitas terbaik di dunia. Seharusnya bangsa ini mempunyai universitas yang seperti ini jika bangsa kita ingin maju

    ReplyDelete
  9. siapa yang tidak memiliki impian untuk dapat mencicipi ilmu di negeri orang yang katanya bisa memiliki gengsi selangit saat mengucapkan nama dari Universitas tersebut. tapi untuk dapat masuk ke universitas yang satu ini butuh ketekunan yang luar biasa menurut saya. karena memang universitas ini sangat bonafit dari segi biaya apalagi mutu, amat sangat berkualitas. tetapi banyak juga universitas di Indonesia yang juga cukup berkualitas baik negeri maupun swasta. dan tidak sedikit dari mereka memiliki daya jual tinggi di negeri orang. jadi dimanapun kita bersekolah yang utama adalah bagaimana kita memiliki ketekunan, tekad dan usaha yang gigih. serta nantinya dapat dijadikan daya jual tersendiri untuk bisa bersaing di dunia kerja. untuk pak subur komentarnya 4 jempol pak saya setuju sekali. kalau bukan kita yang bangga akan negeri siapa lagi.

    ReplyDelete
  10. Harvard University??? Sebuah perguruan tinggi yang banyak melahirkan orang kompeten seperti yang di paparkan di atas.Suatu kebanggaan apabila Universitas di Indonesia memiliki sebagian kualitasnya.minimal melahirkan orang yang benar benar memiliki kompetensi.

    ReplyDelete
  11. Harvard university merupakan perguruan tinggi yang di idamkan para generasi muda,butuh intelektual yang tinggi dan didukung ekonomi yang lebih untuk bisa merasakan belajar di harvard

    ReplyDelete
  12. Ya, Harvard University memang merupakan impian semua orang yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi. Kedisiplinan, cara kegiatan belajar mengajar, fasilitas, lulusan para alumni, berbagai prsetasi dan lain-lain menjadi penyebab universitas ini menjadi universitas yang paling bergengsi di dunia. tidak ada salahnya apabila universitas yang ada di Indonesia mencontoh atau meniru hal-hal positif yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Sangat banyak mahasiswa yang ingin berkuliah di Harvard University,dikarenakan kualitas dosen yang sangat kompeten di bidangnya serta fasilitas yang memadai.Universitas ini sudah banyak menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan sudah berkerja di perusahaan besar di negara-negara maju.bahkan orang Indonesia pun banyak yang berkuliah disana hanya untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang jauh lebih baik agar dapat mengimbangi sistem pendidikan di negara-negara maju maupunberkembang.

    ReplyDelete
  14. harvard university, mendengar namanya saja pasti sudah terbayang bagaimana suasana belajar di sana. Pasti sangat mengesankan karena universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dan berhasil mencetak lulusan-lulusan hebat. Semua mahasiswa pasti juga memiliki angan-angan untuk dapat menimba ilmu di universitas tersebut. Semoga di masa yang akan datang universitas di Indonesia dapat berkembang dan lebih maju lagi agar kita pendidikan kita tidak tertinggal dari negara-negara lain dan dapat mengimbangi.

    ReplyDelete
  15. Semua orang pasti sudah tau harvard university itu apa???karena harvard university merupakan perguruan tinggi yang di inginkan seluruh orang karena kualitas pendidikannya sudah tidak di ragukan lagi,saya harap indonesia mempunyai perguruan tinggi yang seperti ini,sehingga pendidikan indonesia juga bisa bersaing di dunia kerja internasional....

    ReplyDelete
  16. Memang benar adanya bahwa Harvard University merupakan universitas terbaik diseluruh dunia karena kualitasnya yang luar biasa bagus, sehingga lulusan dari perguruan tinggi tersebutpun mempunyai kualitas yang oke.. Sebaiknya sistem pendidikan di Indonesia kualitasnya diperbaiki lagi sehingga tidak tertinggal jauh dari perguruan tinggi dari negara lain bahkan kalau bisa kita harus menyamainya..

    ReplyDelete
  17. ya memang Harvard University merupakan kampus terbaik pada tahun 2013, tapi pada tahun ini kampus terbaik dipegang oleh California Institute of Technology menurut majalah Times. ya walaupun peringkat kedua tidak dapat dipungkiri Harvard University selalu konsisten untuk menghasilkan lulusan terbaik dan contohnya adalaah pendiri Facebook mark zuckerberg walaupun hanya bertahan selama 2 semester. Ini membuktikan mahasiswa Harvard University merupakan yang terbaik di dunia.

    ReplyDelete
  18. Harvard university terbaik di dunia ya siapa sih yg tidak ingin mengenyam pendidikan di universitas bertaraf internasional dan berkualitas terbaik di dunia seperti di harvard,harapan kami sih para generasi muda mengharapkan agar indonesia pun dapat mengadop berbagai kelebihan system yang diterapkan di harvard sehingga sistem pendidikan di indonesia ini mampu menghasilkan lulusan lulusan terbaik yang bisa memajukan bangsa ini

    ReplyDelete
  19. Salah satu Universitas terbaik di dunia, mungkin universitas di Indonesia dapat belajar dan mencontoh dari sistem yang ada di Universitas Harvard sehingga nantinya bukan tidak mungkin Universitas yang berada di Indonesia menjadi Universitas yang dapat dipandang di dunia

    ReplyDelete
  20. hal yang saya dapat dari wacana tersebut adalah kebenaran itu adlah moto dari universitas,seemua orang mengingikan bisa mengcam di salah satu pendidikan yang ternama berkualitas,tapi balik lagi di diri sendiri ,sebenernya jamina kualitas itu ada pada diri sendiri,gimana kita membuktikan dan bersaing di dunia luar.

    ReplyDelete
  21. Suatu kebanggaan tersendiri untuk saya dan keluarga jika saya bisa masuk dan kuliah di harvard university karena saya ingin sekali membahagiakan mereka dengan saya bisa lulus sarjana syukur-syukur kuliah diluar negeri. Jadi wajar saja jika negara diluar negeri dikatakan negara maju karena dari sekolah mereka di didik dengan bagus, tidak seperti dinegara berkembang contohnya Indonesia kurang nya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di negeri ini.

    ReplyDelete
  22. Universitas ini adalah universitas terbaik di dunia dimana sistem pendidikanya yang bagus dimana hampir kebanyakan orang ingin berkuliah disana. jadi kita harus mengacu pada universitas ini agar bisa mendapatkan lulusan terbaik dan bisa bersaing di dunia kerja

    ReplyDelete
  23. fera fitria
    @A22

    universitas ini memang bagus sekali dan bergengsi jadi yang masuk ke universitas harvard sudah terseleksi

    ReplyDelete